Pembahasan Soal PKN STAN 2017 Mudah Dipahami

pembahasan soal stan 2017

Pembaca setia situs pribadi Herniawan.com, tentu saat sekarang adek sedang mencari soal STAN 2017 serta pembahasan lengkapnya. Karena engga seperti itu, engga mungkin kan kunjungi halaman situs ini. Cuma satu kata yang ingin abang katakana, beruntung banget deh kunjungi blog ini karena memang menyediakan apa yang elu cari seperti kalimat yang tertulis pada judulnya. Selain itu juga, ulasan penyelasaian soalnya mudah dipahami.

Kalau memang mau ngasi naskah soal STAN 2017 beserta pembahasannya, mana tautannya? Heheheheeei pasti deh baru kunjungi website ini ya? Kelihatan banget deh. Bagi yang udah sering mengunjungi tentu sudah tau persis bahwa linknya biasanya ditempatin pada bagian tengah atau pun akhir bacaan ini.

Memang sudah menjadi trik kakak memberikannya di tengah postingan dengan tujuan tertentu. Lah apa tuh tujuannya bang? Sebenarnya hanya menjadi taktik ada biar durasi kunjunganmu tinggi. Nah kalau seperti itu kan blogku ini jadi dikunjungi dalam waktu yang relatif lama.

Coba bayangin saja bila langsung diberikan begitu saja alamatnya tentu setelah mengunduhnya serta dapatin naskah soalnya langsung kabur begitu saja. Padahal masih banyak informasi yang bermanfaat terkandung dalam artikel ini.
Nah makanya sengaja engga dikasi linkny. Tapi tenang aja, bila kalian membaca ini dengan serius, insya Allah disertai pula dgn kesabaran dapatin juga kok soalnya. Untuk soal PKN STAN 2017 dan pembahasan dapat diunduh melalui satu klik pada tulisan berwarna merah.

Soal PKN STAN 2017 Lengkap

Mulai kita berbicara mengenai asli tidaknya naskah soal PKN STAN 2017 yang beredar. Kenapa kita merasa penting membicarakan keaslian naskhanya? Karena artikel ini ditulis ketika USM STAN dua tibu tujuh belas belum bergulir. Pembukaan pendaftarannya saja baru kemarin tanggal 9 Maret kok. Terus soalnya dapat dari mana? Bocorannya ya kak? Hus enak aja ngomongnya hahahaaahe.

Sebenarnya ini lebih tepatnya dikatakan sebagai prediksi saja karena bisa jadi panitia PMB STAN 2017 saja belum menyusun soalnya. Kalaupun udah disusun mungkin belum dicetak, karena jumlah pencetakan harus disesuaikan dengan jumlah pendaftarnya kan? Lalu pertanyaannya adalah dari mana kakak dapatin prediksinya? Kalau nyusun sendiri kan perlu kisi kisii seperti ujian nasional.

Sebenarnya engga perlu kisi kisinya loh. Kita cukup pe;ajari secara serius soal STAN lima tahun terakhirnya, tentu akan tergambar bagaimana sih tipe soalnya. Memang tidak persis sama (sudah pasti engga ada kesamaan) namun konsep dalam menjawab pertanyaannya tentu saja sama. Bila engga sama anggaplah tingkat kemiripannya cukup signifikan.

Nah atas atas dasar kemiripannya tersebut bisa dijadikan sebagai acuan memprediksi soalnya. So bisa deh elu pakai untuk bahan belajar. Tapi benaran kak engga akan percuma kalau belajarnya dari prediksinya saja. Ya jangan hanya pada perkiraan soalnya saja dong. Kamu harus pelajari juga secara maksimal pembahasan soal STAN beberapa tahun lalu.

Pelajari secara serius dan yakinkan diri bahwa kalian bisa memahami setiap pertanyaan pada soalnya. Usahakan hilangkan perasaan bosan dalam pikiran. Selain itu pula, jangan pernah remehin konsep yg dianggap mudah. Sistem penilainnya sama ya, benar dpt nilai empat, salah -1 serta engga dijawab tak dpt skor. So jangan pernah ada sifat menyepelekan.

Kembali lagi pada pertanyaanmu tadi menganai apakah engga percuma bila belajar prediksi soal USM PKN STAN? Kalau semua pembahasan beberapa tahun sebelumnya sudah kuasai secara meyakinkan, prediksnya bisa dijadikan sebagai bahan latihan. Jadi anggap sebagai tahap uji coba. Ingat tidak satupun amalan kebaikan dinilai tak berguna di kemudian hari.

Sesuai dengan sub judulnya, bahwa pada pada tahap awal ini akan ditampakkan teks serta kalimat soalnya. Sebenarnya ini bukan murni prediksi, namun soal STAN beberapa tahun lalu diambil secara acar serta mengalami perubahan seperlunya. Perubahannya dilakukan supaya kalian memiliki pengalaman mengerjakan soal yg bervariasi tipenya.

