Informasi Biaya Kuliah STAN Tahun 2015

iklan kape
Biaya kuliah STAN 2015

Biaya kuliah STAN 2015

Sebelum kalian masuk kuliah di Sekolah Akutansi Negara. Sebaiknya kalian cari terlebih dahulu informasi mengenai biaya kuliah di STAN tahun 2015 ini. Pada dasarnya sekolah ini bebas biaya alias gratis dan ikatan dinas. Namun yang digratiskan adalah biaya penyelenggaraan operasional pendidikannya bukan biaya pengeluaran pribadi. Pengeluaran pribadi itu seperti biaya hidup (makan minum), pakaian, transportasi, biaya kosan serta keperluan pribadi seperti pulsa, buku dan alat tulis. Nah pada tulisan ini akan dibahas mengenai biaya-biaya tersebut.

biaya pendaftaran kuliah STAN

Rincian biaya kuliah STAN tahun 2015 meliputi:

  1. Uang pendaftaran
  2. Biaya pendidikan
  3. Biaya iuran kelembagaan mahasiswa
  4. Pembayaran saat wisuda
  5. Alat-tulis
  6. Kontrakan/ kosan
  7. Kebutuhan makan minum
  8. Keperluan pribadi

Nah itu kira-kira seperti itu lah biaya pengeluaran pada saat akan kuliah di kampus ikatan dinas ini. Untuk nomor  yang kedua gratis karena pendidikannya dilaksanakan tanpa bayar alias pengeluaran operasional ditanggung oleh pemerintah. Secara rinci akan dibahas dibawah ini:

ongkos sekolah stan

1. Uang pendaftaran

Uang pendaftaran merupakan biaya wajib saat Uang pendaftaran dikeluarkan saat melakukan pendaftaran. Pendaftaran dilakukan secara online melalui web resminya www.usm.stan.ac.id . Uang pendaftaran ditransfer lewat ATM/ teller bank ke nomor rekening yang tertera di bukti pendaftaran online (BPO). Biaya pendaftaran seleksi masuk STAN sebesar Rp 250 ribu. Uang pendaftaran ini merupakan resmi sesuai dengan surat edaran pengumuman seleksi USM.

2. Biaya Pendidikan

Sekolah tinggi ikatan dinas ini berada di bawah naungan Kementerian Keuangan RI. Semua lulusannya nanti akan bekerja di semua lembaga yang berada di bawah koordinasi Kementerian Keuangan. Selama kuliah tidak dipungut biaya pendidikan satu sen pun alias gratis. Ini kesempatan bagi adik-adik yang tidak ingin memberatkan beban orang tua cocok untuk memilih institusi milik kemenkeu ini. Tentu sebagai anak yang baik pasti akan memahami keadaan ekonomi orang kalian harus pertimbangkan biaya pengeluaran orang tuan kalian untuk pendidikan. Namun yang perlu digarisbawahi di sini adalah balas jasa berupa keharusan untuk bekerja di lingkungan kementerian keuangan. Tapi yakin deh, tidak ada yang menolak untuk kerja di salah satu kemeterian bergengsi ini hehehehehe.

3. Uang kelembagaan mahasiswa

Sebenarnya tidak cocok juga disebut dengan uang kelembagaan mahasiswa. Karena uang ini sudah mencakup semua pembayaran jaket almamater beserta uang keanggotan BEM serta biaya lainnya. Biaya ini dibayarkan saat pendaftaran ulang. Untuk iuran ini hanya dibayarkan sekali selama kuliah. Jadi bisa diperkirakan untuk yang ambil DIII berarti tidak membayar lagi selama tiga tahun. Sebenarnya ini bisa dibilang sangat murah untuk tiga tahun. Untuk pengeluaran ini sekitar 648 ribu rupiah

4. Biaya wisuda

Setelah menempuh pendidikan selama tiga tahun bagi D3 sedangkan  bagi D1 selama satu tahun, maka sebagai tanda berakhirnya pendidikan adalah wisuda. Wisuda merupakan sebuah seremoni pengukuhan dan penganugerahan ijazah yang menjadi menjadi bukti pernah kuliah dan menempuh pendidikan di kampus. Satu angkatan akan diwisuda secar serentak. Biaya wisuda yang dikelauarkan adalah Rp 850 ribu. Biaya ini dibayarkan sekitar 1 bulan sebelum wisuda.

