Bagaimana Rasanya Kuliah di STAN Pengalaman Alumni

iklan kape

Banyak sekalia yang bertanya bagaimana rasanya kuliah di STAN. Pertanyaan terus berdatangan baik melalui bbm, whatsapp, line bahkan tidak sedikit yg sms. Sebenarnya sudah lama ingin membahas masalah tersebut. Namun ane engga bisa menulisnya sendiri. Jadi harus melibatkan beberapa alumni STAN lain untuk memberikan pandangan serta pendapat mereka.

Bila ane menceritakan berdasarkan pengalaman satu alumni STA saja tentunya enggak cukup atau mewakili secara keseluruhan. Bila banyak alumni yg ikut berbagi kan tentu rasanya lebih dalam karena cara seseorang memanda bisa berbeda beda berdasarkan ia meninjaunya dari sisi mana.

Setelah bertanya tanya beberapa alumni bahkan mahasiswa yang masih aktif kuliah pun aye minta juga penjelasannya. Kenapa? Karena kondisi serta sistemnya kemungkinan ada sedikit berubah sehingga terdapat perbedaan. Meskipun sebenarnya bedanya hanya tipis aja. Mahasiswa aktif kuliah tersebut merupakan alumni Kafepelajar. Mereka menjadi member video pembahasan soal USM STAN. Alhamdulillah kafepelajar.com sudah banyak membantu calon mahasiswa untuk lulus masuk STAN.

Oh ya selaian menanyakan kepada beberapa alumni STAN lain serta mahasiswa aktifnya, aku jg mencari cari informasi di website dengan googling ke sana kemari. Lah kakak nyontek tulisan orang ya? Itu bukan contek namanya. Ane hanya searching informasi saja lalu dibaca, setelah ditulis kembali dgn gaya penulisan gw sendiri. Lagi pula sudah ada kok pengalaman alumninya serta mahasiswaa yg masih kuliah dimintai keterangan serta penjelasan detail.

Bagaimana rasanya kuliah di STAN

mungkin ane perlu perjelas dulu kalimat tanya utama dasar ditulisnya artikel ini. Bagaimana sih rasanya kuliah di PKN STAN. Menurut ane kalimat tanya tersebut cukup luas. Aspek mana dulu yang ingin ditanyakan? Apakah kehidupan akademis beserta sistem pendidikannya, dosen, fasilitas, serta berbagai hal penting selama kuliah. Bisa juga menanyakan disain kurikulumnya, mata kuliah apa saja yang akan dipelajari, serta apa syarat untuk bisa menjadi alumni Sekolah Tinggi Akutansi Negara?

So menurut ane pertanyaan tersebut masih bersifat umum banget. Jadi abang engga jadi bercerita mengenai pengalaman para alumni STAN selama kuliah neh? Pelit banget sih sampai tidak mau berbagai pengalamannya. Habisnya banyak banget dek, jadi malas. Benaran nih kak engga jadi cerita tentang pengalaman kakak kakaak alumnus Sekolah Tinggi Akutansi Negara (PKN-STAN). Hahahaha si adek kaya engga kenal aja ama abangnya ini. Ketauan ya baru kali ini baca Herniawan.com.

Rugi besar loh kalau baru kali ini kunjungi and simak tulisan di blog tercintaku. Padahal sudah ribuan bahkan mencapai puluhan ribu pembacanya. Di situs ini ane banyak berbagai mengenai seputar dunia pendidikan khususnya SMA, SMP. Umumnya pembahasan soal UN, SBMPT, USM PKN STAN, STIS serta berbagai sekolah ikatan dinas lainnya. Pokoknya pas banget deh buat orang seperti lu, hehehehe.

Ih si kakak promosi blognya aja ah. Jadi engga neh sharing pengalaman para alumni STAN nya? Jadi dong adikku sayang. Apa sih yg engga buat kalian semua. Oke langsung saja, karena topik yang akan di bahas sangat umum dan luas. Jadi ane bagia beberapa bagian, meliputi:

  1. Profil PKN STAN
  2. Proses Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru STAN
  3. Jurusan STAN Lengkap
  4. Proses USM STAN
  5. Sistem Perkuliahan
  6. Kehidupan Kampus Serta Fasilitas
  7. Penempatan Kerja Lulusan STAN
  8. Gaji Lulusan STAN (Alumni)

Nah kedepalan topik itulah yang akan gw bahas satu per satuu secara berikut ini. Aku harap kalian membacanya dengan sebaik baiknya agar bisa mengetahui semua hal tentang pengalaman serta suasana selama kuliah di kampus plat merah tersebut. Aye mohon jgn melewati meskipun hanya satu kata saja, karena Insya Allah semua info yg aku tuliskan di sini sangat bermanfaat.

