10 Universitas PTN Terbaik Indonesia

Perguruan tinggi negeri (PTN) akan menjadi tujuan kebanyakan pelajar sekolah tinggi untuk melanjutkan pendidikannya. Mereka pada umumnya akan mencari kampus terbaik menurut mereka. Karena tingkat reputasi tempat kuliah akan memberikan rasa bangga tersendiri bagi alumninya. Hampir semuanya menginginkan insitusi pendidikan tinggi terbaik di negeri ini. Permasalahannya adalah daya tamping tiap kampusnya jauh lebih kecil dibandingkan dengan jumlha peminatnya. Sudah pasti akan terjadi sebuah kompetisi mendapatkan kesempatan menuntut ilmu pada universitas impian masing –masing. Atas dasar hal tersebut, melalui artikel sederhana ini saya akan membahas 10 Universitas PTN Terbaik se Indonesia. Agar tidak terlalu penasaran, dikasi tahu dulu empat universitas teratas, selebihnya lanjutin membaca agar mengetahuinya. Adapun 4 besar terbaiknya adalah: UGM, ITB, IPB, UISebelum memberikan menuliskan sepuluh nama ptn terbaik Indonesia, namun perlu diketahuin bahwa penentuan ranking universitas banyak dikeluarkan oleh berbagai lembaga baik insstitusi pemeritah maupun badan swasta pemerhati dunia pendidikan. Terus kakaak sendiri menulisnya berdasarkan versi yang mana? Kalau aku sih menggunakan versi resmi pemerintah yaitu Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggin (Dikti) Kemenristek. Aalasan sy menggunakan penilaian lembaga tersebut karena merupakan istitusi resmi milik pemerintah sehingga tingkat keakuratannya bisa dipertanggung jawabkan. Lalu apakah peringkat yang dikeluarkan versi lain tidak benar? Ya tidak juga, tergantung dari sisi mana yang dia lihat serta masalah pembobotannya tiap kriteria penilaian. Tiap –tiap lembagaa tentu punya standar penilaiannya tersendiri.universitas terbaik indonesia
Pemilihan versi Dikti di sini sama sekali tidak ada tujuan untuk mendiskredit lembaga lainnya. Pemilihannya hanya didasarkan pada legalitas resmi dibawah naungan pemerintah dalam hal ini Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Hasil perangkingan versi laintidak tertutup kemungkinan bisa diterima asalkan metodenya benar serta bukan hasil pesanan. Wah pernyataannya kakak cukup tendensius heheeeii. Enga kok, tak ada maksud apa –apa siih, hanya mengingatkan saja agar kita lihat juga siapa dan lembaga mana yang mengeluarkan rilis peringkat universitasnya. Sedangkan Dikti sendiri tidak asal mengeluarkan peringkat universitas tersebut. Mereka memiliki empat criteria dalam melakukan valuasi terhadap kualitas PTN. Apa saja keempat kriteria yang dimaksud itu?

Kriteria Universitas Terbaik 2016 Versi Dikti Kemenristek

Pada tanggal 17 Agustus 2015, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengeluarkan pengumuman /rilis peringkat universitas. Bila dilihat pembaca mungkin akan terfokus sampai pada urutan empat besarnya saja. Pemberian rangking tersebut berdasarkan empat kriteria yaitu: kualitas sumber daya manusia, manajemen penyelenggaraan pendidikan riset dan publikasi ilmiah terakhir adalah aktivitas mahasiswa pada masing –masing perguruan tinggi negeri tersebut. Untuk lebih jelasnya saya akan rincian dari keempat kriterianya tersebut di atas.

