Bocoran Kunci Jawaban Soal UN

iklan kape

Baca artikel ini sampai selesai agar dapat bocoran kunci jawaban soal UN tahun sekarang pada bagian akhir bacaan. Ujian nasional merupaka suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Kemeterian Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan dalam mengevaluasi hasil belajar pelajar seluruh Indonesia. Semua sekolah wajib menjalani UN baik negeri maupun swasta tanpa terkecuali bila mengikuti aturan pendidikan nasional. Tentu sebelum UN berlangsung pelajar Indonesia akan mempersiapkan diri dengan belajar serius. Namun ada juga yang curang dengan cara instan melalui bcoran sooal UN. Tentu cara tersebut terbilang curang. Yah namanya cara orang lulus dan lepas dari bebannya.

Loh kok dibilang beban? Iya benar, sebagian pelajar Indoensia menganggap UN adalah beban pikiran mereka. Tapi gak semua kok yang menganggapnya sebagai beban. Biasanya mereka yang tak serius belajar akan merasa terbebani. Ya cara mereka adalah mencari cara mudah melalu bocoran soal UN.Tapi perlu diketahui di sini saya tidak memberikan bocoran soal UN. Justru membuka pikiran kalian agar berpikir realisitis mengenai hakikat dari nilai pendidikan. Owalah kakaaak kirain teh mau ngasi link bocoran soal UN 2016. Ya enggalah dek, masa saya menulis berbagai konten mengenai hal –hal seputar pendidikan malah mengajarkan kecurangan. Tentunya tidak etis dong. Buang jauh –jauh niat untuk melakukan kecurangan dalam UN 2016 nantinya.

Bocoran Soal UN SMA 2016

bocoran soal un 2016

Sekali lagi kakak ingatin bahwa di sini kakak tidak ada maksud memberikan bocoran UN 2016 SMA akan tetapi kakak mau memberikan jalan keluar bagi adi adiik yang merasa terbebani dengan ujian nasiona sekolah menengah atas tahun dua ribu lima belas. Kalo begitu kenapa kakakk nulis judulnya seperti itu? Iya kakak pancing dengan judul artikel ini sengaja dibuat mengenai bocoran soal UN 2016. Adahal sesungguhnya kakaaak sendiri adalah org yang anti dengan segala bentuk kcurangan selama pelaksanaan UN. Segala tindakan kecurangan tersebut sangat tidak mendidik malah menanamkan mental licik pada generasi muda. Wajar saja negara ini banyak koruptor, dunia pendidikannya sudah dinodai oleh perilaku oknum tertentu dengan berbagai motif seperti keuntungan dari jual soal, ingin memiliki nilai ujian yang tinggi baik dari pelajar sendiri yang melakukan kecurangan maupun dr pihak keluarganya (biasanya sih orang tuanya).Berbicara mengenai bocoran soal UN SMA pasti ada oknum yang sengaja yang melakukan hal tersebut. Kalau dianalisa banyak kemungkinan orang yang bisa melakukannya. Bukan saja satu pihak aja tapi ada beberapa dgn masing –masing memiliki motif tersendiri. Kalo isu pembocoran tahun lalu yang vulgar banget diupload ke internet, tautannya tersebar dan dt diunduh oleh siapa aja. Banyak yang menuding hal tersebut dilakukan oleh salah satu pihak percetakan yang menangani tender penggandaan naskah soal. Tapi setelah itu sy tidak mendapatkan lagi perkembangan dan kelanjutan kasus tersebut.

Secara pribadi saya menilai kasus pembocoran naskah UN sebanyak lima paket pada untuk wilayah tersentu sangat syarat dengan motif politik. Selain itu bisa juga motif persaingan bisnis. Yang jelas pasti pihak yg sengaja membocorkannya. Siapa orangnya, jangaan tanyakan pada saya. Sy jg tidak pernah mendengar lagi kelanjutan proses hukumnya, makanya aku katakana ada hbungannya dgn politik. Entah apa tujuannya sy juga tak mengetahuinya. Atau mgkn sudah selesai proses hukumnya tp sy saja yg tidak mengetahuinya.

