Pembahasan Kunci Jawaban Soal Matematika UN SMP 2017

iklan kape

Untuk mendapatkan pembahasan kunci jawaban soal matematika un smp 2017   lengkap bisa membaca tulisan ini sampai selesai. Di bagian akhir akan diberikan file yang bisa didownload dengan cara mengklik gambar berwarna merah. Namun sebaiknya dibaca semua agar memahami semua isi pesan ane di sini.

Matematika merupakan mata pelajaran wajib bagi pelajar sekolah menengah sehingga dimasukkan sebagai salah satu mata pelajaran yang diujikan pada UN. Nah kalau elu kurang menyukainya, kakak harap untuk bersabar ya. Jadi kudu harus dipelajari dengan serius.

Sebenarnya bidang studi engga terlalu sulit kok kalau kalian bisa. Ya iyalah bang, dianggap sulit karena gak bisanya. Maksudnya gue kalau lu mau serius belajar, maka nanti tidak akan menghadapi kesulitan saat mempelajari pembahasan soal un matematika smp 2017 dan kunci jawaban lengkap.

Coba lihat kakak aja merasa biasa untuk menuliskan konten blog ini berkaitan dengan ilmu hitungan tersebut. Lalu hal apa yang membuat kalian merasa gentar. Kalau aku saja bisa kenapa lu pada takut sih. Biasa aja keles kalau ingin berhadapan dengan matpel satu ini.

Soal Matematika UN SMP 2017 dan Pembahasan Lengkap

Oke deh, kita sekarang cermati kalimat pada heading di atas. Terdapat dua hal yang sangat penting, yaitu soal matematik un smp 2017 dan pembahasannya. Tentu saja keduanya merupakan sesuatu yang berbeda atara satu sama lainnya. Kalau soal berisi pertanyaan untuk dijawab.

 Setelah nanti akan diberikan penilaian. Namanya penilaian pasti ada nilainya. Nah nilai hasilnya nanti tergantung dari tingkat kuliatas pengerjaan kalian. Bila dikerjakan dengan baik tentu skornya bagus dong. Namun sebaliknya  jika pengerjaannya dilakukan asal asalan nantinya kurang bagus.

Secara keseluruhan nanti isi konten ini hanya berisi dua hal utama. Kalau kalian sudah sering membaca update postinganku, tentu kalian tau dong gaya penulisanku setiap memberikan naskah soal beserta bahasannya. Biasanya bisa ditebak dari frasa utama yang terdapat pada kalimat judulnya. Biar lebih jelas, aku kasi tau saja dua hal utama tersebut:

  • Soal un matematika smp 2017
  • Pembahasan soal un matematika smp 2017
  • Kunci Jawaban soal matematik un smp 2017

Kedua poin utama di atas akan mengisi secara keseluruhan artikel yang berkaitan matematika un 2017. Untuk soalnya sebenarnya tidak menampilkan soal secara utuh ataupun seperti bentuk aslinya. Hanya penjelasan mengenai tipe serta materi setiap soalnya saja. Untuk bentuk asli bisa didapatkan dengan mengunduhnya pada bagian paling akhir artikel ini.

Lain halnya dengan pembahasan tetap akan berisi penjelasan lengkap mengenai cara pengerjaan soal matematika smp 2017. Perincian tersebut memang keharusan sesuai dengan inti dari maksud artikel ini. Nanti akan dipenuhi dengan angka sebagai metode serta cara perhitungannya. Semoga tidak kebingunan untuk mempelajarinya. Kalau bingung tenang saja karena kakak sudah memberikan solusi cara mempelajarinya. Inti buang jauh jauuh tentang pikiran yang mengatakan bahwa matematika itu yang sangat sulit.

Lalu bagaimana halnya dengan kunci jawaban. Sebenarnya kunci jawaban soal matematika un smp 2017 berisi huruf pilihan yang paling tepat untuk menjawabnya. Akan tetapi kalau tinggal dituliskan begitu saja hurufnya akan terlihat terlalu sederhana. Nah agar hal yang tidak seimbang tersebut engga terlalu terlihat, maka nanti bagian kunci jawabannya akan dituliskan dengan lanjutan dari penjelasan cara menjawab matematis.

Soal UN Matematika SMP 2017 Lengkap

Soal un matematika smp 2017 lengkap yang akan diberikan melalui peneseleraian ini dibagi menjadi empat bagian besar. Setiap bagiannya akan berisi 10 nomor soal matematika. Setiap kategorinya pasti tidak akan sama panjang pendek kalimat ataupun pragrafnya. Tergantung pada keribetan soalnya. Adapun empat bagian tersebut, meliputi:

  • Soal un matematika smp 2017 bagian pertama
  • Soal matematika un smp 2017 bagian kedua
  • Soal un smp 2017 matematika bagian ketiga
  • Soal matematika smp un 2017 bagian keempat

Ituah empat bagian yang akan diberikan secara terpadu nanti. Tapi bang ingin mengingatkan kepada kalian semuanya agar tidak kebingungan membacanya. Karena kadang kala angka maupun lambing operasinya dituliskan dalam bentuk kalimat.

