Soal UN Geografi SMA 2017 dan Pembahasan Lengkap

File soal UN geografi SMA 2017 dan pembahasan lengkap bisa didapatkan dengan membaca artikel ini sampai bagian paling akhir. Jadi harap untuk menyimak secara serius karena di tengah atau akhirnya akan dimunculkan link untuk mendownload. Jangan pernah sia siakan kesempatan ini. Belum tentu orang lain menemukan situs ini.

Aku yakin sekali bahwa gue tidak perlu menjelaskan seluk beluk geografi secara detail. Kalian sebagai pelajar sekolah menengah atas program studi IPS sudah mengetahuinya. Bahkan bisa jadi kamu lebih tahu semuanya daripada abang. Kaka sendiri waktu sekolah tingkatan yang sama ambil program studi IPA.

Intinya mah belajarnya mengenai bumi lah. Kajiannya bisa berupa struktur, tektur, morfologi serta fenomena yang terjadi di ala mini. Selain itu juga tak membahas mengenai lapisan udara yang menyelimuti bumi ini. Pokoknya lengkap deh berkaitan dengan jagat raya.

Baiklah, kita sekarang lebih baik memfokuskan pada inti serta tujuan dari penulisan postingan ini. Jangan terlalu banyak bicara kemana mana. Malahan nanti akan menyebabkan bias sehingga niat oembaca akan teralih ke hal lain. Bukannya belajar malah searching hal lain karena penasaran.

Mata pelajaran ini masuk dalam kategori bidang studi yang diujikan. Setiap tahunnya memang dimasukkan. Namun pada un tahun 2016, tergolong bidang studi pilihan. Jadi kakak kelasmu kemarin ada kemungkinan mengambil geografi. Meskipun berdasarkan berbagai informasi yang saya himpun, kebanyakan memilih sosiologi.

Soal UN Geografi SMA 2017 dan Pembahasan Kunci Jawaban

Sudah kalian ketahui semua bahwa penyusunan tulisanku ini memiliki tujuan besar untuk memberikan soal un geografi beserta pembahasan. Namun lebih dari itu juga akan tersedia pula kunci jawaban. Jadi pasti deh ku akan mengatakan lengkap banget kan.

Akan tetapi saya akan merasa sangat percuma kalau hanya lengkap doang. Pengen sih setiap tulisanku memberikan manfaat besar. Terlebih lagi bisa membuat seseorang menjadi lebih baik lagi. Karena memuat ilmu pengetahuan, maka seharusnya membuat seseorang menjadi lebih pintar.

Aku ingin tanya deh sama pembaca semuanya. Adakah di antara kalian tidak ingin menjadi pintar. KAlau sampai ada yang menjawab engga tidak mau, sebaiknya ke laut aja sono. Masa iya ingin terus hidup dalam kebodohan. Kalau bodoh nanti gampang ditipu sama orang dong.

Dengan asumsi semuanya berkeinginan pintar termasuk kamu. Makanya isi waktu serta semua kegiatanmu dengan hal yang bermanfaat. Untuk kasus ujian nasional ya diharuskan belajar. Salah satunya dari postinganku ini berisi soal geografi un sma 2017 serta pembahasan kunci jawaban. Secara lengkap nanti akan mengandung:

  • Soal un geografi sma 2017 lengkap
  • Pembahasan soal un geografi sma 2017 rinci
  • Kunci jawaban un geografi sma 2017

Nah keempat topik utama tersebut akan menghiasi semua halaman ini dengan berbagai ulasan dan kalimat. Setiap topiknya nanti akan terbagi lagi menjadi beberapa bagian yang bisa memperikan penjelasan lebih detail. Jadi bacalah secara berhati hati agar dapat mengerti maksud serta tujuan penulisannya.

Soal UN Geografi SMA 2017 Lengkap

Hiasan pertama bagi artikel ini berupa soal un geografi sma 2017 lengkap. Kalau lengkap ya pasti semuanya nomornya ditampakkan di sini tanpa ketinggalan satu angka pun. Nah sangat disayangkan kelengkapannya jika kamu mempelajarinya secara setengah tengah. Apalagi baru dibuka langsung ditutup browsernya. Sungguh sangat disayangkan sekali,

Insya Allah setiap konten yang termuat dalam blog ini bisa memberikan manfaat besar. Kalian bisa menjadi lebih berwawasan serta berilmu. Barang kali tidak sedikit menganggap terlihat lebih smart. Sudah tau kan indikator seseorang dikatakan smart. Ya setiap pembicaraannya penuh dengan ide.

Bahan obrolannya juga sangat berbobot. Pokoknya selalu memperlihatkan bahwa kita intelektual. Ilmu sangat terasa saat ia berbicara. Tidak asal bicara atau obrolannya tidak memiliki arti. Lebih banyak diam daripada membicarakan hal yang tidak bermanfaat.

Isi pembicaraan yang menyakiti orang lain juga tentu seharusnya dihindari dong. Nah terutama generasi muda seperti kalian bicaranya kasar, tidak sopan malah memperlihatkan tidak berpendidikan sama sekali. Coba bersikap serta berperilaku selayaknya orang terpelajar. Jadinya elu akan lebih dihargai oleh orang lain.

Baiklah engga perlu terlalu banyak membahas atau ceramahin. Kita fokus kembali tujuan inti dari postinganku. Karena sudah mulai tahap pertama maka sengaja abang bagi menjadi:

  • Soal un geografi sma 2017 bagian satu
  • Soal geografi un sma 2017 sesi dua
  • Download soal un geografi sma 2017 ketiga

Pasti deh ketiga poin di atas akan mencakup secara keseluruhan dari naskah soalnya. Kaka yakin nantinya akan mampu mengkover semuanya tanpa tertinggal satupun. Tinggak keseriusan kamu sendiri untuk mengambil manfaatnya secara maksimal.

