Download Soal UN Fisika 2016 SMA Asli

iklan kape

Untuk mendapatkan soalnya disarankan untuk membaca semua sampai ujung bawah karena akan diberikan link download pada bagian akhir berwarna merah. Fisika yg merupakan salah satu cabang ilmu pasti alam dimasukkan kedalam kategori ujian nasional. Sehingga untuk menghadapinya diperlukan persiapan yang matang. Tentu untuk mempersiapkannya perlu belajar. Yang namanya belajar pasti dibutuhkan objek yg akan dipelajari. Salah satu yang terpenting adalah soalnya.

Oleh karena kalian semua perlu download soal UN Fisika SMA 2016 terlebih dahulu. Kenapa harus soal UN Fisika 2016? Karena saat ane tulis artikel kalian baca neh, tahun terakhir adalah taun tersebut. Sebagai senjata lengkap tentu bukan hanya ujian nasional perlu dikaji dan analisa lebih dalam, namun lebih dari itu agar lebih siap.

Kaka sarankan agar menguasai betul soal lima periode ke belakang. bila mampu lebih akan lebih bagus lagi. Variasi soal yang dikerjain dari 5 soal dgn tahunan berbeda kemungkinan mampu mewakili semua materi fisika yg masuk dalam UN.
Oke sesuai dgn judul ditulis di atas yaitu download soal un fisika SMA 2016 maka harus ane kasi deh soalnya. Akan tetapi sebelum gw penuhi kewajiban tersebut, pertama kali kudu aku jekaskan lebih awal mengenai ringkasan atau silabus konsep apa saja dikeluarkan pada tahun tersebut. Melalui sumari di bawah ini diharapkan mampu memberikan gambaran rinci tentang teori apa aja wajib dikuasai atau lebih diprioritaskan.

Materi Soal UN Fisika Tahun 2016

download soal un fisikaPada dasarnya kisi kisii antar tahun setiap soal hampir sama. Jadi bila tahunnya hanya berbeda satu angka kemungkin memiliki tingkat kemiripan yang tinggi. Semakin jauh perbedaan nomor periodenya tentu tipe soalnya akan berbeda.Jadi bila kita melakukan komparasi selama lima thn maka anda akan menemukan perbedaan yg cukup signifikan antara tahun pertama dgn kelima. mengapa perbedaannya besar? Penyebabnya adalah perubahan kissi kisiinya antar thun.
Agar lebih jelasnya, ringkasan teori yang masuk dalam soal UN Fisika SMA 2016 adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Download Pembahasan Soal UN SMA 2016 Semua Pelajaran

1. Besaran Fisika dan Analisa Vektor

Bab yang pertama kali diajarkan untuk fisika SMA asalah besaran dan analisa vektor. Barang kali masalah besaran sudah pernah dijelaskan sebelumnya namun ada sedikit pengembangan dari materi saat memakai seragam putih biru. Pada bangku jenjang pendidikan lebih tinggi ada pengembangan materi meliputi dimensi dan penentuan besaran turunan.
Memang kedua hal tersebut sering banget dimasukin dalam soalnya. Jadi harus memahami penurunan besaraan turunan melalui langkah memadukan bsaran utama yaang tlah diketahui. mungkin saat awal awaalnya antum semua akan merasakan grogi saat melakukannya. Seiring dgn berjalannya waktu ntar bakalan akan terbiasa juga kok.
Misalnya untuk pencarian dimensi sebuah besaran, kalian harus menguasai besarannya masing masiing. Selain itu harus mengetahui tiga dimensi besaran utama yang sering muncul yaitu panjang (L), massa (M), dan waktu (T). Umumjya soal tentang dimensi diselesaikan dengann cara mengombinasikan ketiganya. Sebagai contoh jika ingin mencari dimensi gaya. Perlu diingat terlebih dahulu bahwa gayaa rumusnya adalah massa kali percepatan. Massa memiliki dimensi M sedangkan percepatan satuannya m/s2 ato dimensinya L/T2. Akhirnya kita dapat hasil akhir dimensinya ML/T2.
Bagimana dgn vektor pada soal UN Fisika SMA? Ada hubungan erat dgn besaran krn vektor merupakan indikator nilai serta sebagai penanda arahnya. Tipe soal yang sering banget keluar adalah penguraian beberapa elemen vektor menjadi vektoor elemen x dan y. Kadang keluar jg prhitungan dua vektor yang membentuk sebuah sudut. Untuk tipe soal seperti itu biasanya berapa soal cerita perahu menyeberang sungai dgn lebar tertentu.