Secara lengkap soal STAN 2017 bagi menjadi tiga bagian penting. Ketiganya memang merupakan dua jenis tes yang memang pasti akan dihadapi oleh setiap calon mahasiswa kampus ikatan dinas terbaik tersebut. Adapaun tiga jenis itu terdiri dari:

  1. Soal TPA STAN 2017
  2. Soal Tes Bahasa Inggris STAN 2017
  3. Soal TKD STAN 2017

Dua jenis disebutkan diawal sebenarnya tipe soal yang diujikan langsung oleh lembaga pendidikan tersebut. Tentu saja dalam hal ini institusi yang membuatnya adalah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK). Badan tersebut berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Bagaimana dengan nomor 3? Point disebutkan terakhir itu diujikan oleh lembagaa lain yaitu Menpan RB. Tes ketiga merupakan bentuk ujian wajib bagi setiap orang yang akan menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).
Sudah kita tidak perlu jauh melangkah membahas topik lain. Karena inti dari artikel ini adalah memberikan soal PKN STAN 2017 serta pembahasan lengkap. Nah sebelum itu ditampilin terduhulu soalnya dengan mengikuti urutan yang disebutkan di atas. Jadi lanjutkan untuk menyimaknya.

1. Soal TPA STAN 2017

Soal STAN 2017 TPA merupakan tipe pertama yang harus dikerjakan oleh calon mahasiswa pada periode tersebut. Soalnya ada seratus dua puluh nomor yang harus diselesaikan dalam waktu 100 menit. Pertanyaannya beragam tergantung dari kategorinya. Jadi elu harus mengetahui juga bentuknya seperti apa. Komposisi soal TPA STAN 2017 terdiri dari:

  1. Kosa kata
  2. Sinonim
  3. Antonim
  4. Analogi
  5. Pemahaman bacaan
  6. Kemampuan kuantitatif
  7. Penalaran
  8.  Tes gambar

Itulah kedelapan jenis tipe pertanyaan yang masuk pada tes potensi akademik USM STAN setiap tahunnya. Kemungkinan tahun 2017 nanti akan seperti itu. So engga salah dong kalau andaikan kalian belajar pembahasan tahun sebelum belumnya. Baiklah sekarang kakak akan berikan tampilan dari delapan tipenya tersebut di atas.

  1. Soal PKN STAN 2017 Kosa Kata

Dari namanya tentu adek adik sudah bisa menduga bahwa soal kosa kata yang masuk pada tes masuk STAN berkaitan dengan pemahaman serta pengartian dari setiap kata yang diberikan. Jadi harus mampu mengetahui maksud serta arti kata yang diberikan. Bila tidak mengetahui secara maknanya, bisa dilakukan pendekatan dengan cara membuat kalimat yang menggunakan kata tersebut.

Tremor = …… A) ancaman keselamatan B). gerakan tidak terkontrol C). efek berantai D). pergerakan bumi. Kita sering kali mendengar kata anotasi disebutkan, maknanya adalah: A). kata sambutan B). sebuah catatan yang berisi catatan C) panduan pelaksanaan D). perubahan bunyi. Makna inti dari kompilasi yang benar berikut: A). perbuatan dilakukan secara sadar namun tak logis B). ringkasan karangan ilmiah secara keseluruhan mengandung isinya C). kumpulan tulisan dirunut secara teratur D). sekumpulan informasi sulit E). penghitungan dengan komputer.

Arti kata nativisme paling benar menurut istilahnya dari berikut: A). aliran penganut pengetahuan terbaru B). Sikap penolakan terhadap pengaruh kaum pendatang C). pemahaman tentang keterlibatan pihak luar D). modernitas yang mempengaruhi suku pribumi E). pikiran segolongan orang mengenai minoritas. Pilihan terbaik untuk makna kata delirium berikut: A. ketertinggalan mental bila dibandingkan dengan khayalannya B. masalah gangguan mental secara ekspresif C. masalah kejiwaan yang ditandai dengan halusinasi D. ketidaknormalan jiwa secara khusus E. tingkat kecerdasan melampaui standar normal.

b. Soal STAN 2017 Sinonim

Saatnya berpindah pada bagian sinonim soal PKN STAN 2017. Sepertinya kakak engga akan memberika tampilan tipe ini. Karena pada dasarnya elu semunya pastinya sudah mengetahuinya dong. Dari SD sampai SMA dipastikan sudah pernah mempelajarinya. Pastinya semuanya pernah melewati tingkat pendidikan tersebut kan? Ya iyalah engga mungkin lahir langsung besar seperti sekarang jadi calon mahasiswanya sekolah tinggi akutansi negara.

Dikarenakan sudah pernah belajar. Jadi engga perlu deh dikasi tampilan soalnya. Memang sih engga semudah kata bersinonim yang dikeluarkan pada masa sekolahmu dulu. Tapi setidaknya secara garis besar sudah mengetahui maksudnya seperti apa. So ane yakin banget deh kalau bisa menjawabnya dengan baik dan betul.

c. Soal Antonim STAN 2017

Kalau pada poin sebelumnya kita berbicara mengenai padanan serta kesamaan sebuah kata, sekarang malah kebalikannya yakni lawan katanya. Jadi intinya adalah mencari gabungan beberapa suku kata yang maknya berlawanan. Masalah pernah atau tidak dipelajari dulunya tentu jawabannya sama yaitu udah mempelajarinya.
Akan tetapi pasti masih banyak pertanyaan apakah tingkat kesukarannya sama? Ya enggalah. Kalau sama, ntar soal STAN 2017 bisa mengerjakan semuany dengan skor yang tinggi. Kalau Cuma masalah tingginya aja sih engga terlalu menjadi persoalan, tapi seandainya ada beberapa yg dapat nilai sama susah jg menentukan siapa yang layak untuk diluluskan.

