Masuk IPDN Tidak Pake Uang Sogokan

iklan kape

Sy sering banget mendengar bahwa untuk masuk kuliah di IPDN butuh uang besar untuk sogokan agar bisa lolos. Rumor seperti itu salah. Adik saya sendiri baru saja dikukuhkan sebagai praja muda IPDN angkatan XXVI tahun 2015. Acara pengukuhannya sendiri dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 30 Desember 2015. Tulisan sy ini bertujuan untuk menjelaskan serta mematahkan anggapan banyak orang mengenai masuk IPDN. Tidak sedikit orang berpikir demikian. Tak jarang terdengar mengenai isu negatif dibutuhkan banyak uang agar bisa masuk kuliah di kampus kedinasan kementerian dalam negeri tersebut.

Begitu banyak isu seperti itu sangat sering terdengar mengenai pertanyaan berapa banyak uang sogokan masuk IPDN?

berapa uang sogokan ipdn

Sebagai contoh saja, sebelum adik sy mengikuti seleksi sebagai calon praja, dia pernah menanyakan kabar adek sy yg masuk IPDN lewat saudaraku yg paling bontot. Si dede paling bontot menjawab bahwa kakanya sedang ikut tes masuk ipdn. Malah sang guru berkomentar, butuh banyak uang masuk kuliah itu. Namun semua dugaan seperti itu salah, adik sy sendiri sudah membuktikannya lolos tanpa ada sedikitpun permainan.Bukan hanya adikku aja, tapi semua praja seangkatan adik saya murni semuanya. Mungkn memang dari dulu semuanya murni, hanya informasi miring seperti itu beredar entah dari mana sumbernya. So bisa saya sarankan kepada adik-adik kelas tiga SMA untuk mencoba daftar saja bila ingin bekerja di kantor pemerintahan atau instansi lai di bawah payung kementerian dalam negeri.

Saya katakan bahwa pihak kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri sama sekali tidak melaksanakan praktek suap menyuap seperti itu. Informasi tersebut hanya kabar burung. Mungkin dulu pernah ada orang masuk dengan cara curang seperti itu, namun itu bukan dari IPDN sendiri. Bisa jadi oknum tertentu di daerah, bisa pemerintah daerah atau pihak yg gambling. Gambling gimana maksudnya? Gini loh bro, misalnya ada seorang anak mau ikut seleksi calon praja, nah pihak tertentu menawarkan bantuan untuk meluluskan anak tersebut padahal ga ngapa ngapain dienya. Misalnya si anak lulus, dia minta imbalan padahal itu semua hasil kerja si anaaak saat mengikuti tes bukan atas bantuan dia. Bila sebaliknya gak lulus ya dia ga maintain uang. Nah gambling seperti itu, padahal dia ngapa ngapain. Intinya mah, IPDN itu murni jangan percaya pihak tertentu yg menawarkan bantuan agar bisa lolos. Semuanya itu bohong.

Berbagai Isu Negatif Mengatakan Masuk IPDN Pake Uang Sogokan.

Sama sekali tidak benar berbagai kabar negatif mengenai IPDN bisa dengan menggunakan uang sogok. Anggapan seperti pastinya salah. Selain itu, tak sedikit pula mengatakan hanya anak orang kaya atau putra pejabat saja ygg bisaa. Hal trsebut lebih slah lagi. Kalau mau tau, teman –teeman seangkatan adik saya memang ada anaknya pengusaha dan adaa pejaabat jg, tp perlu diketahui banyaak kok dari keluarga sederhana biasa. Malahan adeekku bercerita ada yg ortunya hanya seorang buruh. Ini serius diceritakan oleh adiik sy, insya Allah adik sayaa gan mengada. Dia bercerita sesuai apaa yg da ketahui.

Tetangga saya pas di samping rumah jg lulusan IPDN (angkatan XX). Dianya mengikuti proses penerimaan mahasiswa baru secara murni. Sekarang udah jadi ajudan Bupati di daerah asal saya. Artinya semua tudingan serta anggapan org mengenai proses seleksi mahasisa (praja) menggunakan uang sogok sama sekali gak benar. Adeekku dan tetangga sudah membuktikannya. Artinya semua hal tersebut merupakan informasi yg enggak valid.

