Pembahasan Soal STAN Lengkap Format Video Mudah

pembahasan soal stan berbentuk video

Bagi kalian yang ingin mengikuti tes ujian masuk PKN STAN tentu ingin mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Berbagai persiapan tentunya disiapkan agar hasilnya sesuai dengan harapan. Salah satunya adalah mencari pembahasan soal STAN lengkap dalam bentuk format video yang sangt mudah untuk dipahami.

Nah beruntung banget deh elu mengunjungi situs ini. Mengapa bisa dianggap untung? Ya dikarenakan blog ane neh memang menyediakan materi yang sedang elu cari loh.  So kamu kudu harus bersyukur dong. Sesuai dengan tujuan postinganya ini seperti bunyi judulnya, secara keseluruhan akan membahas mengenai soal USM PKN STAN serta pembahasan lengkapnya yang sengaja dikemas dalam bentuk video multimedia pembelajaran.

Kayaknya ada yang bertanya, mengapa dikemas dalam bentuk video pembahasan soal STAN kak? Alasannya sangat mendasar banget. Berkaitan erat dengan pola serta kebiasaan belajar setiap orang. Pada umumnya hasil belajar akan lebih optimal apabila alat indra kita dimanfaatkan secara maksimal. Akan lebih baik lagi bila menggunakan lebih dari satu alat indera.

pembahasan soal stan videoKhusus proses belajar, alat indera paling dominan adalah pendengaran dan penglihatan. Keduanya saling mendukung satu sama lainnya. Oleh sebab itu, media pembelajaran yg mengoptimalkan keduanya insya Allah akan menghasilkan pemahaman luar biasa. Maksud ane tuh hasilnya akan lebih baik dibandingkan dgn memanfaatkan secara terpisah satu persatu.

Video Pembahasan Soal USM PKN STAN

Nah barangkali bertanya tanya, mana sih bang videonya? Adek nunggu nungguin loh dari tadi. Baca sampai pada bagian ini belum dapat juga. Sabarlah adinda tersayang, semua usaha butuh kesabaran loh. Ingat orang sabar berpeluang lulus masuk STAN biar jadi mahasiswanya. Emang lu engga mau yah? Yaa mau banget malah kak, amiiiin ya Allah. Nah makanya bersabarlah sedikit.

Oh ya sebenarnya melalu tulisan ini kakan engga memberikan video pembahasan soal STAN lengkap. Melainkan hanya ingin memberikan informasi mengenai alamat situs untuk mendapatkannya. Owalah si aa neh, harusnya dari tadi ngasi tau kanda. Langsung aja dikasi link websitenya, biar aku cek alamatnya. Bukan gitu loh, apa apaa itu harus dijelasin dulu secara detail. Ujug uujug kunjungi sendiri malah engga tau maksudnya apa coba.

Kalau gini modelnya mending kaga usah ngasi aja deh situs video pembahasan soal STAN nya hehehe. Jangan gitu kakak, kasihanilah adikmu ini. Kan berbagi info yang positif kan termasuk ibadah. Ibadah seperti itu kan termasuk amalan baik. Bila amalan baik bagus nanti timbangan sebelah kanan lebih berat, insya Allah bisa masuk surge loh. Amiiiiin terima kasih ya dek sudah ngingatin.

Baiklah kalau begitu kakak kasi tau aja deh alamat website yang menyediakan video pembahasan soal USM PKN STAN. Kunjungi saja kafepelajar.com atau bisa mengetiknya di www.google.com tanpa mengertkan dot kom pada alamat situs tersebut. Nanti akan keluar juga kok. Di halaman depannya akan dimunculkan video cara pengerjaan soal tes masuk sekolah tinggi akutansi negara.

Nah itu hanya untuk pengenalannya saja. Terus bagaimana  dengan video keseluruhannya? Ya bisa saja sih untuk menonton tutorial cara menjawab setiap soal STAN dari tahun dua ribu sembilan sampai tahun terbaru, namun harus login masuk dulu biar dapat diakses secara full. Lalu bagaimanakah caranya agar bisa mendapatkan kata sandi tersebut? Ya sudah pasti harus mendaftarkan diri terlebih dahulu menjadi membernya. Biaya membernya cukup murah andaikan dibandingkan dengan kelengkapan video yang tersedia serta peluang lulusnya semakin besar jika sudah mempelajarinya secara serius.

Contoh Soal STAN dan Video Pembahasan Lengkap

Nah setelah tau alamat situsnya, selanjutnya ane akan sedikit membeberkan sedikit mengenai seperti apa saja sih bentuk serta tipe saolnya. Kenapa harus diulas sedikit kak? Kenapa engga sekalian aja semuanya? Biar lebih lengkap serta bisa memenuhi keinginan pencarian kami semuanya. Yah kalau semuanya dituliskan disini ntar sampai ujungnya ntar kebanyakan. Yang ada elu akan bosan membaca artike yang berjudul pembahasan soal STAN lengkap format video mudah dipahami ini.

Kalau dibahas sedikit dikit tiap tahunnya kan jadi enak. Setidaknya kalian memiliki sedikit gambarang mengenai bentuk serta tipe pembahasan soal USM STAN itu seperti apa. Bila sudah memiliki gambaran meskipun hanya kulitnya saja, elu bisa menyimpulkan sendiri seperti apa sih bentuk serta tipenya kaya gimana. So kedepannya kamu bisa menerka nerka sulit mudahnya seperti apa sih?

Oh ya cuplikan pembahasan soal STAN ini juga bisa menjadi dasar kalian untuk mengambil keputusan apakah tertarik berlangganan menjadi member kafepelajar.com atau tidak. Nah pembahasan sedikit itu, bisalah lihat sendiri seperti apa sih cara menjelaskannya. Tapi kan ini kan hanya dalam bentuk tesk dan kalimat aja kak. Iya memang benar, tapi pembahasannya di video itu seperti itu hanya saja tulisan dan suaranya yang mendukung penjelasannya.

Tapi engga perlu risau video pembahasan soal STAN di halaman yg dikasi tidak sesuai dengan ekspektasi. Bila dibaca secara seksama nanti akan terlihat diajarkan cara menjawabnya step by step. Bila didalami membacanya, insya Allah akan bisa membantu untuk menambah kepercaan diri kalian dalam mengerjakan soalnya. Nanti tidak akan grogi lagi deh. Untuk sekedar contohnya saya, pembahasannya dikelompokkan seperti di bawah ini:

  1. Pembahasan soal TPA STAN Lengkap Videonya
  2. Pembahasan soal Matematika STAN berbentuk video
  3. Pembahasan soal Bahasa Inggris STAN yang dibahas

Ketiga poin tersebut akan mengisi setiap kalimat serta kata kataa yang anda baca ini  hingga akhir. Bukankah memang itu yg engkau cari disini? Tetapi sepertinya elu pasti bertanya apa poin nomor 1 sudah mencakup no 2? Iya sih, tapi biar enak sengaja abang pisahin. Karena ada aja siswa yang memisahkan diantara keduanya.

Pembahasan Soal PKN STAN TPA dan Video Lengkapnya

Seperti yang telah dikatakan oleh kakak sebelumnya, bahwa di sini aa hanya memberikan uraian pembahasan soalnya. Sedangkan video pembahasan soal TPA STAN lengkapnya bisa kunjungi di halaman website resminya yakni kafepelajar.com. Secara keseluruhan isi dari artikel ini hanya uraian cara penyelesaian dalam bentuk kalimat dan kata. Jadi bukan multimedia pembelajarannya loh. Apakah beda dengan yang ada di situs tersebut? Sama saja lah dek, sebenarnya videonya kan hanya membahas apa yang tertulis di sini loh. Hanya saja dikemas berupa multi media ada oret oretan serta suaranya sehingga terasa lebih hidup gitu loh.

Apakah semua uraian bahasan soalnya ada di sini dan sama dengan yang di video pembahasan soal TPA STAN kafe pelajar? Kalau di kafepelajarnya lengkap dek, tapi di sini hanya beberapa bagian saja untuk dijadikan sebagai contoh. Namanya juga gratisan pasti pembatasan layanan dek, kan ini bisnis loh. Aiih si kakak gitu deh wkwkwkw.

