Tips Lulus Tes Kesehatan Fisik STAN

iklan kape

Untuk masuk Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) harus melewati serangkaian tahap seleksi. Tahap seleksi pertama adalah ujian saringan masuk (USM), kedua tes kesehatan fisik dan kebugaran dan terakhir wawancara. Saat ujian tertulis, fokus penilaiannya pada kemampuan akademik calon mahasiswa. Sebenarnya pada saat seleksi tertulis banyak sekali peserta berguguran dikarenakan persaingan super ketat (rasio jumlah pendaftar dng kuota mahasiswa sgt kecil). Nah peserta lulus tes tulis akan menghadapi tes kesehatan fisik STAN. Kemungkinan lulus tidaknya pada penjaringan kedua masih ada kok.

Terus bagaimana cara agar lulus tes kesehatan fisik STAN? Okee pasti akan gue kasi kok tipsnya, tenang ajalah. Tapi sebelum aku kasi tips rahasianya, gw ingin kategorikan bagian seleksi kedua ini menjadi dua bagian yaitu, tes kesehatan dan uji fisik. Emang beda ya kakak? Tentunya beda dek, kalo kesehatan berkaitan dgn pemeriksaan dokter atau laboratorium, sedangkan uji fisik oleh instruktur latihan olahraga. Jadi pastinya beda dong. Meskipun pada dasarnya kedua hal tersebut saling berkaitan satu sama liannya. Apa tuh hubungannya abang? Kalo kesehatannya bagus tentu akan fisiknya bagus. Begitu juga sebaliknya bila fisik kuat merupakan indikator kesehatan dalam kondisi prima. Okedeh akang, ngerti skrg deh. Terus tes kesehatan seperti apa saja serta uji fisik contoh gimana mas? Okey aye akan jelaskan secara rinci satu per saatu.

rahasia tes fisik

Tes Kesehatan STAN

Tes kesehatan STAN dimaksudkan untuk mengetahui keadaan kesehatan calon mahasiswanya. Pasti pihak kampus menginginkan mahasiswa sehat secara jasmaninya. Kenapa demikian? Karena nantinya setelah lulus pendidikan akan langsung diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil serta diangkat juga jadi PNS sesuai dgn perundang undangan berlaku. So bila kalian ingin masuk perguruan tinggi akutansi plat merah tersebut, kesehatan ente harus bagus ya, hehehe. Namanya jg akan jadi abdi negara harus sehat dong, kalo sakit gimana mengurus urusan negara ataun melayani kepentingan publik. Ingat loh bahwa kesehatan itu sangat penting loh. Orang sehat pasti etos kerjanya tinggi sehingga kinernya pun akan bagus dong.Biasanya kegiatan pengujian ini mulai dilakukan jam 07.00. Jadi usahakan jgn telat yaaang bisa pengaruhi hasilnya nanti. Bagian ini terbagi menjadi dua yaitu:

1. Pengukuran fisik

2. Pengecekan kondisi internal tubuh

Terus tes kesehatan apa aja sih yang diperiksa. Pemerikasaan dalam tahap seleksi ini meliputi: pengukuran  tinggi dan berat badan, periksa tekanan darah, detak jantung, cek gigi, mulut, telinga, hidung, tes mata, bebas dari napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya).

