Informasi Pendaftaran STAN 2015 Buka atau Tidak

iklan kape

Banyak sekali yang menayakan tentang kapan pendaftaran stan 2015 buka atau tidak. Mereka penanya pada umumnya adalah penerima pengumuman simpang siur informasi stan 2015 dibuka. Menurut sy, info yg mereka terima adalah kabar spekulatif dari pihak-pihak berkepentingan pribadi dan kelompoknya. Tidak ada maksud untuk mendiskritkan keberadaan bimbel persiapan masuk kampus ikatan dinas ini, namun kenyataannya isu mengenai hal tersebut berawal dr institusi pendidikan non formal itu. Ada beberapa bimbel mengatakan akan di buka pada tanggal kisaran 26 Mei (merujuk tahun) lalu. Anehnya dalam penulisan jadwal rangkaian tes itu dikasi tanda kutip. Dibawahnya ditambahin *) kunjungi langsung halaman web www.stan.ac.id. Padahal sudah jelas-jelas di webs resmi yg diberikan tersebut tdk ada sama sekali kabar mengenai hal tersebut.

Jadi wajar bila saya anggap info seperti itu adalah info spekulasi dr kalangan bimbel.Apa anda tau kenapa mereka menyebarkan rumor dgn kebenaran yg sama sekali tidak pasti itu? Tentunya mereka punya tujuan dan maksudnya dong. Lalu apakah itu? Ya tujuannya adalah agar siswa-siswa alumni SMA mendaftar ke bimbel mereka. Setiap ada penyampaian info pendaftaran stan 2015 buka, pasti mereka mengikutkan kalimat persuasif berisi ajakan bergabung dgn bimbel mereka guna membantu memperbesar peluang mereka untuk lulus masuk STAN tahun 2015. Banyak dokronasi pihak mereka lalukan seperti memainkan mindset siswa SMA ataupun alumni bahwa belajar lebih awal akan lebih baik. Peluang lulus pun pastinya akan terbuka lebih lebar.

Belum lagi berbagai penawaran diskon mereka berikan bagi pendftar sebelum bulan tertentu. Tipe bimbelnya pun banyak ragamnya. Ada bimbel stan murah merah meriah serta adapula bimbel sper mahal. Gue sendiri punya siswa dari salah satu SMA negeri di Bogor mendaftar di sebuah bimbel dekat stan. Biayanya pun  sangat wah sekitar lima belas juta rupiah dan dia diimingi diskon duaj juuta sehingga dia hanya membayar tiga belas jt rupiah. Angka yg sangat fantastis bagi orang kelas ekonomi seperti diriku ini.

Pendaftaran STAN 2015 Buka atau Tidak Dibuka

Anehnya bimbel tersebut pula yang menyebarkan rumor pendaftaran stan 2015 dibuka sekitar akhir bulan mei 2015 (sekitar tanggal 26-28), alan tetapi ada tanda *) (bintang kurung tutup). Tapi bingungnya saya kenapa siswa mau aja daftar ke bimbel tersebut padahal info mereka sampaikan sama sekali tidak pasti. Ya namanya juga sudaj kemakan rayuan marketing bimbel, siswa sudah pada tergiur. Ya dipikir-pikir siapa jg yg tidak ingin masuk STAN setelah lulus langsung dijamin dapat kerjaan. Tidak sedikit rayuan serta buaian pemasaran bimbel hingga alumni SMA masih berusia layak tes USM mendaftar sebagai siswa didik. Iya banyak sekali ragam penawaran mereka janjikan. Ada bimbel mengklain bahwa pemiliknya adalah mantan direktur sekolah tinggi akutansi, ada dalam promosinya mengatakan bahwa pengajarnya dosen institusi pendidikan ikatan dinas bergengsi tersebut.

