Download Soal dan Pembahasan SBMPTN Soshum 2015

iklan kape

Seperti janji saya pada artikel sebelumnya bahwa akan dibagikan juga download soal dan pembahasan SBMPTN 2015 untuk bidang soshum atau dulu dikenal dengan kelompok IPS. Tentu sebagai seorang blogger khusus dunia pendidikan, ane tidak ingin pengunjung setia www.herniawan.com kecewa dan gak mau kunjungi kembali blog keren luar biasa ini. Hehehehh sekali kali muji diri tak mengapa lah. Orang yg suka ngeblog memang rada narsis kadang stadiumnya sudah gak bisa tertolong, kaya penyakit aja sih gan. Ya seperti itulah biar eksis meski tanpa dikenali oleh sobat muda sekalian sebagai pembaca. Blogging kan kegiatan tanpa tanda jasa, so kudu dijalankan dengan penuh keikhlasan.

Baiklah kita kembali pada topik soal sbmptn soshum 2015 dan pembahasannya. Kita bicarakan satu persatu. Pertama kita bahas dulu masalah soal tiap pelajarannya. Sudah pada tahu belum bidang studi apa saja yang masuk dalam kelompok sosial dan humaniora (soshum). Kalau sudah ada yang tau syukurlah berarti sudah keseriusan guna mengetahui semua beluk beluknya. Nah bagi yang belum nih, sini deh aku ceritain. Ada empat mata pelajaran (matpel) utama meliputi ekonomi, sejarah, geografi dan sosiologi. Lalu bahasa inggris, indonesia dan tes kemampuan potensi akademik (TKPA) gak masuk ya? Ya masuklah Cuma itu kan kategori tes dasarnya yang semuanya dapat baik jurusan sains dan teknologi (saintek) maupun bagi yang satunya.

Khusus bahasa indonesia, inggris dan TKPA bisa di download sendiri lewat artikel soal dan pembahasan sbmptn saintek 2015. Dua yang pertama berformat portabel document file (pdf) sedangkan disebutkan terakhir berformat zip rar karena terdiri dari enam bagian. Tinggal ente unduh sesuai dgn kebutuhan, bila sudah punya yah enggak perlu habisin kuota, cukup yang ada di halaman ini saja. Berhubungan pada bagian paragraf ini membahas sedikit mengenai TPA, sy ingatkan jangan disepelekan karena bobot nilainya sama dengan yg lainnya. Kenapa aye mengingatkan kalian? Dikarenakan banyak sekali siswa SMA menyepelekannya bahkan kaga mau pelajarinya sama sekali. Alhasil tak sedikit mereka menyesal karena kesulitan menjawabnya saat pelaksanaan tes seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri.

Oke kita jangan berbicara kemana mana, fokus pada judul postinganku yg ingin membagikan soal soshum SBMPTN 2015. Dari keempat pelajarannya akan saya bagikan semua tanpa terkecuali satu pun. Oke langsung saja aku berikan.

Download Soal Ekonomi SBMPTN Soshum 2015

Sebagai orang lulusan SMA jurusan IPS ataupun ilmu –ilmu sosial (iis) sebutan untuk kurikulum dua ribu tiga belas (kurtilas) sudah mengetahui bahwa ekonomi itu apa? Iya ekonomi berasal dari dua kata yaitu eko dan nomos. Aih dah bukan itu maksud aye. Intinya aja deh jangan kebanyakan teori lah. Imu yang satu ini mempelajari semua aktivitas kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup serta memaksilkannya dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) terbatas. Eknomi sendiri bisa dibagi bagi lagi sesuai dengan sudut pandangnya. Apa gunanya belajar ekonomi dan kenapa masuk dalam SBMPTN?

Manfaat ekonomi bagi kehidupan manusia, agar bisa berpikir secara rasional terkait semua hal berkaitan dengan kehidupan sehari dalam memenuhi kebutuhan. Lalu mengapa menjadi salah satu bidang studi dlm soal SBMPTN soshum? Jawabannya karena akan menjadi ilmu dasar untuk pelajaran sosial lainnya seperi manajemen, bisnis, akutansi, sosiologi, ilmu politik. Kesemuanya dipastikan butuh refensi aspek ekonomis. Meskipun masing-masing memiliki tingkat urgensi tersendiri. Akan tetapi pasti dibutuhkan.