Okeey skrg kita kembali ke oknum yg melakukan kecurangan membocorkan naskah soal UN. Jujur secara pribadi, akuu tidak yakin kalo pihak percetakan melakukan tindakan kecurangan tersebut secara sistematis. Kalaupun pembocoranya merupakan org dalam perusahaan percetakan tersebut, dia hanya oknum melakukan tindakan criminal dengan imingan imbalan dr pihak tertentu.

Sebenarnya sy sangat kesal dengan adanya bocoran soal UN SMA tahun 2016. Kenapa saya kesal?Ya bayangin aja, ujian nasional kan merupakan agenda pemerintah dlm pelaksanaan pendidikan nasional guna mencerdaskan generasi bangsa, namun diobrak obrik oleh oknum tak bertanggung jawab. Tentu hal tersebut sangat mengganggu psikologis pelajar Indonesia. Sama saja ingin menanamkan kejadian kecurangan hal tersebut hal biasa yg bisa terjadi. Itu sama aja memberikan pelajaran buruk bagi generasi bangsa ini. Tentu kita tak ingin dong orang –orang yang kita cintai memiliki karakter suka melakukan tidak benar seperti berbuat curang. Bisa jadi kita sendiri sering dibohongin. Pasti semua org enggak mau dibohongin.

Sangat disesalkan kejadian pembocoran naskah soal UN. Agenda resmi pemerintah dlm mengurus pendidikan anak bangsa malah dinodai, dipermainkan dan diobrak abrik seperti itu. Mungkin pelajar yg suka melakukan nyontek tidak suka dgn artikel sy ini. Tidak apa apalah, sy hanya ingin memberikan sedikit pencerahan bagi adik –adiiik sekalian. Mau diikuti Alhamdulillah, tak mau jg ak ta dirugikan kok. So woless aja brooh and sistaaa.

Sampai sekarang saya selal bertanya tanya siapa yah yg tega melakukan tindakan pencemaran pendidikan negara kita tercinta ini. Memang sy sering dgr pembocoran soal UN tiap tahun namun tidak sampa dilakukan secara vulgar seperti tahun lalu dgn tersebar luasnya tautan unduh bocoran soal UN 2016 SMA. Eh sori bukan tahun 2016 akan tetapi 2015. Namun biasanya bukan soal UN yaaang dibocorkan. Terus apanya dong? Kunci jawabannya ya? Bukan kunci jawaban resm melainkan kunci jawaban versi guru tiap sekolah. Dengar kabar sih beberapa guru di sekolah mengerjakan soal saat UN berlangsung, terus dipertengahan waktu kunci tersebut diedarkan. Ada juga pihak yg menjual kunci jawaban terus beberapa siswa patungan membeli kunci. Selain itu, beberapa ortu siswa aktif mencari kunci jawaban utk anaknya.

Baca Juga  Download Soal UN Kimia 2016 SMA Naskah Asli

bocoran kunci jawaban un

Sebenarnya ada beberapa motif pembocoran soal sebelum tahun 2015. Kalau kejadian tahun 2015 terlalu vulgar dan kebangetan dech. Seperti apa aja sih bentuk kecurangan bocoran UN sebelum tahun 2015? Akan aye certain, tapi ini sebatas rumor yang sayaa dapat yah, sy sich diceritain oleh siswa saya. Saya sendiri guru les privat mata pelajaran Matematika dan fisika. Ingat, sy hanya menceritakan kembali berbagai info yang saya himpun dari berbagai kisah dari murid sy yg pernah aku ajar beberapa tahun belakang.

Bentuk kecurangan bocoran Kunci Jawaban soal UN sebelum tahun 2015

kunci jawaban soal un

  1. Pihak sekolah sengaja membantu siswanya
  2. Siswa membeli kunci jawaban
  3. Orang tua siswa aktif mencari kunci jawaban soal UN untuk anaknya

Nah kalau saya himpun ketiga hal tersebut contoh kecurangan UN yg kerap kali terjadi. Seperti apa lengkap ceritanya. Akan secara jelaskan secara detail berikut ini. Tapi sekali lagi, yang sy tulis mengenai ketiga hal tersebut sya himpun dr berbagai cerita siswaku yooo.