usm stan 2015 tidak buka

Belum ada kepastian buka atau STAN 2015 tidak dibuka

Aku coba iseng buka internet dan searching mengenai bimbel tersebut, terlihat bahwa mereka menyebarkan informasi lowongan kerja untuk tenaga pengajar untuk mendidik siswa yang akan ikut tes STAN. Syaratnya sarjana S1 atau minimal semester lima berpengalaman mengajar serta menyukai dunia pendidikan. Nah lo bagaimana tuh? Saat promosi pemasaran program bimbelnya mengatakan bahwa pengajarnya adalah dosen-dosen STAN, kok buka lowongan kerja dgn syarat pendidikan minimal semester 5. Apakah promosi kelebihannya hanya untuk menarik calon siswa didik? Seperti itu kah cara bisnisnya?Bisnis itu seharunya ada etikanya dong. Dalam bisnis ada yang namanya produk dan jasa. Atribut penting dari keduanya ada harga (price) and nilai (value). Price atau harga merupakan nominal angka yg dibayarkan oleh konsumen atau pelanggan sedangkan nilai (value) adalam manfaat yg akan harusnya diperoleh pelanggan /konsumen setelah mereka mengeluarkan uang untuk harga sebuah barang atau jasa. Nah kalo kita balik lagi ke bimbel klaim staf pengejar mereka adalah dosen, mereka menjanjikan sebuah nilai. Tentu mereka bermaksud meminta harga tinggi terkait jasa mereka untuk persiapan siswa pendaftar STAN 2015.

Ya kita memang harus selektif menerima informasi terkait pendaftaran STAN 2015. Banyak informasi palsu sengaja dikeluarkan dengan tujuan tertentu. Memang tidak sepenuhnya bisa dikatakan sbg info palsu, namun mereka mebiaskan kabar mengenai hal tersebut. Bagian bawahnya dikasi keterangan. Terus dilanjutin dengan penawaran program bimbelnya. Untuk menindak lanjuti hal tersebut, pihak sekolah tinggi akutansi negara (STAN) melalu situs resminya mengerluarkan pengumuman mengenai pemalsuan informasi seperti itu. Tujuannya adalah agar tidak terjadi kerugian diderita oleh korban pembaca akibat infomasi palsu (sengaja dibiaskan). Pihak manajemen sekolah tinggi ikatan dinas itu menambahkan bahwa “belum ada informasi resmi”. Nah bila kita lihat dari kata yg saya kutip tersebut, bisa berarti STAN dibuka, namun bisa juga tidak dibuka. Dibuka tapi telat bisa jadi dikarenakan beberapa hal. Bila tidak dibuka mungkin sebagai impak dari adanya moratorium pemerintah presiden Ir Joko Widodo dalam pembatasan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) guna pengoptimalan aparatur negara yang sudah ada.

Info Palsu Pendaftaran STAN 2015 Buka

Jadi sekali sy himbau hati-hari dalam menerima serta memaknai suatu info. Mengenai pembukaan USM STAN 2015 ada atau tidak. Sy sendiri sudah telepon langsung ke kantor administrasinya. Di halaman website resminya tertera nomor telepon. Aku coba kontak langsung sekitar tanggal delapan belas atau 19 Mei menanyakan kepastian hal itu. Mungkin penerima telepon adalah bagian administrasi. Saat ditanya apakah tahun ini ada penerimaan calon mahasiswa baru, beliau menjawab belum ada kabar mengenainya, sampai saat itu jg belum ada brosur. Beliau jg berkata “untuk info resminya dpt dilihat langsung di hlm web resminya”.

Nah sekarang mana lebih kamu percaya, isu sengaja diedarkan oleh bimbel dgn motif berbagai kepentingan bisnis mereka atw pernyataan resmi pihak kampus? Tentu sebagai orang bijak tentunya bisa menilai info mana yg harus kalian percaya. Sejujurnya ada tidaknya pendaftaran STAN tahun ini, sy punya kepentingan. Sy mengontak lgsung ke sekretariatnya guna pastiin ada atau tidak karena adikku jg baru lulus SMA mau ikut USM. Selain itu kepentingan lebih besar adalah bisnis video pembelajaran pembahasan soal ujian saringan masuk kampus ikatan dinas ini. Jika dibuka pastinya aku untung dong, kaarena salah satu tim pembuat video itu adalah diriku sendiri. Tapi masalahnya, apakah dgn tujuan bisnis kita harus memberikan rumor sesat? Blog ini memang ada tulisan artikel mengenai pendaftaran STAN sudah mulai dibuka, tapi itu hanya sebuah perkiraan, sama sekali tidak memberika kabar pasti kapan dibuka dengan memberikan tanggal pastinya. Tulisan itu hanya merujuk tahun lalu, bukan memberikan tanggalnya setelah itu kunjungi langsung situsnya.

