Download Pembahasan Soal UN Biologi SMA 2016 Asli

iklan kape

Sebaiknya dibaca sampai selesai karena link download soal ada di tengah bacaan ini yang ditandai dgn kata berwarna merah. Setelah sekian lama menunda nunda posting, akhirnya ane bisa juga menuliskan artikel ini berjudul download pembahasan soal un biologi SMA 2016. Tapi jangan salah artikan maksud sy bukan hanya sekedar judul belaka, namun memang akan memberikan sesuai dgn apa yang telah tertulis di judulnya.

Bila adek adiik membutuhkan pembahasan soal UN Biologi SMA 2016, kakak sarankan untuk terus membaca tulisan ne sampai ujung biar terbaca semua. Jadi di sini gw akan membagikan soalnya terlebih dahulu yang bisa kalian download melalui tautan yang diberikan di bawah.

Selain itu soall dapat dilihat pada bacaan ini. Namun nanti kalian unduh merupakan naskah aslinya, sedangkan yang tertulis di sini sudah diedit. Kenapa soal UN Biologi 2016 diedit terlebih dahulu? Tujuan utamanya adalah agar terlihat natural dan bukan hasil kopi paste. Enggak enak keles kalo nulis konten web kok pake kopas dari sumber lain.

Kalau hanya menyadur tidak menjadi masalah. Tapi kalau menjiplak secara keseluruhan tidak etis secara moral serta melanggar etika publikasi media elektronik. Tapi jangan khawatir, meskipun telah mengalami tahap pengeditan, secara subtansial maksud dari setiap kalimat soalnya sama.

Download Soal UN Biologi SMA 2016 Asli

Sebelum kita berbicara mengenai pembahasan soal biologi un sma 2016, tentu kita harus lihat dulu bentuk soalnya seperti apa. Karena metode pembahasan atau pun cara menjawabnya tentu sangat dipengaruhi oleh soalnyaa.

Untuk mempersingkat tulisan, langsung aja kalian download soal sesuai naskah asli UN Biologi yang diujikan kemarin dgn cara mengklik tulisan yang berwarna merah berikut.

Klik Download Soal UN Biologi 2016 Naskah Asli

Nah soal yang baru aja kalian download di atas adalah versi aslinya. Artinya diperoleh dan diupload ke internet tanpa melalui tahap perubahasan sedikitpun. Hanya aja dipindai serta diberikan sedikit bookmark pada bagian header dan footernya. Nah untuk selanjutnya akan aku berikan sekilas ringkasan mengenai materi soal UN Biologi SMA 2016 kemarin yang keluar.[irp posts=”1305″ name=”Download Pembahasan Soal UN SMA 2016 Semua Pelajaran”]

Materi UN Biologi SMA 2016

Beberapa bagian materi biologi yang keluar pada soalnya kemarin, meliputi:

  1. Keanekaragaman hayati dan ekologi
  2. Struktur dan fungsi makhluk hidup
  3. Biomolekuler dan bioteknologi
  4. Genetika dan evolusi

Soal UN Biologi SMA 2016: Keanekaragaman Hayati dan Ekologi

Pada bagian materi pertama ini, tujuannya adalah pelajar memahami dan menguasai komptensi dasar seperti ciri-ciri makhluk hidup dan peran dalam kehidupan, mengenal semua jenis keragaman hayati baik dari gen, jenis serta ekosistemmnya. Pemahaman tersebut diharapkan dapat diaplikasikan pada identifikasi saat melakukan penentuan dasar pengelompokan, perubahan lingkungan serta daur biogekimia.

UN Biologi SMA 2016: Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup

Beberapa hal yang harus dipahami dan kuasai meliputi: struktur dan fungsi pada tumbuhan tinggi, manusia serta hewan vertebrata, bagian-bagian sistem organ manusia beserta fungsinya masing masiing, yg terakhir adalah gangguan sering terjadi pada sistem tubuh manusia. Soal UN Biologi 2016 SMA untuk kompetensi kedua memiliki level kognitif harus diaplikasikan.

Bentuk pengaplikasian pengetahuan dan pemahaman pada mekanisme kerja sistem organ beserta berbagai jenis gangguan (penyakit) yang sering terjadi. Kita semuanya tentunya sudah mengetahui bahwa dalam kehidupan sehari hari tentu ada penyakit serta kendala menyangkut aktivitas yang terjadi pada tubuh.