Nah biar lebih enak, pembahasan soal TPA STAN yang dimuat dalam video di sini akan terbagi menjadi lima bagian. Pembagian tersebut ditujukan semata mata untuk memudahkan saja. Jadi akan terlihat rapi bila dibaca. Bayanginin saja bila dituliskan secara sekaligus begitu, pasti terlihat tidak nyaman sebagai bahan pelajaran. Lalu mana pengelompokannya bang? Naha seperti gini senang, langsung nanya, artinya punya antusias yang tinggi. Pembagiannya adalah seperti berikut ini:

  1. Pembahasan soal TPA STAN Bagian Pertama
  2. Soal TPA PKN STAN dan Pembahasan Bagian Kedua
  3. Video Pembahasan Soal TPA STAN Bagian Ketiga
  4. Soal PKN STAN TPA dan Pembahasan Berbentuk Video Lengkap

Keempat bagian tersebut bukan didasarkan pada tahun pelaksanaan tesnya maupun tipe kategori tiap paketnya. Namun pengkategorian itu dilakukan secara acak hanya untuk memperlihatkan contoh soal PKN STAN serta pembahasannya yang dimuat dalam video tutorial penyelesaiannya. So jangan berkesimpulan keliru yah. Tidak selamanya yg elu pikirkan benar, jadi harus lebih jeli lagi.

Salah penafsiran serta dugaan keliru biasanya menimbulkan kesalah pahaman. Seperti apa sih salah paham yang aa maksud? Misalnya saja nih, aku kan ambil sembarang soal untuk ditampilin di sini. Sembarang maksudnya asli soal PKN STAN dan pembahasan tapi secara acak. Sebagai contohnya aja, nomor satu ambil soal no 42 tahun 2011, terus selanjutnya ambil thn 2013 nomer 22. Nah seperti itu kan diambil secara random. Bisa jadi juga soal tahun terbaru seperti 2016 ataupun 2017 bila sudah terlaksana nantinya.

Nah jangan karena aye ambilnya secara acak seperti itu, jangan dianggap gw sengaja mungkin dikirnya dipilih yang enak untuk dibahas saja. Sama sekali engga seperti itu loh dek. Tolong buang prasangka serta kecurigaan seperti itu. Perlu diingat, bahwa hal tersebut sama engga memberikan manfaat bagi diriku. Saya hanya membantu mengenalkan contoh soal PKN STAN serta pembahasannya seperti apa sih. Lanjutin aja menyimak dengan seksama secara serius banget.

  1. Pembahasan soal TPA STAN Bagian Pertama

Untuk bagian pertama ini kita akan perlihatkan sekitar sepuluh soal. Agar lebih terasa manfaat jadi soalnya juga harus dituliskan. Jadi bisa elu perkirakan seperti apa sih konten ataupun materi termuat dalam videonya. Nah kesepuluh penyelesaian ini akan disertai dengan jawaban lengkapnya. Setiap nomornya akan didahului oleh pertanyaannya. Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan 1 adalah: (A) Osborne menjual penerbitnya karena ingin fokus dengan usaha softwarenya. (B) Osborne dikalahkan dalam sidang hak paten software ciptaannya. (C) Software ciptaan Osborne harganya lebih terjangkau. (D) Osborne hanya tertarik dengan dunia komputer.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan adalah: Osborne hanya tertarik dengan dunia komputer. Hal inidiperkuat dari informasi pada paragraf ke-1, bahwa ia pernah menyelesaikan pendidikannya di Delaware dan memperoleh gelar doctor di bidang teknik kimia. Kemudian ia bekerja di sebuah perusahaan pertambangan minyak shell oil. Adam Osborne adalah seorang pembuat software. Hal ini dapat disimpulkan dari bacaan pada paragraf ke-3 dan ke-4, bahwa ia pernah mendapat tawaran untuk mengembangkan hardware dan software yang murah dan ia berupaya untuk mempublikasikan software yang murah dan mudah.

Pembahasan soal TPA STAN bagian pertama secara detail. SEPATU: JALAN = buku: baca. Kalimat penyusun agar bisa terlihat dibaca seperti: alat yang digunakan untuk. Sepatu alat yang digunakan untuk berjalan, sedangkan garpu alat yang digunakan untuk makan. KARET: GETAH= aren: nira Kata hubung: “pohon yang menghasilkan” dimana hasilnya sama-sama lengket. Pohon karet menghasilkan getah, sedangkan pohon aren menghasilkan nira. DUNIA: BUKU= ilmu: belajar Analoginya: dengan buku kita bisa mengetahui dunia, sebagaimana dengan belajar kita bisa mengetahui ilmu.

Keunggulan software ciptaan Osborne adalah mudah digunakan dan harganya lebih murah. Hal ini dijelaskan pada paragraf ke-4, yaitu: la berupaya mempublikasikan software yang murah yang mudah untuk menyaingi software softwaree mahal yang sedang ada di pasaran saat itu. Pernyataan yang sesuai dengan bacaan 1 adalah Osborne menjual penerbitnya karena tidak ada yang tertarik dengan idenya. Hal ini dapat diketahui pada paragraf ke-3.

Pada paragraf ke-2 disebutkan bahwa daerah yang dibanjiri tekstil dan garmen selundupan menguasai pusat perdagangan grosir terutama Jakarta. Sedangkan daerah lain tidak dijelaskan. Sehingga, pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan 2 adalah pusat perdagangan grosir di luar Jakarta dibanjiri tekstil dan garmen selundupan.

Judul yang sesuai untuk bacaan 2 adalah: Dampak Tekstil dan Garmen Selundupan Terhadap Produk Domestik Bruto lndonesia. Karena, pada paragraf pertama dijelaskan bahwa Tekstil dan produk tekstil (TPT) adalah salah satu dari tiga komoditi penopang produk domestik bruto (PBD), Tapi pertumbuhannya di pasar domestik malah mengenaskan. Meski kinerja TPT di pasar ekspor terjadi peningkatan namun sebaliknya di pasar domestik. Pada pasar domestik, kontribusi industri TPT akan stagnan bahkan diprediksi tergerus. Penyebabnya adalah maraknya produk tekstil khususnya garmen selundupan.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan adalah mangga kelapa bukan merupakan buah khas dari alor. Hal ini dijelaskan pada paragraf ke3, bahwa mangga keiapa asal Alor merupakan salah satu varietas unggul dan namanya berganti menjadi mangga alor. Yang termasuk produk garmen adalah jaket, karena hasil produk garmen adalah barang pakaian jadi.

lde pokok paragraf terakhir dari bacaan 3 adalah perhatian pemerintah terhadap varietas unggulan. Hal itu dinyatakan dengan beberapa tindakan untuk kemajuan dan pengembangan mangga alor. Pernyataan yang sesuai dengan bacaan 3 adalah Hamid Eta memiliki bibit mangga kelapa yang lebih unggul (terdapat pada paragraf ke-3).

  1. Soal TPA PKN STAN dan Pembahasan Bagian Kedua

Kini kita memasuki pembahasan soal TPA PKN STAN bagian kedua lengkap dengan uraiannya. Kategori yang keduanya ini lebih didominasi oleh kosa kata dan penguasaan maknanya. Selain itu juga ada pula antonim berarti lawan ataupun kebalikan. Pastinya dimasukkan tipe asosiasi hungan antar beberapa frase.

Pembahasan soal PKN STAN nomor 1. MITOLOGI = ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. MORTALITAS = kodrat bahwa setiap manusia pada akhirnya harus meninggal dunia angka kematian. LESAK memiliki arti tidak berhenti, tiruan bunyi desau, desar. Bisa juga berarti terbenam ke dalam benda padat (tanah, tembok, dll);ambles. LESAK = tertelan.

AKLIMATISASI memiliki arti penyesuaian diri dengan iklim, lingkungan, kondisi atau suasana baru. AKLIMATISASI = adaptasi. AFIRMASI memiliki arti penetapan positif; penegasan: peneguhan suatu pengakuan. AFIRMASI= konfirmasi. TREMOR = gerakan pada anggota (bagian) tubuh yang tidak terkontrol (di luar kemauan), seperti gemetar (disebabkan adanya ketegangan emosional).

Pembahasan Soal TPA STAN tipe antonim. lmplisit yakni termasuk dinyatakan tidak terang-terangan, tersimpul, terkandung halus, tersirat. Maka, IMPLISIT >< gambling. MELANKOLIS memiliki arti dalam keadaan pembawaan lamban, pendiam, murung, sayu, sedih, muram. Maka, Melankolis >< ceria. MUSANG: DOMBA= pagar: tanaman merupakan hubungan yang berkaitan dengan peribahasa musong berbulu domba dan pagor makan tanomon, Yang berarti memakan teman sendiri untuk keuntungan pribadi.