5. Biaya Alat tulis

Alat tulis selama  menempuh pendidikan ada yang disediakan oleh sekolah namun ada pula yang harus disediakan sendiri oleh mahasiswa. Alat tulis seperti buku tulis disediakan oleh sekolah yang dapat diperoleh di sekree. Ini merupakan hal positif karena mahasiswa tidak mengeluarkan biaya untuk keperluan ini. Sedangkan alat tulis lain seperti pulpen, pensil, binder dan kertas pinder dan keperluan alat tulis lainnya tentu dibeli sendiri oleh mahasiswa. Selain buku pelajaran, pasti selama kuliah memerlukan buku teks pelajaran. Untuk teks pelajaran sudah tersedia di perpustakaan kampus. Di perpustakaan kampus ini telah tersedia banyak buku teks pelajaran yang diperlukan. Bagi yang suka membaca dan hobi belajar (kutu buku) rajin rajinlah ke perpustakaan.

6. Kontrakan /kosan

Di sekitar kampus sudah tersedia kontrakan atau kosan. Harga kontrakan atau kosan bervariasi tergantung kualitas, kebersihan, fasilitas yang disediakan, dan jauh dekatnya jarak dengan kampus. Harganya biasanya berkisar antara 2,5 juta sampai 6 juta. Biaya ini sudah merupakan biaya net yang termasuk listrik dan air. Jenis kontrakan atau kosan bervariasi ukuran dan kemudahan akses ke kampus. Ada yang dilengkapi dengan AC, Wifi, dan toilet dalam dan ada pula tapa AC dan  wifi tapi kamar luar. Selain itu ada juga kosan yang sangat sederhana hanya ruangan 3 x 4 meter. Berdasarkan jauh dekatnya juga beragam, ada kosan yang jauh dan ada juga yang dekat. Rata-rata kosan mahasiswa paling jauh bisa ditempuh perjalanan dalam waktu 20 menit ke kampus.

7. Keperluan makan dan minum

Keperluan makan dan minum merupakan kebutuhan sehari hari bagia setiap orang. Karena makan dan minum memberikan energi yang digunakan untuk beraktivitas dengan baik. Kualitas hidup dan kesehatan seseorang juga dipengaruhi nilai gizi yang dia makan. Di sekitar kampus dan kontrakan mahasiswa banyak tersedia warung yang menydiakan berbagai macam menu makanan. Harga tiap menu bervariasi tergantung keinginan adik adik memilihnya. Rata-rata harga makanan di warung berkisar antara 7 ribu sampai 15 ribu rupiah. Namun disarankan jangan terlalu irit dengan makan nasi tempe saja karena nanti nutrisi dan suplai gizi kurang. Sebaiknya makan dengan menu yang bervariasi dan harus sabar selama kuliah di kampus ini.

8. Keperluan pribadi

Nah ini merupakan keperluan pribadi yang harus dikeluarkan seseorang tiap hari dan tida ada hubungannya dengan kuliah di kampus ini. Sekalipun tidak kuliah, keperluan pribadi tetap  ada dan akan menjadi pengeluaran wajib seseorang. Pengeluaran pribadi misalnya pulsa, beli baju, perlengkapan mandi, biaya nonton bagi yang suka nonton. Untuk pengeluaran pribadi ini berbeda-beda untuk tiap orang. Di sini lah letak perbedaan orang yang bisa dengan bijak mangatur keuangan dan pengeluarannya. Ada orang yang bisa hemat dan ada pula orang yang boros dan kurang bijak mengelola keuangannya.

Demikian informasi biaya kuliah yang dikeluarkan selama kuliah di kampus ikatan dinas akutansi negara ini. Semoga informasi ini menjadi informasi yang bermanfaat dan membantu adik adik untuk merancang dan merencanakan seperti apa perkiraan kehidupan adik adik setelah lulus masuk kampus ini.

biaya di stan