Setiap poin di atas semuanya akan dibahas secara tuntas tanpa ada satupun yang terlewati. Semuanya akan disuguhin pada pembaca sekalian agar bisa memiliki pengetahuan rinci megenai semua hal tentang Sekolah Tinggi Akutansi Negara atau sekarang telah berubah namanya menjadi PKN STAN. Okelah kalo begitu seperti iniliah rincian penjelasannya.

Profil Lengkap STAN

Bagian ini tentu sangat penting, karena dgn mengetahui profil lengkap STAN bisa membuat kalian semakin yakin untuk memilih perguruan tinggi tersebut sebagai arah lanjutan pendidikan kalian. Pepatah kuno juga menyebutkan bahwa bila seseorang tidak mengenal sesuatu, maka ia tidak akan sayang pada objek tersebut. Lalu jika dia tdk sayaang so gak bakalan ada tuh yang namanya cinta.

Oleh karena itu penting banget elu ketahui semua hal tentang seluk beluk kampus berplat merah terfavorit di Indonesia ini. Terus apa saja profil lengkap STAN yang akan dipaparkan oleh abang nih? Ya umumnya sebuah kampus biasanya sih meliputi sejarah berdiri serta perubahan nama dan sistem pendidikannya, visi misinya juga. Wah bagus kalau begitu bang, jadi kami ini bisa tau banyak hal ttg kampus idamanku.

Sejarah Berdirinya PKN STAN

Sebelum berganti nama menjadi PKN STAN, nama sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Akutansi Negara. Jauh sebelum itu juga telah mengalami beberapa kali perubahan nama, meskipin terkenal adalah sebutan STAN. Insitutisi pendidikan tersebut berdiri dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No 45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No 12 1967. Selain itu pula, sebagai lembaga pendidikan yang beridiri di bawah Departemen Kuangaan, terdapat landasan hukum lainnya yaitu Peraturan Meteri Keuangan RI No 1/ PMK/ 1977 tanggal 18 Februari 1977.

Barusan tadi si abang mengatakan bahwa perguruan tinggi tersebut beberapa kali mengalami perubahan nama. Apa aja tuh kak nama namaa dulunya. Pengen pengen tahu dan penasaran juga neh heheheee. Oke deh karena sedang membahas mengenai sejarah beridirinya STAN, tentu akan kakak certain secara lengkap dan detail kok. Tenang aja loh say heeeeee. Buat kalian sahabat muda pembaca setia www.Herniawan.com apa sih yang engga wkwkwkkk. Gombal amat ni yang punya blog.

Pertama kali berdiri sebenarnya hanya berupa kursus ajun akuntan yang didirikan atas kebutuhan jabatan tersebut melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan No 167941/ UP tanggal 31 Juli 1952. Krsus Djabatan Ajun Akuntan (KDAA) terdiri dari Ajun Akuntan Negara (AAN) yang terseelenggarakn di Badung serta Ajuun Akntan Pajak (AAP) dilaksanakan pada Jakarta. Memang pada saat itu tingkat kebutuhan negara terhadap kedua jabatan tersebut sangat pentin maka oleh karena itu dibentuk.

Pada tahap selanjutnya dibentuk Akademi Pajak dan Pabean (APP) atau kadang dikenal dgn sebutan AP2. Lembaga kependidikan milik negara tersebut terbentuk di atas payung hukun Menteri Keuangan No 248621/UP tertanggal dua puluh lima November 1957.Sebelumnya Akademi tersebut bernama Ak Pajak (berdasarkan keputusan Menkeue No: 213812 /UP pada tgl 4 Oktober 1956. Penyelenggaraan kuliahnya dilakukan pada tiga tempat yaitu salah satunya di Jalan Purnawarman 99 Kebayoran Baru, Jakarta.

Lanjutannya berubaha nama lagi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (STIKN) yg berdiri pada tahun 1959 dgn dasarnya SK Kemenkeu No 175402/UP/X tertanggal 31 Desember 195 9. Mahasiswanya pun menerima pengajaran di kampus Purnawarman atau sering jg dikenal dengan sebutan kampus Sumitro Djojohadikusumo. Lembaga pendidikan bernawa STIKN merupakan pengganti AP2 yang telah dibubarkan oleh menteri keuangaan pada saat itu. Ketika saat waktu berjalan juga, selama pendidikan STIKN berjalan, muncul jg beberapa sekolah bidang keuangan lainnya yakni Akademi Thesauri (ATN) yg terbentuk thn 1958 oleh Depkeu dan Akademi Dinas Pemeriksa Keuangan  (ADPK) tahunn 1963 dgn gagasan BPK.