Soal UN Geografi SMA 2017 Bagian Satu

Seperti biasanya kita wajib memulai segala sesuatu dengan berdo’a. itu mah sudah pasti atuh. Akan tetapi maksudku di sini adalah masalah pengurutan dalam hal penulisan. Nah untuk pertamanya harusnya satu dong. Tentu saja berawal dari urutan terkecil dong. Masa iya sih secara tiba tibaa pakai nomor akhirnya. Kita memulai dulu tahapan satu ini dengan soal un geografi sma 2017 bagian satu yah.

Soal UN Geografi SMA 2017 Nomor 1-5

Kebiasaan setiap orang yang lebih cenderung memilih pada belahan bumi yang berbentuk dataran rendah. Tapi mereka tetap memperhatikan tingkat kesuburan. Umumnya akan mereka manfaatkan untuk area pertanian serta pemukiman. Dikarenakan kelebihan lahannya tersebut, menyebabkan sebaran penduduknya mengumpul. Coba tentukan konsep geografi yang digunakan untuk menjelaskannya.

Barang kali masih teringat kuat dalam ingatan kita tentang banjir di Bandung Selatan. Setelah dianalisa ditemukan beberapa faktor penyebabnya. Pengalihan fungsi hutan dan penggundulan hutan serta penimbunan sampah menjadi pemicu utamanya. Tiga kondisi tersebut menyebabkan tingkat penyerapan air ke dalam tanah berkurang. Penangana peritiwa tersebut dapat menggunakan pendekatan geografi paling tepat: (A) spasial. (B) keruangan. (C) kewilayahan. (D) korologi. (E) ekologi.

Lanjutan soal un geografi un sma 2017 nomor 4. Proses terbentuknya tata surya dapat dijelaskan oleh teori Planetsimal. Kandungan utama terori tersebut paling tepat salah satu dari pilihan berikut: (A) perputaran nebula terhadap porosnya ketika suhu rendah. Selain itu didukung oleh ukurannya sangat luas. (B) Gas tebal berputar dengan cepat saat berada di suhu rendah. (C) bola kabut bersuhu tinggi putar secara perlahan lahan. (D) adanya gas dan materi ringan tertarik ke bagian tepi karena dipengaruhi oleh tarikan gaya gravitasi antara dua bintang. (E) berawal dari bintang kembar. Satunya meledak sehingga partikel ledakannya berotasi mengelilingi kembarannya.

Kebanyakan orang bermukim di daerah pegunungan bermata pencaharian di sektor perkebunan. Hal tersebut dapat dijelaskan oleh prinsip geografi paling benar: (A) deskripsi. (B) korologi. (C) ekologi. (D) distribusi. (E) interelasi. Pasti deh satu dari lima prinsipnya merupakan jawaban paling benar.

Adek semuanya tentunya telah mempelajari fenomena geosfer. Secara khas peritiwa tersebut memiliki aspek fisik. Lalu pilihlah salah satu aspeknya paling benar berikut: (1) meletusnya balon kuning, eh salah maksudnya gunung Tambora. (2) peningkatan angka kelahiran di pulau Lombok. (3) Tsunami diakibatkan oleh gempa bumi. (4) Perkotaan dipadati oleh pemukiman kumuh. (5) Hujan deras yang terus mengguyuri Kota Bogor.

Soal UN Geografi SMA 2017 Nomor 6 -10

Diperlihatkan sebuah gambar. Gambarnya memperlihatkan siklus hidrologi. Terdapat tujuh proses pembentukan air hujan. Setiap prosesnya dikasi kode menggunakan angka. Pertanyaannya mengenai proses salah satu angkanya. Terdapat 5 opsi tersedia. (A) infiltrasi, proses masuknya air ke dalam pori dari atas permukaan. (B) gerakan air melewati profil tanah akibat tarikan gravitasi. (C) presipitasi, jatuhnya tetesan air ke permukaan tanah yang berasal dari awan. (D) kondensasi, terbentuknya titik air sebagai perubahan wujudnya dari uap air. (E) run off, bentukan limpasan air di atas permukaan bumi.

Pentukan tata surya juga dijelaskan juga oleh teori Big Bang. Pilihlah tiga jawaban paling benar untuk karakteristik teori tersebut: (1) dinamika alam semesta terus mengalami perubahan tidak bersifat statis. (2) sekelompok galaksi terbentuk dari partikel sisa ledakan. (3) jagat raya bermula dari elemen bermanssa besar. (4) terbentuk akibat benturan beberapa bintang besar. (5) jagat raya muncul karena siklus materi di angkasa.

Soal un geografi sma 2017 nomor 8. Nomor yang ini memiliki kemiripan dengan tiga sebelumnya. Diminta untuk menyebutkan 3 gejala geosfer berhubungan erat dengan gempa tektonik. (1) palung laut terbentuk sangat dalam. (2) sepanjang sungai nil menjadi lebih subur. (3) di pulau Sumatera ada pegunungan bukit barisan. (4) danau kering lama kelamaan akan menjadi dataran rendah. (5) munculnya patahan San Andreas di Kalifornia, Amerika Serikat.

Jenis batuan sangatlah banyak. Penggolongan juga sangat banyak. Batu mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Serendah rendahnya manfaatnya seperti bahan pembangunan jalan serta rumah. Akan tetapi ada beberapa diantaranya bernilai ekonomi tinggi. Tentukan tiga jenis yang memiliki harga jual mahal: (A) konglomerat, kuarsa, batu permata. (B) korundum, topas, turmalin. (C) marmer, batu asbak, belerang. (D) intan, pirit, andesit. (E) schist, obsidian, nama pertama disebutkan pada pilihan A.

