Download Soal dan Pembahasan SBMPTN 2015

iklan kape

Sekarang sudah berjalan semester akhir (semester 6) bagi kelas dua belas SMA. sebentar lagi akan menghadapi mas ujian nasional (UN) tahun 2016. Lalu setelah lulus pada mau kemana? Entahlah yang pasti tiap orang akan berbeda beda pilihannya. Ada yang melanjutkan kuliah baik S1 maupun D3, kerja, menganggur atau bahkan menikah uppps heheeehei. Biasanya pilihan pertama menjadi pilihan paling banyak hingga persentasenya mencapai enam puluh persen (semua institusi pendidikan tinggi). Nah khusus yang mau masuk perguruan tinggi negeri harus mengikuti sebuah tes. Tentunya harus ada persiapan. Makanya kakak siapin download soal SBMPTN 2015 dan pembahasannnya.

Kenapa harus soal SBMPTN 2015 aja kak? Ya sama sekali gak ada maksud tertentu, hanya ingin memberikan paling terakhir aja yaitu tahun kemarin. Selain itu juga, alasannya adalah kebiasaan soal SBMPTN memiliki kemiripan dengan tahun sebelumnya ya sekitar tiga sampai lima tahun ke belakang. Namun bukan sebuah kepastian. Pernyataanku di atas hanya sebuah kesimpulan berdasarkan pengalaman dan pengamatan selama ini. Banyak juga kok orang lain mengatakan hal yang sama. Oleh karena itu melalui tulisan sederhana, hanya dibagikan tahun 2015 aja. Bagaimana dengan yg lainnya (thun lalunya)? Insya Allah di postingan lain dimuat. So harus kunjungi terus blog www.herniawan.com agar selalu dapatin update informasi serta konten terbaru terkait seputar tes PTN.

Nah download pembahasan soal SBMPTN 2015 ini dibagikan semua bidang studi yang diujikan baik kelompok saintek (dulunya IPA) maupun soshum (IPS). Jadi lengkap semua deh hanya untuk kalian saja yg lain belum tentu dapat. Begitu sayangnya sama sy sama adik sekalian (gombal). Pasti pada senyum kan? Loh kak kok tau sih, kaya peramal aja. Biar kamu pada senang lah hahahahahahaaa, parah banget yaah?. Oh ya nanti kalian tinggal klik aja link yg diberikan, downloadnya sesuai kebutuhan masing-masing. Jangan sampai bidang IPA download soal pendidikan kewarnegaraan, lah PKN saja tidak masuk dalam kategori pelajaran masuk SBMPTN /SNMPTN tertulis. Selain itu memang gak disediakn juga di sini hihihiiii. Konten bisa adek sekalian dapatkan terdiri dari:

  1. Download soal saintek SBMPTN 2015
  2. Soal soshum SBMPTN 2015
  3. Soal SBMPTN TPA (tes potensi akademik) 2015

Nah itulah soal-soal yg bisa kalian dapatkan. Nanti kakak akan berikan satu –satu melalui tautan di bawah ini. Besar harapan semuanya dapat bermanfaat sehingga dapat membantu proses belajar sebagai referensi dalam latihan pengerjaan soalnya. Saranku seringlah mengasah kemampuan agar bisa terbiasa serta tidak gugup.

Download Pembahasan Soal SBMPTN Saintek IPA 2015

Dikarenakan sudah janji membagikan soal SBMPTN kedua bidang, maka untuk pertama kali saya bagikan kelompok saintek. Bidang yang dulunya bernama ilmu pengetahuan alam (IPA) terdiri dari beberapa bidang studi diujikan meliputi: matematika, fisika, kimia, biologi. Sesuai dengan namanya, kategori ini dikhususkan bagi mereka berkeinginan mengambil jurusan kuliah eksak seperti kedokteran, teknik, MIPA, pertanian, farmasi, kesehatan serta ilmu pasti lainnya. Tidak perlu takut ataupun khawatir meskipun banyak orang mengatakan rumpun IPA sulit. Selama punya keinginan untuk berusaha, insyaallah pasti ada jalannya. Lagipula bidang tersebut sangat favorit dan selalu diperebutkan oleh tidak sedikit calon mahasiswa (kompetisi untuk dapatinnya cukup tinggi). Ingat jangan berpikir sesuatu sulit atau sulit dilaksanakan karena pikiran akan tersugesti jadinya malas.