Perubahan lanjutannya adalah Institut Ilmu Keuangan (IKK) yg dibetuk pada tangal 1967. Pendirian tersebut merujuk pada Keppres No 167 tahun 2968. IKK sendiri merupakan peleburan beberapa lembaga pendidikan keuangan yg telah disebutkan sebelumnya yakni STIK, ATN, dan ADPK. Meleburnya ketiga institusi pendidikan tersebut agar terbentuk perguruan tinggi setara dengan PT lainnya dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Meskipun sebenarnya IKK dibubarkan juga pada taun 1975.

Baca Juga  Informasi Pendaftaran PKN STAN 2017-2018 Resmi

Visi Misi STAN

Setiap institusi terutama lembaga pemerintahan tentunya dapat dipastikan memiliki visi dan misi. Visi tersebut akan menjadi arahan dalam aktivitasnya. Karena pada kedua konsep terkandung tujuan, arah, serta berbagai upaya yang akan dilakukan. Oleh karena itu, keduanya sangatlah penting.

Sama halnya dengan Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) sebagai salah satu perguruan tinggi kedinasan milik pemerintah, memiliki visi dan misi yang jelas. Lalu mungkin ada yang bertanya, apa saja misi dan misi PKN STAN? Biar klian bisa tau, langsung aja ya aku ngasi tau deh di bawah neh.

Visi PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara tersebut  memiliku visi untuk menjadi perguruan tinggi terdepan di Indonesia guna menghasilkan lulusan professional yg mampu mengelola keuangan negara bereputasi internasional. Kata visi tersebut bukan redaksi aslinya, namun ane ambil intinya aja. Kenapa? Kalau diambil secara utuh nanti aku akan dicap sebagai orang menjiplak konten website dalam hal kontennya.

Dari visi tersebut bisa kita ketahui bahwa institusi pendidikan ikatan dinas bergengasi tersebut memiliki tujuan besar untuk mendidikan serta membina generasi muda untuk ikut andil damal mengelola sector keuangan serta nggaran penyelenggaraan roda pemerintahan. Selain itu, bisa pula dipahami, kampus tersebut berupaya untk penjadi PTN terakui baik secara nasional maupun internsional. Diharapkan semua lulusannya menjadi tenaga professional yang nantinya bakalan menjadi penggerak aspek keuangan negeri ini kelak. Bahkan mungkin nanti aka nada yg menjadi pimpinan di beberapa lebaga kepemerintahan.

Misi STAN

Bila sudah mengetahui apa saja visi dari STAN, tentu perlu mengetahuin misinya. Misi merupakan semua upaya ataupun tindakan ditempuh guna mencapai visi yg telah ditetapin. Inti dari semua tindakan tersebut itu mah merupakan semua usaha maupun hal yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan. Melali misii tersebut, arah kegiatannya akan lebih terarah sehingga lebih efisien dan efektif dalam mencapai sasarannya.

Bah apa sih visi STAN? Untuk lebih jelasnya aye akan sebutin satu per 1 berikut di bawah ini. Loh emang banyak ya kak misinya? Ya enggak bnyk jg kok, hanya ada tiga poin saja. Akan abang jelasin disini namun dgn kata kataa kakak sendiri yah. Pastinya elu smua udah tau dong apa alasannya, heeehei.

  • Mengadakan program belajar bermutu tinggi agar mampu menguasai pengetahuan serta keahlian pada bidang pengelolaan keuangan negara.
  • Melaksanakan penelitian berkualitas tinggi untuk mengembangkan serta menerapkan pengetahun serta keahlian dlm mengelola keuangan negara.
  • Melakukan pengabdian pada masyarakat secara berkualitas untuk menerapkan pengetahun dan keahlian pada pengelolaan bidang keuangan pemerintahan.

Nah seperti itulah misinya. Bila dibandingkan dengan halaman aslinya, pasti kalia akan tahu kok susunan atau redaksi kalimat beda? Iya hal tersebut memang sengaja agar blog kaka ini tidak termasuk situ yang mengandalkan duplikasi konten halaman website lain.

Pendaftaran Mahasiswa Baru STAN

Semuanya pasti sudah mengetahui bahwa untuk dapat menjadi mahasiswa STAN harus mengikuti serangkain tahapan seleksi. Mengapa harus di seleksi bila ingin masuk kuliah pada kampus STAN? Alasannya, peminatnya bukan hanya satu dua orang loh. Berdasarkan data yang ane dapat, pada tahun 2015, pendafatarnya (calon peserta tes) mencapai sekitar 116 ribu orang.

Jumlah tersebut tentu menunjukkan betapa ketatnya persaingan antara peserta USM STAN setiap tahun. Jadi bila lu pengen banget masuk perguruan tinggi satu ini, harus ekstra belajar dengan tekun nan gigih agar nantinya mudah serta lancar saat mengerjakan tes tertulisnya. Tapi perlu juga kalian ingat bahwa untuk bila lulus menjadi mahasiswa kampus ini bukan hanya cerdas secara intelektual, namun juga dibutuhkan kondisi fisik dan mental yang prima. Maka dari itu, sengaja diadain tes kesehatan kebugaran tubuh serta wawancara. Jadi sebelum melakukan pendaftarannya perlu siapkan kemampuan materi, kesiapan fisik, mental.

