Jurusan Kuliah Prospek Kerja Cerah

iklan kape

Bagi adik-adik yang ingin melanjutkan studi setelah menyelesaikan pendidikanSMA tentu akan memilih jurusan kuliah baik melalui jalur SNMPT, SBMPTN atau ujian mandiri dilaksanakan oleh tiap kampus. Pentingkah pemilihan program studi tersebut? Jawabannya tergantung setelah lulus nanti kalian ingin apa? Apakah mau berkarir sebagai karyawan atau berkeinginan menjadi entrpreuneur (pengusaha). Bila pilihannya yang kedua tidak terlalu menjadi masalah. Lain halnya bila memilih pilihan pertama perlu diperhatikan jurusan yang akan diambil nanti. Pemilihan tentu dilakukan sebelum resmi menjadi mahasiswa. Bila punya keinginan untuk bekerja, maka harus memilih jurusan kuliah prospek kerja yang cerah.
Atas dasar hal tersebut, maka akan dibahas program studi apa saja yang memiliki prospek /lapangan kerjanya cerah? Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya kita membagi dua bagian yaitu kelompok IPA dan IPS. Mengapa harus dibagi terlebih dahulu? Karena tidak wajar bila menyandingkan jurusan kuliah IPA dengan IPS. Diantara keduanya jelas terdapat perbedaan jauh satu sama lainnya. Jurusan kelompok ilmu pengetahuan alam lebih menitik beratkan pada penguasaan nalar eksakta serta kondisi real alam sekitar kita. Lain halnya dengan rumpun ilmu sosial dimana kajiannya lebih menekankan pada interaksi dan perilaku sosialita. Berarti banyak ya jurusan kuliah prospek kerja cerah? Pasti dong, tapi tidak perlu terlalu bingung karena akan saya bahas masing –masing tiap bidangnya tersebut.

jurusan kuliah prospek

Jurusan Kuliah IPA Prospek Lapangan Kerja Cerah

Pada dasarnya jurusan kuliah bidang IPA sangat banyak jenis dan ragamnya. Masih bisa dikelompokkan ke dalam beberapa rumpun. Namun secara langsung akan dibahas jurusan apa saja. Kenapa harus mengetahui program studi IPA dengan prospek kerja cerah? Agar nantinya ente semua tidak salah memilih. Gak asal kuliah saja, namun kalian memiliki passion, tertarik serta kalian bisa mendapatkan impian dalam hal karir. Beberapa jurusan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Teknik Industri
  2. Fakultas Kedokteran
  3. Teknik Kimia
  4. Teknik Pertambangan
  5. Teknik Perminyakan
  6. Teknik Geologi
  7. Teknik Mesin
  8. Teknik Elektro dan Informatika
  9. Ilmu Komputer dan Sistem Informasi
  10. Farmasi

Nah itulah daftar jurusan kuliah IPA memiliki prospek kerja cerah untuk berkarir secara profesional. Daftar di atas sama sekali tidak menggambarkan urutannya. Bisa juga beberapa nomor menggambakan tingkat kebutuhan pasar kerja, akan tetapi kita gak boleh menganggap suatu jurusan tertentu selalu laku. Perlu diingat kebutuhan pekerja akan berubah dari tahun ke tahuun. So bisa jadi lulusan suatu program studi yang sekarang banyak dibutuhkan tapi beberapa tahun kedepan sudah berkurung formasi terlowong. Untuk lebih jelasnya saya akan mencoba membahas satu per satuu dari semua nomor di atas agar lebih jelas.

jurusan prospek kerja

Jurusan Kuliah Favorit Serta Universitas

Oke saya akan bahas tiap jurusannya di atas beserta adanya di universitas mana saja. Namun di sini ana sama sekali gak akan bahas di universitas mana lebih favorit dengan jurusan yang sama. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak dituduh melakukan diskriminasi terhadap kampus tertentu. Jadi apapun universitasnya ane gak bahasa, hanya memberikan informasi adanya di PTN mana saja.