2. Soal Kinematik Gerak UN Fisika 2016

Oke sekarang beralih topik pada hal haal yg berkaitan dgn gerak. Cocok banget buat kalian nakal krn suka bergerak. Masa iya sih bang? Wkwkwkwk ya enggak lah adekku tersayang heheheiheihee. Hanya becanda belaka doang kok heeh.
Secara umum kinenatik gerak terbagi menjadi dua bagian yaitu gerak lurus beraturan (GLB) dan grak lrus brubaah braturan (GLBB). Tapi biasanya sering masuk adlh GLBB krn GLB sudah pernah dipelajari waktu SMP bahkan zaman ane SD pernah jg pelajarinya. Malahan aye sendiri udah sejak dlm kandungan ckckckck, ngawur banget deh.
Materi GLBB apa saja berpeluang besar keluar dalam soal UN Fisika? Bila mengacu pada soal taun baru lewat, keluar perhitungan jarak melibatkan grafik hubungan antara kecepatan dan waktu. Cara menghitung jaraknya dpt dilakukan langkah hitung luas daerah di bawah kurva. Tipe soal lain adalah cerita mengenai gerak benda atau kendaraan, bila diketahui kecepatan ataupun kelajuan, bisa juga percepatan serta waktu tempuhnya lalu ditanya jarak tempuhnya.

3. Dinamika Gerak

Dinamika gerak membicarakan seputar semua faktor yang menyebabkan sebuah benda bergerak. Sangat erat kaitannya dengan teori dan hukum Sir Isac Newton. Terdapat tiga huukum newton yang berkaitan dengan keadaan benda yaitu hk I, II, dan III. Secara lengkap ketiga huukum tersebut akan ane jelaskan sebagai berikut dengan sedetail mungkin.

Hukum I Newton menyebutkan andaikan benda berada dalam kondisi diam maka selanjutnya akan tetap diam. Selain itu bila berada dalam kondisi bergerak dengan kecepatan konstan dipastikan akan terus bergerak dgn kcepatan tetap. Hukumm ini juga disebut dengan sifat kelembaman atau inersia benda untuk mempertahankan posisinya.

Biar lebih kebayang kaka jelaskan sedikit contoh nyata hukum I Newton. Tentu kalian semua pernah naik mobil kan? Saat mobil yang ditumpangi melaju, tiba tibaa direm pastinya adek akan kesunduk kedepan. Atau misalnya mobil sedang diam, lalu di driver tancap gas mendadak pasti badan kamu kedorong ke belakang. Tau enggak kenapa bisa seperti itu? Penyebannya ya itu badan yang berusaha mempertahankan posisinya.

Hukum II Newton lebih mengarah pada keadaan benda yang bergerak serta mengalami percepatan dalam pergerakannya. Berdasarkan hukum tersebut dapat kita ketahui bahwa percepatan yg dialami sebuah benda berbanding lurus gaya yang bekerja serta brbanding terbalik terhadap massanya. Jadi bila gaya diperbesar, gerakannya akan semakin cepat.

Hukum III newton biasa dikenal jg dengan aksi reaksi. Bila diberikan sejumlah pada suatu benda, maka bnda tersebut akan direspon dgn besar sama namun berlawanan arah. Gaya yang diberikan itu disebut dengan aksi sedangkan respon bendanya merupakan aksi. Nilai reaksi sama besar akan tetapi bernilai negatif. Ingat loh gaya itu merupakan vektor sehingga arahnya perlu diperhatikan.

Contoh soal fisika UN materi dinamika gerak yang sering keluar apa saja? Biasanya yang sering dikelurkan dalah aplikasi hukum newton pada katrol, gerak benda disertai pemberian gaya, serta perhitungan kesetimbangan benda (dikombinasikan konsep analisa vektor). Akan tetapi kadang dikombinasikan teori lain yg akan dijelaskan pada bagian bagiian selanjutnya.

