Daftar Sekolah Kuliah Ikatan Dinas 2017-2018

daftar ikatan dinas 2017

Mencari tujuan pendidikan lanjutan setelah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA merupakan hal yang lazim bagi mereka yang ingin kuliah. Mungkin termasuk anda yang sedang membaca tulisan saya ini, hehehe kepo dikit lah. Pilihan kampus maupun sekolah tinggi banyak ragamnya. Salah satu yang menjadi trend sekarang adalah sekolah atau perguruan tinggi kedinasan atau sering kali disingkat dengan PTK.

PTK sampai saat ini cukup di favoritkan dengan beberapa alasan yang sangat mendasar. Dua dari sekian alasannya adalah kuliah gratis serta kepastian pekerjaan yang bisa diperoleh setelah menyelesaikan studi di lembanga kependidikan tersebut. Alasan pertama mungkin menjadi alasan terutama bagi mereka yang memiliki masalah ekonomi dan keterbatasan biaya kuliah. Namun adik-adik yang sedang membaca ini jangan berpikir murah atau gratis itu tidak berkualiatas.

Ini masalah penyelenggaraan pendidikan loh bro bukan sedang membeli barang. Kalau ente sedang beli barang mungkin ada pepatah “kualitas tidak pernah berbohong”. Ungkapan tersebut tidak berlakukan untuk institusi plat merah milik pemerintah. Malah sebaliknya saat sekarang sangat diperebutkan oleh banyak lulusan SMA.

Mengenai alasan yang kedua juga sangat berpengaruh bagi mereka saat menentukan pilihan untuk masuk ke PTK. Kebanyakan orang menginginkan kepastian karir setelah selesai kuliahnya nanti. Hal tersebut tujuannya tidak lain adalah mendapatkan pekerjaan secara pasti. Siapa sih yang tidak ingin kerja untuk mendapatkan penghidupan yang layak bagi masa depannya.

Kuliah dan Sekolah Ikatan Dinas 2017-2018

ikatan dinas 2017Mungkin anda sudah tidak sabar ingin mengetahui apa saja sekolah atau kuliah ikatan dinas tahun 2017-2018? Tujuannya kamu membaca artikel ini tentu ingin mencari informasi tersebut bukan? Hehehehe pasti deh tebakan gw benar wkwkwkwkwk, kaya peramal aja deh hahahahahaha.  Kelihatan banget yah keponya ckckck. Becanda mulu nih orang bukannya segera ngasi tau apa aja PTK yang tersedia tahun depan dan 2018. Ya sabar atuh, ingat kalau elu sabar pasti deh di sayang sama Allah.

Pasti akan kaka beberkan kok semua secara pilihan kuliah ikatan dinas. Artikel ini memang disuguhkan untuk kalian yang ingin mendapatkan informasi tersebut. So harap tenang dan baca dari awal ssampai akhir dengan khidmat, asyiik heheeeehehe. Oke deh biar kalian tidak kecewa dan penasaran, langsung aja aye berikan ulasannya secara lengkap.

Politeknik Keuangan Negara STAN

Dulu dikenal dengan Sekolah Tinggi Akutansi Negara, tetapi mulai tahun 2015 mengalami perubahan nama yaitu PKN STAN. Sebenarnya pergantian nama institusi pedidikan plat merah bidang keuangan tersebut tidak memberikan banyak perubahan. Bahkan bisa dikatakan sama dengan sistem yang sebelumnya. Seingat saya, hanya saja ada sedikit perubahan dalam hal waktu pelaksaan proses seleksi calon mahasiswa barunya.

[irp posts=”1205″ name=”Pendaftaran STAN 2017 Buka Sekitar Bulan Maret”]

Setiap tahun sekolah ikatan dinas milik Kementerian Keuangan Republik Indonesia ini membuka pendaftaran penerimaan mahasiswanya. Ane tau persis seluk beluk lembaga kependidikan yang satu. Pembaca bisa mengerti sendiri dong kenapa ane bisa tau banget  semua tentang kampus ini, hehehehheeee. Kalau antum pernah dan sering membaca artikel di Herniawan.com tentu pastinya tau dong heheheheeeee. Apalagi yang sedang mencari soal-soal tes STAN 2016 terbaru.