  1. Pihak sekolah sengaja membantu siswanya

Berbeda dgn tahun 2002 waktu saya masih SMP tidak memiliki standar kelulusan. Sy masih ingat namanya dulu ujian akhir nasiona (UAN) oleh pusat dan ujian akhir sekolah (UAS). Waktu zaman UAN dulu, mau nilai berapa pun hasilnya tetap lulus. Bayangin aja teman sekelas saya yg mendapatkan nilai UAN pelajaran matematika di bawah 2.00 kalau tidak salah 1,75 atau 0,75. Tapi dia tetap lulus karena dulu tidak ada sistem nilai minimal kelulusan. Tapi setahun kemudian (tahun dua ribu tiga) waktu sy kelas satu sudah mulai ada nilai minimal syarat kelulusan untuk kakak kelas saya yg kelas tiga. Entah berapa nilai syarat kelulusan waktu itu. Kalau waktu sy UN SMA 2005, syarat kelulusannya 4,00 kalau tidak salah.

Dengan adanya syarat nilai minimum untuk lulus, tentu akan menjadi beban bagi pelajar yg memiliki kemampuan akademiknya kurang. Bayangin saja pada tahun pertama pelaksanaan sistem tersebut sekitar sepuluh persen pelajar SMA di daerah sy tidak lulus dan harus ikut ujian perbaikan. Meski pada saat ujian remedial lulus semua tp tetap saja hal tersebut menjadi beban bagi siswa yg tidak lulus waktu ujian regular (UN pertama bukan perbaikan). Bagaimana tidak, mereka pasti merasa malu dong, teman –temannya yg lulus udah pada siap –siap berangkat kuliah ataupun ikut bimbel tes PTN tp yg gak lulus disibukkan dgn ujian susulan. Untungnya SMA 1 tempat sy sekolah lulus semua tiap tahun sampe saat sy tamat Alhamdulillah yaaa. Hehehehe.

Kembali lagi masalah beban mental siswa yg gak lulus. Tentu mereka malu banget sama kawan –kawannya. Ada yg punya teman akrab, temannya udah lulus dia belum, kasihan banget kan. Malu juga sama keluarga. Sebenarnya bukan siswa saja yg terbebani bila ia kaga lulus. Pihak sekolah dan guru jg ikut terbenani. Mereka jg akan malu, mungkin merasa gagal mendidik dan mengajarkan siwanya sampai tdk bisa lulus. Sudah pasti akan menjadi rapor merah bagi pihak sekolah terutama kepala sekolah karena bisa dianggap gagal memimpin suatu institusi pendidikan. Begitu halnya guru yang mengajarkan siswa yg tak lulus pasti ada rasa malu atau gagal meluluskan siswanya.

Nah beban mental akibat ketidaklulusan tersebut tentu akan berpengaruh pada sikap org –orang yang merasakannya. Mungkin salah satu penyebab ada pihak sekolah yg memang sengaja membantu siswanya saat UN berlangsung. Berdasarkan berbagai sumber yg sy dapat seperti sudah ada timnya yg terdiri dr guru berbagai pelajaran. Mereka sebenarnya tidak memiliki kunci pelajaran, tetapi saat UN berlangsung salah satu atau lebih dr seorang mengerjakan soal UN terus nanti diedarkan ke semua siswanya. Menurut sy bukan guru yang mengawas krn tdk mgkn mengerjakan soal depan pengawas lain. Pengawas UN kan ada dua, satu sekolah sendiri dan seorang lainnya dr sekolah lain. Ada juga informasi bahwa antar sekolah sudah saling tau, meski pengawas dr sekolah lain tau ada aktivitas guru membantu seperti itu tp diam aja krn mgkn di sekolah dia ngajar jg seperti itu 😀 .

Tapi kunci jawaban yg diberikan itu dijawab untk menghasilkan nilai tinggi. Kabarnya sih guru sengaja tidak menjwab dgn benar semuanya, nilainya hanya untuk lulus aja. Biasanya sih yg dikasi siswa –siswa yg kesulitan belajar. Tujuannya agar dia lulus. Gak pernah dengar tuh guru dibayar oleh siswa atau ortu nya untk bantu. Mereka bantu tnp imbalan hanya ingin membantu siswanya ajaaah. Lebih naifnya lagi, kegiatan guru tersebut sudah diatur, baik cara mengambil soal (biasanya soal yg lebih), guru yg mengerjakan soal tersebut disediakan tempat khusus khawatirnya ada supervisi dr Dinas Pendidikan Kota /Kabupaten. Terus penyebarannya pun sudah di atur. Itu semua yg saya dapatkan dr cerita murid les privatku.