  • Jurusan Teknik Industri Prospek Lapangan Kerja

Teknik Industri merupakan salah satu jurusan kuliah favorit untuk kategori teknik. Seperti apa gambaran bidang tersebut? Prodi ini mmpelajari semua hal seluk beluk berkaitan dengan industri secara menyeluruh. Kajian utamanya adalah optimasi sistem kerja dalam industri. Apasih itu optimasi? Itulah metode yg dilakukan untuk meningkatkan efisiensi serta efektivita sebuah entitas bisnis. Jadi bagaimana caranya mendapatkan keuntungan sebesar mungkin menggunakan sumber daya tersedia.Sudah tau semua kan bahwa industri sangat beragam jenis dan macamnya sehingga lulusan berkompeten di bidang tersebut memiliki peluang prospek kerja cerah. Perhatiannya difokuskan pada masalah –masalah perencanaan dan pengawasan sistem yang terdiri dari unsur –unsur manusia, alat, dan sumber daya lainnya. Banyak yang menganggap bahwa teknik industry merupakan tekniknya ekonomi. Kenapa demikian? Dikarenakan mata kuliahnya lebih penerapan ilmu ekonomi dan manajemen pada lapangan secara langsung.

Pelajaran apa saja yang harus dikuasai agar bisa lancar kuliah jurusan teknik industri. Pelajaran dasarnya di sekolah menengah atas (SMA) meliputi matematikan (MTK), Fisika (FIS) dan tentunya ekonomi (EKO) juga dong. Kalau memang aplikasi ekonomii kenapan jurusan tersebut masuk dalam kategori IPA? Maksudnya gini loh, jurusan teknik industri memang kebanyakan menerapan asas asass penting ekoonomi namun pada terapannya lebih syarat dengan aplikasi FIS dan MTK. Memang dalam berbagai perencanaan dan perancangan memperhatikan juga prinsip ekoomii namun hanya sebagian kecilnya saja. Penggolongan minatnya terdiri dari manajemen industry/ pabrik, manajemen keuangan, pengelolaan tenaga kerja serta teori keindustrian dan teknologi mesin

Bagaimana dengan lowongan kerja lulusan jurusan teknik industry? Kalau masalah prospek kerja lulusannya tidak perlu ditanyakan lagi karena sangat cerah. Banyak lapangan kerja yang tersedia untuk jebolannya. Hampir semua perusahaan membutuhkannya karena begitu pentingnya peranan mereka. Seperti apa saja sih tempat kerjanya? Bisa berkarir sebagai ahli teknik dan peneitian pada berbagai perusahaan, perancang sistem industri, PPIC, devisi operasional, kemeterian perindustrian, staf pengajar (dosen), serta bisa juga berwirausaha.

Dimana saja PTN ada jurusan teknik industri? Banyak universitas membukanya seperti USU, UI, ITB, ITS, UNAND, UNTIRTA, UNDIP, UNS, UGM, UMMUL, TRUNOJOYO, UNIBRAW. Itulah kampusnya yang membukanya. Biasanya yang paling favorit diantara semuanya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan merupakan salaj satu jurusan paling favoritnya dengan peminat tiap tahunnya cukup besar. Namun kampus mana saja tidak terlalu penting kok meskin reputasi PTN akan mengangkat nilai tambah bagi lulusannya. Akan tetapi yang paling penting adalah bagaimana caranya alumninya bersikap serta berkualitas dalam menerapkan ilmunya setelah lulus nantinya.

  • Fakultas Kedokteran Prospek Kerja

Bukan lagi rahasia umum bahwa kedoteran sangat difavoritkan dalam urusan pemilihan jurusan kuliah. Banyak faktornya salah satunya adalah prospek lapangan kerja sangat cerah. Iya benar, setiap dokter biasanya memiliki standar kehidupan yang baik serta mapan. Kesejahteraannya bisa dikatakan jauh lebih bagus serta cepat diperoleh dibandingkan dengan pekerjaan lainnya. Meskipun bukan satu satunya profesi dgn tingkat kesejahteraan tinggi, namun lebih mudah dibandingkan yang lain harus kerja keras dalam waktu yang lama.

