Jurusan Kuliah STAN Serta Pilihan Program Studi

Jurusan kuliah STAN serta Program studi yang dapat dipilih akan dibahas secara lengkap pada artikel saya yang sederhana ini. Sebenarnya hal tersebut pernah ane ulas pada bagian sebelumnya namun tulisan tersebut ana tuliskan juga dibelakangnya tahun 2015 sehingga mungkin sebagian pembaca postingan tersebut hanya berlaku untuk saat itu saja.

Padahal sampai saat ini sama sekali tidak ada perubahan sedikitpun. Kalaupun terdapat sedikit perubahan hanya pergantian nama untuk satu program keahlian aja kok. Bila ingin membaca bisa baca dgn mengklik di sini.

Namun kamu juga akan berpikir bahwa yang antum tersebut di atas hanya khusus 2015, padahal sebenarnya anggapan tersebut tidak benar sama sekali. Agar bisa lebih detailnya bisa deh aye bahas ulang pada bagian di bawah ini. So ak harapin untuk membacanya dengan seksama sehingga dapat memiliki informasi secara lengkap bukan setengah tengahnya saja. Oleh karena itu saya ucapkan selamat menyimak kumpulan ketikan kata dari isi kepala berikut ini.

Jurusan Kuliah STAN

Seperti judul dari artikel sedang terbaca, bahwa pokok bahasan atau dikenal dengan topiknya adalah jurusan kuliah STAN. Memang orang yg datang mengunjungi blog aku menggunakan keyword tersebut banyak banget deh. Yah hitung hiitung sangat memberikan kontribusi terhadap peningkatan visitor, hal tsb sudah pasti memberikan dampak positif terhadap popularitas halaman pribadi ane neh. Okey barangkali kita kembali ke tujuan utamanya dari pada curhatnya keterusan tidak ada henti hentinya. Heheheheeei sebenarnya tak jadi masalah kok kalau hanya sekali kali kaaan? Namanya jg hati sedang senang knp enggak dikeluarkan rasa kegirangannya tersebut.

Baik bila kita berbicara mengenai jurusan kuliah yang ada di PKN STAN secara garis besar ada 9 (sembilan) tersedia yaitu kebendaharaan negara, kepabeanan dan cukai, pajak, akutansi, pajak bumi bangunan, serta manajemen aset. Dari kesembilan juurusan masing –maaasing memiliki program studi (prodi). Selain itu tiap jurusannya memiliki spesialisasi beserta keahlian tersendiri. Secara lengkap program studi / jurusannya meliputi:

1.program studi diploma I kebendaharaan negara

2.program studi diploma satu kepabeanan dan cukai

3.program studi diploma pertama pajak

4.program studi diploma III akutansi

5.program studi diploma III kepabeanan dan cukai

6.program studi diploma III pajak

7.program studi diploma III pajak bumi bangunan

8.program studi diploma III kebendaharaan

9.program studi diploma III manajemen asset[irp posts=”733″ name=”Persyaratan Pendaftaran PKN STAN”]

Baik sekarang akan saya bahas satu per satuu kesembilan jurusan STAN yang tersebut di atas. Emang penting banget ya kakak untuk dibahas secara rinci? Iyaa dong dede sayang biar elu pada ngerti serta punya gambaran sehingga nanti tidak salah pilih. Kalau salah memilih nanti akan muncul penyesalan di kemudian hari. Tentu kalian semuanya tak ingin kan perasaan nyesal seperti itu ada dalam hatimu. Iya gak adek adekku semuanya? Ya iyalah bang, mana ada orang normal pengennya kaya gitu. Makanya dari dedekku tercinta abaangmu ini berusaha menyuguhkan informasi sejelas jelasnya untuk antum sekalian.[irp]

Jurusan Kuliah STAN Pajak

Bagi para peminat pendidikan ikatan dinas bidang keuangan negara, jurusan perpajakan merupakan paling difavoritkan. Secara pasti alasannya aku sendiri kurang mengetahuinya dengan jelas. Namun memang sudah menjadi tradisi setiap tahun bahwa bidang keahlian tersebut sangat diperebutkan tiap tahunnya. Bila enggak percaya bisa deh tanyakan pada kakak kelasnya yang pernah ataupun sedang menuntuk ilmu di PTN tersebut. Sudah pasti mereka akan menjawa benar bahwa memang sangat diminati oleh banyak calon mahasiswa atau peserta tes seleksinya.