Bagaimana cara pendaftaran USM STAN? Pendaftarannya cukup mudah, dilakukan secara online. Nanti akan diminta untuk mengisi form pendaftaran yang telah disediakan oleh panita seleksi mahasiswa baru (maba). Isi semua form sesuai dengan kondisi kalian yang sebenarnya. Misalnya saat diminta isi jenis kelamin, jangan masukin wanita seandainya kalian pria. Itu sudah keterlaluan bisa berganti gender hanya dgn mengisi fotm penfdaftaran, wkwkwkwkwk.

Oh iya hampir aja deh. Sebelum menyelesaikan semua proses pendaftarannya. Perhatikan syarat pendaftaran STAN. Umumnya syaratnya terdiri dari masalah nilai, umur, serta informasi rinci diri kalian masing masiing. Untuk mengetahuinya secara lengkap bisa baca langsung persyaratan pendaftaran PKN STAN. Sebaiknya semua syarat yang disebutkan pada halaman tersebut diikuti serta dipatuhi. Misalnya saja masalah usia, bila umur sudah melewati perthitungan usia maksimal, lebih sehari aja tidak akan bisa diterima.

Jurusan STAN

Nah sekarang kita masuk bagian inti sekaligus informasi terbanyak yg dicari bagi para peminat kampus ini. Iya benar masalah jurusan STAN merupakan topik terlaris di blog Herniawan.com. Hampir semuanya kebanyakan datang lewat google dengan searching keyword “jurusan STAN “. Jumlah pengunjungnya pun tidak main main, bisa mencapai puluhan ribu bahkan kedepan mungkin bisa tembus sampai ratusan ataupun kemugkinan dapat mencapai jutaan visitor. Kadang kala mereka berdatangan menggunakan kata kunci fakultas atau program studi (studi). Untuk kata fakultas sepertinya kurang tepat karena yang ada hanya jurusan saja. Sedangkan penggunaan keyword prodi bisa benar karena merupakan bagian dari jurusan yang ada di STAN

Apa saja Jurusan STAN?

Kalau kalian bertanya mengenai jurusan kuliah STAN, sebenarnya bisa langsung baca pada artikel sebelumnya yg membahas topik tersebut. Baca Jurusan Kuliah STAN, Pililhan Program Studi. Di situ telah dibahas secara lengkap. Akan tapi kalian jikalau engkau malas untuk pindah tab browser, gak masalah deh kakak bahas sedikit di sini deh. Bahasnya dikit aja hanya sebagai gambaran singkat.

Jurusa STAN ada empat, yaitu: akutansi, pajak, kepabeanan dan cukai, manajemen keuangan. Masing- masig jrusan tersebut memiliki ciri khas keilmuan tersendiri satu sama lain. Artinya setiap jurusannya akan memiliki kompetensi spesifik dibandingkan dengan lainnya. Kendati demikian, semuanya tentu akan mempelajari satu atau dua mata kuliah yg sama. Sebagai contoh akutansi menitik beratkan pada aspek pembukuan, sedangkan manajemen keuangan lebih pada tata kelola anggaran dan belanja lembaga pemerintahan. Begitu halnya dengan pajak dan bea cukai.

Itu lah jurusan kuliah yang ada di Sekolah Tinggi Akutansi Negara. Tiap jurusan yang disebut di atas terdiri dari beberapa program studi. Untuk lebih jelasnya, akan ane paparkan secara detail mengenai program studi tiap jurusan tersebut.

Bagaimana Jurusan STAN Akutansi?

Bila mendengar semua nama jurusan yang ada di STAN, tentu akutansi sangat familiar bagi kalian semua. Terutama bagi yang anak IPS. Jangan anak IPS ya, ane yang dulu waktu SMA pernah belajar akutansi selama dua tahun, karena zamanku dulu penjurusannya pas naik kelas tiga. Karena sudah cukup akrab, pastinya kalian udah mengetahui dong bahwa bidang ilmu tersebut mempelajari semua proses pencatatan dan pelaporan semua transaksi keuangan pada suatu lembaga. Lembaga di sini umum, baik pemerintah maupun bukan.

Apa bedanya akutansi STAN sama universitas umum lainnya? Yang jelas ada perbedaan. Kalau kalau di perguruan tinggi umum akan mempelajarinya secara umum. Sedangkan di kampus politeknik keuangan negara belajar sesuai dengan tuntutan kebutuhan lembaga pemerintah seperti keuangan publik, akutansi pemerintahan, hukum keuangan negara dan sebagainya.

