Informasi Biaya Kosan Sekitar ITB

Memasuki waktu perkuliahan dimulai, alumni sekolah menengah atas atau SMA tentu membutuhkan kosan. Begitu juga halnya dengan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). Mereka akan mencari informasi mengenai biaya harga kosan sekitar kampus ITB. Mungkin anda pembaca tulisan merupakan saah satu di antaranya, atau mungkin berkeinginan kuliah di perguruan tinggi teknologi terbaik Indonesia ini. Jadi sebelum masuk, terlebih dahulu mencari kabar mengenai hal tersebut guna memperidiksi seperti apa sih kehidupan sekitar sekolah tinggi berlambang ganesha ini.

info kosan itb murah
info kosan itb murah

Kabar tentang harga kosan dan kontrakan sekitar ITB memang banyak pencarinya di google. Mereka kebanyakan datang kata kunci tersebut namun diembelin dengan kata murah. Murah mahalnya harga bukanlah faktor utama dalam mencari indekos di sekitar perguruan tinggi ini. Maka dari itu muncul lah tulisan saya ini bertujuan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Namun sebelum saya jelasin harga kostan terlebih dahulu harus mengenal sebaran kampus Inst Teknologi Bandung. Lembaga pendidikan ini memiliki beberapa kelompok gedung untuk kuliah. Namun memiliki dua kampus utama yaitu kampus ITB Ganesha yang terletak di sekolah tinggi teknik pertama serta kmpus jatinangor. Sebenarnya ada isu bahwa akan ada dua lokasi lagi yaitu daerah bekasi (tepatnya delta mas) dan walini. Namun akan tetapi dua yang disebut terakhir belum dibangun namun sudah diberikan wewenang ke pihak manajemen Insitut Tek Bandung untuk digunakan sebagai lahan pengembangan kampus. Kedepannya akan dibangun seiring rencana multikapus. Jadi untuk sementara pelaksanaan perkuliahan masih berpusat di dua kampus utama yaitu kmpus ganesa dan jatinangor. Kampuus jatinangor sendiri merupakan bekas kampus universitas winaya mukti (Unwim) sudah rampung dibangun pada tahun 2011 dan mulai digunakan pada ajaran 2011/2012.
Nah sebelum kalian mencari kosan sekitar kampus ITB, kalian harus tau dulu jurusan kalian ada di  mana? Nah gimana dong kan ngga tau jurusan adanya di ganesha atau jatinangor. Okey deh kalo begitu. Untuk informasi bahwa aktivitas utamanya masih di kampus ganesha seperti rektorat dan pelaksanaan perkuliahn sebagian besar program studi dan jurusan. Sebagian besar fakultas dan departemennya ada di ganesha. Jurusan yang ada di Jatinangor ada dua yaitu Sekolah Ilmu Teknologi Hayati (SITH) terdiri tiga program studi yaitu bioengineering, ilmu tentang perhutanan, ilmu pertanian. Terdapat juga dua program studi di bawah fakultas teknik sipil lingkungan yaitu infrastruktur sanitasi lingkungan dan sumber daya air. Sedangkan jurusan lainnya berpusat di gedung utama di jalan ganesha.

Tinggal kalian tentukan dimana kalian akan mencari kosan /kontrakan sesuai dengan lokasi jurusan kalian. Sebenarnya antara ganesha dan jatinangor sudah tersedia bus untuk menghubungkan kedua kampus tersebut. Namun perlu diingat jangan menggantungkan diri pada fasilitas kendaraan tersebut. Tau sendiri kondisi Bandung macet meskipun tidak semacet Jakarta dan Bogor akan tetapi akan menjadi penghalang kelancaran kuliah nantinya karena telat. Belum lagi jika dosennya killer bisa apesnya diusir jika telatnya kelewatan banget hehehehe. Tentu kalian semua tidak ingin hal tersebut terjadi kan? Oleh karena itu carilah kosan sekitar kampus ITB yang paling praktis dalam hal jarak serta waktu tempuh ketika akan kuliah. Lokasi kosan dekat tempat kuliah tentu akan lebih efisien. Oh ya khusus mahasiswa jtinangor disediakan asrama untuk tingkat pertama. Setelah naik ke semester tiga harus keluar asrama dan berbaur dengan masyarakat sekitar.

Setelah kalian mengetahui lokasi kosan yang tepat. Saatnya kalian harus memilah dan memilih kosan/kontrakan mana yang tepat. Kenapa harus seperti itu? Kan di lokasi keinginan kalian tidak hanya ada satu kosan, namun bisa tersedia puluhan atau mungkin ratusan. Jadi adik sekalian harus mempertimbangkannya sebelum memilih serta menentukannya. Barang kali bingung untuk memilihnya. Tentu harus ada kriteria sebelum menentukan pilihan. Nah sekarang perhatikan cara  mencari kosan di sekitar ITB di bawah ini.