d. Soal STAN 2017 tipe Analogi

Soal analogi PKN STAN 2017 tidak ada bedanya dengan tipe serupa pada TKPA SBMPTN. Tingkat kesulitannya pun sepertinya tidak ada bedanya. Jadi kalau kalian pernah mempelajarinya untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri akab berguna juga saat akan menjawab pertanyaan tes masuk sekolah ikatan dinas berjaket biru ini.
Inti dari soal STAN 2017 bagian ini adalah melihat keteraturan hubungan antara dua kata lalu mencari pasangan kaata lain yg memiliki hubungan serupa. Agar lebih jelasnya, ada baiknya ane perlihatkan beberapa contoh soalnya. Pilihlah pasangan kata yang paling tepat untuk mengisi titik tiitik “……” pada setiap nomor soal agar hubungan hubungan antara dua kata pada bagian kiri = sepadan dgn hubungan yang sebelahnya. Marah: …… = ….: menangis. A) mencaci —sedih B). kecewa – sedih C). teriak- senang D). cemberut –murka E). mengeluh == takut. Jalan raya: ………. = …………. : guling. A) polisi lalu lintas- selimut B). rambu lalu lintas- bantal C). kecelakaan lalu lintas- tidur D). keamanan lalu lintas- seprei E). lampu lalu lintas- kasur.

e. Soal STAN 2017: Pemahaman Bacaan

Seperti pada posting sebelumnya aku sudah menjelaskan inti dari masalah pemahaman sebuah bacaan. Hal terpenting adalah kita bisa menarik beberapa kesimpulan ataupun maksud utama dari semua teks. Nantinya akan ditanyakan beberapa soal seputar isi bacaannya. Biasanya pertanyaan dari soalnya adalah ide pokok, yang ada atau tak disebutkan pada wacananya.
Hampir setiap tahun pertanyaan soal STAN seperti itu saja. Jadi kemampuan paling penting adalah memahami serta mengerti inti sari bacaannya. Bila hal tersebut bisa dilakukan dengan baik, insya Allah tidak akan menghadapi kendala berarti saat mencoba menjawabnya. Bahkan akan terasa enteng banget deh. Apa yang abang katakana di atas berlaku juga untuk tahun 2017 yah.

f. Kemampuan kuantitatif soal STAN 2017

Kalau udah bicara kuantitatif enggak akan jauh dengan masalah hitung menghitung deh. Dari kata dasarnya saja kuantitas menyatakan ukuran jumlah atau banyaknya. So soalnya nanti diyakini ada hitungannya. Bagi yang suka atau jago matematika merupakan kabar gembira karena porsi jumlahnya lebih paling besar dibandingkan dengan bagian lainnya untuk kategori TPA.
Untuk mengerjakan soal kemampuan kuantitatif STAN 2017 jangan hanya terpaku pada menghafal rumus. Akan tetapi dibutuhkan juga logika serta daya analisa yang tinggi. Menghafal rumus bukanlah jaminan penuh agar kita bisa menjawab pertanyaan soal yang berkaitan dengan kalkulasi.

g. Soal STAN 2017: penalaran

Kemampuan nalar mutlak dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari. Menghadapi sebagai kasus atau permasalahan hidup penalaran sangat membantu untuk memecahkannya. Pemecahannya kan butuh daya urai serta penyederhanaan agar terlihat simpel. Bila sudah dirasakan simpel maka mencari solusinya mudah banget deh.
Untuk soal STAN 2017 berkaitan dengan penalaran biasanya diberikan beberapa kasus setelah ditanyakan beberapa hal yang mungkin terkait masalahnya. Umumnya perkara yang dimasukkan tidak diinformasikan secara sempurna. Jadi nanti tugas peserta tes adalah menjawabnya secara tepat serta diberikan waktu terbatas.

h. Tes gambar Soal PKN STAN 2017

Bagian terakhir dari soal TPA PKN STAN adalah tes pola serta bentuk gambar. Nantinya akan diberikan beberapa bentuk gambar selanjutnya kalian harus menentukan pic lanjutannya sesuai dengan polanya terlihat pada naskah soalnya. Sebenarnya beberapa hal umum sering kali keluar bagian ini.
Wah apa saja tuh kak? Umumnya sih polanya terdiri dari putaran (rotasi), perubahan ukuran, warna serta penggabunga. Kadang kalau terlihat adanya perubahan yang terjadi secara sekaligus. Jadi ini mah cocok banget sama orang yang pintar menggambar atau daya visualisasinya tinggi. Sebaiknya banyak latihan mengerjakan soalnya lalu cek benar apa salah dengan membandingkan dengan jawabannya menggunakan buku. Bila udah dibiasakan, soal seperti apapun akan terasa ringan alias dapat dijawab dgn mudah banget.