Baca Juga  Pendaftaran STAN 2017 Buka Sekitar Bulan Maret

Jurusan akutansi terdiri dari dua program studi yaitu prodi DIII dan DIV. Untuk yang disebutkan pertama, proses seleksinya melalui USM STAN sama seperti yang akan kalian ikuti nantinya. Dengan D-IV hanya boleh diikuti oleh lulusan institusi tersebut baik alumnus D1 dan D3. Banyak yg bilang hanya boleh diikuti oleh lulusan D3 akutansi saja. Ya ane sendiri kurang tau karena ga ngambilnya.

Bagaimana dengan prospek kerja lulusan jurusan kuliah akutansi STAN? Karena bidang ilmu lebih luas, maka dapat kerja di instansi pemerintahan manapun. Nah ini merupakan salah satu kelebihannya dibadingkan jrusan lain.

Bagaimana Jurusan Pajak STAN?

Banyak yang bilang jurusan pajak STAN paling favorit dibandingkan dengan yg lainnya. Secara pasti benar atau tidaknya ane kurang paham, namun berdasarkan kata teman teemanku yang lain sih memang begitu. Hampir sebagian besar pendaftar ingin masuk ke sini. Anak SMA juga yg ingin masuk kuliah ke kampus tersebut pula biasanya pengennya pajak. Hmmmm mungkin sudah menjadi tradisi tiap tahun keles.

Berbicara pajak, apa sih arti yang sebenarnya? Merupakan iuran wajib masyarakat yg harus dibayarkan kepada negara berdasarkan UU yang mengaturnya. Karena sifatnya wajib sehingga pada saat penarikannya bisa dipaksakan kepada seseorang atas sebuah objek pajak yg ia miliki. Lalu kalau udah dilunasi, pembayarnya akan mendapatkan apa? Ya balasannya diperoleh secara tidak langsung. Elu kalau pergi kemana mana pasti lewat jalan raya kan? Engga jalan mengawang ngawang sendiri kan? Ya iyalah bang pastinya lewatin jalan, masa lewat got heheheeeeh. Nah jalan yang dipakai semua orang itu, uangnya dari iuran tersebut loh.

Makanya kalian harus sadar akan pajak. Jangan egois hanya mau pake begitu saja aset milik negara tanpa bayar pajaknya. Tapi kaka yakin semua pasti pernah membayarnya. Kalau punya motor atau mobil pasti setiap tahun bayar deh. Meskipun bukan sendiri yg bayar, tp dibayarin sama ortumu. Belum lagi rumah yg kalian tinggali pasti dibayar pajaknya, kecuali tinggalnya di gubuk di atas gunu enggak dikenakan pajak. Wah parah banget si abang dibilang tinggal di gubuk gunun wkwkwkwkwkwk. Becanda loh boy and girl.

Mau tau pajak lain yang telah kalian bayar tanpa disadari? Bila kalian makan di café, retoran atau belanja di mall ato swalayan biasanya ada pajak pertambahan nilai barang (PPN) baik yang dibayarkan secara pisah ataupun sudah termasuk dalam harga item produk yang terbeli. Beda halnya kalau kalian beli cimol di penjual keliling mah engga ada pajaknya atuh. Ya iyalah mas, orang belum lahir juga udah tau. Belum lagi gaji orang tuamu dipotong karena kena Pph. Nah semua hal berurusan dgn iuran tersebut biasanya dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Apa saja program studi Pajak STAN? Terdapat tiga program studi yg dapat dipilih yaitu D1 dan D3 pajak serta D3 PBB/ Penilai. Dua prodi yg disebutkan pertama akan mepelajari semua hal berkaitan dengan administrasi/ tata usahanya mulai dari segi pemungutan, serta hubungannya bagi pemasukan keuangan negara. Materi yang diajarkan meliputi pajak penghasilan (PPh), pertambahan nilai (PPN), pjk penjualan barang mewah (PPnBM), serta beberapa mata kuliah akutansi dasar hingga menengah. Sebenarnya ada kok mata kuliah lainnya, namun yang paling utama seperti ane sebutkan barusan. Biasanya lulusan kedua prodi tsb ditempatkan di kantor DJP.

Lalu bagaimana dengan program studi DIII Pajak Bumi Bangunan/ Penilai? Khusus prodi ini bisa dikatakan sedikit unik. Dari namanya saja kita tentu sudah bisa menebak bahwa pekerjaannya nanti tidak akan jauh dari aktivitas penetuan atau penaksiran nilai suatu aset berupa bangunan dan tanah/ lahannya. Dalam kurikulum pembelajarannya, rada sedikit berbau teknik karena mempelajari mata kuliah ilmu ukur tanah, teknologi bangunan, perencaan tata kota serta lain lainnya. Untuk tempat kerja biasanya ditempatkan pada Ditjen Pajak dan Ditjen Kekayaan Negara atau BPKP.

