Persyaratan Pendaftaran STIS

Setelah munculnya pernyataan resmi dari pihak otoritas kampus STIS, menyatakan bahwa tahun ini akan ada lagi penerimaan mahasiswa baru. Secara gak langsung jg berarti bahwa segera dibukan pendaftaran. Meski tidak disebutkan secara detail tanggal kapan dimulai proses daftarnya, namun sudah jelas tertulis sekitar bulan Maret atau april tahun 2016.

Jadi intinya mah aka nada pembukaan penerimaan mahasiswa baru tahun 2016. Tetapi saat ini belum dibuka hanya sekedar informasi pendahulu saja. Mendengar hal tersebut barangkali pembaca setia blogku berkeinginan untuk mendaftar. Ya silakan saja, gak ada larangan bagi siapa pun. Asalkan memenuhi persyaratan pendaftaran STIS 2016. Wah ngomong syarat sekarang ya. Semua sudah tentu dong mengerti apa maksudnya? Kata lainnya tuh kriteria calon pendaftarnya seperti apa aja sich?

Persyaratan Pendaftaran USM STIS 2016

persyaratan stis 2016

Aku yakin bahwa km menemukan artikel ini karena melihat di www.google.com atau pun related article of www.herniawan.com .  Emang knp sich kak? Engga boleh yaaah? Yaaa tentu saja boleh malahan ak senang buuuanget krn anda menemukan blog tercintaku. Ane jg optimis bahwa kata kunci pencariannya adalah persyaratan pendaftaran STIS 2016. Akupun berkeyakinan bahwa ente pengen ngikutinnya juga. Benar kan? Bila jawabnya kaga pasti bohoong deh. Gak usah gengsi hehe. Klu benar adanya, sy ingin ngasi tau bahwa ente beruntung menemukan website ku ini. Situ milikku secara priodek selalu diupdate dgn berbagai informasi mengenai dunia pendidikan termasuk kabar terbaru seputar STIS dan STAN.

Sebelum aku bahas lebih jelas mengenai semua persyaratan USM STIS, kakak ingin berbicara mengenai sedikit mengenai hal hal utama perlu disiapkan sebelum mendaftar. Mengenai persyaratannya pasti akan dibahas nantinya. Topik apa yg ingin aye bahas mengenai kampus statistic milik negara ini? Ane mau bahas mengenai motivasi seseorang untuk kuliah di STIS.

Beberapa pertanyaan sy keada Anda semua yg ingin masuk kuliah di STIS. Pertanyaan tersebut erat kaitannya motivasimu menuntut ilmu diperguruan tinggi ikatan dinas. Semoga bisa membantu membuka pikiran kalian semua serta memberikan tambahan masukan. Pertanyaannya sbg berikut:

  1. Apa alasan masuk kuliah di STIS?
  2. Kegiatan apakah akan kalian lakukan selama menempuh pendidikan?
  3. Prestasi yang ingin dicapai?
  4. Hal apa saja yang ingin dilakukan setelah lulus kuliah?
  5. Bentuk kontribusi terhadap bangsa negara setelah menyelesaian studi?

Nah coba deh menjawab kelima pertanyaan tersebut sebagai bahan renungan kalian. Agar terlihat motif keinginanmu masuk STIS. Usahakan memiliki niat tulus sebagai seorang pengabdi bangsa serta melayani semua kebutuhannya. Menempatkan kepentingan masyarakat publik di ata kepentingan pribadi ataupun urusan golongan kelompok tertentu. Seperti itulah karakter andi negara sejati. Tidak memilikirkan upah diperoleh, akan tetapi lebih berorientasi kinerja maksimal guna membangun negeri. Saatnya kita bahasa rincia  lima key question di atas.

Hal diperhatikan sebelum Syarat STIS

Perhatikan semua hal di atas sebelum kita melangkah jauh mengenai syarat stis 2016. Baca cermati dengan seksama tanpa melewatkan sekecil apapun hal tertulis dlm artikel ini.

  1. Apa alasan masuk STIS sebelum tau syarat stis.

Segala sesuatu di dunia ini pasti memiliki asal usulnya tanpa terkecuali. Kecuali Allah sendiri karna ia maha pencipta serta ada dgn sendirinya tnp keterikatan sama siapapun. Begitu pula halnya dgn studi pastinya memiliki alasan jg dong. Entah apapun alasannya, tiap induvidu bisa berbeda beda satu sama lainnya. Kamu juga pasti punya kan? Yang menjadi pertanyaannya adalah apa?

