Download Pembahasan Soal UN SMA 2015

iklan kape

Baca terus sampai ke bawah agar Anda mendapatkan apa yg km inginkan dari artikel ini. Jangan lewatkan satu kata pun. Biasanya kakak menulis segala sesuatu di blog Herniawan.com berkaitan dgn soal dan pembahasan STAN. Kadang juga menulis info lain masih ada kaitannya seperti peluang kerjanya, download soalnya serta lainnya. Nah kali ini kaka berikan link untuk download soal UN 2015 yang baru diujikan kemarin. Dikarenakan soal terbaru, pembahasannya sedang kakak usahakan dalam bentuk video. Namun gak semua pelajaran kaka kasi video pembahasannya. Hanya pelajaran yg kakak ajar aja yah. Bidang studinya apa kakak? Kepo banget sih dek. Ah si abang itu aja masa kaga boleh? Iya deh aku kasi tau, gw ngajarnya Matematika dan Fisika.

Nah dua mata pelajaran tersebut kaka lampirkan jugga pembahasannya. Untuk pelajaran lain, kalian pelajari atau guru baik di sekolah maupun di bimbel atau privatan. Semua ada ya kak soalnya? Iya benar kaka kasi semua link download soal UN 2015. Baik bidang IPA maupun IPS aku berikan semuanya. Tinggal ente semua unduh ajaah. Ih si akang baik bener dah. Huuus gak usah lebai mujinya. Kan aye pengen juga jadi orang bermanfaat bagi orang lain wong cuma soall doang kok.

Semua paket ada ya kaak? Engga dek, satu soal UN 2015 hanya ada satu paket ajaa yg kakakk kasih. Yah kok enggak semuanya? Gini loh, sebenarnya suatu bidang studi antara paket yg satu dgn lainnya inti dari pertanyaannya sama saja hanya kalimat redaksional dirubah. Misalnya matematika, hanya angka dan sedikit kalimatnya dibedain. Owuh seperti gtu bang? Iyaa dong, kaga beda bedaa amat kok tiap butir pertanyaan. Cukup pelajari salah satunya insya Allah kalian akan dapat memahami tipe kode lainnya. Kenapa aku bisa mengatakan seperti itu? Karena pembuat soal tidak akan mungkin sanggup membuat berbagai paket bila tipenya berjauhan.

soal un 2015 semua pelajaran

Nah kaka akan bagikan tautan download soal UN 2015 yg bisa kalian pelajari untuk persiapan menghadapi ujian nasional tahun depan. Semua bidang studi kakak kasih baik kalian jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) maupun social (IPS). Apa aja matpel kaka bagikan? Bahasa Indonesia dan bhs inggris merupakan dua bdg studi wajib bagi kedua jurusan. Khusus untuk IPA akan mendapat matematika  mipa, fisika, kimia dan biologi sedangkan program IPS mendapatkan pelajaran khusus yaitu ekonomi, mips, geografi serta sosiologi. Benarkan semuanya ada.Aa mau tanya nih, boleh gak? Silakan bertanyalah semasih bisa akuu jawab dan gratis kok. Tingkat kesulitan soal tahun lalu bagaimana? Apakah taun depan lebih sulit atau tdk? Urusan sulit tidaknya sebenarnya relative untuk tiap orang. Persepsi dan pandangan tiap induvidu pasti beda dong. Mudah bagi seseorang belum tentu bagi yangg lain. Begitu pula sebaliknya. Hal terpenting adalah kalian persiapkan diri sebaik baiknya guna menghadapi hari H nantinya. Persiapin semua senjata diperlukan. Apa aja sih senjata harus dipersiapkan? Kesiapan materi pelajaran, kondisi fisik serta mental prima. Bisa dijelaskan satu per saatu gk kak? Okeeey aa jelasin secara rinci ketiga hal tersebut.

Persiapan materi bagus bila kalian pelajari semua konsep dgn baik. Kualitas pemahaman kalian sangat ditentukan oleh seberapa hebat pengusaan kalian terhadap konsep teori serta dapat menyelesaikan setiap pertanyaan dgn baik. Barangkali diantara km akan berpikir materinya kan banyak, pasti capek pelajari semuanya. Gak usah risau, sudah disediakan kisi –kisi untuk tiap bidang studi sehingga kalian tinggap pelajari semua kosep butir poin prediksinya.

Sudah banyak buku beredar di toko buku memberikan latihan soal UN berdasarkan kisi dikeluarkan oleh pemerintah. Tinggal kalian pelajari dengan serius insya Allah kalian akan bisa melewati ujian tersebut dengan nilai sangat memuaskan. Bila waktu masih banyak bisa kalian dalami terlebih dahulu teori konsepnya baru latihan soal. Andai saat mengerjakan latihan kalian gak bisa jg, coba lihat pembahasannya baru kalian mencoba selesaikan ulang sendiri.

Bagaimana seandainya waktu UN sudah mepet? Ya tentu cara di atas kurang efisien. Bisa kamu langsung membaca cara pembahasan dr buku tersebut, serap serta coba pikirkan kenapa pembahasannya seperti itu. Bila udah paham dan mengerti, kerjakan kembali tnp melihat pembahasannya. Bila dilakukan dgn serius dan tekun kakak yakin deh kalian pasti bisa. Namun ada ajaa org yang merasa kesulitan dalam belajar sendiri sehingga perlu bimbingan. Kalau punya dana bisa ikut bimbingan belajar kelas menengah. Banyak kok bimbel dgn biaya 3 sampai 4 jutaan setahun udah sama persiapan masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Bila ortu kalian lebih mampu bisa pake jasa guru privat sehinggaa bimbingannya lebih intensif serta terarah.