Baca Juga  Pembahasan Kunci Jawaban SBMPTN Soshum 2015

Tapi sekarang udah banyak dokter mas, apa trendnya sudah menurun? Semakin banyaknya dokter tidak berpengaruh terhadap kebutuhan orang pada kesehatan. Siapa sih yang tidak ingin hidup sehat? Selama orang sadar akan pentingnya kesehaatan, dokteer pasti tetap dibutuhkan. Dookter juga banyak kok macamnya seperti dokter umum, dokter spesialis yang beragam jenisnya seperti jantung, penyakit dalam, paru, mata, tulang, anak, kandungan, masih banyak yang lain.

Faktor lain tingginya minat kuliah jurusan fakultas kedokteran adalah status sosial seorang dokter dianggap tinggi. Setiap dokter biasanya dianggap terhormat, mungkin karena peran dan jasanya yang besar bagi orang lain. Masa sih orang sakit, udah sembuh lalu dokternya dimaki maki, tidak kan? Jasa dokter dalam melayani kesehatan sangat dihargai orang banyak. Bila seseorang bertemu dokter biasanya dia akan memberikan rasa hormat mungkin dengan menyapa dan mengajak ngobrol.

Hal apa saja dipelajari di fakultas kedokteran? Khusus kedokteran umum akan mempelajari hal –hal berhubungan dengan penyakit antara lain jenis –jenisnya, gejala –gejalanya, penyebab, cara penyembuhan dan pencegahannya. Sebenarnya fakultas kedokteran terdiri dari beberapa bidang (laboratorium) diaktegorikan dalam dua bagian yaitu pre –klinik dan klinik. Masing-masing bagian tersebut terbagi lagi dalam beberapa departemen, bissa sampai belasan jumlahnya. Banyak sekali ya kak? Pakai banget dek, wajar saja jumlah staf pengajarnya bisa sampai hitungan ratusan orang. Dari sekian banyaknya pengajar, ada statusnya sebagai PNS (baik dari kemendiknas maupun kemenkes), ada juga tenaga honorer. Profesinya juga beragam, ada dokter, spesialis, subspesialis, pakar serta praktisi dunia kesehatan.

Agar lancar saat kuliah fakultas kedokteran dibutuhkan kesiapan pelajaran biologi dan kimia yang sudah pernah dipelajari saat masih duduk di bangku SMA. Kenapa harus kedua pelajaran tersebut? Dikarenakan nanti mata kuliahnya lebih didominasi oleh aspek biologis serta biokimia. Memang ada ada unsur fisikanya akan tetapi bisa dibilang persentasenya kecil sekali. Universitas mana saja bisa dijadikan tujuan bila ingin masuk FK? Di Indonesia sudah banyak kok baik negeri maupun swasta. Namun disini hanya diinformasikan yang negerinya saja meliputi: UNSYIAH, USU, UNAND, UI, UNPAD, UNDIP, UNS,UGM, UNAIR, UNIBRAW, UNUD, UNSAR, UNHAS, UNSRI, UNILA, UIN JKT dan UNRAM.

  • Lapangan Kerja Lulusan Teknik Kimia

Teknik kimia merupakan salah satu bidang teknik yang cukup favorit. Jumlah peminatnya tidaklah sedikit apalagi bila berada di univesitas ternama. Bisa dikatakan bahwa hampir semua industri manufaktur pasti membutuhkan tenaga kerja memiliki kompetensi di bidang yg satu inii. Mempelajari suatu teknik cara metode mengolah suatu bahan menjadi produk berdaya guna melalui proses kimia atau fisika. Terdiri dari beberapa bidang minat meliputi perancangan alat dan industri kiimia, teknologi kimia hidrokarbon, tek proses bioteknologi, prosess kimiia serta teknologii sistem & pengendalian prooses kimiaa.

