Cara Pendaftaran Online PKN STAN 2016

iklan kape

Oke guys yakin deh bahwa yang sedang membaca tulisanku adalah kalian yang ingin masuk Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akutansi Neegara. Lah kok bisa tahu sih? Ya iyalah buat apak kalian baca postingan berjudul Cara pendaftaran online PKN STAN 2016 bila gak ada kepentingan dengan hal tersebut. Benar dan masuk akal juga sih hehehee. Betul kan tebakan gue, tapi ingat gue bukan peramal yah. Percaya dunia peramalan serta perdukunan syirik loh, termasuk dossa besar tidak terampuni oleh Allah SWT.

cara pendafatan online stan

Jika benaran ingin tau cara mendaftar online PKN STAN, ane harap kalian baca artikel ini secara utuh, maksudnya dibaca sampai selesai kebawah. Dijamin deh informasi yg ingin antum cara dapat melalui artikel bila dibaca dengan baik serta bersabar pahami kalimat per kalimatnya. Memang kebiasaanku kalau menulis konten blog suka yang panjang-panhang. Sifat kebiasaan gak bisa dihilangin saat mengeblog. Meskipun tidak masalah, tidak dosa juga kook heheeeh. Senang aja sih menulis.

Oke pendaftaran PKN STAN 2016 dibuka tanggal 21 Maret sampai dengan 3 April. Tentu bagi peminatnya akan mendaftarkan diri setelah pendaftarannya dibuka. Ane yakin masih banyak diantara mereka masih belum tau cara mendaftarnya.Maka oleh karena hal tersebut aku coba berbagai tips dan caranya memlalu tulisan sederhanan ini.

Institsui pendidikan ikatan dinas milik Kemeterian Keuangan Negara Republik Indonesia menerapkan sistem online dalam penerimaan calon mahasiswa sejak beberapa tahun belakangan. Begitu halnya dengan 2015 kemarin bisa dilakukan melalaui aplikasi telah disediakan oleh panitianya. Akan tetapi untuk tahun ini ada sedikit perbedaan dalam mekanismenya. Prosedur pendaftarannya telah terintegrasi ataupun dikelola oleh Menpan RB. Tujuannya mungkin agar lebih teratur serta terarah.

Sebenarnya bukan hanya PKN STAN saja yang diintegrasikan penerimaan calon mahasiswa dibawah pengelolaan kemeterian pendayagunaan aparatur Negara dan reformasi birokrasi, namun ada 7 perguruan tinggi ikatan dinas lain juga meliputi: PKN STAN (Kemenkeu), Kemendagri (IPDN), Kemenhub (STTD), Badan Pusat Statistik (STIS), Lembaga Sandi Negara (STSN), Kemeterian Hukum dan Ham (AIM dan AKIP), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG). Namun pada kesempatan ini tidak bahas semuanya, sesuasi dengan judulnya hanya membahas pendaftaran online kampus dengan basic akutansi saja. Bila membahas lainnya sekalian nanti tidak akan sesuai dengan judul di atas. Sekolah ikatan dinas lainnya insya Allah akan dibahas secara terpisah pada kesempatan berikutnya.

Alur Cara Pendaftaran Online PKN STAN 2016

daftar online stan 20116

Dikarenakan mekanismenya harus melalui kementerian pendayagunaan aparatur Negara terlebih dahulu, maka harus mengikuti prosedur awal dari sana. Adapun alurnya:

  1. Pelamar mendaftarkan pada situs panitia seleksi pendidikan kedinasan di paseldikdin.menpan.go.id dengan memasukkan beberapa data yang diperlukan (cara pendaftaran detailnya ada pada bagian di bawah).
  2. Pelamarnya nanti akan mendapatkan file pdf berisi data diri berupa username (NIK), password, dan link registrasi dikirim melalui email aktif
  3. Pelamaar tersebut bisa login langsung ke portal instansi sesuai pilihan, selanjutnya mengikuti prosedur lembaga tersebut.
Baca Juga  Persyaratan Pendaftaran PKN STAN

Data Penting Pendaftaran Online STAN 2016

Sebelum memberikan informasi cara pendaftarannya secara detail, ana mau menceritan hal yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar online. Apa saja persiapannya? Sebenarnya yg harus dipersiapkan adalah semua data penting sebelum menlakukan proses pendaftaran. Data yang diperlukan diantaranya: scan KTP, Ijazah, SIM, Pasport, SKL atau SKHU. Gak harus semuanya kok. Ada salah satunya juga tak masalah yang terpenting adalah masih berlaku serta memiliki fotonya. Selain data tersebut di atas, informasi detail mengenai diri juga harus tau. Ya iyalah massa kaga tahu, emangnya orang gila apa kak yang gak mengenal dirinya sendiri? Wkwkwkw, nyante aja mas and mbak bro.