Terus andaikan gak punya dana gimana dong. Tenang aja bisa les di sekolah, biasanya sekolah mengadakan pelajaran tambahan (PT) entah pagi atau sepulang sekolah guna membimbing muridnya dlm mempersiapkan diri menghadapi UN. Pasti masih ada yg ngeyel mengatakan bahwa kalau menunggu les tambahan dr sekolah kelamaan dong. Nah kaya gini gw suka gaya lo. Pernyataan tersebut menandakan bahwa kalian punya minat belajar. Terlihat sekali antusias belajarnya tinggi. Salut deh guwe ama elo. Hehehe terima kasih abang.

Solusinya kalian harus usaha keras dgn pelajari sendiri buku pelajaran dari kelas 10 sampai kelas 12. Selanjutnya kalian coba kerjakan soal tahun kemarin. Tau kan cara dapatin soalnya? Bisa di dowonload dari link download soal UN2015 berikut yang aye berikan. Bagaimana andaikan ada kendala misalnya aja tidak mengerti maksud pertanyaan sehingga bingung cara mengerjakannya? Tenang, tanyakan aja sama guru di skolah. Gak mungkin kan guru engga mau bantu untk menjawab.

soal un 2015Tapi perlu diingat download soal UN 2015 terlebih dahulu dgn mengklik tulisan di bawah yg kakak kasih. Aku memang sengaja berikannya khusus buat km iya benar kamu wkwwkwkwk. Gombal deh. Maaf Cuma becanda kok jangan simpan di hati. Iyaah gak apa –apaa kak. Yg kakak kasi hanya soalnya saja tidak ada pembahasannya ya? Untuk pembahasannya ada hanya plajaran yaang aku ajarin yaitu matematika dan fisika. Itupun pembahasan belum sekarang namun beberapa minggu lagi akan diupload ke blog www.herniawan.com. Pembahasan soal UN 2015 diramu dlm bentuk video sehingga mudah dipahami selain itu juga penyampaiannya cukup jelas. Pasti deh kalia akan suka banget kalau belajar dari video multimedia pembelajaran seperti kakakk bikinin buat lu semua. Ditunggu sesabar sabarnya dek.

Soal UN 2015 Semua Pelajaran

Apa aja sih soal UN yang tersedia di blog ini? Brooh semunya ada so tenang aja deh. Mau jurusasn IPA bahkan IPS sekalipun ada kok. Tidak perlu khawatir. Semua bidang studi masuk ujian ane berikan berikut:

1. UN Matematika SMA ( IPA dan IPS)

2. UN Fisika 2015

3. UN Kimia 2015

4. UN Biologi SMA 2015

5. UN 2015 Bahasa Indonesia

6. UN SMA 2015 Bahasa Inggris

7. UN Ekonomi SMA 2015

8. UN Sosiologi 2015

9. UN Geografi SMA 2015

[irp posts=”1305″ name=”Download Pembahasan Soal UN SMA 2016 Semua Pelajaran”]

Download Soal UN Matematika SMA 2015

Soal UN matematika yang diujikan April tahun 2015 kemarin tidak terlalu berbeda jauh dengan tahun 2014. Memang kalo dilihat dari kisi kisiinya pun tak ada perubahan yang mencolok. Berikut ini gw sajikan daftar soal UN MTK SMA 2015:

  1. penarikan kesimpulan metode tollens
  2. Kesetaraan kalimat berkuantor
  3. penyederhanaan bentuk eksponen
  4. rasionalisasi bentuk akar
  5. penyederhadaan logaritma berdasarkan sifat sifatnya
  6. hubungan dua persamaan kuadrat (lama dan baru)
  7. sifat persamaan kuadrat kedua akarnya real (pake diskriminan)
  8. persamaan linar tiga variabel melibatkan harga produk yg dibeli
  9. menentukan persamaan lingkaran bila diketahui sebuah titik yang dilaluinya serta garis singgungnya
  10. persamaan garis singgung lingkaran tegak lurus dgn suatu garis
  11. teorema nilai sisa
  12. teorema faktor suku banyak
  13. dua fungsi untuk mencari komposisinya
  14. program linar dicari keuntungan maksimum pembangunan perumahan
  15. matrik melibatkan persamaan
  16. perkalian vektor yang tegak lurus
  17. sudut apit antara dua vektor atau hasil operasinya (penjumlahan dan pengurangan dua vektor)
  18. vektor proyeksi orthogonal
  19. komposisi dua transformasi serta pengaruhnya menjadi bayangan suatu persamaan garis
  20. pertidaksamaan logaritma
  21. persamaan grafik fungsi
  22. deret diketahui dua suku, ditanya jumlah dua suku pertama
  23. deret geometri tak hingga berkaitan pantulan bola
  24. dimensi tiga jarak antara titik ke garis
  25. sudut yg dibentuk oleh dua bidang
  26. geometri bidang (dua segitiga saling berdempetan)
  27. persamaan logaritma (sin cos)
  28. rumus penjumlahan dan perkalian trigonomteri
  29. limit tak hingga pengurangan bentuk akar
  30. limit trigonometri
  31. laju perubahan berkaitan dengan turunan
  32. integral tak tentu menggunakan metode substitusi
  33. integral tentu
  34. integral tak tentu trigonometri
  35. integral tentu trigonometri
  36. aplikasi integral untuk menghitung luas daerah
  37. penggunaan integral menghitung volume benda putar
  38. hitung modeu dari hitogram
  39. permutasi menghitung susunan suatu kepengurusan
  40. peluang