Dalam sistem tata surya, terdapat banyak planet. Sebenarnya sih masih bisa dihitung banyaknya. Nama planet manakah yang memiliki ciri cirii seperti berikut: (1) dibandingkan planet yang lainnya, ukurannya paling kecil. (2) sama sekali tak memiliki satelit satupun. (3) kawah banyak sekali di jumpai pada permukaannya. (4) suhu siang harinya sangat tinggi, begitu juga malamnya terasa amat dingin luar biasa.

Sumber daya lahan harus memperhatikan keberlangsungan saat menggunakannya. Penggunaan lahan paling dominan di permukaan bumi ini terutama Indonesia adalah untuk usaha pertanian. Kegiatan bertani seharusnya memperhatikan kelestarian lingkungan. Upaya paling tepat dilakukan: (1) optimalisasi sistem irigasi untuk mengolah sawah. (2) bertani menggunakan lading secara berpindah pindah. (3) penerapan sistem monokultur pada pelaksanaan di lapangan. (4) menerapkan pola tanam secara bergantian untuk jenis berbagai tanaman atau sering disebut dengan crop rotation.

Soal Geografi UN SMA 2017 Kedua

Lanjutan dari bagian kesatu pastinya kedua. Secara umum bagian kedua ini akan terdiri dari beberapa konsep yang ditanyakan. Topik yang mendominasi soal geografi un sma 2017  meliputi keaadaan alam serta berbagai peristiwa yang menyertainya. Dunia ini tidak bersifat abadai. Artinya akan terjadi banyak sekali perubahan maupun cobaan bagi setiap makhluk yang mendiaminya.

Soal Geografi UN SMA 2017 Nomor 11-15

Tidak seorang ingin mengalami bencana alam. Akan tetapi kehendak Allah tentu berbeda dengan rencana besarnya. Pastinya banyak hikmah yang bisa dipetik. Salah satu contoh bencana alam adalah gempa bumi. Salah satu langkah saat terkena bencanya tersebut meliputi: (1) berusaha pindah tempat ke tempat yang lebih tinggi. (2) Bila sedang berkendara, segera berhenti dan keluar meninggalkannya. (3) mengikuti semua petunjuk tim penyelamat. (4) mendatangi pohon rindang untuk berlindung. (5) berusaha tetap tenang, fokus dan harus mampu mengendalikan diri.

Pergantian musim sudah terjadi di Indonesia. Untu daerah sub tropis seperti kita, pergantiannya bisa terjadi sebanyak dua kali. Soalnya akan menunjukkan pola angin musim yang terjadi di Indonesia. Bila dilihat dari penampakannya kejadiannya diperkirakan antara bulan April sampai Oktober. Secara berurutan ditanyakan nama serta faktor penyebab utamanya.

Lanjutan soal geografi un sma 2017 nomor tiga belas. Bentuk relief serta kondisi vegetasi Indonesia sangat beragam. Hal itu semuanya dipengaruhi oleh iklim yang dialami oleh bangsa tercinta ini. Sebagai contoh adanya sabana tropis di daerah Nusa Tenggara dan Sulawesi Selatan. Keberadaan bioma tersebut dipengaruhi oleh satu dari lima pilihan berikut: (A) peternakan sebagai mata pencaharian utama masyarakatnya. (B) heterogenitas tanamannya tersebar merata. (C) diperkirakan pernah menyatu dengan wilayah Australia. (D) tingkat intensitas curah hujan yang berbeda antara berbagai kurun waktu. (E) jenis tumbuhan yang hidup berbeda beda satu sama lainnya.

Sekarang kita beralih masalah pola aliran sungai. Terdapat lima gambar. Nanti kalian diminta untuk menyebutkan polanya yang ditunjukkan oleh nomor 2 dan 4. Adapun pilihannya pasti ada satu yang benar. (A) radial sentripetal dan setrifugal. (B) pinnate, deranged. (C) rectangular, trellis. (D) parallel, sentripetal. (E) dendritik, trellis.

Banyak kerusakan lingkungan disebabkan oleh tindakan manusia. Keserakahan dalam mengekspolitasinya semakin memburuk. Salah satu jenis kerusakannya yaitu pembakaran hutan untuk sistem pertanian terpadu. Hal tersebut di atas akan memberikan dampak berupa: (A) kesuburan tanah meningkat. (B) kelembaban meningkat. (C) peningkatan kandungan humus. (D) kehilangan sumber daya alam. (E) ekologi akan terus rusak.

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang luas ini memiliki karakteristik tersediri. Selain itu karakternya memberikan pengaruh besar terhadap corak kehidupan masyarakat yang menempatinya. Sebagai contohnya saja, interelasi daerah pesisir biasanya dimanfaatkan oleh penduduk untuk memenuhi kebutuhannya. Bentuk kegiatan ekonomi mereka berupa: (A) membudidayakan mutiara dan penyu. (B) usaha rumah makan sea food bagi wisatawan. (C) bertani rumpu laut dan pengawetan ikan. (D) pertanian sawah karena sangat dekat dengan pantai. (E) bisnis teripang, tumbuhan bakau.

Soal Geografi UN SMA 2017 Nomor 16 – 20

Setiap wilayah memiliki jenis fauna khas tersendiri. Hal tersebut tentu saja berhubungan erat dengan persebarannya. Persebaran hewan di berbagai daerah dipengaruhi oleh faktor fisiografik, klimatik, serta jenis biotik yang berbeda tiap daerahnya. Ditanyakan contoh hewan endemic pada daerah Wallace.

Negara berkembang memiliki banyak hal yang harus dibenahi. Sifat masalahnya kualitatif. Beberapa masalah yang sering kali mereka hadapi adalah: (A) tingginya anak putus sekolah. (B) jumlah penduduknya terus mengalami peningkatan. (C) rendahnya tingkat kesehatan masyarakat. (D) pertambahan angka pengangguran terus terjadi. (E) bertambahnya angka kematian.