Download Pembahasan soal Matematika Saintek SBMPTN 2015

Soal sbmptn 2015 pertama untuk kelompok sains dan teknologi adalah matematika saintek. Lah emangnya ada MTK lain? Ada kok, yang dasarnya tapi masuk di bagian TPA. Lalu perbedaannya keduanya apa? Kalau MTK dasar lebih mengutamakan penguasaan fondasi matematis tidak terlalu mendalam sedangkan satunya menekankan pada kemampuan materi dipelajari selama waktu sekolah. Matematika dimasukkan karena keberadaannya sangat dibutuhkan di setiap bidang. Matpel kesukaan ane dari kecil tersebut bukan semata mata pada perhitungan angka ataupun bilangan, namun lebih pada penalarannya. Sekarang akan dipaparkan satu per satuu tiap nomor soal matematika saintek 2015:

  1. Persamaan lingkaran dengan beberapa titik diketahui. Dua garis singgung berpotongan pada titik-titiknya. Ditanyakan sebuah variabel tidak diketahui pada pers lingkaraan
  2. Dua persamaan trigonometri. Ditanyakan nilai dari bentuk lain trigonometrinya
  3. Diketahui dua vektor masing –masing diketahui panjangnya serta luas segitga terbentuk antara keduanya dan titik asal O. Diminta mententukan besar sudut antara kedua vertornya tersebut.
  4. Transformasi geometri, bila berikan sebuah peersamaan kurva, disuruh mencari hasil pencerminannya terhadap sebuah garis.
  5. Dimensi tiga. Ada beberapa titik terletak pada segmen ruas garis serta berpotongan dengan sebuah bidang, selanjutnya mencari sudut antara dua garis.
  6. Persamaan polinom terdapat dua variabel tak diketahui. Ditanyakan sisa pembagian oleh sebuah suku banyak berpangkat dua
  7. Pertidaksamaan eksponen dimana pangkatnya ada kontanta tertentu. Nanti diminta menentukan batasan nilai konstantanya
  8. Persamaan eksponen berhubungan dengan logaritma. Pada bagian ini harus mengingat kembali sifat logaritma serta syarat numerousnya.
  9. Limit fungsi aljabar dimana pembilangnya pengurangan dua bentuk akar sedangnkan penyebutnya berbentuk biasa saja
  10. Barisan geometri diberikan dua hubungan beberapa suku. Dicari nilai variabel penghubungnya
  11. Turunan fungi bentuk akar trigonometri
  12. Luas daerah dibentuk oleh kurva dengan sumbu, dihitung menggunakan integral
  13. Banyaknya variasi persamaan garis dibentuk oleh sebuah persamaan dengan beberapa bilangan tersedia
  14. Pemilihan suatu panitia terdiri dari laki-laki dan perempuan. Berapa peluang susunan bila disyaratkan sekian wanita dan pria
  15. Persamaan geometri tak hingga dihubungkan dengan nilai maksimum turunan sebuah fungsi berpangkat tiga.

Nah itu materi soal matematika saintek sbmptn 2015 yang keluar tahun lalu. Bila diperhatikan dari tiap butir pertanyaannya, kelihatannya tidak terlalu sulit. Aiiih sombong, wekekekek. Iya juga sih tergantung siapa dulu orangnya. Kalau ane sendiri sih anggap mudah. Kamu sebagai pembaca belum tentu berpendapat mudah. Justru bisa jadi kalian menganggapnya “mudah banget”. Untuk mengunduh secar lengkap soalnya bisa klik tautan di bawah ini.

download soal matematika sbmptn 2015

Download Soal Fisika Saintek SBMPTN 2015

Sekarang kita berbicara soal sbmptn fisika. Tentunya sudah tau dong bahwa pelajaran tersebut masuk dalam tes. Kenapa fisika dimasukkan dalam soal SBMTPN? Dikarenakan esensialnya pengetahuan akan masalah fisis. Memang tidak semua jurusan membutuhkan ilmu fisika. Akan tetapi sangat dibutuhkan oleh beberapa program studi ataupun fakultas. Biasanya semua kelompok IPA membutuhkannya seperti teknik dan FMIPA. Bisa dikatakan makanan tiap hari setelah matematika.

