3 Jurusan STAN Favorit Paling Banyak Peminat

iklan kape

Melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Akitansi Negara atau disingkat dengan STAN merupakan impian banyak lulusan SMA. Bahkan mungkin lebih dari sebagian bermimpi seperti demikian. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa perguruan tinggi tersebut memiliki keterbatasan daya tampung bila dibandingkan dengan jumlah pendaftarnya. Ketika mendaftar tentu calon peserta tesnya akan memilih program studi yang akan dipilih. Nah pada kesempatan kali kakak akan menuliskan mengenai 3 jurusan stan yang paling favorit dan banyak peminatnya.

Apa saja sih ketiga jurusan STAN yg paling difavoritkan oleh hampir setiap pendaftar tiap tahunnya?. Bila kita berbicara kata terfavorit, tentunya kita membutuhkan sebuah data pembanding. Data tersebut yang memilikinya adalah pihak manajemen kampusnya sendiri atau institusi yg membawahi sekolah tinggi kedinasan tersebut.

Masalah keterbatasan daya tampung dibanding peminat yang memiliki jumlah besar menyebabkan timbulnya kondisi kompetisi antar calon mahasiswa PKN STAN. Tapia ne anggap hal tersebut masih sebuah kewajaran. Dimana mana bila ada yg diinginkan namun ketersediaan sangat terbatas, tentu orang org yg menginginkannya harus relas untuk bersaing antara satu sama lainnya. Akan tetapi persaingan yg tercipta tersebut harus bersifat sportif. Dimana setiap kompetitornya harus berlaku fair, jujur, adil serta menjunjung tinggi nilai nilaii sportivitas dalam bersaing.

jurusan favorit stanMaksudnya seperti kak? Maksudnya ya jangan melakukan kecurangan ataupun melanggar asa kejujuran dalam bersaing. Jangan sampai mentang meentang ingin masuk jurusan program studi STAN favorit, kalian ingin menghalalkan segala cara guna bisa memuluskan usaha kalian untuk mendapatkan jurusn tersebut. It pikiran orang picik yg selalu memikirkan cara mencurangi sistem serta pihak lain yang bersedia bersaing secara sehat.

Bila kita mendapatkannya dengan cara curang tentu dalam hati sendiri pasti merasa ada yang janggal. Mungkin bagi orang lain memandang kita hebat, namun jauh di lubuk kecil diri sendiri akan merasa bahwa hasil tersebut merupakam buah tindakan kecurangan. So sebaiknya berusaha semaksimal mungkin agar bisa percaya diri. Bila hal tersebut berhasil dilakukan, tentu secara otomatis elu akan berpikir ngapain curang, gw jg udah yakin bisa melewati semua rangkaian tesnya.

Oke kita kembali lagi ke topik utama yakni tiga jurusan STAN yang terfavorit dan banyak peminatnya. Dua kata kunci tersebut harus aku maknai terlebih dahulu sebelum membahas lebih jauh. Tujuannya enggak lain agar elu semua pada mengerti apa yang akan aye paparkan nantinya. Selain itu juga agar kalian gak kecampur diantara keduanya. Okey deh untuk lebih jelasnya sebaiknya terus lanjut baca hingga sampai akhir tanpa melewatkan sepotong kata pun.

Perbedaan Jurusan STAN favorit dan diminati

Oke deh sekarang kita perjelas dulu apa itu jurusan STAN favorit dan diminati. Untuk kata pertama yaitu jurusan STAN yang favorit maksudnya adalah selalu menjadi harapan besar orang yang mendaftar menjadi calon mahasiswa (peserta tes USM). Mereka berkeinginan besar untuk masuk pada program studi tersebut. Secara tidak langsung mereka mengakui bahwa jurusan tersebut enak dan menjanjikan bila dibandingkan dengan yang lainnya. Terlepas dari kesadaran mereka bisa menggapainya atau tidak, dalam pikiran mereka ingin sekali deh pilih yang yang itu.

jurusan stan banyak peminatApakah mereka jadi memilihnya saat mendaftar? Oh itu tergantung bila mereka merasa mampu untuk bersaing tentu pilih. Atau mereka sudah menyadari kemampuannya kurang namun tetap berani memilih jurusan itu. Tetapi ada juga tuh org udah menyadari sendiri akan potensi dirinya bahwa mereka tidak mampu berkompetisi sehingga dia daftarkan yang lain.

