Pembahasan Kunci Jawaban SBMPTN Soshum 2015

iklan kape

Pembahasan dan kunci jawaban SBMPTN 2015 bidang sosial dan humaniora (soshum) akan dipaparkan secara lengkap di bawah ini. Untuk soalnya saja pernah aku berikan pada bagian sebelumnya namun pada artikel tersebut sy menjanjikan memberikan pembahasannya. Nah pada kesempatan ini baru deh dibagikan. Agar mendapatkan bahasan secara lengkap, sangat disarankan untuk membaca tulisanku sampai selesai artika antum kudu baca hingga akhir.

Soal Asli SBMPTN Soshum 2015

Namun sebelum kakak berikan kunci jawaban serta pembahasannnya. Alangkah baiknya abang bagikan soal SBMPTN Soshum 2015 versi aslinya. Meskipun benar beenar berasal dari lembaga resmi yaitu kemenristek akan tetapi redaksinya sesuai dengan naskah aslinya. Untuk dapatinnya kalian bisa mengklik gambar berikut ini.

pembahasan-soshum-2015

Baik sekarang kita masuk pada bagian pembahasan soal SBMPTN 2015 secara lengkapnya. Akan tetapi mungkin akan dibagi menjadi beberapa bagian. Kenapa harus terbagi bagi? Karena bidang Sosial dan Humaniora sendiri terbagi atas empat bidang yang meliputi Sejarah, Geografi, Sosiologi dan Ekonomi. Pada setiap bidang-bidangnya tersebut akan disenaraikan secara lengkap mulai kutipan beberapa soalnya hingga sampai pada kunci jawaban lengkapnya. Oke deh, penjelasan lengkapnya dapat dilihat pada lanjutannya di bawah ini.

Pembahasan dan Kunci Jawaban SBMPTN Sejarah 2015

Pertama tama kakak ingin memberikan beberapa kutipan soal SBMPTN sejarah 2015. Tapi gak semua  kok. Loh mengapa begitu kak? Karena lengkapnya bisa kalian dapatkan dari tautan yang diberikan di atas. Berikut ini salinan sesuai dengan soalnya yang asli:

Salah satu langkah sejarah historigrafi yang dimana bentuk kegiatannya mencakup ….

A. pemilahan sumber sejarah

B. penelusuran sumber sejarah

C. penulisan kembali peristiwa sejarah

D. Pamaknaan terhadap sebuah fakta sejarah

E. pembandingan sumber sejarah

Salah satu dari isi prasasti Mula Malurung tahun 1255 disebutkan bahwa ….

A. Jayakatwang diangkat sebagai penguasa di Singasari

B. Kerajaan Tumapel dan Kediri dipersatukan kembali oleh Anusapati

C. Kediri diperintah oleh Bhatara Parameswara, adik Bhatara Siwa

D. Kerajaan Tumapel didirikan oleh Ranggah Rajasa

E. Tohjoyo adalah raja Kediri

Pada saat penyerangan terhadap Belanda yang kedua mengalami kegagalan, faktor penyebabnya adalah ….

A. Terjadinya pembakaran semua lumbung padi

B. Minimnya dukungan kerajaan terhadap pasukan di medan perang

C. Lemahnya strategi perang

D. Banyaknya prajurit yang melarikan diri

E. Kurangnya jumlah pasukan

pembahasan-sejarah-2015

Pembahasan Lengkap Sejarah SBM-PTN 2015

 

Sekarang saat memberikan kunci jawabab serta pembahasannya secara lengkap:

  1. Historiografi merupakan penyampaian sintesis yang diperoleh dalam bentuk suatu kisah. Selain itu bisa pula dikatakan penulisan atau penyajian cerita sejarah. (Kunci Jawaban SBMPTN Sejarah 2015: E)
  2. Jenis manusia Homo sapiens yang merupakan moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Campa, Cochin-Cina, Kamboja, dan daerah-daerah sekitar di sepanjang pantai di Teluk Tonkin. Jika dilihat dari pangkal kebudayaannya, Homo sapiens berasal dari wilayah Yunnan di Tiongkok Selatan. Hal ini sesuai dengan penyelidikan yang dilakukan oleh Von Hiene Geldern tentang penyebaran kapak persegi. Menurutnya, artefak-artefak yang ditemukan di Indonesia banyak memiliki persamaan dengan yang ditemukan di daratan Asia. Sementara itu, mereka yang tinggal di daerah sepanjang pantai Teluk Tonkin atau daerah Yunnan termasuk ke dalam rumpun bangsa Austronesia. Rumpun bangsa Austronesia terdiri atas dua subspesies atau ras, yakni ras Mongoloid dan ras Austro Melanesoid. Subras terakhir itulah yang menjadi nenek moyang bangsa Indonesia. (B)
  3. Prasasti Mula Malurung atas nama Kertanagara tahun 1255, menyebutkan bahwa pendiri Kerajaan Tumapel adalah Bhatara Siwa. Nama ini adalah gelar anumerta dari Ranggah Rajasa, karena dalam Nagarakretagama arwah pendiri Kerajaan Tumapel tersebut dipuja sebagai Siwa. Selain itu, Pararaton juga menyebutkan bahwa sebelum maju perang melawan Kediri, Ken Arok lebih dulu menggunakan julukan Bhatara Siwa. (B)
  4. Budaya manusia ada dua bentuk, yaitu budaya material (tangible) dan budaya nonmaterial (intangible). Budaya material adalah budaya nyata, sedangkan budaya nonmaterial adalah budaya spiritual atau ideal. Contoh budaya material.adalah batu nisan dan budaya non material adalah upacara. (C)
  5. Sultan Agung adalah salah satu Raja Mataram yang tidak pernah mau berkompromi dengan VOC. Beliau dua kali berusaha mengusir Belanda. Penyerangan pertama pada tahun 1628 dipimpin oleh Tumenggung Baurekso. Wabah penyakit serta kekurangan makanan menjadi penyebab kegagalan serangan ini. Penyerangan kedua dilakukan pada tahun 1629. Pada waktu itu, Belanda membakar lumbung-lumbung padi yang disiapkan sebagai persediaan makanan. Akibatnya, prajurit Mataram kekurangan bahan makanan. Wabah penyakit kolera juga memperburuk kondisi prajurit Mataram. (Jawaban: D)
  6. Pernyataan Benar: Sarekat Islam tumbuh dengan cepat melalui propaganda secara massal.. Hal ini disebabkan Sarekat Islam dikelola oleh para pedagang yang berpengalaman dan banyak ulama yang disegani rakyat duduk dalam cirganisasi itu. Tumbuhnya gerakan ini, pada saat itu diibaratkan dengan kebakaran padang rumput yang dengan cepat menyambar padang ilalang di sekitarnya.