Apakah ada pendaftaran STAN 2017 dan 2018. Jawaban pertanyaan sudah pernah saya tulis dalam sebuah artikel yang berjudul pendaftaran STAN 2017 akan dibuka sekitat bula Maret. Meskipun tulisan tersebut sangat syarat dengan prediksi, namun perkiraannya berdasarkan logika serta bisa diterima oleh akal sehat. Tentunya kalo sedang baca ini berakal sehat atau waras, hehehewkwkwkw.

Oh ya satu lagi, bila elu mau dapatin semua hal mengenai STAN, bisa mengunjungi blog ini secara rutin, karena memang situs yang terbaca ini secara khusus membahas mengenai lembaga pendidikan tersebut. Topic apa saja mengenai kampus itu yang saya bahas? Banyak kok seperti download soal dan pembahasannya, tips dan strategi lulus, serta cara menjawab soal tesnya secara tepat dan efisien waktunya.

Ikatan Dinas Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Kuliah ikatan dinas yang kedua ingin saya paparkan adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Sederhananya kuliahan ini menghasilkan jebolan yang mengurus data-dataa serta semua proses pengolahannya. Hasil pengolahannya tersebut digunakan untuk menentuka kesimpulan serta kebijakan strategis bagi pemerintah baik pusat maupun daerah.

Mungkin adek bertanya apakah tahun 2017 ini ada pembukaan pendaftaran STIS serta 2018 dua periode ke depan. Berdasarkan pengalaman sebelum belumnya, setiap tahun sekolah kedinasan bidan statistika ini selalu membuka penerimaan mahasiswa baru. Biasanya pendaftarannya sudah dibuka sejak bulan Februari atau Maret. Lama waktu yang diberikan untuk mendaftar lumayan panjang bisa mencapai sebulan lebih. Namun kadang hanya dua mingga aja kesempatannya.

Kampus milik pemerintah yang terletak di Jalan Otto Iskandardinata Jakarta timur ini membuka dua jurusan yaitu statistika (bidang ekonomi dan social-kependudukan) serta komputasi statistic. Kalau nanti kalian semua berhasil lulus masuk, nanti akan menerima pendidikan D IV (diploma empat) dengan gelar kependidikan sarjana sains terapan.[irp posts=”634″ name=”Persyaratan Pendaftaran STIS”]

Sekolah Tinggi Sandi Negara (Ikatan Dinas STSN)

Letak Institusi Pendididkan yang berada di bawah payung Lembaga Sandi Negara ini tidak jauh dari daerah saya tinggal, yaitu di Parung Kabupaten Bogor. Kalau saya sendiri tinggalnya masih daerah kota heheheee. Kok penulisnya jadi curhat ya? Bukan curahan hati keles tapi hanya menginformasikan aja. Kalau curhat kan biasanya berkaitan dengan masalah berat yang sedang dihadapi.

Dari kata “sandi” tentu pembaca sekalian sudah mengetahui seperti apa sih pendidikannya? Dengar deengar bisik bisiik tetangga ya (dari cerita orang yang punya kenalan kuliah di sono loh) sistemnya semi militer. Wuiiih kerenn bagi yang suka dan siap beraktivitas secara disiplin tapi ngeri bagi mereka dalam kategori pecundang dengan mental mudah ciut. Heheheheeee, becanda guys. Tiap orang kan tentu punya karakter dan sifat masing-masiing. Maksud ane, kalao enggak cocok jangan dipaksain atau hanya ikut-ikutan saja.

Pastinya sudah pada tau kan kalo pekerjaannya nanti enggak jauh dari urusan intelejen negara. Lah apa bedanya sama lulusan STIN? Nah kalo itu kerjanya urusan intelejen di lapangan, sedangkan lulusan STSN berkuta di belakang layar. Ya memang aktivitasnya bertujuan untuk memberikan informasi penting guna menjaga keutuhan dan kedaulatan negara.