4. Soal UN Fisika 2016 Suhu dan Termodinamika

Kalor dan termodinamika lumayan memberikan kontribusi yang besar trhadap jumlah soal UN fisika. Biasanya bisa mencapai empat sampai lima nomor. Karena terdiri dari beberapa bagian penting. Secara umum bab ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu suhu dan kalor, ternodinamika serta teori kinetik gas. Ketiga bagian bab tersebut di atas akan coba gw paparkan sejelas jelasnya seperti berikut.

Pertama suhu dan kalor berbicara seputar perubahan suhu, pemuaian serta perambatan kalor. Ketiganya memiliki peluang yang sama besar untuk keluar di ujian nasional SMA. Secara khusus pada bagian perubahan kalor umumnya keluar asas black. Pemuaian terdiri dari tiga bagian yaitu pmuaian panjang (muai linear), luas, dan volum dengan potensi muncul sama besar.

Bagian kedua adalah termodinamika yang membericarakan masalah kerja serta energi akibat pengaruh kondisi suatu gas ataupun fluida. Terdapat beberapa kondisi yang sering terjadi yaitu isothermal (suhu sama), isokhorik (volum samaa), isobar (tekanan sama) serta adiabatik (tidak keluar masuknya kalor). Pertanyaan soal biasanya berupa usaha ataupun energy. Bisa juga menanyakan kalor atan suhu pada sistem kerja mesin carnot.

Teori kinetik gas lebih memfokuskan pada fenomena engergi gerak yang dihasilkan oleh gas. Memiliki beberapa kondisi seperti pada termodinamika namun perhitungan lebih menuju ke energi kinetik dan energi dalam. Biasanya ada beberapa jenis gas berdasarkan jumlah atomnya yaitu monoatomik, diatomik serta poliatomik. Masing atom gas tersebut memiliki derajat kebebasan tersediri.

5. Download Soal UN Fisika 2016 Fluida Statis dan Dinamis

Fluida yg dikenal jg sebagai zat alir seperti cairan gas terbagi menjadi berdasarkan kondisi geraknya, yaitu statis dan dinamis. Diantara keduanya hanya kondisinya saja yang berbeda. Masing-masing memiliki konsentrasi tersendiri. Fluida statis biasanya masuk UN mencakup tekanan hidrostatis serta aplikasinya, aplikasi gaya archimedes (gayaa angkat) seperti berat semu, serta penentuan massa jenis sebuah benda.

Bagaimana dengan fluida dinamis apa saja yang akan sering keluar? Ada beberapa seperti hukum Bernoulli, asa kontinuitas, venturimeter, manometer, aplikasi fluida pada sistem aerodinamika. Cara menyelesaikannya memang sedikit lebih merepotkan dibandingkan jenis statis.

Untuk mempersiapan diri untuk ujian nasional fluida dapat kalian download terlebih dulu untuk pelajari. Kalian tidak perlu khawatir mengenai untuk soal UN tidak akan sulit karena angkanya sengaja dimudahkan oleh pembuat soalnya. Mereka sudah sangat memahami kondisi mental psikologis para pelajar peserta ujian nasional.

6. Soal Fisika UN Cahaya dan Optik

Cahaya dan optik sebenarnya dua hal yang berbeda. Optik sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu geometris dan fisis. Pada bagian geometris mencakup materi pembiasan dan pemantulan pada cerin serta lensa, alat alaat optic seperti mata serta gangguannya. Selain itu keluar pula alat optic untuk pengamatan seperti mikroskop, lup dan teropong masing masiing dalam kondisi mata berakomodasi maksimum serta akomodasi minimum.

Optik fisis lebih bersifat mikrokopis dan melibatkan cahaya sebagai gelombang elektromagnetik. Beberapa kasus yang penting meliputi interferensi celah ganda young, disfraksi celah ganda serta kisi diifraksi. Biasa ada besaran lain seperti lebar celah, jarak layar ke celaah, serta jaarak antara terang pusat ke gelap atau terang ke –n.

