Kiat Sukses Lulus USM STAN

iklan kape

Semua pasti sudah mengetahui bahwa STAN merupakan perguruan tinggi kedinasan paling favorit dibanding sekolah ikatan dinas lainnya. Entah apa sebabnya kurang tau secara jelas, bisa karena suasana perkuliahannya nyaman, prospesk kerja tinggi atau gaji serta tunjangan lulusannya yang bekerja di Kementerian Keuangan tegolong cukup besar. Terlepas dari semua sebab ane sebutkan sebelumnya, kita dapat menarik sebuah benang putih bahwa persaingan untuk menjadi mahasiswa kampus tesebut sangat ketat. Sehingga kiat khusus untuk memenangkan kompetisi dengan calon lain sehingga bisa lulus PKN STAN tahun ini.

sukses lulus stan

Bila kita mau bicara soal kiat jitu agar bisa sukses USM PKN STAN, kita harus mengetahui kondisi mendannya terlebih dahulu. Apa saja medan perlu dikenali secara serius? Ya macam macamlah seperti rasio harapan kelulusan pada ketiga tahapan tesnya, sistem pelaksanaan ujiannya, tingkat persaingan pada jurusan tertentu yang paling difavoritkan, serta persipan sebelum mengikuti ujian seleksi calon mahasiswa. Keempat hal tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus karena memberikan pengaruh yang cukup agar bisa lulus STAN nantinya.

Hal Penting Diperhatikan Agar Lulus USM STAN

Seperti sudah ane jelaskan pada bagian sebelumnya bahwa  terdapat empat hal penting diperhatikan agar bisa sukses lulus STAN. Pada bagian ini akan gue jelaskan satu persatu agar lebih jelas serta dapat dipahami oleh semua sobat muda pembaca setia blog www.herniawan.com. Dari masing masiing keempat hal itu akan diperinci sedetail mungkin seperti berikut.

  • Rasio Lulus USM STAN

Perbandingan banyaknya kuota penerimaan mahasiswa STAN terhadap pelamarnya dikalikan dengan seratus persen disebut rasio lulus. Secara matematis bisa diketahui bahwa semakin makin banyak peserta tes akan menyebabkan rasionya kecil. Dengan kata lain berarti bahwa harapan kelulusan seseorang makin mengecil. Sebaliknya bila kandidat mahasiswanya kecil sudah pasti harapan terbuka lebih lebar.

Seperti biasa mendaftar /peminta sekolah tinggi akutansi negara bisa mencapai hingga angka ratusan ribu setiap tahunnya. Kadang 90-an ribu orang dan tak jarang juga menembus angka seratus ribuan orang. Angka tersebut bukanlah jumlah yang kecil dibandingkan dengan daya lembaga edukasi bidang akutansi bersangkutan. Nah kalau sudah tau perbandingannya cukup kecil, keharusan bagi elu yang mau lulus STAN adalah berusaha sekeras kerasnya untuk mepersiapkan diri. Persiapannya berupa belajar yang gigih, persiapan fisik dan mental yang prima. Ketiga hal tersebut benar –benaar penting banget diperhatikan.

Banyak sekali peminatnya so antum tidak boleh berpikir bahwa kamu pasti akan lulus. Ente harus hadapai hadangan yg super serius yaitu bersaing sesame peserta untuk mendapat kursi kuliah di situ. Orang lain mengikutinya bukan main main akan tetapi mereka memiliki minat yang besar terhadap kampus STAN. Sehingga elo kudu berusaha keras deh agar bisa dapatinnya.

  • Sistem Pelaksanaan USM STAN

USM PKN STAN terdiri dari tiga tahap, yaitu tes tertulis, kesehatan fisik, dan terakhir tes kemampuan dasar. Sistem tersebut mulai dilaksanakan pada tahun 2016. Sedangkan tahun –thn sebelumnya tidak ada TKD. Yang ada hanyalah wawancara atau interview. Ketiga tahapan tersebut wajib dilewati dengan baik bila cita-ciita masuk STAN terwujud. Tidak ada keunikan ataupun lebih prioritas dati ketiganya tersebut.