Sekolah tinggi kedinasan yang didirikan pada tanggal 17 Januari 2002 bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan sumber daya manusia sebagai aparatur negara di bidang persandian serta dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap pengamanan rahasia informasi negara. Dulunya bernama Akademi Sandi Negara (Aksara) dan Pendidikan Ahli Madya Sandi (PAMS).

Sama halnya dengan kedua lembaga pendidikan yang saya sebutkan di atas, bahwa tahun 2017 ini kemungkinan akan dibuka penerimaan taruna baru. Meskipun pernyataan tersebut hanya opini saya sebagai seorang blogger, namun saya memperkirakan karena besarnya kebutuhan negara akan aparatur negara yang berkompeten di bidang persandian negara. Belum lagi, berjalannya waktu banyak sekali masalah-masalaah yang berkaitan dengan keamanan negara seperti terorisme, penangkapan ikan liar, aktivitas pembakaran hutam oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

STMKG merupakan pelaksana pendidikan dengan kekhususan di bidang atmosfer. Katanya sederhanya sih seperti itu hehehe. Berada dibawah pengaturan BMG. Kerjaannya mengurusin hal-hal yang berkaitan dengan cuaca untuk dilaporkan kepada media atau masyarakat umum. Kampusnya terletak di Jalan Perhubungan 1, Pondok Betung, Pdk Aren, Tangerang, Banten.

Apakah tahun 2017 ada pendaftaran ikatan dinas STMKG? Bila merujuk beberapa tahun yang lewat, setiap tahun di buka. Nah bagi kalian yang memiliki hobi dan minat yang besar berkaitan dengan kondisi dan perubahan alam antariksa, bisa deh masuk ke sini. Pasti seru deh bila bisa menikmati dan mempelajari gejala alam secara langsung.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Nah kalo sekolah kedinasan ini ane tau persis deh, karena adik aye yang pas dibawahku sedang menimba ilmu di sini. Adikku praja (sebutan mahasiswa IPDN) tahun masuk 2015. Dulu banyak banget deh informasi negatif tertujuan pada lembaga pendidikan ikatan dinas bawahan Kementerian Dalam Negeri ini. Banyak beredar kampusnya erat kaitannya dengan uang sogokan saat pelaksanaan tes. Isu yang paling menyeremkan adalah tindakan kekerasan yang dilakukan oleh senior pada juniornya.

Setelah adikku masuk, akhirnya saya menemukan benang putih mengenai kabar burung tersebut. Aku kasi tau ya “itu semua bohong”. Kalo bisa pengen ngasi tauu dengan suara keras dekat telinga klian. Masuk IPDN dengan sogokan? Adiikku engga ada pake uang tuh alias tanpa suap dan uang pelicin. Ada juga kok anak buruh dan petani kecil masuk juga. Sebutan tempat kuliahnya anak pejabat sama sekali gak benar. Memang ada beberapa teman adiikku orang tuanya adalah pejabat. Tapi tidak semuanya, malah jumlahnya dikit banget.

Lalu rumor yang kedua sering terdengar adalah praktek kekerasan yang dilakukan senior pada juniornya. Sekali lagi aye bilang “kabar itu tidak benar”. Menurut adik saya, sama sekali gak ada tindakan kekerasan. Yang ada hanya hukuman bagi yang tidak disiplin. Biasanya hukumannya berupa push up dan lari keliling lapangan. Menurut gw pribadi hal tersebut wajar dilaksanakan sebagai bentuk pembinaan kedisiplinan. Bagaimana bisa menjalankan roda pemerintahan bila aparaturnya saja tidak disiplin. Jadi saat menjalani pendidikannya perlu ditempa agar terbiasa tertib dan disipliin.