Penulisan angka ke dalam bentuk kalimat itu dimaksudkan agar kalian tidak terlalu bosan melihat angka terus menerus. Pasti deh mata kalian akan silau banget bila di hadapan mata selalu angka dan bilangan saja. Belum lagi dipusingin cara untuk menyelesaikannya.

Soal UN Matematika SMP 2017 Bagian Pertama

Operasi aljabar pecahan. Kombinasi dari pengurangan dan pembagian. Nah kalau jenis operasi yang lebih dari satu, seharusnya mendahulukan pembagian karena lebih kuat dibandingkan dengan pengurangan. Jenis pecahannya berupa bentuk campuran. Agar dapat mengerjakannya secara benar harus mengonversi menjadi bentuk biasa.

Sebuah dena kota atau tepatnya disebut dengan peta. Penggambarannya menggunakan skala 1: 1500. Dua kota anggaplah P dan Q terpisah dengan tiga puluh lima sentimeter satu sama lainnya. Ditanyakan jarak sebenarnya dinyatakan dalam satuan km.

Soal un matematika smp 2017 nomor 3 hampir sama dengan bagian pertama di awalnya. Bedanya hanya saja yang ini operasi aljabar bilangan berpangkat tak sebenarnya. Langkah utama yang dilakukan dengan mengubah sebuah bilangan menjadi berpangkat. Lalu ingat deh jika sebuah bilangan memiliki pankat kemudian dipangkatkan lagi, maka pangkatnya harus dikali. Lalu harus akhirnya tinggal saling dikurangi atau dijumlahkan sesuai bentuk soalnya.

Diminta untuk menghitung perkalian bentuk akar. Agar bisa terlihat, sederhanakan dahulu bentuk akarnya. Penyederhanannya dipecah menjadi bilanga yang ada akar bulat. Bagitu juga halnya bentuk yang sebelahnya. Insya allah akan dapatin hasilnya. Oh ya perlu kalian ingat bahwa sebuah akar dikalikan dengan dirinya maka akarnya otomatis akan hilang. Contoh akar 2 x v2 = 2.

Soal aritmatika sosial un smpa 2017. Menceritakan seorang anak bernama Firman menabungkan uangnya yg berlebih ke bank sebesar Rp 2 000 000. Seandainya lembaga perbankan tempatnya menyimpan memberikan sistem bagi hasil sebesar 2 persen. Seandainya tabungannya pada suatu waktu menjadi 2 600 000. Kita bisa memprediksi lama waktu Firman telah menabung.

Dua soal selanjutnya merupakan materi barisan dan deret aritmatika. Dikarenakan sama maka engkau engga perlu khawatir tidak bisa salah satunya. Sebab menurut saya bila sudah pertamanya, tentu lanjutannya harusnya bisa dong. Oke untuk bentuk pertanyaan pertama diberikan sebuah urutan angka dengan pola beraturan -106, -100, -94, -88. Ditanyakan nilai hasil jumlah suku ke 23 dan 27.

Bilai nilai pada urutan pertama barisan hitung -22. Antar sukunya memiliki selisih tetap yaitu empat. Diketahui pula bahwa jumlah keseluruhan sukunya tiga ratus enam puluh. Diminta untuk menentukan banyak sukunya. Kalau kakak lihat tinggal masukin ke rumus jumlahnya. Kalau hitungannya bensar, dapat kok nilai n-nya.

Lanjutan soal un matematika smp 2017 bagian pertama tentang barisan geometri. Terdapat beberapa urutan angka memenuhi aturan perkalian dgn faktor yang sama. Bila dilihat dari soalnya sih selalu dikalikan dengan 3. Pada pilihan menentukan pola setiap angkanya tersebut.

Faktorisasi aljabar bentuk kuadrat. Ada empat bentuknya. Setiap baris dituliskan sekaligus bentuk faktornya. Nah nanti siswanya akan ditanya cara pemfaktoran yang paling benar sebagai jawaban paling benar. Agar bisa mengerjakannya, ingat kebali trik mencari faktornya. Ada yang dikali hasilnya seperti c dan bila dijumlah harus persis sama dengan b.

Masalah perbandingan senilai. Dua bilangan genap berurutan misalnya saja a dan b. a berbanding b senilai tiga perempat. Lalu jika sudah dihitung, diminta untuk menentukan jumlah keduanya: (A) 10. (B) 12. (C) 14. (D) 16.