Baca Juga  Rahasia Mudah Mengerjakan Soal SBMPTN Nilai Tinggi

Masuk kuliah pastinya dibutuhkan wawasan lebih akan bidang studi fisikaa sehingga kemampuan calon mahasiswa perlu diuji agar nantinya bisa menerima wawasan keilmuan saat di bangku kuliah. Bila semua pengetahuan dasar sudah dikuasai, tidak akan terlalu menghadapi masalah terlalu berat kedepannya. Tidak sedikit berpikir bahwa soal Fisika SBMPTN sulit, sudah diselesaikan. Jangan untuk mengerjakannya (menjawab), maksud soanya tidak dimengerti. Tenang boy, kalau punya keinginan pasti ada jalannya kok. Tidak perlu dipusingin, yang penting ada kemamuan untuk maju serta terus belajar dan berlatih.

Terus bagaimana dengan poin –poin soal Fisika SBMPTN Sanintek 2015 (tahun lalu)? Pada dasarnya mah tak istimewah bila dikomparasikan dgn yang sebelumnya. Secara materi keseluruhan pun tidak terlalu jauh jauuh amat. Oh soalnya sama ya kak? Yaa engga gitu maksudku. Bab yang masuknya itu mirip namun secara konteksnya pasti jauh berbeda dong. Adapun yang masuk tahun lalu terdiri dari:

  1. Pemahaman kinematika gerak lurus, menentukan grafik hubungan antara berbagai besaran pentingnya baik GLB maupun GLBB
  2. Peristiwa gerakan benda pada bidang datar, dihubungkan dengan konsep gaya gesek antara bidang sentuhnya
  3. Pergerakan balok pada bidang mirim terdiri dari dua permukaan, yaitu licin terus dilanjutkan bagian kasarnya hingga berhenti setelah sekian lama bergerak
  4. Momentum dua bola bergerak saling berhadapan. Selanjutnya ditanyakan hubungan sebab akibatnya
  5. Masalah fluida dimana sebuah benda mengapung terus diketahui bagian terapung atau tercelupnya. Diminta menentukan volume total bendanya
  6. Konsep teori kinetik gas ideal terkait hukum boyle gay lussac. Hubungan antara volum dan tekanan dimana volumenya ditambahkan dari kondisi awalnya, selanjutnya ditanya hubungan antara P (tekanan) awal terhadap akhirnya.
  7. Termodinamika kasus isobarik (tekanan tetap). Mula-mula dibutuhkan energi 20 nR ketika suhunya 300 K. Bila energinya bertambah, berapa suhunya …. K.
  8. Dawai memiliki panjang satu meter serta rapat massanya 0,002kg/m ditarik dengan gaya delapan puluh newton. Tersedia empat pilihan jawabab (1), (2), (3), (4).
  9. Gelombang cahaya optik fisis khusus interferensi celah ganda didatangin oleh seberkas cahyaa. Bila jarak antara celah gandanya ke layar dijadikan dua kali lipat, bagaimana pengaruhnya terhadap dua pola terang berurutannya.
  10. Masalah pembiasan lensa pada dua medium berbeda. Lensa bikonveks jari –jari kelengkungannya masing masiing 30 centi meter dan 50 cm, indeks biasanya 1,5. Berapa indeks biasnya ketika ditempatkan di udara?
  11. Listrik statis berkaitan dengan medan dalam lingkaran berjari jari a. Ditanya besar kuat medannya di suatu titik berjarak sekian dari pusat lingkarannya
  12. Kuat arus melalui suatu kawat pada sebuah susunan rangkaian listrik
  13. Sumber arus AC (alternate current) digunakan pada transformator yg memiliki efisiensi delapan puluh persen. Arus yang diperlukan?
  14. Model atom Niels Bohr sehubungan dengan transisi atom hidrogen. Diminta menentukan perubahan jari-jarinya
  15. Hubungan sebab akibat konsep relativitas Einstein menyangkut kerangka acuan relatif dari pengamat atau sebuah pergerakan