un matematika ipa 2015

 

soal un matematika ips 2015

Download Soal UN Fisika SMA 2015

Salah matpel UN jurusan IPA adalah fisika. Fisika merupakan bidang ilmu yg mempelajari gejala alam dilihat dari aspek fisiknya. Secara umum materi UN fisika SMA meliputi: mekanika dgn bagian bagiannya, listrik kemagnetan, cahaya optik, getran gelombang, suhu termodinamika, serta fisika modern. Sebenarnya soal fiska pada UN tidak terlalu sulit. Hanya menguasai dua tiga tahun sebelum, sudah bisa menyelesaikan semua pertanyaan. Akan tetapi tak sedikit yang menganggap soal UN Fisika SMA 2015 sulit. Ya tentu bagi mereka malas belajar tak mau berusaha. Pengennya instan aja. Pikirannya hanya main maiin keluyuran. Maaf maksud aku untuk tipe mereka seperti itu. Tp pembaca blog ini kaya gak seperti itu deh. Mau tau kenapa? Salah satu buktinya adalah mau membaca aartikel sdg dibaca skrg menandakan keseriusan mencari informasi mengenai soal UN. Atau bisa jadi pembaca adalah pakar atau guru fisika sedang mencari soal. Kalo memang seperti itu, sy minta maaf banget sama masternya. Tulisan saya ini sebenarnya ditujukan untuk siswa siwaa SMA.

Seperti apa bentuk soal fisika nasuk ujian nasional? Di bawah ini saya berikan listnya:

  1. pengukuran mikrometer sekrup
  2. perpindahan dalam bentuk cerita lari maraton
  3. hubungan antara kecepatan dan jarak
  4. gerak parabola
  5. hukum 2 newton berkaitan dengan balok memiliki gaya gesek dgn lantai
  6. titik berat bangun datar
  7. dinamika rotasi (hubungan besaran berhubungan du dalamnya)
  8. gaya gesek pada benda sedang bergerak di bidang miring
  9. hukum hooke pada susunan pegas
  10. usaha energi (menggunakan kekekalan energi mekanik)
  11. tumbukan dengan momentum lenting sempurna dua benda
  12. fluida (hubungan antara volum dan massa jenis benda, hukum archemedes)
  13. pemuaian volum menghitung volume tumpah
  14. laju perambatan kalor konduksi
  15. hukum by gay lussac
  16. grafik usaha (p-v) termodinamika
  17. usaha proses isokhorik dan isobarik
  18. hubungan panjang gelombang, waktu dan kecepatan
  19. persamaan gelombang berjalan dan besaran besarannya
  20. sifat gelombang elektromagnetik
  21. mikroskop kondisi mata tak berakomodasi
  22. optik fisis berkaitan kisi difraksi
  23. interferensi celah ganda
  24. efek doppler
  25. taraf intensitas
  26. listrik statis resultan beberapa gaya menjadi nol
  27. potensial listrik pada bola berongga
  28. susunan kapasitor – hitung nilai totalnya
  29. listrik dinamis menghitung tegangan dalam satu loop
  30. faktor yg mempengaruhi iinduksi magnetik suatu kawat penghantar
  31. hitung induksi magnetik kawat penghantar lurus dihubungkan pada kawat melengkung
  32. gaya persatuan panjang pada dua kawat dialiri arus pada keduanya searah
  33. ggl induksi pengaruh rapat fluks dan kumparan
  34. hubungan jumlah lilitan. tegangan serta arus pada transformator
  35. Rangkaian RLC
  36. teori model atom
  37. efek fotolistrik
  38. sifat relativistik pada massa benda
  39. reaksi inti radioaktiv
  40. manfaat radioisotop

download un fisika 2015

 Download Soal UN Kimia SMA 2015

Kimia merupakan salah satu ilmu berkaitan dengan materian bahan. Kajian utama ilmu kimia lebih menekankan pada aspek kimiawinya. Seperti apa itu? Berkaitan dengan sifat materi, proses peruhan wujud, reaksi serta energy yang menyertainya. Secara umum cakupannya lebih bersifat mikro bila dibandingkan dengan fisika. Kiimia masuk dalam kategori pelajaran di UN kan. Mungkin hal itu menyebabkan para pelajar sekolah menengah atas mencari cari soalnya. Biasanya jg mereka mencari di google dgn kata kunci download soal kimia SMA dan pembahasannya

download un 2015

Nah karena kalian salah satu pencari soal UN kimia 2015, maka kaka kasi berbagai soalnya. Adek adik bisa downloadnya secara free artinya bebas gratis tiss tiss hehe. Pasti pada mau kan? Ini soal tahun lalu loh, kan lumayan buat latihan soal. Okey apa aja bagian yg masuk dalam un. Berikut daftarnya:

Daftar soal kimia UN 2015:

  1. teori bilangan kuantum atom
  2. ciri -ciri dan sifat ikatan ionik, kovalen baik polar maupun nonpolar
  3. sifat keeektronegatifan atom berdasarkan berdasarkan golongan dan periodenya
  4. rumus ikatan kimia
  5. perbandingan massa sederhana dari atom pembentuk senyawa
  6. rumus senyawa molekul bila diketahui komposisi penyusunnya
  7. penyetaraan reaksi kimia
  8. sifat penghantaran listrik larutan elektrolit
  9. pH larutan hidrolisis garam
  10. perhitungan sifat kelarutan garam
  11. hitung pH pada proses pengenceran
  12. buffer
  13. penghitungan proses titrasi
  14. sifat koligatif yang mudah ditemui dalam kehidupan manusia
  15. sifat -sifat koloid
  16. senyawa turunan benzena digunakan untuk pelarut serta desinfektan
  17. rumus struktur senyawa turunan benzena
  18. uji senyawa karbon
  19. nama senyawa karbon bila diberikan rumus molekulnya serta cirinya
  20. struktur snyw hidrokarbon ditanyakan isomer strukturnya
  21. kegunaan senyawa kaarbon
  22. rekasi pembentukan, jenis, contoh polimer
  23. kegunaan bahan makanan dominan karbohidrat
  24. uji kandungan bhn pangan
  25. proses -proses berkaitan dgn panas (eksoterm atau endoterm)
  26. perhiitungan entalpi reaksi kimia
  27. perubahan entalpi proses kimia
  28. pergerseran kesetimbangan kimia
  29. perubahan laju reaksi pada beberapa percobaan
  30. reaksi kesetimbangan
  31. laju reaksi pembentukan hidrogen
  32. sel volta
  33. proses oksidasi pada pengkaratan
  34. reaksi autoredoks pada oksidasi reduksi dlm menentukan perubahan biloks oksigen
  35. reaaksi pada katoda
  36. perhitungan kimia pada reaksi sel elektroda
  37. sifat kondukstivitas larutan
  38. sifat atom berdasarkan penggolongannya
  39. penggolongan unsur
  40. penyetaraan nomor masa dan no atom pada reaksi inti atom (radioaktif)

download soal un kimia 2015

 Soal UN SMA Biologi 2015

Bidang ilmu berkaitan dgn kehidupan yang satu ini merupakan salah satu pelajaran dlam ujian nasional. Oleh sebab itu kalian harus mempelajarinya dgn serius. Bagaimana cara belajarnya? Sebenarnya bisa pelajari dr soal tahun –tahun sebelumnya, karena kisi soal tiap thn tdk berbeda jauh. Cukup pelajari aja tiga hingga lima tahun belakangan, insya Allah kalian akan dpt menyelesaikan hampi semua soal un tahun.

Namun perlu untuk kalian pahami terlebih dahulu adalah pembahasan soal UN Bioologi SMA 2015. Kenapa demikia, karena untuk kelas 12 angkatan skr taun paling dekat adalah 2015. Oleh karena hal tersebut, kaka berikan link download soal UN SMA 2015 untuk pelajaran Biologi. Pelajari dgn serius dan sungguh –sungguh agar dpt menguasai semua materi ilmu hidup itu. Jangan pernah bosan untuk belajar karena nantinya kalian sendiri akan memanen hasil kerja kerasmu.

Apa saja materi Biologi yg pernah keluar di UN 2015. Pasti kakaak akan kasi kok daftar soal tahun lalu. Agar kalian semua memiliki gambaran. Daftar ringkasan soal biologi tahun lalu:

  1. bidang ilmu biologi diberikan beberapa kasus. Kemudian ditanyakan ahli apa yg tepat menanganinya
  2. jenis penyakit beserta bagian tubuh yang diserang
  3. beberapa ciri jamurlengkap dgn gambarnya. Selanjutnya ditanyakan cirinya yang tepat berdasarkan gambar
  4. alasan penggolongan hewan dalam karnivora
  5. usaha pencegahan paling tepat guna hindari kerugian lingkungan akibat pendirian proyek industri baru
  6. ciri-ciri tumbuhan lumuat (bryophyta)
  7. bentuk tubuh inang dalam siklus hidup cacing hati (Fasciola hepatica)
  8. kesamaan ciri dua hewan
  9. peran dan kedudukan rubah dlm jaring jariing makanan suatu ekosistem
  10. bagian -baagian pd proses daur nitrogen
  11. dampak pembaakan hutan bakau setelah jadi tambak ikan
  12. identifikasi bentuk glikoprotein, glikolipid, protein porifer
  13. identifikasi bagian sel pada gambar
  14. jenis, ciri dan fungsi jaringan tumbuhan (meristem, epidermis, parenkim, skelerenkim, korteks)
  15. nama perubahan posisi gerak antagonis lengan
  16. mengidentifikasi jenis penyait peredaran darah dgn diagnosa cepat lelah, kurang kadar Hb, eritrosit rendah
  17. proses pencernaan setelah paknreas melepaskan natrium bikarbonat
  18. proses pertukaran gas dalam pernapasan eksternal
  19. mengidentifikasi peristiwa penyerapan sari makanan
  20. manfaat hormon yang dihasilkan oleh folikel de graf berupa progesteron
  21. tempat terjadinya pertemuan ovum dan sel sperma
  22. antibodi tubuh manusia ketika terkena virus, bakteri serta zat racun
  23. pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
  24. sistem kerja enzim pada proses katalase
  25. peristiwa katabolisme
  26. tahapan reaksi glikolisis
  27. bagian dan proses pada kloroplas
  28. perbandingan energi pada respirasi anaeron dan aerob
  29. bagian -bagiian molekul DNA
  30. tahapan sintesis protein (transkripsi dan translasi)
  31. fase pebelahan sel mitosis
  32. penurunan sifat (hereditas)
  33. diagram persilangan kriptomeri
  34. induvidu carier (pembawa)
  35. prooses mutasi gen
  36. teori biogenesis mengenai asal usul kehidupan
  37. berkaitan dgn frekuensi gen dan genotip
  38. manfaat bioteknologi menghasilkan antibodi monoklonal di bidang kedokteran
  39. manfaat bakteri di bidang pertanian
  40. dampak negatif tanaman transgenik