Kualitas Sumber Daya Manusia di Kampus Terbaik Indonesia 2016

Kualitas sumber daya manusia pada perguruan tinggi merupakan salah satu faktor penting dalam proses operasional perkuliahan (pendidikan kampus). Maka dari itu Dikti memasukkan faktor penting tersebut sebagai salah satu dasar penilaia utama dalam perangkingan kampus universitas terbaik Indonesia tahun 2016. Lantas penilaian terhadap sumber daya manusia tersebut meliputi hal apa sajaa? Banyak sebenanrnya, tetapi yang lebih utama tingkat komptensi staf pengajar (dosen) serta tenaga kependidikannya seperti pegawai administrasi, laboratorium, beserta pegawai pendukung bagian lannya. Selain itu juga akan dilihat keprofesionalannya serta tingkat pendidikannya. Apakah menjalan tugas serta amanahnya dengan baik sesuai dengan kepatuhan seorang pegawai abdi negara pada negerinya. Hal tersebut sangatlah penting dalam hal penilaian SDM. Sikap penting sebagai personil seperti disiplin, jujur, amanah, serta keramahan merupakan aspek cukup penting untuk diperhatikan.
Berdasarkan penilaian kualitas sumber daya manusia kampus terbaik Indonesia 2016, Institut Pertanian Bogor menduduki peringkat terbaik nomor satu. Namanya juga no 1 tentu sudah bisa dipastikan kampus tersebut paling bagus untuk criteria penilaian pertama. Artinya IPB memiliki kualitas SDM terakui oleh Dikti Kemenristek. Pada posisi kedua ditempati oleh Universitas Gajah Mada Jogja. Selain IPB Bogor dan UGM Jogja, peringkatnya adalah sebagai berikut:
1. Institut Pertanian Bogor (IPB -Bogor)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM -Jogja)
3. Institut Teknologi Bandung (ITB -Bandung)
4. Universitas Negeri Malang (UNM –Malang)
5. Universitas Indonesia (UI -Depok)
6. Universitas Negeri Makassar (Makasar -Sulsel
7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS -Surabaya)
8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY -Jogja)
9. Universitas Airlangga (UNAIR -Surabaya)
10. Universitas Bengkulu (Bengkuluu)

Kampus Terbaik 2016 Berdasarkan Kualitas Riset dan Publikasi Ilmiah

kampus ptn terbaik indonesia
Perguruan tinggi merupakan kelanjutan jenjang pendidikan setelah sekolah dasar dan menengah. Berbeda halnya ketika masih duduk di SD –SMP, pengenyam pendidikan di kampus harus memiliki kedewasaan dalam berpikir serta mampu mandiri dalam belajar. Selain itu diarahkan untuk berpikir rasional. Tentu semua itu akan menghasilkan ide untuk menghasilkan sebuah karya. Semuanya tersebut tidak akan terjadi dengan sendirinya bila tak ada bimbingan serta didikan sang motorik intelektual yg namanya dosen. Kegiatan peniltian di kampus biasanya beraawal dari projek penelitian sang dosen baik hibah maupun dana dari pemerintah. Biasanya dosen akan melibatkan mahasiswanya untuk membantu. Mahasiswa tersebut bisa mengambil sub bagian tertentu dari topik riset sang dosen untuk disusun menjadi skripsi, tesis ataupun disertasi. Tentu pengulasan karya tulis syarat kelulusanya tsb ditulis serta menggunakan sudut pandang tersendiri.
Kegiatan riset tidak akan jauh dari prosedur ilmiah standar. Salah satu di dalamnya terdapat penulisan karya ilmiaah. Cara penulisannya pun harus mengikuti kaidah –kaidah tertentu. Setelah ditulis, selanjutnya akan dipublikasi/ pemuatan hasil penelitian pada jurnal ilmiah ataupun melalui seminar hasil. Tentu semuanya tersebut akan menghadirkan kehidupan riseet pada suatu kampus. Riiset pun banyak ragam dan macamnya, baik dilihat dari segi bidang ilmu, keakuratan /tingkat kepercayaannya, kegunaan, serta kualitasnya sendiri. Pastinya akan memiliki level penilaian yang berbeda beda antara satu dgn lainnya. Begitu juga halnya, tiap kampus memiliki kualitas riset masing –masing.
Nah salah satu hal penilaian kampus terbaik 2016 adalah kualitas hasil riset dan publikasi ilmiahnya. Berbicara mengenai kualitas sebuah penelitian, bisa dilihat dari seberapa penting topik yg diteliti, apakah mampu memberikan impak besar serta bermanfat bagi masyarakat luas, tingkat popularitas hasilnya seperti dimuat di direktori ilmiaah internasional. Poin ini sangatlah penting untuk menentukan mutu sebuah universitas. Apa gunanya berdiri sebuah institusi pendidikan tinggi bila tidak mampu memberikan manfaat besar bagi kalangan umum. Masa hanya menguras uang negara dengan membebankan diri pada anggaran belanja negaraa.
Urutan universitas brdasarkan kualitas riset dan publikasi ilmiahnya, posisi pertama ditempati oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) sedangkan posisi kedua diduduki oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Kedua kampus tersebut wajar saja berada di posisi dua teratas, lah kedua kampus tersebut masuk empat besar bersama UI dan UGM. Selain itu mereka lebih fokus pada bidang spesifik sehingga kegiatan keilmiahan civitas akademikanya harusnya bagus dong. Selain ITB dan IPB, berikut urutannya:
1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
2. Insitut Pertanian Bogor (IPB)
3. Universitas Indonesia (UI)
4. Universitas Gadjah Mada (UGM)
5. Universitas Padjajaran (UNPAD)
6. Universitas Hasanuddin (UNHAS)
7. Universitas Sebelas Maret (UNS)
8. Universitas Brawijaya (UB)
9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
10. Universitas Diponegoro (UNDIP)
Bila dilihat urutan di atas, sudah cukup menggambarkan keadaannya yg sebenarnya. Sy bisa mengatakan seperti karena pada urutan empat besar memang diduduki oleh PTN yang selaykanya berada pada posisi tersebut. Dimana pada urutan kelima juga ada Universitas Padjajaran (unpad) termasuk universitas memiliki peminat cukup tinggi.