Setelah mengetahuinya yang awalnya takut, pasti jadi pada pengen masuk dan mendaftar ya? Ya boleh kok adek sayang. Lalu mungkin bertanya juga, apakah pendaftaran praja IPDN 2017? Meskipun adik saya sendiri merupakan salah satu prajanya, tapi dia mengatakan belum tau pasti. Dia hanya bilang “biasanya ada setiap tahun”. Jadi bila berkeinginan masuk di sini, persiapan diri karena seleksinya cukup ketat dan bersih dari suap dan sogokan tidak seperti yang diisukan selama ini.

STTD Kementerian Perhubungan

STTD adalah singkatan dari sekolah tinggi transportasi darat. Sekolah kedinasan tersebut tentu berkaitan erat dengan angkutan dan perhubungan darat. Didirikan pada tanggal delapan September 1951 dengan nama Akademi Lalu Lintas  (ALL) saat itu. Sekolah tinggi yang bermotto prima, beretika, dan professional ini terletak di Jl Raya Setu No 89 Cibuntu, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Melaksanakan pendidikan yang terdiri dari lima program studi, yaitu 1 prodi diploma II, 3 DIII, dan satu D IV. Adapun jurusan dan program studi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Program Diploma II Penguji Kendaraan Bermotor (PKB)
  2. Prodi D III Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (LLASDP)
  3. Jurusan DIII Perkeretaapian
  4. Jurusan D III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLAJ)
  5. Program Diploma IV Transportasi Darat

Dimungkinkan tahun 2017 STTD kembali membuka penerimaan pendaftaran calon taruna baru. Bila kalian berminat, mulai sekarang untuk mencari informasi lebih mengenai sekolah tinggi ikatan dinas ini. Seperti tahun 2016 dibuka sekitar pertengahan maret.

AIM dan AKIP

AIM (Akademi Imigrasi) dan AKIP (Akademi Ilmu Pemasyarakatan) berada di bawah payung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhum dan HAM). Mungkin kalo dijelaskan secara sekaligus keduanya, mungkin pembaca blog gw ini akan kebingungan. Oleh karena itu, anee bahas secara terpisah satu per satuu. Hmmm enakan bahas yang mana dulu ya? Bingung sendiri deh jadinya, heheheee. Tapi terlanjur AIM ditulis terlebih dahulu, jadi AKIP dibahas setelahnya aja ya.

AIM didirikan untuk menghasilkan lulusan yang terampil sebagai kader pipmpinan di kantor Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kemehumham. Lulusannya nanti akan ditempatkan di seluruh kantor imigrasi dalam negeri atau perwakilan imigrasi di negara asing. Dalam pelaksanaan pendidikannya, kurikulumnya dilakukan dengan bentuk kuliah, ceramah dan instruksi di kelas yang bertujuan untuk memperoleh, memperdalam serta perluasan ilmu dan pengetahuan akademi. Tarunanya dibentuk dengan titik berat pada kecerdasan dan kemampuan intelektual di bidang keimigrasian.

Pola pengasuhan seperti itu bertujuan membentuk taruna berkemampuan dalam memahami serta mengamalkan nilai-nilaii budaya serta diharapkan memiliki penguasaan terhadap pengetahuan akademis dengan kepribadian dan kepemimpinan yang tangguh dengan titik berat pada penguatan mental. Lama pendidikan akan dijalani selama tiga tahun. Pertama kali akan menjalani pendidikan dasar kesamaptaan yang diawasi oleh Korps Marinir dan atau Brimob. Setelah lulus dan wisuda, alumninya akan mendapatkan Brevet Pejabat Imigrasi (PI) dan mengikuti Pendidikan Penyelidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di pusat pendidikan Reskrim Polri di daerah Bogor.

Lalu bagaimana  dengan AKIP? Iya deh sesuai dengan janji guwe yang akan menjelaskan keduanya secara lengkap, bukan hanya salah satunya saja. Mungkin ane tidak terlalu banyak membahas mengenai lembaga pendidikan yang satu ini. Jujur saya kurang mengetahuinya. Tapi tenang aja, akku udah berselancar ke sana kemari, buka tutup beberapa website untuk mencari tau sejelas-jelasnya di sini. Sekolah kedinasan ini biasanya berkaitan erat dengan pengasuhan narapidana. Didirikan pada tanggal 24 Oktober 1964. Tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan kader-kader pemasyaraktan. Tugas pokoknya adalah melakukan aktivitas pembinaan terhadap pelanggar hukum dan keadilan di negeri ini.