Alasan Salah: Siapa s ajayangberminat boleh menjadi anggota Sarekat Islam, tidak pandang dari kelas sosial mana, dan apa pekerjaan yang ditekuninya. Satusatunya yang diisyaratkan adalah beragama Islam. Agama lslam dianggap sebagai identitas kepribumian untuk berhadapan dengan bangsa lain, seperti Tiongkok dan Eropa. Jawaban: C

  1. Pernyataan Benar: Pada tanggal 16 Agustus 1945 Ir. Sukarno dan Drs. Moh. Hatta oleh sekelompok pemuda dibawa ke luar kota menuju ke Rengasdengklok, sebuah kota kewedanaan di Kabupaten Karawang. Rengasdengklok dipilih untuk mengamankan SukarnoHatta berdasarkan perhitungan militer. Di samping itu, Rengasdengklok letaknya terpencil yakni l5 km dengan mudah dilaksanakan terhadap setiap gerakan tentara Jepang yang hendak datang ke Rengasdengklok, baik dari arah Jakarta maupun dari arah Bandung atau Jawa Tengah. Alasan Salah: Rengasdengklok adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Jawaban: c
  2. Pernyataan Salah: “Manikebu” singkatan dari Manifesto Kebudayaan, dibuat oleh sekumpulan seniman dan budayawan di Jakarta yang menentang ideologi Komunisme. H. B. Jassin dan Wiratmo Sukito termasuk ke dalam orang-orang yang melakukan penandatangan Manifesto Kebudayaan. Naskah Manifesto Kebudayaan itu dipublikasikan pada surat kabar harian Berita Republik tanggal 19 Oktober 1963.

Alasan Benar: Lekara merupakan singkatan dari Lembaga Kebudayaan Rakyat, yang didirikan di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1950 sebagai organisasi kesenian-kebudayaan-sastra yang langsung berada di bawah Partai Komunis Indonesia (PKI). Kunci Jawaban: D

  1. Pernyataan Salah: Sejak tahun 1970-an, Indonesia di bawah kepemimpinan Orde Baru giat melakukan pembangunan yang berorientasikan pada pembangunan. Sentralisasi pembangunan difokuskan pada perkembangan industri padat modal dan padat karya, di mana pusat pertumbuhan lebih banyak berada di daerah perkotaan.

Alasan Benar: Industri kreatif sebagai industri yang berbasis dan berasal dari pemanfaatan kreativitas (creativity), keterampilan (skill), dan bakat (talent) individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangln pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi serta daya cipta individu tersebut”. Industri kreatif ini sangat penting karena memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan terhadap PDB, penciptaan lapangan kerja, peningkatan ekspor, penciptaan iklim bisnis yang positif, membangun citra dan identitas bangsa, berbasis pada sumber daya yang terbarukan, menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan kompetitif suatu bangsa, serta memberikan dampak sosial yang positif. Kunci Jawaban SBMPTN Sejarah 2015 Nomor 9: D

  1. Pernyataan Benar: Peristiwa kerusuhan dan penjarahan yang terjadi pada bulan Mei 1998 merupakan masa yang kelam, karena momen ini merupakan tonggak peralihan menuju era reformasi. Pada tanggal 12 Mei 1998, kurang lebih 6000 massa turun ke jalan, baik di Jakarta maupun di kota-kota di seluruh Indonesia.

Alasan Benar tetapi tidak berhubungan: Reformasi memang dimotori oleh mahasiswa, tetapi penyebab kerusuhan bukan nrahasiswa. Jawaban  Sejarah SBMPTN 2015: B