Sudah kalian ketahui semua bahwa hutan itu banyak sekali jenisnya. Ada yang namanya hutam bakau. Jenis hutannya tersebut biasanya berada di perairan payau. Karakteristiknya sangat dipengaruhi oleh pasang surutnya air laut. Tempat tumbuhnya berada di tempat yang terjadi pelumpuran serta terdapat akumulatan bahan organik. Nah untuk penduduk di sekitarnya memiliki aktivitas ekonomi yang sangat khas.

Pertanyaan soal geografi un sma 2017 nomor 18. Munculnya perumahan kumuh di tengah wilayah kota sudah biasa terjadi. Terutama kotanya memiliki banyak daya tarik. Kepadatannya diantaranya disebabkan oleh tingginya arus imigrasi penduduk yang berniat mengadu nasib mencari pekerjaan. Jenis migrasi seperti itu tentunya disebut dengan urbanisasi.

Sumber daya alam bisa digunakan untuk memenuhi kehidupan. Namun tidak semua yang tersedia bisa digunakan secara bebas. Piliha dua dari empat ciri berikut yang mampu mendukung kehidupan: (1) mempunya nilai ekonomi yang tinggi bagi kehidupan masyarakat. (2) bisa dikembalikan ke kondisi semula ketersediaannya. (3) bisa didapatkan dalam jumlah yang sangat besar secara mudah. (4) membutuhkan waktu yang lama untuk memulihkannya.

Sumber daya alam yang tersedia harus dimanfaatkan secara optimal. Akan tetapi pada pelaksanaannya seharusnya disertai pula dengan kearifan akan keutuhan serta kelestarian alamnya. Pemanfaatannya dilakukan bila sangat mendesak diperlukan. Sebutan untuk prinsip ini ada pada salah satu opsi jawabannya.

Dalam mengekspolitasi sumber daya harus memperhatikan keberlanjutan kehidupan serta pembangunan yang lebih baik. Tentukan poin berikut yang bisa dikatakan memenuhinya: (1) tak menimbulkan pencemaran lingkungan. (2) tumpukan sampah plastik yang terkumpul dibenamkan dalam tanah. (3) penanaman secara berganti untu beberapa jenis tanaman pada satu lahan tertentu. (4) Pemberian pupuk secara terus menerus agar menjadi subur. (5) tebang pilih sebagai solusi agar hutan tidak gundul. (6) penanaman lahan sepanjang tahun dengan satu jenis pohon saja.

Download Soal UN Geografi SMA 2017 Asli

Tidak mungkin kalian mengatakan tidak membutuhkan soal un geografi sma 2017 asli. Untuk mendapatkan serta menjamin keaslian naskahnya, bisa deh kalian download dari halaman ini. Bertolak dari tujuan besar situsku, insya Allah akan aku berikan secara bebas. Kamu engga perlu lagi mencarinya dengan cara keluar menutup blog ini.

Selanjutnya berselancar ke halaman situs lainnya. Tindakan tersebut tentu sangat merugikan. Justru tergolong pemborosan waktu. Padahal waktunya akan lebih bermanfaat seandainya digunakan untuk belajar secara serius.

Download Soal UN Geografi SMA 2017 Nomor 21-25

Pembangunan berkelanjutan sangat perlu untuk digalangkan. Beberapa tindakan yang termasuk kategori tersebut di antaranya: (1) kegiatan tani menerapkan teknologi modern. (2) ektensifikasi pertanian dengan mengembangkan lahan baru. (3) rehabilitas melalui pemulihan produktivitas tanah. (4) penganeragaman usaha tani. (5) penerapan intensifikasi dengan teknologi tepat guna.

Berbagai fenomena serta penampakan permukaan bumi dapat teranalisa dengan baik menggunakan sistem informasi geografis (SIG). Jadi saat analisanya akan terasa lebih mudah. Keunggulan penganalisian tersebut adalah (A) objek wilayah digamparkan secara lengkap. (B) bentuk outputnya berupa digital sehingga memudahkan proses pengolahan secara cepat. (C) dapat mengenali objek yang tidak terlihat. (D) saat membuat peta terasa lebih mudah. (E) gambaran lengkap mengenai keadaan bumi bisa diketahui secara rinci.

Download soal un geografi sma 2017 nomor 24. Penginderaan jauh telah banyak diterapkan pada banyak bidang. Sudah banyak para professional memanfaatkannya sesuai dengan masingnya. Salah satu bentuk pemanfaatan di bidang hidrologi adalah: (A) pemantauan arus gelombang, salinitas, suhu, tingkat kekeruhan air. (B) digunakan dalam pantauan fenomena biologis, berbagai pencemaran pada adara, air, serta termal. (C) memetakan tanah, lapangan, geologis, pendeteksian adanya endapan mineral.(D) pengamatan terhadap badai, curahan, pergolakan angin. (E) mengukur curah hujan, melihat kandungan salju dalam es yang menutup permukaan, antisipasi kemungkinan terjadinya banjir, serta pengelolaan transportasi air.

Setiap fenomena yang tampak pada citra memiliki ciri tersendiri yang bisa menggambarkan objek tertentu. Objek apakah untuk dua ciri berikut: (1) citranya terlihat sangat hitam. (2) pohon yang hidup memiliki ketinggian yang hampir seragam. Untuk jawabannya pasti salah satu dari: (A) persawahan. (B) hutan bakau. (C) perkebunan. (D) dataran banjir. (E) Sungai.

Pembangunan industry harus memperhatikan posisi sebagai wilayah pengembangannya. Penempatan lokasinya memberikan dampak yang besar bagi efisiensi serta keuntungan yang diraup nantinya. Soal ini memperlihatkan sebuah gambar yang terdiri dari pemukiman penduduk, hutan, pasar, perkebunan, serta persawahan. Kamu nant diminta untu membantu menentukan letak industry tekstil paling tepat disertai dengan alasannya secara logis.