Tips mencari kontrakan/kosan sekitar ITB

Sebelum mencari kosan bagi mahasiswa Institute Teknologi Bandung sekitarnya perlu dipikirkan dengan matang agar nantinya tida merasa salah memilih sehingga berujung pada perasaan menyesal dalam hati. Jika ada rasa nyesal seperti itu nantinya akan menggangu mood untuk belajar berakibat pada prestasi akademik. Bisa juga akan menjadi stress serta kegalauan berkepanjangan. Banyak sekali masalah yang menjadi penyebab rasa nyesal karena salah memilih kosan seperti: lingkungan tidak cocok (seperti keamanan serta kondisi untuk belajar), banyak fasilitas rusak, serta gaya hidup rekan sesame penghuni.

Untuk menghindari semua hal tersebut. Perhatikan beberapa tips berikut dalam mencari kosan sekitar kampus ITB:

1. Lokasi kosan

Tempat lokasi kosan merupakan hal penting dalam mempertimbangkan sebelum memilih. Ada lokasinya jauh dari pusat perkuliahan, ada pula yang dekat. Kendati demikian, perlu diketahui perbedaan lokasi tempat kosan akan menentukan harganya. Tempat dengan akses ke kampus mudah serta dekat dengan pusat perbelanjaan dan pertokoan pastinya akan lebih tinggi bila dibandingkan posisinya agak ke dalam atau pinggiran. Pilhlah tempat dengan akse mudah. Bila tidak memiliki uang besar untuk lokasi yang paling strategis, makanya pilihlah jarak yang sedang saja (tidak terlalu dekat tetapi gak jauh amat). Paling strategis dengan akses terlancar tentu harganya lebih tinggi dari jaran jauh dari kampus. Oleh karena itu pilihlah pertengahannya atau lebih dekat sedikit hehehe.

2. Fasilitas Kos ITB

faslitas kosan sekitar itbFasiltas tersedia pada kosan sangat penting. Biasanya standar fasilitas tersedia adalah tempat tidur, lemari serta meja kursi belajar. Selain fasilitas standar tersebut ada fasilitas lain yang perlu diperhatikan, yaitu apakah toilet dalam atau luar, disediakan AC, hot water (air panas untuk mandi) bahkan beberapa kosa menyediakan internet free hotspot. Sama halnya dengan lokasi, kelengkapan fasilitas yang disediakan akan menentukan biaya kosan kosan tersebut. Fasilitas lengkap berdampak pada harga tinggi dibandingkan kurang lengkap. Namun fasilitas standar yang tersedia pada kebanyakan kosan sudah cukup kok. Jadi untuk masalah ini tidak terlalu dipusingin. Jadi sesuaikan dengan budget dan kemampuan finasnsial masing-masing. Jika kelengkapannya standar biasanya akan relatif lebih murah akan tetapi sebaliknya sudah pasti biayanya lebih tinggi.

3. Harga Kosan Sekitar ITB

Harga kos sekitar kampus ITB berbeda. Seperti disebutkan pada dua poin sebelumnya bahwa biaya kosan ditentukan oleh berbagai faktor seperti kelancaran akses kuliah dan perbelanjaan berkaitan erat dengan posisi dan lokasi, tersedianya fasilitas lengkap. Jika memiliki uang cukup dapat memilih lokasi dekat dengan akses cepat serta fasilitas super lengkap. Namun bila uang pas pasan maka pilihlah kondisinya menengah atau bila dana sangat cekak,sedikit mengalah pada kosan lebih sederhana lagi. Intinya tentukan sesuai dengan kemampuan.

4. Lingkungan

lingkungan kosan di ITB murahHal lain perlu diperhatikan juga adalah kondisi lingkungan kosan. Lingkungan maksudnya luas. Bisa lingkungan sekitar kosan (masyarakat setempat) atau lingkungan dalamnya. Perhatikan apakah kondisinya kondusif sehingga menjadikan kosan sebagai tempay nyaman untuk istrahat, berteduh dan belajar. Hal lain tidak kalah penting adalah gaya hidup dan pergaulan sesame penghuni kosan. Apakah mereka memiliki sikap dan tingkah laku baik  sehingga bisa mendukung kehidupan kita lebih baik atau justru menjerumuskan ke hal negatif. Sudah jarang lagi kabar mengenai kehidupan akan kosan bebas dan melakukan kebiasan serta pola hidup tidak sehat seperti pergaulan bebas, serta keterlibatan pada narkoba. Pastikan suasananya nyaman sehingga memberikan ketenangan dalam diri saat istrahat dan belajar. Semua itu bertujuan agar mendukung semua aktivitas selama kuliah.

 Demikian informasi tips mencari kontrakan dan kosan sekitar ITB. Mungkin secara umum seperti itulah hal penting perlu dijadikan patokan sebelum memilih. Sekiranya bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian yang akan masuk institusi pendidikan teknologi terbaik Indonesia ini guna mencari tempat persinggahan serta teduh di sela kesibukan kuliah. Jangan hanya harga dan biaya saja menjadi bahan pertimbangan namun perhatikan faktor lainnya. Salam sukses dari dari admin Herniawan.com semoga bisa mencapai tujuan yg diimpikan setelah lulus.

Penulis: Herniawan.com

Pembahasan soal STAN berisi video pembahasan lengkap yang mudah dipelajari dan membantu calon peserta tes STAN agar mudah mengerjakan soal saat Tes USM STAN. Untuk mendapatkan pembahasan lengkap kunjungi www.KafePelajar.com