IPDN Melakukan Proses Seleksi Berdasarkan Kualitas Calon Praja

Proses seleksi calon praja IPDN bisa dibilang cukup ketat. Bayangin aja prosesnya ada tujuh. Dimana tahap akhir (thp ketujuh) adalah penentuan akhir (pantukhir) di Kampus Pusat IPDN Jatinangor terdiri dari beberapa tes yaitu: tes ulang kesehatan, tess ulaang kesamaptaan, kompetensi bidang serta wawancara akhir. Sebelum pantukhir, yang harus dilakukan adalah pendaftaran secara online. Berdasarkan data yang masuk saat pendaftaran online, panitia seleksi akan menentukan siapa saja calon peserta tes lolos verikasi syaratnya. Selanjutnya peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tes kompetensi dasar menggunakan computer assisted test (cat). Bila berhasil maka kelanjutannya akan mengikuti tes kesehatan 1 (ksehatan luar) serta kesehatan 2 (tubuh bagian dalam). Diantara kedua tes kesehatan tsb aka nada pengumuman stlh melewati kshatan pertama. Apabila berhasil melewati tees kesehataan dua maka bisa mengikuti tees kesamaptaan. Apabila mampu melewati kesamaptaan, diperbolehkan ikut psikotes, integritas dan kejujuran.

Baca Juga  Kuliah Sekolah Ikatan Dinas Gratis

Semua tahapan seleksi dari tes kompetensi dasar hingga psikologi, integritas dan kejujuran dilaksanakan di propinsi masing –masing pendaftar. Hasil tiap tahapan akan diumumkan secara online lewat situs resmi penerimaan calon praja IPDN dgn alamat www.spcp.ipdn.ac.id. Mulai tahun 2015 semua proses pendaftaran dan pengumman hasil tiap tahapan seleksi dilakukan secara online. Bukan hanya taun dua ribu lima belas saja, kedepannya mungkin akan dilakukan secara  online sehingga akan lebih efisien dan efektif bagi calon praja.

ipdn tidak sogok

Mengenai hasil proses tiap tahapan seleksinya dilakukan secara adil dan objektif berdasarkan kualitas masing –masing calon praja. Penilaiannya dilakukan secara jujur tanpa memandang anak siapa serta dari keluarga mana. Mulai tes kompetensi dasar (tkd) dilakukan secara online menggunakan CAT bertempat di Kantor Badan Kepegawaian Daerah tiap propinsi. Hasilnya diurutkan berdasakan nilai tertinggi hingga terendah dengan tetap memperhatikan kuota dan pasing grade masiing masiing propinsi. Untuk tesh TKD akan diambil sejumlah dua kali kuota propinsi. Berikutnya akan ikut pengujian kesehatan pertama di Jasmani Daerah Militer Kodam (Jasdam) atau Jaasmani komando resort militer (korem). Berdasarkan hasil uji keshatan satu, akan diumumkan hasilnya melalui halaman resmi website penerimaan calon praja.

Nanti akan diteruskan ke tahap tes kesehatan keduaa yaitu mengetahui kesehataan bagian dalam. Biasanya dilaksanakan di rumah sakit militer yg ada pada setiap propinsi. Semua kesehatan organ dalam akan diperiksa. Kenapa harus diperiksa? Karena salah satu syarat menjadi praja IPDN adalah sehat secara jasmani rohani. Oleh karena itu sudah pasti perlu untuk dilakukan pengecekan. Biasanya untuk kesehatan dua lebih banyak gak lulus bila dibandingkan bagian pertama. Kenapa bisa seperti itu? Karena pada bagian satu hanya dicek bagian luarnya saja. Sedangkan kshatan 2 bertujuan mengetahui kondisi kesehatan organ vital bagian dalam tubuh. Biasanya yg perokok atau masalah pernapasan, jantung akan ketauan. Bila ada masalah sudah pasti tidak diluluskan.

Berikutnya bagi mereka bisa lolos kesehatan dua, bisa melanjutkan ke jenjang kesemaptaan. Apakah itu kesamaptan? Bagian ini lebih kepada uji daya tahan serta kekuatan tubuh. Seperti apa saja sih? Umumnya sih seperti push up, sit up, pull up, lari dan pengujian kekuatan fisik lainnya. Bagian ini juga lumayan banyak yg tidak lolos. Intinya mah, siapa yg mampu dan memenuhi ketentuan tiap jenjang seleksi maka akan diloloskan. Bila tak sesuai ya pastinya enggak dong heehehei. Nah di propinsi masih ada satu lagi tahap seleksinya yaitu tes psikologi, integritas dan kejujuran. Sebenarnya pada bagian tersebut tak terlalu sulit. Seperti di propinsiku yang seangkatan dgn adeek saya, semua mampu melewatinya dengan baik. Bila di provinsi sudah melewatinya dengan bagus. Selanjutnya akan diikutkan pada penentuan akhir (pantukhir) bertempat di kampus IPDN Jatinangor.