Bertambahnya tingkat penggunaan kendaran bermotor serta ruang hijau terbuka menjadi msalah besar bagi kesehatan lingkungan. Dua hal tersebut menjadi penyebab utama tingginya polusi udara di perkotaan. Oleh sebab itu perlu upaya yang pasti untuk mengatasinya: (A) menghemat pemakaian energi serta membuat sengkedam. (B) tarif pajak motor dinaikkan disertai dengan pembuatan saluran irigasi. (C) hanya mengimpor kendaraan yang ramah terhadap lingkungan serta menggalakkan reboisasi. (D) tetap melakukan uji emis kendaran bermotor secara berkala. (E) pelarangan pemakaian kendaraan bermotor.

Dowload Soal Geografi UN SMA 2017 Nomor 26-30

Nah untuk menutupi tahapan kesatu ini, sengaja ane cukupkan dengan download soa geografi un sma 2017 untuk nomor 26 sampai dengan 30. Setelah melewati begitu banyak kata pembentuk berbagai macam kalimatnya, tentu kalian sudah senang dong. Ya iyalah, keinginan sudah tercapai untuk mendapatkannya. Lalu masa tidak mau bersyukur sih.

Saat kamu menganlisa keruangan. Analisanya misalkan menggunakan jenis peta tanah, kemiringan lereng, serta curah hujan. Berdasarkan analisa yang dilakukan, sebutin informasi keruangan yang bisa didapatkan: (A) kecocokan daerah pertanian. (B) keadaan curah hujan. (C) daerah rawan longsor. (D) penggunaan tata guna lahan. (E) daerah rawan terkena banjir.

Pembangunan pusat belanja seyogyanya harus melalui tahapan perencanaan terlebih dahulu. Agar tepat menentukan tempat pembangunannya, jenis peta apakah sebaiknya digunakan. Opsi pilihan jawabannya terdiri dari (A) peta jaringan jalan, kepadatan penduduk serta tata guna lahan. (B) curah hujan, persebaran tambang, jenis tanah. (C) topografi, sekolah. (D) jaringan jalan, curah hujan, tingkat kesuburan tanah. (E) kemacetan lalu lintas, tumbuhan dan topografi.

Pembahasan Soal Un Geografi SMA 2017 Lengkap

Nah kedua ini mungkin termasuk lebih utama bagi mereka yang rajin belajar. Tahapan kedua memang sengaja diisin dengan pembahasan soal un geografi sma 2017 dijabarkan secara dijelaskan secara lengkap. Namanya lengkap pasti saja akan dicocokin dengan soalnya.

Karena soalnya terdiri dari limat puluh nomor, maka pembahasannya seharusnya ada 50 juga. Berpasangan lebih enak dilihat. Jangan kaya kakak masih single sampai saat ini. Sepi tak mungkin dihindari karena engga ada teman cerita atau berbagai. Loh kok lama kelamaan jadi curhat hehehe.

Ya tidak masalah blogger seperti ane sedikit bercerita sedikit hehehehei. Kalau dipendam sendiri terasa sumpek banget di dada wkwkwkwk. Tapi jangan dianggap serius yah. Gue mah emgna gitu orangnya. Suka sekali eh yang namanya becanda. Ya biar bisa sedikit menghibur diri. Karena lama kelamaan jenuh juga banyak menulis serta mengetikkan kata perkata untuk memenihi artikel ini.

Sudah ya kita batasi becanda dan curhatnya. Kembali ke topik utama yaitu pembasahan soal un geografi. Tahapan kedua ini akan sengaja dibagi menjadi tiga bagian, yakni:

  • Pembahasan soal un geografi sma 2017 lengkap
  • Pembahasan soal geografi un sma 2017 mudah
  • Download pembahasan soal geografi un sma 2017

Untuk tahapannya yang kedua aku rasa sudah cukup diisi dengan ketiga poin yang disebutkan di atas. Bahkan mungkin akan melebihi dari cukup. Malahan elu pasti minta jangan terlalu panjang seandainya bisa ditulis secara singkat lagi. Kalau kepanjangan tulisannya nanti pada bacanya sambil menguap nguap. Jujur saja abang sering gitu kok saat mengetiknya. Nah gimana dengan kalian pasti akan lebih ngantuk banget deh.

Pembahasan Soal UN Geografi SMA 2017 Lengkap

Yah tau sendiri dong, berdasarkan urutan soalnya sudah seharusny dimulai terlebih dahulu dengan pembahasan soal un geografi sma 2017 lengkap. Sebaiknya jangan terlalu banyak mempertanyakan kata lengkapnya. Insya Allah nanti akan terlihat semua lengkap atau tidaknya. Malahan mungkin akan secara spontan keluar kata wooow dari mulutmu.

Pembahasan Soal Un Geografi SMA 2017 Nomor 1-5

Kebanyakan negara yang terletak di kawasan Amerika Selatan tergolong negara berkembang. Masih banyak sektor kehidupan harus mereka kembangkan lebih lagi. Negara yang dikategorikan berkembang seperti Argentina, Bolivia, Brazil, Ekuador, Chili, Paraguay, Kolombia, Peru, Guyana, Venezuela, Uruguay, Suriname. Tapi sebagian di antaranya sudah mulai melakukan banyak perubahan besar.

Sudah banyak negara memperlihatkan kebolehan serta kehebatannya. Mereka tentunya tergolong negara maju. Syarat sebuah negara agar mendapatkan julukan tersebut meliputi: (1) nilai pendapatan per kapitanya sangat tinggi. (2) umumnya masyarakatnya bermata pencaharian di bidang industri dan jasa. (3) angka tingkat harapan hidupnya tinggi. (4) laju pertumbuhan penduduknya relatif rendah. (5) kesejahteraan rakyatnya relatif tinggi. (6) jarang sekali terjadi tindakan atau aksi kriminal. (7) memiliki SDM berkualitas. (8) kejadian kelahiran dan kematian masih tergolong rendah.