Kalian harus sedikit ekstra hati hatii saat mengerjaan soal-soal optik dan cahaya. Baca dan pahami dengan sungguh suungguh terlebih dahulu soalnya sebelum dikerjakan. Uraikan permasalahannya lalu cari apa yang diminta lalu berpikir rumus mana digunakan untuk menyelesaikannya.

7. Soal UN Listrik dan Magnet

Sebaiknya ane bagi dua terlebih dahulu yaitu listrik dan magnet. Kedua jelas ada perbedaannya yang nyata meskipun dapat dihubungkan pada bagian elektromagnetik. Untuk yang pertama kita sedikit bicarakan mengenai listrik. Sebenarnya terbagi lagi menjadi listrik statis dan dinamis. Statis merupakan jenis listrik yang tidak mengalir. Sering kali ditanyakan mengenai rangkaian kapasitor, gaya dan medan magnet, energi listrik serta kecepatan gerakan muatan.

Listrik dinamis atau lebih dikenal arus listriik searah mencakup rangkaian hambatan seri, parallel atau campuran, rangkain lisstrik menggunakan hukum II kirchoof, daya serta energi listrik.  Sebenarnya bab ini bisa dianggap sebagai pokok bahasan mudah bahkan pake banget deh. Jadi tidak perlu ditakutkan namun tetap kalian berusaha untuk mendapatkan nilai maksimal.

8. Magnet dan Elektromagnetik

Magnet dan elektromagnetik merupakan dua teori saling berhubungan. Magnet sering masuk dalam UN Fisika umumnya berupa perhitungan kuat medan magnet serta penentuan arahnya pada kawat lurus, gaya Lorentz dua kaawat sejajar atau pada muatan yang bergerak. Umumnya perhitungannya cukup sederhana karena tinggal masukin ke dalam rumusnya. Tapi harus benar benaar memperhatikan arah medan magnet, kuat arus maupun arah gerak muatannya.

Lalu untuk soal elektromagnetik yang sering kali muncul adalah perhitungan gaya gerak listrik pada kawat lurus dialiri arus listrik akibat adanya medan magnet pada daerah tersebut, perubahan fluks, aplikasi pada arus bolak balik (alternate current), serta penerapannya pada transformator. Diperkirakan jumlah soal tipe ini sekitar dua sampai tiga nomor. Meskipun jumlahnya tidak terlalu signifikan, antum semua harus tetap mempelajarinya agar mendapatkan nilai UN yang tinggi.

9. Getaran, Gelombang dan Bunyi

Getaran dipastikan keluar adalah tipe harmonis sederhana. Beberapa konsep kudu wajib antum kuasai adalah hubungan antara simpangan, kecepatan serta energi mekanik. Berdasarkan pengalaman kakak mengerjakan soal selama mengajar bisa diselesaikan menggunakan hukum kekekalan energi mekanik. Tapi ada juga tips lain menggunakan jumlah total energi (potensial dan kinetik sama dgn 1/2kA2).

Gelombang sering keluar adalah berjalan. Biasanya diberikan persamaan umum gelombangnya lalu ditanyakan kalau bukan kecepatan, panjang gelombang, atau frekuensi. Bisa juga besaran tersebut diberikan, diminta menentukan persamaan gelombang. Kalau tips belajarnya tentu lu enggak akan menghadapi masalah dalam menyelesaikan soal soaal tersebut.

Bagian ketiga dari kategori ini adalah bunyi. Mungkin ini agak sedikit banyak karena terdapat banyak teorinya. Konsep sering dipertanyakan meliputi kecepatan bunyi dawai, efek Doppler, serta intensitas dan tarafnya. Abang sarankan untuk menguasai semua rumusnya agar bisa mengerjakan dengan baik soal UN berkaitan dgn bunyi.

10. Soal UN 2016 Usaha dan Energi

Bab ini berani deh katakan dengan penuh percaya bahwa materi paling mudah dari semua pokok bahasan lainnya. Anggapan tersebut tentu memiliki dasar yang kuat yaitu sederhananya rumus serta konsep konseep di dalamnya sangat mudah dipahami. Tidak seribet yang lainnya.