Soal Ekonomi SBMPTN 2015

Sekarang kakak akan merilis secara jelas tiap nomor soal ekonomi SBMPTN 2015. Tujuan dirilis tidak lain adalah agar adek semua memiliki gambaran poin penting yang biasanya masuk. Pertanyaan tahun kemarin meliputi:

  1. Penentuan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia menggunakan informasi data pendapatan domistik bruto
  2. Masih serupa dengan nomor dua, namun tipe soalnya hubungan sebab akibat antara angka pertumbuhaan ekonomi dengan PDB
  3. Perbandingan kondisi ekonomi dua negara dengan memperhatikan aspek serta semua faktor yang mempengaruhinya
  4. Disediakan bacaan untuk analisa digunakan untuk menjawab nomor empat sampai enam. Soal nomor empatnya berkaitan dengan fungsi konsumsi masyarakat serta perubahannya bila faktor berkaitan mengalami perubahan
  5. Teori schumpeter mengenai faktor berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dunia adalah …. pilihannya terdiri dari tabungan, sumber daya alam, tenaga kerja, pengusaha dan modal.
  6. Hubungan sebab akibat meningkatnya total revenue (TR) pertamina akibat baiknya harga bensin dab solar dengan merujuk pada konsep elstisitas permintaan.
  7. Mencari besar pendapatan total maksimum produsen bila diketahui fungsi pendaapatan dan biaya rata –rata produsen.
  8. Indikator kapasitas manajeman koperasi dalam menghasilkan sisa hasil usaha terlihat pada …., alternatif jawaban yang dapat dipilih meliputi: rasio modal, utang, sovabilitas, likuiditas, rentabilitas.
  9. Yang termasuk kategori akun nominal
  10. Penggunaan buku harian (jurnal) untuk melakukan pencatatan pembelian apa?
  11. Menentukan harga pokok penjualan berdasarkan berbagai data biaya dan stok (inventori) selama produksi
  12. Akibat: harga barang dalam negeri menjadi mahal bila dikenakan tarif pajak impor. Sebab: adanya tarif impoor memacu aktivitas produksi dari produsen.
  13. Apa yang menyebabkan bentuk kurva marginal utility umumnya bergerak menurun dari kiri ke atas ke kanan bawah, alasannya: dikarenakan menggambarkan berapa kepuasan bertambah karena pertambahan sejumlah barang yang dikonsumsi.
  14. Apa yang terjadi ketika kondisi kurva marginal cost (MC) memotong kurva average variable cost (AVC)?
  15. Apa saja ciri –ciri industri minyak mentah dari negara-negara pengekspor minyak yang tergabung dalam OPEC?
Baca Juga  Bagaimana Tips Cara Lulus SBMPTN

Andaikan kita menilik semua redaksi kalimat soal di atas, konsep yang masuk lebih pada ekonomi pembangunan dan aktivitas produksi. Memang materi tersebut sangat penting. Saya juga sangat menyukainya meskipun aku berlata belakang eksak. Tapi waktu SMA kelas satu dulu sempat belajar. Semester 1 kuliah juga belajar tetapi secara umum. Oh kakaak juga menyetakan soal ekonomi tahun 2013, bisa dibandingkan bahwa terdapat beberapa kemiripan. Nah untuk download soalnya dapat klik link gambar di bawah.

pembahasan ekonomi sbmptn 2015

Download Soal dan Pembahasan Sejarah SBMPTN Soshum 2015

Sejarah merupaka salah satu matpel penting untuk jurusan sosial. Meski ane sendiri hanya suka dikit, akan tetapi banyak manfaatnya bila dipelajari dengan serius. Melalui sejarah kita semua bisa ambil sebuah pelajaran bermanfaat untuk berbenah diri sehingga menjadi lebih dari sebelumnya. Selain itu juga akan memberikan banyak wawasan pengetahuan mengenai seluk beluk serta asal muasal sesuatu. Misalnya kemerdekaan negara kita tercinta Republik Indonesia, bagaimana prosesnya mulai dari perjuangan hingga detik –detiik diproklamasikan bahwa bangsa tercinta sudah merdeka. Nah dari situ bisa belajar betapa besarnya pengorbanan orang jaman dulu bahu membahu bahkan rela mengorbakn jiwa dan raganya demi harga diri tanah airnya yang ia cinta. Mereka ingin gigih mempertahankan tanah warisan nenek moyangnya.