Baca Juga  Download Pembahasan Soal UN SMP 2016 Semua Pelajaran

Aktivitas tersebut sudah direncanakan bersama oleh orang –orangg di sekolah tersebut. Mungkin saja kepalanya tau dan merencakannnya, entahlah sy sendiri tak mengetahuinya secara persis. Akan tetapi bocoran soal UN seperti tersebut kerap kali terjadi serta udah sengaja dirancang trik triknya. Mungkin ada yg bertanya bagaimana cara penyebarannya?

Berdasarkan informasi dan cerita dr beberapa siswa sy, cara penyebaran kunci jawaban bocoran UN banyak yg dilakukan. Cara caranya tersebut seperti menyebarkan secara langsung ke kelas –kelas, lewat pesan singkat di handphone, menempel kertas berisi bocoran kunci jawaban UN versi guru di tembok atau pintu toilet.

Nah cara pertama itu kan langsung disampaikan ke siswa siswaa peserta UN, bagaimana bocoran kunci jawaban UN versi guru dapat tersampaikan ke muridnya? Ya mungkin seorang guru masing masiing ditugaskan ke tiap kelas, berpura pura meninjau murid muridnya yg sedang mengerjakan soal. Selanjutnya bocoran kunci jawaban diberikan pada salah satu murid untuk disebarkan ke teman temannya.

Begitu pula halnya dengan cara guru yg menempelkan bocoran kunci jawaban pada dinding / tembok toilet. Salah satu sari murid sudah ditugaskan untuk mengambil bocoran kunci jawaban UN versi guru selanjutnya disebarin ke siswa lainnya. Apakah langkah terebut tidak kelihatan oleh orang lain misalnya pengawas yang satunya kan dr sekolah lain,  pas dia masuk toilet kan pasti terlihat tempelan kertas kunci jawaban UN. Ya pengawas dr sekolah lain sudah disediakan toilet khusus, sedangkan wc untuk siswa yg ambil kunci jawabannya yg lain dong. Oh gitu toooh?

Terus bagaimana dgn pembocoran kunci jawaban UN lewat sms? Kan selama ujian tidak diperkenankan untuk menggunakan alat elektronik seperti kalkulator, hp serta alat elektronik sejenis lainnya. Banyak akal org untuk melakukan kecurangan. Bisa aja sembunyi –sembunyii toh kalopun pengawas lain tau, paling mereka akan diam diaam saja. Akan tetapi hal tersebut akan terlihat vurgar. Mungkin mereka menyimpan ponsel di suatu tempat yang aman misalnya di ruang olah raga yg sudah dijaga oleh seorang guru. Lah kalo gitu mah mending murid tersebut datangin guru yg ngerjain soal, sebelumnya guru itu ngerjainnya di tempat rahasia kan lebih praktis gak capek ke toilet dan umpetin hp. Iya memang sih seperti itu lebih enak, tp seperti itulah yg diceritakan oleh anak didik privat saya.

Di sini ane hanya menceritakan trik triik guru dan pihak sekolah dalam memberikan bocoran kunci jawaban soal UN sebelum tahun 2015. Masalah efisien tidaknya saya tak bisa membahasanya. Bila ane bahasnya sama aja aku memberikan trik kecurangan saat pelaksanaan ujian nasional. Sudah tentu sy tdk akan melakukan hal tersebut. Jujur saja sy sgt tdk setuju dengan berbagai usaha kecurangan sperti yaaang aye ceritakan di atas. Hal haal tersebut sgt tidak mendidik serta mencoreng keluhuran nilai pendidikan di negeri tercint ini.

  1. Bocoran Kunci Jawaban Soal UN Dibeli Oleh Siswa

Bentuk lain kecurangan dlm pelaksanaan ujian nasional (UN) adalah membeli kunci jawaban soal yang akan diujikan. Entah kunci tersebut valid atau tidak, sekitar sebulan atauu dua bulan sebelum ujian, ada oknum yg menawarkan kunci jawaban dgn harga tertentu. Katanya sih harganya bisa mencapai jutaan untuk tiap soal. Karena satu pelajaran ada beberapa paket, biasanya dikasi harga paketan tiap bidang studi. Menurut informasi yg ia (siswaku) peroleh, hrg tiap pelajaran semua paket mencapai belasan juta. Bayangin aja bila ada enam bidang studi, kalikan aja berapa total uang yang siswa keluarin guna menebus kunci jawaban.