Soal Matematika UN SMP 2017 Bagian Kedua

Pada soal matematika un smp 2017 bagian kedua bila dilihat didominasi oleh persamaan garis serta geometri bidang baik bangun datar maupun bervolume. Untuk pertanyaan awalnya mengenai konsep persamaan linear satu variabel. Nilai p yang memenuhi persamaan -2/3 (p -22) = 5+ 5/6 p.

Konsep himpunan secara umum. Biasanya mencakup gabungan, irisan serta anggota himpunan komplemen. Berdasarkan hasil interview pada sejumlah pelajar kelas 9 SMP X didapatkan data seperti: 57 suka makan mangga. 34 menyukai apel. Apel dan mangga sekaligus disukai oleh 14 orang anak. Terdapat 13 orang tidak menyukai keduanya. Ditanyakan banyaknya jumlah siswa kelas 9 SMP X.

Materi fungsi dan pemetaan. Harus dipahami dulu bahwa sebuah fungsi akan memetakan selayaknya sebuah mesin sehingga hasil keluarannya sama. Akan tetapi bisa saja berbeda bila nilai awalnya memang beda. Sebuah fungsi linear dirumuskan dengan f(x) = ax + b. Bila fungsinya memetakan 4 ke 10 dan 7 ke enam belas. Nilai pemetaan untuk x= 22 didapatkan: (A) 40. (B) 42. (C) 43. (E) 45.

Bab persamaan garis lurus. Garis lurus memiliki dua hubungan yang unik dengan kurva lainnya. Dua hubungannya tersebut meliputi sejajar dan saling tegak lurus. Yang paling mudah dilihat sifatnya adalah sejajar. Karena sifat barusan disebut dapat dilihat dari koefisiennya merupakan kelipatan dari yang lain. Cara lain untuk menentukannya dengan mencari nilai gradient (m) terlebih dahulu. Bila m nya bernilai sama pasti deh sjajar. Namun bila bernilai negative satu, dipastikan tegak lurus.

Pada soal matematika un smp 2017 nomor 15 masih seputar persamaan garis lurus. Kalau dilihat cari soalnya, diminta menentukan gambar dari persamaan linear garis lurus yang diberikan. Sebenarnya cara untuk menentukannya tidak terlalu sulit. Misalnya saja persamaan awalnya ax + by = c. Selanjutnya tinggal kita tentukan titik dengan sumbu-X di x= c/a. gitu juga tipot dengan Y nilainya c/b. Lalu tinggal hubungkan kedua titik tersebut. Dapat deh nantinya.

Seorang petugas penjualan tiket sirkuit pernaiman anak menjaga serta menjual kupon masuk arena. Harga tiketnya bervariasi tergantung usia bocah yang masuk. Untuk anak berusia 3 sampai 8 tahun tarifnya 20 ribu rupiah. Sedangkan khusus orang dewasa dikenakan Rp 50 000. Pada hari rabu terjual sebanyak delapan puluh tiket dengan hasilnya kalkulasinya satu koma empat tujuh juta rupiah.

Sekarang masuk deh geometri bangun datar. Ada sebuah jajar genjang diketahui kedua sisinya masing msg 20 dan delapan belas sentimeter. Pada salah satu titik sudutnya ditarik secara tegak lurus ke sisi yang lainnya. Jarang dari titik yang ditarik ke sisi lainnya 16 cm. Nah ditanyakan panjang diagonal satunya.

Menghitung luas bangun datar yang bentuk tidak teratur tentunya harus membaginya beberapa bagian sehingga terbentuk bagian tunggal. Bangunan tunggal yang dibentuk dihitung sesuai dgn rumusnya tersendiri. Untuk soal aslinya bila dibagi dua akan terbentuk trapezium dan jajaran genjang.

Perhitungan keliling sebuah bangun datar sebenarnya lebih lebih sederhanya dari pada luasnya. Akan tetapi kadang kala akan menyusahkan bila bentuk bangunannya kompleks. Seperti halnya sebuah persegi panjang. Terus ada ruang kosong berbentuk setengah lingkaran. Diketahui panjang sisi segi empatnya 50 cm dan lebarnya 28 dgn satuan yang sama. Bila sisa dari diameter lingkaran masih ada 15 cm.

Soal nomor 20 matematika un smp 2017 mengenai kongruensi. Namanya kongruen tanpa dapat disangsikan semua ukuran yang bersesuain sama panjang. Selain itu sudut seletaknya berukuran sama juga dong. Nah untuk menentukan dimensi yang belum diketahui, tinggal mencocokkannya.