2. Pembahasan Soal TPA STAN 2017 Mudah Dipahami

Selanjutnya kita udah memasuki bagian pembahasan soal TPA STAN 2017 yang dapat dipahami secara mudah oleh siapa saja. Cara penyampaiannya simpel serta asyik. Elu engga akan rugi loh bila terus menyimaknya hingga selesai. Yang penting harus serius aja, pasti nantinya bisa menjawabnya secara tepat.
Pembahasan soal TPA STAN 2017 ini tidak akan kaka bagi menjadi delapan bagian seperti yang telah dituliskan di atas. Akan tetapi langsung saja gue tuliskan pembahasannya secara umum. Jadi tinggal dicocokin saja dengan dengan nomor soalnya yah. Selain itu, di sini hanya memberikan sampelnya saja, selengkapnya dapat mengunjungi website lain yang menyediakan pembahasan lengkap yakni kafepelajar.com. Memang saat ini untuk mengaksesnya harus membayar terlebih dahulu, namun rencana developernya mulai awal tahun ajaran baru ini akan digratiskan semua.
Mungkin tahun 2017 ini merupakan terakhir berbayar untuk video pembahasan soalnya. Karena kalau sekarang mau digratiskan (bulan Maret) akan terkesan tidak adil karena sudah banyak membayarnya awal masuk yakni awal pembukaan pendaftaran member soal STAN dan pembahasannya. Tidak ingin mereka merasa dikecewain.
Oke karena pada sesi ini abang ingin memberikan pembahasan soal STAN 2017 dan pembahasan lengkapnya so harus secepatnya diberikan. Kakak udah tau kok kalau lu semuanya udah engga sabaran ingin mempelajarinya sengan serius. Oleh sebabnya, gue langsung berikan berikut ini agar tidak pake bahasa basi lagi deh. Biar lebih terarah bacanya, sengaja terbagi ke dalam empat bagian penting:
1. Pembahasan soal STAN 2017 TPA bagian 1
2. Soal TPA STAN 2017 dan pembahasan bagian dua
3. Soal dan Pembahasan TPA STAN 2017 bagian 3
4. Pembahasan Soal PKN STAN TPA 2017 bagian 4
Empat bagian pembahasan soal TPA STAN 2017 akan dirunut secara terurut sesusuai urutan yang telah disebutin di atas. Pengurutannya dilakukan berdasarkan pengelompokan jumlah kata serta kalimatnya. Biar tampilan penulisannya berimbang tidak kebanyakan ataupun terlalu sedikit.

1. Pembahasan soal STAN 2017 TPA bagian 1

Pembahasan soal STAN 2017 TPA bagian 1 terdiri dari sekitar enam nomor. Semoga kesemuanya nanti bisa dipahami dengan baik. Biar ada gunanya apa yang gw tuliskan di sini. Untuk awalnya saja memang akan mudah. Secara umumnya sih berupa pemahaman bacaan bahasa Indonesia.
Kata vasal dalam Kamus Besar Bahasa lndonesia (KBBI) memiliki makna: bersifat terikat; atau daerah taklukan. Kata sregep memiliki makna: rajin;tekun. Rajin atau tekun biasanya merupakan suatu sikap atau kebiasaan yang ditunjukkan atau dilakukan oleh orang. Sehingga, kata sregep memiliki pengertian yang dekat ke kata orang.
Kata fusi memiliki makna gabungan dua nukleus; peleburan. Sehingga, kata fusi memiliki makna penggabungan. Kata mujarab memiliki makna: manjur, mustajab. Dari pilihan yang ada, terdapat kata yang masih asing, yaitu: sangkil = sampai, kena, mengenai, berdaya guna, efisien. Mangkus = mustajab; mujarab; manjur; berhasil guna.
Kata prognosis memiliki makna: ramalan tentang peristiwa yang akan terjadi, khususnya yang berhubungan dengan penyakit atau penyembuhan setelah operasi. Sehingga, prognosis makna yang berlawanan dengan analisis (penyelidikan suatu peristiwa yang telah terjadi) untuk mengetahui keadaan sebenarnya.
Pembahasan soal STAN 2017 TPA mudah dipahami. Kata insinuasi memiliki makna: tuduhan tersembunyi, tidak terang-terangan, atau tidak langsung, berupa sindiran. So insinuasi dapat diartikan yang berlawanan dengan kata pujian. Rujukan maknanya keterangan lanjutan mengenai suatu hal; atau bahan sumber yang dipakai untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut; acuan; referensi. Acuan atau referensi bersifat memberikan. Jadi, kata yang memiliki makna berlawanan dengan kata rujukan adalah himbauan (karena himbauan bersifat meminta atau mengajak).
Tangkai – kelopak – bunga merupakan susunan dari kelengkapan suatu bunga yang dimulai bawah sesuai dengan urutan pertumbuhannya atau dari yang besar (bunga menempel pada kelopak, sedangkan kelopak menempel pada tangkai). Analogi ini serupa antara kata pelepah: tangkai: daun.
Habibie pernah menjabat sebagai menteri Negara Riset dan Teknologi di era presiden Soeharto. Sehingga, pernyataan: Habibie pernah menjabat sebagai menteri pada kabinet Indonesia Bersatu. Merupakan pernyataan yang salah, karena kabinet lndonesia Bersatu merupakan kabinet di era President Susilo Bambang Yudhoyono.
Jawaban dan pembahasan soal PKN STAN 2017 mudah dipahami. Pada paragraf ketujuh disebutkan bahwa: Habibie kembali ke lndonesia (pada usia 38 tahun) atas permintaan mantan presiden Soeharto. Kalimat ini menyebutkan kata mantan, karena bacaan dibuat saat Soeharto tidak lagi menjadi presiden. Akan tetapi pada saat Habibie kembali ke tanah air, Soeharto masih menjadi presiden. Hal ini dibuktikan dengan pesawat N-250 yang terbang perdana (first flight) pada 1995. Saat itu Soeharto masih menjabat sebagai presiden lndonesia.
Makna kataa sumbangsih yang tertulis pada Kamus Bahasa Besar lndonesia (KBBI), memiliki arti: sokongan, bantuan (berupa pemberian, hasil karya, uang, dan sebagainya) sebagai tanda kasih. Dalam kalimat: Karena sumbangsih Habibie, para insinyur dan produsen pesawat bisa mendeteksi retakan (crack) sejak dini dengan penentuan titik crack. Kata sumbangsih pada kalimat tersebut berarti sokongan berupa pemikiran.
Coba perhatikan bacaan. Dari paragraf pertama sampai sembilan membahas dan menceritakan tentang seseorang, yaitu Bacharudin Jusuf Habibie. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa tema dari bacaan tersebut tentang Sosok yang Tak Lekang Dimakan Zaman. Pada paragraf kesembilan disebutkan bahwa Habibi akan menghiduPkan kembali pengembangan N-250 sebagai bentuk optimisme baru bagi bangkitnya industri dirgantara buatan anak bangsa.