Dari ketiga tindakan mereka mana yang benar kak? Menurut kakak ya, itu benar semua namun bisa juga salah. Tergantung kualitas akademik masing masiing. Misalnya tipe pertama yg merasa percaya diri mampu ikut dalam pertarungan memperebutkan jurusan favorit STAN, bila memang memiliki potensi yang sangat mumpuni it okey. Tapi bila sebaliknya dia hanya pede serta nyalinya besar padahal kapasitasnya minim tentu tindakan salah.

Keadaan akan menyedihkan bila seseorang yang sudah memiliki kemampuan yang memadai namun ia tidak percaya diri serta takut untuk bersaing memperebutkan jurusan favorit STAN. Sangat disayangkan, sudah belajar keras namun nyalinya kecil. Sama saja si dia kurang menghargai usahanya sendiri. Dikarenakan rasa takut tersebut, dia memilikih program studi lain. Kasihan banget kan?? Tapi hal tersebut masih mending dibandingkan anak yg terlalu kepedean ikut bersaing padahal potensi akademiknya minim.

Ya hak orang lah kak. Iya sih memang hak setiap orang. Tapi engga masalah dong abang sebagai seorang blogger di bidang pendidikan memberikan masukan. Bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat memilih jurusan nantinya. Ya semuanya kembali lagi pada diri tiap orang. Kakak mah engga mau ikut campur, hanya memberikan masukan serta pandangan melalui tulisan sederhana ini.

Baca Juga  Masuk IPDN Tidak Pake Uang Sogokan

Lalu bagaimana tuh dgn jurusan STAN banyak peminat? Untuk kategori tersebut dilihat berdasarkan jumlah orang yang mendaftarkannya. Lalu apa bedanya dengan favorit. Memang bila dilihat sekilas hampir sama, tapi sebenarnya berbeda antara satu sama lainnya. Gini kalau favorit belum tentu banyak yg mendaftar, tapi banyak peminat sudah pasti dong jumlahnya banyak bahkan melimpah. Jadi konsennya ada pada kuantitas calon peserta tesnya saja.

Kenapa ada jurusan STAN banyak diminati? Ya memang terjadi penumpukan pendaftar disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, memang ia ingin memilih jurusan tersebut karena sesuai minat dan bakatnya. Kedua, bisa jadi hanya sebagai pelarian bagi mereka yg merasa enggak akan mampu mendapatkan jurusan tersebut dikarenakan beratnya tingkat persaingan untuk mendapatkannya.

Para pelarian tersebut biasanya berasal dari dua kalangan yang ane sebutkan sebelumnya. Siapa saja kedua kalangan yg kakak maksud? Itu dari mereka yg berkemampuan akademik cukup bagus namun mereka takut bersaing dan golongan udah menyadari bahwa ia enggak mampu lalu pilih program studi stan lain. Oh begitu ya aa, pantasan aja terkumpul pada pilihan lain sehingga peminatnya banyak banget.

3 Jurusan STAN Paling Favorit

Baiklah setelah gw menjelaskan secar panjang lebar mengenai perbedaan antaran jurusan favorit dan banyak peminat yang ada di STAN, sekarang abang akan menjelaskan mengenai prodi apa saja sih yang paling favorit. Tadi di tengah ulasan mengenai topik ini, abang sudah menjelaskan dasar sebuah jrusan pada institusi pendidikan ini dianggap favorit. So aye engga perlu menjelaskan ulang lagi yah. Semoga masih ingat ya bro sista.