Nomor 3 pembahasan soal un geografi sma 2017 lengkap. Aplikasi sistem informasi geografis (SIG) memberikan banyak keunggulan dibandingkan teknologi lainnya. Keunggulannya tersebut meliputi: (1) pengelolaan secara bersamaan dapat dilakukan untuk data spasial dan nonspasial. (2) hasilnya berbentuk digital sehingga secara mudah bisa dipanggil kembali ataupun diulang lagi. (3) mampu memilah milah unsur yang ada di permukaan bumi menjadi beberapa layer atau coverage spasial. (4) dapat memvisualkan data spasial dengan sangat baik. (5) jenis format datanya yang dihasilkan sangat jelas. (6) biayanya lebih murah bila disandingkan dengan survey secara langsung di lapangan.

Sitem Informasi Geografis (SIG) memberikan banyak manfaatnya bagi bidang sumber daya alam. Manfaat yang dimaksud meliputi: (1) mengidentifikasi sebaran berbagai jenis sumber daya alam seperti barang pertambangan, emas, minyak bumi, besi, batu bara. (2) memberikan gambaran terkait kondisi wilayah potensial dan kritis. (3) keperluan perbaikan sarana transportasi jalan. (4) pantauan kawasan lahan pertanian dan perkebunan. (5) keadaan hutan yang masih baik atau telah mengalami kerusakan.

Lanjutan pembahasan soal un geografi sma 2017 nomor 4. Banyak sekali bentuk pola yang digunakan untuk menganalisis masalah geografis. Salah satu contoh sering digunakan yaitu pola keruangan desa. Melalui konsep tersebut, nanti akan terlihat karakteristik wilayahnya. Secara umum, perkembangan desa terjadi pada wilayah dengan tingkat kesuburan tanahnya tinggi. Jadi bisa dipastikan pemanfaatannya lebih diarahkan sebagai lahan pertanian/ perkebunan. Nah bisa disimpulkan lapangan pekerjaan utamanya didominasi oleh sektor agraris.

Ciri lain lain pedesaan terlihat dari aspek lingkungan sosialnya. Kehidupan sosial di desa sangat mengedepankan sikap gotong royong dalam masyarakatnya. Selain itu hubungan kekerabatan antar warga kuat sekali, masyarakat memegang teguh tradisi yang berlaku secara turun temurun. Semua yang disebutkan barusan merupakan kenikmatan tersendiri bagi mereka yang mendiaminya.

Keberlangsungan hidup serta aktivitas di daerah perkotaan tidak terlepas dari peran desa. Di bidang ekonomi sebagai salah satu contohnya, pedesaan berfungsi sebagai penghasil ataupun memproduksi kebutuhan pangan dan komoditas ekspor. Bahan pangannya yang dihasilkan sangat bervariasi seperti padi, buah buahan, sayur sayuran serta jagung. Di sisi lain desa juga mampu menyumbangkan persediaan bahan baku untuk industri yang selanjutnya diolah sebagai produk ekspor. Contoh bahan bakunya seperto kayu, kapas, karet serta hasil alam lainnya.

Pembahasan Soal UN Geografi SMA 2017 Nomor 6 – 10

Hubungan interaksi antara desa dan kota memberikan tidak sedikit pengaruh positif. Setidaknya terdapat empat keuntungan yang bisa dipetik: (1) penduduk pedesaan akan mengalami peningkatan penghasilan. Kegiatasa wirausahanya mampu menghasillkan komoditas berkualitas dapat dijual ke perkotaan. (2) pembangunan penghubung antar kedua wilayah akan membantu keberadaan desa dapat dijangkau serta hubungannya semakin terbuka. (3) wawasan dan pengetahuan penduduk desa meningkat. Akan tersa sekali pada pendidikan serta informasi teknlogi dapat berguna bagi kegiatan usaha desa. (4) meningkatnya perekonomisn pedesaan dikarenakan jalinan transaksi berbagai macam kebutuhan.

Sir Issac Newton (1687) seorang ahli fisika mengemukakan teori gravitasi. Inti dari teorinya menyatakan bahwa antara dua materi bermassa akan memiliki gaya tarik menarik di antara keduanya. Selanjutnya konsep tersebut mengilhami WJ Reilly (1929) seorang akar bidang geografi. Ia melakukan riset untuk mengukur kekuatan interaksi antara dua wilayah atau lebih. Hasil risetnya menunjukkan bahwa besar kekuatan antara dua wilayah yang berbeda bisa terukur dengan mempertimbangkan faktor jumlah penduduknya serta jarak pisah kedua daerahnya.

Sambungan pembahasan soal un geografi sma 2016 nomor tujuh. Suatu wilayah bisa berkembang menjadi pertumbuhan. Pada tahap perkembangannya akan dipengaruhi oleh banyak faktor, diataranya: ketersediaan sumber daya alam, bentuk morfologi wilayahnya yang datar, tersedianya SD manusia berkualitas, ada sarana prasarana transportasi. Selain itu pasti ditentukan juga oleh keseimbangan ekonomi penduduk yang relatif seimbang serta fasilitas penunjangnya.

Bila kita perhatikan gambarnya pada soal, arah pengembangan kota sebaiknya ditujukan ke daerah pemukimannya. Tentu saja keputusan tersebut beralasan sangat kuat. Pembangunan tersebut diharapkan mampu memperluas pelebaran daerah bisnis. Hasilnya akan terlihat pada perekonomian masyarakat pemukimannya terus berkembang secara pesat. Usahakan tidak menyentuh daerah persawahan karena disediakan secara khusus untuk memproduksi pangan.

Bukit kapur kurang bagus dikarenakan tanahnya yang tandus serta kurangnya persediaan air. Daerah rawa tentu sangat tidak cocok disebabkan kondisi airnya asam. Sedangkan wilayah pantai seharusnya tetap dilestarikan. Pelestarian laut perlu dilakukan karena merupakan ekosistem alami.