2. Soal TPA STAN 2017 dan pembahasan bagian dua

Sekarang pindah lagi deh ke soal TPA STAN 2017 dan pembahasan bagian dua. Dari bacaan di atas adalah kita dapat menyimpulkan bahwa: untuk dapat dinyatakan bersalah telah melakukan tindak pidana korupsi seperti yang ditentukan dalam Pasal 2 ayat (1) UU PTPK, Keuangan Negara atau Perekonomian Negara tidak perlu benarbenar telah menderita kerugian.
Pikiran utama dalam paragraf 2 terdapat di kalimat pertama, yaitu: faktor kerugian, baik secara nyata atau berupa kemungkinan, dilihat sebagai hal yang memberatkan atau meringankan dalam penjatuhan pidana, sebagaimana diuraikan dalam penjelasan pasal 4 UU PTPK.
Masalah pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan tersebut adalah: kata “dapat” dalam Pasal 2 ayat (1) UU PTPK, lebih merupakan persoalan pelaksanaan dalam praktik oleh Hakim atau aparat penegak hukum lainnya, dan bukan menyangkut inkonstitusionalitas norma. Hal yang sesuai dengan pernyataan dalam bacaan: kata “dapat” dalam Pasal 2 ayat (1) UUPTPK, lebih merupakan persoalan pelaksanaan dalam praktik oleh Hakim atau aparat penegak hukum lainnya, dan bukan menyangkut konstitusionalitas norma.
Perhatikan lanjutan pembahasan soal STAN TPA 2017 bagian kedua. Dalam Kamus Besar Bahasa lndonesia (KBBI), kata kualifikasi memiliki makna: 1. Pendidikan khusus untuk memperoleh suatu keahlian; 2. Keahlian yang diperlukan untuk melakukan sesuatu (mendudukijabatan dsb); 3. Tingkatan; 4. Pembatasan; penyisihan. Dalam Kamus Besar Bahasa lndonesia (KBBI), kata kualifikasi memiliki makna: 1. Pendidikan khusus untuk memperoleh suatu keahlian; 2. Keahlian yang diperlukan untuk melakukan sesuatu (mendudukijabatan dsb); 3. Tingkatan; 4. Pembatasan; penyisihan, maka lawan mengualifikasi gabungkan makna dari kata tersebut.
Si Ayu mencuci piring dalam waktu 30 menit, artinya dalam setiap menitnya, dia dapat menyelesaikan sebanyak sepertiga puluhnya. Si Cantika mencuci piring dalam waktu 60 menit, artinya dalam setiap menitnya dia mampu menyelesaikan sebanyak seperenam puluuh bagiannya. Sehingga, jika dia bekerja bersama-sama maka dalam setiap menitnya dia akan menyelesaikan pekerjaan sebanyak: 1/30 + 1/60 = (2+1)/60= 1/20. Sehingga pekerjaan akan selesai dalam waktu 20 menit.
Semoga engga bosan mempelajari soal TPA STAN 2017 dan pembahasan. Lanjutannya bisa dilihat seperti berikut ini. x adalah banyaknya bilangan prima yang lebih besar mulai 21 sampai kurang dari lima puluh satu deh. bilangan prima lebih besar dari 21 dan kurang dari 51 adalah: 23, 29,31, 37, 41, 43,47 (ada 7 bilangan). y adalah banyaknya bilangan bulat positif yang mengandung angka 6 atau merupakan kelipatan 6 yang kurang dari 36. bilangannya: 6, 12, 16, 18, 24,26, 30 (ada 7 bilangan). Sehingga, x < y.
Jika kecepatan semakin rendah/kecil, maka waktu perjalanan akan semakin lama. Sehingga, waktu tempuh dengan kecepatan 75 km/jam akan lebih sedikit dibandingkan dengan waktu tempuh dengan kecepatan 1,8 km/jam. Sehingga, x < y.
Dari soal diketahui, bahwa jarak 30 km ditempuh dengan waktu 1 jam (60 menit), maka kecepatannya adalah 30 km/jam. Jika terlambat berangkat 10 menit, artinya waktu yang akan dipergunakan untuk perjalanan adalah 60 – 10 = 50 menit, maka kecepatan agar sampai tepat waktu akan lebih tinggi dari kecepatan awal(30 km/jam). Hal ini merupakan perbandingan berbalik nilai.
Banyak data dapat diasumsikan dengan persentase dari data yang ada, yaitu 100%. Maka, median terletak diantara data ke50 dan data ke-51, yaitu: Nilai 80. Range adalah jangkauan, yaitu selisih nilai tertinggi dengan terendahnya. Dari data pada tabel, rangenya adalah: 100-50=50. Dari data tersebut, jelas bahwa frekuensi tertinggi adalah 50%, yaitu terletak pada nilai data 80.