Kenapa data tersebut harus ada? Jawabannya cukup simple, adalah adanya legalisasi serta menjamin kebenaran data yang dimasukkan dalam biodata pendaftar calon peserta tes USM STAN. Tujuannya lainnya guna menghindari berbagai hal-hal lain bermoduskan kecurangan. Makanya data yang diberikan harus masih berlaku serta memiliki pas foto terbaru. Misalnya saja bila tanpa foto, nanti aka nada peluang perjokian saat melaksanakan tes baik tertulis, kesehatan dan kebugaran serta kemampuan dasar.

Oke agar menghemat waktu dan gak panjang –panjang ane tulisnya, ada baiknya langsung gue uraikan secara rinci cara mendaftar PKN STAN 2016 secara online. Pendaftaraanya terdiri atas dua bagian yakni registrasi pemilihan salah satu instansi ikatan dinas di website Menpan RB serta daftar keikutsertaan di situs SATN. Simaklah setiap tutorial berikut agar tidak melakukan kesalahan saat melakukan registrasi:

  1. Cara Pendaftaran Online Menentukan Sekolah Ikatan Dinas

Pertama kali yang harus dilakukan adalah mendaftarkan pemilihan sekolah ikatan ikatan dinas yang diminati. Langkahnya ada membuka url panseldikdin.menpan.go.id menggunakan web browser. Bisa menggunakan google boleh juga memakai Mozilla firefox. Yang terlihat adalah halaman utama panitia seleksi pendidikan kedinasan di bawah Menpan RB.

Pada halaman tersebut akan terlihat beberapa menu yaitu halaman utama, alur pendaftaran, formasi, jadwal dan frequenly ask question (FAQ). Dua menu terpenting adalah menu formasi dan jadwal. Meenu formasi berisi nama-nama instansi /lembaga yang membuka penerimaan calon mahasiswa baru. Halaman jadwa berisi waktu dibukanya pendaftaran tiap lembaga ikatan dinas.

Nah untuk mendaftarkan atau memilih institusi pendidikan mana, ada di menu formasi. Tinggal pilih lembaga yang mana dengan klik pilihannya. Nanti akan di arahkan pada halaman persyaratn pada PTN ikatan dinas tersebut. Di situ akan terlihat persyaratannya. Bisa dibaca terlebih dahulu dengan sebaik baiknya. Namun apabila sudah mengetahuinya bisa scrool sampai ujung bawah. Nanti bagian paling bawahnya ada link berwarna biru untuk form pendaftarannya.

Baca Juga  Informasi Resmi Pendaftaran PKN STAN 2016

Pada form tersebut akan diminta memasukkan alamat email dan momor kartu keluarga. Pastikan memasukkan alamat email yang valid, masih aktif serta diketahui passwordnya. Hati-hati masukin alamat emailnya. Soalnya anak muda zaman sekarang jarang menggunaan elektronik mail (e-mail). Biasanya hanya untuk registrasi sosmed seperti facebook, bbm, line dan sebagainya. Selebihnya tidak pernah memakainya sampe lupa passwordnya. Selajutnya centang saya bukan robot lali tekan botton “KIRIM” yang berwarna biru.

Nan selanjutnya silakan cek kotak masuk emailnya. Nanti aka nada pesan di inbox berisi username (NIK) serta link untuk mendaftarkan diri pada portal kampus terpilih tadi. Tinggal diklik saja tautan tersebut. Nanti secara otomatis diarahkan pada halaman website sekolah ikatan dinas pilihanmu. Nah untuk tahap pertama suda selesai. Kelanjutannya tentu mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh masing-masing institusi ikatan dinas. Selanjutnya silakan simak untuk langkah berikutnya.

  1. Cara Pendaftaran Online di website PKN STAN

pendaftaran online stan 2016Bila langkah pertama sudah dilakukan dengan baik, seharusnya ente sudah bisa berada di situ usm.stan.ac.id melalui link unik yang diberikan melalui surat elektronik (e-mail) tadi. Oke gue asumsikan berhasil so tinggal menjelaskan tahap keduanya. Pertama kali membuka tautan yang dikasi, kalian diminta untuk login menggunakan username dan password yang diberikan. Makan akan muncul halaman untuk pengisian biodata penting untuk registrasi.