  1. Sisa-sisa peninggalan peradaban Mesir Kuno adalah hieroglip (tulisan Mesir Kuno), gambar orang-orang Mesir Kuno, piramid (kuburan rala-raja bersama hartanya), sphinx (patung singa berkepala manusia penunggu piramid), dan obelisk (tugu berbentuk segi empat yang terbuat dari batu yang dipahat). B
  2. Faktor penyebab Revolusi Industri adalah revolusi ilmu pengetahuan dengan munculnya para ilmuwan seperti: Francis Bacon, Rene Descartes, Galileo Galilei serta adanya pengembangan riset dan penelitian dengan pendirian lembaga riset seperti The Royal Improving Knowledge, The Royal Society of England, dan The French Academy of Science. Ada pula faktor dari dalam, seperti ketahanan politik dalam negeri serta kekayaan sumber daya alam berupa bahan tambang yang sangat dibutuhkan oleh proses industri, seperti batu bara dan bijih besi. C
  3. Penjajahan Belanda terhadap Indonesia berakhir saat Pemerintah Jepang melakukan penyerangan. Pada tanggal 27 Februari 1942, tentara Jepang berhasil mengalahkan armada gabungan dari Negara Amerika, Inggris, Belanda, dan Australia dalam pertempuran Laut Jawa. Kemudian, di bawah pimpinan Letnan Jenderal Hitoshi Imamura, tentara Jepang mulai menginjakkan kaki ke Pulau Jawa. Di sana, Letnan Jenderal Hitoshi Imamura mengancam akan menyerang Belanda apabila tidak segera menyerah. Pada akhirnya setelah mengalami kekalahan terus menerus dari pihak Jepang, Tjarda van Starkenborgh Stachouwer sebagai Jenderal Hindia Belanda menyerah dan dan ditangkap. Hal ini menjadi tanda dimulainya masa penjajahan Jepang di Indonesia sekaligus berakhirnya sejarah penjajahan Belanda di Indonesia. D
  4. Setelah tiga tahun perang Irak dan Iran berakhir, Teluk Persia kembali bergolak dengan meletusnya Perang Teluk (Gulf War). Pada tanggal 2 Agustus 1990, pasukan lrak menyerbu Kuwait. Sebelumnya, memang telah terjadi persengketaan antara lrak dan Kuwait. Masalah yang menjadi bahan sengketa, antara lain klaim Kuwait atas ladang minyak Rumcila di perbatasan kedua negara dan pelanggaran Kuwait terhadap ketentuan OPEC mengenai kuota serta harga minyak. Saudi Arabia telah berusaha mengajak kedua negara yang bertikai ke meja perundingan. Namun, sehari menjelang perundingan di Jeddah, pasukan Irak telah melakukan invasi ke Kuwait. Akibat invasi Irak tersebut, Amerika Serikat dan sekutunya melakukan serangan balasan yang menghancurkan Irak. Hal ini menyebabkan negara Irak hancur, lading minyak Kuwait hancur, serta pengaruh Amerika makin besar. E
  5. Peristiwa 11 September 2001 menyebabkan trauma psikologi. Negara ini mengesankan sedang dalam ancaman setiap saat, terkait dengan upaya pengamanan yang sangat luar biasa. Untuk memperoleh visa AS dan dalam perjalanan pun, pengamanan begitu ketat, Visa akan ditolak atau dilarang terbang. C
Baca Juga  Rahasia Mudah Mengerjakan Soal SBMPTN Nilai Tinggi

Pembahasan dan Kunci Jawaban SBMPTN Geografi 2015

Mata pelajaran kedua masuk bidang soshum SBMPTN 2015 adalah geografi. Oleh karena itu, berikut ini dituliskan secara lengkap tiga soalnya beserta kelima pilihan gandanya:

Pada mulanya semua yang ada di muka bumi ini pada mulanya menyatu lalu mengalami pemisahan satu sama lainnya. Salah satu buktinya berasal dari Pengea memperlihatkan ……………

A. Adanya rangkaian pegunungan dan gunung api di dunia

B. adanya lapisan dalam kerak bumi (litosfer) yang simetris

C. kesamaan ketebalan batuan dan relief di kedua pantai benua

D. adanya teluk dan semenanjung yang berhadapan di dua benua

E. kesamaan jenis batuan dan kesesuaian konfigurasi pantai

Keberagaman vegetasi di daerah pegunungan berapi sangat dipengaruhi oleh karakteristik fisiknya seperti ketinggian posisinya ……………………………………….

A. banyak terdapat mata air

B. lingkungan masih alamiah

C. terdapat variasi tipe iklim

D. solum tanah bervariasi

E. curah hujan yang tinggi

Bencana banjir rob yang kerap kali melanda kota pantai seperti Semarang dan Banjarmasin disebabkan oleh faktor ……

A. curah hujan tinggi, pasang air laut tinggi, dan pendangkalan sungai

B. gelombang laut tinggi, hutan bakau rusak, sungai dangkal

C. pasang air laut tinggi serta penyempitan dan pendangkalan sungai

D. lahan landai, curah hujan tinggi, banyak sungai besar

E. pasang air laut, permukaan lahan rendah, kondisi cekungan penampungan/ embung jelek

pembahasan-geografi-2015

Pembahasan Lengkap SBMPTN 2015 Geografi

  1. Pendekatan keruangan mendasarkan pada perbeCaan sifat penting lokasi seperti distribusi, struktur, pola, dan proses. Melalui pendekatan ini, kegiatan industri akan dikaji berdasarkan ruang kejadiannya. Manusia merupakan subjek dalam kajian keruangan karena kegiatan mariusia mampu memengaruhi penggunaan ruang, penyediaan ruang yang akan dimanfaatkan, serta pola keruangan yang dihasilkan. E
  2. Alfred Wegener (1915) dalam bukunya “The Origins of Oceans and Continents” menjelaskan benua benuaa yang ada saat ini dahulunya bersatu yang dikenal sebagai super benua yang bernama Pangea. Super benua ini kemudian terpecah-pecah menjadi bagian baagian yang lebih kecil yang kemudian bermigrasi (drifted ke posisi seperti saat ini). Bukti buktinya di antaranya sebagai berikut :
  3. Kecocokan/kesamaan garis pantai yang ada di benua Amerika Selatan bagian timur dengan garis pantai benua Afrika bagian barat. Kedua garis pantai ini cocok dan dapat dihimpitkan satu dengan iainnya.
  4. Kesamaan Jenis Batuan. Pegunungan yang umurnya sama dengan pegunungan Appalachian dijumpai di British lsles dan Scandinavia. Kedua pegunungan tersebut apabila diletakkan pada lokasi sebelum terjadinya pemisahan/ pengapungan, keduanya akan membentuk suatu jalur pegunungan yang menerus. Hal itu juga menunjukkan kesamaan kenampakan bentuk beentuk geologi. C
  5. Pernyataan Salah: Wilayah Kepulauan Indonesia merupakan pertemuan Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Pertemuan lempeng-lempeng itu menyebabkan timbulnya patahan. Adapun zona subduksi terjadi ketika lempeng samudra bertabrakan dengan lempeng benua, dan menyusup ke bawah lempeng benua atau ke dalam ast’enosfer. Lempeng litosfer samudra mengalami subduksi karena memiliki densitas yang lebih tinggi.