Bidang studi dasar harus dikuasai sebelum masuk kuliah teknik kimia adalah fisika, matematika, tentunya kimianya sendiri juga yah. Mengenai lapangan kerja lulusan sarjana teknik kimia sangat banyak, tidak perlu khawatir deh. Dimana saja bisa bekerja? Semua industri manufaktur, perusahaan asing, swasta, nasional, kementerian perindustrian, BPPT, bisa juga sebagai tenaga pengajar (dosen) di perguruan tinggi. Lalu kampus mana yang ada jurusan kuliah teknik kimia? Banyak kook seperti UNSYIAH, USU, UNSRI, UI, ITB, UNDIP, UGM, ITS, UNIMAL, UNRI, UNILA, UNTIRTA, UNS, dan UNLAM.

  • Prospek Kerja Jurusan Kuliah Teknik Pertambangan

Jurusan teknik pertambangan tidak akan jauh –jauh dari pemanfaat sumber daya alam tertanam dalam kulit bumi. Pelajarannya mencakup pencarian dan pengolahan bahan –bahaan tambang. Intinya mah lebih ke eksplorasi eksploitasi barang pertambangan seperti emas, perak, tembaga, batu bara dan lain sebagainya. Lebih ke arah materian logam dan non logam. Apakah minyak bumi termasuk di dalamnya. Engga mencakup minyaak karena itu masuk dalam perminyakan. Juurusan teknik pertambangan memiliki prospek lapangan kerja yg bisa dibilang cukup cerah, apalagi Indonesia notabenenya ka akan segala jenis sumber daya alam.

Pelajaran apa saja harus dikuasai ketika akan kuliah pada program stdi tek pertambangan? Pelajaran utama dibutuhkan adalah kimia. Mengapa harus kimia? Karena upaya eksplori kandungan logam dan mineral dibutuhkan penguasaan ilmu kimia mempuni. Beberapa peminatannya meliputi: teknologi eksplorasi pertambangan, teknolgi metalurgi, teknologii pertaambangan umum. Kesemuanya tersebut akan menjadi komptensi utama lulusannya.

Banyak rumor beredar bahwa makin lama lulusan jurusan teknik pertambangan kurang dibutuhkan oleh pasar kerja lantaran cadangan barang tambang berkurang. Itu pikiran salah, barang tambang itu banyak dan persediaan dalam perut bumi sangat melimpah. Selama belum kiamat, bumi masih ada, bisa dipastikan masih ada aktivitas penambangan. So bagi kalian berkeinginan ambil jurusan kuliah tersebut tidak usah khawatir yaa.

Bagaiman dengan peluang kerja sarjana lulusan teknik pertambangan? Prospek kerjanya bisa dibilang cukup lumayan dengan tingkat pendapatan cukup tinggi. Tempat kerjanya yang cocok meliputi posisi sebagai ahli prtambangan PT Aneka Tambang, Lembaga Geologi dan Peertambangan Nasional, Perusahaan Minyak dan Gas seperti Mobil Oil, Union Oil, Freeport. Jika ingin ambil program studi tersebut terdapat di UNSRI, ITB, UNLAM, UNMUL, UNHAS, UPN.

  • Prospek Peluang Kerja Jurusan Teknik Perminyakan

Teknik perminyakan merupakan salah satu program studi diminati oleh lulusan SMA. Mempelajari semua hal –haal berkaitan dengan minyak seperti mencari serta mengolah semua bahan –bahaan yang dapat diolah menjadi minyak. Sudah tau kan minyak bumi memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan. Penggunaannya juga sangat beragam mulai sebagai bahan bakar kendaraan, industri, maskapi penerbangan, keperluan rumah tangga serta bahak baku industri pengolahan lainnya. Peranannya pun belum tengantikan sampai sekarang ini. Meskipun untuk bahan bakar minyak (BBM) sudah mulai disubstitusi dengan biofuel namun penggunaan lainnya belum dapat digantikan. Dalam hal susbtitusi dgn biofuel sekalipun belum bisa secara seratus persen diterapin. Berdasarkan fakta tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa sarjana lulusan teknik perminyakan akan memainkan peran yg cukup besar sehingga sudah bisa diprediksi akan memiliki prosepek kerja yang cerah banget.