Daftar Ikatan Dinas Yang Dibuka Tahun 2017 – 2018

Seperti tujuan kalian membaca tulisan ini adalah ingin mendapatkan informasi mengenai sekolah iktana dinas gratis yang dibuka tahun 2017 dan 2018. Bersyukurlah karena membaca tulisan di blog keren ini, percaya diri banget yah? Wkwkwkwkkk. Sekali kali muji diri taka pa apalah adek, heheeeeeheheehe.

daftar sekolah ikatan dinasSebenarnya ane belum tahu secara pasti apa saja sekolah kedinasan yang akan dibuka tahun 2017 dan 2018. Akan diketahui secara resmi nanti sekitar bulan februari atau maret. Lah gimana sih, kok nulis artikel yang judul gitu kak? Eiiith jangan salah tangkap dulu. Meskipun demikian, kakak yakin semua PTK yang dibuka tahun lalu dipastikan akan membuka kembali pendaftaran penerimaan mahasiswa barunya. Kakak yakin bisa ngomong begitu? Iyalah, kan setiap tahun banyak sekali aparatur dan abdi negara yang dibutuhkan. Semakin kompleksnya kebutuhan kehidupan berbangsa dan negara pasti banyak kebutuhan akan personil. Belum lagi ditambah dengan jumlah pensiunan tiap tahunnya.

Jadi di sini saya hanya akan mengulas kuliah ikatan dinas gratis yang akan dibuka tahun 2017 – 2018. Mungkin aka nada lagi selain perguruan tinggi yang saya sebutkan di bawah ini. Untuk perguruan tinggi ikatan dinas lainnya akan saya tambah di kemudia hari, sementara waktu kalian pegang aja informasi yang aku berikan sekarang yaaa adinda tersayang.

Kuliah Ikatan Dinas Terintegasi Menpan RB

Mungkin istilah pada sub topic di atas sedikit membingungkan bagi anda. Maksudnya adalah proses penerimaan mahasiswa/ taruna barunya harus melewati prosedur registrasi pada website Kemeterian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Pada tahap awal harus mendaftarkan diri pada halaman resmi panitia yang dibentuk oleh lembaga tinggi negara tersebut.

Pendaftaran sekolah kuliah ikatan dinas 2017-2018 memiliki beberapa keuntungan dan kekurangan. Namun bila kita lihat dengan seksama kedua hal tersebut, lebih untung dari kerugian yang timbul. Lalu apa saja kelebihan dan kelemahannya? Pasti akan saya uraikan secara jelas, di sini memang saya membahas segala sesuatu tentang lembaga pendidikan berplat merah tersebut. Sebenarnya saya pada dua setahun yang lalu pernah membahasnya. Namun artikel topik tersebut masih tergabung dengan uraian mengenai pendaftaran STAN 2016.

Keuntungan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Melalaui Menpan-RB

Penggabungan sistem penerimaan mahasiswa atau taruna baru baru sekolah ikatan dinas tentunya memiliki tujuan dan maksud tertentu. Selain untuk merapikan administrasi, tujuan lainnya adalah lebih terarah serta terstruktur. Di samping itu juga, masih banyak keuntungan. Secara lengkat keuntungan yang bisa dirasakan, antara lain:

  1. Pemerataan kesempatan kuliah sekolah ikatan dinas

Sering kali terjadi, beberapa atau sekelompok anak yang dilahirkan dengan bakat yang tinggi dalam hal kemampuan akademik selalu memonopoli kelulusan pada berbagai perguruan tinggi. Bukan hanya pada PTN dengan jurusan yang favorit, namun pada PTK juga mereka bisa menguasainya. Lalu letak permasalahannya dimana?