Nah barang kali beberapa diantara kalian punya keinginan besar untuk menjadi bagian dari lingkungan jurusan tersebut. Yakiiiin? Benaran kaga sih? Oke terlepas benar atau tidaknya, Ane hanya mengatakan bahwa setiap orang hak untuk menggapai keinginannya sesuai dgn impian masing masiing. Punya impian besar adalah hal wajar karena mimpilah kita memiliki arah dalam berusaha.

Sama halnya bila selama ini antum semua mendambakan masuk jurusan perpajakan STAN, maka tidak akan menjadi masalah bagi orang serta siapa pun dia orangnyaa. Lalu ada lagi yang bertanya, kan masuknya sulit? Sebuah alas an standar bagi para pecundang. Emang elo pengennya enak enaknya doing sih, enggak mau berusaha degan penuh keseriusan.

Memang bisa dikatakan sulit karena persaingannya bisa dibilang cukup ketat. Ya sebenarnya tanpa dikatakan pun kayanya semua orang sudah mengetahuinya. Seperti teori ekonomi, sesuatu yang banyak dibutuhkan oleh lain pasti akan menjadi sumber/ keinginan yang langka serta agak bahkan bisa menjadi sangat sulit untuk mecapainya. So untuk meraihnya ente semua harus ekstra berusaha dengan sekras kerasnya supaya mendapatkannya.

Jurusan kuliah pajak STAN bisa katakana paling bergengsi dibandingkan yang lainnya. Menurut saya sebagian dari mahasiswanya akan merasa banget deh. Namun kakak juga sama sekali tidak berniat untuk mempengaruhi kamu masuk STAN jurusan pajak kok. Gue sepenuhnya murni menyampaikan apa adanya melalui tulisan ini. Bila favorit ya akku sampaikan sejujurnya lah adekku sayaaank. Sama sekali gak ada kepentingan pribadi ane yg tersirat jika ada info sesat tersampaikan. Blog Herniawan.com dibuat semata mata hanya untuk menyajikan informasi secara aktual dan terprcaya.

Apa saja sih yang dipelajari jurusan pajak? Jika dilirik dari namanya sebenarnya kita bisa menebak, pelajaran utamanya adalah pengelolaan bidang perpajakan. Kalaupun ada hal lain biasanya mengenai undang undaang yang mengaturnya serta sistem alur penyerahan uang hasil penarikan iuran wajib tersebut. Selain itu pastinya akan pelajari masalah perhitungan nilai nilaii serta persentase pajak yang akan dikenakan pada objeknya.

Prospek Kuliah STAN Jurusan Perpajakan

Nah setelah berbicara mengenai jurusan pajak PKN STAN, tentu lu semua pengen mengetahui bagimana sih prospeknya. Jika kita ngomongin prospek tidak akan jauh jauuh dari lapangan kerjaan deh. Yakin banget maksud dari kata peluang adalah bekaitan erat dengan kesempatan kerja atau kecemerlangan karirnya untuk kedepan. Karena semua tau bahwa semua lulusan kampus plat merah bidang keuangan negara sudah bisa dipastikan akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Banyak sekali kabar beredar bahwa lulusan jurusan pajak yang paling cerah. Barang kali dasar pemikirannya disebabkan nanti akan bekerja di kantor perpajakan. Sumber pendapatan negara paling besar berasal dari tagihan wajib tersebut. Tentu aliran dana pemasukan besar banget dong. Nah nanti para pengurusnya akan diberikan penghasilan yang besar. Anggapan seperti itu bisa benar jugaa ada kemungkinan salah.

Akan tetapi harus disadari bahwa tujuan utamanya adalah untuk mengabdi pada bangsa. Bukan mengharapkan imbalan yang besar. Memang gaji perlu sekali karena kita hidup pastinya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit kan? Tapi jika dalam pikiran kita sudah dipenuhi untuk mendapatkan uang besar maka ada peluang akan mengarah pada tindakan yang terpuji dalam menjalankan kewajiban yang telah diemabnkan kepada kita.

Sebagai contoh kerap sekali banyak terjadi praktek korupsi. Tindakan tersebut sangat merugikan negara. Bagaimana tidak, uang yang harusnya digunakan untuk kepentingan negara untuk mengurus bangsa diambil oleh seseorang atau kelompok orang secara kong kalikong untuk kepentingannya sendiri. Jadi luruskan niat untuk mengambdikan diri pada nusa dan banngsa secara tulus penuh dgn keikhlasan yang lahir dari hati dan sanubari bersih.

