Download Pembahasan Soal TKD STAN

iklan kape

(Baca sampai selesai agar mendapatkan soalnya). Bagi pembaca sekalian yang baru saja mendaftarkan sebagai peserta USM PKN STAN perlu diketahui bahwa angkatan kalian tahun ini menggunakan sistem sedikit berbeda dibandingkan sebelumnya. Barangkali atas dasar hal tersebut kalian mencari artikel berkaitan dengan download pembahasan soal TKD STAN. Perbedaannya apa? Perbedaannya adalah mekanismenya terintegrasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan RB RI).

soal tkd stan 2016Pada dasarnya bukannya hanya Sekolah Tinggi Akutansi Negara yang berada dibawah payung Kemenkeu saja saja, namun masih ada sekitar enam insitusi pendidikan ikatan dinas ikut di dalamnya. Masing-masing PTN tersebut berada naungan kementerian yang berbeda beda. Penggabungan proses penerimaan calon mahasiswa tersebut merupakan salah satu terobosan pemerintah dalam menertibkan pelaksanaan pendidika kedinasan di negeri tercinta ini.

Sebenarnya tidak sepenuhnya diambil alih oleh Menpan RB namun hanya pada tahap pemilihan perguruan tinggi yang diinginkan oleh pelamar. Untuk tahap selanjutnya seperti masalah teknis penyelenggaraan operasional pendidikan sepenuhnya diserahkan kepada tiap lembaga . Hal itu disebabkan masing-masing instansi memiliki prosedur tersendiri sehingga tidak bisa seratus persen diberlakukan secara umum.

Namun dari kesemua lembaga tersebut, semua calon mahasiswanya tetap melewatkan sebuah ujian yang menjadi standar penerimaan pegawai yang telah ditetapkan oleh Badan Kepegawain Nasional. Ujian tersebut sering kali dikenal dengan tes kemampuan dasar (TKD).  Biasanya tes soal TKD diperlakukan untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS). Nah dikarenakan lulusan STAN nanti otomatis menjadi CPNS maka di awal masa pendidikannya harus dilakukan TKD.

Sebenarnya saat sekarang serta beberapa tahun kebelakang, lulusan STAN sebenarnya diwajibkan untuk mengikuti tes TKD saat masa studinya berakhir. Hal tersebut merupakan salah satu criteria bagi alumni kampus tersebut untuk menjadi CPNS di lingkungan kemenkeu. Ada syarat minimal skor yang wajib dicapai dari hasil pengujian. Menurut ane sih, hamper semuanya lulus karena mahasiswanya kan pintar-pintar. Barangkali hanya beberapa orang saja tidak lulus, mungkin disebabkan oleh faktor bukan karena ketidakmampuannya secara akademik. Biasanya bagi yang tidak lulus akan diikutkan tahun berikutnya dan akan memiliki peluang besar untuk lolos.

Nah berdasarkan hal tersebut, ane berpikir nanti saat setelah lulusnya, wisudawan yang masukknya tahun 2016 tidak akan mengikuti TKD lagi. Tentu alasannya dikarenakan awal masuknya sudah pernah melewati TKD saat akan maasuk ke kampus ikatan dinas terbaik tersebuut. Tapi yang ane pikirkan tersebut belum tentu benar yak karena hanya analisis serta opini aku aja kook.

Bagi mereka yang sudah berumur dan mengikuti tes penerimaan CPNS, TKD bukanlah ha lasing mereka. Barangkali mereka juga memiliki buku khusus untuk TKD. Tupe dan macan solanya pun mungkin sangat dihafal dalam ingatannya. Nah oleh karena itu bisa kalian jadikan sebagai mentor. Tapi kalo orangnya oke dalam hal intelektualitasnya. Kan tidak semua senior lebih jago dari juniornya. Benar kan?