Soal un smp 2017 matematika bagian ketiga

Memasuki bagian ketiga soal un smp 2017 matematika sejujurnya bikin malas. Malasnya itu dikarenakan soalnya hampir semuanya bangun datar. Bayangin saja coba bagiamana cara menuliskannya kalau ada gambar. Terpaksa harus abang gambarkan sendiri dengan software khusus untuk menggambar. Jadi kerjanya dua kali deh hehehe.

un matematika smp 2017

Un Matematika SMP 2017

Pada gambar disamping. Diketahui nilai nilainya meliputi ST enam cm, RT delapan senti meter, dan panjang PR sama dengan lima belas cm. bila besarnya sudut di Q dan T sembilan puluh derajat. Diminta untuk menghitung panjang PQ. Untuk menyelesaikannya bisa menggunakan aturan kesebangunan. Tingga dilihat saja mana bagian yang saling bersesuaiannya.

Nomor selanjutnya masih berkaitan dengan kesebangunan masalah penempatan foto pada bingkainya. Emi punya sebuah foto yg memiliki ukuran 18 kali 12. Bila dia ingin print ulang. Ukuran cetakan ulangnya berbeda dengan yang semula. Bila ia menginginkan panjangnya menjadi 45 centi meter. Tentukan lebar foto hasil cetakannya.

Konsep sudut antar dua garis berpotongan. Terdapat dua jenis pembentukan sudutnya yg sering banget keluar. Keduanya dimaksud meliputi: sudut saling berpenyiku dan pelurus. Secara berurutan keduanya berjumlah sembilan puluh dan seratus dlapan puluuh derajat. Nah gunakan konsep itu untuk menghitungnya nanti.

Materi berkaitan dengan sifat garis pada segitiga. Bila sebuah garis ditarik dari salah satu sudut ke sisi yang di depannya, ada empat sifat yang mungkin didadapatkan. (1) garis tersebut membagi dua sudut sama besar, disebut grs bagi. (2) bila sisi di depannya terbagi menjadi dua bagian sama panjang akan disebut sebagai gariis berat. (3) membentuk sudut siku siiku dikenal dengan sebutan gris tinggi. (4) jika tidak memenuhi ketiganya, disebut sbg garis sembarang.

Bab lingkaran menghitung besaran sudut sudutnya. Pada lingkaran sebenarnya terdapat banyak sekali dimensi serta besaran yang harus diketahui. Paling sering muncul adalah masalah sudut keliling dan pusatnya. Keduanya memiliki hubungan perbandingan tetap untuk semua ukuran lingkaran.

soal matematika smp 2017

Pada tumpukan banyak bangun datar pastinya banyak sekali ide pembuat soalnya untuk menanyakan bagian yang tidak diketahui. Seperti gambar yang ditunjukkan di bawah. Daerah yang diarsir merupakan lahan yang ditanami oleh rumput. Maka luas tanah yang ditanami oleh rumputnya dapat ditentukan secara mudah sekali.

Dua buah lingkaran masing msig berjari jari 5 cm dan 12 cm. Keduanya terpisahkan oleh jarak 25 dengan satuan yang sama dengan radiusnya. Jaraknya tersebut dihitung antara dua pusatnya. Selanjutnya kalian akan diminta untuk menentukan pernyataan paling benar dari semua disediakan di bawah ini. (1) rasio antara garis singgung persekutuan dalam dan luarnya lima berbanding enam. (2) pgs dalamnya lebih panjang dari yang luarnya. (3) keduanya memiliki tiga psg.

soal un smp 2017 matematika nomor 28 bagian ketiga mengenai bangun ruang. Biar bisa lancar mengerjakan pertanyaan terkait bangunan bervolume, kalian harus memahami sifat serta karaktersitik masing maasing. Semua dimensinya harus diketahui. Seperti pada yang ditanyakan di sini menanyakan nama bagian yang ditunjukkan pada gambarnya.

Tidak jauh berbeda dengan nomor sebelumnya. Nomor 29 berkaitan dengan rusuk kubus, balok, prisma dan limas. Untuk lebih jelasnya aku akan tuliskan kontekstual soalnya. Pak Bahtiar akan merancang dua kerangka limas segiempat beraturan. Pembuatan tersebut menggunakan kawat panjang. Bila Pak bahtiar menginginkan limasnya memiliki panjang alas 16 cm. Selain itu ia juga menghendaki rusuk tegaknya 20 menggunakan satuan yang sama. Nah diminta untuk menentukan banyaknya kebutuhan kawat untuk membuatnya.

Kalian semuanya pasti sudah mengenal kubus. Walaupun bangun ruang tersebut tidak mengenal kalian, seharusnya kalian harus mengetahui persis gambarannya. Kubus memiliki banyak istilah yang wajib dipahami. Sebut saja ada yang namanya rusuk, sisi, diagonal ruang dan sisi, serta bidang diagonal. Belum lagi kalau kita berbicara mengenai irisan pasti deh larinya ke sumbu afinitas serta bidang bantu.