Mengenai masalah prospek jurusan pajak STAN sering kali saya dengar. Bisa dikatakan benar gaji mereka bisa lebih besar. Namun besarnya tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Secara umum PNS itu gajinya sama semua yang menentukan adalah golongan, pangkat dan masa kerjanya. Lalu faktor yang menyebabkan gaji antara satu orang berbeda dengan lainnya? Bahkan perbedaan dapat terjadi pula dikarenakan perbedaan instansi tempat kerja. Faktor apa saja yang menyebabkannya?

Faktor penyebab terjadinya perbedaan gaji PNS meliputi: tunjangan profesi dan jabatan, instansi tempat kerja serta daerah tempat kerja. Nah secara umum ketiga hal tersebut menjadi pemicu utama terjadinya perbedaan pendapatan orang yang satu dengan lainnya.

Tunjangan profesi dan jabatan bisa menyebabkan perbedaan karena menyangkut pengakuan/ apresiasi pengabdian seseorang. Semakin tinggi jabatannya tentu gajinya bisa lebih besar lagi dong. Enggak mungkin akan terjadi yang sebaliknya. Lembaga atau tempat kerja sangat menentukan tingkat penghasilan bulanan pegawainya. Biasa PNS di kementerian keuangan dan Bappenas lebih besar tunjangannya. Selain itu ada juga namanya sertifikasi atau sebagian menggunakan sistem renumerasi.

Faktor terkahir adalah daerah dimana dia bekerja. Kita tau semua bahwa upah minimum regional tiap daerah kan berbeda antara yang satu dengan lainnya. Bila UMR tinggi biasanya gajinya akan tinggi. Selain standar nilai kebutuhan juga ikut berpengaruh. Sebagai contoh gaji di daerah papua pastinya jauh lebih tinggai jika dibandingkan Jogjakarta.

Jurusan Kuliah STAN Kebendaharaan Negara

Jurusan kuliah STAN kedua yang akan gw bahas disini adalah kebendaharaan negara. Secar umum jurusan ini erat kaitannya dengan pencatatan kekayaan negara dalam hal bidang finansial. Guwe rasa dari namanya, adek adik sekalian harusnya sudah mengetahuinya secara jelas apa saja yang akan dipelajarinya nanti serta kegiatan utamanya setelah dia bekerja.

Namnya jg bidang kebendaraan negara, topik utama yang akan dipelajari adalah menghimpun uang kekekayaan negara. Sebagai gambaran, bidang pajak hanya mengurus penarikan serta penagihannya saja. Sedangkan bendahara ranahnya sudah pada level pengelolaan serta pencatatannya semua yang dimiliki oleh negara.

Lantas apa saja sih yang akan dipelajari oleh jurusan STAN tersebut? Kompetensi utama yang lebih dititik beratkan adalah semua hal berkaitan dgn pengurusan serta pengelolaan uang negara serta berbagai macam pengeluaran serta penggunaannya. Semuanya disajikan dalam bentuk pembukuan secara lengkap sehingga pada waktu tertentu dapat dilakukan pengecekana secara cepat karena telah disusun secara rapih.

Bagaimana  dengan prospek kerja lulusan kebendaharaan negara? Masalah prospek kerja jurusan kuliah yang satu ini enggak perlu ditakutkan. Kenapa demikian sih bang? Karena sudah pasti ada kok penempatan kerjanya so tidak perlu ada rasa khawatirnya bro and sista hihihihii, pasti senang deh yg dengarnya, eh salah maksudku membacanya wkwkwkwkkwkwk.

Tempat kerjanya meliputi kantor pusat direktorat jenderal perbendaharaan (DJPBN), kantor pelayanan bendahara negara (KPPN), Ditjen Anggaran (DJA), Ditjen Perimbangan Keuangan (DJPK), Ditjen Pengelolaan Utang (DJPU).

Jurusan Kuliah STAN Akutansi

Sekarang ana bahas yg ketiga yaitu jurusan akutansi STAN. Juurusan tersebut termasuk cukup diminati oleh calon mahasiswanya. Akutansi merupakan semua kegiatan pencatatan transaksi jual beli, keluar masuk pengeluaran yang dilakukan sistematis yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan manajerial. Jadi segala hal berkaitan dengan penggunaan sumber daya uang harus tercatat sedetail mungkin.