Barangkali bagi sebagian dari kalian beranggapan bahwa soal fisika SBMPTN 2015 tersebut sulit. Kalau saja kita semua bisa memahami konsep dasarnya dengan bagus, maka saat mengerjakan tidak akan menemukan kendala yang cukup berarti. Dalam artian, saya bisa berani menjamin adek sekalian bisa menjawabnya secara optimal. Tapi tenang saja. Insya Allah beberapa minggu kedepan kakak akan memberikan trik menjawab soal fisika di atas dalam format video interaktif serta sangat mudah dipahami oleh siapa saja.

download soal fisika sbmptn 2015

Download Pembahasan soal Kimia Saintek SBMPTN 2015

Kimia SBMPTN bisa dikatakan mudah dibandingkan matematika dan fisika. Secara konsep materinya kurang lebih sedikit. Namun masih ada kok yang beranggapan kimia rumit untuk dipahami. Biasanya materi yang sering keluar bisa dibilang ketebak meskipun bentuk soalnya belum tahu seperti apa. Hampir tiap tahun kombinasi soal keluar meliputi : stoikiometri, larutan asam basan (termasuk buufer), laju reaksi, kesetimbangan kimiaa, termokimia, reaksi oksidasi reduksi (redoks), teori struktur atom beserta konfigurasi serta ikatan kiimia. Akan tetapi jangan dilupakan hidrokarbon serta senyawa karbon.

Nah soal-soalnya tiap tahun seputar itu saja. Berdasarkan pengalaman saya mengajar selama ini, kebanyakan siswa mengatakan bahwa belajar kimia jauh lebih mudah dari kedua mata pelajaran sebelumnya. Jadi kesempatan besar untuk memaksimalkan poin. Namun siswa yang aku maksud memiliki kemampuan standar. Terus bagaimana dengan yg masih kurang mempunyai kemampuan teori dasarnya? Tenang, jangan terlalu minder. Tidak ada yang tidak mungkin terjadi. Masih bisa dikejar bila ingin belajar dengan serius. Toh hari H tesnya masih lama (saat artikel ditulis). Oke sesuai dengan maksud saya membagikan soal SBMPTN kimia 2015. Yang keluar tahun kemarin sebagai berikut:

  1. Diberikan nomor atom karbon dan klorida masing –masing 6, 17. Andaikan keduanya membentuk molekul. Bagaimana sifat ikatan terbentuk? Pilihan 1, 2, 3, 4
  2. Molekul air bercampur dengan aseton terlarut di dalamnya. Jenis interaksi dominan dalam peristiwa tersebut adalah …., pilihannya meliputi gaya london, ikatan hidrogen, dipol terinduksi –dipol permanen, atau kebalikan dari hubungan sebelumnya, ion –ion.
  3. Terdapat tujuh gram senyawa oraganik dibakar sempurna dihasilkan 22 gram CO2. Senyawa organik apakah yang terbentu?pilihannya meliputi: siklobutana, siklobutadiena, butana, benzema, metana.
  4. Konsep stoikiometri diberikan persamaan reaksi, diketahui massa dari pereaksi. Maka persentasi hasil reaksinya berapaa? Jangan lupa konsep pereaksi pembatas.
  5. Lima puluh empat koma delapan gram batuan terkandung barium di dalamnya terlarut dalam HCl pekat berlebih. Bila seluruh ion Ba2+ terendap menjadi barium sulfat. Proses dilakukan penambahan Na2SO4. Hasil akhir diperoleh 2,33 g endapan. Tentukan kadar barium
  6. Soal termokima SBMPTN 2015. Diberikan beberapa entalpi pembentukan standar beberapa senyawa. Ditanyakan entalpi pembakaran C2H2 berdasarkan data tersedia
  7. Reaksi oksidasi reduksi peran selenium sebagai reduktor terdapat pada reaksi…?
  8. Larutan CuCl2 dam CrCl3 dialiri arus listrik sama besar. Jika pada suatu waktu diperoleh nol koma enam tiga lima gram tembaga, maka Cr terendapkan adalah…..
  9. Terdapat reaksi kimia 2NO(g) + Br2 (g) à 2NOBr(g). Ada tabel konsentrasi beserta waktunya. Persamaan laju reaksinya ditanya
  10. Ketika tekanan, temperatur tertentu dalam wadah 10 liter terjadi sebuah kesetimbangan berdasarkan suatu persamaan reaksi. Bila konsentrasi tiap zat pada kondisi tersebut 2M ditambahkan lima mol gas H2 dan 5 mool CO2, hitung molaritas CO pada kondisi baru kesetimbangannya!
  11. Jika Kb = 1,86. Sebanyak enam gram urea dgn massa molekul 60 terlaru pada 200 g air. Bila zat elektrolit terionisasi sempurna, perbandingan delta Tf keduanya sama dengan = ……
  12. Dua ratus mililiter HCN nol koma tiga puluh M bercampur dengan seratus ML KOH 0,30 M. Kemudian ditambahkan 0,8g NaOH padat (massa molekul 40). Derajat keasaman larutan pada suhu 25 derajat celsius …….
  13. Sebanyak 10 ml asam oksalat (AO) terencerkan oleh air sampai volumenya menjadi sepuluh mililiter. Dipakai untuk menitrasi 20 ml larutan NaOH 0,2M menggunakan indikator bromtimol biru. Batas akhir titrasi diperoleh saat volume AO mencapai 25 ml. Maka konsentrasi as oksalaat awal sama dengan …..
  14. Sebuah senyawa organik cair memiliki sifat cari pada suhu kamar, baunya khas, terjadi endapan mengkilat seperti cermin jika direaksikan dengan tollens. Apabila tereduksi akan menghasilkan alkohol sekunder. Biasanya difungsikan sebagai pelarut skala industri. Jenis senyawa tersebut adalah …… pilihannya terdiri dari etil cianoat, penzaldehida, propanon, etanol, n-heksana
  15. Ikatan ester terkandung dalam makromolekul alamiah. Umumnya digunakan secara luas dalam berbagai kehidupan, dapat dihidrolisis oleh enzim lipase. Apakah itu?
Baca Juga  Download Soal dan Pembahasan SBMPTN Soshum 2015

Benarkan perkiraanku bahwa materi biasa keluar di soal kimia sbmptn seperti saya sebutkan sebelumnya. Karena inti dari pelajaran tersebut adalah seputar itu saja. Berbeda dengan fisika yang pokok pembahasannya banyak banget meskipun dapat diprediksi apa saja berpeluang masuk.

soal dan pembahasan kimia sbmpnt 2015

Download Soal dan Pembahasan Biologi SBMPTN

Sekarang aye mau berbagai soal dan pembahasan biologi SBMPTN 2015 yang dapat kalian download secara gratis atau dgn kata lain tidak bayar. Sebenarnya pelajaran ini kurang saya sukai namun tetap saya berikan soalnya. Tidak masalah dong saya berbagi siapa tau bermanfaat bagi pembaca. Sy jg gak terlalu bisa banyak ngomongin masalah biologi karena bukan bidangku. Bila diperinci tiap nomor, yang keluar tahun lalu adalah:

  1. Jenis makromolekul alam apakah memiliki ikatan ester, dipakai secara luas untuk bahan makanan serta terhidrolisis dengan baik oleh lipase? Alternatif pilihannya meliputi amilun, selulosa, polipeptida, trigliserida, kolesterol.
  2. Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan kesesuain antara kelas dan tempat hidupnya. Terdapat tiga kelas : mamalia, aves, reptil serta dua habitat: sumatera dan papua.
  3. Jenis mikroorganisme prokariotik seerta manfaatnya bagi kehidupan manusia
  4. Kronologi mekanisme kontraksi otot
  5. Faktor menentukan kecepatan difusi gas proses respirasi
  6. Fungsi plasenta (ari –ari) pada manusia
  7. Kenapa (ada aktivitas apa?) pada tumbuhan dikotil berkayu berdiameter lebar dan keras batangnya
  8. Hal seputar proses sintesis glukosa
  9. Komposisi pirimidin tertinggi DNA untai tunggal
  10. Teori evolusi kehidupan
  11. Solusi reproduksi manusia menggunakan teknologi bayi tabung
  12. Hubungan sebab akibat meledaknya populasi enceng gondok di perairan sungai terhadap peningkatan kandungan oksigen terlarut dikaitkan dengan proses fotosintesi tumbuhan tersebut
  13. Fuungsi pembuluh limfa dalam balikin cairannya dan ruang antar sel ke sistem sirkulasi berhubungan dengan peran sel darah merah mengikat oksigen
  14. Faktor pemicu terjaadinya eutrofikasi danau
  15. Tahapan mekanisme proses metabolisme glukosa menjadi CO2, H2O dan ATP
  16. Cara pengamatan karyotype sel

Begitulah bentuk soal SBMPTN biologi 2015. Dikarenakan aye kagak mengajarkannya jadi tidak dibahas ataupun dikomentari secara panjang lebar menghasilkan luas dan keliling, heheheh lebai banget. Yah namanya juga guru matematika kok. Berdasarkan pengalaman murid saya, untuk mempelajarinya cukup membaca ringkasan materinya saja. Namun perhatikan juga rangkumanya. Bukan hanya ringkas akan tetapi mewakili semua materinya. Alhamdulillah siswaku tersebut bisa lolos FK Unpad dan UNS Solo. Namun tak sedikit orang beranggapan bahwa ilmu hidup tersebut sangat menyenangkan untuk dipelajari. Karena akan bisa mengetahui segalam seluk beluk kehidupan sehingga kita dapat menikmati kebesaran Allah dari penciptaannya.

soal pembahasan biologi 2015 sbmptn

Soal dan Pembahasan Tes Potensi Akademik (TPA) SBMPTN 2015

Baik kelompok saintek IPA maupun soshum IPS akan sama saja untuk menghadapi sebuha ujian umum yang bernama Tes Kemampuan Dasar (TKD) atau sebagian juga penyebutnya dengan tes kemampuan potensi akademik (TKPA). Secara umum mata ujiannya terbagi menjadi tiga yaitu TPA sendiri yang mencakup matematika dasar di dalamnya, bahasa indonesia dan inggris. TPAnya sendiri terdapat enam bagian yaitu analitik, aritmatika, logika, pola barisan, gambar, serta verbal. Mengapa harus ada? Tujuannya adalah untuk mengukur kemampuan dasar yang dimiliki oleh setiap calon mahasiswa. Tanpa ketinggalan satupun diantara ketiganya, akan kakak bagikan secara cuma –Cuma kepada adikku sekalian.

Soal TKPA SBMPTN 2015 Saintek

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa TKPA terdiri dari enam bagian. Yah bisa dibilang ada kemiripan dengan psikotes. Hanya perbedaannya, kalau psikotes lebih mengutamakan ploa pikir atau karakter seseorang. Lain halnya dengan TKPA, dituntuk juga memiliki kemampuan kognitif serta penguasaan materi saat belajar di bangku SMA. Karena objek penilaiannya adalah kompetensi akademik seorang calon mahasiswa.

Mungkin pada kesempatan ini saja belum menjelaskan secara detail tipe soal TKPA sering dalam SBMPTN nantinya.lah gak mau bagiin soalnya kah kak? Bukan begitu maksud saya. Abdi mah dengan senang hati kok memberikan soal serta latihan pembahasan pada klian semuanya. Maksud kaka adalah gak sampai detail tiap bagian tesnya seperti apa, serta tipsnya bagaimana. Bila masih diperkenankan untuk masih ngeblog, sy akan posting di waktu yg akan mendatang. Berikut abang buat semua tipenya dalam satu bundel agar mudah dipelajari biar nanti engga repot browsing kiri kanan hehehe.

pembahasan soal tpa sbmptn 2015

Soal dan Pembahasan Bahasa Indonesia SBMPTN 2015

Barangkali saja salah satu pembaca tulisanku ini bertanya tanya kenapa sih bahasa Indonesia dimasukin dalam soal seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri? Bukanlah tiap sudah sering atau malahan terbiasa menggunakan bhasa tersebut. Iya pikiran tersebut benar sekali malah gak salah kok. Pertanyaannya adalah apakah selama ini kita telah berkomunikasi menggunakan kaidah yang benar dalam berbahasa.