soal un biologi 2015

 Download Soal UN Bahasa Indonesia SMA 2015

Mungkin banyak orang berpikir bahwa bahasa Indonesia merupakan bidang studi paling mudah. Sah saja anggapan tersebut dikarenakan bhs Indo adalah bahasa ibu bagi semua warga negara ini. Akan tetapi fakta di lapangan menunjukkan hal sebaliknya. Tidak sedikit pelajar kelas dua belas SMA justru nilai paling rendah adalah bahasa  resmi bangsa sendiri. Sedangkan bahasa inggris lebih tinggi. Begitu pula hal nya dgn matematika, nilainya jauh lebih bagus.

Apakah penyebabnya? Entah apalah, mungkin kebanyakan menyepelekan bahasa Indonesia. Umumnya berpikir tiap hari berbicara dengan bahasa ibu tersebut, buat apa lagi dipelari. Kalau bahasa gaul sehari hari memang kita pakai hampir tiap hari kecuali daerah pedalaman banget jarang menggunakan bahasa nasional. Padahal yg diujikan adalah teorinya bukan bicara semata yang tanpa aturan atau gaya sesuka hati. Sebenarnya bhs indo itu banyak sekali kaidah yg belum diketahui oleh banyak orang terutama masyarakat umum.

Oleh sebab itu, kalian harus seriu pelajarinya agar dapat nilai maksimal sesuai dgn kemampuan kalian. Untuk dapat pelajarinya kalian harus downloas terlebih dahulu soal UN Bahasa Indonesia SMA 2015. Di bwah ini juga aku berikan gambaran soal yg masuk tahun lalu:

1 – 2 pemahaman bacaan. Nomor satu mengenai ide pokok bacaan no dua menanyakan arti makna sebuah kata dalam teks

  1. kalimat utama dari paragraf
  2. diberikan beberapa kalimat, ditanyakan kalimat penjelas dgn kal utama
  3. menentukan fakta dari sebuah tulisan
  4. kesimpulan dari sebuah pragraf

7 -8. disajikan sebuah paragraf kemudian ditanyakan hal berkaitan isinya serta tujuan penulisan

  1. menentukan hal teladan dari seorang tokoh dari sebuah cerita

10 – 11 mengenai opinis serta hal keberpihakan penulis

  1. membaca serta memberikan inteprestasi grafik
  2. menarik kesimpulan data pada grafik
  3. kemustahilan terdapat pd potongan karya sastra melayu
  4. nilai sosial terkandung dlm sebuah tulisan
  5. menentukan latar sebuah cerita
  6. pendeskripsian watak tokoh novel
  7. keterkaitan peristiwa dalam kutipan cerpen
  8. pertanyaan berkaitan isi cerita pendek
  9. hal positif terdapat pd tokoh sebuah cerita
  10. simpulan isi cerita
  11. suasana dalam puisi
  12. makna kata simbolik pada puisi
  13. maksud isi gurindam
  14. perbaiki kalimat / efektif
  15. penyusunan kalimat agar menjadi eksposisi
  16. kelanjutan dariparagraf deskriptif
  17. pelengkap kalimat narasi
  18. redaksi imbauan pelengkap pidato
  19. kata baku tepat sbg pengganti yg salah
  20. kata serapan guna melengkapi rumpang
  21. kaata berimbuhan tepat sebagai pelengkap paraagraf
  22. kataa yg tepat
  23. penggunaan ungkapan secara tepat
  24. memilih peribahasa yaang tepaat
  25. pengganti kata tidak paling tepatt
  26. frasa palingg cocok
  27. kaataa penghubung tercocok
  28. makna istilah dalam teks
  29. kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan

download un bahasa indonesia 2015

 Download Soal UN Bahasa Inggris SMA 2015

Nah sekarang kita berbicara mengenai bahasa asing yg dianggap wajib dalam kurikulum nasional. Kenapa dimasukkan ke dalam pendidikan banga tercinta ini? Karena bhasa inggris merupakan alat komunikasi standar digunakan di dunia. Ada beberapa negera mempergunakan bahasa inggris. Akan tetapi kebanyakan pula tidak menggunakannya. Nah kan di dunia banyak negara dan masing –maasing punya bahasa tersendiri. Agar bisa terhubung antar negeri, maka diperlukan bahsa penghubung. Bahasaa tersebut adlh bahaaasaa inggris.

Soal UN bahasa inggris SMA terdiri dari dua bagian yaitu listening dan soal tertulis. Listening jugaa sebenarnya ujian tertulis namun ada naratornya membacakan soal dalam bentuk natif speaker. Sebenarnya ada kuncinya agar bisa menguasai mengerjakan soal bahasa inggris. Apa itu? Penguasaan vocabulary bagus ditambah lagi dengan kemampuan memahami bacaan teks bahasa inggris. Berbeda soal ujian nasional zaman saya, dahulu masih banyak konsep penguasaan tata bahasa  inggris (grammar).