Bagi lulusan SMA program studi ilmu ilmuu sosial sepertinya sudah sangat familiar dgn kata akutansi. Banyak sekali proses pencatatan yang dilakukan di dalamnya. Tak sedikit pula istilah dalam pembukuan seperti jurnal, neraca serta lain lainnya. Barang kali ada yang bingung perbedaan antara kebendaharaan dengan akutansi. Kalo yang pertama sifatnya lebih umum termasuk inventaris asset yang berupa fisik tanpa terlalu memperhatikan nilai nominalnya. Nah keduanya lebih bersifat spesifik berkaitan dgn semua aktivitas penggunaan uang.

Apa saja yang dipelajari pada akutansi? Yaah seperti ane jelasin pada penjelasan awalnya bahwa topik utama kajiannya adalah proses dokumentasi segala sesuatu berkaitan dengan tindakan mencatat semua operasional berkaitan dgn perbelanjaan sumber daya uang suatu entitas bisnis, lembaga ataupun usaha komersial. Sedangkan lulusan insititusi pendidikan milik negara satu ini lebih ditujukan kepada akutansi publik dan kepemerintahan.

Lantas seperti apa sih prospek kerja jurusan akutansi STAN? Adek tau gak sarjana departemen akutansi dari universitas mana saja memiliki peluang karir yang besar baik itu dari PTN mauapun PTS. Akan lebih menjanjikan bila berasal dari peguruan tinggi ternama serta reputasinya sudah diakui oleh berbagai perusahaan. Nah apalagi dgn lulusan politeknik keuangan negara yang notabenenya akan langsung diangkat menjadi aparatur pengelola di negeri tercinta kita ini.

Jurusan Kuliah Bea dan Cukai STAN

Sepertinya istilah bea dan cukai tidaklah asing bagi pembaca sekalian. Dua kata tersebut tentu berkaitan erat dengan keluar masuknya barang. Maksudnya disitu perpindahan barang melintasi batas negara. Di setiap pelabuhan dan bandara dipastikan ada kantornya.

Kegiatan utamanya adalah melakukan penarikan iuran/ pajak ekspor impor serta tindakan pengecekan terhadap semua barang yang melalui kegiatan ekspor dan impor. Kenapa harus dilakukan pengecekan? Kamu pasti sering deh nonton tivi mengenai masuk serta lolosnya barang selundupan. Baik berupa barang haram melanggar ketentuan seperti narkoba maupun produk lain yang tidak berbahaya seperti gadget elektronik namun tanpa melewati pengurusan pajak masuk.

Lalu apa saja hal haal yg dipelajari jurusan bea cukai STAN? Jujur saja saya bukan lulusan jurusan tersebut. Namun saya masih memprediksi komptesni utama yang akan dititik beratkan pada mahasiswanya. Secara umum seputar materi berkaitan kepabeanan dan cukai meliputi cara pengurusannya, tindakan inspeksi serta prosedur persetujuan terhadap barang yang akan masuk maupun keluar. Selain itu pula mungkin akan mempelajari undang uundang serta peraturan ekspor impor.

Bagaimana dgn peluag kerja lulusan bea cukai STAN? Kalao masalah itu mah enggak perlu dikhawatirkan say. Semuanya akan baik baiiik saja kok. Intinya tuh pasti dapat kerjaan yg telah ditentukan. Instansi tempat kerjanya kemungkinan di: DJBC, KPPBC, kantor bantu pelayanan bead an cukai, pangsarops BC, serta balai pengujian dan identifikasi barang.

Jurusan Kuliah Pajak Bumi dan Bangunan

Haduh masih ada 2 lagi neh yang harus aku paparkan secara lengkap. Ya mau gimana lagi, demi pembaca setia ane harus tetap semangat 45 untuk menjelaskannya sedetail mungkin agar pemirsa tidak kecewa deh heheheeeei. Namanya fans enggak boleh dikecewain wkwkwkwkwk.

Jurusan yang akan masih aye jelasin meskipun bukan yang terakhir adalah pajak bumi dan bangunan. Tapi untuk yang ini sama yg terakhirnya barangkali enggak perlu saya perinci banget deh. Soalnya nanti akan tau sendiri kok kalo nantinya udah berhasil masuk kuliah di perguruan tinggi tsb, amiiiiin ya Alllah.

Kalo kita berbicara seputar PBB, enggak akan lepas dari pajak rumah serta bangunan yang ada di atasnya. Setiap gedung maupun barang fisik padat yang berdiri tegak di atas tanah yang ada di negara ini harus memiliki diwajibkan untuk membayar iuran wajib tersebut. Rumah serta sekolah kalian pastinya diwajibkan untuk membayar juga loh. Karena itu memang sudah ketentuan yang berlaku di negeri tercinta ini. Jika tidak membayar maka bisa dianggap sebagai sikap melanggar hukum.