3. Soal dan Pembahasan TPA STAN 2017 bagian 3

Pada paragraf pertama disebutkan bahwa kebutuhan akan air akan terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk. Pada paragraf kedua disebutkan bahwa alih fungsi hutan semakin marak menjadi perkebunan, perumahan, dan keperluan lainnya. Hal ini bisa saja dikarenakan semakin meningkatnya populasi, dan pada akhirnya berpengaruh pada persediaan air bersih dalam tanah. Sehingga, pernyataan yang tepat untuk mendukung narasi pada paragraf pertama dan kedua adalah meningkatnya populasi memicu kebutuhan akan air bersih. Nah ini baru nomor pertama untuk soal dan pembahasan TPA STAN 2017 sesi ketiga.
Hal yang menyebabkan resapan air tidak berfungsi optimal adalah alih fungsi hutan makin marak. Hal ini disebutkan pada paragraf kedua: …. lantaran maraknya alih fungsi hutan menjadi perkebunan, perumahan, dan keperluan lainnya. ltu pula yang mengakibatkan resapan air tidak berfungsi secara optimal. Menurut pakar yang dikutip pada bacaan di atas, pembuatan sumur imbuhan itu seharusnya mudah dilakukan dan dikoordinasikan oleh instansi terkait.
Hal yang menyebabkan resapan air tidak berfungsi optimal adalah alih fungsi hutan makin marak. Hal ini disebutkan pada paragraf kedua: …. lantaran maraknya alih fungsi hutan menjadi perkebunan, perumahan, dan keperluan lainnya. ltu pula yang mengakibatkan resapan air tidak berfungsi secara optimal.
Dalam bacaan tersebut yang menjadi topik pembahasan pada ketiga paragraf adalah mengenai kebutuhan akan air yang semakin meningkat. Sehingga, air hujan yang turun bisa dimanfaatkan secara optimal agar meresap ke dalam tanah untuk dijadikan cadangan air bersih dengan berbagai cara. Jadi, judul yang tepat menggambarkan pesan dalam bacaan tersebut adalah: Mengoptimalkan Pemanfaatan Air Hujan
Pada paragraf pertama disebutkan bahwa kebutuhan air terus meningkat dan air hujan seharusnya bisa menjadi solusinya. Akan tetapi, karena maraknya alih fungsi hutan sehingga menyebabkan air resapan tidak optimal. Sebagian besar air hujan semestinya meresap ke dalam tanah untuk menjadi cadangan air dalam tanah.

4. Pembahasan Soal PKN STAN TPA 2017 bagian 4

lstilah emisi pada bacaan di atas sama artinya dengan pancaran (Pemancaran cahaya, panas, atau elektron dari suatu permukaan benda padat atau cair: Kamus Besar Bahasa lndonesia). lde pokok bacaan di atas yang paling tepat adalah tata kelola sumber daya alam perlu diperbaiki. Seperti inilah pembahasan soal PKN STAN TPA 2017 bagian empat.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan tersebut adalah Ancaman global perubahan iklim akan semakin parah jika hutan tropis di lndonesia dikelola dengan baik. Hal ini bertentangan dengan apa yang disampaikan pada akhir paragraf pertama.
Sehingga, yang bukan termasuk fakta pada bacaan tersebut adalah: Moratorium merupakan kesempatan pemerintah mengatasi kerusakan hutan dan meningkatkan citra pemerintah. Karena pernyataan tersebut merupakan suatu opini atau pendapat.
Hal yang dapat disimpulkan dari bacaan di atas adalah Perbaikan tata kelola sumber daya alam melalui moratorium izin perikanan dan izin kehutanan perlu diperbaiki. Hal inidisampaikan pada awal paragraph pertama yang menjadi topik utama bacaan dan dijelaskan pada paragrafparagraf selanjutnya. Setelah ini masih ada lanjutan pembahasan soal PKN STAN 2017 TPA mudah dipahami.
Harga Cringles satuan Rp16.000,00 Jika membeli setengah lusin sekaligus, harganya Rp84.000,00. Harga setengah lusin dengan harga normal = Rp16.000,00 x 6 = Rp96.000,00 Sehingga, persentase hematnya jika membeli setengah lusin sekaligus adalah: (96.000 -48.000)/ 96.000 x100%= 12.000/96.000 kali seratus persen =12,5%.
Tiap hari Senin, Rabu, dan Jumat menghafal masing-masing 5 kosakata. Mulai menghafal: Senin, 2 Februari 2015 Sampai hari Senin, 2 Maret 2015, maka terdapat 4 minggu untuk menghafal + 1 hari (Senin, 2 Maret 2015). Jadi, banyak kosakata yang dihafalkan sebanyak: 5 x 3 x 4 +5 kata (pada hari Senin 2 Maret) = 65 kata.