Pengalaman dari beberapa tahun terakhir, nilai ujian bahasa  inggris lebih tinggi dibandingkan dgn bhs indo. Mgkn berawal dr tantangan dlm diri mereka untuk menguasai bahasa asing sehingga mereka lebih menyenangi belajar bhs bangsa ratu Elizabeth. Meskipun hasil menunjukkan relative mudah, tetap kalian serius persiapkan diri untuk menghadapi UN bahasa inggriis.

Jangan terlalu menyepelekan bhs ingris meski kalian sudah les dr kecil. Sekaliun sudah mahir berbicara dan menguasai grammar, tp tetap kalia berlatih dari download soal UN bahasa inggris SMA 2015 berikut. Aku juga berikan ringkasan bentuk soaal yg keluar tahun kemarin:

soal bahasa inggris dari nomor satu sampai lima belas adalah listening. Bagian tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa paham siswa memahami pembicaraan dlm bhs inggris. Listening terbagi menjadi empat sub bagian.

  1. reason of subjec on the text send the letter to PT Interkawula
  2. memasukkan kalimat yg tepat dari bacaan
  3. menanyakan inti sari sebuah text
  4. pertanyaan berkaitan isi teks
  5. berkaitan dgn isi bacaan
  6. makna dari suatu pernyataan dalam tulisan
  7. ide utama paragraf
  8. menanyakan hal yg ditulis dalam narasi
  9. pemahaman bacaan
  10. maksud isi artikel
  11. isi pokok tulisan
  12. pertanyaan mengenai bacaan
  13. keseimpulan beberapa kalimat dalam teks
  14. manfaat suatu kasus tersebutkan dlm artikel
  15. ide utama pragraf kelima
  16. sinonim /persamaan sebuah kata
  17. seputar isi wacana
  18. berkaitain paragraf ketiga
  19. the writer’s suggestion about homework
  20. isi sebuah wacana
  21. arti /maksud sebuah kata
  22. seputar kalimat dr text
  23. disadvantages of the inteernet
  24. main idea of paragraph
  25. sutibale word to fill the blank
  26. berkaitan dgn isi bacaan
  27. kalimat yg tepat untuk melengkapi titik -titik
  28. ide pokok dari sebuah paragraf
  29. kejadian berdasarkan isi tulisan
  30. makna dari sebuah kata
  31. menyusun beberapa kalimat sehingga menjadi lebih bermakna
  32. sama dengan no empat puluh enam
  33. kata tepat untk rumpang
  34. sama dgn nomor 48
  35. seperti noomor 49

soal un bahasa inggris 2015

 Download Soal UN Ekonomi SMA 2015

Masuk pelajaran khusus anak jurusan IPS. Sebuah ilmu berkaitan dengan transaksi jual beli (penawaran permintaan). Pasti semuanya sudah tau dong apa itu? Iya benar ekonomi. Bidang studi tersebut sangat erat kaitannya dgn aktivitas kehidupan manusia tiap hari. Secara umum terbagi menjadi dua yaitu makroekonomi dan mikroekonomi. Kalau menurut kakak sih ekonomi sgt berguna baik bagi kehidupan masyarakat maupun negara. Dalam pengambilan keputusan pemerintah sering kali melakukan kajian ekonomi terlebih dahulu. Pembangunan pasti meperhatikan berbagai aspek. Terdapat juga akutansi  dalam matpel ini. Akutansi berkaitan erat dengan berbagai kegiatan pencatatan semua transaksi.

Begitu pentingnya ekoonomi sehingga dimasukkan dalam kurikulum pendidikan nasional. Termasuk dalam kategori pelajaran ujian nasional. Oeh karena itu sudah seharunya kalian serius mempelajarinya. Bisa dapatkan bahannya dari download soal UN ekonomi SMA 2015. Aku kasi juga draft materi soal taun lalu:

1.Masalah keseimbangan ketersediaan sumber daya (kelangkaan)

2.permasalahan ekonomi modern

3.analisa keputusan ekonomi dgn memperhatikan manfaat dan kerugian

4.jenis sistem perekonomian yg dianut oleh suatu bangsa

5.aktivitas serta perilaku produsen dan konsumen

6.interaksi antar pelaku ekonomi

7.teori hukum permintaan dan penawaran

8.diberikan sebuah fungsi permintan, ditanya koefisien elastisitas permintaan

9.pemanfaatan sumber daya secara maksimal

10.masalah perekonomian negara

11.perhitungan pendapatan

12.perhitungan pendapatan per kapita suatu negara berdasarkan komponen pendpatan ngr

13.menghitung tingkat inflasi

14.disajikan informasi pengeluaran suatu rumah tangga, diminta menentukan fungi konsumsinya