Tentu melalui pengalaman para pejuang akan memberikan tambahan motivasi moral agar bisa lebih semangat untuk berusaha dalam segala hal. Sebuah kesyukuran kalian dan saya jg hidup setelah negara merdeka secara hukum internasional. Nah manfaatkan kesempatan tersebut dengan hal bermanfaat, seperti sekarang ini lagi belajar untuk persiapan ikut tes SBMPTN. Nah jadi harus semangat untuk mengejar impianmu ya. Waduh kak ngomong kemana mana sih? Cepatan kasi link soal sejarah sbmptn 2015 nya! Gak pake bertele tele deh bang.Okey seperti biasa sebelum aye bagikan link downloadnya, abangmu neh mau merinci pertanyaannya tiap nomor. Perlu saya jelasin terlebih dahulu, perincian berikut redaksi kalimatnya diubah dikit agar tidak dianggap sama ckckck.

  1. Salah satu metode kajian sejarah adalah historiografi digunakan untuk kegiatan ….
  2. migrasi Deutero Melayu di Indonesia terjadi bersamaan dengan datang kebudayaan apa?
  3. Melalui cara apakah penyebaran budaya India di Indonesia berdasarkan teori brahmana?
  4. Contoh nyata pada bangunan mesjid sebagai akultrasi antara budaya asli bangsa, hindu-budha dan islam terlihat pada …..
  5. Berikut ini yang merupakan tujuan pelaksanaan politik etis yang benar adalah: Pembukaan lahan perkebunan baru, Pembebasan rakyat pribumi dari praktek penjajahan, Melunasi hutang Belanda kepada penduduk asli, Mebentuk sumber daya manusia terampil untuk pemerintah dan pihak swasta, Perluasan jaringan kerja sama di bidang perdagangan internasional
  6. Pandangan pemerintah kolonial terhadap pergerakan sarekat islam sebagai kebakaran rumput kering disebabkan oleh organisasinya bersifat terbuka bagi seluruh kalangan masyarakat
  7. Penganggapan revolusi sosial terhadap peristiwa pada tiga daerah: Pekalongan, Tegal dan Brebes pada akhir tahun 1945 disebabkan oleh pemicunya menyangkut pergantian pejabat pemerintahan pada berbagai level di ketiga daerah tersebut
  8. manifesto kebudayaan guna menghimpun kalangan seniman dan budayawan Indonesia dikeluarkan pada massa pemerintahan terpimpin sebab seniman dan budayawan beafiliasi dengan PKI membentuk lembaga kesenian rakyat (benar atau salah hubungan sebab-akibat).
  9. Waktu pelaksanaan pembangunan jangka panjang direncanakan berjalan selama dua puluh lima hingga tiga puluuh tahun pada masa orde baru. Sebab: perencanannya ditentukan oleh kebijakan dan sasarannya
  10. Awal mulanya lahir era reformasi Indonesia pada Mei 1998 diwarnai dengan berbagai kerusuhan sebabkan oleh gerakan reformasinya diperjuangkan oleh paara mahasiswa
  11. Berikut ini tujuan pembangunan tembok besar cina yang benar adalah: Penciptaan daerah tujuan wisata dan budaya, Sebagai benteng kekaisaran cina dari serangan bangsa mongol, Mengantisipasi wilayah kaisaran Cina dari invasi bangsa eropa, Memberikan kemudahan penarikan pajak barang yang lewat jalan sutra
  12. Faktor penyebab meletusnya revolusi industri di Inggris yang benar berikut: Adanya praktek koloniasasi Inggris di Malaysia dan India, Keterbatasan barang tambang, Paham imperialisme Inggris di Amerika dan Asia, Meningkatnya daya inovasi teknologi
  13. Dampak perang dunia pertama bagi Indonesia paling tepat berikut: Tingkat inflasi sangat tinggi, Impor beras makin meningkat, Angka kematian semakin bertambah, Kegiatan pelayaran perdagangan semakin maju
  14. Doktrin Truman 1947 dikeluarkan bertujuan untuk mencegah hal: Praktek komunisme semakin meluas, Terbentuk negara blok timur, Imperialisma dan kolonialisme semakin meraja lela, Yunani dan Turki ikut terpengaruh oleh Soviet
  15. Revolusi hijau memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat desa yakni: Terjadinya urbanisasi, Lahan pertanian bertambah luas, Alat pertanian menjadi termekanisasi, Produksi sektor pertanian meningkat
Baca Juga  Pembahasan Kunci Jawaban SBMPTN Soshum 2015