Bila sudah melakukan tes di propinsi dgn baik, seharusnya saat pantukhir tak akan menghadapi masalah serius. Sebenarnya pantukhir lebih kepada pengecekan kembali semuaa hasil pengujian provinsi seperti verifikasi factual dokumen administrasi, tes ulang kesehatan, kesamaptaan, tes kompetensi bidang serta wawancara akhir. Mungkin pengujian ulang dilakukan untuk mengecek kembali apakah calon praja yg dikirim ke IPDN benar –benar berkualitas atau tidak. Saat pantukhir akan diuji oleh tim khusus yangg telah dibentuk oleh kemendagri. Anggota tim tersebut terdiri dari:

  1. Menteri Dalam Negeri
  2. Menteri Dalam Negeri
  3. Para Pejabat Eselon I dan Eselon II di Lingkungan Kemendagri
  4. Rektor IPDN, Wakil Rektor IPDN, Para Pembantu Rektor, Para Kepala Lembaga dan Para Deka
  5. Kementerian PAN dan RB
  6. Badan Kepegawaian Negara
  7. Komisi Pemberantasan Korupsi
  8. Mabes TNI – Cilankap
  9. Dinas Psikologi TNI AD
  10. Dinas Jasmani TNI AD
Baca Juga  3 Jurusan STAN Favorit Paling Banyak Peminat

Bila lihat tim tersebut, bisa kita pastikan bahwa semua penilaian dalam menentukan layak atau tidaknya menjadi praja muda IPDN dilakukan secara objektif tanpa ada uang sogokan atau suap menyuap seperti banyak informasi beredar di tengah masayarakat. Sistem seleksi penerimaan calon praja IPDN dilakukan secara jujur dalam keseluruhan tahapan seleksinya, sangat transparan terkait semua informasi hasil tes bagi seluruh peserta tes dan masyarakat melalui media online website resminya. Selain itu dilakukan secar adil tanpa adanya pembedaan agama, asal usul, serta akuntabel dapat dipertanggung jawabkan.

Jadi tidak ada namanya uang sogokan untuk masuk IPDN

ipdn murni tanpa uang sogoka

Jangankan uang sogokan masuk IPDN, pendaftarannya pun  tidak dipungut biaya alias gratis. Melalui artikel ini saya sarankan jangan sekali kali percaya pada pihak atau oknum yang menjanjikan mampu membantu meloloskan menjadi praja IPDN. Tindakan semua itu adalah penipuan. Panitia penyelenggara seleksi penerimaan calon praja tidak melakukan tindakan seperti itu dan mereka tidak bertanggung jawab bila ada pihak melakukan praktek peneipuan seperti itu.

Secara keseluruhan tahapan seleksi dilakukan secara objektif berdasarkan kualitas masing –maasing calon praja. Karena tujuan dari seleksinya sendiri adalah untuk menjaring calon praja IPDN berkualitas, memiliki pengetahuan dasar, ketrampilan serta wawasan, sehat secara jasmani, memiliki mental psikologi baik secara emosional, integritas tinggi, jujur dapat dipercaya, kemampuan komunikasi efektif, serta kepatuhan pada nusa dan bangsa.

Berapa Uang Sogokan Masuk IPDN?

Heheh pasti bingun membacanya. Sudah dibilang gak pake uang malah masih tanya berapa uang sogokan masuk IPDN. Sekali lagi saya ingatkan tidak ada istilah sogokan IPDN. Ga ada tempat bagi mereka berjiwa pengecut masuk di IPDN. Orang –oragnnya jujur semua. Karena nanti akan menjadi pemimpin masa depan dan menjalankan pemerintahan secara profesional. Jangan berpikir dengan uang bisa melakukan apa aja. Sekarang udah bukan zaman sogok menyogok broo. Coba rubah mental menjadi jujur dan bijaksana dalam setiap tindakan. Bila ingin suksess maka berusahalah jangan hanya mengandalkan uang semata.

Dari awal proses pendaftaran sekalipun tak pake uang sedikitpun. Begitu juga setiap tahap seleksinya jg, ga pernah diminta uang satu sen pun. Malahan nantinya, bila berhasil masuk kuliah di kampus tersebut, akan mendapatkan uang saku tiap bulan, sudah disediakan asrama, konsumsi (makan minum) juga telah difasilitasi. Bagaimana dengan uang kuliah semesterannya? Sama seali tidak bayar sedikitpun alias gratis tiis tis. Institusi pendidikan tersebut memang disediakan bagi calon kader pemerintahan baik daerah maupun pusat.

Pengukuhan Muda Praja IPDN XXVI Tahun 2015

Alhamdulillah adik saya dinyatakan sebagai salah satu muda praja angkatan dua puluh enam. Orang tua setiap calon muda praja diundang pada saat acara pengukuhannya. Kebetulan ortu saya tidak bisa hadir, maka sy yang hadirinya. Pelaksanaannya sendiri pd tanggal 30 DDesember 2015 pukul 16.00 bertempat di lapangan parade kampus tersebut. Sebelum upacara pelantikan, pagi harinya dilakukan penutupan latsar oleh Kepala Lembaga Pendidikan Polisi Republik Indonesia. Karena setelah dinyatakan lulus sebagai calon praja, mereka mengikuti latihan mental dasar dan kedisiplinan yg diselenggarakan kerja sama antara pihak kampus IPDN dan POLRI. Selanjuta siang harinya jam 12.30 acara makan siang bersama dgn capra.