15.kebijakan berkaitan dgn tingkat suku bunga bank

16.pertumbuhan dan pembangunan ekonomi

17.dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional

18.fungsi apabn

19.perhitungan pajak bumi dan bangunan

20.permasalahan ekonomi

21.nilai tukar jual beli mata uang

22.fungsi, sumber dan tujuan penggunaan devisa

23.pencatatan transaksi akutansi

24.mekanisme debit dan kredit

25.konversi dr jurnal umum ke pembukuan buku besar

26.pencataan dr beberapa aktivitas transaksi ke jurnal penyesuaian

27.pencatatan dari akun neraca sisa ke kertas kerja

28.perhitungan laba bersih

29.pencatatan jurnal pengeluaran kas

30.pencatatan buku besar

31.perhitungan aktiva

32.jurnal penyesuaian dgn pendekatan harga pokok penjualan

33.penyelesaian dlm kertas kerja

34.keuntungan maksimal dari aktivitas penjualan

35.pembuatan neraca saldo

36.fungsi pengawasan

37.aktivitas manajemen

38.aktivitas sosial perusahaan

39.perkoperasian

40.kewirausahaan

download un ekonomi sma 2015

 Download soal UN sosiologi SMA 2015

Sosiologi merupakan salah satu pelajaran jurusan IPS masuk dalam UN. Ilmu yang satu ini sangat berkatain dengan pola hidup masyarakata tiap hari. Mempelajari segala aspek social baik dari karakteristik, kebiasaan, perkembangan, perubahan, lembaga  serta kelompok masyarakat. Dlm kajiannya lebih banyak menitik beratkan pada berbagai teori para pakar di bidangnya. Jadi menurut saya bidang ini lebih syarat dgn ilmu hafalan. Tapi enggak perlu dihafal mati, khawatirnya ntar matiii benaran. Ya ampuun kakaaaak. Becanda deh broooh. Menurut sy pribadi, mendalami semua teori tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap kehidupan dan perilaku. Lebih ke arah penambah wawasan serta pengetahuan (menurut saya loh).

Karemasuk dalam ujian nasional, maka mau tidak mau harus dipelajari agar bisa menyelesaikan soal dengan baik. Cukup pelajari pertanyaan tahuun laluu disertai pengembangan materi sehingga dijamin bakalan bisa menjawabnya. Tinggal di download soal UN Sosiologi SMA 2015. Baca dan pahami secar jeli tiap kata demi kataa pada soal tersebut. Jangan lupa sambil buka buku paket ataupun catatan waktu masih aktif sekolah. Oh ya jangan lupa juga berdo’a ya. Sebenarnya bidang studi tidak terlalu sulit dan tak peru ditakuti. Yang pentin saat belajar serius, fokus dan optimis bisa menjawab. Sekarang aye berikan ringkasan materi yg masuk tahun 2015:

1.ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan

2.peranan sosiologi dalam mengatasi perbedaan sosiiaal masyarakat

3.perilaku sosial masyarakat di bidang politik, hukum,ekonomi dan sosial

4.peran norma dan nilai dlm menciptakan keteraturan kehidupan

5.faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian

6.tahapan sosialisasi

7.agen sosialisasi

8.faktor mempengaruhi interaksi ssosial

9.proses iteraksi sosiaal

10.perilaku menyimpang

11.contoh perilaku menyimpang sekunder

12.pengendalian soosial

13.lembaga pengendali sosiial

14.struktur sosial

15.dimensi horizontal struktur sosiial

16.faktor penyebab terjadinya konflik

17.bentuk penyelesaian konflik sosiall

18.gejala sosial penghambat laju mobilitas sosiiall

19.bentuk mobilitas

20.saluran mobilisasi

21.dampak mobilitas sosial

22.dasar pembentukan kelompok

23.karakteristik masyarakat multikultural

24.kelompok patembayan

25.integrasi ssoosial

26.masyarakat multikultur

27.realitas ssoosiial majemuk

28.perubahan ssoosiaaal

29.gejala disorganisasi

30.dampak negatif perubahan sooosiaal

31.modernisasi teknologi dan perkembangan sarana

32.penyebab perubahan sosial

33.penghambat perubaahan soosiall

34.ciri -ciri kelembagaan sosail

35.fungsi lembaga keluarga

36.ciri enacted institution

37.fungsi afeksi keluarga

38.fuungsi laten lembaga pendidikan

39.fungsii lembagaa politik

40.peeran lembaaga ekonomi

41.peraan leembaga agama dlm menciptakan keharmonisan

42.jenis penelitian soosial

43.instrumen penelitian

44.rumusan masalah

45.pengambilan sampel riset

46.jenis data

47.teknik pengumpulan data

48.penarikan kesimpulan dataa

49.penulisan laporan hasil riset

50.manfaat hasil penelitian bagi mahasiswa

soal un sosiologi 2015 download

 Download soal UN geografi SMA tahun 2015

Sekarang kakak kasi soal geografi yang telah diujikan tahun 2015 kemarin. Semuanya mungkin sudah tau kajian utama geografi seperti apa aja. Kalau tidak tau, akan aku jelasin deh. Pembahasannya lebih meninjau secara menyeluruh berkaitan dgn geografis. Cakupannya aja saja? Meliputi kondisi alam (tahan, bebatuan, lahan, hutan, sungai), keaadan topografi, pemanfaatan area, pemetaan, serta berbagai hal berkaitan dgn iklim dan cuaca. Intinya mah ilmu bumi gitu loh.

Apa pentingnya belajar geografi? Penting banget dong. Kitaa bisa mengetahu keindahan alama, menikmati serta memanfaatkan semua anugerah dari Allah SWT, mengetaui pola musim sehingga memanfaatkannya untuk bidang pertanian, prioritas penggunaan lahan bagi pembangunan dan pengembangan wilayah,  bisa mengetahu keindahan alama, menikmati serta memanfaatkan semua anugerah dari Allah SWT, mengetaui pola musim sehingga memanfaatkannya untuk bidang pertanian, prioritas penggunaan lahan bagi pembangunan dan pengembangan wilayah, karakteristik hutan, pengendalian bencana alam dan sebagainya. Menurut akuu ya banyak banget deh manfaatnya enggak dapat disebutkan satu per satuuu. Bagi yang suka travelling dan naik gunung, enak banget deh belajar ini.