Ya pasti punya masaah dong. Misalnya saja bila tidak teregulasi dengan benar oleh Menpan-RB, ada anak yang mendaftarkan diri pada lebih dari satu sekolah ikatan dinas. Bila tes dan proses seleksi dilaksanakan pada waktu yang berdekatan, ada kemungkinan dia bisa lulus lebih dari institusi pendikan tersebut. Sangat tidak mungkin bila dia mengambil sekaligus atau lebih PTK tersebut.

Misalnya dia mendaftar di A , B, dan C. Dia tertarik pada PTK A, tentu dua yg lainnya tikda diambil. Padahal sudah dinyatakan lulus, bahkan megambil kuota penerimaan mahasiswa baru. Pendaftar lainnya yang nyaris lulus dinyatakan gugur. Tentu kondisi tersebut sangat mubazir, bahkan bisa dikatakan mengambil kesempatan orang secara serakah, tapi gak jadi diambil pula.

Saya rasa pemisalan di atas sangat tidak adil. Kesempatan orang lain untuk lulus jika dia tidak ikut mendaftar disia siakan begitu saja. Lalu selanjutnya dia tinggal memilih pilihan dengan seenaknya saja berdasarkan tingkat favorit serta kecerahan karir di masa depan setelah lulus menyelesaikan pendidikannya.

  1. Penyeragaman sistem penerimaan pegawai negeri sipil

Mungkin banyak diantara pembaca sekalian mengetahui bahwa sistem penerimaan CPNS sekarang harus melalu regulasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Berdasarkan pengalaman beberapa tahun terakhir dinilai cukup memberikan peran yang besar dalam kerapihan proses seleksinya. Selain itu juga, tingkat transparansi perekrutan calon abdi negara melali prosedur tersebut terjamin tinggi.

Saya semua orang hampir pernah mendengar mengenai banyaknya kasus manupulasi dalam penerimaan pegawai negeri baru. Saat dulu tes penerimaan dilakukan per daerah meskipun serentak di seluruh Indonesia. Sering kali saya dengar mengenai tindakan kecurangan dalam proses penerimaan CPNS di lakukan oleh oknum-oknum di daerah. Entah itu dilakukan melalui praktek suap menyuap, maupun melibatkan hubungan kekerabatan atau kolega kerja dan bisnis.

Biasanya praktek tersebut dilakukan oleh pihak yang memiliki kedudukan atau jabatan di pemerintahan daerah. Tanpa saya sebutkan secara khusus jabatannya, mereka biasanya dengan seenak hati menentukan siapa yang lulus dengan menghiraukan hasil tes murni peserta seleksi. Akan tetapi, harus diketahui pula, tidak semua pejabat daerah melakukan hal tersebut. Meskipun jumlhanya relative sedikit, ada juga mereka yang memegang jabatan memegang teguh nilai-nilai kejujuran.

Masalah suap dan sogok pada saat penerimaan calon pegawai negeri baru, sudah sering kali terjadi. Maka oleh sebab itu, proses penerimaannya dilakukan secara terpusat dan dikelola oleh Menpa RB. Proses penerimaan dilakukan secara jujur, terbuka, adil dan bersifat akuntabel. Tindakan kecurangan yang kerap kali dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab dapat dihanguskan di muka bumi Indonesia tercinta ini.

Berdasarkan alasan tersebut, lulusan sekolah tinggi kedinasan yang biasanya diangkat menjadi CPNS, maka langkah-langkah pendaftaran serta registrasinya harus melalui kementerian yang mengurus abdi negara. Semua kegiatan penerimaan bisa dijamin kemurniannya. Merupakan sebuah informasi gembira bagi mereka yang mengharapkan semua tahapan tesnya dilakukan secara bersih dan jujur.

Nah seperti itulah kelebihan dan keuntungan yang saya maksud. Mungkin ada poin lainnya, tapi bila dilihat, manfaat yang paling dirasakan adalah kedua hal tersebut di atas. Selanjutnya dibahas juga kebalikanya seperti berikut ini.