RADIAN : SUDUT= hari : lama. Merupakan berkaitan dengan antara satuan dengan benda yang diukur. Sudut diukur dengan satuan radian sedangkan lama (waktu) diukur dengan satuan hari. MAWAR: MERAH = sate: ayam. Merupakan merupakan kata yang bersifat umum dan yang bersifat khusus. Mawar (merah) dan sate (ayam). RATU : MAHKOTA = sarjana : toga Merupakan hubungan subjek dengan benda yang dipakainya di kepala. Ratu memakai mahkota dan sarjana memakai toga.

Topik yang tepat untuk bacaan di atas adalah karies adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Hal yang tidak diuraikan pada bacaan di atas adalah penyebab munculnya karies. Yang dimaksud dengan lesi pada paragraf 3 bacaan di atas adalah sakit yang disebabkan karies. Fakta adalah keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau sudah terjadi. Yang merupakan fakta dari bacaan di atas adalah 90 persen anak-anak usia sekolah di seluruh dunia pernah mengalami karies.

Contoh beberapa nomor pembahasan soal soal PKN STAN TPA bagian kedua. Pernyataan yang sesuai dengan bacaan di atas adalah pesawat luar angkasa tanpa pilot sedang dikembangkan oleh UK Space Agency. Hal ini dijelaskan pada pada paragraf 3. Masalah yang tidak dipaparkan pada bacaan di atas adalah proses pembuatan pesawat skylone. Dalam bacaan tersebut dijelaskan tentang biaya pengembangan pesawat, waktu yang dibutuhkan untuk pengembangan pesawat, dan kecepatan pesawat. Yang tidak termasuk keunggulan pesawat Skylone adalah menggunakan teknologi baru yang dapat memangkas biaya produksi. Hal ini tidak dijelaskan dalam bacaan tersebut.

Fungsi zat dalam bumbu kunyit yang dijelaskan dalam bacaan di atas adalah mendeteksi bahan peledak. Hal ini disebutkan dalam paragrafpertama: Zat utama dalam bumbu kunyit bias menjadi bahan dasar murah untuk mendeteksi ledakan, kata sejumlah peneliti. Pertanyaan yang tidak sesuai untuk bacaan tersebut adalah: Bagaimana zat yang terdapat dalam kunyit dapat mengobati penyakit kanker? Spektroskopi pada bacaan tersebut adalah kegiatan mengukur pijaran cahaya.

Nah udah lihat kan seperti apa tampilan pembahasan soal TPA STAN bagian kedua. Mungkin elu akan berpikir kok banyak banget ya uraian lengkapnya. Barang kali juga lo merasa bosan banget. Tapi perlu ane ingatin bahwa perasaan seperti itu justru akan mematikan semangat usaha kalian untuk bisa masuk kuliah di institusi pendidikan tersebut.

  1. Video Pembahasan Soal TPA STAN Bagian Ketiga

Masih dengan soal TPA STAN dan pembahasan lengkap yang dikupas dalam video. Nah pada multi media penjelasan cara menyelesaikan soalnya tersebut hampir semuanya bersumber dari naskah yang tertulis di sini. So sebelum melihat langsung videonya, elo udah memiliki bayangan mengenai kontennya. Tapi sebenarnya tanpa dilihat pun sebenarnya sudah terlihat pada demonya yang mudah untuk dipahami.

Ganduh= bertukar barang dengan tambahan uang; bertukar tambah; tokok atau imbuh (tambahan sedikit dalam bertukar barang dan sebagainya). Imperatif artinya bersifat memerintah atau member komando, mempunyai hak memberi komando serta mengharuskan. Kompilasi= kumpulan tulisan yang tersusun secara teratur (tentang daftar formasi, karangan, dan sebagainya). ARKAIS = kuno Arkais berkaitan erat dengan masa dahulu atau berciri kuno, tua; tidak lazim lagi (tentang kata); ketinggalan zaman.

PASIK adalah fasik secara etimologi, orang yang dikatakan tidak baik karena tidak meyakini dan melaksanakan perintah dalam agama lslam. Jadi, pasik berlawanan dengan baik. Filantropi adalah tindakan orang seseorang yang mencintai sesama manusia, sehingga menyumbangkan waktu, uang dan tenaganya untuk menolong orang lain dan bisa dikatakan sebagai orang yang dermawan. Sehingga, lawan kata filantropi adalah kikir atau pelit.

GAMANG adalah merasa takut (ngeri serta khawatir) ketika melihat ke bawah dan sebagainya. Sehingga, gamang >< berani. BEBAL adalah sukar mengerti, tidak cepat menanggapi sesuatu (tidak tajam pikiran). Sehingga, kata tersebut berlawan makna terhadap brilian.

Loteng : tangga = Kamar : pintu Analoginya: Untuk mencapai loteng harus melewati tangga, sebagaimana untuk mencapai kamar harus melewati pintu. Kunyit: kuning = kesumba : merah. Bentuk asosiasinya berkaitan dengan yang dihasilkan oleh kunyit adalah kuning, sebagaimana warna yang dihasilkan oleh kesumba adalah merah. Sinyal : antena – gambar: kamera. Hubungan keterkaitannya: Antena menghasilkan sinyal, sebagaimana kamera menghasilkan gambar.

Sambungan jawaban pembahasan soal PKN STAN TPA lengkap serta mudah dipahami oleh siapa saja. Geraham: gigi= iga: tulang. Asosianya: Salah satu jenis gigi adalah geraham, sebagaimana salah satu jenis tulang adalah iga. Api : lidah = Air: mata. Hubungan serupanya: Lidah api dan mata air merupakan contoh ungkapan. Lidah api adalah ujung nyala api, sebagaimana mata air adalah sumber air.

Tidak sesuai dengan pernyataan Gde Pradayana adalah: karena belum mencapai due diligence, terjadilah penyegelan oleh pemkab Tanjung Jabung Timur. Hal ini dijelaskan bahwa penyegelan sedang dicari tahu alasannya oleh SKK Migas di Sumbagsel. (paragraf 3). Statemen yang tidak sesuai dengan bacaan tersebut adalah: Untuk memenuhi permintaan pemkab Tanjung Jabung Timur dibutuhkan waktu lebih-kurang delapan bulan.

Terjadinya konflik dalam bacaan tersebut adalah: Pemkab Tanjung Jabung Timur menyegel sumur-sumur minyak milik Petro China lnternasional (Jabung) Ltd. Perkataan yang tidak sesuai dengan bacaan tersebut adalah: Untuk memenuhi permintaan pemkab Tanjung Jabung Timur dibutuhkan waktu lebih-kurang delapan bulan.

Fakta adalah hal-hal yang sudah terjadi dan pasti. Opini adalah merupakan suatu kalimatnya yang berupa pendapat atau pikiran dari seseorang. Statemen berikut yang merupakan fakta sesuai bacaan tersebut adalah: kepala negara memerintahkan mempercepat proses perizinan pengeboran sumur minyak. Hal ini disebutkan bahwa presiden sendiri menginstruksikan dalam sambutan beliau untuk mempermudah proses perizinan.

Tema yang paling tepat untuk bacaan di atas adalah mengurangi ketergantungan investor asing. (Hal ini dijelaskan pada paragraf pertama, dan menjadi topik pada paragraph-paragraf berikutnya). lnformasi yang tidak sesuai untuk bacaan di atas adalah: Saat ini investor asing menguasai 99 persen saham perbankan lndonesia. (Hal ini dijelaskan pada paragraf kedua: Makanya bukan kejutan ketika pihakasing menguasai saham perbankan lndonesia hingga 99 persen. Karena ketika itu (saat terjadi krisis ekonomi tahun 1998/1999) perlu daya tarik untuk investor asing masuk dengan dana segar).

Fakta adalah hal haal yang sudah terjadi dan pasti. Pernyataan yang tidak tergolong fakta dari bacaan diatas adalah: puting beliung diperkirakan berpotensi terjadi dari bulan Maret sampai dengan April 2013. (Pernyataan ini masih berupa perkiraan yang belum tentu terjadi. Sehingga bukan merupakan fakta). Kata “resiprokal” pada paragraf keempat memiliki arti hampir sama dengan timbal balik. Nilai positif dari adanya investor asing bidang perbankan di lndonesia adalah lndonesia menjadi negara yang mempunyai daya tarik.