Jurusan STAN favorit setiap tahun ada tiga yaitu: perpajakan, kepabeanan serta kebendaraan negara. Hampir setiap (mungkin bisa dikatakan memang) tahun ketiga selalu difavoritkan. Kalau dipikir piker pendaftarnya tertarik mungkin disebabkan oleh prospek kerjanya di institusi pemerintahan lebih bergengsi. Ane yakin itulaha penyebab utamanya. Baiklah kak, bisa engga kak untuk mejelaskan secara jelas setiap ketiga jurusan tersebut.

Sudah pasti akan kakakmu ini menjelaskan secara detail ketiga jurusan favorit STAN tersebut. Tapi sebenarnya topik tersebut pernah abang bahas di artikel khusus. (Baca: jurusan program studi STAN). Kendati demikian, gw pasti dan akan tetap mengulasnya dari sisi lain. Maksudnya dari kanan atau kiri ya? Hahahaha bukan gitu guy. Maksud aku tuh membahas menggunakan sudut pandang lain yaitu tingkat favorit setiap program studi tersebut. Okey cekidot bang wkwkwkwkk.

Jurusan Favorit STAN: Perpajakan

Jurusan paling favorit urutan pertama adalah perpajakan. Dari namanya saja pasti kalian semuanya sudah mengetahui dong bahwa program studi stan tersebut belajar seputar hal berkaitan dengan pajak. Penempatan lulusannya juga nanti sudah bisa dipastikan akan diposisikan pada kantor pelayanan pajak. Wah kalau dengar kantor pajak enak yah. Emang kenapa dengan lembaga tersebut? Ya iyalah kak, namanya juga tempat masuknya uang iuran wajib setiap warga negara. Kan bisa dikorupsi dong. Wkwkwkw niatnya parah ya ternyata.

Luruskan niatmu dek, jangan berniat jahat untuk mengambil uag negara. Kalau niatnya kaya gitu, aku do’ain engga lulus masuk sekolah tinggi akutansi negara loh (PKN-STAN). Idih si abang mah tega amat deh. Aku Cuma hanya becanda doing, dianggapnya serius. Aku niatnya tulus kok untuk mengabdi pada nusa dan bangsa tercinta ini. Nah gitu dong baru namanya adek yang baik. Iyalah kan abdi mah adiknya yg cantik/ ganteng kaaan?

Kenapa jurusan perpajakan STAN favorit? Secara pasti gw kurang mengetahui secara pasti penyebabnya apa. Tapi memang setiap tahun, jurusan tersebut paling banyak peminatnya. Ada yang bercerita faktor utamanya adalah karena lapangan kerja. Rata –rataa gaji pegawai kantor pajak katanya tinggi. Mungkin karena dipengaruhi oleh rumor tersebut. Tapi memang sih pendapatan bulanan mereka lebih besar dibanding dengan pegawai negeri sipil lain. Tapi perbedaannya engga terlalu jauh. Bedanya disebabkan oleh mereka mendapatkan tunjangan khusus.

Kenapa pegawai kantor pajak mendapatkan tunjangan. Ya tentu untuk mencegah mereka kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kalau mereka merasa kekurangan nanti uang hasil pembayaran pajak sebagai pemasukan negara akan diambil oleh mereka loh. Tapi perlu diingat gajinya juga dipengaruhi oleh posisi serta jabatan yang mereka pegang. Bila hanya staf biasa ya tentu gajinya pun biasanya dong. Semakin tinggi jabatannya pasti salarinya akan besar pula.

Jurusan perpajakan STAN favorit bahkan ada sebagian pendaftar rela mendapatkannya hanya untuk diploma 1. Saking begitu besarnya keinginan mereka untuk mendapatkan kesempatan untuk lulus di jurusan tersebut. Mereka berpikir meskipun mengambil program studi D1 Pajak STAN, nanti harus mengabdi (kerja) selama dua masa kerja. Nah setelah itu mereka bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu D3 ataupun diploma empat.