Alasan Benar: Di sebelah utara Papua dan Sulawesi juga lerbentuk zona penunjaman akibat tumbukan Lempeng Samudra Pasifik terhadap Lempeng Indo Australia. Pada bagian ujung Pulau Papua, yang berbentuk kepala burung, juga terbentuk sesar mendatar (garis warna jingga) yang dikenal dengan nama sesar sorong. D

  1. Pemanasan global dapat mencairkan es di kutub dan menyebabkan penambahan massa air. Hal ini menyebabkan salinitas air laut akan turun dan menyebabkan perubahan arus laut, maka iklim pun akan ikut berubah. Ingatlah, bahwa faktor yang memengaruhi terjadinya iklim adalah salinitas air laut, suhu air laut, suhu udara, arus laut, dan arah pergerakan angin. Jika lerjadi terus menerus, iklim pun akan berubah secara permanen ataupun menyebabkan bencana yang sementara seperti El Nino dan La Nina. Hal ini menyebabkan gangguan terhadap masa panen dan tanam pertanian. E
  2. Banjir rob merupakan bencana yang muncul berkaitan dengan siklus pergerakan bulan. Dengan demikian, banjir ini terjadi berulang bulanan. Daerah yang terkena bencana ini adalah dataran pantai di daerah pesisir yang rendah atau daerah rawa-rawa pantai. Genangan banjir ini dapat diperkuat dengan banjir karena tingginya curah hujan. Hal inilah yang terjadi di Banjarmasin dan Semarang. A
  3. Pola-pola (tipe) iklim di bumi yang tidak sama, disebabkan oleh bentuk bumi yang bulat, sehingga menyebabkan intensitas penyinaran matahari dan curah hujan yang diterima tidak sama. Setiap tipe iklim menyebabkan perbedaan karakteristik komunitas tumbuhan dan hewan yang mampu beradaptasi dengan faktor faaktor lingkungannya di setiap daerah. Hal ini juga yang terjadi di daerah gunung api. D
  4. Peningkatan jumlah penduduk terutama di daerah perkotaan akan memberikan dampak terhadap pemenuhan kebutuhan lahan. Konversi lahan pertanian tidak dapat dihindarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup terutama untuk penyediaan fasilitas perumahan maupun fasilitas sosial ekonomi yang lain. B
  5. Pernyataan Benar: Ketersediaan sumber daya alam di permukaan bumi sangat beragam dan penyebarannya tidak merata. Ada sumber daya alam yang berlimpah ruah dan ada pula yang jumlahnya terbatas atau sangat sedikit. Bahkan, ada yang sekali diambil akan habis.

Alasan Benar Tidak Berhubungan: Barang tambang merupakan sumber daya alam yang terikat pada lokasi. Oleh sebab itu, perusahaan yang berkaitari di:ngan bahan-bahan tambang ufnumnya terletak di daerah faktor produksi alamnya. Barang tambang dapat menjadi sumber daya yang digunakan di masa depan ataupun sumber daya aktual yang saat ini sedang digunakan. B

  1. Terasering atau sengkedan adalah bangunan konservasi tanah dan air secara mekanik yang dibuat untuk memperpendek panjang lereng dengan cara penggalian dan pengurugan tanah melintang. Tujuannya untuk mengurangi aliran permukaan dan memperbesar aliran, sehingga mengurangi erosi. B
  2. Proyeksi Mercator merupakan proyeksi silinder normal konform, di mana seluruh mnuka bumi dilukiskan pada bidang silinder yang sumbunya berimpit dengan bola bumi, kemudian silindernya dibuka menjadi bidang datar. Hasil proyeksi adalah baik dan betul untuk daerah dekat ekuator, tetapi distorsi makin membesar bila makin dekat dengan kutub. Berdasarkan pilihan jawaban maka Filipina yang paling dekat ekuator. A
  3. Asosiasi dapat diartikan sebagai keterkaitan antara objek yang satu dengan objek lain. Dengan adanya keterkaitan ini, maka terlihatnya suatu objek pada citra merupakan petunjuk bagi adanya objek lain. Contohnya, dolina adalah danau yang terjadi di daerah kapur sebagai hasil proses pelarutan batu kapur sehingga terbentuk cekungan. E
  4. Pernyataan Benar: Jakarta mempunyai beragam masalah akibat tingginya arus urbanisasi. Alasan Benar dan Berhubungan: Upaya untuk mengatasi permasalahan kependudukan di Jakarta dengan melakukan pemerataan pembangunan, penciptaan lapangan kerja di daerah-daerah yangjarang penduduknya dan daerah pedesaan, serta pemberian penyuluhan terhadap masyarakat tentang pengelolaan lingkungan alamnya. A
  5. Teori Lokasi dari August Losch melihat persoalan dari sisi permintaan (pasar). Ia mengatakan bahwa lokasi penjual sangat berpengaruh terhadap jumlah konsumen yang dapat ditariknya. Makin jauh dari tempat penjual, konsumen makin enggan membeli karena biaya transportasi untuk mendatangi tempat penjual semakin mahal. Losch cenderung menyarankan agar lokasi produksi berada di pasar atau dekat. E
  6. Pernyataan Benar: Ciri-ciri negara maju di antaranya: penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi relatif tinggi; perekonomian bertumpu pada sektor industri dan jasa; angka pengangguran relative rendah; dan pendapatan per kapita berada pada kisaran yang tinggi. AIasan Benar, Tidak Berhubungan: Penetapan kriteria negara maju tidak berdasarkan kajian atas Korea Selatan, Tiongkok, dan Taiwan. Adapun ketiga negara tersebut memang menguasai teknologi yang sangat maju. B
  7. Angin puting beliung, biasanya terjadi pada musim pancaroba pada siang hari saat suhu udara panas, pengap, dan awan hitam mengumpul, akibat radiasi matahari di siang hari akan terbentuk awan secara vertikal, selanjutnya di dalam awan tersebut terjadi pergolakan arus udara naik dan turun dengan kecepatan yang cukup tinggi. Arus udara yang turun dengan kecepatan yang tinggi menghembus ke permukaan bumi secara tiba-tiba dan berjalan secara acak. A
Baca Juga  10 Universitas PTN Terbaik Indonesia