Soal Biologi UN SMA 2016: Biomolekuler dan Bioteknologi

Pada kompetensi ketiga soal UN SMA 2016 ini, siswa diharapkan mampu memahami dan menguasai struktur fungsi sel, susunan RNA, DNA, dan kromosom. Selain itu pula terdapat metabolism sel dan bioteknologi. Pada prakteknya dapat mengaplikasikannya melalui tingkat pemahaman yang tinggi tentang transport membrane, memahami proses reproduksi sel, mengetahui cara kerja enzim pada mekanisme reaksi katabolisme dan anabolisme, sintesi protein, serta semua dampaknya pada biteknologi.

Genetika dan Evolusi

Pada genetika dan evolusi termasuk di dalamnya juga hereditas dan penurunan sifat makhluk hidup. Sebagai kompetensi dasar dengan pengetahuan serta pemahaman diharapkan siswa memiliki pemahaman dan penguasaan terhadap hukum serta teori mendel, asal usul kehidupan, serta beberapa teori penting mengenai evolusii. Pada tataran aplikasi pengetahuannya, mampu memahami peyimpangan hukum Mendeel, hereditas pada manusia, pembentukan gamet, serta bukti buktii terjadinya evolusii.

Pembahasan Soal UN Biologi SMA 2016 Lengkap

Saat masuk pada bagian yang ditunggu tunggu yaitu pembahasan soal UN Biologi SMA 2016 lengkap semua soalnya. Setiap nomornya akan dibahas secara jelas. Namun tiap pembahasannya diberikan dulu teks pertanyaan sesuai dengan soal yang keluar. Oh ya sebaiknya kalian sudah download terlebih sooal naskah aslinya pada tautan yang ane berikan di atas. Selamat menyimak, pelajari dgn serius agar memberikan pemahaman sehingga kalian semakin yakin dan percaya diri menghadapi ujian nasional.

Pembahasan soal UN Biologi 2016 No 1

Terdapat beberapa ciri -cirii ekosistem seperti:

  • Didominasi oleh vegetasi lumut kerak, lumuut, dan semak semaak pendek
  • Hampir keseluruhan wilayahnya tertutup oleh salju atau es
  • Umur tanaman relatif tidak panjang
  • Curah hujan sangat rendah

Karakteriti disebut di atas merupakan ciri ciiri dari …..

  1. Tundra
  2. Taiga
  3. Hutan hujan tropis
  4. Hutan gugur
  5. Savana

Bioma merupakan kumpulan ekosistem yang meliputi suatu wilayah yang sangat luas dan memiliki iklim khas. Terdapat beberapa jenis bioma, yaitu hutan hujan tropis, taiga, tundra, hutaan gugur, savana, dan gurun. Berikut ini adalah ciri pokok masing-masing bioma.

  1. Bioma hutan hujan tropis : vegetasi tumbuhan bervariasi, jumlah curah hujan relatif tinggi, tumbuhan membentuk kanopi yang besar.
  2. Bioma hutan gugur: memiliki iklim sedang, tumbuh pohon berukuran lebar, warna daunnya hijau pada musim semi namun akan rontok pada musim gugur, memiliki empat musim saling berganti secara berurutan.
  3. Bioma savanna: berupa padang rumput yang luas diselingi semak dan pohon dengan jarak yang renggag.
  4. Bioma taiga: durasi musim dingin yang lebih lama, ketika musim kemarau akan terasa sangat panas dan singkat, dihidupi oleh vegetasi jenis tumbuhan pinus dan konifer, air tanah akan berubah menjadi es ketika terjadi musim dingin.
  5. Bioma tundra: letaknya di kutub utara dan selatan, karena kondisi yang relative lemban sehingga vegetasinya didominasi oleh lumut, hampir semua wilayahnya tertutup oleh es dan salju, umur hidup tanaman sangat pendek.
  6. Bioma gurun: curah hujannya relatif sangat rendah, terdapat padang pasir yang luas pada bagian daratannnya, vegetasi tumbuhan yg hidup mampu beradaptasi secara khas dalam menghemat air, hewannya hampir semuanya aktif dimalam hari guna menghindari panas.

Menurut ciri-ciri yang disebutkan pada soal, kumpulan ekosistem yang dimaksud adalah tundra. (A)

Pembahasan Soal Biologi UN 2016 SMA No 3

Diinformasikan ciri-ciri jamur seperti di bawah ini:

Bereproduksi secara seksual dan aseksual

  1. Memiliki hifa yang tidak bersekat
  2. Berperan dalam prosedur pembuatan tempe

Ketiga karakteristik yang disebut di atas dapat dikelompokkan menjadi division ….