Setelah aku jelasin panjang segitunya, mungkin kalian akan bersemangat ingin serius mempelajarinya/ mengekplorasikannya. Okey enak bangeet loh. Engga akan nyesal. Tapi sayangnya kalian baru tau dan semangatnya sekarang. Harusnya dari kelas 10. Tapi engga apa apaa kok. Tak ada kata telat. Sebelum ujian kamu bisa belajar serius sehingga memiliki pengetahun lebih tentang bumi dan alam. Selain dapat nilai tinggi dr hasil belajar, kalian akan memiliki wawasan khususnya wilayah Indonesia. Untuk bahan belajaaar bisa download soal UN geografi SMA 2015 berikut ini. Buat kalian yang ingin mengetahi ringkasan topik soalnya, akan aye kasi sepert di bawah ini:

1.konsep dasar geografi dlm memahami fenomena

2.pendekatan geografis dalam mengkaji peristiwa

3.prinsip geogrfi untuk mengkaji fenomena

4.kondisi geografii berdasarkan suatu ilustrasi

5.teori gerakan lempeng Alfred Wagener

6.bentuk permukaan bumi

7.asal muasal tata surya berdasarkan teori nebula

8.pembentukan jagat raya menurut teoori materialis

9.ciri -ciri planet

10.jenis batuan bernilai ekonomi

11.dampak tumbukan antara lempeng eurasia dan indo australia bagi kehidupan

12.dampak gunung api tipe erupsi horizontal

13.tindakan antisipasi kecelakaan pada saat gempa

14.jenis tanah yg terbentuk akibat tumbukan lumpur

15.fungsi bagian lapisan atmosfer

16.sifat dan jenis awan

17.ciri wilayah berdasarkan pembagian iklim koppen

18.tumbuhan yg dapat hidup pd kondisi penurunan suhu

19.faktor -faktor berpengaruh ilfiltrasi air hujan

20.pola aliran terdapat pada daerah cekungan

21.karakteristik hutan di berbagai daerah indonesia

22.persebaran hewan pada berbgai daerah di dunia

23.jenis huutan Indoonesia

24.fauna di permukaan bumi

25.fakktor berpengaruh terhadap dinamika penduduk suatu wilayah

26.dampak akibat ledakan penduduk terhadapa kesejahteraan masyarkat

27.pola pergerakan penduduk

28.jenis sumber daya serta fungsinya

29.jeniis barang tambang indonesia

30.pemanfaat lingkungan dlm pembangunan berkelanjutan

31.tindakan pembangunann berkeelanjutan

32.cagar alam di Indonesia

33.upaya pengendalian erosi

34.informasi yang disajikan oleh berbagai macam peta

35.interpretasi gambar peta

36.pemanfaatan lahan

37.penggunaan petaa untuk kebutuhan masyarakat dan pemerintah

38.pemetaan lahaan

  1. cirii ciiri penginderaan jauh

40.manfaaat inderaja di bidang oceanografi

41.kelemahan penggunaan sistem informasi geografi

42.peranan SIG

43.klasifikasi desa swakarya

44.dampak interaksi desa dan kota

45.peranan pusat pertumbuhan wilayah

46.posisi ideal pembangunan pasar

47.sketsa pengembangan wilayaah

48.polla pengeembangan wilayahh negara maju

49.cirii ciiri ngra berkembang

50.kelompok ngr berkembaang

 Download Pembahasan Soal UN SMA 2015download soal un geografi

Setelah aku berbagai download soal UN SMA 2015, mungkin ada yg bertanya mana pembahasannya? Ya wajar kalian bertanya seperti karena link yg aku berikan hanya berisi soalnya aja tanpa ada pembahasan menyertainya. Selain itu pula, tulisan artikel terbaca sekarang judulnya download pembahasan soal UN SMA 2015. Iya maksudnya pembahasan tersebut berlaku matpel yaang akuu ajarin sendiri. Kalau sy bisa mengajar pelajaran tentu sy juga akan bikinin kok pembahasan semuanya. Senang rasanya bila bisa melakukan serta membuat sesuatu bisa memberikan manfaat besar bagi orang lain. Tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi diri saya. Pada dasarnya sebaik baiknya makhluk Allah adalah yg panjang umur serta bermanfaat. Abdi jg teh pengeen bangeet kek gitu.

pembahasan soal un 2015

Khusus pelajaran matematikan dan fisika akan ane bikinin pembahasan soal UN SMA 2015 nya. Pembahasan tersebut aku kemas dlm bentuk video tutorial multimedia. Jadi seperti mendengar ak sedang mengajar depan kalian  semua. Videonya bagus kok, backgroundnya gelap kontras dengan tulisan sehingga tak menyebabkan mata cepat lelah bagi siswa sekolah menengah atas sedang mempelajarinya.

Insya Allah kami akan selalu berusaha mebuatkan video tiap ada soal baru. Begitu ada soal langsung kami bikinin. Semaksimal mungkin sy dan temanku membantu untuk proses pembelajaran bagi generasi muda bangsa ini. Lain kali akan selalu diisi dengan berbagai pembahasan soal UN. Mungkin sampai di sini ujung dari artikel download soal dan pembahasan soal UN 2015. Lebih dan kurangnya dalam tulisan sy, kata maaf lah yg bisa tersampaikan. Salam sukses buat Anda semua.