Baca Juga  Daftar Sekolah Kuliah Ikatan Dinas 2017-2018

Jurusan Bea Cukai Favorit STAN

Jurusan favorit STAN kedua adalah bea cukai atau kepabeanan. Bila kita berbicara mengenai lapangan kerja, program ini juga dapat dibilang cukup bergengsi kok. Bahkan sering pula ditempatan di bandara pada bagian unit inspeksi barang ekspor impor. Meskipun kuantitas transaksi enggak sebanyak kantor pelayanan pajak, namun nilai tiap transaksinya lumayan besar. Intinya bila ditotalin hampir sama juga loh.

Untuk lapangan kerja sudah tentu akan dilokasikan pada kantor atau instansi berkaitan dengan bead an cukai (biaya masuk dan keluar barang baik dari ataupun menuju ke dalam negeri). Sebuah keuntungan besar bagi mereka berprofesi seperti itu. Bisa tau seluk beluk pengurusan berijinan aktivitas perdagangan internasional. Selain itu juga bisa mendapatkan jaringan luar seperti para konglomerat ataupun pengusaha dari kelas menengah hingga ke atas.

Ada ssatu hal pentng diketahui dari jurusan favorit STAN kepabeanan yaitu membuka dua prodi yaitu D1 dan D3. Untuk yang pertama dibuka bagi cewek maupun cowok serta memiliki syarat khusus seperti tinggi badan minimal harus dipenuhi serta berkaitain dgn mata minus. Selain itu juga, prodi D3 nya hanya menerima pendaftar laki lakii. Jadi bila lu seorang wanita inging mengambil jurusan ini, hanya boleh diploma satunya saja.

Bagaimana sistem pendidikan jurusan bea cukai STAN diselenggarakan? Pelaksanaan pedidikan menerapkan semi militer. Dilatih untuk menjadi tenaga professional, disiplin, ulet, cekatan serta memiliki mental serta integritas tingga terhadap kesatuan negara republik Indoensia. Mengapa prodi tersebut haru seperti itu? Karena nanti di lapangan kerja akan berhadapan dgn berbagai bentuk permasalahan seperti selundupun barang illegal atau melanggar perundang undangan.

Jurusan Kebendaharaan Negara Favorit STAN

Karena judul tiga jurusan favorit STAN, maka ini bagian terakhir untuk paling favoritnya. Kendaharaan negara masuk dalam kategori paling favorit. Meskipun tidak sefavorit kedua jurusan yang ane sebuktna sebelumnya. Namun jumlah pendaftar berharap lumayan besar juga loh. Dari namanya tentunya kalian sudah mengetahui bagaimana kurikulum serta mata kuliah yg akan dipelajari selama kuliah nantinya.

Kebendaharaan berasal dari kata bendahara. Yaitu semua aktivitas yg mengintarisasik seluruh aset yang dimiliki oleh sebuah institusi. Jadi kalau kebndaharaan negara berarti mencatat serta mengurus semua hal yang berkaitan kekayaan serta semua barang miliki negara.

Fokus pelajaran lebih pada inventarisasi segala kekayaan pemerintahan negara baik dari daerah mamipun sampai pusat. Selain itu, akan diajarkan bagaimana cara melakukan penilaian terhadap nilai pada barang serta asset negara. Program studi yang dibuka ada diploma 1 dan 3. Ada teman ane yg dulu ngambil jurusan tersebut, awal lulusnya langsung kerja di kantor Badan Pemeriksa Keuangan Negara Provinsi Bengkulu sampai sekarang. Kini sudah jarang ketemu karena memiliki kesibukan masing msg. Kadang ketemu sekali dalam setahun ketika dia ke Jakarta bila ada pelatihan di pusat diklat keuangan RI.

3 Jurusan STAN Paling Banyak Peminat

Nah setelah membahas tiga jurusan STAN favorit, sekarng saatnya beralih pada topik yang serupa yaitu banyak peminat. Seperti ane jelaskan sebelumnya bahwa jurusan lain yg enggak aku sebutin di atas tidak ada mau memilihnya. Itu penarikan kesimpulan yg sangat salah. Tidak sedikit loh calon peserta tes memilih jurusan selain ketiga yg disebutkan favorit di atas.