Lapangan kerja bagi lulusan jurusan teknik perminyakan sebagai ahli teknik atau peneliti di perusahaan –perusahaan perminyakan seperti Mobil Oil, Union Oil, Caltex, ARCO, peruusahaan retail minyak seperti TOTAL, Shell. Bila berminat kuliah jurusan ini dapat ambil di ITB dan UPN.

  • Teknik Geologi Lapangan Kerja Cerah

Sebenarnya teknik geologi hampir mirip dengan teknik pertambangan dan perminyakan. Hanya saja jurusan yang satu ini tidak fokus pada pencarian barang tambang dan kilang minyak, namun bisa secara umum mengenai kondisi bumi serta karakteristik bahan –bahan penyusun lapisannya. Jurusan kuliah teknik geologi mempelajari tentang penelitian, pencarian bahan –bahaan tambang seperti bahan bakar, logam. Selain itu itu belajar juga aspek lain berkaitan dengan kondisi /kejadian di bumi seperti gempa dan erosi. Pelajaran dasar perlu dikuasai adalah kimia dan fisika. Tedapat beberapa bidang peminatan meliputi: geohidrologi, geokomputasi, geoteknik, stratigrafi, geologii dinamik, geeologi lingkungan, paleontologi, petrologi, geologii ekonomi,sedimenter serta sumber daya energi.

Baca Juga  Tips Mengerjakan Soal SBMPTN Mudah

Bagaimana dengan lapangan kerja lulusannya? Memiliki keistimewaan dapat bekerja seperti lulusan teknik pertambangan dan perminyakan, tetapi bisa juga bekerja di perusahaan konstruksi, lembaga pemerintahan seperti Direktorat Pengawasan Gunung Merapi. Universitas menyediakan program studi teknik geologi seperti ITB, UNPAD, UGM, UNHAS, UNSOED, UNDIP, UPN.

  • Jurusan Teknik Mesin Prospek Lapangan Kerja Luas

Nah sekarang kita berbicara lagi sebuah program studi yang memiliki lapangan kerja sangat luas. Jurusan teknik mesin pastinya. Kalau kalian suka otomotif cocok banget deh. Kenapa bisa dikatakan memiliki peluang kerja cerah? Karena dimana mana kita selalu ketemu dengan mesin, meskipun bukan modern, yang sederhana pasti ada di sekitar kita. Mesin itu jangan selalu dibayangin mesin motor ataupun diesel. Saat kalian buka pintu aja, kalian membukanya dengan mesin sederhana karena menerapkan sistem mekanika permesinan.

Hal apa saja dipelajari oleh jurusan ini? Ya sudah pasti semua hal –hal berkaitan dengan mesiin.Tidak hanya belajar bagaimana cara membuat mesin, tetapi termasuk cara merawat serta menyusun konstruksinya. Pelajaran dasar pelu dikuasai adalah matematika dan fisika. Pembagian bidang ilmunya terdiri dari teknologi CAD, CAM, CFD, tek kendaraan motor bakar, optimasi sistem energy, otomasi dan robotika, dan peralatan konstruksi.

Apakah lulusannya mudah dapat pekerjaan? Waduh untuk alumninya engga perlu khawatir. Terbuka lebar bahkan dijamin banyak deh, dimana saja? Bisa berprofesi sebagai ahli teknik mesin (baik perencana maupun konsultan), peneiti di berbagai perusahaan asing, swasta nasional, maupun lembaga milik pemerintah. Masalah universitasnya banyak banget, mungkin di daerah kalian sendiri ada kok so kaka engga perlu ngasi tau ya kampusnya.

  • Prospek Lapangan Kerja Lulusan Teknik Elektro dan Informatika

Kita pindah berbicara mengenai jurusan teknik elektro dan informatika. Sebenarnya antara keduanya dua hal berbeda tapi sengaja aku satuin karena keduanya sangat kakak suka. Loh kalo suka kenapa ditempatkan pada urutan ke delapan siich? Heeei ingat ya bahwa penomorannya di atas tidak berdasarkan tingkat favorit ataupun kesukaan penulis sendiri secara pribadi, namun ane urutin secara acak. Karena dua jurusan tersebut berbeda makanya sebaiknya dibahasa secara terpisah, hanya nomornya aja disatuin.