  1. Soal PKN STAN TPA dan Pembahasan Berbentuk Video Lengkap

Saatnya masuk ke bagian bagian paling akhir untuk soal TPA STAN beserta pembahasan lengkap berbentuk video. Sebaiknya dilihat secara seksama aja deh. Dikaji secara mendalam agar dapat memahaminya secara maksimal. Satu kata ataupun poin penting kamu lewati akan memberikan pengaruh negatif bagi daya serap materi yg dipelajari.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa lndonesia (KBBI), mualim adalah orang yang ahli dalam bidang agama; atau guru agama. Bisa juga diartikan sebagai penunjuk jalan, perwira kapal berijazah pelayaran niaga nautika. Bila merujuk pada buku resmi pemaknaan sebuah kataa, cikar memiliki arti berbelok, bergantian haluan, kereta beroda yang ditarik oleh lembu atau kuda, pedati. Elusif bisa diartikan sukar dipahami/ diartikan atau sukar diidentifi kasi.

Jika merujuk Kamus Besar Bahasa lndonesia (KBBI), nativisme adalah sikap atau paham suatu negara atau masyarakat terhadap kebudayaan sendiri berupa gerakan yang menolak pengaruh, gagasan, atau kaum pendatang. braktea berartii daun gagang atau daun pelindung. Delirium bermakna gangguan mental yang ditandai oleh ilusi, halusinasi, ketegangan otak, dan kegelisahan fisik.

Vandalisme adalah perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya (keindahan alam dan sebagainya); atau bisa juga diartikan sebagai perusakan dan penghancuran secara kasar dan ganas. Dan yang memiliki arti yang sama dengan vandalisme adalah destruktif, yang artinya merusak, memusnahkan, atau menghancurkan. Atma diartikan sebagai jiwa, nyawa, atau roh. Aberasi memiliki arti penyimpangan dari yang normal. Ancol bermakna tanah yang menjorok ke laut, atau tanjung.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa lndonesia (KBBI), bayak memiliki arti terlampau besar atau gemuk, tetapi kurang tinggi. Bisa juga diartikan dengan besar atau gendut (tentang perut), cerai berai tidak beraturan atau terserak. Sehingga, lawan kata bayak adalah kurus. Yuwana dimaknai muda atau masih anak-anak. Sehingga, yuwana berlawanan makna dengan tua.

Abolisi: penghapusan= grasi: pemotongan. Abolisi adalah suatu dalam bidang hukum yang memiliki arti suatu peniadaan peristiwa pidana, atau penghapusan hukuman, sebagaimana grasi adalah hak presiden untuk memberikan pengurangan/pemotongan hukuman. Belgia: cokelat = brazil: tebu. Negara belgia terkenal sebagai negara produsen coklat (makanan), sedangkan bangsa brazil merupakan negara produsen tebu (makanan) terbesar sedunia.

Buah: pohom = emas: tambang. Buah berasal atau bisa diperoleh dari pohon, sama halnya emas dapat diperoleh dari tambang. Drama: prolog= dokumen: mukadimah. Prolog sepertinya suatu pembukaan pada sebuah drama, seperti halnya mukadimah adalah suatu pembukaan pada sebuah dokumen.

Mikroskop: mikroba= pancing: ikan. Mikroskop merupakan wadah untuk menangkap atau melihat mikroba, selayaknya pancing adalah alat untuk menangkap ikan. Pada paragraf pertama disebutkan beberapa hal tentang pendidikan yang masih berkutat di seputar kertas. Kemudian pada paragraf akhir disebutkan tentang istilah “ketrampilan kertas” dimana hal-hal yang tidak dimaksudkan tentang istilah tersebut dalam bacaan adalah tentang mahir menjawab soal di lembar ujian.

Berdasarkan bacaan di atas, fokus ilmu terapan yang dimiliki oleh tiap-tiap negara disebutkan pada pilihan A, C, D, dan E. Sedangkan B tidak sebutkan. Pada bacaan tersebut disebutkan bahwa Amerika Serikat, Jerman, dan lnggris adalah negara yang dibangun dengan dua kelompok ilmu besar, yaitu dasar dan terapan. Akan tetapi tidak disebutkan secara pasti ilmu terapan yang dimiliki oleh Amerika Serikat.

Kalimat yang tidak sesuai dengan bacaan tersebut adalah: Pola pikir para ilmuwan adalah ilmu terapan yang penekanannya ada pada metodologi dan statistik untuk mencari kebenaran ilmlah. Hal ini bertentangan dengan yang disampaikan pada akhir paragraf ke-2, yaitu: . ….mindset para ilmuwan tetaplah ilmu dasar yang penekanannya ada pada metodologi dan statistik untuk mencari kebenaran ilmiah.

Judul yang tepat untuk bacaan tersebut adalah pembangunan peta digital yang andal. Fungsi-fungsi peta digital sebagaimana bacaan tersebut di atas: (1) sebagai alat navigasi (petunjuk arah) meliputi: menunjukkan berbagai lokasi, menelusuri lokasi, menghindari kemacetan, mempromosikan objek menarik untuk dikunjungi. (2) sebagai alat bantu proses pembangunan. (3) sebagai alat mitigasi dan penanggulangan bencana. (3) alat bantu pengambilan keputusan. Peta digital tidak disebutkan dapat menjadi alat monitoring kondisi keamanan suatu wilayah.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah: Kelengkapan informasi peta digital lebih penting dibandingkan dengan ketelitian posisinya. Dalam hal ini, jika peta digital hanya digunakan sebagai alat navigasi memang lebih diutamakan (pada paragraf 1). Akan tetapi, dalam pemanfaatan peta digital untuk pembangunan, peta digital harus lebih teliti karena akan berdampak fatal (paragraf 3). Hal yang dapat disimpulkan dari bacaan di atas adalah: pentingnya BIG sebagai solusi penyatuan dan sumber referensi data geospasial (pada paragraf akhir).

Fakta adalah keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan. Fakta juga merupakan sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Sehingga, yang bukan merupakan fakta adalah: semakin besar biaya yang dikeluarkan importir akan membuat nilai impor semakin tertekan. (Hal ini merupakan prediksi atau suatu perkiraan). Kondisi negatif yang berhubungan dengan perdagangan lndonesia adalah terdapatnya sejumlah persoalan terkait iklim investasi dan birokrasi. Hal ini disebutkan pada akhir paragraf ke-4.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah: Proyeksi Bank lndonesia (BI) memperkirakan neraca perdagangan Februari 2014 turun sekitar USD700 juta. Hal ini berlainan dengan informasi yang disampaikan di bagian akhir paragraf pertama, bahwa proyeksi Bank lndonesia (BI) yang memperkirakan neraca perdagangan Februari 2014 surplus sekitar USD 700 juta. Kesimpulan dari bacaan di atas adalah larangan ekspor mineral berdampak pada surplus neraca perdagangan.

Pembahasan Soal Matematika STAN Berbentuk Video

Saatnya kita beralih pada jenis soal lain STAN serta pembahasan berbentuk video yang mudah dipahami serta sangat simpel. Adik semuanya pastinya sudah bisa menerka dong bahwa tipe yang satu ini berkaitan erat dengan perhitungan serta bergai triknya. Inti dari pelajaran tersebut bukan hanya sekedar menghitung lalu mendapatkan jawabannya. Akan tetapi paling penting adalah proses untuk mendapatkan jawabannya secara tepat.

Kalau hanya sebatas mengerjakan hitungan lalu dapatin jawabannya yang tersedia pada pilihan, belum tentu benar. Jadi terpenting adalah perhatikan logika pengerjaannya secara tepat dan benar. Seandainya proses pengerjaan kalian selesai namun salah, terus kebetulan ada di pilihan hasil akhirnya, dengan serta merta elu pilih itu. Ingat loh, salah itu belum tentu benar.

Bagaimana agar bisa mengetahui metode serta trik menjawab secara benar dan tepat? Tips paling paten adalah dengan belajar dari orang yang bisa melakukan secara professional. Langsung aja ane kasi, bisa elu tonton di video pembahasan soal STAN matematika. Mungkin masih aja yang bertanya apakah soal matematika STAN sulit? Menurut abangmu ini sih, pertanyaan tersebut engga usah lah dipikirkan. Karena bila berpikir sulit nantinya akan dirasakan sulitnya minta ampun.

Namun tenang aja, dengan pembahasan soal matematika STAN yang berbentuk video akan bisa membantu elu semua untuk memahami setiap soalnya. Hanya tinggal butuh keseriusan kamu aja untuk mempelajarinya sebaik baiknya. Satu lagi, jangan pernah meremehkan soal manapun sekalipun kamu lihat mudah saat membacanya secara sepintas. Tetap harus dicoba untuk dijawab meskipun menurutmu mudah. Karena jarang latihan bisa membuatmu nanti kehabisan akal saat mengerjakannya.