Baca Juga  Download Soal UN Kimia 2016 SMA Naskah Asli

Perlu disadari semua bahwa bahasa Indonesia merupakan salah satu warisan peradaban nenek moyang Indonesia. Bahkan sudah dikukuhkan dalam teks sumpah pemuda dimana salah satu poinnya adalah berbahasa satu dgn bahasa Indo. Nah coba lihat betapa pentingnya bahasa sebagai alat pemersatu bangsa. Selain itu tatanannya ada aturannya sehingga kita tidak asal ngomong dengan gaya kampungan ketika acara formal. Agar tidak terlalu banyak basa basi kemana mana, langsung aja yah kakak berikan daftar butir soal keluar di SBMPTN 2015 kemarin:

  1. Bacaan bertopik pengaruh teknologi informasi terhadap kehidupan remaja baik dampak positif maupun negatifnya, diminta menentukan ide pokok pragraf pertamanya
  2. Kesalahan penggunaan tanda baca berdasarkan bacaan pada sebuah paragraf ditandai dengan penomoran kata
  3. Pertanyaan dimana jawabannya tidak terdapat dalam wacana
  4. Penggunaan kata ganti merujuk kepada makna sesungguhnya
  5. Kelemahan (kesalahan) paragraf dalam teks cerita
  6. Terdapat sebuah narasi, ditanyakan gagasan utama paragraf kedua
  7. Menentukan diksi kurang tepat pada sebuah kalimat
  8. Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat dibagian mananya?
  9. Pemahaman isi bacaan mengenai kenapa paradigma menjadi masalah utama pembangunan bangsa Indonesia
  10. Menentukan kalimat yang tidak efektif
  11. Kesimpulan isi teks bacaan
  12. Tujuan sebuah penulisan
  13. Simpulan keseluruhan tabel disuguhkan dalam cerita
  14. Kelemahan isi bacaan pada soal

soal pembahasan bahasa indonesia sbmptn 2015

Download Soal Pembahasan Bahasa Inggris SBMPTN 2015

Saatnya kita berbicara mengenai alat komunikasi asing. Sebuah pelajaran yang dimasukkan ke dalam soal SBMPTN yaitu bahasa inggris. Melalui artikel sederhana saya tulis yg sedang kalian baca ini, kalian bisa download soalnya untuk dipelajari. Bila dibandingkan dengan bahasa asli bangsa kita, para pelajar SMA lebih menyukai english. Entah apa alasan jelasnya, mungkin pengen ke luar negeri atau biar terlihat keren (smart), atau sok kebarat baratan kali ya? Hehehehe. Aaah bodoh amat itu kan urusan orang ngapain dipikirin yang gak penting sama sekali.

Sebelum abang memberikan link download soal SBMPTN bahasa ingris 2015, seperti biasanya kakak akan memperinci tipe soal yang keluar tiap nomornya. Si aa ini suka banget banget berbelit beli nulis artikel blognya, tulisannya panjang banget. Apa gak bosan apa kalau menulis artikel panjangnya tak hingga. Engga mumet tuh kepalanya? Engga juga sih dek, malah lebih senang tulis panjang dibandingkan menyoret kata sebaris dua baris. Daftar soalnya yang keluar tiap nomornya adalah sebagai berikut:

  1. Sebuah text kemudian ditanyakan hal yang benar berdasarkan penomoran dalam isinya
  2. Sama halnya dengan no 1 hanya beda penomorannya
  3. Tidak berbeda dari kedua sebelumnya, bedanya hanya menggunakan nomor 3
  4. Tersedia sebuah teksh bacaan terkait pengobatan alternatif untuk berbagai macam penyakit dan kesehatan
  5. The best idea according the text
  6. The argument containt in the naration
  7. Mencari makna sebuha pernyataan terkandung dalam sebuah paragraf
  8. The meaning of one sentence in of paragraph
  9. The best restate of paragraph two
  10. Bacaan berkaitan dengan lingkungan hidup (ecological), according to the passage, which the sentence can shows the author’s bias?
  11. intend of author in paragraph 2 and 3
  12. what is the author’s attitude towards overuse?
  13. Hal apa yang didiskusikan dalam cerita
  14. Kesimpulan palinh tepat untuk mewakili keseluruhan isi bacaan
  15. Hipotesi apa saja yang bisa ditarik dari wacana pada soal

Apabila kita lebih jeli memperhatikan soal bahasa ingris di atas per nomornya, terlihat bahwa soalnya didominasi oleh tipe pemahaman bacaan (reading comphression). Hal utama yang paling dibutuhkan adalah kemampuan untuk menarik intisari dari sebuah cerita/ narasi. Selain itu tentu dibutuhkan perbendaharaan kosa kata (vocabularry) yang bagus.

soal bahasa inggris sbmptn 2015

Pembahasan Soal SBMPTN Saintek 2015

Sesuai dengan judulnya yaitu download soal dan pembahasan SBMPTN 2015 tentu ada bagian berisi peembahasannya dong. Karena di atas yang terlihat hanya soalnya doang. Lalu mana pembahasannya? Iya tetap akan diberikan kok penyelesaiannya namun bukan sekarang. Dilain waktu akan diupdate lagi.

Kunjungi terus saja blog www.herniawan.com untuk mendapatkan pembahasannya soal SBMPTN saintek 2015. Rencananya akan dibahas dalam bentuk video tutrial cara pengerjaan soal. Ketika masuk ke blog saya, tinggal ketik saja pembahasan yang diinginkan di kotak pencarian. Di sisi kanan blog ini telah tersedia kotak pencarian. Ditandai dengan tombol botton biru.

Apaka semua pembahasannya lengkap? Maaf barangkali untuk sementara hanya dua pelajaran yang aku ajarkan saja. Terus kedepannya akan coba dibahas juga soal kimia dan biologi. Rasa ingin sekali membahasnya semua, namun masalah keterbatasan waktu menjadi penghalang utama. Akan tetapi saya akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk para sahabat muda Indonesia. Ane akan merasa senang bila mampu menghasilkan sesuatu untuk kemajuan generasi muda bangsa ini.

Download Pembahasan Soal SBMPTN Soshum IPS 2015

Bagi sobat kelompok Soshum atau IPS sudah sabar membaca artikel panjang ini dari tadi. Bahkan bertanya tanya kapan nih gue menemukan link download untuk soal SBMPTN soshum 2015 beserta pembahasannya. Serta melewati penantian yang cukup panjang akhirnya ketemu juga sub judul bertuliskan kata sesuai dengan keinginan. Senang kan ya? Iya dong, bisa dapatin soal dengan gratis dan gak capek nyari sana sini lagi. Heheee senang sih boleh aja tapi jangan berlebihan ya. Khawatirnya bila kenyataan berkebalikan dari yang kita inginkan bisa jadi masalah seperti kecewa, kesal, atau galau seumur hidup (bagi yang lebai aja).

Kenapa ngomong seperti itu? Karena kenyataannya sekarang kakak tidak memberikannya sekarang untuk soal sbmptn 2015 soshum. Yah berarti bohong dong? Engga juga kok. Kakak tetap berikan tapi melalui postingan lainnya. Nah yang mana lagi? Engga sulit kok tinggal klik aja link gambar dibawah ini. Nanti akan mengarahkan pada halaman berisi fiile yang diinginkan. Loh bang ada gerangan apa harus melalu artikel lainnya? Yah tentu agar halaman tidak terlalu panjang. Artikel kepanjangan akan membuat orang bosan membacanya, malahan langsung close tab nantinya. Tentu hal seperti itu sangat merugikan saya sebagai blogger membutuhkan banyak pengunjung.

soal sbmptn soshum 2015 lengkap