Pembahasan Soal STAN 2017 Bahasa Inggris

Masuk juga deh ke bagian kedua untuk pembahasan soal PKN STAN 2017 yakni bahasa inggris. Seperti biasa, selain menampilkan soalnya akan dilanjutin sekalian sama pembahasannya juga. Tentunya sudah tahu dong apa alasannya. Untuk teks pertanyaan dimasukin agar kalian mengetahui inti yang ditanyakan sehingga paham kenapa jawabannya seperti itu. Jadi secara lengkap tes kedua ini ane bagi dua isinya, yaitu:
1. Soal Bahasa Inggris STAN 2017
2. Soal PKN STAN 2017 Bahasa Inggris dan Pembahasan
Baiklah dek, jangan pernah meremehkan tes bahasa inggris (TBI) PKN STAN 2017. Karena tingkat kesulitannya di atas soal ujian nasional loh. Jangan mentang dapat nilai pelajaran tersebut untuk UN lalu dengan begitu percaya dirinya bisa mengerjakannya dengan sebaik baik mungkin. Intinya jangan pernah lengah sedikitpun dalam mengerjakan soalnya. Okeee adinda?

1. Soal Bahasa Inggris STAN 2017

Untuk bahasa inggris STAN 2017 kita mulai dulu menampilkan sekilas untuk soalnya. Akan tetapi di sini yang ditampilkan sebenarnya penjelasan penyelesaiannya. Kenapa harus jawabannya? Karena bila ane munculin teks soalnya di sini, sedangkan di halaman website lain juga ada, nanti saya akan dianggap kopi paste konten orang loh. Makanya oleh sebab itu, hal seperti demikian sangat gue hindari.
Merupakan soal Elliptical Construction/ gabungan kalimat. Pada soal ini yang digabung adalah 2 kalimat positive. Ciri utama soal gabungan kalimat positive yaitu terdapat kata sambung “and” dan kalimat sebelumnya positive. Kalimat ini seharusnya dilengkapi dengan “Riana never wrote a novel because she had no ideas to make a novel.” Tetapi blsa juga kata keterangan “never” diletakkan di awal kalimat untuk menekankan “tidak pernah” sehingga jika never diletakkan di awal kalimat maka pola kalimatnya menjadi Never + Auxiliary + Subject + Verb, (Never did Riona write a novel because she had no ideas to make a novel).
Kalimat ini membutuhkan kata keterangan cara (adverb of manner) untuk menjelaskan kata kerja “goes’i Ingat bentuk verb + adverb. Ciri bentuk kata keterangan cara adalah akhiran -ly. Sehingga kalimatnya menjadi “Mandy goes madly because her last class was cancelled without any confi rmation.” Karena soal menggunakan would rather, maka diikuti V, sehingga kalimatnya menjadi “l would rother watch a movie alone fhan work with you.” Sehingga kalimatnya menjadi ‘The political candidate talked as if he had been elected to become the next president.”
Merupakan soal Relative Pronoun Relative pronoun pengganti object adalah whom. Kalimat ini berasaldari2 kalimat (1)The man was the son of the governor. (2) She invited him.Jika digabung menjadi “The man whom she invited was the son of the governor.”
Penggunaan another digunakan untuk membicarakan satu orang atau hal lain dari yang sudah ada, sedangkan the other digunakan ketika membicarakan tentang dua orang atau dua hal dan mengacu pada salah satunya khususnya bagian yang kedua. Sehingga jawaban yang sesuai untuk mengatakan yang lain (spesifik) yaitu kondisi serupa tapi di Mesir maka menggunakan the other.
Pada soal menghendaki arti “Penjualan Star Wars sangat tinggi dalam pembukaan rekaman akhir minggu di Amerika.” Kata depan yang tepat adalah across (surge across). Untuk menyatakan kakak perempuan adalah elder sister, sedangkan adik perempuan adalah younger sister. Terus lanjutkan untuk mempelajari soal bahasa inggris PKN STAN 2017.
Untuk penjelasan Canadian yang diapit 2 koma tidak boleh ada predikat (is, was) lagi karena kalimat soal sudah terdapat predikat is, sehingga langsung berisi keterangan Canadian, yaitu “one of the iconic train trips in the world.” Untuk pilihan C kurang tepat karena seharusnya which is one of the iconic train trips in the world. Lanjutan bagian ini merupakan soal Question Tag. Question tag adalah pertanyaan di akhir pernyataan untuk menegaskan pernyataan tersebut. Pernyataan pada soal ini adalah “keep the confidential papers in the locker.” Jika pernyataannya dalam bentuk perintah, maka question tag nya adalah will you? Sehingga kalimatnya menjadi “Keep the confidential papers in the locker, will you?”