 Secara khusus beberapa hal yang telah disebutkan di awal memiliki hubungan satu sama lainnya. Jadi bila salah satu diketahui, seharusnya yg lainnya bisa dihitung ukurannya. Seperti pada tekstual aslinya, diketehui diagonal ruang. Nanti akan tanyakan volumenya.

Soal matematika smp un 2017 bagian keempat

Sebagai penutup sesi pertama maka akan diakhiri dengan soal matematika un smp 2017 bagian keempat. Tipenya sama dengan sebelumnya. Ini hanyalah kelanjutan dari tahap pertama, kedua dan ketiga. So jangan berpikir dari keempatnya berbeda tipe. Masih dalam satu naskah, hanya saja sengaja dipecah menjadi empat tahapan penulisannya.

Untuk empat nomor soal matematika smp un 2017 selanjutnya semuanya berisi tentang bangun ruang. Iya memang sih setiap nomornya pasti berbeda beda dong. Kalau sama saja ya percuma atuh tulis berulang ulang. Bila itu saja mah, hitungnya enak dong. Sekali hitung semuanya dapat karena pasti jawabanya hanya satu, heheheee.

Bangun ruang lengkung kadang dalam kehidupan sering dilihat gabungannya. Sebagai contoh kerucut tanpa alas digabungin dengan setengah bola. Pastinya akan terlihat unik. Permintaan soal bisa beragam, biasanya volum. Tapi tidak jarang juga menanyakan luas permukaan totalnya.

Pada sebuah balok diketahui volumenya. Bila bervolum enam ratus cm pangkat dua. Ukuran lain yg diketahui meliputi panjang dan tingginya sama yaitu 15 sentimeter. Diminta untuk menentukan luas permukaan keseluruhannya.

Kadang kala dikaitkan dalam hal biaya dikeluarkan untuk membuat suatu alat untuk kebutuhan manusia. Seperti pada pembuatan tenda berbentuk setengah bola. Semuanya termasuk alasnya dibuat menggunakan parasut. Jika diameter alasnya 8,4 m. Biaya pembuatan per meternya sebesar lima puluh ribu rupiah tiap meter perseginya. Disuruh untuk menghitung biaya total untuk dkeluarkan nanti sampai selesai semuanya.

Soal nomor 35 matematika smp un 2017 bagian keempat bab statistika dan peluang sebuah kejadian. Ada sebuah tabel berisi data skor penilaian yang didapatkan peserta kursus. Berdasarkan data pada tabelnya, ditanyakan berbagai parameter dalam ilmu statistik. Parameter tersebut bisa saja rataan, median, modus, kuatil atas atau bawahnya, atau bisa saja jangkauan kuartilnya. Biasanya yg ditanyakan hanya satu saja, jarang sekali ditanyakan dua sekaligus.

Rata- rata gabungan dapat diperoleh dari penggabungan dua kelompok. Pastinya setiap kelompoknya memiliki rataan tersendiri. Misanya pada bentuk soal aslinya rataan gabungannya 73. Perbandingan kedua kelas 2: 3. Nah disuruh untuk menghitung banyaknya orang pada kelas pertama.

Banyak cara untuk menyajikan data dalam bidang statistik. Selain dilakukan secara tabulasi menggunakan tabel, bisa juga digambarkan secara grafis. Terdapat beberapa cara menyajikan data dalam bentuk grafik: diagram garis, batang, lingkaran. Secara khusus pada diagram garis bisa dilihat naik turunya perkembangan objek yang diamati. Tentu saja tingkat perubahannya dengan membandingkan dengan kondisi sebelumnya.

Pada diagram lingkaran banyak sekali besaran yang bisa digunakan untuk memberikan informasi kuantitatif sebuah informasi. Sebenarnya hanya tiga sih hehehe. Adapun tiga cara tersebut meliputi: persen, derajat, dan angka realnya. Bila satu belahan diketahui pasti belahannya yang lain dapat dihitung.

Peluang untuk tahun 2017 hanya masuk satu nomor saja. Redaksi kalimat soalnya berkaitan dengan pelemparan dua dadu dilakukan sebanyak dua kali. Kalau begitu pasti ruang sampelnya ada tiga puluh enam. Yang ditanyakan peluang muncul mata dadu faktor prima dari 12 saat pelemparan pertama.

Pembahasan Soal UN Matematika SMP 2017 Lengkap

Nah setelah lihat semua soalnya tentu kalian juga membutuhkan pembahasan soal matematika un smp 2017. Sangat diperlukan untuk kalian saat ingin mempelajari cara menjawab. Seandainya kamu bisa pun kadang kdg dibutuhkan juga guna mengetahui cara alternatif terbaik untuk menyelesaikannya. Lumayan kan kalau ada langkah pengerjaan yang lebih efektif. Bisa menghemat waktu sehingga nanti tidak ada bagian yang tertinggal.