pembahasan soal sejarah sbmptn 2015

Download Soal SBMPTN 2015 Geografi dan Pembahasannya

Pada dasarnya saya tidak memberikan pembahasan untuk SBMPTN kategori soshum karena bukan bidangnku. Sama halnya dengan geografi. Tak ada video cara menjawab soalnya, hanya tersedia link download soalnya saja. Mungkin ada yg kecewa? Ya gpp namanya juga kalau berharap pasti kecewa dong. Tapi sebisa mungkin kedepannya blogku ini akan menyuguhkan pembahasan semua soalnya tanpa terkecuali. Tapi bagi lulusan SMA tahun ini (2016) ini belum bisa menikmatinya, kecuali pengen tahun depan. Tapi janganlah masa pengen tahun depan, sama halnya kalian gak ingin lulus tesnya nanti.

Untuk link download soal geografi 2015 bisa ente unduh pada bagian akhir bagian ini. Namun sebelumnya aye mau coba membuat daftar satu- satu tiap soal yang keluar kemarin. Mungkin ada yang bertanya, kenapa sih kak selalu memberikan rincian soalnya padahal kan setelah download kami bisa lihat langsung. Maksudku gini adekku sayang, kalau dikasi lihat detail per nomor pertanyaannya kalian akan bisa menilai perlu untuk didownload atau tidak. Barang kali saja kamu sudah punya sebelumnya so gak perlu habisin kuota untuk mengunduhnya kan? Alasan lainnya adalah agar ada yang bisa aa tulis disini. Masa Cuma ngasi tautan download soal SBMPTN 2015 saja? Pasti yang bacanya bosan tanpa lihat tulisan dan omongan narsis dari blogger seperti ane nih heheheeeh.

By the way aku mau jelasin ternyata khusus geografi yang tersedia hanya tahun 2014. Ya memang belum kaka dapatin yang 2015 nya. Tapi insya Allah kedepan akan terus mencarinya. Namun bila belajar menggunakan dua ribu empat belas tak akan menjadi masalah serius kok. Waktunya Cuma beda dikit so masih ada kemiripan tipe serta sistem pelaksanaan tesnya sendiri.

Nah biar tidak makin bertele tele, alangkah baiknya abdi memberikan butir –butir soal SBMPTN geografi 2015 selengkapnya seperti di bawah:

  1. Bagian dari prinsip geografi yang menjelaskan hubungan antara banjir dan longsor disebabkan oleh bagian hulu hutan sudah gundul dimana opsi pilihannya terdiri dari korelasi, korologi, diskripsi, interelasi, distribusi
  2. Pengaruh yang terjadi bila skala perbandingan peta diperkecil, hal apa yang akan terjadi?
  3. Proses terjadinya danau menggunakan contoh danau Batur di Bali dan danau Kelimutu di Flores NTT termasuk mana? Lipatan, pelarutan, patahan, tektonik atau vulkanik?
  4. Tumbuhan yang hidup di wilayah Indonesia bagian barat dengan AF memiliki ciri cirii apa saja?
  5. Usaha untuk mengatasi penyempitan lahan pertanian di Pulau Jawa
  6. Dampak negatif yang bisa muncul pada sektor pertanian akibat revolusi hijau
  7. Bentuk keruangan permukiman desa di berbagai wilayah Indonesia
  8. Penentuan lokasi industri dipengaruhi oleh faktor apaa aja?
  9. Hubungan sebab akibat: batuan penyusun aquifer merupakan salah satu faktor menentukan sifat kimiawi air tanah karena di dalamnya berlangsung reaksi hidrokimia melarutkan berbagai jenis mineral
  10. Bentuk corak relief permukaan bumi berbeda beda, akan tetapi cara mengukut ketinggian suatu tempat sama yaitu menggunakan titik nol tepat di permukaan air laut. Apakah benar hal tersebut dikarenakan permuukaannya laut tetap pada semua tempat dan relatif sama membentuk bentuk bumi yang bundar
  11. Semakin luasnya kerja sama dengan beralihnya nama Masyarakat Ekonomi Eropa menjadi Uni Eopa karna persamaan dan perbedaan menjadi dasar terjalinnya kerja sama antar negara
  12. Alasan prospeknya pengembabangan pertania di daerah dataran aluvial adalah: Kountor datar serta daya dukung lahan sangat bagus, Terdiri dari partikel aluvial yang subur, Persediaan cadangan air permukaan melimpah, Terdapat akifer yang potensial.
  13. Penyebab batu andesit banyak digunakan sebagai batuan ornamen
  14. Peranan lapisan ozon bagian bawah di stratosfer bagi kehidupan manusia aadalah… Terjadi proses cuaca, Menyaring sinar matahari, Berperan menyerap sinar ultraviolet, Tempat terakumulasinya polutan.
  15. Maksud dari statemen menjaga keberlangsungan dan kelestarian sumber daya alami adalah… Melindungi siste penyangga kehidupan, Memelihara keragaman sumber daya alam ekosistem, Memanfaatkannya secar lestari, Pemanfaatan sesuai potensi dan cadangannya.
Baca Juga  Download Soal Fisika SBMPTN 2015 dan Pembahasannya

Nah itulah rincian soal geografis sbmptn 2015 untuk versi aslinya bsa di download pada link di bawah ini dengan mengklik gambarnya. Formatnya zip rar karena aku masukin juga soal 2014. Setelah kakak periksa dengan jeli, terdapat kesamaan tipe soalnya sekitar empat puluh persen. Nah jadi ada saja yang mirip dengan tahun sebelumnya. Mungkin hal tersebut bisa dijadikan tips belajar dengan mengkaji secara detail selama lima periode ke belakang.

pembahasan geografi sbmptn 2015

Download Soal Sosiologi SBMPTN 2015 Lengkap

Pelajaran terakhir kategori sosial. Sepertinya lega deh karena tugas saya memenuhi janji untuk membagikan download soal SBMPTN sosiologi 2015 terpenuhi juga. Kalau bisa saya sedikit komentari, bidang studi tersebut salah satu ane hindari waktu SMA. Kan jaman ane penjurusan IPA/IPS pas naik kelas 3, jadi waktu tingkat dua kudu belajar deh. Lah emang kenapa dihindari? Ya membosankan aja, mana gurunya kalo ulangan harian ngisinya harus persis sama dengan catatan redaksi kalimatnya.

Selain itu menurutku (waktu itu loh) kalau hidup tengah –tengah msyarakat gak perlu pusingin masalah status, hukum, stratifikasi, ataupun mobilitas sosial. Bila ingin naik statusnya ya tinggal berusaha dengan gigih toh bisa dapat tanpa pusingin berbagai macam teorinya. Eiiit itu opini aye waktu jaman remaja loh. Sekarang pastinya beda. Hehehehhhhheee takut para pakar sosiologi kesal dan marah, mending ngomong kalau itu pandanganku zaman bahula.

