Pilih D3 atau D1 STAN

iklan kape

Memilih D3 atau D1 STAN mungkin akan membingungkan bagi sebagian calon peserta tes sekolah ikatan dinas pemerintah ini. Tidak sedikit remaja mencari kata kunci D3 atau D1. Kalo masih belum mengetahui seluk beluknya memang sedikit membingunkan dalam menentukan dua pilihan tersebut. Guna menjawab polemik tersebut, munculah artikel bertopik cara memilih D1 atau D3 STAN. Artikel ini akan membahas secara rinci melalui penjelasan kelebihan dan kekurangan keduanya sehingga bisa membandingkan secara bijak.

Sekolah tinggi akutansi negara mempunyai dua tingkat pendidikan yaitu program diploma 1 dan 3. Tentu saat daftar STAN 2015 ga diperkenankan untuk memilih sekaligus dua level tersebut. Maksudnya harus memilih diantara D3 atau D1 . Sepertinya memang akan menjadi pilihan yg sulit dari kedua pilihan itu. Barangkali sebagian orang akan memilih prodi diploma tiga daripada yang satunya. Pilihan tersebut sangat syarat dengan rasa gengsi yang tinggi karena mereka beranggapan lebih tinggi tingkatannya. Sebaiknya tidak mengedepankan gengsi saat menentukan sebuah keputusan.
Tidak sedikit pula memilih D1 STAN beralasan mudah dan cepat dapat kerja. Sebuah alasan yang kurang bijak dalam menentukan pilihan antara D1 atau D3 STAN. Pasti pembaca akan bertanya harus pilih yg mana? jawabannya adalah “pilihlah aku jadi pacarmu, sudah pasti setia, lainnya beluuum tentuuu”. hehehe lagu Krisdiyanti aja wkwkwkwkw. Just kidding pemirsa. Jangan ambil ati dong pemirsa. okey kembali ke topik tadi. Sebelum mengambil keputusan harus dipertimbangkan dengan baik baik. Lantas pertimbangan seperti apa dirasa perlu sebelum memilih D1 atau D3 STAN? Ya tentunya sebagai orang bijak harus mampu melihat ke depan. Lah gue tiap hari liat ke depan kok. Bukan depan itu coy maksudnya, maksud dari kedepan itu adalah masa yang akan datang.
Terus liatnya pake apa? Teropong atau mikroskop ataukah lup? hahaha ngga sampe gitu juga keles mas bro dan sis broh. Fisika banget sampe balik singgung alat optik. Lihatnya bukan pake alat namun pake otak guna memikirkan masa depan. Hal penting untuk diperhatikan adalah mengetahui kelebihan dan kekuarangan masing masing kedua pilihan tersebut. Baik di bawah ini akan dibahas kelebihan dan kekurangan D1 STAN. Selanjutnya akan dibahas pula kelebihan dan kekurangan D3 STAN.

Baca Juga  Informasi Pendaftaran STAN 2015 Buka atau Tidak

kelebihan D1 STAN

Kelebihan D1 STAN

Program D1 STAN memiliki keuntungan bagi yg memilihnya. Apa saja kelebihan D1? Berikut ini akan dibahas satu per satu:
1. Beban studi lebih ringan
2. Kuliah cepat dan mudah dapat kerja
3. Kemungkinan drop out sangat kecil
Keuntungan D1 STAN tertulis dirinci berikut ini

1. Beban Studi Lebih Ringan

Sudah barang tentu kewajiban belajar D1 lebih ringan dibandingkan dengan D3 STAN. Ya karena tingkatan jenjangnya saja sudah beda. Beban belajarnya sekitar 40 sks diselesaikan dalam tempo dua semester. Banyak dari alumni D1 STAN meraskan waktu belajar yg sangat singkat. Coba bayangkan saja belajar hanya satu tahun untuk sekokah ikatan dinas macam STAN sangat luar biasa. Mereka pada umumnya pengen masih nambah waktu studinya. Hal tersebut tidak lain karena suasan kuliah dan sistem pendidikan D1 yg sangat menyenangkan.

2. Kuliah Cepat dan Mudah dapat kerja

Kuliah diploma satu sekokah akutansi negara hanya dalam waktu singkat ini memiliki kelebihan dalam hal kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan secara mudah dan cepat. poin ini merupakaan alasan paling kuat calon mahasiswa memil1. Pertimbangan seperti itu biasanya dilakukan oleh mereka dari keluarga menengah ke bawah. jangka waktu studi singkat dapat menghemat biaya pengeluaran orang tua mereka untuk biaya kuliah. Semua lulusannya punya kesempatan dan hak untuk menjadi CPNS yang nantinya akan diangkat jadi PNS. Setidaknya mereka hanya mengeluarkan biaya akomodasi dan keperluan hiduo sehari hari bagia anak anaknya.Merkea berharap setelah mendapatkan kerja bisa bantu keluarga misalnua menafkahi orang tua serta ikut bantu uang sekolah adik adiknya jika masih ada saaudara lebih muda. Alasan lain mungkin agar cepat punya pendamping hidup atau nikah hehehehehe. Yooo maaaaaan!!!