2. Soal PKN STAN 2017 Bahasa Inggris dan Pembahasan

Nah ini bagian paling terkahir untuk sesi soal bahasa inggris PKN STAN 2017 serta pembahasan lengkap yang mudah dipahami. Mohon sekiranya untuk memperhatikan secara serius setiap kata serta kalimat cara menjawab pertanyaan seperti di tulis di bawah ini. Semuanya memang sengaja dituliskan untuk semua pengunjung blog tercintaku seperti dirimu salah satu contoh.
Kalimat soal menghendaki arti “Saya bertemu banyak siswa siswa pintar, yang paling pintar dari mereka adalah tetangga baru saya, Miral.” Tanda koma setelah kata many smart students menunjukkan bahwa harus ada penjelasan lebih. Penjelasan lebih yang diharapkan adalah “yang paling pintar dari mereka”. Untuk itu menggunakan relative pronoun fhe smartest of whom. Had better harus diikuti simple verb (V1, without s/es) sehingga kalimatnya menjadi “You had better enroll this course since this is the best course in this university.”
Merupakan soal Conditional Sentence/ Kalimat Pengandaian Tipe 3. Rumusnya: lf + S + had V3, + O, S + would have V-3, + O. Berdasarkan rumus tersebut, kalimat soal harus dilengkapi dengan would have won. Sehingga kalimat soal menjadi “tf their team members had exercised more seriously, lhey would hove won the game successfully.”
A number of (sejumlah) sebagai determiner diikuti plural noun (movies). Ada 2 jenis film, yaitu fiction dan science sebagai observation sedangkan action merupakan qualifer. Sehingga penggabungan yang tepat adalah science-fiction action movies. Urutan susunan adjective yaitu: Determiner – Observation – Physical description (size, shape, age, color) Origin – Material – Qualifer – Noun.
Kalimat pada soal sebelumnya menjelaskan kerancuan jamur dan lichens kemudian perlu penjelasan untuk menghendaki makna sebenarnya (in fact) dua tumbuhan ini sangat berbeda dan bahkan bukan darijenis yang sama. Merupakan soal Relative Pronoun (Kata ganti penghubung). Relative pronoun yang digunakan untuk menggantikan kata a step adalah that. lngat setelah benda (a step) diikuti that.
Krisis dimulai pada bulan Juli 1997 karena pengaruh dari Thailand, yang menyebabkan tekanan pada rupiah. Jadi kata depan yang tepat setelah pressure adalah on (pressure on the rupiah). Sebelum krisis tahun 1997, ekonomi lndonesia dikenal sebagai (was characterized as) Negara yang berekonomi kuat. Jika pada soal terdapat kata kerja “let” maka kata kerja yang mengikuti let adalah bare infinitive (V, tanpa s,es) sehingga jawabannya adalah let the Greenpeace publish. Analisis susunan kalimat tersebut terlebih dahulu sebelum menjawab. ln lndonesia’s West Papua province = adverb. Predikat dan Object kalimat tersebut belum ada. Predikat = lies. Object = Raja Ampat. Object tersebut dijelaskan dengan which is considered the global epicenter of tropical marine bio-diversity.
Tumbuhan ini bisa tumbuh di mana-mana di dunia ini, dari tanah asam sampai yang dalam kondisi dingin, dan ditemukan tumbuh pada pohon, batu dan di setiap tempat di antara pohon dan batu. Makna tumbuh menggunakan growing karena sudah ditemukan tumbuh. Tumbuhan ini berkembang biak dengan beberapa cara. Banyakyang menghasilkan spora, ganggang atau bakteri, sedangkan yang lain (others) berkembang biak melalui fragmen sejenis lumut. lngat: others adalah yang lain (non spesifik) sedang the others adalah yang lain (spesifik). Dalam artikel ini”yang lain” yang dimaksud tidak spesifik jadi jawaban yang tepat others.
U.S Fish and Wildlife Service menyetujui permintaan para pemburu Rhinos karena memenuhi syarat dan manfaat yang diberikan. Sesuai dengan bagian akhir paragraf 1, yaitu “ln short, the agency said the permit request meet the legal standard of allowing limited hunting of an endangered species to benefit its conservation over all.” Kata their pada kalimat “People for the Ethical Treatment of Animals General Counsel Delcianna Winders stated that the foundation will be filing a lawsuit over this outrageous decision to allow two sports hunters to bring back the bodies of animals shot in clod blood to decorate theirtrophy walls” mengacu pada hunfers (2 pemburu).
Deskripsi yang kurang tepat mengenai U.S. Fish and Wildlife service yang mendukung dilegalkannya pembunuhan black rhinos adalah pilihan C, “lt must comply with Endangered Species Act to conserve rare animalsi.” Kalau Endangered Species Act tidak mendukung Yang dilakukan U.S Fish and Wildlife untuk melegalkan pembunuhan black rhinos.
Yang bukan gambaran dari Zika adalah pilihan jawaban C. Zika kurang berbahaya dari chikungunya dan demam berdarah. Pernyataan tersebut bukan gambaran fakta tapi opini dariwarga di Recife. Nyamuk Aedes aegypti membesarkan larvanya di air. Hal ini bisa dilihat di paragraf 2 kalimat terakhir, yang menyatakan tempat untuk berkembang biak nyamuk Aedes aegypti adalah di air. lde pokok paragraf 1 adalah kampanye yang dilakukan pemerintah Brazil dalam memerangi Zika. Hal ini bisa dilihat dari penjelasan paragraf 1 bahwa pemerintah mengirim tentara untuk datang ke rumah rumah memberikan leaflet yang berisi kampanye supaya warga menjaga kebersihan untuk memerangi Zika.
Arti plaguing pada kalimat “That’s the question plaguing lhe Brazilian government” adalah pertanyaan yang selalu membayangi atau menghantui pemerintah Brazil. Jadi plaguing artinya sama dengan haunting (membayangi atau menghantui/mengganggu). Pada paragraf 1 dijelaskan bahwa pemerintah Brazil telah mengirimkan para tentara untuk datang ke rumah rumah dengan misi memberantas Zika, virus yang menyebabkan microcephaly pada bayi yang baru lahir dari ibunya yang terinfeksi. Sehingga kesimpulannya Zika menyebabkan akibat yang signifikan pada bayi yang baru lahir.

Penulis: Herniawan.com

Pembahasan soal STAN berisi video pembahasan lengkap yang mudah dipelajari dan membantu calon peserta tes STAN agar mudah mengerjakan soal saat Tes USM STAN. Untuk mendapatkan pembahasan lengkap kunjungi www.KafePelajar.com