Sudah lupakan semua kata –kata guyonan ane di atas. Sebuah pertanyaan sangat urgen, pentingkah keberadaan sosiologi? Jawaban saya pasti penting. Melalui teori –teorinya akan memberikan wawasan serta kearifan dalam hidup bermasyarakat. Untuk kalian juga pastinya penting dong, kenapa? Karena adik semua kan mau ikut SBMPTN so “penting untuk dipelajari” heheeh.

Adapun rincian soal sbmpt 2015 pada tahun lalu sebagai berikut:

  1. Termasuk perbedaan apakah status induvidu dalam masyarakat berdasarkan usianya?
  2. Berlangsungnya interaksi sosial dalam masyarakat harus memenuhi syarat: Kontak langsung dan tidak langsung, Sugesti dan imitasi, Kontak sosial dan komunikasi, Asimiliasi dan simpati, Hubungan primer serta sekunder
  3. belajar bagaimana mengetahui peran yang harus dipegang agar dapat diterima dalam sebuah komunitas, sebutannya dikenal dengan …..
  4. Solidaritas mekanik yang berkembang di masyarakat terjadi karena: Pemilahan kerja simpel, Keakraban, Kesadaran bersama kelompok, Pola relasi sosial kontraktual
  5. Pengatur tata tertib umum dan menyelesaiakan pertentangan merupakan funsi dari pranata?
  6. Fungsi pranata agama yang dibutuhkan oleh masyarakat
  7. Termasuk penjenjangan berdasarkan apa berdasarkan kekuasaan, privelegem prestise?
  8. Masalah pengelompokan sosial berdasarkan mata pencaharian
  9. Dampak yang akan terjadi akibat mobilitas sosial dalam bentuk promosi jabatan dengan imbalan yang tinggi
  10. Tindakan pencurian disertai kekerasan dilakukan seseorang termasuk penyimpangan …..
  11. Fungsi konflik sosial yang terjadi dalam masyarakat…
  12. Konflik realistis antara buruh dan pengusaha sebab tetap berlangsung meskipun tuntutan telah terpenuhi (benar atau salah?)
  13. Penciptaan integrasi sosial melalui asimilasi dan akultari disebabkan oleh alasannya integrasii terjadi bila anggota bisa membentuk konsensus bersama
  14. Dampak negatif dari perubahan sosial bidang ekonomi, politik dan budaya mempengaruhi perkembangan masyarakat: Timbul karakter induvidualisme, Kurangnya rasa percaya pada pihak lain, Pudarnya nilai solidaritas, Difusi komunikasi dan informasi lebih lancar
  15. Pengaruh kemajuan teknologi jaringan informasi memberikan dampat terhadap perubahasan sosial.

pembahasan soal sosiologi sbmptn 2015

Pembahasan Soal SBMPTN Soshum /IPS 2015

Pastinya banyak pembaca sekalian bertanya mana pembahasan soal SBMPTN soshum 2015? Pertanyaan tersebut bagi saya sih hal yang lumrah karena judulnya kan memang ada pembahasan. Namun maaf itu tujuan saya kedepan sebagai lanjutan dari artikel yang sedang sobat muda baca ini. Mungkin tahun depan baru ada so artinya saat sekarang (tahuun 2016) belum bisa ente nikmati hehehe. Bersabarlah ya..

Khusus saintek saya bahas untuk mata pelajaran matematika dan fisikanya. Karena keduanya memang aku asuh. Selain itu memang ane suka banget tuh berdua. Dulu waktu jaman sekolah nilai yang dilihat hanya pelajaran eksaknya aja, yang lainnya lihat paling akhir. Heheheeeehe, sombong kali ye wwkwkwk. Gpp sekali kali curhat buat nyenangin hati pemca yang belum dapatin pembahasan soal sbmptn soshum 2015 di sini.

Terus bagaimana belajarnya kalau belum ada pembahasannya. Bisa aja belajar mandiri menggunakan download soal sbmptn soshum dan pembahasan usaha sendiri dengan buka buku. Justru ketika cari sendiri jawabannya pasti akan masuk karena prosesnya lebih teringat dibandingkan menunggu dibahas oleh orang lain karena bersifat pasif.