PTN Terbaik Indonesia 2016 Berdasarkan Aspek Manajemen

Selanjutnya kita beralih pada manajemen pendidikan di PTN. Manajemen merupakan hal penting dalam tata kelola pelaksanaan operasional perkuliahan. Manajemen ini terdri dari beberapa hal seperti urusan keuangan, administrasi baik mahasiswa maupunun kepegawaian, sistem penerimaan mahasiswaa baru, pengurusan property dan aset –aset yang dimiliki. Lebih kurang seperti itulah aspek manajemen yang dinilai. Apakah kesemuanya penting? Sudah pasti pentiing bgt dong. Coba aja bayangin bila tidak ada pengelolaan yang baik, pasti berantakan. Sebagai contohnya saja, andaikan masalah keuangan tak terurus dgn baik, akan terjadi ketidak berimbangan pengeluaran dana. Contoh lainnya misalnya manajemen penggunaan ruangan kuliah, seharusnya sudah diatur sedemikian rupa sehingga tak terjadi bentrok kebutuhan penggunaan sebuah ruangan oleh beberapa kelas pada waktu yg sama. Pasti pusing deh pala Barbie kalau gitu.
Manajemen memang sangat dibutuhkan pada berbagai bidang tak terkecuali dlm hal pengelolaan kampus. Melalui manajemen yang bagus tentu akan diperoleh kondisi yang bagus sehingga semua aktivitas tidak akan terganggu alias bisa berjalan dgn lancar. Begitu pula halnya berkaitan pengelolaan univesritas terbaik. Perlu adanya manajemen pendidikan tinggi agar dihasilkan kualitas kegiatan perkuliahan yang super prima. Berdasar penilaian criteria manajemen PTN urutan pertama diduduki oleh PENS-ITS dan dibuntuti oleh universitas Gunadharma. Untuk selengkapnya urutan sampai nomor sepuluh:
1. PENS-ITS (PTN)
2. Universitas Gunadarma (PTS)
3. ITS (PTN)
4. UGM (PTN)
5. UI (PTN)
6. ITB (PTN)
7. IPB (PTN)
8. Universitas Kristen Petra (PTS)
9. Universitas Sebelas Maret (PTN)
10. Universitas Islam Indonesia (PTS)
Bila dilihat pada urutan di atas, mungkin akan terasa mengagetkan, karena keempat kampus (top four) Indonesia kalah dari PENS-ITS (politekniknya ITS) bahkan kalah dari Univ GUnadharma yang notabenenya kampus swasta. Eiith jangan salah ITS dan Gunadharma bukan PTN sembarangan. Mereka sangat unggul dalam penggunaan sistem informasi untuk pengelolaan manajemennya. Lah emangnya UI, UGM, ITB dan IPB gak bagus di bidang IT? Ya bagus juga kok, tapi masalahnya kampusnya sudah berskala besar tentu akan sedikit repot pengeloaannya. Coba bayangin mana yg mudah ngurusin murah besar dibandingkan kecil? Pasti tau kan jawabannya.