Setelah anda membaca tulisan ini panjang lebar, saya akan memberikan tips untuk mengetahui kebenaran atau tidak adanya pendfataran STAN 2015:

  1. Pastikan sumbernya bisa dipercaya atau tidak

Sumber infoo yg kita peroleh harus diperhatikan. Jgn mudah percaya pada sumber abal-abal nan tidak jelas. Kalau hanya dapatin di internet. Jaman skrg bikin website segampang rebus mie instan mas bro and sis broo. Sudah banyak aplikasi blog /website tersedia berupa content management system (CMS) beredar. Bikinnya ya tinggal install klik beberapa kali langsung jadi deh. Setelah jadi bebas diisi oleh pemiliknya dengan berita apa aja. Semau maunya dia dong, wong dia punya kok. Pengennya dia diisi warta apa aja sepenuhnya kemauan dia. Resiko benar atau tidaknya ditanggung oleh pembaca. Pemiliknya pula pasti akan menanggung resiko moral.

  1. Apakah penyampai kabar memiliki kepentingan atau tidak

Setelah mengetahui sumbernya, tips selanjutnya adalah coba pikirkan pihak penyampainya punya kepentingan atas rumor yang mereka sebarin. Misalnya aja contoh kasus dlm usm STAN, bila penyampai berita adalah jasa bimbel untuk masuk kampus ikatan dinas bergensi satu ini, maka kalian harus piker-pikir lagi deh. Ada kemungkinan agar banyak pendaftar jadi peserta program bimbelnya mereka.

  1. Siapa menyebar berita tersebut, institusi mana serta apa jabatannya

Tapi harus diingat tidak semua sumber elektronik bohong. Banyak kok situs-situr terpecaya seperti kompas, detik, tribunnews menyampaikan berita seperti apa adanya. Mereka biasanya akan mengutip surat edaran atau pernyataan resmi suatu institusi lewat seorang pemangku jabatan, bisa kepalanya, kepala biro atau bagian administrasinya.

Bila pernyataan dari org berkedudukan (memiliki jabatan) pd suatu institusi sudah pasti dpt dipercaya kan? Jadi perhatikan pula kedudukan orang pemberi statemen.

  1. Perhatikan jua kelogisan waktu pendaftarannya, bandingkan dgn tahun lalu dan pikirkan saat anda menerima berita itu kapan? (tanggal dan bulannya)

Kelogisan waktu menyampaikan berita harus diperhatikan pula. Misalnya anda membacanya misalkan saja tanggal sebelas, nah waktu pendaftarannya dimulai tanggal dua belas. Meepet banget kan? Sebaiknya jangan percaya gitu aja. Pikirkan lg, hati-hati ya, dalam salah satu strategi marketing adalah memanfaatkan rasa kepept org. Iya benar target sengaja dibuat sangat membutuhkan suatu produk atau jasa agar seketika target lgs membeli (bertransaksi).

  1. Jangan mudah menerima berita tanpa dipikirkan kembali

Seperti itulah tips untuk menilai keabsahan suatu berita. Usahakan dirimu bukan korban dari pihak penyebar kabar bulsit. Bila kalian tidak bijak dlm menyeleksi kabar, maka pasti anda sendiri akan merasakan akibatnya. Bisa jadi rugi secara materi dan waktu, kesal atau frustasi karena dikecewakan oleh isu-isu palsu tadi. Hati-hati untuk percaya berbagai kabar apalagi dibaliknya terdapat kepentingan besar dari sang penyebarnya heheheii.

Mengenai pendaftaran usm STAN 2015 ada atau tidak? Saat ini hanya bisa dijawab, belum ada informasi resmi. Jadi tidak bisa dipastikan dibuka atauu tidak buka. Jadi bersabar ajalah. Nah gimana kalau tidak pasti gini, kalaw tau buka kan bisa belajar untk persiapan. Lantas kalau kita belajar dulu dgn serius ternyata gak buka sayang juga udah capek-capek. Kalau masalah senanda barusan, aku hanya bisa komentar, gak ada ruginya kalo belajar. Bila tidak buka tahun ini ya bisa tahun depan. Belajar itu harus ikhlas, bukan karena sesuatu aja. Namun memang lebih baik lagi jika dapatin sesuatunya. Iya maksusku dgn belajar kita akan lebih pintar. Bila tidak ada tahun ini penerimaan mahasiswa baru kampus ikatan dinas favorit, kita dapat tambahan ilmu dr hasil belajar iitu. Benar tidak? 😀

Kesimpulan: belum ada informasi resmi dibuka atau tidak buka STAN 2015