  1. Ascomycota
  2. Zygomycota
  3. Deuteromycota
  4. Oomycota
  5. Basidiomycota

Ciri ciirii jamur seperti hifa tidak bersekat, umumnya dimanfaatkan pada proses pembuatan tempe, cara reproduksi dilakukan secara seksual sekaligus aseksual merupakan karakteristik dari Rhizopus sp.  Jamur dari genus Rhizopus yang dapat membantu proses membuat tempe adalah Rhizopus oryzae dan oligosporus dan termasuk kategori divisi Zygomycota. (B)

Pembahasan soal UN Biologi SMA 2016

Meningkatnya kuantitas kendaraan di jalan raya bisa memberikan dampak negatif yg besar seperti meningkatkan kadar gas karbon di atmosfer. Kerugian yang bisa timbul terhadap lingkungan menyebabkan ……….

  1. Intensitas cahaya matahari akan menurun
  2. Suhu udara lingkungan menjadi turun
  3. Kebalikan dari pilihan option B
  4. Mimicu terjadinya hujan asam
  5. Proses fotosintesi pada tumbuhan akan terganggu

Gas buangan utama akibat macet serta meningkatnya jumlah kendaraan di jalan adalah karbon dioksida. Dihasilkan dari proses pembakaran yang sempurna. Namun bila pembakarannya tidak berjalan secara sempurna, maka justru gas karboon monoksida yg dihasilkan. Semakin lama berjalannya waktu, konsentrasi gas CO akan terus meningkat. Akibatnya menyebabkan terbentuknya awan yg sifatnya mirip dengan kaca.

Lapisan kaca yang terbentuk mampu ditempus oleh cahaya diteruskan ke bumi. Selanjutnya bumi memantulkan kembali ke angkasa. Namun panasnya terperangkap di atmosfer bumi. Kondisinya semakin diperparah oleh suhu panas dari perut bumi dilepaskan secara terus menerus ke ruang atmosfer. Suhunya akan terus meningkat dari hari ke harii. Kondisi tersebut merupakan gejala efek rumah kaca yang berimplikasi pada suhu udara meningkat atau pemanasan global. (C).

Download Pembahasan Soal UN Biologi 2016 No 7 – 15

Soal No 7

Limbah organi yang membusuk di dalam perairan memacu produksi fosfor dan masuknya NO3 yg terbawa air hujan dari residu aktivitas pertanian seperti pemupukan dapat menimbulkan dampak langsung yaitu ……

  1. Kadar gas oksigen di wilayah perairan menurun
  2. Terjadi lonjakan pertumbuhan tanaman berlebihan
  3. Tanaman air mengalami gangguan pertumbuhannya
  4. Permukaan air tidak dapat dimasuki oleh cahaya matahari
  5. Jumlah hewan air terus meningkat

Pembusukan limbah organik di perairan membutuhkan banyak oksigen, sehingga kadar oksigen semakin menurun. Dari pembusukan tersebut dihasilkan senyawa fosfor anorganik. Adanya NO3 yang terbawa air hujan dari sisa pupuk pertanian menjadikan perairan mengandung nutrisi yang tinggi. Keadaan ini menyebabkan tumbuhan air dapat tumbuh dan berkembang sangat baik. Tumbuhan air termasuk alga akan mengalami ledakan populasi. Peristiwa demikian ini disebut eutrofikasi.

Soal UN Biologi 2016 No 8

soal biologi 2016 nomor 8Diberiikan gambar mengenai skema daur karbon seperti yang terlihat berikut ini.

Setelah melihat gambar secara seksama, maka proses ditandai huruf X dan Y secara berturut turut adalah …..

  1. Evaporasi, pembakaran
  2. Penguapan, dekomposisi
  3. Transpirasi, pembakaran
  4. Respirasi, penguraian
  5. Fotosintesis, penguraian

Setelah kita menyaksikan diagramnya secara jeli, terlihat pada bagan bahwa huruf x menunjukkan pemanfaatan senyawa karbon oleh tumbuhan. Penggunaan karbon oleh tumbuhan dlm bentuk karbon dioksida merupakan proses fotosintesis.

Bagaimana dngan huruf Y?  Huruf Y pada bagan memperlihatkan mekanisme penguraian karbon organik yg menjadi karbon anorganik. Sehingga secar berurutan X dan Y menunjukkan proses fotosintesis dan penguraian. (E).