Pembahasan dan Kunci Jawaban SBMPTN Sosiologi 2015

Langsung saja deh diberikan penampakan soal sosiologi 2015 sebanyak tiga nomor:

Penjenjangan social dalam masyarakat yang menggunakan ukuran kekuasaan, privilege, dan prestise dapat dikategorikan sebagai penjenjangan berdasarkan……

(1). ekonomi

(2). etnis

(3). politik

(4). kelas

Pencurian yang dilakukan seseorang dan disertai tindakan kekerasan merupakan bentuk penyimpangan perilaku ….

(1). primer kelompok

(2). primer induvidu

(3). sekunder kelompok

(4). sekunder induvidu

Perubahasan sosial yang terjadi dalam bidang ekonomi, politik, dan budaya akan berdampak pada perkembangan masyarakat. Dampak perubahan yang negative antara lain ……………………….

(1). munculnya sikap induvidualisme

(2). munculnya sikap kurang mempercayai pihak lain

(3). nilai-nilai solidaritas memudar

(4). komunikasi dan informasi lebih cepat dan mudah

pembahasan-sosiologi-2015

Kunci Jawaban dan Pembahasan Lengkap Sosiologi 2015

  1. Senioritas menyangkut usia dan jenjang pengalaman akan sesuatu hal. Asas senioritas tampak sekali dalam dunia kerja, misalnya dalam hal kenaikan pangkat atau golongan. Untuk mengisi posisi tertentu, diutamakan, karyawan yang lebih tua atau lebih lama masa kerjanya. Bahkan, sering terjadi seseorang yang lebih tua dijadikan ketua atau guru tanpa memandang kemampuan sesungguhnya yang dimiliki orang tersebut. B
  2. Menurut Gillin and Gillin, tidak semua hubungan sosial dapat dikatakan interaksi sosial. Suatu hubungan sosial dikatakan interaksi sosial jika terdapat dua syarat, yaitu kontak sosial dan komunikasi. B
  3. Konflik peran adalah konflik yang terjadi karena adanya benturan saat kita sedang menjalankan peran -peeran tertentu. Konflik peran merupakan bentuk adanya perselisihan antara berbagai harapan yang berkaitan dengan suatu peran. Konflik peran merupakan hasil dari tidak konsistennya harapann haarapan berbagai pihak atau persepsi seseorang dengan adanya perbedaan antara tuntutan peran dan kebutuhan, serta nilai-nilai individu dan sebagainya. Akibatnya, seseorang yang mengalarni konflik peran akan berada dalam suasana terombang ambing, terjepit, dan serba salah. Konflik peran dapat membuat individu tidak dapat mengambil keputusan mana yang lebih baik di antara peran-peran yang dilakukannya. C
  4. Social climbing adalah mobilitas yang terjadi karena adanya peningkatan status atau kedudukan seseorang. A
  5. Lembaga sosial adalah sekumpulan norma yang tersusun secara sistematis. Lembaga sosial dibentuk dalam rangka memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia yang bersifat khusus. E
  6. Faktor kependudukan (demografi) menyebabkan mobilitas dalam arti geografik. Pertambahan jumlah penduduk yang pesat mengakibatkan sempitnya tempat pemukiman dan kemiskinan semakin merajalela. Keadaan demikian mendorong sebagian warga masyarakat, mencari tempat kediaman yang lain. D
  7. Dasar pembentukkan stratifikasi sosial di antaranya sebagai berikut:
  8. Ukuran kekayaan (ekonomi) adalah kepemilikan harta benda seseorang dilihat dari jumlah dan materiil saja. Biasanya, orang yang memiliki harta dalam jumlah besar akan menempati posisi teratas dalam penggolongan masyarakat berdasarkan kriteria ini.
  9. Ukuran kekuasaan dan wewenang (politik) adalah kepemilikan kekuatan atau power seseorang dalam mengatur dan menguasai sumber produksi atau pemerintahan. Biasanya, ukuran ini dikaitkan dengan kedudukan atau status sosial seseorang dalam bidang politik.
  10. Ukuran kehormatan yang dapat diukur dari gelar kebangsawanan atau dapat pula diukur dari sisi kekayaan materiil. Orang yang mempunyai gelar kebangsawanan yang menyertai namanya, seperti raden, raden mas, atau raden ajeng akan menduduki strata teratas dalam masyarakat.
  11. Ukuran ilmu pengetahuan, artinya ukuran kepemilikan seseorang atau penguasaan seseorang dalam hal ilmu pengetahuan. Kriteria ini dapat pula disebut sebagai ukuran kepandaian dalam kualitas. Berdasarkan ukuran ini, orang yang berpendidikan tinggi, misalnya seorang sarjana akan menempati posisi teratas dalam stratifikasi sosial di masyarakat. B
  12. Diferensiasi sosial adalah variasi pekerjaan, prestise, dan kekuasaan kelompok dalam masyarakat, yang dikaitkan dengan interaksi atau akibat umum dari proses interaksi sosial yang lain. Perwujudan penggolongan masyarakat atas dasar perbedaan pada kriteria-kriteria yang tidak menimbulkan tingkatan-tingkatan, antara lain ras, agama, jenis kelamin, profesi, klan, suku bangsa, dan sebagainya. B
  13. Mobilitas vertikal terdiri atas mobilitas vertikal intragenerasi dan mobilitas vertikal antargenerasi.
  14. Mobilitas vertikal intragenerasi adalah mobilitas vertikal yang terjadi dalam diri seseorang atau mobilitas yang dialami oleh orang itu sendiri. Misalnya, Resita adalah seseorang yang bekerja pada sebuah perusahqan yang bergerak di bidang jurnalistik. Pada awalnya, ia melamar dan diterima sebagai reporter atau wartawan. Karena prestasinya, dua tahun kentudian ia dinaikkan kedudukannya sebagai redaktur. Setelah dua tahun menjadi redaktur, dirinya dinilai pantas untuk menduduki jabatan sebagai pimpinan redaksi, dikarenakan dedikasinya kepada peiusahaan sangat baik. Dalam hal ini, Resita mengalami mobilitas vertikal intragenerasi naik. Selain itu, ada juga mobilitas vertikal intragenerasi turun. Contohnya adalah seorang anggota militer yang diturunkan pangkatnya atau bahkan dikeluarkan (desersi) dari kesatuan karena menyalah gunakan kekuasaan yang dimilikinya.
  15. Mobilitas vertikal antargenerasi adalah mobilitas vertikal yang terjadi antara dua generasi atau . lebih. Misalnya, generasi ayah-ibu, generasi anak, generasi cucu dan seterusnya, atau generasi sekarang dengan generasi terdahulu. Contohnya, seorang buruh tani yang tidak berpendidikan dan miskin, tetapi ia berhasil mendidik dan menyekolahkan anaknya, sehingga anaknya menjadi seorang sarjana dan kemudian menjadi seorang pengusaha sukses yang kaya. B
  16. Menurut Lemert (1951), penyimpangan dibagi menjadi penyimpangan primer dan penyimpangan sekunder.
  17. Penyimpangan primer adalah penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang, tetapi si pelaku masih dapat diterima masyarakat.
  18. Penyimpangan sekunder adalah penyimpangan yang dilakukan secara terus menerus sehingga para pelakunya dikenal sebagai orang yang berperilaku menyimpang.