Coba bayangin kalau menjawab dengan cara biasa, barang kali jawabannya memang benar. Akan tetapi waktu yang terpakai sangat lama. Sedangkan masih banyak soal lain harus dikerjakan. Nah dengan penyingkatan waktu pastinya memberikan manfaat besar dalam hal manajemen waktu.

Tidak sama dengan pembagian soalnya, pembahasan soal un matematika smp 2017 hanya akan terbagi ke dalam dua kategori utama saja. Kedua kategori itu meliputi:

  • Pembahasan soal matematika un smp 2017 bagian pertama
  • Pembahasan soa un matematika smp 2017 bagian kedua

Kedua bagian di atas akan dituliskan secara rinci pada beberapa alinea sampai selesai. Oh ya sebagian penjabaran soalnya nanti akan dituliskan dalam bentuk kalimat meskipun seharusnya berbentuk angka atau bilangan. Hal tersebut dilakukan demikian semata mata hanya untuk menambah variasi kontennya saja. Tapi tenang saja. Cara menuliskan pembahasan soal un matematika smp 2017 itu engga akan membingungkan sedikitpun bagi kalian nantinya.

Pembahasan Soal Matematika UN SMP 2017 Bagian Pertama

Sesuai dengan yang telah tertulis pada soalnya, bagian pertama dari pembahasan soal matematika un smp 2017 merupakan soal operasi aljabar bilangan bulat. Eh ternyata pecahan campuran deh, abang keliru hehehe. Supaya dapat dioperasikan sebelumnya harus diubah terlebih dahulu menjadi bentuk biasa. Caranya cukup simpel dengan pengalikan penyebut dgn angka bulatnya lalu ditambah dengan pembilangnya. Bila semua pengubahan telah berhasil dilakukan tinggal dihitung deh seperti biasa.

Menghitung jarak sebenarnya dari peta bila dikasi skala serta rentang garis antara dua kota pada petanya. Cara hitungnya sangat mudah yaitu tinggak dikalikan angka rentang antar dua kota dengan bilangan skalanya. Barang kali ada yang bertanya alasan perkalian untuk menentukannya. Jawaban pas untuk pertanyaan tersebut dengan memahami makna dari skala. Misalnya diberikan skala perbandingan 1: 5000 artinya setiap 1 cm pada peta sebanding dengan 5000 cm di alam nyatanya.

pembahasan soal matematika un 2017 smp nomor 5 bagian pertama tentang aplikasi di bidang aritmatika sosial. Pertama hitung dulu bunga (2 persen) yang diterima setiap bulannya= 2/100 x 2000 000 = 40 000. Misalkan saja lama waktu penabungannya p, maka bunga yang diterimanya selama p bulan = 6 800 000- 2000 000= empat juta delapan ratus ribu rupiah. Nah hasil tersebut dibagi dengan 40 ribu dihasilkan dua belas alias satu tahun.

Untuk dapat menghitung suku ke-n sebuah barisan aritmatika tentu harus ketahui dulu rumusnya yaitu Un = a+ (n-1) b. Bila ada dua suku berurutan atau lebih maka untuk menghitung bedanya dilakukan mengurangkan sebuah sukunya dengan yang sebelumnya. Bedanya sama dengan -92- (-102) = 6. Nah kalau a dan b nya sudah ada tinggal hitung deh sesuai dengan urutannya lalu dijumlahin.

Perhitungan jumlah n suku aritmatika akan bisa didapatkan beberapa lambing yang ada di dalamnya. Lakukan dengan cara memasukkannya secara perlahan lahan namun pasti. Nanti akan diperoleh apa yang diinginkan. Seperti pembahasan soal matematika un smp 2017 nomor 5. Bila disubstitusikan nilai suku pertama dan bedanya, nanti akan diperoleh persamaan kuadrat dengan variabel n-nya. Nah untuk mendapatkan banyaknya suku tinggal memfaktorkannya.

Guna mengetahui pola bentuk barisan geometri sebenarnya tidak perlu menggunakan rumusnya. Bisa saja dilakukan dengan cara coba mencoba. Masukkan saja nilai n=1, n=2, dan n=3. Apakah ketiganya memenuhi deretan angka yg diberikan. Tapi ingat, jangan sekali kali salah kaprah. Baru masukin satu benar, langsung beranggapan itulah jawabannya. Usahakan memenuhi sampai nilai sama dengan 3.

Faktorisasi harus bisa dikuasai agar bisa menjawab soal berkaitan dengan pemfaktoran. Banyak sekali pola pertanyaannya nanti. Bisa berbentuk penyederhaan bentuk fungsi rasional. Bisa juga dalam bentuk persamaannya. Intinya kalau sudah kuasai metode mencari faktor paling benar, tidak akan menemui kendala nantinya.