Meskipun tidak terlalu menjadi impian banyak orang, namun tiga jurusan yang akan dibahas di bawah ini merupakan peminat banyak. Mengenai alasan mengapa bisa banyak peminatnya padahal kurang favorit, sudah dibahas secara lengkap pada untaian kata awal artikel ini. Jadi langsung aja ane bahas 3 jurusan STAN paling diminati yakni pajak bumi dan bangunan, serta manajemen aset.

Jursan STAN banyak peminat: Pajak Bumi Bangunan

Memang bisa diakui bahwa jurusan ini kurang di favoritkan, tetapi jika dilihat dari tahun ke tahun jumlah pendaftarnya cukup besar. Jadi jangan sekali kali menyepelekan program studi tersebut. Pajak bumi bangunan memfokuskan kompetensinya pada cara perhitungan nilai pajak setiap objek pajaknya (rumah/ gedung dan tanah).

Kalau kalian biar bisa bayangin seperti apa pekerjaan mereka bila sudah lulus jurusan pajak bumi bangunan STAN, biasa sering diumumin bahwa akan datang orang dari kantor PBB. Biasanya ke kelurahan untuk menagih iuran tahunan terkait dengan tanah serta gedung ataupun rumah. Akan tetapi tidak semua kok ditagih dgn cara didatangi. Apalagi sekarang udah bisa dibayarkan secara online ataupun loket pembayaran lewat bank ataupun pos.

Selain itu, mereka juga sangat berkaitan erat dengan pengurusan ijin mendirian bangunan (IMB). Memang urusan tersebut tidak berhubungan dengan secara langsung. Karena masalah itu urusannya dengan instansi bawahannya Kementerian Agraria dan Tata Ruang (Badan Pertanahan Nasional) . Akan tetapi setelah semua perijinan tersebut jadi, harus dilaporkan pada kantor pajak bumi dan bangunan agar bisa dibuatkan berita acara penagihan pajaknya.

Baca Juga  Jurusan Kuliah STAN Serta Pilihan Program Studi

Kenapa jurusan STAN banyak diminati untuk pajak bumi dan bangunan? Karena jursan yg lebih favorit susah untuk masuknya disebabkan oleh tingkat persaingan tinggi. Oleh karena itu mereka berpikir untuk mencari alternatif pilihan lain. Tetapi kalian jgn berpikir bahwa PBB tidak bagus. Banyak juga loh menjadikannya sebagai pilihan pertama. Artinya antusiasme orang untuk milih lumayan kan? So jangan disepelekan. Nanti mahasiswa ataupun dosennya marah looh.

Jurusan Akutansi STAN Banyak Peminat

Sebenarnya akutansi di universitas umum sangat difavoritkan. Tapi di STAN begitu terlalu. Namun bukan berarti tidak diminati sama sekali. Ada jg sengaja menempatkannya pada pilihan pertama. Itu biasanya mereka yang memang menyukai bidang pembukuan keuangan.

Mungkin ada sebuah pertanyaan terbesit dalam pikiran kalian semua. Mengapa jurusan STAN akutansi tidak terlalu favorit namun banyak yang minat. Untuk masalah kurang favorit bisa jadi disebabkan oleh faktor profesinya lebih pasif dibandingkan dgn yg lain. Tapi ini hanya sebuah opini saja. Biasanya mereka (terutama karyawan baru) lebih difungsikan sebagai staf untuk melakukan pencatata dalam pembukuan.

Sedangkan masalah banyak peminatnya disebabkan tidak sedikit juga calon mahasiswa memilihnya sebagai program studi tujuannya. Selain itu tidak sedikit menjadikan sebagai pelarian karena merasa tidak mampu untuk bersaing mendapatkan bangku pada jurusan favorit STAN. Selain itu juga, akutansi hanya memiliki satu prodi yaitu diploma tiga saja.