  1. Pengukuran tinggi dan berat badan. Pengkuran tinggi berat badan dilakukan guna melihat kondisi fisik. Tapi tidak perlu khawatir untuk masalah satu tingi –berat badan. Tidak ada syarat khusus terkain tinggi badan untuk masuk STAN kecuali jurusan bead an cukai. Selain jurusan Bea Cukai, tinggi berapa pun bisa masuk. Begitu jg halnya dengan berat badan, tak terdapat persyaratan khusus kok. Kegiatan ukur tinggi serta berat hanya untuk mengetahui kondisi fisik calon mahasiswa tanpa ada maksud diskriminasi, hehehehhhhei.
  2. Tekanan darah. Pemeriksaan tekenan darah penting dilakukan untuk mengetahui kesehatan sistem peredaran darah serta organ oragnnya. Tensi darah terlalu rendah atau ketinggian tentu menandakan kurang bagus system peredarannya ataupun organnya. Kondisi tersebut sangat erat kaitannya dgn denyut nadi serta kemungkinan serangan jantung.
  3. Detak jantung perlu untuk dipriksa guna mengetahui baik buruknya fungsi jantung. Denyut jantung bisa dijadikan indikator tingkat agresivitas seseorang. Denyuk jantung terlalu cepat menandakan orang super agresif ataupun memiliki karakter gugup minder atapun penakut. Begitu juga sbaliknya bila denyutnya lemah menandakan karakter pasif tanpa banyak gerak dan inisiatif.
  4. Cek gigi hanya sebagai catatan kesehatan rahangnya. Tidak ada syarat khusus sih untuk masalah gigi. Gigi opong jg gak apa apa kok. Gigi pelangi jg tak masalah. Tapi usahakan masih ada giginya. Kalo gak ada sama sekali kan malu hehehai. Pemeriksanya akan ngakak ntar. Selain itu lu pada kaga berani ketawa ataupun senyum bila tidak memiliki gigi sama sekali meskipun hal tersebut tidak mempengaruhi kelulusan.
  5. Pemeriksan mulut bertujuan untuk melihat ada tidaknya penyakit di mulut. Meski jarangorg berpenyakit di daerah mulut, tapi tidak sedikit penyakit krosnis dapat dilihat dari keadaan oral. So yang satu ini cukup penting. Satu lagi perlu kalian perhatikan, jgn ampe saat dicek mulut kalian bau. Entah pemeriksanya bete lagi jadi lu ditulis penyakitan atauu kurang bersih. Ingat loh dalam tes kesehatan akan dipilih yag terbaik. Kalo bau pengujinya jijik malah gak lanjutin, catat kalian kaga sehat mulutnya. Usahakan jgn bau mulutnya, jangan makan makanan beraroma seperti jengkol, bawang putih atapun jenis makanan lain yg menyengat aroma. Meskipun kalian sangat menyukai makanan itu, usahakan kaga memakannya saat itu. Hanya sehari doing kok, malah kira –kiraa satu atau dua aja.
  6. Indera penciuman juga harus dicek, usahakan jangan ada upil yang. Lucu dan jijik deh bila ada upilnya. Kalo lagi flu, ingusnya bersiin aj. Pokoknya jgn ampe jorok lah.
  7. Pengecekan mata dilakukan untuk mengetahui minus mata. Kecuali jurusan bea cukai, tidak ada larangan mata minus berapa asal tidak buta total. Khusus jrusan BD memang memberikan toleransi mata min paling besar 2 dioptri. Akan tetapi bila banyak tidak minus maka akan lebih diprioritaskan. Selain itu jg, jursan tersebut mensyaratkan gak boleh buta warna. Knp tdk boleh? Krn nantinya akan kerja di bagian inspeksi barang –barang ekspot import sehingga bila buta warna dipastikan kesulitan dlm menjalankan tugasnya.
  8. Ketidak tergantungan pada napza jg akan dilakukan. Apakah itu penting? Iya lah, kalo penggunan narkoba dan ekstasi kan secara moral kan hancur. Masa negara dikelola oleh insane kurang bermoral. Mau jadi apa Indonesia bila mereka moralnya bejat jadi aparatur negara. Bisa bisanya hancur dong. Bukannya ngurusin kepentingan publik malah mereka berpesta pora menikmati keindahan dunia menurut mreka padahal semuanya bersifat semu berakibat buruk pada kepribadian serta prilakunya.
Baca Juga  Pendaftaran PKN STAN 2016 Buka 21 Maret

Hal seperti itulah yg akan diuji dalam pemeriksaan tes kesehatan STAN. Berarti bisa ada yg kaga lulus ya kak? Iya dong, ada kemungkinan tdk lulus. Terus apakah ada tipsnya kak? Ada dong masa kagak ada cih. Yh certain dong kkak. Pengeen didongengin yach wkwkwkw? Okelah aku kasi tip lulus tes kesehatannya. Tapi masalah lulus kaganya kalian masuk STAN tetap ditentukan oleh panitia. Iyalah aa aku jg ngomong kk yg nentuin aye lulus kok.