Jurusan Teknik Elektro

Kalian semua pasti tau listrik kan? Iya kan tau listrik itu ada statis dan dimanis. Iya maksud kakak tuh listrik dalam kehidupan kita sehari hari misalnya di rumah kalian. Sudah lihat kan? Dengan adanya listriik kalian bisa membaca tulisanku ini, coba gak ada , tentu laptop atau smartphone mu gak nyala. Artinya makhluk yang satu itu penting banget deh. Tapi jangan main main ama itu makluk nanti kalian disengat. Jangan pegang kabel telanjang atau masukin kelinking ke colokannya, nanti kalian ketarik ama dia nanti bisa tewas looh. Iya tau keles kak, emang kami nih anak kecil masih dikasi kaya gitu wkwkkkkwkik. Sori buat menghibur aja kali aja pada bosan tulisan yang super panjang kaya gini, heheeh.

Kita kembali berbicara mengenai jurusan teknik elektro. Mungkan sebagian sudah pada tahu apa saja yg akan dipelajarinya. Sebenarnya jurusan ini ada karena adanya penemuan electron. Emang parah ya penemunya, iya kak coba gak ada dia, bab yg dipelajari bisa berkurang satu atau dua baab. Hei maksud gue tuh parah hebatnya. Ketauan malas ya? Hahaha. Iya dengan adanya pergerakan electron timbullah arus listrik. Nah arus tersebut yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan kita, biasanya sebagai sumber daya (energi).

Secara umum teknik listrik terbagi menjadi dua bagian yaitu tegangan tinggi (pembangkit tenaga listrik) dan tegangan rendah (biasanya diaplikasikan pda bidang telekomunkasi). Secara umum jurusan tersebut terbagi dalam enam peminatan terdiri dari elektronika umum, biomedik, energi listrik (arus kuat), koputer, control, telekomunkasi. Bagian tenaga listrik sangat berkaitan dgn penggunaan listrik untuk tujuan kebutuhan daya. Sedagkan tegangan rendah lebih pada instrumenstasi pada alat –alat komunikasi seperti televise, handphone, laptop, PC, notebook, smarphone, telepon serta semua peralatan menggunakan liistrik.

Apakah prospek kerja teknik elektro cerah? Tidak perlu diragukan lagi masalah itu ah. Bisa bekerja di perusahaan telekomunikasi baik milik pemerintah maupun swasta, industri perakitan alat komunikasi, PLN, wirswasta. Pokoknya terbuka lebar deh.Artinya tidak akan kesusahan mencari pekerjaan. Karena di sekitar banyak sekali peralatan menggunakan listriiik, sudah dipastikan sangat diperlukan.

Prospek Kerja Teknik Informatika

Teknik informatika menitik beratkan pada rekayasa perangkat lunak, artinya kita membuat serta mendisain sebuha software. Jadi kerjaannya gak jauh dari komputer untuk membuat berbagai jenis aplikasi. Bisa juga membuat game bagi gamer maniak. Yah kerjaannya hampir selalu depan komputer untuk mengoding. Pikirannya selalu pada cara bagaimana menghasilkan software berguna serta memiliki nilai jual. Artinya karya yg dihasilkan dibutuhkan serta disukai oleh orang lain untuk dipakai. Sama sekali tidak ada gunanya bila sebuah hasil pemikiran dalam bentuk aplikasi tidak bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun org lainn.

Akan memiliki rasa kebanggan tersendiri andai saja kita mampu menghasil sebuah produk IT dikenal cukup oleh masyarakat luas. Selain akan mendapatkan kehormatan secara sosial, aspek ekonomi juga tentu akan naik dong. Pasti pembaca juga pengen kan? Ya iyalah siapa juga yg enggak mau terkenal karena prestasi. Kalau dikenal banyak orang karena tindakan kriminal pasti mencoreng reputasi kita. Sebisa mungkin dan harus gak sampai seperti itu ya?Pelajaran paling diperlukan adalah matematika terutama bagian logika MTK dan peluang (probabilitas).Terdapat tiga streamline utama yaitu informatika teoritis, rekayasa perangkat lunak (software) /teknologi informasi, sistem terdistribusi (jaringan /network).