Soal Tes Kemampuan Dasar (TKD) STAN 2016

Soal TKD STAN baru akan ada setelah ujian seleksi masuk sekolah tinggi akutansi tahun 2016 dilakukan nanti tanggal 25 mei. Karena pertama kalinya diadakan periode sekarang. 2015 lalu hanya tes biasa yang soalnya tidak berbeda jauh tipenya dibandingkan periode yang sebelumnya. Akan tepai meskipun baru pertama kalinya tidak berarti ente patah arang hilang semangat mencarinya. Atau malah tidak berkeinginan sama sekali memperlajarinya. Itu salah besar mas broo.

TKD adalah ujian standar penerimaan calon pegawai serta aparatur Negara yang diadakan oleh Badan Kepegawaian Nasional Indonesia. Bila kita ngomongin standar sejatinya telah ada tolak ukur serta parameternya. Tidak sembarangan dibuat begitu saja. Sudah ada tim khusus pada lembaga ataupun istansi bersangkutan guna mengurusnya. So ente semua enggak boleh menyepelekannya ya!!

Baik kita lihat dan fokus kembali pada judulnya yaitu soal TKD STAN 2016. Sebenarnya ane disini sama sekali bukan memberikan soal yang akan keluar nantinya. Selain aku gak akan melakukan hal tersebut, memang gue gak mengetahui soalnya nanti seperti apa jelasnya. Disini aye hanya memberikan kisi kisinya saja. Melalui prediksi tersebut, bisa dipelajari agar antum bisa mengetahui seperti apa sih tipe soalnya.

Sebelum memberikan prediksi soal TKD STAN 2016, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu bagian bagiannya. Secara umum terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu:

  1. Soal tes wawasan kebangsaan TKD STAN

Tes wawasan kebangsaan atau sering disingkat dengan TKW merupakan salah satu bagian pertama dari TKD STAN. Bagian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar wawasan calon mahasiswa PKN-STAN terkait kehidupan bangsa ini seperti topik pancasila, UUD 1945, perundang undangan, sistem pemerintahan serta berbagai hal berkaitan dengan bangsa ini. Termasuk juga didalam pengetahuan mengenail sejarah bangsa.

  1. Tes Intelegensia Umum TKD PKN STAN 2016

Nah yang ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan kognitif seorang calon mahasiswa STAN. Hasilnya bisa dipastikan tergantung pada kemampuan akademik tiap orangnya. Seseorang yang memiliki daya analisa, logika, serta penalaran yang bagus tidak akan kesulitan menjawabnya. Sebagian besar ada bentuknya hitungan , sebagian lagi berhubungan dgn logikaa matematika. Dipastikan bagi mereka penyuka bidang eksakta tak akan menemui kesulitan.

  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) TKD STAN 2016

TKP adalah bagian ketiga alias terakhir dati TKD STAN 2016. TKP dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sifat, karakter, serta kepribadian calon mahasiswanya. Tentu negeri tidak ingin memiliki calon abdinya yang tidak ramah serta memiliki erange yang jelek. Begitu pula halnya dengan kampus bidang akutasnsi meiliki Negara engga ingin mahasiswa ataupun lulusannya nanti bermoral bejat ataupun kurang bagus. Sebab nantinya akan menjadi pengurus serta penerus bangsa yang bisa terus berkarya demu kemajuan bangsa.

Seperti demikian kemungkinan komposisi soal TKD STAN 2016 nanti. Sebenarnya lebih simpelnya mirip dengan soal-soal seleksi calon pegawai negeri sipil yang dilakukan dengan sistem computer assisted test (CAT). Yah namanya juga ikatan dinas, otomatis setelah lulus jadi CPNS juga sehingga bisa diprediksi tingkat soalnya barangkali lebih kurangnya akan sama.

Pastii diantara kalian pembaca setia tulisanku penasaran seperti apa sih bentuk dan tampilannya? Pasti penasaran kan? Oke deh ane berikan makanya terus baca dengan pelan-pelan setiap kata dan kalimatnya. Di sub-judul di bawah, bisa ente dapatin kok contohnya. Terus disimak serta dibaca dgn serius.