Jika dilihat berdasarkan pelakunya, penyimpangan dibedakan menjadi penyimpangan individual dan penyimpangan kelompok

  1. Penyimpangan individual adalah penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang atau individu tertentu terhadap norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
  2. Penyimpangan kelompok adalah penyimpangan yang dilakukan oleh sekelompok orang terhadap norma-norma masyarakat. D
  3. Perbedaan ciri masyarakat desa dan kota menurut Poplin (1972) di antaranya:
  4. Ciri-ciri masyarakat pedesaan: perilaku homogen; perilakunya dilandasi oleh konsep kekeluargaan dan kebersamaan; perilaku yang berorientasi pada tradisi dan status: adanya isolasi sosial, sehingga statik; kesatuan dan keutuhan kultural; banyak ritual dan nilai-nilai sakral; kolektivisme.
  5. Ciri-ciri masyarakat kota: perilaku heterogen; perilaku yang dilandasi oleh konsep pengandalan diri dan kelembagaan; perilaku yang berorientasi pada rasionalitas dan fungsi; adanya mobilitas sosial, sehingga dinamik; kebauran dan diversifikasi kultural; birokrasi fungsional dan nilai-nilai sekular; individualisme. B
  6. Pernyataan benar: Indonesia sebagai negara multikultural, memiliki potensi konflik yang tinggi antar elemen pembentuk multikuturalismenya. Alasan BenarTidak Berhubungan. B
  7. Pernyataan Benar: Integrasi sosial mempunyai dua bentuk yaitu: 1) Asimilasi, yaitu pembauran kebudayaan yang disertai ciri khas kebudayaan asli; 2) Akulturasi, yaitu penerimaan sebagian unsur-unsur asing tanpa menghilangkan kebudayaan asli.

Alasan Benar, Tidak Berhubungan: Menurut pandangan para penganut fungsionalisme, struktur sistem sosial senantiasa terintegrasi atas dua landasan:

  1. Suatu masyarakat senantiasa terintegrasi di atas tumbuhnya konsensus (kesepakatan) di antara sebagian besar anggota masyarakat tentang nilai nilaai kemasyarakatan yang bersifat fundamental (mendasar).
  2. Masyarakat terintegrasi karena berbagai anggota masyarakat sekaligus menjadi anggota dari berbagai kesatuan sosial (cross-cutting affiliation). Setiap konflik yang terjadi di antara kesatuan sosial dengan kesatuan sosial lainnya akan segera dinetralkan oleh adanya loyalitas ganda (cross – cutting IoyaIities) dari anggota masyarakat terhadap berbagai kesatuan sosial. B
  3. Beberapa dampak negatif perubahan sosial di antaranya sebagai berikut.
  4. Adanya disorientasi nilai-nilai dan norma-norma.
  5. Munculnya konflik, baik konflik veftikal maupun horizontal.
  6. Tidak berfungsinya secara normal pranata sosial yang ada.
  7. Terjadinya berbagai kerusakan lingkungan.
  8. Munculnya krisis multidimensi (sosial, ekonomi, politik, budaya, dan keamanan), yang berakibat pada terjadinya proses pemiskinan dan memudarnya legitimasi pemimpin masyarakat politik. A
  9. Pernyataan Benar: Di masa lalu, jenis-jenis pekerjaan tertentu seolah-olah tabu dimasuki oleh perempuan, khususnya pekerjaan pada bidang teknik. Perempuan ditempatkan pada urusan rumah dan anak (domestic sector), sedangkan laki-laki mencari nafkah (public sector). Zaman sudah berubah akibat gelombang modernisme, globalisme, dan kesetaraan gender. Peran perempuan dalam berbagai sisi kehidupan kini sudah berubah. Tuntutan berbagi tugas dalam pekerjaan rumah tangga antara laki-laki dan perempuan sudah terjadi.
Baca Juga  Tips Mengerjakan Soal SBMPTN Mudah