Bagaiman Jurusan Kepabeanan dan Cukai

Mungkin nama jurusan ini sedikit asing bagi lu semua. Makanya aku jelasin dikit ya. Bea cukai merupakan dua kata yang memiliki makna yang berbeda. Bea berarti ongkos, biaya atau tarif. Cukai merupakan tagihan yang dilakukan oleh negara kepada konsumen terkait penggunaan atau konsumsi mereka terhadap objek cukai seperti hasil olahan tembakau (seperti rokok atau cerutu), etil alkohol serta minuman keras.

Untuk bea ini khusus kepada komoditas atau barang yang keluar masuk negara. Jadi berhubungan erat dengan kegiatan perdagangan ekspor dan impor. Nah masalah cukai, seperti perokok atau pembeli minuman keras sebenarnya mereka sudah membayaran sejumlah uang loh pada negara yang telah dibebankan melalui harga rokoknya. Makanya pada pembungkusnya ada pita cukainya.

Jurusan Bea Cukai STAN terdiri dari dua program studi yaitu D1 dan D3. Khusus DIII lokasi kuliahnya dipusatkan di kampus Rawamangun, sedangkan untuk DI nya tersebar di berbagai daerah Indonesia seperti Bali, Malang, Palembang, Makasar dan sebagainya. Masalah pekerjaannya biasanya di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Bagaimana Jurusan Manajemen Kuangan STAN?

Jurusan terakhir yang akan dijelaskan adalah manajemen keuangan. Terdiri dari tiga prodi yaitu D1 dan D3 Kebendaharaan Negara, DIII Manajemen Aset. Untuk dua program studi yg disebutkan pertama berasal dari kata bendahara. Artinya tidak akan jauh dari urusan pengelolaan keuangan serta anggaran. Khusus untuk lembaga pemerintahan berarti mengurus masalah keuangan serta anggaran belanja negara. Bidang tersebut bisa dibilang cukup luas mulai dari perencanaan (planning), pelaksanaan (implementation) serta pelaporan (reporting) terkait penggunaan uang negaraa.

Bagaimana mengenai ketiga hal utama kebendaraan tersebut? Perencaan bisa dilihat secara nyata pada saat penyusunan anggaran, APBN serta bagaimana mekanisme semua kementerian mengajukan anggaran sehingga dituangkan dalam dokumen RAPBN. Pelaksaannya berkaitan dgn realisasi APBN dilapangan. Untuk membekali mahasiswanya siap dalam sektor tersebut, maka harus mempelajari tata kelola APBN di sector belanja, pendapatan maupun pembiayaan, pengeloaan kas dan investasi serta utang. Mengenai masalah pelaporan, nanti akan diajarkan mata kuliah akutansi umum dan pemerintahan. Untuk instansi tempat kerja lulusan prodi biasanya pada Ditjen Anggaran, Dittjen Perbendaharaan, Dit Jen Pengelolaan Utang.

Manajemen aset berkaitan erat degan utang dan piutang negara. Pelajarannya enggak akan jauh dari masalah hukum serta appraisal (penilaian) terhadap aset da properti. Gampangnya bakalan jadi juru sita atau lelang. Bila telah menyelesaikan masa studinya, nanti akan bekerja di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara baik di kantor wilayah maupun bagian operasional yang tersebar di semua wilayah Indonesia.

Nah sudah semua yah dibahas mengenai jurusan beserta program studinya. Jadi semoga bisa menjadi panduan kalian agar tidak bertanya tanya lagi dengan kata “bagaimana sih atau apa saja jurusan STAN?”. Selanjutnya aye akan lanjutkan dengan sub topik berikutnya.

Bagaimana Proses USM STAN

Nah pasti banyak bertanya mengenai proses untuk mengikuti rangkaian seleksi mahasiswa baru kampus plat merah bergengsi ini. Untu prosesnya tentu kalian harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk menjadi calon peserta tesnya. Cara mendaftarnya dilakukan secara online. Bila prosesnya benar dan sudah diisi semua kolom pada form onlinenya, elu akan dapatin virtual bank number untuk transfer yang pendaftarannya. Tiap orang memiliki nomor yg berbeda beda.

Jadi jangan sampai bila pas kamu mau transfer lupa nomornya, lalu sms/ line/ whtasapp/ bbm/ fb chat ke teman untuk menanyakan nomoor tersebut. Tentu teman kalian engga tau kecuali lu pernah nyuruh dianya untuk catat. Kalaupun dia ngasi tau kemungkinan dia beri nomer dia sendiri.

Bila sudah transfer, nanti tinggal lakukan melakukan verifikasi dokumen. Jangan lupa bawa semua dokumen yang telah disuruh. Nanti petugas akan mengecek kecocokan antara data yang kalian input saat daftar online dgn data data pada dokumen aslinya. Oleh karena itu jgn coba cooba deh menginput informasii yangg salah saat registrasi online.