Untuk pembahasan soal matematika STAN format video ini, abang akan membaginya hanya dalam tiga bagian utama. Tujuannya tidak lain adalah agar engga terlalu kebanyakan. Bayangin aja, pas sesi sebelumnya sudah baca panjang banget sampai dapat poin keempatnya, tentunya akan terasa booring banget kan. Terus sekarang mau dilebihin lagi banyak, semua kemungkinan akan mengeluh deh. Lebih parahnya lagi, ada yg langsung malah membacanya ataupun tutup tab browser. Heheheeee jangan lah, masa calon mahasiswa kampus ikatan dinas terbaik pikirannya hanya cuma segitu aja. Susunan ketiganya adalah seperti berikut:

  1. Pembahasan soal matematika STAN berbentuk video

Diketahui dari soal STAN: 4y- 9x =38, -2x+ 7y =39. Untuk mencari nilai dari -7x- 3y, bila melihat pertanyaan tersebut, barangkali kalian berpikit bahwa langkahnya dengan mencari nilai dari variabel x dan variabel y terlebih dahulu dengan metode eliminasi atau substitusi. Akan tetapi, jika elu semua jeli dengan persamaan yang diberikan dan nilai dari pertanyaan yang harus dicari, maka kadangkala bisa diselesaikan dengan ringkas. Penyelesaian dengan ringkas tanpa melalui kedua metode itu. Coba persamaan pertama di balik dahulukan variabel X- nya, jadinya -9x +4y = 38 lalu dikurangi dengan bentuk keduanya, pasti akan dihasilkan seperti yg ditanyakan yaitu -7x -3y= -1.

Sebelum mencoba menjawab soal nomor 2, alangkah baiknya mengingat kembali rumus berkaitan dengan pengubahan bentuk akar menjadi eksponen. Ingat untuk bentuk akarnya, pangkat dari akarnya menjadi pembilang serta yang di dalamnya berubah menjadi penyebut. a= 62.5/100 x 32 = 62.5/25 x8= 2.5x 8 =20. b= angkat pangkat tiga dari enam puluh empat sama dengan 4. Lalu tinggal dicari deh sesuai apa yang ditanyakan pada soalnya c= b kuadrat+ 2ab tambah lima a. kalo dihitung akan didapatkan = 16+ 160+ 100= 276.

Pada operasi perhitungan aljabar, dahulukan pangkat atau penarikan akar, urutan kedua perkalian ato pembagian setelah itu paling akhir adalah penjumlaha/ pengurangan. Akan tetapi bila ada tanda kurung didahulukan di dalamnya. 0,1125: 0,45+ 0,2275: 0,65. Cara paling mudah untuk menyelesaikannya adalah dgn mengubah ke dalam bentuk pecahan: (1125/ 10000x 100/45) + (2275/10000 x100/65) = 25/100+ 35/100 =60/100 =0,60. Coba bandingkan andaikan dihitung menggunakan decimal pastinya sulit kan?

Pembahasan nomor 3 soal STAN matematika bahan video tipe 1. 0,875: 0,25 + 0,44: 2,75. Sama dengan soal sebelumnya. Supaya lebih gampang, udah dulu ke bentuk pecahannya. Nanti akan terlihat seperti ini: (875/1000: 25/100) + (44/100 :275/100)= (875/1000 x100/25) + (44/100x 100/275)= (35/10) + (4/25) = (350+ 16)/100 =366/100= 3,66. Bila elu perhatikan, terlihat lebih panjang dibandingkan sama yg sebelumnya. Memang iya karena terdahulunya loncat beberapa langkah.

Nah khusus nomor ini, kamu harus bisa memahami operasi kesamaan dua pecahan. a/b = c/d, so ntar tinggal dikali silang akan diperoleh ad= bc. 3a+ 8b =7/3. Tiganya dikali ke ruas kiri jadinya 3(3a+ 8b)= 7, 9a+ 24b =7. Sehingga {a+ (24b+ 56)/9} b = (9a+ 24b +56)/9x 8 = (7+56)/9 xb= 63b/9 =7b.  Maka persentase {a+ (24b+ 56)/9}b terhadap 16b adalah: 7b/16b x100%= 43,75 persen. a/b + c/d= 16 bila disamakan penyebutnya dengan cara kali silang akan diperoleh (ad+ bc)/ bd= 16, makanya ad+ bc= 16bd (i) (ii), a/c+ b/d= 36, soo(  ad+ bc ) /cd =36. Kalau dikali silang kirinya tanpa penyebut sedangkan kanannya 36cd. Bila persamaan (i) dan (ii) digabungkan, 16bd= 36 cd, 16/36 –cd/bd, 4/9= c/b.

Yang ini mah materinya pertidaksamaan. Tapi semuanya pernah belajar kan waktu SMA kelas 10.0<x<5 dan -4<y<5 Jika kita data setiap anggota nilai dari x dan y, kemudian kita kalikan untuk mendapatkan nilai xy, maka: nilai tertinggi xy mendekati dan kurangdari 5×5=25. Hal ini karena nilai dariy < 5. Nilai terendah xy = 5 x (-4)= -20. Batas nilainya: -20  x ≤ 25 Jadi, nilai yang tidak termasuk xy adalah 25.

2. Video Pembahasan Soal STAN Matematika tipe 2

Pindah juga deh ke tipe kedua dari soal STAN dan pembahasannya. a kuadrat dikurang b kuatrat sama dengan penjumlahan dikali dengan pengurangannya. (tujuh belas kuadrat kurang 13^2)/ lima kalo dua puluh empat= (17+ 13) (17 -13)/ 120= 30 (4)/ 120= 120/120= 1. Makanya (17^2- 13^2)/ 5×24 -16,67%- 0,67= 1- enam belas koma 67 persen minum 0,67= 100/100- 16,67/100- 67/100. 16,34/100= 0,1634 ≈ 0,167.

Karena x cm, 42 cm, dan 15 cm merupakan sisi-sisi segitiga siku-siku maka dapat diasumsikan menurut teorema phytagoras, yaitu: kemungkinan I: x cm merupakan sisi terpanjang yang terletak pada sisi miringnya sehingga pasti x > 42 cm. Alternatif II: jika 42 cm merupakan sisi terpanjang yang terletak pada sisi miringnya sehingga x^2= √ (42^2- 15^2)= √(1764- 225)= √ 1539 ≈39, ….. cm. Sedangkan y adalah sebuah rusuk dari sebuah kubus dengan luas permukaan 726 cm2, maka: 726= 6x S^2, S^2= 726/6, S= √121= 11 cm. Dari kedua kemungkinan nilai x tersebut, dapat disimpulkan bahwa x > y.

Pembahasan soal STAN matematika tipe 2 nomor 47. Diketahui x= 1234x 1232- 1233^2 +1, y= 300^2- 301x 299. Maka kita teliti kembali rumus dasar yang telah diberikan sebelumnya: x= 1234x 1232- 1233pangkat 2 tambah 1= {(1233+1) (1233-1)}- 1233^2+ 1= (1233^2- 1^2)- 1233^2 +1 = 0. y= 300^2- 301x 299 = 300pangkat dua dikurang buka kurung karawang (300+1) (300-1)}. Nah itu andaikan dihitung akan diperoleh hasilnya satu. Nah jadi bisa disimpulkan bahwa x < y.

(3x+ 2y)/ (4x- y)= 5/3, 9x+ 6y = 20x- 5y, 9x- 20x= -5y- 6y, -11x= -11y, x = y.  xkuadrat kurangi sembilan eks ditambah 12,25 lebih dari nol. Dengan menjadikan pembuat nol terlebih dahuku, maka: x^2- 9x+ 12,25 >0. Dengan membuat sama dengan nol terlebih dahulu lalu dihitung dengan rumuh ABC: x1,2 = (-b ± √(bkuadrat- 4ac)/2a= (-(9)) ± √(-9)^2- 4×1 x(12,25))/ 2(1) = ( 9± √ (81-49))/2= (9± √32)/2= (9± 4√2)/ 2. Sehingga x ≈ (9+ 4(1,4))/2 ≈7,3. x2 ≈(9- 4(1,4))= 1,7. Sedangkan dari (5y+ 3)/ (y-1) ≤2, dengan mencari pembuat nolnya terlebih dahulu maka:  pertaksamaan tersebut sama dgn 2, bila diutak atik y= -5/3.