Umumnya yang keluar adalah soal berkaitan dengan aplikasi kekekalan enegeri mekanik. Nah konsep kekekalan energy mekanik, kita juga gunakan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan gerak luurus beraturan arah vertikal.

Kadang kala soalnya dihubungankan dengan gaya gesek. Misalnya contoh sebuah batu dijatuhkan dari ketinggian tertentu, mengenai pasir dan menembus masuk dalam pasirr tersebut. Tentu pada kasus tersebut terdapat gaya tahan dari pasirnya. Nah seperti itu kita harus memperhatikannya.

11. Download Soal UN Fisika 2016 SMA Momentum dan Impuls

Momentum dan dan impuls memiliki hubungan yang erat. Alasannya mungkin sudah ada yang sudah mengetahuinya bahwa impuls merupakan perubahan momentum. Momentum sendiri merupakan perkalian antara massa benda dengan kecepatan geraknya. Sedangkan impuls dapat dirumuskan sebagai perkalian gaya yang diberikan dgn waktu kerjanya.

Tipe soal yang sering keluar di UN biasanya berkaitan dengan kekekalan momentum, tumbukan lenting sempurna atau tidak lentiing sama sekali, serta konsep impuls. Pada impuls biasanya ditanyakan besar nilai gaya yang bekerja. Satu hal yang ingin kakak ingatkan di sini, momentum merupakan besaran vektor sehingga kalian harus memperhatikan arah kecepatannya.

12. Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar

Langsung aja kakak jelasin tipe soal yang sering keluar untuk kategori dinamika rotasi. Sering kali keluar persamaan torsi. Namun biasanya menghubungan dua persamaan torsi, yaitu perkalian gaya dengan panjang lengan gayanya dan prkalian antara momen inersia dgn percepatan sudutnya. Sering kali soalnya menanyakan hubungan antara kedua persamaan tersebut sehingga menghasilkan hubungan lain antara besaran besarannya.

Kesetimbangan benda tegar keluar biasanya sebuah batang yang ditempatkan di atas kedua penyangga. Bisa juga batang yang memiliki engsel dikaitkan pada dinding serta diberi beban. Kedua kasus tersebut sering kali keluar. Untuk menyelesaikannya kita dapat menggunakan tiga syarat dasar kesetimbangan benda getar yaitu sigma gaya sama dengan nol atau total torsi = 0. Sigma F dpt dibagi lagi menjadi dua yaitu elemen X dan Y.

13. Fisika Atom

Fisika atom sebenarnya materi UN yang cukup simple banget deh dibandingkan yang lainnya. Sesimpel apa sih kak? Hehehehe semangat deh kalau dengar yang mudah dan gampang. Coba deh bilang susah udah malas, malahan pengen nangis bagi yang cewek. Kalau cowok nangis juga aye pastikan suka main boneka Barbie deh wkwkwkwkwk. Parah banget yah? Heheeeheihe.

Pertanyaan yang akan sering keluar meliputi efek foto listrik, struktur atom, radioaktif mencakup reaksi fusi dan fisi, serta peluruhan, waktu paruh. Secara keseluruhan angka-angka serta soalnya bisa dikatakan mudah. Malahan kadang beberapa diantara konsep saya sebutkan di atas sering yang keluar hanya teorinya saja.

Link Download Soal UN Fisika SMA 2016 Naskah Asli

download fisika 2016 asliSetelah ane banyak menjelaskan materi soal UN Fisika 2016 secara panjang dan sejelas jelasnya, mungkin adek sebagai pembaca udah bosa. Tapi jangan lupa yah, kalian ada yang dibutuhkan yaitu link download soalnya. Jadi harus sabar dong heheee. Mau kan jadi penyabar biar makin disayang sama Allah?

Oke agar tidak panjang lebar langsung aja deh gw ngasi link soalnya agar bisa kalian segera pelajari guna mempersiapkan mengikuti UN fisika nantinya. Untuk mengunduhnya dapat kalian lakukan dengan mengklik tautan yang berwarna merah berikut.

Download Soal Asli UN Fisika SMA 2016