Baca Juga  Pembahasan Soal PKN STAN 2017 Mudah Dipahami

Bila tidak ada masalah, kamu semua akan diberikan kartu tanda peserta USM STAN. Simpan baik baiik jgn sampai hilang karena digunaakn sebagai pengenal saat berlangsungnya ujian nantinya. Sudah deh tinggal kalian ikuti hari H pelaksanaan tes tertulisnya ntar. Oh ya sebagai bahan persiapan, kalian bisa belajar pembahasan soal tes STAN lengkap dengan mengunjungi situs KafePelajar.com. Pada website tersebut banyak sekali video cara menjawab soal STAN yg diajarkan secara simple serta mudah dipahami.

Nanti bila sukses melewati tes tertulis. Akan dilanjuti dengan tes kebugaran fisik. Biar lebih mengetahui tahap ini, bisa kalian baca di tips lulus tes kesehatan fisik STAN. Pada artikel tersebut telah dibahas secara rinci semua hal yang harus dipersiapkan sebelum menghadapi tahap kedua USM STAN itu. Mohon dibaca secara seksama. Nah jika kamu berhasil melewatinya, selamat yah. Tapi jangan senang dulu loh, masih ada satu tahap lagi yaitu tes kemampuan dasar. Nah sudah ada juga loh rahasianya, silakan buka pembahasan soal TKD STAN.

Besar harapan kakak agar kalian semuanya bisa melewati ketiga tahapan tersebut. Tanpa terkecuali, semua pembaca setia blog abangmu neh akan selalu dido’ain agar meraih impian besarmu bisa menjadi bagian dari mahasiswa sekolah tinggi akutansi negara, amiiiiiiin ya Allah.

Bagaimana Sistem Kuliah STAN?

Wah ini pembaca benar beenar kepo banget deh. Tapi engga papa kok. Semakin besar keinginan kalian masuk kampus plat merah ini, tentu tinggi pula keinginan lu untk mengetahuinya secara lengkap. Salah satu hal penting adalah masalah sistem perkuliahannya. Untuk sistem kuliahnya beda dengan universitas biasa. Semua sekolah ikatan dinas, sistemnya paket alias tidak ada pengurusan KRS setiap semesternya. Selain itu waktu kuliahnya mirip dengan sekolah SMA, yaitu serentak masuk pagi pulangnya siang. Kalaupun ada perubahasan mungkin yang sekarang aja yah. Kalau angkatan gw sih kaya gitu.

Khusus untuk jurusan kepabeanan dan cukai menerapkan sistem semi militer. Mungkin dikarenakan tuntutan pekerjaan mereka akan berhadapa dengan barang brg illegal ataupun selundupan. Makanya mereka harus memiliki mental menyerupai orang miliiter. Untuk jurusan lainnya tidak ada hal khusus.

Sistem evaluasi akademik dilakukan setiap semester. Bila tidak mampu mencapai nilai akademik sesuai dgn yg disyaratkan, maka akan didrop out alias dikeluarkan dari lembaga pendidikan ini. So bila kalian udah berhasil lulus masuk, jgn terlalu bersenang hati sampai terlalu santai belajarnya. Ingat kalian kuliahnya gratis artinya semua biaya pelaksanaan pendidikannya ditanggung oleh negara. Maka bayarlah semua kebaikan pemeritah dgn kesungguhan saat menjalani masa studi.

Bagaimana Suasana Kampus dan Fasilitasnya?

Nah urusan suasana kampus memang perlu diketahui agar kita bisa memperkirakan seperti apa sih kehidupannya nanti setelah lulus masuk STAN. Suasana kehidupan kampus bukan hanya sebatas kondisi kampusnya saat waktu kuliah, namun lebih jauh dari itu juga. Hal perlu diketahui seperti tempat tinggal/ kosan sekitarnya, ketersediaan makana serta akses ke pusat perbelanjaan. Apakah masih ada haal lain yg tidak kalah penting?

Pastinya ada, yaitu kebiasaan sosialisasi antar mahasiswa serta warga sekitarnya baik itu aktivitas pendukung akademik sebagai contoh belajar kelompok bersama atau kegiatan sosial dgn masyarakat sekitar. Semua itu pasti akan kakak bahas deh setajam silet tapi enggak akan menyebabkan kalian terluka kok heheheeeeh.