  1. Video Soal PKN STAN Matematika dan Pembahasan tiga

Syukur Alhamdulillah sampai juga pada bagian terakhir dari bagian matematikanya. Tapi belum bisa lega sih karena masih ada sesi terkahirnya. Tapi engga apa apalah, setidaknya ada kemajuan bila dibandingkan masih pada bagian sebelumnya. So bisa terlihat ada hasilnya sehingga ada perasaan senang. Artinya apa yang telah diusahakan telah membuahkan hasil nyata. Nah lanjutkan menikmati pembahasan soal STAN berbentuk video untuk matematika.

Daerah penyelesaian untuk x dan y dalam garis bilangan: sehingga, x dan y memiliki dua daerah penyelesaian yang berbeda, dimana ada kalanya nilai x > y,x =y, atau x < y. Jadi, hubungan antara x dan y tidak ditentukan. Diketahui: 5 buah pulpen dan 3 buah lem berharga Rp 34.200,00 3 buah lem dan 2 buah pulpen berharga Rp21.600,00. Misal, harga sebuah bulpen = x harga sebuah lem = y. Sehingga, kita dapat membentuk menjadi sistem persamaan linier sebagai berikut 5x + 3y =34200 (1), 2x+3y =21600 (2). Keduanya dikurangi agar variabel y nya hilang. 3x =1260, artinya x sm dgn 4200. Untuk memperoleh nilai y, kita bisa mendapatkan dengan metode substitusi , 2x+ 3y= 21600, 2 (4200) +3y= 21600, 8400+ 3y= 21600, 3y= 21600- 8400= 13200, sehingga y =4400. So disimpulkan bahwa x < y.

Diketahui suatu kelas terdiri dari 42 siswa. Sepertiga dari seluruh siswa suka berenang, satu per enam belas sukanya renang dan sepakbola sekaligus, serta delapan belas diantaranya tak menyukai satupun dari keduanya. Soal STAN yang ini berkaitan dengan peluang kejadian majemuk. n(AUB) = n(A) +n(B) –n(AUB). 1/3x 42 orang= 14 orang. Yang suka keduanya= 1/6 x42orang= 7 orang.Kkarena yang suka berenang ada 14 orang, maka Yang suka berenang saja ada 14 -7 = 7 orang. Seperti menggunakan analisa diagram venn. Nah bagaimana kalau menggunakan rumus?. Tidak disarankan untuk menggunakan rumus karena pasti harus diingat sehigga cukup memberatkan.

  1. Pembahasan soal Bahasa Inggris STAN yang dibahas dalam video

Alhamdulillah akhirnya sampai juga deh pada sesi terakhir yaitu video soa dan pembahasan bahasa inggris STAN. Bila dilihat dari kata katanya saja tentu semuanya akan mengetahui bahwa setiap pertanyaannya pasti menggunakan bahasa asing yg digunakan secara luas oleh berbagai negeri. Meskipun alat komunikasi dari negara lain, namun abang yakin elu sudah pernah malahan sering. Bahkan bisa jadi sangat gemar serta fasih menggunakannya.

Nah berhubung sekarang kamu mau ikut seleksi masuk STAN, tentu harus melewati satu bagian tesnya yakni tes bahasa inggris atau kering disingkat dengan TBI. Pada dasarnya TBI USM sekolah ikatan dinas ini engga sulit bila memahami materi dengan baik, atau setidaknya mendengarkan penjelasan guru waktu SMA dulu.

Ya iyalah kak, semua orang jg kalau menguasai materi pasti bisa mengerjakan dengan baik. Hehehehehe sebenarnya maksudnya kakak untuk menyinggung serta memotivasi kalian loh. Kalau merasa dulunya engga serius belajar bahasa inggris, nah sekarang harus lebih tekun dan serius agar jalan menuju kelulusan masuk STAN terbuka lebar. Jangan dulunya terlalu banyak main main sekarang pun engga serius. Itu sama aja menunggu bintang jatuh dari langit.

Seperti biasanya, dengan tujuan untuk memudahkan membaca serta mempelajari pembahasan soal bahasa inggris STAN maka akan dikategorikan ke dalam empat chapter. Setiap chapternya akan diberikan tampilan soal serta penjelasan jawabannya secara detail. So elu bisa melihat bunyi soalnya lalu tau jg cara menjawabnya. Karena keduanya pasti memiliki korelasi kuat satu sama lainnya. Ibaratkan handphone dan pulsa saling melengkapi agar bisa berguna sebagai alat komunikasi. Keempat chapter tsb terdi dari:

  1. Pembahasan soal STAN bahasa inggris structure and written expression
  2. Video pembahasan soal PKN STAN Bahasa Inggris Error Recognition
  3. Video soal STAN Bahasa Inggris reading comprehension

Nah ketiga chapter di atas akan mengakhiri pertualangan jariku mengetik sebanyak kata dalam artikel ini. Tentunya capek, tapi rasa senang juga ada karena bisa selesai juga dan akhirnya bisa elu nikmati pembahasan soal STAN berbentuk video ini. Memang terlihat agak berbeda andai dibandingkan dgn jenis lainnya seperti TPA dan matematika menggunakan bagian, tapi yg ini chapter.

  1. Pembahasan soal STAN bahasa inggris structure an written expression

Pertanyaan tentang structure and written expression akan menjadi sesi pertama untuk soal bahasa inggris STAN setiap tahunnya. Inti dari chapter pertama ini adalah menguji skil serta pemahaman struktur secara tepat dan benar. Soalnya sekitar tiga puluh nomor. Karena dilihat lumayan banyak makanya dibagi lagi menjadi 3 kelompok yang terdiri dari 10 pertanyaan secara beraturan:

  1. Pembahasan soal bahasa inggris STAN no 1 sampai 10
  2. Video pembahasan soal PKN STAN nomor 11-20
  3. Soal Bahasa Inggris STAN no 21-30 serta video pembahasan

Pengelompokan seperti di atas agar kamu enak mempelajari pembahasan structure and written expression soal bahasa inggris STAN. Kalau dituliskan secara sekaligus di sini jawaban tentu akan jenuh amat deh lu bacanya kan? Nah beginilah saya bisa memahami pembaca setia blogku. Karena selain hanya menyuguhkan, seorang blogger juga harus tau bagaimana melayani pembacanya hehehee.

  1. Pembahasan soal bahasa inggris STAN nomor 1 sampai 10

Sebelum menjawab soa STAN bahasa inggris nomor 1, sebaiknya ingat terlebih dahulu konsep penggunaan auxiliary. S + V + O, and EITHER + (Do/ does/ to be/ model) + person. S+ V+ O, and so + (do/ does/ to be/ modal)+ person. Jika: 1) present simple: use’do/does’. 2) present simpel with ‘be’: gunakan am/ is/ are. 3) Present continuous: am/is/ are. 4) Past simple: did.

Soal ini berkaitan dengan So, either yang bermakna “juga” Kalimat dalam soal berpola present tense, sehingga auxiliary verbyang dipakai adalah do/ does. Karena dalam pilihan subjek keduanya orang ketiga tunggal (lta), maka dipilih auxverb does. Sesuai dengan kaidahnya, maka kalimat lanjutannya adalah “lra barely sleeps before midnight, and either does Ita.

Masih ingat kan masalah singular and plural nouns. Simple present: S (they, we, I, you) + V+ o. S (he, she, it)+ V (-s/ -es) + O. Kalimat dalam soal ini berpola simple present dan present fufure. Pada anak kalimat “as soon as the midfielder……,.” memiliki subjek orang ketiga tunggal yaitu midfielder. Maka, perlu penambahan akhiran -S pada kata kerjanya. Pada pilihan, kata kerja “pass”diberi akhiran -es.

Soal ini berkaitan dengan Relative Pronoun Omission atau penghilangan relative pronoun. Ada beberapa syarat untuk melakukan orntsslon pada kalimat yang mengandung relative pronoun (who, whom, which, whose). Pada kasus soal ini, berlaku juga penghilangan tersebut. Kalimat pada soal sesungguhnya adalah “the artificial flower which was made from paper was sold in market.” Frasa which was dapat dihilangkan berdasarkan kaidah omission.

Melihat dari kalimatnya, soal nomor ini berkaitan dengan materi Verb Pattern. Ada beberapa kata kerja (verb)tertentu dalam bahasa inggris yang diikuti dengan Verb lainnya. Verb yang mengikutinya dapat berupa V-ing atau to infinitive (verb 1). Di dalam soal, terdapat kala avoid, dimana kata ini akan diikuti bentuk ing (-ing form).

Berdasarkan konteks kalimat, penutur Y member saran atau suggestion. Kata yang tepat untuk memberikan saran adalah should yang bermakna “seharusnya”.