Pembahasan Soal Geografi UN SMA 2017 Mudah

Agar terlihat lebih variatif, sengaja kaka menyertakan kata mudah di belakang kalimat pembahasan soal geografi un sma 2017 mudah. Pemuatannya juga memang disengaja sebagai usaha agar calon membaca tertarik untuk terus menyimaknya. Alhamdulillah berhasil juga deh, buktinya kalian masih setia melihatnya sampai pada bagian ini.

Para ahli di bidang hidrologi bisa memanfaatkan teknologi pengindraan jauh. Manfaatnya sangat terasa dalam hal pengamatan daerah aliran sungai, luasan serta intensitas banjir, dan pengukuran tingkat curah hujan. Namun bukan hanya seperti yang disebutkan barusan, dapat juga dimanfaatkan untuk memonitor dalamnya salju/es yang menurup permukaan bumi, memetakan pola aliran sungai, studi sedimentasi sungai, memetakan pola aliran sungai.

Andaikan kita memperhatikan objeknya secara jeli hasil interpretasinya kita ketahui kejadiannya. Hutan bakaulah yag tergambar pada fenomena tersebut. Hutan bakau karakternya mempunyai rona sangat hitam. Penampakan tersebut disebabkan oleh daya pemantulan cahayanya sangat rendah, terletak di tepian sungai atau peralihan air payau, pohonnya memikiki tinggi seragam, serta situsnya tumbuh pada pantai yang sangat becek.

Pembahasan Soal Geografi UN SMA 2017 Nomor 8 sampai 14

Sesuai dengan grafis tata guna lahan, pabrikan penghasil tekstil tepat sekali bila diletakkan di lokasi nomor 1 yakno daerah pemukiman. Alasannya dikarenakan industri tersebut termasuk jenis perusahaan yang menitik beratkan pada penggunaan tenaga kerja dalam jumlah banyak atau sering dikenal dengan dengan man power oriented industry. Nantinya bisa membantu dalam mencapai nilai efektivitas dan efisiensi yang tinggi. Contohnya pabrik tekstil dan garmen.

Peta jaringan jalan merupakan gambaran permukaan bumi paling tepat digunakan pada pembangunan lokasi pusat perbenlanjaan. Jenisnya yang lain juga dibutuhkan seperti kepadatan penduduk dan tata guna lahan. Jenis pertama sangat penting untuk mengetahui kelancaran mobilitas barang maupun konsumen sehingga bisa dianggap strategis. Untuk gambaran kepadatan penduduk mampu pemberikan calon pembeli potensial. Yang terakhir bisa difungsikan untuk memberikan gambaran penentuan lokasi secara tepat untuk menggunakan lahan kosong yang telah tersedia.

Kelanjutan dari pembahasan soal geografi un sma 2017 no sepuluh. Simpulan dapat diketahui dari gabungan ketiga peta adalah mengetahui daerah rawan longsor. Besar kecilnya longsor dapat dipengaruhi oleh lia faktor utama yaitu iklim, luas penutupan lahan, kondisi tanahnya, jenis batuan, topografi, dan aktivitas manusia. Nah dari peta tanah bisa memberikan gambaran terkait kondisi tanah wilayah tersebut. Masalah kemiringan lereng berhubungan erat dengan keadaan topografi (datar, curam, atau terjal). Tipe paling akhir merujuk pada tingkat turunnya hujan.

Pencemaran udara banyak sekali memberikan kerugian bagi kesehatan serta lingkungan hidup. Oleh sebab itu perlu diupayakan untuk menanggulanginya. Beberapa tindakan yang bisa ditempuh untuk meminimalisirnya antara lain: (1) mengadakan program penghijauan di runag terbuka kota. (2) mengurangi emisi kendaraan bermotor dengan terus melakukan uji secara berkala. (3) mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi, lebih sering pakai angkutan missal. (4) memanfaatkan energy jenis terbarukan sertai pengurangan pemakaian bahan bakar yang berasal dari fosil.

Produktivitas usaha tani sangat penting. Banyak upaya bisa dilaksanakan. Akan tetapi paling penting tetap memperhatikan keberlanjutannya. Langkah yang bisa dilalui meliputi diversifikasi, intensifikasi, dan rehabilitasi pertanian. Ketiganya memiliki makna serta program tersendiri. Diversifikasi ditujukan untuk peragaman hasil produksinya. Langkah ini bisa menjaga tingkat keseuburan tanah serta memperkecil kemungkinan serangan hama karena dalam satu lahan ditanami oleh beberapa jenis tumbuhan. Rehabilitasi bertujuan untuk renovasi lahan agar lebih produktif lagi. Intensifikasinya ditempuh dengan cara penerapan teknologi tepat guna, pengairan, pemupukan organic disertai pula pemberantasan hama tanpa zat kimiawi.

Barangkali kamu sudah sering mendengar asas keberlanjutan dalam pemanfaatan lingkungan. Prinsip tersebut sering kali dikampanyekan sebagai dasar pengelolaan sumber daya alam. Sekalipun telah lama terdengar, bisa jadi antara kalian ada yang belum memahaminya. Intinya dianjurkan untuk mengambil manfaat dari lingkungn dengan tetap menjaga kelestariannya. Pelestarian wajib dilaksanakan agar bisa dimanfaat oleh generasi mendatang.

Download Pembahasan Soal UN SMA Geografi 2017

Jadi mengambil manfaat tidak boleh serakah ataupun egois. Bukan hanya kepentingan kita saat sekarang diutamakan. Dampak jangka panjangnya harus dipikirkan. Dari pilihan jawaban soalnya, tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan secara berkelanjutan adalah penerapan sistem tebang pilih, rotasi tanaman. Nah akan lebih baik lagi bila disertai dengan usaha meminimalisir pencemaran lingkungan. Jenis hutan di Indonesia sangat beragam macam dan tipenya. Keanekaragaman tersebut dilatar belakangi oleh beberapa faktor seperti jenis tanah, iklim, relief, serta alam biotik (pengaruh makhluk hidup). Iklim menjadi penentu paling dominan menentukan keanekaragaman hutannya. Curah hujan tak ketinggalan pengaruhnya. Letak lintangnya antara enam LU sampai 11 LS dimana sebagiannya berada disekitar khatulistiwa. Karena letaknya tersebut menyebabkan intensitas hujannya sangat tinggi.