3. Kemungkinan drop out sangat kecil

Namanya juga sekolah ikatan dinas gratis alias dibiayai oleh pemerintah tentuk ada evaluasinya. Evualuasi dilakukan dengan tujuan melihat perkembangan prestasi akademik selama menempuh pendidikan. Selain itu juga bertujuan untuk memotivasi mahasiswa agar rajin belajar dan megembangkan kemampuan akademiknya. prosesnya dilakukan secara berkala yaitu tiap semester atau per tahun ajaran.Berdasarkan hasil penilaian prestasi akademik, bagi mahasiswa dengan prestasi kurang bagus akan di drop out. Sebuah kewajaran dilakukan mengingat alumninya nanti akan diharapakan menjadi aparatur negara. Sudah pasti personil terbaik lebih dibutuhkan dari pada kurang bagus.
Nah berbicara soal drop out (DO) program d satu sekolah tinggi akutansi negara, kemungkinannya saangat kecil. Kenapa ya? Hayo siapa yang tau? heheeh kaya kuis berhadia aja. Jawabannya tidak lain karena rentang waktu belajar yang sangat singkat. Proses belajar selama 2 semester tentu memperkecil adanya kemungkinan DO. Enakkann?

Baca Juga  Informasi Tempat Pendaftaran STAN 2015

Kekurangan D1 STAN

Tiga poin tersebut di atas merupakan keuntungan D1 STAN. Lantas apakah ada kekurangan diploma satu? Ada dong pastinya, karena tidak ada sesuatu sempurna. Apa saja sih kekurangannya?

1. Golongan kerja lebih rendah

lulusan program d1 akan diangkat menjadi pns dengan golangan 1A. Tentu golongan kerja ini lebih rendah dibanding dengan jenjang di atasnya. Karena pangkatnya lebih rendah maka gajinya lebih kecil. Nah disini harus legowo dengan kekurangan hal. Karena setiap hal ada sisi positif dan negatifnya

2. Rasa gengsi dan Bangga kurang

Ya karena levelnya lebih rendah baik dalam hal jenjang pendidikan maupun jabatan struktural kerja. Sudah tentu susah mendapatkan jabatan lebih tinggi atau melampaui lulusan level di atasnya

Setelah tau kekurangan dan kelebihan D1 STAN skrg dibahas pula untuk D3 nya. Kalo mau dibandingin tentu harus dijelaskan dua duanya kan? Biar fair dalam membandingkannya gitu lo maksudnya.

Kekurangan dan kelebihan prodi D3 STAN

kelebihan D3 STAN

pertama kita bahas kelebohannya terlebih dahulu. kelebihan D3 meliputi:

1. Pangkat dan struktur jabatan lebih tinggi

karena jenjangnya lebih tinggi tentu secara struktur jabatan dalam karir lebih tinggi. Akan memiliki wewenang lebih tinggi. selain itu punya kemungkinan untuk mencapai puncak karir di lembaga tempatnya berkarir. Nanti akan memiliki kesempatan menjadi direktur, direktur jenderal, kepala kantor wilayah dan kepala badan pelatihan.
Sebuah kelebihan D3 tidak yang paling menjanjijan dalam karir. Namun hal tersebut belum tentu semua akan dapatin jabatannya. Bayangin aja seangkatan berapa ribu orang, masa dirjen di kemenkeu jumlhanya ribuan hahahahaha. Jadi ada yang dapat jabatan lebih tinggi dan ada puka yang menengah. Selain jabatan dan peluang mencapai puncak karir, gaji take home incomenya juga lebih tinggi. Gajo lulusan diploma satu aja sudah tinggi, gimana dengan lulusan diploma 3 ya?

Baca Juga  Peluang Kerja Lulusan STAN

2. Rasa gengsi dan Bangga yang lebih tinggi

karena tingkatan pendidikannya lebih tinggi tentu akan ada rasa bangga dan gengsi tersendiri. Rasa percaya diri dalam karir lebih tinggi karena dibekali oleh ilmu yang lwbih banyak dibandingkan dengan level pendidikan di bawahnya. Kebanyakan orang yg daftar STAN pilih D3 mungkin dikarenakan oleh alasan tersebut. Semuanya pasti menginginkan yang terbaik untuk masa depannya.

Nah begitulah keuntungan dari D3 STAN. Selain kelebihan tersebut, ada kelemahannya. Diantara kelemahan kelemahan tersebut, dijelaskan rinci satu per satu di bawah ini:

1. Waktu studi yg lama

Dikarenakan grade pendidikannya lebih tinggi, maka sudah pasti akan lebih lama waktu belajarnya.Waktu belajarnya adalah enam semester dan harus diselesaikan selama tiga tahun. Masa yang lebih lama jika dibandingkan dengan D1 STAN. Tentu harus menunggu dengan sabar dalam penantian lebih panjang. Ah lebay amat sih gw, hanya beda dua tahun dibilang penantian lama, kayak apa aja kikikiki.

2. Kemungkinan drop out lebih besar

Disebabkan oleh durasi belajar lebih lama maka kemungkinan untuk drop out D3 lebih besar. Karena ada proses evaluasi tiap semester atau tiap pergantian tahun ajaran, maka ada kemungkinan ada mahasiswa yang tereliminasi atau ditendang keluar oleh STAN. Mereka yang dikeluarkan ada mereka dengan prestasi akademik kurang bagus. Sehingga dengan terpaksa harus dilepas oleh kampus. Tapi untuk hal tidak terlalu banyak persentase drop out. Selama belajar dengan rajin dan uket makanya dipastikan lancar lancar saja tanpa ada kendala.

seperti itulah penjelasan kekurangan dan kelebihan program studi di kampus akutansi plat merah ini. Tentukan pilihan kalian berdasarkan kondisi dan kemampuan kalian. Jangan terpengaruh oleh orang lain karena keadaan dan kebutuhan tiap berbeda beda. Pilihlah dengan bijaksana dengan memikirkan masa depan akan jadi apa kalian nantinya.Terutama rasa gengsi harus dibuang jauh jauh saat menentukan pilihan. Sifat tersebut sering kali membuat orang salah dalam menentukan arah serta gaya hidupnya.