Bila ditanyakan dua bilangan genap bulat berurutan tidak akan terlalu sulit. Apalagi sudah diketahui perbandingan antara keduanya. Tinggal dicari saja kelipatan dari angka perbandingannya. Kalaupun menggunakan rumus juga bisa dengan dianggap sebagai deret aritmatika berbeda dua. Masukin juga nilai perbandingan. Setelah itu tinggal dijumlahka keduanya nanti akan dapat diperoleh jumlahnya 26.

Pembahasan soa un matematika smp 2017 bagian kedua

Bagian kedua akan ditutup dengan pembahasan soal un matematika smp 2017 lengkap. Persamaan linear satu variabel bisa kita selesaikan dengan cara mengumpulkan seluruh koefisien yang mengandung variabelnya menjadi satu ruas. Nah untuk mendapatkan nilai x nya tinggal bagi angka ruas sebelah menggunakan kofesien total.

Masalah himpunan termasuk di dalamnya ada gabungan dan irisan bisa dijawab memakai diagram venn. Jadi gambarkan 2 himpunan yang saling terpisah. Perhatikan banyaknya anggota himpunan yang menyukai mangga dan apel yaitu 14. Nah untuk setiap himpunan masiing msg dikurangi dgn empar belas. Terdapat juga anggota himpunan yang tak menyukai keduanya. Tinggal tambahkan semuanya, nanti akan diperoleh total anggotanya.

Untuk materi fungsi dan pemetaan bisa dianggap sebagai konsep yang gampang susah. Tapi menurut abang sih engga ada yang susah kalau mencoba terlebih dahulu untuk berlatih. Pertama subtitusi semua nilai x yang diketahui pada persamaan umum fungsinya yg telah diberikan. Fungsi tersebut dirumuskan sbg f(x)= ax + b. masukin nilai x sama dengan tiga dan lima. Akan muncul dua persamaan linear 2 variabel. Substitusi keduanya akan didapatkan nilai a dan b secara berturut turut -4 dan 8. Jadi rumusnya menjadi f(x) = -4x+ 8. Tinggal deh masukkan apa yang diminta oleh soalnya.

Penentuan sifat hubungan dua garis bisa diketahui dari nilai gradiennya. Kedua garis yang saling sejajar pasti bergradien sama. Sepertinya masih ada yang kebingungan untuk mencari besarnya kemiringan sebuah garis. Ya ingat saja persamaan dasarnya y= mx+ c. namun ada cara lebih simpel khusus yg sejajarnya saja. Trik mudahnya dengan melihat koefisennya saling berkelipatan atau faktor dari salah satunya.

Lanjutan pembahasan soal un matematika smp 2017 bagian kedua. Kalau misalnya ada persamaan garis 4x – 3y + 24= 0 disuruh untuk menentukan bentuk garisnya. Langkah pertama adalah dengan mencari titik potong garis dgn sumbu Y yaitu ketika x bernilai nol. 4(0) – 3y= -24, y= 8. Selanjutnya cari juga titik potong sumbu x ketika y nilainya 0. 4x- 3(0)+24 = 0, x=-6. Untuk mendapatkan garisnya tinggal tarik saja garisnya dari x= -6 dan y=8.

Pokok bahasan perhitungan pendapatan penjualan tiket. Dari dua jenis tiket yang diperjualkan, misalkan saja x menyatakan banyaknyan tiketuntuk anak kecil sedangkan y khusus orang dewasa.  Jumlah tiket yang terjual empat puluh. x + y =40. Hasil penjulannya satu koma 1 jutaa. Persamaannya menjadi x+ 2y = 55. Bila diselesaikan dengan metode substitusi atau eliminasi, akan diperoleh angka keduanya secara berturut turut 25 dan 15.

Pembahasan soal matematika smp un 2017 nomor 16 sampai 20 berkaitan dengan bangun datar. Meskipun kelimanya masih dalam kategori bab yang sama, namun tentu konteks pertanyaannya berbeda antara satu sama lainnya. Beberapa komptensi dasar wajib dimiliki seperti aturan pythagoras, pemahaman kesebangunan dan kongruensi serta pemahaman tentang rumusnya.

Penggunaan phytagoras biasanya dipakai untuk mencari panjang bagian tertentu. Hasilnya tersebut akan dipakai untuk perhitungan lanjutnya nanti. Jadi dapat dikatakan bahwa hitungan berantai. Begitu pula halnya untuk menghitung bangun datar yang bentuknya kompleks. Untuk memudahkan harus dipisahkan dulu agar terbentuk belahan yang lebih sederhana. Kalau sudah simpel bentuknua tinggal dihitung sesuai dgn rumusnya masing maasing. Lalu akhirnya dijumlahkan agar mendapatkan luas totalnya.