Contoh Soal TKD STAN 2016

Akhirnya sampai juga pada bagian inti dari isi artikel. Iya memang tujuannya tidak lain adalah ingin membagikan contoh serta latihan prediksi soal berpeluang masuk. Akan tetapi perlu gw jelaskan terlebih dahulu, bahwa soal ini bukan soal asli yang akan keluar nanti pas USM STAN 2016.Murni hanya sebagai sampelnya agar adek adik semuanya memiliki gambaran seperti apa sih soalnyaa?

Kakak akan berikan contoh ketiga bagian soal TKD STAN 2016. Hanya sebagai contohnya aja bukan soal ali yang akan keluar secara pasti. Masing-masing tiap bagiannya akan diberikan lima contoh baik TWK, TIU, maupun TKP.

Contoh soal TWK TKD STAN

Dalam hirarki perundang undangan, peraturan daerah (perdaa) berada di urutan terkahir. Siapakah yang membuat perda?

A. Gubernur

B. DPR

C. DPR dan DPRD

D. DPRD dan Gubernur

E. DPRD

Gotong royongn serta senantiasa menjaga kerukunan hidup dalam masyarakat merupakan perwujudan pengalaman pancasila yang mengandung nilai….

A. Praktis

B. Dasar

C. Instrumental

D. Efisien

E. Dinamis

Adanya kerja sama antara Negara-negara Asia dan Afrika dianggap penting untuk memperkuat usaha terciptanya perdamaian dunia sehingga dibentuklah Konferensi Asia Afrika (KAA). Negara yang memprakarsainya adalah….

A. Myanmar

B. Srilanka

C. Indonesia

D. India

E. Pakistan

Peranan PBB bagi Indonesia setelah merdeka sangat besar, yaitu membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi antara Indonesia dan Belanda. Berikut ini yang termasuk peranan tersebut adalah ……

A. Memberikan perwakilannya saat terjadi Pepera di Irian Barat

B. Digulirkannya siding umum guna membahas agresi militer I

C. Membentuk komisi tiga Negara

D. Pembentukan UNCI saat agresi militer II

E. Pengiriman pasukan garuda II

Salah satu manfaat adanya perdagangan internasional adalah mendorong kegiatan ekonomi dalam negeri. Hal tersebut dimaksudkan agar ………

A.Berkembangnya kualitas penduduk

B. Dengan terbukanya perdagangan internsional maka pengusaha /pemilik usaha dalam negeri akan meningkatkan produksinya

C. Barang-barang dari luar negeri lebih beragam masuk ke Indonesia

D. Banyaknya pegawai dalam suatu usaha membuat pengusaha untuk lebih banyak mengeluarkan anggarannya

E. Pengeluaran produsen menjadi lebih besar karena permintaan bertambah banyak

Contoh Soal TIU TKD PKN STAN

FRONTAL = …….

A. Congkak

B. Berlawanan

C. Tinggi

D. Terbuka

E. Tinggi

SNOBIS >< ……….

A. Takabur

B. Uju

C. Rendah hati

D. Bongak

E. Ria

Pada sebuah ujian penerimaan mahasiswa baru PKN STAN 2016, setiap orang mengikuti tes TKD dan TKB. Syarat kelulusannya adalah bisa lulus keduanya. Sebanyak dua ratus lima puluh enam peserta lulus TKD dan sebanyak 182 lulus TKB. Bila banyak siswa yang lulus adalah 124, maka banyak mahasiswa STAN adalah ….. orang

A. 306

B. 190

C. 314

D. 438

E. 198

Urutan lima huruf C, E, G, I, K. dua huruf selanjutnya yang paling tepat adalah ……

A. N, P

B. L, P

C. L, N

D. M, O

E. N, P

Beberapa benda yang memuai adalah logam.

Semua logam adalah benda padat.

A. Benda yang memuai adalah logam

B. Beberapa benda padat dapat memuai

C. Benda padat dapat memuai

D. Yang bukan logam tidak memuai

E. Hanya logam yang memuai merupakan benda padat

Contoh soal TKP TKD STAN 2016

Sahabat saya tidak menyukai hadiah yang saya berikan kepadanya. Saya akan merasa ……

A. Biasa saja

B. Sedih

C. Malu

D. Kecewa

E. Marah

Seorang bawahan terlalu banyak bertanya kepada saya. Menurut saya hal tersebut ……..