Pada tes tertulis terdapat dua jenis soal yaitu TPA dan Bahasa Inggris. TPA terdiri dari dua puluh nomor soalnya sedangkan bahasa inggris hanya enam puuluh nomor. Baik TPA maupun bahasa inggris bentuk soal multiple choice (pilihan ganda). Mungkin pada bagian ini aye kaga bahas lebih detail mengenai tes tertulisnya. Bila ingin dapatin info detailnya bisa baca tips mengerjakan soal PKN STAN mudah. Mengapa tak dikupas secara penuh, ya tujuannya agar tidak keluar dari topikpenulisan berjudul kiat sukses lulus USM PKN STAN. Tahapan seleksinya kan bukan hanya ujian tulisnya aja, namun ada bagian lain yg tidak kalah penting. Memang sih tahap pertama itu bisa mengeliminasi banyak orang. Tapi bisa dibaca secara seksama tipsnya pada link yang diberikan pada paragraph sebelumnya. Tujuannya tidak lain adalah agar tidak melebar kemana mana gitu loh.

  • Jurusan Favorit STAN

Hal ketiga ini tergolong sangat penting. Bagaimana tidak, pemilihan jurusan kuliah STAN dapat dijadikan sebagai salah satu tips lulus masuk perguruan tinggi tsb. Mengapa bisa seperti itu? Sudah dipastikan berkaitan dengan persaingan untuk mendapatkan jurusan favorit. Misalnya saja seorang pendaftar memilih jurusan A sebagai pilihan pertama, kuota program studi tersebut hanya 150 orang. Pada saat penilai skor hasil tes, dia tidak mencapai seratus lima puluh besar untuk pemilih prodi tersebut. Lalu dia dilempar ke piilihan kedua, sedangkan pilihan kedua terdapat 100 orang dan memenuhi criteria, otmotis dia jatuh ke pilihan ketiga seperti demikian seterusnya.

Malah ada kemungkinan dia tidak keterima di jurusan tiga, empat, lima, enam hingga Sembilan. Karena setiap jurusan lebih mengutamakan yang menjadikannya pilihan pertama. Orang menempatkan sebagai piliihan pertama sudah mengindikasikan bahwa dia memiliki minat yang besar serta ada komitmen awal. Calon mahasiswa demikian biasanya akan menunjukkan performa yg baik saat dia kuliah ataupun ketika berkari setelah lulus nantinya.

Nah dari ilustrasi di atas, mungkin adek sudah paham betapa pentingnya strategi pemilihan jurusan STAN. Pilih D1 atau D3 juga penting banget loh. Kalau begitu, apa bisa kakak bagikan tips memilih jurusannya? Oke tentu pasti aku bantu kok. Tapii ada syaratnya, kalian harus mengetahui dulu kualitas serta kemampuan diri masing maaasing. Karena masalah tersebut cukup penting juga sebagai bahan pertimbangan.Waduh bingun kak maksudnya gimana. Bisa diceritain secara jelas kaga bang?

Jadi begini loh dek, bila kemampuan kalian memadai dan yakin bisa lulus, kalian bebas memilih jurusa apapun sesuka hatimu. Tapi jangan over percaya diri yah. Misalnya antum kualitas akademiknya bagus bisa memilih diploma tiga perpajakan sebagai pilihaan pertama. Prodi tersebut merupakan paling favorite dari semuanya. Sebaliknya bisa adek ragu dgn kemampuan adek sebaiknya jgn pilih D3 pajak mending prodi lain. Kalaupun ngebet banget sama pajak, boleh lah tapi pilih aja D1 nya. Kalau begitu apa kaka bisa ceritakan urutan jurusan apa saja dari yang paling banyak diminati hingga kurang diminati. Untuk hal tersebut bisa langsung dibaca sendiri pada program studi dan jurusan STAN.

  • Persiapan Sebelum USM STAN

Hal terakhir perlu diperhatikan adalah persiapan semua hal yang berkaitan dengan kebutuhan serta keperluan untuk mengikuti tes USM STAN. Apa saja persiapan yang akan diberikan perhatian khusus? Sebenarnya banyak kok. Emang sebanyak apa sih? Enggak bisa disebutin satu persatu emangnya? Ya bisalah masa engga bisa, aneh ane saja jika kaga bisa. Makanya sebutin dong hehehe, penasaran nih wkwkwkw.