Soal berikut berkaitan dengan konsep Subjunctive. Subjunctive seringkali dipakai dalam tulisan formal. Pola susunan kalimat yang mengandung subjunctive adalah subjunctive+ that+ bare verb/ bare to be. Contoh kata kerja subjunctive: beg,advise, request, ask, decide, decree, dictate, petition,insist, intend, desire, move, order, propose, recommend, require, resolve, suggest, urge, and vote. Di dalam, soal, pilihan jawaban yang berbentuk bare verb/ infinltlve adalah hand in.

Soal ini berkaitan dengan materi appositive yaitu sebuah noun, noun phrase, atau noun clause yang berfungsi memberi penjelasan kepada kata yang ada di depannya. Dalam kasus ini, kata Mars membutuhkan sebuah appositive yang terletak di antara dua tanda koma sebagai penjelas. Dari pilihan jawaban yang ada, hanya pilihan C yang murni berupa noun phrase.

Dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah by myself, by ourselves, by themselves, by himself, by yourself, dan by herself. Fungsi dari kata-kata tersebut adalah untuk menekankan bahwa agent atau pelaku melakukan sendiri sebuah aktifitas. Dalam soal ini, pilihan jawaban yang sesuai adalah themselves.

Soal ini berkaitan dengan materi causative verb. Ada  macam causative verb: let, have, make, get. Semua causative diikuti dengan infinitive TANPA to. Kecuali causative get. Pada soal, jenis causative verb yang ada adalah made (bentuk lampau dari make) maka akan diikuti akan infinitive (verb 1) yaitu bring.

2. Video Pembahasan Soal PKN STAN Bahasa Inggris nomor 11-20

Barusan di atas sudah lihat soal PKN STAN bahasa inggris 1 sampai 10. Kata turn pada soal akan diikuti oleh adjective (kata sifat), bukan adverb (kata keterangan) atau verb (kata kerja). Kata sifat yang ada pada pilihan adalah cold. Soal ini berkaitan dengan materi noun phrase dengan adjective sebagai modifier. Dalam soal ini kata freshly (baru saja) yang sudah diikuti dengan noun (orange) akan tepat jika diawali dengan kata squeezed (pasif). Sehingga noun phrase squeezed orange bermakna “jeruk (yang di) perasi” Jika yang ditambahkan adalah kata squeezing yang merupakan golongan adjective (aktif), maka artinya akan menjadi “jeruk yang memeras”

Pembahasan soal ini berkaitan dengan materi so that. Hal ini dapat diketahui dengan mudah pola seperti ini. Makna dari so…. that… adalah “sangat” … sehingga… Tenses kalimat yang mengikuti so… that… menyesuaikan kalimat sebelumnya. Karena kalimat sebelum so that adalah present, maka kalimat yang mengikutinya juga dalam bentuk present. Oleh sebab itu kalimat pada soal seharusnya menjadi “she has so many books that she needs more room to keep them”.

Soal ini berkaitan dengan materi gerund. Gerund adalah kata kerja (Verb/ verb+ be) yang dibendakan (diubah menjadi noun) dengan cara menambahkan akhiran -ing. Karena gerund ini merupakan kata benda (noun), maka fungsinya juga dapat menjadi subjek ataupun objek sekaligus. Dalam kasus ini, kata kerja be perlu dibendakan sehingga menjadi being dan diikuti adjective. Seperti sifatnya, be hanya bisa diikuti oleh Verb-ing, adiective, adverb,atau past participle.

Pada konteks soal, kata decides akan diikuti to infinitive dan bukan merupakan subjunctive. Jawaban yang tepat berdasarkan pilihan adalah to confess. Soal ini berkaitan dengan materi conditional Sentence type 2. Penentuan jenis atau tipe berdasarkan kata kerja yang digunakan pada if clause dan juga main clause. Dalam soal Ini, if clause menggunakan past tense (if you were not..). Maka, kalimatnya menggunakan pola conditional sentence tipe 2. Pilihan yang memenuhi kaidah conditional sentence tipe 2 adalah would get.

Pada soal ini berkaitan dengan materi past tense. Sedangkan kata penghubung while (ketika) menunjukan bahwa kalimat itu sedang menceritakan masa lampau. Bila merujuk konteks tersebut verb yang memungkinkan adalah visited. Pada kalimat soal ini mengandung hubungan sebab akibat. Kata hubung sebab akibat antara lain as,t for, because, because of. Dari kutipan kalimat “…..the global economy crisis” merupakan noun phrase. Maka perlu kata penghubung yang diikuti dengan noun phrase. Pilihan yang memungkinkan adalah because of yang akan diikuti noun atau noun phrase.

3. Soal Bahasa Inggris STAN no 21-30 serta video pembahasan

Bagian terakhir tipe structure dan written expression soal STAN bahasa inggris nomor 21-30. Sekali lagi ane ingatin bahwa semuanya telah dibahas dalam bentuk video di web kafepelajar. Soal ini berhubungan dengan materi past perfect fense. Hal ini diketahui dari tense kalimat setelah kata hubung by the time (anak kalimat). Anak kalimat untuk pasf perfect memiliki tense dalam bentuk pasif. Perhatikan anak kalimat “by the time their parents go to home…..”. Hanya pilihan D yang memenuhi kaidah pola kalimat past perfect.

Soal ini menguji kita tentang topic conditional sentence type 3 (inverted). Maksud dari inverted di sini berarti verb muncul sebelum subject. Hal ini dapat dilakukan dengan menghilangkan kata “if” dan menukar posisi subiect dan auxiliary verb. Kalimat soal pada kondisi normal akan menjadi “if she had overcome her syness, she would have become a great teacher.” Karena dalam pilihan jawaban menghendaki inverted, maka kalimatnya menjadi “ had she overcome her syness, she would have become a great teacher”.

Soal ini berkaitan dengan present perfect dan future. Frasa by the tirne dengan diikuti V, mengisaratkan bahwa aktifitas yang terjadi adalah di masa depan atau future. Untuk jenis future sendiri ada beberapa macam. Dalam kasus ini akan logis jika bentuk future nya adalah present future perfect sehingga kalimatnya menjadi “by the time you get back, we have taken of everything,” Maksud dari kalimat tersebut adalah “Pada saat kamu kembali, kami telah mengurus segala sesuatunya”.

Soal ini berkaitan dengan materi Question Tag. Question tag berfungsi untuk menjaga pembicaraan tetap berjalan. Dalam question tag, ada dua bagian kalimat yaitu statement dan question tag itu sendiri. Bila statement-nya positif maka question tag nya negatif dan sebaliknya. Dalam kasus soal nomor ini, statement nya adalah negative karena mengandung kata nothing. Maka dari itu, question tag nya akan berbentuk positiif.

Kalimat soal ini berkaitan dengan simple present dan present continuous jika dilihat dari anak kalimat “since there dre many…” dan adverb “now”. Adverb now pergunakan untuk pola kalimat present continuous. Maka frase yang tepat untuk mengisi kekosongan adalah “is calling”.

Untuk soal STAN bahasa inggris nomor yang ini merupakan konsep degree comparison yang berfungsi untuk membandingkan satu hal dengan perkara lainnya. Dalam degree comparison, berlaku pola; to be + adjective-er + than atau to be + more + adiective + than, Untuk kata sifat far kita menggunakan -er dengan sedikit perubahan bentuk kata yaitu farther. Sehingga kalimatnya menjadi “….. is farther than ….”.

Soal nomor ini berkaitan dengan materi Noun Agreement. Pada soal, penggalan kalimat “with…., affection, and kindness.” Menunjukan bahwa bagian kosong akan tepat jika diisi dengan noun alau kata benda. Pada pilihan jawaban, yang berbentuk noun adalah patience. Soal ini berkaitan dengan Possessive pronoun. Subjek dari kalimat soal adalah orang ketiga jamak salesmen. Maka, possesive pronoun yang tepat adalah their.

Soal ini berkaitan dengan materi passive voice. Subjek dari kalimat soal adalah recent progress report sehingga dalam konteks kalimat soal tidak akan berbentuk aktif. Kalimat soal itu menjadi “The recent Drooress reoort will be submitted to the branch manager.”

  1. Video pembahasan soal PKN STAN Bahasa Inggris Error Recognition

Pembahasan soal PKN STAN Bahasa Inggris chapter dua adalah error recognition bernetuk video mudah dipahami oleh siapa saja termasuk bagi pemula sebelumnya kurang memahaminya. Nanti diminta untuk menentukan letak kesalahan kalimatnya berdasarkan kaidah serta aturan yang benar.