Isi semua form informasi pribadi sesuai dengan kotak dan check botton yang tersedia. Adapaun data yang diminta meliputi:

  1. Tahun lulus SMA, diisi pada tahun kapan Anda menamatkan pendidikan SMA sesuai dengan yg tertera di Ijazah asli (bukan rekayasa yaah heheeheeh)
  2. Jenis Identitas, yang terdiri dari beberapa piliha seperti KTP, SIM, Pasport, SKL, dan SKHU. Biasanya jenis identitas paling familiar adalah kartu tanda penduduk. Pilh saja salah satunya. Khusus yang belum memiliki KTP bisa memilih KSL atau SKHU.
  3. Nomor identitaa, isi saja berdasarkan nomor kartu identitasnya. Khusus yang memasukk SKHU atau SKL bisa langsung masukin nama jenisnya sekalian
  4. Nama Lengkap. Isi dengan nama sebenarnya secara lengkap. Perhatikan di sini bukan nama panggilan atau samara.
  5. Nama sesuai ijazah. Nah masukkan nama di kolom tersebut sesuai dengsn nama di ijazah. Loh kaka pa bedanya dengan nama lengkap? Ya beda dek, sebagi contoh saja yang namanya panjang kadang kata belakangnya disingkat. Jadi kadang orang berbeda antara nama lengkap dan ijazahnya.
  6. Nomor telepon/ HP. Berikan nama telepon dan handphone anda untuk bisa panitia hubungi bila ada hal yang dianggap penting.
  7. Jenis kelamin. Masukin sesuai dengan keadaan misalnya wanita ya pilih perempuan sedangkan pria pilihnya kali-laki. Jangan sampai memasukkan berlawanan dari kenyataaan.
  8. Tempat lahir. Isi dengan tempat lahir sendiri bukan orang lain yah
  9. Tanggal lhiar diisi sesuai dengan akta kelahiran atau ijazah (semua dokumen harus sama tanggal lahirnya)
  10. Tinggi badan. Diisi dengan tinggii badan kalian dalam satuan centi meter
  11. Kesehatan mata. Diperlukan untuk mengetahui kondisi mata karena persyaratan khusus untuk bead an cukai
  12. Nama SMTA, diisin dengan sekolah kalian, misalnya SMAN 3 Bandung
  13. Kabupaten /kota
  14. Propinsi asal sekolah
  15. Nilai rata-rata hasil SKL /SKHU
  16. Lokasi ujian yang ingin dipilih
  17. Piliha jurusan harus dipilih semua, dengan juurussan yang sama tidak bisa diambil lebih dari sekali. Urutkan berdasarkan prioritas kalian.
  18. Centang saya menyatakan bahwa data yang saya ini benar
  19. Lalu klik botton simpan
  20. Nanti diarahkan pada sebuah halaman, nah kalian tekan tekan saja tombol kunci data untuk menyimpan data-data yang telah kalian isi
  21. Tinggal kalian print out BPO untuk dibawa saat cerifikasi dan pengambilan BPU. Usahakan print BPO nya menjadi dua halaman
Baca Juga  Tips Lulus Tes Kesehatan Fisik STAN

Nah seperti itulah step by step cara mendaftar PKN STAN 2016. Sebenarnya tidak terlalu sulit bahkan bisa dibilang mudah banget deeh dek. Selanjutnya, kakak akan bahas hal hal yang perlu dilakukan setelah melakukan pendaftaraan.

Nah seperti itulah cara pendaftaran online PKN STAN tahun 2016. Bila masih bingung bisa melihat langsung caranya pada video berikut ini. Kalau melihat langsung caranya biasanya akan lebih faham. Selain itu saya juga berikan link download file pdf panduan lengkapnya.

Setelah Pendaftaran Online PKN STAN 2016

Setelah selasai dan berhasil mendaftarkan diri sebagai calon peserta tes USM PKN STAN 2016, masih ada dua hal penting yang harus kalian lakukan. Jadi jangan sampai setelah daftar langsung diam gitu aja tanpa ngapa ngapain. Salah besar itu bro. Okey adapun kedua hal penting tersebut adalah:

  1. Verifikasi data dan pengambilan BPU

Nah nanti kan kalian prin out tuh BPO nya. Disitu akan ada virtual akun mandiri untuk melakukan pembayarannya. Tiap virtual akunnya berbeda beda. Nanti kalian tinggal transfer ke nomor tersebut. Nah selanjutnya pada tanggal 6 April kalian harus ke panitia local yang telah ditunjuk untuk melakukan verifikasi data serta mengambil BPU. Saat tersebut kalian harus menyiapkan beberapa dokumen penting diataranya: lembar BPO yang telah diprint, struk pembayaran ke bank mandiri, dokumen pengenal diri yang diinput saat melakukan registrasi  online, ijazah, SKL /SKHU, akte kelahiran.

  1. Persiapan Tes USM PKN STAN 2016

Pastinya gak mau dong melewatkan ksempatan masuk kuliah di PKN STAN. Tentu kalian berharap besar banget agar bisa lulus. Tapi ingat loh, persaingannya cukup ketat karena pendaftarnya banyak sekali. Oleh karena itu klian haru mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Persiapannya apa ya tentu belajar dan siapin mental juara gar bisa lebih semangat dan percaya diri.