Baca Juga  STAN Masih Ikatan Dinas Atau Tidak

Sebelum acara makan siang, ada kata sambutan dari gubernur (rektor) IPDN. Beliau menjelaskan bahwa angkatan tersebut (2015) merupakan pertama kali dilakukan secara online. Peminat tiap tahu semakin meningkat, untuk tahun 2015 terdapat dua puluh dua ribu pendaftar. Tentu bukan jumlah yg kecil tentunya. Kuota penerimaannya adalah sembilan ratus orang, namun berdasarkan hasil pantukhir, maka hanya tujuh ratus dua satu layak menjadi calon praja. Namun karena alasan kesehatan dua orang mengundurkan diri. Sehingga pada saat acara pengukuhan hanya ada 719 org saja. Beliau juga menghimbau agar para orang tua muda praja tidak memberikan imbalan kepada siapa pun dengan alasan sebagai ucapan terima kasih karena semuanya lulus secara murni berdasarkan kemampuannya masing masiing. Jadi jangan pernah memberikan uang sogokan kepada siapa pun karena anak anaknya lolos karena kerja keras serta usahanya sendiri.

ipdn tanpa uang

Gubernur IPDN juga menceritakan prestasi diraih oleh institusi yg kini sedang beliau pimpin telah mendapatkan sertifikat administrasi penyelengaraan pendidikan kedinasan pertama di Indonesia yg dikelurkan oleh satu satu universitas ternama dunia. Sertifikat tersebut tentu diakui secara internasional, sehingga mulai tahun depan aka nada mahasiswa menimba ilmu di institute pemerintaha dalam negeri. Mereka akan diperlakukan sesuai peraturan berlaku di kampus tersebut selayaknya praja lainnya. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi semua civitas akademika institusi terseebut. Ya iyalah siapa yg engga bangga menjadi bagian dari kampus kedinasan dengan reputasi diakui oleh dunia global heheheheheeeiii.

Institut Pmerintahan Dalam Negerii (IPDN) dpt dikatakan sebagai salah satu lembaga pendidikan resmi kedinasan yg memiliki prosedur penerimaan mahasiswa secara professional. Semuanya dilakukan secara bersih tanpa adanya tindakan tindakaan kecurang. Jadi semua mahasiswanya berhasil mendapatkan kesempatan belajar secara murni. Murni disini maksudnya bahwa mereka usaha secara mandiri tanpa menggunakan uang sogokan untuk suap oknum tertentu. Bagi adik –adiik yg memiliki keienginan melanjutkan pendidikan di lmbaga tsb, tanamkan niat kalian untk sungguh mengikuti prosedurnya. Jangan pernah percaya semua tawaran dari pihak tak bertanggung jawab guna membantu meloloskan semua tahapan seleksi. Palingan juga mereka gambling, kalo lulus mereka klain lulusnya karena bantuan mereka.

Perlu diingat bahwa setelah menyelesaikan pendidikan kedinasan pemerintahan dalam negeri, nantinya akan mendapatkan karir sebagai pegawai negeri sipil di kantor pemerintah. Bila niatnya saja tidak benar, gimana jadinya nanti bila udah jadi pejabat. Lagi pula di IPDN tidak ada ruang gerak sama sekali bagi mereka yg ingin melakukan kecurangan untuk meberikan uang sogokan. Institusi pndidikan satu ini bisa diacungin jempol karenaa tingakt akuntabilitas serta kejelasannya bisa dipercaya. Semua prosesnya berjalan secara fair tanpa ada rekayasa ataupun intimidasi pihak tertentu.

sogokan masuk ipdn

Seperti itulah ulasan saya mengenai IPDN tidak  menerima sogokan dalam menerima calon praja barunya. Seperti ane katakan di awal artikel ini bahwa tujuan utama penulisan posting ini adalah untuk memberikan penjelasan /mematahkan anggapan kebanyakan orang yg berpikir bahwa masuknya butuh uang banyak untuk sogokan. Semua sama sekali tidak benar adanya.Bagi adiik –adeek yngg memilki keinginan ikut, maka tetap semangat dan persiapin diri kalian sebaik baiknya. Hasil kalian petik nantinya tentu sebanding dgn semua kegigihan usahamu. Okey deh, semoga sukses selalu dan berhasil. Goood luck.