Nah paragraf di atas merupakan bagian akhir sesi pembahasan un smp 2017. Dikarenakan poin utama yang akan dibahas di sini ada tiga buah. Jadi aku harus lanjutin ke point ketiganya. Bisa saja kok abang berhenti di sini saja, akan tetapi sudah menjadi kewajiban untuk memenuhinya. Tidak boleh menuliskan artike yang tidak sesuai dengan judulnya di atas.

Kunci Jawaban Soal Matematika UN SMP 2017 Lengkap

Nah Alhamdulillah akhirnya masuk juga deh ke sesi paling akhir yakni kunci jawaban soal matematika un smp 2017 yang akan diberikan secara lengkap. Barangkali kalian akan bingung dengan adanya kata lengkap. Karena pastinya akan berpikir bahwa kunci jawaban itu hanya huruf sebagai pilihan yang tepat dari jawabannya.

Adanya kata lengkap itu maksudnya bahwa nanti bukan hanya kunci jawab soal matematika 2017 saja. Nanti akan disertai juga dengan penjelasan rinci terkait alasan pemilihan jawaban tersebut. Kalau hanya kunci jawabanya kan hanya bisa digunakan untuk mengecek benar salah kalian mengerjakannya.

Kunci Jawaban Soal Matematika UN SMP 2017 Bagian Pertama

Okey deh kita masuk terlebih dahulu ke kunci jawaban soal matematika un smp 2017 secara lengkap bagian pertama. Sebenarnya ini merupakan lanjutan dari pembahasan bagian keempat. Hanya saja nanti di bagian akhir akan dilengkap dengan kunci jawaban. Namanya kunci pasti hanya sebuah hruf sebagai pilihan yang paling tepat.

Topik kesebangunan dan kongruen harus diperhatikan dengan seksama mengenai syarat dan ketentuannya. Perhatikan sisi serta sudut bersesuaian agar bisa memenuhinya. Jadi harus menguasai konsep hubungan sudut yang sama besar.

Untuk sudut kan banyak jenis. Selain itu sifat kepenyikuan serta pelurusnya harus dipahami secara betul. Tidak jarang pertanyaannya berbelit belit. Intinya harus bersabar untuk mendapatkan nilai besaran sudut yang ditanyakan. Biasanya untuk memudahkan, pemisalan dengan menggunakan variabel x perlu supaya hitungannya lebih mudah.

Pada segitiga terdapat beberapa istilah untuk garis berhubungan dgn pembagian sudut dan sisi yang dilaluinya. Ketiga garis yang dimaksud meliputi: bagi, berat dan tinggi. Pada soalnya disebutkan bahwa AD merupakan garis berat. Lanjutannya dengan menghitung luas memakai garis beratnya.

Dua unsure pentinga dalam lingkaran yaitu sudut pusat dan keliling. Yang disebutkan kedua memiliki besar setengah besaran pertamanya. Oh ya harus perhatikan bahwa keduanya harus menghadap busur yang sama. Bila busurnya berbeda makan aturan yang baru saja disebutkan tidak berlaku lagi.

Kunci Jawaban Soal UN Matematika SMP 2017 Bagian Kedua

Nah kunci jawaban soal un matematika smp 2017 bagian kedua sudah benaran sub judul paling harus kakak paparkan di sini. Rasa lega tidak dapat dihilangkan bila sudah selesai memberikan kunci jawaban matematika tahun 2017 ini. Usaha serta kerja keras untuk menuliskannya di sini akhirnya bisa diselesaiakn dengan baik.

Dua lingkaran bila dibuat garis penghubungan antara kedua makan akan terbentuk garis singgung atau sering disebut dengan pgs. Pgs ini terbentuk dengan menarik masing masiing dari tepi lingkarannya. Garis singgun yang terbentuk ada dua macam, yakni persekutuan dalam dan luar. Keduanya memiliki kemiripan rumus. Hanya beda plus dan min pada kedua jari jarinya. Kalau persekutuan luar dikurangi. Sedangkan persekutuan dalam dijumlahkan.

Bab bangun ruang memiliki cukup banyak ragamnya. Terdapat beberapa bentuk bangunannya. Selain itu pula tidak sedikit hal yang akan dihitung. Untuk keberagamannya bisa berupa kubus, balok, limas berjenis jenis, serta prisma dgn segala tipenya. Itu baru yang bidangnya tegak. Belum lagi bidang lengkung seperti bola, kerucut, dan tabung. Dimensi yang diinginkan seperti diagonal, luas, termasuk juga volumnya.

Seperti itulah ulasan mengenai pembahasan kunci jawaban soal matematika un smp 2017  lengkap. Aku harap bsa bermanfaat untuk adek adikku. Pergunakan dengan sebaiknya baiknya untuk persiapan menghadapi un matematik tahun 2018 depan.