Kalau begitu apa saja sih pelajarannya? Kemampuan khusus yang dimilikinya tentu berhubungan erat dgn cara penagihan, prosedur pembayaran dan penyerahannya sebagai asset kekayaan negara serta beberapa undang uundang yg berkaitan dengan keagrariaan. Karena nanti memiliki keterkaitan erat dengan bidang agrarian dan tata kota.

Nah kalo untuk kesempatan karirnya juga sudah ditetapkan bila nanti sudah menjelang saat akan lulus. Secara umum sih kerja di instansi yg ada sangkut pautnya dengan pengurusan pajak bumi dan bangunan. Maaf untuk bagian yang satuu ini barangkali sy enggak bisa terlalu lebih rinci banget yah. So sepertinya saya langsung lanjut aja pada pembahasan mengenai jurusaan terkhir aja yaaaah.

Jurusan Kuliah STAN Manajemen Aset

Saya untuk dua tahun belakangan memperhatikan nama jurusannya ada yang namanya utang dan piutang negara. Namun setelah nama tersebut hilang namun ada yang baru yaitu manajemen asset. Mungkin itu hanya peralihan namanya saja namun maksudnya sama.

Ya alasan tersebut menurut aku sih masuk akal juga. Mengingat utang dan piutang serta kekayaan lainnya merupakan asset milik negara sehingga harus dikelola secara professional sehingga muncullah jurusan tersebut.

Hal utama yang menjadi kegiatan orang lulusan manajemen asset bila nantinya sudah lulus adalah mengurus semua hal berkaitan dgn inventarisasi asset aseet milik negara, serta kekayaaan lainnya. Jadi kompetensi yg akan ditanamkan adalah cara pengelolaan, penagihan serta bagaimana upaya opimasi penggunaannya.

Lantas untuk lowongan kerjanya akan disebar di berbagai instansi pemerintahan di bawah kementerian keuangan republik Indonesia meliputi kantor pusat DJKN, kntor wilyah DJKN, kntr pelayanan kekayaan negara dan lelang (KPKNL).

Nah seperti itulah rincian mengenai jurusan kuliah STAN yang telah aku bahas serta sajikan secara lengkap. Harapannya kamu yg sedang membaca mendapat informasi sejelas jelasnya. Tujuanku memang untuk menyajikan informasi bermanfaat bagi calon peserta tes USM kampus ikatan dinas tersebut.

Program Studi (Prodi) Kuliah STAN

Okey deh, abang sudah berbicara panjang kali lebar mengenai jurusan kuliah STAN mungkin bisa dipakai untuk menghitung luas daerah kali ya? Wkwkwkwkwkw bisa aja nieh si bang heheeeh. Nah sudah saat kakak ingin bercerita sedikit mengenai program studi (prodi) STAN. Kenapa harus dibahas? Karena di judulnya terdapat kata kunci tersebut so kudu wajib dipapar sejelas jelasnya dong.

Untuk masalah program studinya ada dua yaitu diploma I dan III. Keduanya sudah jelas memiliki perbedaan satu sama lain. Baik dari bobot mata kuliah yang akan dipelajari, masa studi maupun pangkat/ golongan alumninya saat berkarir setelah lulus nantinya. Agar ebih jelas dan detailnya silakan simak ulasan berikut ini.

Program Studi Diploma 1 STAN

Prodi D1 STAN membuka pendidikan yang dilangsungkan selama satu tahun (dua semester). Secara bobot jumlha sks nya tidak sama sama dengan prodi di atasnya. Dalam artian lebih sedikit. Nanti setelah lulus akan diangkat secara langsung menjadi CPNS dengan golongan ruang IIA.

Prodi Diploma D3 STAN

Nah sudah sampai juga bagian terakhir yaitu prodi diploma tiga yang dimana ama studinya memakan waktu hingga 3 tahun atau lamanya sekitar enam semester. Beban sistem kredit semester (sks) nya pun jauh lebih banyak dibandingkan dgn yg dibawahnya seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya di atas. Setelah lulus nanti akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil dengan pangangkatan menjadi golongan kerja IIIC.

Demikian lah pembahasan lengkap mengenai jurusan kuliah STAN serta pilihan program studi yang bisa dipilih bagi calon mahasiswanya. Saya harap bisa dipahami, diserapi maksud tujuan penulisannya tersebut di atas. Akhir kata, ane hanya menyampaikan do’a semoga lulus kedepannya. Amiiiiin.