Soal UN Biologi No 9 2016 UN SMA

Ilmu biologi memiliki beberapa cabang. Setiap cabangnya dapat memberikan pengetahuan yang memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan. Pemanfaatan cabang anatomi, taksonomi dan fisiologi tumbuhan digunakan untuk mengembangkan ……….

  1. Berperan dalam penelitian vaksin dan antibiotic tumbuhan
  2. Mambantu mengidentifikasi jenis jeniis penyakit pada manusia
  3. Identifikasi berbagai jenis mikroba penyebab terjadinya beragam penyakit
  4. Dimanfaatkan pada industri jamu sebagai alternative obat obatan alami (herbal)
  5. Memiliki nilai gizi tinggi sehingga dapat difungsikan sebagai bahan pangan

Anatomi merupakan salah satu cabang biologi menfokuskan bidangnya pada struktur dalam dari suatu jaringan atau organ makhluk hidup termasuk tumbuhan. Taksonomi adalah bidang khusus untk mengkaji klasifikasi serta penggolongan makhluk hidup berdasarkan kedekatan atau kemiripan karakteristik tubuhnya. Fisiologi tumbuhan mempelajari semua proses serta meknisme kerja organ pada tumbuhan. Berdasarkan definisi tersebut, kita bisa berkesimpulan bahwa kolaborasi di antara ketiganya sangat cocok untuk mendukung pengembangan industry obat obatan alami (herbal) seperti jamu dan bahan pengobatan alternative lainnya.

Alasannya adalah sebelum ditentukan tumbuhan tertentu menjadi obat tradisional, kita harus tahu mengenai asal muasal atau tergolong jenis tumbuhan apa. Selain itu, kita harus mengetahui bagian dari tumbuhan yang mengandung zat yang kita inginkan sebagai obat. Terakhir kita harus mengetahui mekanisme zat tersebut dihasilkan oleh tumbuhan tersebut. Dengan demikian kita dapat memanfaatkan tumbuhan tersebut tanpa mengancam kepunahannya. (D).

No 12

Dalam menjalankan fungsinya, periode kerja jantung dari akhir kontraksi sampai ahir kntraksi berikutnya terjadi periiode diasatol. Pada kejadian tersebut dapat terjadi bila otot pada serambi jantunganya mengalami …..

  1. Mengembang dan otot bilik jantung menguncup
  2. Keduanya sama samaa menguncup
  3. Mngembang dan menguncup secara bergantian
  4. Mnguncup dan otot biliknya mengembang
  5. Mengembaang serta otot bilik jantung mengembag

Bagi yang menyukai biologi pastinya sudah mengetahui apa itu diastol. Diastol adalah kondisi jantung dimana terjadi pada fase rileks ketika seluruhnya santai dan terjadi aliran balik darah ke bagian bilik atas. Sedangkan atrium dan ventrikel masih berada dalam fase rileksasi. Dengan demikian, pada periode tersebut otot serambi jantung mengembang dan otot bilik jantung mengembang.

un biologi 2016 no 13Nomor 13 UN Biologi 2016. Coba kalian perhatikan gambar jantung dan pembuluh darah di samping! Sebagai organ yang berperan besar pada sistem peeredaran darah, jantung akan memompa serta mengedarkan daraah ke seluruh tubuh. Saat darah disirkulasikan, prosesnya dipengaruhi oleh kondisi pembuluh darah. Seperti saat kia mengendarai kendaraan di jalan raya, kecepatannya dipengaruhi oleh kondisi rute perjalanannya. Semakin sedikit hambatan, perjalanan akan lancar, begitu pula sebaliknya.

Masalah apa yg akan terjadi /timbul pada tubuh seseorang bila pembuluh darahnya mengalami masalah seperti terlihat pada gambar?

  1. Elastisitas otot arteri koronaria menurun, orang akan mengalami mycocardial infraction
  2. Elastisitas otot pembuluh darah berkurang, orang akan menderita aterosklerosis
  3. Sirkulasi darah tdk lancar karna adanya bekuan darah yg disebut embolus
  4. Sirkulasi darah tidak lancar sehingga darah naik, orang akan mengalami hipertensi
  5. Sirkulasi darah pada arteri koronaria lambat yang akan mengakibatkan penyakit jantung koroner

Gambar pada soal memperlihatkan masalah penyumbatan pembuluh arteri koronaria. Penyumbatan ini disebabkan oleh pengendapan lemak atau dapat pula karena pengendapan zat kapur. Apabila hal tersebut terjadi, maka pasokan oksigen dan nutrisi ke organ jantung menjadi berkurang. Kondisi yang demikian disebut dengan jantung koroner.