Beberapa persiapan harus diperhatikan adalahmasalah administrasi ketika akan mengikuti tes USM STAN, bahan-bahaan untuk belajar, mempelajari materi soal STAN serta pembahasannya. Selain itu hal yang terpenting adalah strategi mengerjakan soalnya. Kesemua hal disebutkan barusan sangat lah penting serta bisa mepengaruhi kemungkinan lolosnya seseorang nanti. So kesemuanya harus benar benaar diperhatiikan secara serius. Namun di sini tidak dibahasa secara rinci. Silakan lanjutkan membaca agar bisa mengetahui maksudku kaya gimana.

Kiat Rahasia Lulus USM PKN STAN

Oke bagian awal saya telah banyak berbicara mengenai persiapan sebelum mengikuti rangkaian seleksi calon mahasisiwa PKN STAN. Sekarang saatnya kita masuk ke bagian iti yaitu kiat rahasia lulus USM PKN Politeknik Keuangan Negara STAN. Ya memang ane kalo menulis artikel suka menuliskan paling akhir dari intinya. Tentu semua sudah tau kan tujuannya buat apa? Biar pengunjungnya membaca artikel dalam waktu yg lama. Tingkat lamanya durasi pengunjunng membaca menandakan kualitas dari isi sebuah karya tulis.

kiat lulus stanKelulusan seseorang masuk STAN tidak serta merta hanya ditentukan oleh satu faktor saja misalnya tingkat kepintaran seseorang. Namun masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh. Sebagai contoh aku ceritakan sebuah ilustrasi. Adu dua anak namanya A dan B. Mereka berasal dari sekolah yang sama. Si A lebih pintar dari B. Namun hasil pengumuman menyatakan B lulus masuk STAN sedangkan A tidak. Apa menyebabkan hal tersebut bisa terjadi? Hanya ada dua kemungkinan yang terjadi yaitu kesalahan sistem pemeriksaan hasil tes dan kesalahan strategi A.

Meskipun kita bisa mengasumsikan kemampuan akademik A stabil dan gak naik turun. Dua kemungkinan disebut di atas bisa aja terjadi. Peluang besar terjadi adalah kesalahan strategi A. Namun kesalahan sistem juga bisa karena sistemnya kan buatan manusia soo masih ada kemungkinan eror atau trouble meskipun kemungkinanya terjadi lebih kecil jika dibandingkan dgn yg pertama. Sebenarnya masih ada faktor yang paling fatal lainnya yaitu kesalahan teknis A saat mengerjakan soal. Kalau hal seperti itu bisa dianggap dia sudah kalah sebelum masuk medan perang.

Kesalahan teknis sebagai contoh proses pengisian jawabannya kurang teliti padahal sudah benar jawaban yang ia maksud. Untuk masalah tersebut perlu dilatih masalah kedisiplinan serta kehati hatian dalam mengerjakan soal. Faktor seperti ini termasuk penyebab internal dari setiap orang. Memang kadang ada orang yg bisa namun kurang teliti dalam menyelesaikan suatu masalah.

Oke kita kembali pada kesalahan strategi. Strategi merupakan rencana terarah serta cermat bergunan menuntun secara efektif mengenai suatu kegiatan. Selain itu juga mencakup langkah dan metode untuk mencapai sasaran. Sehingga bisa kita simpulkan bahwa strategii merupakan faktor dominan dalam merai sukses seperti lulus PKN-STAN.

Strategi kurang tepat dapat meliputi kesalahan dalam cara belajar ataupun pemilihan jurusan program studi kuliah STAN. Oleh Karena itu saya mencoba membahas metode belajar meterinya serta pemilihan jurusan yang tepat.

Tips Belajar Materi USM STAN Secara Efektif

Banyak sekali metode belajar efektif dan efisien guna mempersiapkan diri mengikuti USM STAN. Salah satu dengan menerapkan SQ3R. SQ3R maksudnya survey (penelitian pendahuluan), Question (membuat pertanyaan), Read (membaca), Recite (mengulang), dan Review (pelajari ulang secara keseluruhan).  Survey dilakukan untuk mengetahui materi apa saja yang dibutuhkan serta digunakan untuk merancang rencana belajar kedepannya. Membuat pertanyaan dimaksudkan untuk memberikan arahan pokok/ inti sari apa saja yg perlu ditekankan. Membaca dilakukan untuk mendapatkan kebutuhan pengetahuan yang dibutuhkan. Recite bertujuan untuk memantapkan pemahaman terhadap konsep serta teori yang telah dipelajari. Review sangat penting dgn maksud mmengingat kembali semua pelajaran yang telah didalami dari awal hingga akhir.