A.Ia orang yang sangat berhati-hati dan tak ingin membuat kesalahan

B. Dapat dimaklumi karena ia baru di pekerjaannya

C. Ia orang yang kurang kreatif

D. Ia membutuhkan bimbingan saya

E. Ia hanya ingin mencari muka

Ketika dalam perjalann menuju kantor, tiba-tiba kendaraan umum yang saya tumpangi mogok. Yang akan saya lakukan adalah …..

A. Berusaha secepatnya ke kantor agar tidak terlambat

B. Mengabari teman di kantor dan menyampaikan bahwa sy akan terlambat

C. Meminta teman kantor untuk menjemput

D. Berusaha mencari kendaraan lain untuk ke kantor

E. Menunggu kendaraan tersebut sampai selesai diperbaiki

Teman seruangan saya mendapatkan promosi jabatan. Padahal kinerjanya tidak lebih dari sy. Maka sya akan ……

A.Bekerja asal asalan karena tidak suka dengan kebijakan atasan

B. Berpikir curiga hubungan kedepatan teman dengan ataasan

C. Bekerja lebih giat agar dipandang layak mendapatkan promosi

D. Memprotes kepada atasan yang memberikan promosi itu

E.Bekerja seperti biasanya

Download Soal Dan Pembahasan TKD PKN STAN

Beberapa soal contoh di atas hanya sebagian kecil prediksi TKD STAN 2016. Kalau anda ingin mendapat full verionnya bisa download langsung dengan mengklik tautan ane berikan di bawah ini. Terdiri dari dua paket yang masing-masing terdiri dari TKW, TIU dan TPK. Tiap paketnya ada seratus nomor sehingga totalnya terdapat 200 sooal.

Formatnya berekstensi pdf karena bentuk dokumen yang paling fleksibel dibuka di platform manapun. Bisa dibuka di PC, laptop, tablet serta smarthone. Kalau aku saranin, pelajari saja dengan serius kisi tersebut agar bisa menambah kesiapan kamu dalam menghadapi USM PKN STAN saat hari H nanti. Untuk downloadnya mengarahkan mouse pada gambar berikut lalu menekannya atau sering kita sebut dengan klik saja. File soalnya tersebut tersimpan (storage) pada aplikasi penyimpanan google yakni fitur drivenya.

download-tkd-stan-2016

Pembahasan Soal TKD PKN STAN

Setelah mendapatkannya melalui link download yang diberikan, pasti kalian juga butuh pembahasannya. Namanya juga soal latihan perlu jawabn agar bisa meperlancar belajarnya kalian. Alangkah bagusnya bila soal full yang ada di tangan kalian dipelajari secara serius pembahasannya. Nah gimana mau belajar kak, penyelesaiannya saja tidak ada.

pembahasan-tkd-stanSebenarnya ada kok. Untuk pembahasan lengkap soal TKD yang telah didownload dari link di atas dapat kalian dapatkan di sebuah sistus yang memang khusus disediakan untuk mereka berkeinginan kuat mempersiapkan diri mengikuti USM PKN STAN. Kaulitasnya sangat oke banget deh. Jamin kalau kalian menggunakannya pasti pada bila “woooo” keren amaat yaaah!!! Owalah kak langsung ngasi aja napa sih alamat situnya? Mau tau nih? Alamatnya adalah www.KafePelajar.com. Tuh sudah diberikan informasinya.  Tapi perlu diketahui bahwa web tersebut tidak gratis loh. Mungkin hanya video demonya saja yang bisa diakses secara bebas oleh semua orang. Namun untuk video lainnya hanya bisa diakases bila telah menjadi premium member.

Sebelum mengakhiri tulisan ini, ane perlu mengingatkan bahwa soal tersebut bukan soal bocoran atau hasil kecurangan terhadap naskahnya nanti. Melainkan semata mata hanyalah prediksi latihan. Akan tetapi soalny tersebut tidak asal dibuat loh, setiap pertanyaannya sudah diramu sesuai dengan kebutuhan calon mahasiswa STAN 2016