Soal 14 UN Biologi SMA 2016

Karbohidrat yang terkandung bahan makanan mengalami proses pencernaan secara kimiawi. Proses penguraian tersebut terjadi berkat bantuan enzim amylase yg diproduksi dari glandula saliva. Pada bagian manakah proses tersebut terjadi?

      A. Lambung B. Usus halus C. Usus besar   D. Hati   E. Mulut

Proses penguraian amilum menjadi gula sederhana dibantu oleh enzim amilase. Enzin tersebut dihasilkan oleh glandula saliva (kelenjar ludah) dan pankreas. Sedangkan glandula saliva terdapat dalam rongga mulut yang memiliki tiga kelenjar, yaitu: sublingual, submandibula, dan klenjar parotis. Maka jawaban yang benar adalah mulut (E).

No 15. Kandungan urin terdapat zat-zat yang terlarut dalam darah seperti garam, glukosa, urea, asam amino dan ammonia. Pada proses pembentukan urine, semua zat tersebut mengalir ke dalam ginjal untuk diproses. Dimanakah letak tempat srta proses apa yang pertama kali terjadi saat prosees pembentukannya terjadi?

  1. Filtrasi di tubulus kontortus distal
  2. Filtrasi di tubulus kontortus proksimal
  3. Fltrasi di glomerulus
  4. Reabsorbsipada glomerulus
  5. rabsorbsi di tubuluus kontotuus distal

Terdapat tiga tahap utama proses pembentukan urin, yakni filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi.

  1. Filtrasi, merupakan proses penyaringan darah yang masih mengandung garam, glukosa, protein, asam amino, urea, dan amonia yaang terjadi di glomerulus. Output dari tahap filtrasi ini menghasilkan urine primer.
  2. Reabsorbsi, merupakan proses penyerapan kembali zat yg masih diperlukan oleh tubuh yang terkandung di dalam urine primer dari glomerulus. Proses ini terjadi di dalam tubulus kontortus proksimal. Hasilnya proses reabsorpsi berupa urine sekunder.
  3. Augmentasi, merupakan tahap akhir pembentukan urine. Augmentasi terjadi di dalam tubulus kontortus distal. Pada tahap ini urine sekunder ditambahi zat yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh seperti urea, aminia, sisa obat, dan kreatin. Hasilnya berupa urine sesungguhnya.

Jadi, tahap pembentukan urine yang dimaksudkan pada soal adalah filtrasi yang terjadi di dalam glomerulus.

Download Pembahasan Soal UN Biologi 2016 No 16 – 26

Soal Biologi Nomor 16

Di bawah ini merupakan beberapa reaksi perombakan protein sebelum dieksresikan dari dalam tubuh:

  1. Protein menjadi asam amino dan vitamin E
  2. Asm amino menjadi ammonium + amoniak serta Vit E
  3. Amoniak bereaksi dgn ornitin serta karbon dioksida menhasilkan sitrulin
  4. Sitrulin + amooniak menjadii arginin
  5. Argininbertransformasi menjdi urea dan ornitin

Kelima proses di atas, manakah yg hanya berlangsung dlm hati?

  1. 1 dan 2
  2. 2 dan 3
  3. 2 dan 4
  4. 2 dan 5
  5. 3 dan 5

Siklus tahap pembentukan urea terjadi di dalam hati  meliputi:

1) Proses sintesis karbamil fosfat, yaitu satu mol amonia bereaksi dengan satu mol karbon dioksida membentuk karbamil fosfat.

2) Pembentukan sirtulin. Karbamil fosfat bereaksi dengan ornitin membentuk sirtulin.

3) Pembentukan asam argininosuksinat. Sirtulin bereaksi dengan asam aspartat membentuk asam argininosuksinat.

4) Penguraian asam argininosuksinat menjadi arginin dan asam fumarat.

5) Penguraian arginin. Tahap akhir dari siklus urea adalah penguraian arginin menjadi urea dan ornitin.

 Sehingga berdasarkan pilihan yang tersedia pada soal, proses yang hanya terjadi dalam hati adalah poin tiga dan lima (E).