Kekurangan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Melalui Menpan RB

Tidak ada sesuatu yang sempurna, karena sejatinya kesempurnaan hanyalah milik Allah maha besar semata. Sama halnya dengan topic yang sedang saya bahas sekarang. Kelebihannya telah saya uraikan di bagian sebelum ini, selanjutnya bagaimana halnya dengan kelemahannya. Beberapa kelemahan yang mungkin timbul, seperti:

  1. Masalah pemerataan kualitas sumber daya manusia

Dikarenakan harus pilih salah satu PTK yang membuka pendaftaram, tentu anak yang percaya diri akan kemampuan diri dan akademiknya tinggi dipastikan memilih institusi yang paling bergenggsi. Tanpa ada maksud mendiskreditkan PTK tertentu, salah satu sekolah ikatan dinas favorit adalah sekolah tinggi akutansi negara. Seperti tahun lalu, terdapat tujuh institusi pendidikan negeri di bawah kementerian, yang paling favorit adalah STAN. Tentu di antara semua pendaftar, yang memiliki potensi besar adalah pemilih STAN. Namun perlu anda ketahui hal tersebut hanyalah opini pribadi sy.

  1. Sistem pendaftaran yang rempong

Anak muda pastinya mengerti kalau saya gunakan istilah rempong. Iya benar sekali, sangat repot. Proses pendaftaran yang mewajibkan harus mendaftar terlebih dahulu di halaman khusus Menpan RB tentu jauh lebih merepotkan bila dibandingkan dengan cara yang sebelumnya bisa dilakukan secara langsung. Namun bila anda kamu termasuk orang yang taat akan aturan, tentu tidak akan merasa demikian. Orang yang patuh pada aturan, akan tetap menjalankan sepenuh hatinya tanpa ada rasa paksaan sedikit pun.

Nah seperti itulah penjelasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan integrasi pendaftaran sekolah ikatan dinas melalui Menpa RB. Seperti ane katakana sebelumnya, bahwa segala sesuatu pasti kebaikan dan kekurangan. Kedua hal tersebut tentu sudah menjadi satu paket. Tidak dapat pilih dan tolak seenaknya begitu saja. So bila ingin ikut ya harus lebih legowo dan berbesar hati yah.

Tips Lulus Masuk Sekolah Ikatan Dinas atau Kedinasan

Meskipun tidak ada di judul mengenai topik yang satu ini, tidak salah dong abdi berikan sedikit tips dan strtegi agar bisa lulus masuk kuliah di sekolah ikatan dinas gratis. Mengapa ditambahin dengan topik yang ini? Karena aye yakin elo semuanya pada pengen masuk kan? Hehehe, okelah tipsnya seperti di bawah ini:

  1. Terus cari informasi jadwal pendaftaran sekolah kedinasan, jangan sampai gagal hanya karena ketinggalan informasi.
  2. Ikuti semua prosedur pendaftaran seperti yang diintruksikan. Jangan sampe melakukan kesalahan baik sepele maupun masalah besar.
  3. Persiapkan diri. Semua ikatan dinas dalam penerimaan mahasiswa/taruna barunya biasanya terdiri dari tes tertulis, fisik, psikotes dan wawancara. Jadi kalian semua harus benar-benar melakukan persiapan, baik dari sisi kemampuan akademik, kesehatan fisik, serta mental.
  4. Jangan lupa untuk selalu berdo’a agar semua usaha yang telah ditempuh membuhkan hasil yang memuaskan serta bisa meraih impian besar kamu.

Berakhirnya pembahasan tersebut juga sebagai akhir dari tulisanku yang berjudul daftar sekolah kuliah ikatan dinas gratis tahun 2017 dan 2018. Semoga artikel yang sederhana ini bisa memberikan arahan bagi klian semua dalam memilih lanjutan studinya. Semoga sukses selalu, God Luck yah.

 

Penulis: Herniawan.com

Pembahasan soal STAN berisi video pembahasan lengkap yang mudah dipelajari dan membantu calon peserta tes STAN agar mudah mengerjakan soal saat Tes USM STAN. Untuk mendapatkan pembahasan lengkap kunjungi www.KafePelajar.com