Bayangin ajaa coba, untk melakukan tindakan curang dlm sebuah tes guna mengetahui kualitas kemampuan akademik rela mengelontorkan uang dalam jumlah besar. Kendati mereka patungan dgn teman temaaannya kalangan pelajar menempuh jalan pintas sukses UN. Dari patungan mungkin dia orang paling bayar seratusan ribu rupiah. Karena jumlah mereka bisa sampai puluhan org.

Kunci jawaban UN dijual tersebut sudah lengkap semua pelajaran beserta seluruh paket tiap bidang studi. Terdapat sekitar dua puluh paket soal UN agar tiap org mengerjakan tipe yg berbeda dgn teman sebelah atau depan dan belakangnya. Jadi semua kunci jawaban soal dikasi dalam satu lembar kertas masing –masing bdg studii. Nah terus bagaimana peserta tau yg mana kunci jawaban soal dia, karena tidak ada kode paket melainkan pake barcode. Agar murid penerima kunci jawaban tersebut bisa menggunakannya maka dia harus dapat mengerjakan beberapa nomor dgn benar, setelah itu tinggal dicocokin. Namun ada jg pemberi kunci jawaban memberikan klue untuk beberapa soal. Misalnya nomor satu disebutkan kalimat pertama, setelah beberapa nomer lainnya jg dikasi penandanya.

Sebenarnya pertanyaan dalam ujian tersebut tidak sulit bahkan bisa dbilang mudah bangeeet (menurut ane sih). Tinggal dipelajari saja apalagi jauh jauuh sebelum pelaksanaan sudah diberikan kisi kisinya. Berdasarkan kisi tersebut bisa dipelajari soal –soaal sesuai dgn kissi yanng diberikan. Namun pelajar pelaku curang dlm ujian pengennya jalan pintar agar bisa menjawab pertanyaa saat ujiian. Nah seperti inilah mental kerdil di mereka.

  1. Orang tua aktif mencari bocoran kunci jawaban untuk anaknya

Masih mending anaknya mencari kunci jawaban UN atas inisiatifnya. Bila org tua justru aktif memburu bocoran soal serta kunci jawaban sungguh keterlaluan #sambil geleng –geleeng kepala deh gw nulis artikel iini heheeeiheeeei. Kata Bang Haji Roma “terlaluuuuu”. Seharusnya ortu mengajarkan kejujuran dan sportivitas dlm semua hal, namun kenyataannya adalah kebalikannya. Tentu hal tsb sgt disesalkan karena pendidik utama (ortu) mengajarkan tidak benar pelajar Indonesia.

Baca Juga  Download Soal UN Matematika IPA 2016 SMA Naskah Asli

Apa saja motif ortu siswa aktif mencari kunci jawaban? Beberapa diantaranya adalah agar anaknya bisa lulus dengan nilai tinggi. Ada jg dikarenakan rasa khawatir anaknya gak lulus sehingga nantinya akan mempermalukan dirinya. Biasanya dilakukan oleh orang berduit dan merasa memiliki kedudukan serta kehormatan yg tinggi. Sehingga sebisa mungkin mereka melakukan segala cara agar anaknya lulus terutama yaaang memiliki anak dgn kemampuan akademik sangat kurang.

Nah seperti itulah potret pendidikan di negeri tercinta ini. Memang sangat memprihatikan memang, karakter negatif dlm bentuk berbagai kecurangan tlh ditanamkan pada generasi muda yg suatu saat nanti akan menjadi pemimpin bangsa. Bagaimana jadinya negara ini bila dipimpi org –oraaang licik seperti itu.

Harusnya ortuu siswaa mengajarkan kejujuran dalam setiap tindakan. Menjelaskan akibat yg akan terjadi. Masalah rasa takut ketidaklulusan anaknya saat UN, ya seharusnya ngasi nasehat untuk ulet belajar serta memotivasinya. Ibu bapak adalah org pertama bertanggung jawab atas baik buruk masa depan anaknya. Yakin pada anak bahwa mereka pasti akan bisa melewati setiap permasalahan yg dihadapinya.