Universitas Terbaik 2016 Berdasarkan Kualitas Kegiatan Mahasiswanya

Kampus ada karena kebutuhan mahasiswa untuk belajar melanjutkan studinya selepas lulus dari SMA. So tentu gak bisa dipisahkan antara kampus dengan berbagai aktivitas mahasiswanya, baik kegiatan berkaitan akademik maupun non akademik. Dalam hal akademik bisa berupa keaktifan mengikuti berbagai kegiatan ilmiah, kejuaraan ilmiah serupanya. Nah bagaimana dengan luar akademik? Banyak banget contohnya seperti kejuaraan ola raga, agenda keprofesian mahasiswa, kelembagaan mahasiswaa, bakti sosial, pengabdian masyarakat serta berbagai macam event pagelaran seni budaya daerah asal masing –masing.
Contoh kegiatan mahasiswa paling mengesankan adalah keikutsertaan dalam penulisan karya ilmiah. Tiap tahun selalu ada pecan ilmiah mahasiswa (pimnas) yang dapat diikuti oleh semua mahasiswa se Indonesia baik negeri maupun swasta, dimana selama pelaksanaannya dibiayai /didanai oleh pemerintah, Kegiatan paling saya kagumi yaitu aktivitas mahasiswa berwirausaha. Mungkin sebagian orang menganggap buang –buang waktu saja, tapi bagi mereka yg menggelutinya sangat menyenangkan looh. Sekarang trendnya lulusa perguruan tinggi adalah menciptakan lapangan kerja bukan mencari lapangan kerja. Semua hal –hal yang dilakukan mahasiswa tersebut akan memberikan pengaruh besar terhadap kampus dimana ia mengenyam pendidikan. Namun perlu diketahui, semangat serta pola pikir mereka sangat ditentukan oleh cara dosen –dosennya membimbing. Oleh karena itu, semua prestasi serta rutinitas mahasiswaaa meningkatkan reputasi mahasiswanya.
Universitas terbaik berdasarkan kegiatan mahasiswa, urutan pertama diisi oleh Univ Gajah Mada diikuti oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Secara jelasnya rangking berdasarkan urutan:
1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
3. Universitas Brawijaya (UB)
4. Institut Teknologi Bandung (ITB)
5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
6. Universitas Indonesia (UI)
7. Universitas Airlangga (UNAIR)
8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
9. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
10. Universitas Diponegoro (UNDIP)
Seperti itulah bila kita rinci urutan rangking universitas terbaik di Indoesia 2016 per kriterianya. Nah pasti penasarannya bila semua peringkat tiap kriteria seperti tertulis diatas digabungkan menjadi satu. Tiap criteria memiliki bobot tersendiri. Berdasarkan penilaian direktortat jenderal pendidikan tinggi rangking urutan 10 Kampus Universitas PTN terbaik tahun 2016 di bawah ini:
1. Institut Teknologi Bandung (3.743)
2. Universitas Gadjah Mada (3.690)
3. Institut Pertanian Bogor (3.490)
4. Universitas Indonesia (3.412)
5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (3.289)
6. Universitas Brawijaya (3.217)
7. Universitas Padjadjaran (3.075)
8. Universitas Airlangga (3.064)
9. Universitas Sebelas Maret (3.035)
10. Universitas Diponegoro (2.983)
11. Universitas Hasanuddin (2.978)
Keterangan: dalam kurung menunjukkan skor total hasil penilaian
Secara umum urutan tertulis di atas tidak terlalu mengejutkan. Karena keempat universitas yang biasanya masuk empat besar tetap 4 beesar. Meski sedikit ada perubahan IPB mengkudeta posisi UI. IPB berada di urutan ketiga sedangkan Universitas Indonesia berada posisi keempat. Biasanya berbasi pertanian ada di posisi empat kadang turun posisi lima bila disalip universitas lain dibawahnya. Sudah jadi langganan ITB, UI, dan UGM saling urutan antara no 1,2,3. Akan tetapi kejutan Institut Pertanian Bogor masuk peringkat tiga tak terlalu surprise karena kampuus berjaket almamater biru mengkudeta yellow jacket. Tapi perlu diingat, peringkingan di atas adalah versi dikti.Sebenarnya ada beberapa siste perangkingan lain seperti webometric dan QS Rank. Yang disebutkan pertama akan ane bahas juuga kook.
Ada hal menarik bila melihat urutan peringkatnya di atas, yaitu semua dari kesepuluh kampus berasal dari pulau Jawa. Makanya saya paksakan memberikan sampai urutan 11 agar PTN luar pulau jawa masuk. Kebetulan universitas pertama di luar Indonesia berada di posisi nomer 11. Memang pemusatan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia berpusat di Pulau Jawa. Akan tetapi hal tersebut sudah menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk memajukan tingak pendidikan di luar Pulau Jawa. Jangan selalu daerah di pulauu tersebut menjadi prioritas utama pembangunan.