Apanya sih yang apa kakak? Ya alasan kamu kepingin masuk STIS itu apa? Kepo amat siih si kakaak ini. Bukan gitu dek, di sini aku hanya ingin memberikan sedikit pencerahan aja. Karena hal tersebut akan menjadi pengantarmu menuju kesuksesan. Semua hal apapun ituu, hasil akhirnya ditentukan oleh niatnya. Pernah dengan hadis mengatakan “segala sesuatu amal perbuatan ditentukan oleh niat”. So ente entee harus hati hatii menyangkut niatmu. Memang benar adanya di hati, tapi ketahuilah bahwa sang pencinta maha Agung yaitu Allah sangat mengetahinya. Malu dong sama tuhan kita. Ingat malu padaNya merupakan salah satu cirri seseorang masih memiliki iman. Bentar deh bang, abang ini blogger apa pendakwah? Ya engga gitu jugaa keles, kita wajib menyampaikan kebaikan bukan hnya dilakukan oleh ustad ataupun kiyai.

syarat stisBaiklah kak cakep, alasan utamaku masuk STIS adalah ingin kuliah ikatan dinas. Jadi bisa langsung dapatin pekerjaan klu udah lulus nantinya. Nah bisa melanjutkan studi setelah tamatin SMA gratis alias tanpa bayar. Karirnya sudah pasti dgn mengikuti aturan berlaku. Emang salah yaa kalawu alasannya seperti itu? Sama sekali tdk salah kok adindaku yg manis. Justru sudah bagus dgn pertimbangan gak ingin merepotkan ortu dlm urusan biaya kuliah. Hanya saja tambahkan niat klian semua guna menjadi pengabdi bangsa sejati. Tentunya pada tau semua kan kalauu sehabis menyelesaikan pendidikan di STIS diangkat menjadi CPNS serta otomatis jg bisa berubah status PNS stlh periode tertentu.

Nah coba tambahin niat tulus ingin menjadi seorang aparatur negara terbaik. Melaksanakan segala bentuk tugas beserta kewajiban melekat bersamanya demi kemajuan bangsa. Mematuhi segenap kode etiknya serta tunduk patuh thdp perundang undangan berlaku. Wajar aja bila adek menjadikan karir sebagai pendorong  masuk menempuh pendidikan padaa PT statistik milik negara. Engga masalah sedikitpun jika ingin mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Coba pikirkan, negara telah memberikan hal besar maka balas lah dgn jasa besar pula. Jgn pernah pikirkan apa yg bangsa berikan padamu tetapi bertanyalah jasa apa engkau berikan untk negeri tercinta.

Seperti itulah alasan niat tulus seorang penuntut ilmu sejati. Menuntut ilmuu demi serta dilandasi keinginan kepada kebaikan di kelak hari kemudian. Ingat jangan kotori serta nodai hati dgn noda serta penyakit. Kalbu kotor susah menerima kebaikan dikarenakan sudah mati serta buta akan kebenaran. Sebaliknya jika bersih, sangat memberikan ketentraman, kesejukan bagi pemiliknya. Apakah kalian ingin menjadi kelompok kedua? Sebagai orang normal pasti jawabannya “ mau” dong aa. Baguslah dek kalo begitu J

  1. Kegiatan selama kuliah di STIS

Kak kok judul tulisan ini persyaratan STIS, malah ngomongin hal lain? Nanti akan dibahas kok. Maksud aye sebelum kalian tau syaratnya kakak informasikan berbagai hal. Nah sekarang mengenai aktivitas kegiatan saat kuliah di STIS. Agar tidak banyak meneko neko, aku anggap semua mahasiswanya adalah orang baik. Pastinya kalo dijawab apa saja dilakukan selama kuliah, yakin deh jawabannya hampir seragam “belajar”. Iya kan? Bagus lah bila seperti itu. Kalo sudah dapatin kesempatan kuliah STIS jangan sia siakan. Manfaatkan kesempatan diberikan dgn sebaik baiknya. Janganlah menyia nyiakannya. Agar bisa masuknya saja persainganny bisa dibilang sangat ketat. So gak ingin kan, usaha serta semua perjuangan hancur begitu saja.