Pada kalimat ini yang salah adalah pada bagian C. Di awal kalimat sudah terdapat kata rather jadi tidak perlu lagi ditambahkan dengan better. Untuk soal ini, bagian yang salah adalah bagian C. Pada bagian pilihan ke-C seharusnya as delicious asyang bermakna sama enaknya seperti.

Pada soal ini berkaitan dengan part of speec atau word class. Bagian yang salah adalah kata centrally yang seharusnya central. Maka frasa yang benar adalah central government yang bermakna Pemerintahan pusat. Kata yang salah pada bagian ini adalah kata alike yang seharusnya like yang berarti “seperti”.

Kesalahan soal ini terletak pada kata employers. Dalam konteks kalimat, butik yang baru dibangun itu membutuhkan 10 pekerja (employees) bukan employers (boss). Pada soal ini berkaitan dengan part of speec atau word class. Bagian yang salah adalah kala officially yang seharusnya official. Maka frasa yang benar adalah official reason yang bermakna “alasan resmi’.

Kesalahan pada nomor ini adalah pada artikel a. seharusnya tanpa artikel tersebut tetapi diganti dengan tanda koma karena ini masuk materi appositive yang berfungsi untuk menerangkan kata di depannya. Kalimat tersebut berubah menjadi: Jakarta, the capital city of lndonesia, is the most populous city in south east Asia. Kata yang perlu diganti dalam kalimat soal ini adalah kata wrong. Kata ini seharusnya wrongfully convicted yang bermakna salah hukum.

Kesalahan pada nomor ini adalah pada kata as well as. Frasa ini seharus diganti dengan and karena di awal kalimat sudah menggunakan both. Kesalahan kata pada nomor ini adalah pada kata will. Kata will seharusnya berada di belakang kata the bus karena ini bukan merupakan kalimat tanya melainkan kalimat pernyataan.

  1. Video soal STAN Bahasa Inggris reading comprehension

Pas nyampe ke tahap ini paling senang banget. Karena video soal STAN Bahasa Inggris sesi reading comprehension merupakan penutup artikel yang super panjang ini. Rasa lega dalam hati tak terbendung. Niat untuk menbantu akhirnya kesampaian juga hehehe. Syukur ya sudah susah payah mengetik, atas ijin Allah bisa adek adik nikmati juga.

Video Pembahasan Soal Bahasa Inggris STAN Bacaan 1

Mulai dulu dengan video soal STAN bahasa inggris bacaan 1 dan pembahasan. Kata their pada kalimat “fish, squid, and shrimp make their diet up” mengacu pada kelompok Narwhal jika dilihat dari dua kalimat yang mendahuluinya. Ide utama dari paragraf pertama adalah ciri-ciri dari Narwhal. Pada paragraf tersebut disebutkan ciri-ciri fisik berupa panjang tubuh, warna, gigi, dll. Pilihan yang sesuai dengan ini adalah A, the nature of Narwhal.

Kata segregate berarti memisahkan. Kata tersebut bersinonim dengan kala separate. Berdasarkan kalimat pertama paragraf awalnya, disebutkan bahwa “Narwhal…. Occurring “only” in deep waters of the “high” arctic.” Berdasarkan kalimat tersebut, diperoleh informasi bahwa Narwhal tidak hidup di semua bagian Arctic melainkan hanya di tempat tertentu. Pilihan C yang menyebutkan bahwa Narwhal hidup di (semua) Arctic adalah bertentangan dengan kalimat ini.

Yang membuat gading (tusk) dari Narwhal berharga adalah medical effect. Hal tersebut didapat dari kalimat “the tusk is used as on ornament, both whole and carved, and is sometimes ground into a powder for reputed medicinal purposes.” Hanya pilihan A yang sesuai dengan kalimat tersebut.

Pembeda antara Narwhal jantan dan betina adalah pada gading mereka. Gading pejantan seringkali patah atau rusak sebagian. Hal ini disebabkan karena seringnya mereka berkelahi satu sama lain demi mendapatkan Narwhal betina. Informasi ini didapatkan dari paragraf 5, mulai dari kalimat “the social system of Narwhal…… tusks common.”

Dapat disimpulkan dari teks bacaan bahwa populasi Narwhal dipengaruhi oleh manusia (human). Hal ini dikarenakan manusia sering memburu Narwhal dengan tujuan atau alasan yang bermacam-macam. Hal ini terlihat pada paragraf terakhir bacaan tersebut.

Pembahasan Soal STAN Bahasan Inggris Bacaan 2

Kata their pada kalimat “…prove the teens were murdered when their bodies were never found”. Kalimat tersebut termasuk kalimat majemuk dengan penghubung when. Ketika pertanyaan reference terdapat pada kalimat majemuk, maka jawaban dapat diambil dari penggalan kalimat lainnya, biasanya pada induk kalimatnya. Dalam hal ini, kata their mengacu kata teens yang terletak pada induk kalimat.

Nomor 2 Bahasan Inggris Soal STAN. Pada paragraf pertama diceritakan bahwa mereka telah menyelesaikan kasus pembunuhan terlama di negara. tersebut. Dari paragraf tersebut dapat disimpulkan jika sebuah kasus dapat terselesaikan/ terpecahkan, menandakan bahwa mereka telah memiliki bukti yang cukup. Pilihan jawabannya: bahwa prosecutors (jaksa) telah memiliki bukti yang cukup.

Berdasarkan paragraf kedua, dengan ditekankan pada kalimal”the absence of the key piece of evidence-the corpse-…” memberitakan bahwa jenazah atau mayat menjadi bagian penting dari bukti. Kata obliterated berarti dilenyapkan atau dihilangkan. Maka, kata tersebut akan bersinonim dengan kata eliminated.

Berdasarkan kalimat pertama paragraf pertama “…. One of the longest murder cases..” dapat disimpulkan bahwa kasus New Jersey bukanlah satu-satunya kasus yang terpanjang seperti yang dinyatakan pada pilihan jawaban A, melainkan hanya salah satu. Berdasarkan paragraf kedua, dengan ditekankan pada kalimal”the absence of the key piece of evidence-the corpse-…” memberitakan bahwa jenazah atau mayat menjadi bagian penting dari bukti.

Pembahasan Soal STAN Bahasa Inggris Bacaan Tiga

Kali ini mah benaran ujungnya banget yakni pembahasan soal STAN bahasa inggris bacaan tiga. Kondisi yang mengindikasikan adanya pembesaran prostat terdapat pada paragraf kedua kalimat terakhir. Dalam pilihan jawaban, yang tidak termasuk dalam daftar tersebut adalah terminal dribbling.

Kata it pada kalimat ini terletak pada kalimat majemuk sehingga artinya dapat dicari di penggalan kalimat sebelumnya. Kata it mengacu pada kata benda tunggal. Menerangkan kata benda tunggal yang ada di depannya yaitu Enlarge Prostate atau prostat yang membesar. Hal ini juga dapat disebut sebagai pembesaran prostat atau “prostate enlargement”.

Dari teks tersebut hal yang dapat kita simpulkan adalah bahwa prostat menempel pada uretra. Hal tersebut diperoleh dari kalimat “the gland wraps snuggly around the urethra,…”. Kelenjar (prostat) membungkus dengan ketat/ kencang di sekitar uretra). Sedangkan pilihan A, itu tidak benar karena prostat tidak memproduksi semen tetapi hanya memproduksi cairan untuk semen. Kata snuggly pada paragraf 2 bermakna dengan sempit. Kata yang sepadan dengan kata snuggly adalah tightly.

Pada paragraf ke 4 kalimat terakhir terdapat alasan kenapa prostate secara perlahan membesar sesuai dengan usia laki-laki. “as men age the male sex hormone dihydrotestoterone (DAT) starts to build up prostate, which cause the prostate to slowly enlarge.” Alasan pada kalimat tersebut sesuai dengan pilihan jawaban A.

Ide utama dari paragraf pertama adalah tentang usia yang menyebabkan pembesaran prostat. Hal tersebut dapat disimpulkan dari kalimat “Overall the number of men with BPH increases progressively with age”. Laki-laki membutuhkan pembedahan atau operasi prostate adalah ketika gejala pembesaran prostat yang parah (severe symptoms). Hal tersebut didapatkan pada kalimat terakhir teks bacaan tersebut “severe symptoms that are associated with a very large prostate may require surgery”.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: Herniawan.com

Pembahasan soal STAN berisi video pembahasan lengkap yang mudah dipelajari dan membantu calon peserta tes STAN agar mudah mengerjakan soal saat Tes USM STAN. Untuk mendapatkan pembahasan lengkap kunjungi www.KafePelajar.com