Baca Juga  Download Soal Fisika SBMPTN 2015 dan Pembahasannya

Mengenai lapangan kerja lulusan teknik informatika banyak banget deh, bisa di BUMN seperti Telkom, provider telepon selulur contohnya telkomsel, indosat, XL Axiata, 3, Smartfren, Esia Bakri Telecom. Lapangan kerja cerah juga ada perusahaan software house, konsultan professional, bisa juga sebagai staf pengajar di institusi pendidikan. Sebenarnya saat sekarang hampir semua perusahaan mengaplikasi teknologi informasi dalam operasionalnya, so dapat dikatakan banyak sekali lowongan pekerjaan yg bisa didapatinnya. Tetapi andaikan bisa masuk danmenyelesaikan kuliah jurusan ini, berwirausaha sangatlah bagus, kalau memang belum bisa langsung buka usaha sendiri bisa sambil kerja. Jangan mau hanya mengerjakan proyek orang lain seumur hidup padahal kemampuan diri luar biasa, cobalah berpikir melakukan sesuatu untuk diri sendiri.

Teknik Informatika kuliahnya bisa di universitas ITB, ITS, UIN, UNIB, UTM. Namun ada juga perguruan tinggi swasta (PTS) menyelenggarakan program studi teknik informatika. Meskipun swasta namun reputasinya tidak diragukan bahkan prestasinya cukup mebanggakan, dua PTS tersebut adalah Universitas Gunadharma dan Bina Nusantara (Binus). Kedua kampus tersebut mampu menghasilkan alumni berdaya saing tinggi dalam hal teknologi informasi dan komunikasi. Tapi kalau lulus dari PTN ada nilai postifinya missal saja lebih diprioritaskan untuk diterima kerja. Itu sama sekali pikiran keliru, yang terpenting adalah kualitas kompetensi serta skil terkait dunia informatika.

  • Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

Untuk kedua jurusan tersebut sengaja saya gabung karena hampir mirip meski pada dasarnya berbeda. Sebenarnya juga masih bisa dibahas gabung dengan teknik informatika dikarenakan ketiganya memiliki beberapa kesamaan. Hanya saja masing masiing menitik beratkan pada hal tertentu. Terus letak perbedannya dimana? Pada hakikitanya ada perbedaannya. Untuk informatika, lebih menitik beratkan pada output akhir berupa prototype ataupun software. Ilmu komputer mempelajari proses kerja komputer dalam melakukan fungsinya. Nah ada sistem informasi lebih terfokus merancang kerangka kerja yang dilakukan. Seperti itulah sedikit perbedaannya. Ada juga pendapat bahawa SI merupakan bagian dari computer science. Tapi bila dilihat lebih jauh, bisa dibilang benar juga siih.

Ilmu komputer memiliki peminatan lebih kurang sekitar empat yaitu algoritma pemrogaraman komunikasi, sistem informasi dan multimedia, jaringan komputer, robotika serta kecerdasan buatan (artificial intelegence). Bila kita teliti lebih jauh, ilmu komputer lebih luas . Bisa jadi informatika dan information sistem hanya bagiannya saja.

Sekarang kita bicara soal peluang kerja lulusan ilmu komputer prospek atau tidak? Ane jamin sangat banyak lowongan tersedia, semua lowongan untuk tek infrmatika bisa diambil, perakitan komputer, perusahaan industri perangkat PC. Belum lagi perusahaan –perusahaan multinasional dan multiinternasional membutuhkannya juga. Untuk kampus terdapat jurusan ilmu komputer saat ini sudah cukup banyak, diantaranya USU, UI, IPB, UGM, UNDIP, UNIBRAW.