Memanfaatkan sumber daya alam perlu dilakukan secara bijaksana. Terdapat beberapa hal perlu diperhatikan agar bisa tercapai dengan baik: (1) engga melakukan pemborosan. Setiap tindakan harus mempertimbangkan tingkat efisiensinya supaya eksistensi bertahan lama. (2) menghindari terjadinya pencemaran agar tidak mengganggu keseimbangan kehidupan umat banyak. (3) mencanangkan kegiatan untuk mempertahankan alam. Hal ini perlu sekali tetap diupayakan agar bisa terhindar dari kelangkaan sumber daya tertentu. (4) selektif, bahan serta benda yang digunakan diseleksi terlebih dahulu. Perlu atau tidaknya harus dipikirkan dulu.

Sambungan dari pembahasan soal un sma 2017 mata pelajaran geografi yang dapat kalian download secara gratis. Hutan bakau atau sering kali mendapat sebutan mangrove berair payau. Sifatnya sangat dipengaruhi oleh peristiwa pasang surutnya air laut loh dek. Keberadaannya di tempat yang berlumpur disertai banyak akumulasi bahan organik. Banyak sekali ditemukan pada wilayah perairan pesisir pulau Jawa, Sumatera serta pulau lainnya di Indonesia. Pemanfaatannya ditujukan untuk budi daya perairan atau pertambakan. Hewan yang dibudidayakan dalam tambaknya antara lain kerang, udang dan beraneka ragam ikan.

Golongan SDA yang tak terbarukan tergolong bhan yang membutuhkan waktu lama untuk pemulihannya jika telah habis. Bahkan bisa jadi enggak dapat dipulihkan sama sekali. Contohnya barang tambang dan galian. Bahan galian terbagi menjadi tiga golongan jika didasarkan pada kepentingan negara. (1) golongan A, dapat mempengaruhi perekonomian negara dan strategi bagi pertahanan dan keamanan. (2) Kategori B, memegang peranan penting bagi kehidupan khalayak banyak. (3) bebas luar dari keduanya di atas seperti pasir, marmer, kapur, tanah liat serta sejenisnya.

Download Soal UN Geografi SMA 2017 dan Pembahasan

Di sub heading ini tentu biar enak sengaja deh abang memunculkan kata kunci download soal un geografi sma 2017 dan pembahasan. Aku memang mengakui tidak ada kelebihan serta kekhusukan untuk kalimaatnya di atas. Semata mata hanya bertujuan terlihat segar. Kalau ada yang baru biasanya kamu akan merasa senang.

Berpindahnya sekelompok orang dari desa ke perkotaan dikenal dengan sebutan urbanisasi. Pengaruh negatif akan dirasakan oleh keduanya akibat tingginya laju perpindahan penduduk tersebut. Secara khusus bagi kota akan merasakan angka pengangguran semakin tinggi, kriminalitas terus meraja lela, kepadatan penduduk terus mengalami pertambahan, terus bermunculan pemukiman kumuh pada wilayah kota.

SDA pada dasarnya banyak sekali jenisnya. Beberapa diantaranya bisa mendukung bagi kehidupan orang banyak. Adapun masuk dalam kategori ini meliputi: (1) tersedia secara melimpah serta dapat dipulihkan kembali. (2) dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. (3) tersebar secara merata pada permukaan bumi. (4) bernilai ekonomi tinggi bagi masyarakat.

Kunci Jawaban Soal UN Geografi SMA 2017 Lengkap

Kebutuhan kunci jawaban soal un geografi sma 2017 secara lengkap pasti banyak deh. Terlihat sekali dari tingginya pengunjung blogku ini. Terlebih lagi bagi kamu yang mengunjunginya secara rutin. Bertolak dari hal tersebut, aku berusaha keras untuk memberikan yang terbaik bagi kalian semuanya.

Soalnya memperlihatkan bentuk piramida muda atau ekspansif. Informasi yang ditunjukkan menyatakan bahwa jumlah penduduk berusia muda relatif lebih banyak daripaa yang tua. Nah kondisi tersebut akan menimbulkan potensi ketergantungan penduduk semakin tinggi. Masalah tersebut dapat diatasi melalui pembangunan mental melalui bidang pendidikan serta penyediaan lapangan pekerjaan.Sehingga nantinya angkatan muda berkesempatan luas untuk bersekolah. Selain itu peluang untuk mendapatkan kerja lebih besar.

Andaikan ditelaah lebih mendalam, masalah kependudukan terbagi menjadi dua, yakni sifatnya kuantitatif dan kualitatif. Untuk kuantitatif lebih memperhitungkan jumlahnya, sedangkan kualitatif menitik beratkan pada segi kualitasnya. Kategori pertama mencakup jumlah penduduk besar, tinggak pertumbuhan penduduknya berlangsung cepat, serta persebarannya yang tidak merata. Sedangkan disebutkan terakhir meliputi tingkat kesehatan penduduk rendah, rendahnya partisipasi di bidang pendidikan, kesejahteraan belum terlalu memadai.

Demikian uraian lengkap tentang soal geografi yang dimasukkan dalam ujian nasional un sma 2017. Untuk menjamin kebutuhan pembaca sekalian terpenuhi, telah disertai juga dengan pembahasannya. Tidak hanya sampai di situ saja, kunci jawabannya juga tentu tak lupa disertakan juga. Terima kasih, salam hormat dari Ane.