Tips lulus tes kesehatan STAN

tips lulus tes kesehatan STAN

Sebenarnya tips untuk tahap tes kesehatan STAN tdk terlalu sulit. Akan tetapi bisa dinilai sulit oleh sebagian orang. Terutama bagi mereka dgn pola hidup kurang bagus. Usahakan selalu menjaga kesehatan kebersihan tubuh serta anggota badan lainnya. Bila memungkinkan, sekitar seminggu sebelum tes medis dilakukan kalian bisa membersihkan karang gigi, kotoran telinga atau hal lainnya yg dikira penting. Bila ada ada dana lakukan di rumah sakit sekitar rumah bila tes di daerah sendiri, atau sekitar tempat ngekos bila adik sekalian tesnya di luar kota asal. Kalu memang penting banget misalnya telinga kalian kotor bangett hehehe. Tapi bila tidak parah prah amat mah bisa bersihin sendiri lah.Tp hasil cek tim dokter dari panitia lah yg menentukan. Bersikaplah bersahabat pada tim medis pemeriksa. Ketika masuk ruang pemeriksaan, ketuklah pintu, salam, dan senyum, jangan jutuk lu pada hahahaha. Jangan lupa juga berjabat tangan dgn sang dokternya karena salaman menandakan sifat berahabat sehingga terlihat lebih simpatik. Perkenalkan diri jua. Namun jangan pake cara lebai ya, kalo lu lebai malah terkesan kalian cari muka atau penjilat. Masih mending dokternya bisa memahami, tp klu dokter cepat kesel gimana dong? Bisa kaga lulus deh. So elu harus bersikap sewajarnya ajalah.

Baca Juga  KafePelajar Situs Video Pembahasan Soal STAN

Satu lagi penting untuk diperhatikan, jangan sekali –kali gugup. Karena bisa gugup bisa tensi darah serta detak jantung ello tinggi ntar. Tak perlu panic, bersikap biasa aja, woles and nyante ajalah. Pemeriksanya gk kan bakalan makan elo semua kok. Wkwk. Tenangkan pikiran kalian, selalu berpikir posisitif. Selama dilaksanakan dengan baik, insya Allah lulus kok.

Tes Kebugaran Fisik STAN

Terus gimana dengan tes fisik STAN? Kaya gimana aja contohnya? Tes fisik lebih sering pula disebut dgn tes kebugaran terbagi menjadi dua bagian yaitu:

  1. Tes ketahanan fisik.

Pada bagian ini diuji kemampuan lari mengelilingi lapangan bola selama dua belas menit. Penilaian pada tahap ini adalah jarak yang mampu ditempuh dalam waktu yg diberikan.

     2. Tes kecepatan.

Lari membentuk pola angka delapan antar dua tiang. Hal demikian disebut jg dengan suttle run. Penilainnya adalah berapa waktu melakukan lima kali angka delapan. Tentunya pengukuran pake stop watch.

Tujuan utama tes kebugaran fisik STAN adalah untuk mengetahui keadaan fisik calon stan apakah kuat secara lahir menjalankan tugasnya bila nantinya diangkat menjadi birokrat di lingkungan pemerintah seperti kemenkeu.  Dalam dunia kerja kan pasti banyak tantangan. Bila fisiknya bagus dan kuat tentu akan sanggup menjalankan tugasnya dgn sebaik baiknya.

Tips Lulus Tes Fisik STAN

lulus tes fisik stan

Kak gimana sih tips lulus dalam tes fisik STAN. Enggak susah sish sebenarnya. Hal terpenting adalah kalian menjaga kebugaran fisik kalian. Apakah ada saran khusus? Berikut ini beberapa tips penting agar lulus tes fisik STAN:

  1. Senantiasa aktif menjaga kesehatan bila perlu sejak dimulainya tes tahap kesatu (tes tertulis). Konsumsi makanan bergizi serta kaya serat. Contohnya? Sayuran, bebuahan, daging, telur, makanan kaya protein serta sumber vitamin dan mineral lainnya. Bila perlu minum suplemen untuk dua kali seminggu. Usahakan jgn trlalu over konsumsi suplemen makanan khawati kesehatan ginjal serta hati nantinya.
  2. Lakukan secara rutin olahraga. Bila perlu luangkan waktu secara khusus berolah raga, misalnya aja jogging rutin setiap hari selama sepuluh atau dua puluh menit. Terus naikan waktunya. Tidak perlu berolahraga yg terlalu berat. Yang penting rutin ada progress positifnya serta terus tingkatkan capaian dari hari ke hari minimal dua minggu sebelum tes kesehatan.
  3. Bagi perokok usahakan berhenti rokok minimal dua minggu sebelum tes dilakukan. Minum banyak susu serta jenis lain berkonsentrat seperti jus buah agar bisa menetralisir racun masuk ke dalam tubuh lewat rokok. Permasalahan utama bagi perokok adalah agak sulit berlari selama dua belas menit. Padaa saat lari ini, bukan hanya masalah jarak wajib dicapai akan tetapi keadaan cuaca kurang mendukung. Biasanya uji kemampuan lari dilakukan pada waktu sekitar jam 10.00 . Bersyukurlah bila waktu itu cuacanya sedang mendung. Luangkan waktu untuk olahraga, minimal jogging secara rutin setiap pagi dan sore minimal masing-msing 10 menit, dan terus meningkatkan capaian dari hari ke hari minimal sebulan sebelum tes dilaksanakan.
  1. Sebelum mengikuti ujian lari, lakukan pemanasan atau peregangan otot terlebih dahulu agar nantinya tidak kram. Bila kalian keram tentu akan menggangu penampilan kalian saat tes berlangsung. Jadi usahakan kondisi kalian fit total tanpa ada cedera. Oh ya satu lagi perlu diperhatikan, jangan lupa sarapan, sarapan secukupnya asal ada tenaga dan perut tidak kosong. Jangan kekenyangan bagi yg rakus. Hehehhei.
Baca Juga  Download Pembahasan Soal TKD STAN

Hal Apa Saja DIpersiapkan untuk Kesehatan Fisik STAN

lulus tes fisik stan

Beberapa hal perlu kalian perhatikan saat akan mengikuti tahap ini adalah mempersiapkan lembar pengumuman lulus ujian tahap satu, bila perlu stabile nama kalian sertakan juga bukti peserta ujian (BPU). Perlegkapan yg disiapkan seperti sepatu kets, celana training dan baju olah raga. Nanti lakukan registrasi dan akan diberi nomor urut. Selanjutnya akan dipanggil satu per satuu masuk ke ruangan yang telah ditunggu oleh tim dokter dan beberapa asistennya. Hal pertama dilakukan adalah pengecekan tinggi, berat badan serta tekanan darah.Kemudian dilakukan plus minus mata dengan menguji jarak pandang, pemeriksaan gigi /mulut. Berdasarkan hasil tersebut tim dokter akan merekomendasikan layak atau tidak mengikuti tahap selanjutnya. Bila tidak layak maka tidak diijinkan untuk mengikuti tes kebugaran dalam artian dinyatakan gugur.

Selanjutnya dilakukan uji ketahanan tubuh dengan lari mengelilingi lapangan selama 12 menit. Usahakan mampu lari mencapai minimal empat putaran dalam waktu tersebut. Untuk lari mengitari lapangan ini dilakukan lima orang secara acak. Selama kegiatan tersebut berlangsung diawasi oleh lima penguji semuanya dari panitia pusat. Selanjutnya adalah lari membentuk angka delapan dibatasi oleh dua tiang. Biasanya akan diminta membentuk angka delapan sebanyak lima putaran. Penguji akan mencatat berapa lama waktu kalian butuhkan. Pada shute run (bentuk angka 8) dilakukan secara sendiri –seendiri.

Jangan terlalu dipaksakan. Bila di tengah tengahnya kalian merasa capek, jangan sampe berhenti total. Bila lelah, tetap lari meski hanya lari pelan. Usahakan terlihat tubuh kalian kuat dan bugar. Selain itu, bila kalian berhasil mencapai target setelah selesai langsung roboh gitu depan panitia. Jangan lakukan itu. Makanya jangan terlalu di forsir di atas target. Lakukan dgn baik asalam mencapai target aja. Jangan lakukan empat putaran kali mengitari lapangan selama tujuh menit setelah itu kalian roboh, tentu percuma aja. Intinya mah gimana caranya tim penilai melihat ente semua bugar. Kunci suksesnya adalah selalu menjaga pola hidu sehat. Gitu aja sih, cukup simpel kan?

Demikian tips lulus keehatan dan kebugaran fisik STAN. Kaka harap adik sekalian lakukan dgn serius. Karena adek adeek adalah orang pilihan setelah melewati ujian tertulis. Keyakian diri kmu semua jg mempengaruhi hasilnya nanti. Maksud gimana ya kakak? Maksudnya bila eloo semua yakin bahwa ente mampu laksanakan dgn baik, tentu akan lebih semangat. Bayangkan hanya tinggal sedikit lagi klian masuk sekolah ikatan dinas favorit tersebut.

Bogor, 25 Agustus 2015

Komentar