  • Peluang Kerja Lulusan Farmasi Cerah

Nomor sepuluh sebagai terakhir adalah farmasi. Kenapa disebut terakhir? Karena di sini hanya bahas 10 jurusan saja untuk IPA. Apakah jurusan farmasi kalah favorit bila dibandingkan dengan kesembilan dibahas di atas? Sama sekali tidak. Saya tekankan pemberian urutan tersebut menggambarkan tingkat kepopulerannya. Sudah ah kita ngomongin prodi yg ke-10.

Ane yakin semuanya sudah tau apa itu jurusan farmasi? Merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari segala seluk beluk terkait obatan baik bahan –bahannya, cara pembuatan, pengolahan, peracikan, pengubahan bentuk pencampuran, serta manajemen pengelolaan penyimpanannya. Ilmu dasar wajib dikuasai biologi dan kimia. Sebenarnya ada juga aspek fisikanya saat proses pembuatannya meskipun tidak terlalu banyak. Paling mendominasi adalah ilmu kimia serta penerapannya.

Lapangan kerja lulusan farmasi meliputi industry farmasi, kosmetika, rumah sakit, kemenkes, apoteker apotik. Selain itu bisa juga sebagai ahli peneliti pakar obat. Prospeknya cukup cerah hampir menyamai dokter. Perbedaannya, kalau dokter bisa berkarir di rumah sakit jam kerja, sedangkan satunya engga bisa. Paling kerja di rumah sakit setelah pulang menjadi penanggung jawab toko-toko obat. Akan tetapi masalah pendapatannya sudah lumayan tinggi dan lebih dari cukup sebagai pegawai profesional. Ada yang tertarik kuliah jurusan ini? Ya silakan saja, tak ada larangan kok. Siapa saja boeh, terpenting adalah bisa lulus tes masuk kampus memiliki fakultas farmasinya. PTN mana saja bisa dijadikan tujuan bila mau ngambil jurusan tersebut? USU, UI, ITB, UNAND, UNPAD, UGM, UNAIR, UNHAS, UIN JKT, UNSOED, UNTAN, UNLAM, UNUD, UIN ALUDDIN, UNHAS bisa dijadikan pilihannya.

Jurusan Kuliah IPA Apa Memiliki Peluang Kerja Cerah?

Sebuah pertanyaan yang bagus. Mungkin kalian bingung memilih mana diantara sepuluh jurusan di atas. Mungkin saat –saat sekarang masih memikirkannya. Pasti pikirannya akan tertuju pada saat ketika masuk masa kerja setelah lulus. Pada dasarnya jurusan di atas hanya  sebagian kecil saja. Ada beberapa lagi namun karena keterbatasan waktu untuk mengulasnya sehingga dibatasi segitu saja. Bila kalian semua sudah mantap ingin mengambil salah satu 10 nomor di atas,  selamat berarti kalian mengikuti saranku hehehe. Nah lalu mau plih yang mana? Menurutku sih mana aja boleh? Seriusaaan ahhh becanda aja neh bloggernya. Maksud ane semuanya bagus dan bingung mau pilih yang mana saking hebatnya kesepuluh tersebut di atas.

Kaka hanya bisa ngasi saran dan gambaran. Pilihlah sesuai dengan passion, minat dan kemampuan diri masing –masing. Cocok bagi seseorang tak jaminan pas untuk yang lainnya bukan? Kan tiap orang memiliki karakter, sifat tersendiri. Apapun pilihannya www.Herniawan.com tetap terus dikunjungi yaaah, jadi ngiklan lagi neeh. Gini dek, semuanya itu gak ada keistimewaan. Masalah keterima kerja nanti tergantung kualitas serta usaha adek sendiri.

Mungkin sekian ulasan jurusan kuliah IPA dgn lapangan kerja cerah. Khusus jurusan kelompok IPS akan dibahas secara khusus di lain kesempatan. Kalau dibahas di sini tentu akan panjang banget, ntar pada semua deh hehehe. Jangan lupa ngelika dan share ke teman –temaannya agar bisa bermanfaat bagi mereka. Terima kasi, semoga diterima di PTN impianmu. Amiiiiin…