Kehidupan mahasiswa di kampus sangat sarat dengan keakraban serta semangat kebersamaannya tinggi. Terlihat antar mahasiswanya kompak baik berasal dari program studi yang sama ataupun beda. Biasanya mereka dipertemukan melalui berbagai kegiatan atau kelembagaan mhasiswa. Kgtan non akademis memiliki peran yang sangat besar dalam menciptakan keakraban antar mahasiswanya. Beberapa diantaranya seperti pecan olahraga mhasiswa, STAN Runners. Terdapat juga aktivitas di bidang seni dan budaya sepertii festival budaya nusantara yang mempersembahkan pertunjukan keragaman kebudayaan seluruh Indonesia, teter air, serta ada jg paduan suara Vocawardhana, pencinta alam (stapala), serta kumpulan hobi (fotografi, radioblast).

Selain itu terdapat juga organisasi perkumpulan daerah. Organisasi mahasiswa daerah tersebut merupakan wadah bagi mereka untuk berkumpul serta berbagai informasi serta ajang untuk saling membantu satu sama lainnya. Kita tau sendiri kan persaudaraan satu daerah tentu akan lebih kuat karena merasa sama samaa anak rantauan. Biasa jg dijadikan wahana untuk berbagi pengalaman dari senior sedaerah.

Ada satu hal yang paling mengagumkan yang biasa dilakukan mahasiswa ketika menjelang UTS ataupun ujian akhir semester, yaitu belajar bareng. Ketika menjelang masa ujian biasanya akan banyak terlihat beberapa orang belajar secara berkelompok. Kadang di kosan (terasnya), emperan mushola atau masjid dan tidak sedikit di kafe. Semua hal tersebut tentu menggambarkan betapa akrabnya persaudaraan antara mereka.

Bagaimana kehidupan kosan mahasiswanya? Di sekitar kampus banyak tersedia kosan dengan kualitas serta harga yg bervariasi. Jarak akses ke tempat kuliah jg tidak terlalu jauh. Untuk masalah makan, enggak perlu khawatir, karena tidak sedikit warung nasi yg menawarkan berbagai menu. Bila ingin berbelanja, buanyak banget tempat perbelanjaan tersedia dpt ditempuh dlm waktu singkat karena jaraknya bisa dibilang cukup dekat.

Bagaimana dengan prospek kerja lulusan STAN?

Khusus masalah yang satu ini sudah gw bahas serinci banget pada artikel sebelumnya. Agar lebih jelas bisa langsung baca prospek peluang kerja lulusan. Pada artikel tersebut sudah dijelaskan selengkap lengkapnya. Semua instansi biasanya akan jadi tujuan serta tempat kerjanya. Bila sudah lulus masuk STAN, lo enggak perlu khawatir masalah karir. Lokasi nanti sudah ada tinggal nanti ditentukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hampir semua lulusannya nanti akan ditempatkan di seluruh instansi pemerintahan yang berada di bawah kementerian keuangan negara. Tentu penempatannnya disesuaikan dengan kompetensi pendidikan masing masiing. Status kepegawaiannya adalah adalah sebagai pegawai negeri sipil. Masalah golongan tergantung pada tingkat prodi yang diambil apakah D1 atau D3.

Bagaimana masalah gaji lulusan STAN?

Nah udah aye duga di awal awalnya bahwa pasti ujung ujungnya nanyai masalah yang satu ini hehehe. Iyalah bang, tujuan semua orang masuk sekolah ikatan dinas biar jadi PNS. Tentu nantinya dapat gaji dong wkwkwkwkk. Bena juga sih heheheeee. Itu mah sudah lumrah. Engga masalah kita harapan gajii krn sudah menjadi hak setiap orang terkait kewajiban yang telah ia tunaikan.

Untuk masalah gaji kita merujuk kembali pada sistem penggajian pegawai negeri yang tela ditetapkan oleh undang undaang. Pada dasarnya semua PNS gajinya sama untuk pokoknya. Namun yang membedakan adalah pangkat/ golongan, masa kerja serta tunjangannya. Bila kita asumsikan sebagai pembanding, anggaplah pangkat serta masa kerjanya sama. Jadi pembedanya adalah tunjnangan.

Memang harus kita akui, tunjangan pegawai yang ada di bawah kementerian keuangan biasanya lebih besar dibandingkan dengan instansi lainnya. Namun, perlu diingat semuanya diengaruhi oleh tugas serta tuntutan kerjanya. Meskipun demikian, sudah bukan rahasia umum bahwa lulusan STAN memiliki pendapatan lebih tinggi dibandingkan dengan PNS lain dengan pangkat golongan setara di lembaga lain.

Demikian ulasang mengenai jawaban gimana rasanya kuliah di STAN. Semua informasi ini dikumpulkan dari berbagai pandangan alumninya. Selain itu ada pula informasi yang berasala dari situs resminya pknstan.ac.id dan sumber online terpercaya. Semoga bisa memberikan manfaat besar terkait gambanrang lengkap mengenai kampus tersebut. Semoga sukses lulus USM nya yah, amiiiiiin ya Allah.