Alasan Benar, Berhubungan. Pada saat sekarang ini, sudah menjadi hal yang biasa bagi perempuan dan laki-laki bekerja sama dalam berbagai hal. Contohnya, laki-laki belanja ke pasar atau mengasuh anak. Pada sisi lain, perempuan yang menjadi pimpinan di sebuah perusahaan atau menjadi menteri dan presiden sudah bisa diterima oleh masyarakat, walaupun penerimaan ini bukannya tanpa ekses atau penentangan dari berbagai elemen masyarakat. Perubahan ini banyak terdorong oleh faktor arus modernisme-globalisme, teknologi informasi, kemiskinan, dan berbagai persoalan masyarakat yang tidak terhindarkan sehingga menuntut peran perempuan untuk berkiprah. A

Pembahasan Lengkap SBMPTN Ekonomi 2015

Akhirnya sampai juga pada penghujung artikel pembahasan lengkap SBMPTN 2015 dengan ditutupi dengan pelajaran ekonomi. Namun sebelum berikan kunci jawaban lengkap bidang studi tersebut, ada baiknya kaka perlihatkan beberapa penampakan soalnya. Tapi enggak semua ya, hanya tiga nomoor aja kok, heheheh.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menggeser ke arah kanan kurva permintaan. Begitu pula halnya dengan telepon genggam merk “Dering” yg tidak ikut mempengaruhinya adalah ………

A.Naiknya pendapatan

B.Naiknya harga telepon genggam merk “Ding Dong”

C.Turunnya harga telepon genggam merk “Dering”

D.Turunnya harga pulsa

E. Bertambahnya jumlah pembeli

Terjadinya inflasi di suatu negara dapat dipengaruhi oleh komoditi atau barang tertentu. Kelompok barang pemicu hal tersebut terjadi di Indonesia beberapa tahun terakhir adalah …………..

A.beras, gula, lauk pauk, gas elpiji, minyak goring

B.tanah, apartemen, gedung, rumah-toko, tempat tinggal

C.berlian, emas, batu permata, barang antic, mobil mewah

D.bus, truk, mobil, sepeda motor, sepeda

E.apel, papaya, mangga, pisang, dan semangka

Faktor dibawah ini yang tidak ikut mempengaruhi permintaan terhadap suatu produk …..

A.kemajuan teknologi

B.selera konsumen

C.jumlah penduduk

D.pendapatan

E.harga barang lain

pembahasan-ekonomi-2015

  1. Di dalam ekonomi konvensional dikenal satu teori yang mengemukakan konsep efisiensi, yaitu Pareto Efficiency atau Pareto Optimal. Teori ini dikemukakan oleh seorang sosiolog dan ekonom yang bernama Vilfredo Pareto. Pareto optimal didefinisikan sebagai sebuah kondisi di mana sudah tidak mungkin lagi mengubah alokasi sumber daya untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku ekonomi (better off) tanpa mengorbankan pelaku ekonomi yang lain (worse off). Dengan kata lain, kondisi tersebut terjadi ketika semua pelaku ekonomi dalam kondisi kesejahteraan yang optimum. C
  2. Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan antara lain: harga barang itu sendiri; pendapatan; harga barang lain yang berkaitan; selera konsumen; ekspektasi (perkiraan) masyarakat.

Kemajuan teknologi merupakan salah satu faktor yang memengaruhi penawaran barangl jasa. C

  1. Kurva permintaan akan bergeser apabila ada perubahan pada faktor-faktor. yang memengaruhi permintaan, kecuali harga barang itu sendiri. Setiap perubahan yang mengakibatkan pertambahan jumlah permintaan pada suatu tingkat harga tertentu, akan menggeser kurva permintaan ke kanan. Sebaliknya, setiap perubahan yang menurunkan jumlah permintaan akan menggeser kurva permintaan ke kiri. Berdasarkan pernyataan pada soal, turunnya harga telepon genggam merek “Dering” tidak akan menggeser kurva permintaan tetapi hanya akan membuat kurva bergerak,menurun dari kiri atas ke kanan bawah. E
  2. Unsur yang menentukan terjadinya inflasi bersifat umum, arlinya kenaikan tingkat harga suatu barang belum dinyatakan sebagai inflasi jika tidak menyebabkan barang lain mengalami kenaikan. Kenaikan harga barang kebutuhan pokok seperti beras, gula, lauk pauk, gas elpiji, dan minyak goreng dapat menyebabkan harga barang lain mengalami kenaikan sehingga memicu timbulnya inflasi. D

 50. Diketahui: C  = 100 + 0,75 Y

I   = 25

G = 20

X  = 60

M = 30, Ditanya: keseimbangan pendapatan rasional (Y)

Jawab: Dalam perekonomian terbuka, keseimbangan pendapatan nasional akan tercapai apabila

Y + M = C + I + G + X

atau

Y = C + I + G + ( X – M)

Y = C+I+G+ (X – M)

Y = 100 + 0,75Y+25+20+(60-30)