Pada kesempatan ini ane hanya mengemukakan langkah langkaah praktif untuk memantapkan kembali materi yang pernah dipelajari. Secara umum kebutuhan pengetahuan yang diperlukan untuk mengerjakan soal USM STAN, pelajaran matematika SMP sebenarnya dirasa sudah cukup. Namun akan lebih bagus lagi bila sekalian materi SMA. Karena pada soal 2015 saya melihat sudah mulai memasukkan materii sekolah menengah atas tidak dipelajari oleh jenjang pendidikan di bawahnya.

Adapaun langkah-langkaah belajarnya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama

Buat program belajar untuk kurun waktu sekarang sampau berlangsungnya USM meliputi pelajaran yang aan diujikan pada testing. Usahakan belajar secara teratur sesuai dengan kemampuan masing masiing. Belajarlah setiap hari dan bagi waktu yang ada digunakan untuk memantapkan teori dasar, mengingat rumus dan mengerjakan soal untuk tiap bagian materinya. Lama waktu tidak harus sama tergantung pada pengusaan yg telah dimiliki tiap orang. Jangan lupa buat ringkasan ulang untuk konsep yg telah dipelajari.

Langkah Kedua

Kerjakan kumpulan soal STAN tahun tahuun sebelumnya. Kerjakan dgn menggunakan batas waktu tanpa melihat catatan, seakan akan sedang menghadapi tes yang sesungguhnuya. Bila sudah selesai, periksa jawaban menggunakan kunci jawaban yang ada untuk mengukur dan mengetahui berapa persen jawaban yang benar.

Langkah Ketiga

Analisa soal STAN selama lima tahun belakangan, selanjutnya kelompokin soall tersebut untuk mendapatkan data statistik materi dan tipe yang paling sering muncul untuk setiap kategori/ tipe soalnya.

Strategi Memilih Jurusan STAN

Pokok dari strategi memilih jurusan STAN adalah menentukan pilihan jurusan dgn tingkat persaingannya sesuai dengan kemampuan peserta USM. Makanya sangat diperlukan data jumlah peminat untuk setiap jurusannya. Namun untuk mendapatkan informasi tersebut tidaklah mudah, karena pihak kampus tidak mempublikasikan hal tersebut. Lalu bagimana cara untuk mengetahuinya? Caranya dapat ditempuh dengan menanyakan info tersebut pada kakak kelasnya. Berikut ini gue berikan tips dalam memilih jurusan:

Prediksi Klasifikasi Jurusan

Pertama kalian harus membuat daftar jurusan program studi STAN dari yang paling favorit hingga kurang diminati. Biasanya semua program diploma tiga lebih banyak peminatnya daripada D1. Khusus D3 dari tahun ke tahun yang paling banyak peminatnya adalah perpajakan. Tapi disini saya tidak memberikan informasi jurusan apalagi setelah pajak, khawatirnya saya mendiskreditkan jurusaan tertentu. Gak enak jadinya nanti hehehehe. Oh ya saat melakukan pendaftaran, semua program studi harus dipilih semua dari yg paling diprioritaskan hingga pilihan akhir.

Memprediksi Tingkat Kemampuan Akademik

Mengukur kemampuan akademik perlu dilaksanakan guna mengetahui pemetaan potensi diri apakah sesuai jurusan yang diinginkan. Bagaimana cara untuk mengukurnya? Bisa dengan mencoba mengerjakan soal tes simulasi STAN atau try out. Hati hatii untuk tes uji cobanya, jangan asal menerima tawaran TO yg dilakukan oleh pihat pembuat asal asalan. Ada satu hal penting dari tips ketiga ini yaitu mau mengakui kemampuan hasil tesnya serta legowo menerimanya. Maksudnya bila hasil simulasinya yg telah dilakukan berkali kali, lihat hasilnya maka pilih jurusan sesuai dgn gambaran skor TOnya.