Nomor 17 UN Biologi 2016

Berbeda dgn kucing, anjing serta beberapa hewan yg memiliki kemapuang penglihatan di malam hari. Hal tersebut sama sekali tidak ada pada manusia. Pada bagian permukaan hewan seperti disebut sebelumnya terdapat membrane tapetum lucidum. Sedangkan manusia mampu melihat dgn ketergantungan pada ketersediaan cahaya. Berdasarkan penelitian dari kalangan ilmuwan dan peretas Biologi fo Masses Californiadiperoleh bahwa tetes mata ajaib mampu membantu manusia melihat pada keadaan gelap.

Zat tersebut dibuat menggunakan senyawa Ce6 yang berasal dari ikan laut digabung dengan Saline, insulin, dan dimetilsulfooksida (DMSO) lalu ditargetkan masuk menuju bagian retina. Ketika diujicobakan, efeknya cukup berhasil karena dapat digunakan untuk melihat tangan yg berada sejauh 10 meter serta mampu mendeteksi posisi seseorang yang berdiri di area rimbun sejauh lima puluh metr dlm kondisi gelap.

Kisah pada artikel di atas, tetes mata ajaib yg mengandung senyawa Ce6 memberikan pengaruh pada mata deengan cara ……

  1. Membentuk menbran seperti pada mata kucing
  2. Menambahkan kemampuan retina menangkap warna
  3. Meningkatkan intensitas cahaya untuk fotoreseptor
  4. Mengaktifikan sel kerucut pada kondisi gelap
  5. Meningkatkan fotosensitivitas sel batang pada retina

Tujuan penggunaan senyawa Ce6 dalam tetes mata ajaib adalah untuk membantu seseorang agar mampu melihat di tempat gelap. Pada saat kondisi alami, seel dalam mata berperan dlm proses penglihatan ketika suasana gelap adalah sel batang. Sel tersebut akan aktif membentuk bayangan ketika suasana gelap. Sebaliknya ketika kondisinya terang sel mata yg aktif adalah seel kerucutnya.

Nah manfaatnya adalah bisa membedakan warna dgn baiik. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa senyawa Ce6 pada tetes mata berfungsi untuk mempengaruhi mata melalui peningkatan fotosensitivitas sel batang pada retina. Artinya mata dapat bersifat fleksibel sesuai keadaan lingkungan sekitarnya. (E)

soal biologi 2016 nomor 18Nomor 18. Simak diagram siklus hormonal menstruasi disamping.

Manakah hubungan keterkaitan perubahan hormone pada fase 2 dan 3 yang paling tepat?

A. Meningkatnya LH menyebabkan folikel matang dan FSH turun

B. Meningkatnya FSH mengakibatkan estrogen meningkat dan folikel matang

C. Estrogen meningkat menyebabkan LH meningkat dan terbentu korpus luteum

D. LH meningkat menyebabkan FSH memicu perkembangan folikel

E. Meningkatnya estrogen menyebabkan folikel matang dan FSH turun

Pada soal ditanyakan perubahan hormon pada fase 2 dan 3. Seperti tampak pada diagram, fase 2 menunjukkan kadar esterogen pada puncaknya. Esterogen merupakan hormon pada wanita yang berfungsi memunculkan ciri kelamin sekunder pada wanita. selain itu, hormon yang dihasilkan oleh ovarium selama perkembangan folikel ini juga berperan untuk merangsang hipofisis bagian anterior untuk mensekresikan hormon LH. Oleh karena itu, pada fase 3 LH berada pada kadar puncaknya. Hormon ini berperan untuk merangsang terjadinya peristiwa ovulasi (lepasnya sel teru dari ovarium).  Jadi, jawaban yang tepat untuk fase 2 dan 3 adalah esterogen meningkat menyebabkan LH meningkat dan terbentuk korpus luteum (pembungkus folikel yang mampu memproduksi progesterone).

Untuk pembahasannya mungkin sampai di sini terlebih dahulu. Untuk penyelesaian lainnya bisa kunjungi langsung di www.herniawan.com/video nanti bisa akan mendapatkan video lengkap bagaimana cara menjawabnya. Selain itu juga dijamin lengkap deh. Kalau di posting ini sampelnya aja. Semoga bisa bermanfaat bagi adik sekalian. Pelajari secara serius agar bisa mendapatkan nilai UN Biologi yang tinggi untuk tahun 2017 nanti. Amiiin ya Allah. Salam sukses selalu dari saya.