Y= 0,75Y + 175

Y-0,75Y = 175

0,25Y = 175

Y = 700

Keseimbangan pendapatan nasional (Y) adalah 700. C

  1. Ketika mata uang suatu negara terapresiasi (nilainya naik secara relatifterhadap mata uang lainnya), barang yang dihasilkan oleh produsen dalam negeri menjadi lebih mahal di luar negeri. Sementara itu, barangbarang luar negeri yang ada di dalam negeri menjadi lebih murah (dengan asumsi harga domestik konstan di kedua negara). Sebaliknya, ketika mata uang suatu negara terdepresiasi (nilainya turun terhadap mata uang lainnya), barang-barang yang dihasilkan produsen dalam negeri menjadi lebih murah di luar negeri. Sementara itu, barang-barang luar negeri di dalam negeri menjadi lebih mahal. Dengan demikian, ekspor udang Indonesia ke Jepang akan turun apabila terjadi apresiasi rupiah terhadap yen. D
  2. Perencanaan merupakan kegiatan menetapkan tujuan dan cara terbaik untuk mencapainya. Dengan mengetahui tujuan yang hendak dicapai, maka sebuah organisasi dapat memfokuskan kegiatan usaha yang akan dilakukan. D
  3. Rapat anggota memegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Segala sesuatu yang berkaitan dengan koperasi harus diputuskan melalui rapat anggota koperasi. Dalam rapat anggota, setiap anggotanya memiliki satu suara. Pengambilan keputusan dilakukan secara mufakat, dan bila gagal baru dilakukan voting. E
  4. Pencatatan transaksi:

A. Benar, saldo normal untuk akun dividen adalah di sisi debit sehingga apabila ada transaksi di sisi kredit akan menurunkan jumlah akun dividen.

B. Salah, saldo normal untuk akun modal saham biasa adalah di sisi kredit sehingga apabila ada transaksi di sisi debit akan menurunkan jumlah akun modal saham biasa bukan meningkatkan.

B. Benar, saldo normal untuk akun modal saham biasa adalah di sisi kredit sehingga apabila ada transaksi di sisi kredit akan meningkatkan jumlah akun modal saham biasa.

C. Benar, saldo normal untuk akun pendapatan adalah di sisi kredit sehingga apabi!a ada transaksi di sisi kredit akan meningkatkan jumlah akun pendapatan.

D. Benar, saldo normal untuk akun liabilitas (kewajiban) adalah di sisi kredit sehingga apabila ada transaksi di sisi debit akan menurunkan jumlah akun liabilitas (kewajiban).E. Akumulasi depresiasi peralatan dari 1 Januari 2014 sampai 31 Januari 2015.

= nilai penyusutan per bulan x (jumlah bulan dari 1 Jan 2014 sampai 31 Jan 2015)

= Rp 600.000, 00 x 13

= Rp 7.800.000, 00 (C)

  1. Pernyataan Salah: Kurva permintaan yang berbentuk patah (kinked demand curve) terladi pada pasar oligopoli.

Alasan Benar: Pasar monopoli adalah pasar yang dikuasai oleh satu orang penjual, artinya tidak ada pesaing di pasar. Kurva permintaan perusahaan monopoli sama dengan kurva permintaan pasar yang memiliki slope negatif (harga dan kuantitas yang diminta berbanding terbalik), sebab hanya ada satu penjual. D

  1. Pernyataan Benar: Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu daerah dalam suatu periode tertentu, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan. PDRB menurut harga berlaku digunakan untuk mengetahui kemampuan sumber daya ekonomi, pergeseran, dan struktur ekonomi suatu daerah. Sementara itu, PDRB menurut harga konstan digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi secara riil dari tahun ke tahun atau pertumbuhan ekonomi yang tidak dipengaruhi oleh faktor harga (inflasi).

Alasan Benar, Tidak Berhubungan: Secara konseptual, perhitungan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dapat menggunakan tiga macam pendekatan, yaitu pendekatan produksi, pendekatan pengeluaran, dan pendekatan pendapatan. Jawaban: B

  1. Utang Luar Negeri (ULN) atau pinjaman luar negeri sangat diperlukan bagi negara-negara sedang berkembang untuk menunjang pembangunan ekonominya. Beberapa manfaat. utang luar negeri, yaitu sebagaii berikut:
  • Menutup defisit neraca pembayaran.
  • Membantu negara untuk menyediakan/membangun infrasiruktur seperti membangun bandar udara internasional atau pembanguna jalan laying
  • Meningkatkan kegiatan investasi dalam negeri (sebagai modal pembangunan).
  • Menjalin hubungan bilateral. Jawaban: B

59. Fungsi perencanaan mempunyai empat tujuan penting, antara lain:

  • Mengurangi risiko dan perubahan-perubahan yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.
  • Memusatkan perhatian pada sasaran
  • Mendapatkan/menjamin proses pencapaian tujuan agar dapat terlaksana secara ekonomis.
  • Memudahkan pengawasan. Jawaban: E
  1. Produk merupakan kombinasi barang dan jasa yang akan ditawarkan oleh penjual ke pasar sasaran. Dalam menetapkan jenis produk yang akan diproduksi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, ahtara lain mencakup analisis kebutuhan dan keinginan niasyarakat sesuai dengan kemampuan perusahaan dalam memproduksi, persiapan modal, pengadaan bahan baku, pemasaran usaha, persaingan bisnis, serta fasilitas dan lingkungan. Jawaban: E

Nah seperti itulah lebih kurangnya pembahasan soal soshum SBMPTN 2015. Semoga bisa dimanfaatkan secara optimal baik bagi peserta tesnya maupun guru les ataupun pengajar di sekolah dan lembaga pendidikan. Salam sukses selalu untuk pendidikan Indonesia.