Jurusan STAN Banyak Diminati: Manajemen Aset

Salah satu jurusan yg biasanya jadi pelarian pendaftar tes USM adalah manajemen aset. Karena saking banyak yang menjadikan MA sebagai tadahan menyebabkan jumlah peminat cukup banyak. Meskipun kurang favorit, namun kalian harus mampu mengalahkan ribuan hingga puluhan ribu dalam bersaing mendapatkan nilai bagus. Bila hasil nilainya bagus, tentu di kemudian hari kalian dianggap layak untuk melanjutkan pada tahapan tes berikutnya yaitu kesehatan fisik/ kebugaran serta wawancara.

Apa saja sih pekerjaan lulusan jurusan manajemen aset STAN? Biasanya berkaitan dengan pengelolaan barang brg serta aset milik negara. Nantinya akan diatur prosedur pemakaian serta penggunaannya. Melalui serangkaian tindakan manajerial yang bagus, pemanfaatannya dioptimalkan sehingga memberikan tingkat efisiensi dan efektivitas yang tinggi.

Jurusan STAN Paling Sedikit Peminat

Wah bagian ini seperti engga ada deh. Setau ane sih jurusan di STAN ada difavoritkan serta ada juga kurang favorit namun pemintanya banyak. Bila kita membicarakan mana yg tidak diminati sepertinya tida satupun masuk kategori tersebut.

Selain itu kita gak boleh mengadakan kategori tidak atau sedikit peminatnya. Seakan akan mendiskreditkan prodi tertentu. Perlu diingat bahwa semua yang ada di institusi pendidikan tersebut selalu diinginkan oleh sebagian besar lulusan sekolah menengah atas. So engga perlu khawatir kalaupun nanti terpeleset pada jurusan yang gak kalian inginkan, misalnya masuk pada pilihan yang keempat.

Ingat loh untuk masuk kuliah di STAN itu tidak mudah. Kalian harus menghadapi rintangan serta berbagai kompetisi yang sangat tinggi. Jumlah peminatnya setiap bisa mencapai ratusan orang. Jadi jangan sekali kali dianggap sepele ataupun gak jadi masuk di situ seandainya nanti keterima pada jurusan yg kalian rasakan kurang cocok. Ikhlaskan hati serta niat untuk menimba ilmu. Nanti setelah akan menjadi sang pengabdi sejati bagi nusa dan bangsa tercinta ini.

Kenapa Jurusan STAN Favorit dan Banyak Peminat?

Munculnya kedua kategori tersebut tentu disebabkan oleh tingkat minat serta harapan calon peserta tesnya. Bila banyak yg mengharapkannya maka dianggap sebagai favorit. Namun bila kurang difavoritkan pasti akan dijadikan sebagai alternatif penadahnya.

Pilihan pelarian bisa jadi akan memiliki jumlah pendaftar yang besar serta membengkak bahkan dapat melebihi daya tampungnya. Nah jurusan tersebut termasuk peminatnya banyak. Jadi bisa ane simpulkan persaingan untuk mendapatkannya pun akan sama rata.

Pilih Jurusan STAN Yang Mana?

Nah pertanyaan yang bagus, pilih jurusan STAN yang mana? Apakah yg favorit dgn konsenkuensi tingkat persaingan yang sangat ketat sehingga harus berusaha keras untuk mampu memenangkan kompetisinya. Atau memilih memperebutkan pada jumlah peminatnya banyak. Kedua pilihan tersebut bisa dinilai cukup pelik.

Kedua kondisi tersebut tentu akan memerlukan usaha lebih. Mau pilih yang manapun sudah tentu diwajibkan untuk terus belajar serta berusaha secara maksimal mungkin. Jadilah petarung sejati untuk berjuang menggapai apa yang diinginkan. Semua pengorbanan kalian suatu saat akan terbalas dgn rasa kepuasan serta kebanggaan yg besar pada diri.

Mengenai jurusan STAN mana yang harus dipilih, tergantung orangnya. Bagimana kemampuan akademiknya. Selain itu jg jangan mengabaikan ketertarikan terhadap bidang mana. Sebelum memilihny, sebaiknya dipertimbangkan secara matang agar nantinya tidak menyesal ataupun menjalani masa studi secara asal asalan saja.