Bocoran Soal dan Kunci Jawaban UN 2015

Setelah bahas berbagai bentuk bocoran beserta penyebaran kunci jawaban. Sekarang tengok kembali ke belakang tepatnya tahun lalu berkenaan beredarnya soal UN 2015 di internet. Penyimpangan tersebut bisa anggap naïf banget krn diedarkan link download secara bebas oleh siapa ajah. Maksudnya kalo tidak bebas bisa download oleh siapa aja boleh dan sah gitu? Ya gak gitu juga keles. Maksudku itu tindakannya jauh lebih parah dr tahun sebelum sebelumnya. Terus siapakah pihak melakukan tindakan criminal tersebut?

Pertanyaan tersebut tidak bisa saya jawab dgn pasti. Sy tidak berani menduga duga. Rumor yg beredar bahwa penyebabnya adalah salah satu percetakan pemenang tender penggandaan naskah soal, apakah itu benar? Aku memang dengar kabar tersebut akan tetapi secara pribadi tak yakin kalo perusahaan percetakan yg melakukannya. Loh kok bisa mengatakan gak yakin percetakan soal yg melakukannya. Alasannya apa?

Menurut gw ya, kalo perusahaan pemenang tender dan penerima hak penggandaan soal melakukan hal itu sama aja dia menggali kuburnya sendiri. Pasti hal tersebut akan mengakibatkan resiko besar bagi kelanjutan usahanya. Bisa ditindak secara hukum, sudah dipercaya oleh pemerintah untk tahun berikutnya bahkan institusi lain kaga percaya lagi. Untuk menjadi pemenang tender sulit loh mas brooh. Masa hasil kerja keras dgn persaingan bisnis dihancurkan begitu ajaa.

Saya melihat kejadian tersebut lebih berhubungan dengan kondisi politik atau persaingan bisnis antara perusahaan percetakan. Aku disini sama sekali gak ada maksud membela percetakan soal. Bosnya sama sekali tak aku kenal begitu jg karyawannya. Teman bukan apalagi keluarga. Di sini sy murni menganalisa aja. Terus maksudnya politik gimana? Ya mungkin untuk merusak citra kementerian pendidikan menengah dan kebudayaan ataupun institusi bawahannya yg menangani pelaksanaan UN. Lantas persaingan bisnis maksudnya bagaimana? Ya tau sendirilah kadang pelaku bisnis suka nendang kompetitornya. Agar perusahaan pemenang tender rusak citranya, maka sengaja dilakukan dgn cara terebut. Tapi dari info bahwa sumber bocornya dr perusahaan percetakan. Mungkin benar, tp palingan itu oknum karyawan yg dibayar oleh pihak tertentu dgn mengambil manfaat dr rusaknya nama perusahaan pemenang tender.

Menurut sy seperti itu lah kemungkinan yg terjadi. Sy kembali lagi ke judul posting saya ingin mengenai bocoran soal UN dan kunci jawabannya. Sy tegaskan anda tak akan menemukannya di blog tercintaku. Aku hany akan memberikan soal latihan serta pembahasan dengan merujuk kisi –kisi UN 2016.

Apakah ada bocoran kunci jawaban dan Soal UN 2017 & 2018

masalah ada tidaknya bocoran soal UN dan kunci jawaban tahun 2017 serta tahun 2018 sy sama sekali belum tau. Dikarenakan masih lama sehingga tak bisa diketahui. Namun hampir tiap tahun selalu aja ada tindakan usaha org untk merusak tatanan prosedur evaluasi pendidikan nasional. Sebuah aktivitas tidak terpuji.

bocoran-soal-un-2017

Kakak saranin pada kalian semua pembaca jangan mau dgn tawaran kunci jawaban ataupun soal UN yang dibocorkan. Siapa tahu bodong. Sekalipun benar, tetap tolak ya dek. Tanamkan pada diri masing -masing bahwa lulus dgn usaha kerja keras sendiri pasti lebih membanggakan. Hasil murni dr jerih payah sendiri. Berbeda hal nya dgn mereka melakukan kecurangan, misalkan mereka dipuji oleh bnyk orang lantaran nilainya tinggi. Pasti hatinya akan berontak mengatakan bhw pujian tersebut atas  kebohongan. sama aja artinya dgn membohongi diri sendiri dan orang lain.