Pergunakan peluang kesempatan waktu tersebut diisi dgn berbagai kegiatan positif seperti keikut sertaan dlm kelembagaan mahasiswa. Ada banyak organisasi mahasiswa di STIS. Berorganisasi sangat membantu meningkatkan soft skill kalian. Bukan hanya kecerdasan secara intelektual tetapi kecakapan sosial dibutuhkan pula. Lembaga kemahasiswaan jg beragam, ada berkaitan dgn senat serta keprofesian, keolahragaandan hobi, tak sedikit mengarah ke sains. Tinggal anda pilih mana yang sesuai dgn minat masing –masiing. Pokoknya isi masa kuliah dgnn kesibukan produktif. Begitulah seorang intelektual sejati. Jangan sekali kali lakuin hal negatif bahkan tindakan asusila. Hargailah diri kalian dg prestasi besar sehingga bisa mebanggakan institusi serta keluarga.

  1. Prestasi yang ingin di capai

Ketika membahas poin kedua, aku menyinggung hal berkaitan dgn prestasi. Jenis macam prestasi sangatlah banyak. Tergantung bidangnya serta kategorinya. Penghargaan gak harus besar, standar –staandar juga tak kan masalah. Sekecil apapun tetap hasil kreasi kamu sendiri so pasti akan menjadi kebanggan sendiri bagi pemiliknya. Oleh karna hal tersebut, teruslah ukir prestasi sebanyak banyaknya.

Prestasi sy maksud dalam arti luas. Bukan sebatas nilai mata kuliah saja. Kebanyakan org beranggapan bahwa prestasi dpt nilai A semua mata kuliah. Itu pikiran keliru, meski sebenarnya benar. Akan tetapi pendefinisian prestasii tersebut masih sempit. Mendapatkan juara berbagai ajang kompetisi termasuk di dalamnya jua. Bisa lomba berkaitan dgn kejuaraan bidang statistika, pengolahan data ataupun serupanya. Prestasi gak harus dilihat dari tinggi rendahnya IPK hasil nilai studi. Namun diartikan secara luas.

  1. Setelah selesai kuiah

Banyak yang bertanya, apa yang bisa dilakukan oleh lulusan STIS? Banyak kok, tentu berkaitan dengan pekerjaan utama. Bekerja secara serius berorientasi pada perbaikan kinerja secara terus menerus. Selalu berpegang teguh pada etika kepegawaian negara. Tanpa mngenal tanda jasa. Percayalah bahwa jika kita serius menjalaninya pasti tak akan terasa berat kedepannya. Jangan menganggap tugas dr negara sebagai beban. Namun berpikirlah sebagai lading amal semasa masih hidup. Bila hal tersebut ditanamkan pd diri kita, Insya Allah tk akan merasa berat menjalaninya semua.

  1. Konstribusi kepada bangsa dan negara setelah lulus STIS

Sepertinya poin ini sudah terjelaskan pada nomor satu, empat. Tapi tk masalah bila dijelaskan lagi. Mengenai konstribusi lulusan sekolah tinggi statistic bnyak yg dpt mereka kerjakan. Umumnya mereka akan ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS) baik pusat maupun daerah. Tugas utamanya adalah menyajikan semua data untuk keperluan negara. Memberikan akurasi data dan informasi diperlukan oleh pemerintah sebagai penunjang berbagai kebijakannya. Prinsip utama harus dijunjung tinggi adalah jujur, akurat dan keterbukaan. Jujur maksudnya adalah memberikan serta mengolahnya menjadi sebuah informasi secara apa adanya. Akurat berarti memberikan tingkat ketelitian tinggi. Sedangkan keterbukaan dimaksudnya agar tak ada hal ditutupi dlm menjalankan tugas, tanpa diintimidasi oleh berbagai kepentingan kelompok tertentu.

Persyaratan Pendaftaran USM STIS 2016

persyaratan pendaftaran stis

Nah tiba saatnya memaparkan secara rinci mengenai persyaratan pendaftaran USM STIS 2016. Sebenarnya ini berlaku semua tahun bukan hanya tahun dua ribu enam belas saja. Karena sy perhatikan persyaratan taun ini tidak ada bedannya sama tahuun laluu. So bisa dikatakan sebagai syarat general daftar tes masuk stiss. Berikut ini kakak jelaskan secara rinci semua syaratnya disertai dengan penejelasannya.