10 Universitas Terbaik Indonesia Berdasarkan Webometric

Tadi sudah diulas ranking Universitas PTN berdasarkan penilaian dikti. Sekarang kita lihat ranking bila menggunaan webometric. Akan tetapi mau dijelaskan dulu apa sih itu webometric? Webometric merupakan sistem pengevaluasian rangking urutan perguruan tinggi se dunia dengan objek penilaiannya adalah website tiap kampus. Institusi perangking tersebut dilakkan oleh Cybermetric Lab Spanyol. Sampai saat ini, lembaga tersebut telah mengevaluasi lebih dari dua puluh satu ribu website yang ada di seluruh dunia. Terdapat empat parameter menjadi tolak ukurnya, yaitu presence, impack, openness, and excellence rank. Urutan peringkat universitas terbaik Indonesia top ten edisi januari dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

peringkat webometric ptn indonesia
peringkat webometric universitas ptn indonesia

Coba kita perhatikan seksama, bahwa UGM berada pada urutan pertama disusul oleh UI, ITB, Brawijaya dan IPB. Nah kenapa beda sama yg sebelumnya tadi? Iya karena dasar pemeringkatan universitas terbaiknya berbeda beda. Bila dikti lebih melihat kondisi real tiap kampus PTN sedangkan webometric hanya menilai sebatas performance websitenya saja. Tentu tak bisa diambil gambaran sebabagai jaminan mutu suatu institusi pendidikan. Terus mana yang lebih bisa dipercaya. Keduanya bisa dipercaya kok. Kalo peringkat dari pemerintah dinilai secara real kondisi tiap PTN / Universitas, sedangkan satunya hanya nilai dari situnya saja.

Kalau saya disuruh pilih lebih memilih rangking yang dikeluarkan oleh pemerintah. Kenapa? Karena pemerintah memiliki standar penilaian sesuai dengan kondisi di lapangan masing –masing kampus. Sedangkan metode kedua ana sebutkan kurang mempresentasikan kondisi sebenarnya.

Universitas Universitas PTN Terbaik Indonesia 2017

Apakah ranking universitas terbaik akan berubah rubah? Betul sekali, pasti akan berubah karena waktu terus berputar dan semuanya pasti berbeda bila dibandingkan dengan kondisi sebeumnya. Tiap universitas tentu akan terus melakukan terobosan dalam memperbaiki serta meningkatkan kualitas mereka. Namun biasanya pergeerannya tak terlalu jauh bila dibandingkan sebelumnya. Paling bergeser satu dua poin saja. Kecuali rentang perhitungannya dalam periode lima hingga 10 tahun kedepan. Kalo sekarang ditanya Universitas terbaik Indonesia 2017 ya belum tau lah, orang saya tulis artikel ini aja awla Januari 2016 kok. Ane bukan peramal yoooo.Ditunggu saja informasi terbarunya, nanti juga akan aku ulas di blog tercintaku ini.

Ranking PTN UNiversitas Terbaik 2018

Waduh masalah dua tahun belum bisa diketahui secara pasti sekarang. Mungkin tingkat pergeseran akan banyak. Kemungkina besar akan berubah. Seiring dengan berjalannya dinamika, pasti nanti akan dapat juga informasinya.Universitas terbaik 2018 akan diumumkan dua tahun kedepan, insya allah akan saya kabarin bila masih panjang umur serta diijinkan untuk menuis blog terus, hehehehe.

Mungkin sampai di sini informasi yang bsa disampaikan mengenai universitas terbaik Indonesia. Besar harapan saya agar informasi ini menjadi panduan adek –adik dalam menentukan kampus mana nanti yang akan jadi tujuan kelanjutan studi kalian.