Syarat Pendaftaran Peserta Tes STIS:

  1. Sehat secara jasmani dan rohani (mampu bekerja baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.

Kesehatan sudah menjadi hal penting agar mampu beraktivitas. Pekerjaan seorang pegawai BPS bukan hanya di atas meja depan komputer, melainkan bisa melakukan berbagai survey di lapangan. Oleh karena itu harus memiliki kesehatan prima. Selain sehat, tidak boleh buta warna. Insan dibawah atau candu narkoba tidak diperbolehkan.

  1. Lulus ujian nasional SMA atau MA jurusan IPA

Namanya juga kuliahan tentu harus melewati sekolah menengah atas (SMA) atauu madrasah aliyah (MA). Enggak semua jurusan bisa ikut daftar, hanya jurusan ilmu pengetahun alam (IPA) aja bisa daftar. Kenapa harus IPA? Karena lulusan latar belakang IPA memiliki kemampuan analisa serta mampu berpikir secara matematis dibutuhkan dlm pekerjaan berkaitan statistika.

  1. Nilai matematika dan bahasa inggris tidak kurang dari tujuh pada semester 1 kelas XII.

Nilai tersebut pembulatan ataupun rata –rataa. Mutlak minimal 7 untuk dua mata pelajaran itu. Kedua bidan studi tersebut sangat penting sehingga pihak stis memberikan perhatian khusus. Bila adik adek ingin ikut tes masuk, berjuang lah mendapatkan nilai bagus untuk MTK dan bhs inggriis.

  1. Besedia mengikuti patuh terhadap peraturan STIS

Namanya juga institusi resmi pasti memiliki banyak perangkat peraturan. Nah bila sudah masuk diterima sebagai mahasiswanya, diharuskan mengikutinya.

  1. Usia tidak lebih dari 22 tahun pada saat tanggal 1 oktober

Ada batasan umur jika ingin mengikuti USM STIS yaitu kurang dari 22 tahun ketika memasuki tanggal satu oktober. Hal tersebut dimaksudkan agar lulusannya nanti tidak terlalu tua ketika berkaris sehabis menyelesaikan masa studinya.

  1. Tidak memiliki hubungan ikatan dinas dgn institusi lain

Ini sudah pasti menjadi syarat penting. Gak mungkin seseorang sdg menjalani ikatan dinas sama sebuah institusi lantas langsung daftar lagi di lembaga lain. Tentu sangat membingungkan baginya bila ambil dua lmbaga. Makanya harus pilih salah satunya saja.

  1. Belum berkeluarga serta tidak selama menjalani pendidikan.

Ini merupakan salah satu cirri ikatan dinas. Bahwa tidak dibenarkan untuk menikah bila masih dalam masa pendidikan. Menikah bisa dilakukan bila sudah menyelesaikan studinya. Larangan tersebut mungkin dimaksudkan agar nantinya mahasiwa bisa fokus menyelesaikan kuliahnya sehingga tidak terganggu.

  1. Menanda tangani surat perjanjian ikatan dinas (SPID)

Diharuskan memiliki komitmen menjalani ikatan dinas dituangkan dalam bentuk surat perjanjian. Itu dilakukan sebagai bentuk pengikatan agar nantinya tetap menjaga janji menjadi abdi negara. Menurut saya sih, gak ada orang ragu untuk menanda tangani SPID STIS, malahan orang oorang berlomba ingin mendapatkannya.

  1. Bersedia bekerja di semua instansi BPS

Sebagia bentuk konsekuensi dr perjanjian ikatan dinas, lulusannya nanti bersedia bekerjaa di instansi BPS baik pusat maupun daerah/ kabupaten. Masa wajib kerja selama dua kali masa studi. Kuliahnya empat tahun, jadi harus bekerja minimal delapan tahun. Apakah habis masa kerjanya, masih bisa bekerja? Masih dong, malah dibutuhkan kok. Maksudnya itu,sebelum mencapai masa pengabdian minimal, maka gak boleh keluar. Oh paham deh abangkuuu.

Nah seperti itulah persyaratan pendaftaran USM STIS 2016 serta tahun berikutnya. Tak kekhususan untuk 2016. Setelah membaca secara lengkap, ada dua kemungkinan dlm hati kalian, apa daftar atau tidak. Jawabannya kalian sendiri menentukan. Jangan lupa kelima poin pertanyaan tadi. Semoga semua pembaca blog saya ini dilancarkan bila mengikuti tes masuk STIS. Salam sukses, selamat berkarya bagi nusa dan bangsa.