Pembahasan Soal STAN Lengkap Semua Tahun

iklan kape

Kali ini saya akan mencoba memberikan pembahasan soal STAN lengkap semua tahun. Apakah dimulai sejak perguruan tinggi tersebut dibangun? Tentu saja tidak. Maksudnya adalah semua dari tahun 2009 sampai sekarang. Bila dibahas semua mah panjang banget atuh malahan jempol ane bengkak ngetiknya. Kalian juga pastinya bosan dong kalo membacanya. So kakak hanya menyuguhkan beberapa periode saja. Oh ya untuk dapatin pembahasannya kalian harus terus membaca artikel ini samapi selesai ya.

pembahasan soal stan lengkap

Oke seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa pembahasan soal STAN hanya dari tahun dua ribu Sembilan hingga kemarin (yg terbaru tiap tahunnya). Ane akan menyuguhkannya secara jelas serta bentuknya  beda. Lah emang seperti apa sih bentuknya sehingga  dikatakan unik (beda)? Iya formatnya saja dalam bentuk multi media pendidikan yaitu video interaktif. Memangnya bagus ya? Begini deh, sy tanya sama kamu, kalau kalian menonton film detective Conan mana yang menyenangkan bila dibandingkan dengan membaca komiknya. Ya tentu nonton lebih enaklah mas bro. Kalo baca kan harus dilihat secar jeli sambil dipahamin apa masudnya. Bila dibandingkan dengan nonton, selain ada tampilan visualnya, ada juga suara audionya.

Nah seperti itulah analog perbandingan video interaktif STAN dengan pembahasan biasa yang kalian dapatin di buku-buku yang beredar di toko buku. Kalau baca dari buku teks pembahasan soal USM STAN pasti kalian perlu mikir apa maksud dari penyelesaiannya. Belum lagi ketidak jelasan proses pengerjaannya. Atau malah penulisnya juga asal nulis aja yang membuat kalian makin bingung deh. Coba kalau video pembahasan soalnya, kalian tinggal duduk cantik sambil dengarin bagaimana trik menjawab soalnya. Lah kalau yang cowok tentu duduk ganteng dong hehe. Melalu video interkatif tersebut adik adiik sekalian tinggal menonton cara pengerjaannya disertai dengan suara penjelasan sang pembahasnya.

Masalah kompetensi pembahas dalam video tersebut tak perlu kalian ragukan. Insya Allah pengalaman mengajar sudah cukup banyak. Sudah baanyak membuat video pembahasan soal STAN yang telah banyak pelanggannya. Nah tinggal kalian tentukan, apakah ingin belajar lewat buku atau menggunakan multimedia seperti video yang baru ana ceritakan barusan? Yakin banget deh bahwa semua pembaca akan memilih media pembelajaran yang praktis. Jaman sekarang masa mau sulit dan menyusahkan diri sih, yang ada menyiksa lebihnya lagi gak ada hasil alias nol besar.

Video Pembahasan Soal STAN Semua Tahun

Nah setelah semuanya sepakat ingin belajar menggunakan video multimedia interaktif untuk persiapan menghadapi  tes USM STAN nanti. Kalau begitu tugas kakak deh memberikan tampilan videonya. Semua tahun dari 2009 hingga yang soal tes periode terakhir dapat kalian nikmati dengan mudah. Cara pengerjaannya dilakukan tahap per tahaap sehingga membantu adik semua menjadi lebih mengerti lebih dalam. Nah berikut ini abang berikan contoh cuplikan tampilan videonya.

Setelah melihat cuplikannya tersebut, tentu dalam hatinya diantara kalian bertanya tanya mana nih bagian lainnya. Sebenarnya artikel ini ditulis dengan tujuan promosi dek. Jadi yang dikasi lihat hanya demonya. Secara utuh bias didapatkan dengan menjadi member KafePelajar.com. Kenapa harus dibuat demo (versi contoh)? Agar kalian bisa melihat langsung bagaimana kualitasnya. Tentu kita semua tidak ingin seperti membeli tikus dalam ember. Oh walah ungkapan dari mana lagi tuh, setau aku sih bukan tikus tapi kucing, lagipula bukan ember tpi karung yang benar heheheeeh. Iya tahu namanya juga menguji kok.

Bila kalian belum puas juga dengan contoh tampilan di atas, dibawah ini akan ditampilin juga beberapa contoh tiap taun dari 2009. Ya sesuai dengan judulnya semua tahun. Namun tiap periodenya hanya disuguhin masing masing satu atau dua contohnya saja agar semuanya terwakili. Kakaa akan munculkan satu persatu secara jelas. Tiap contohnya kaka mulai dulu dengan soalnya terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan pembahasan dalam bentuk video interaktif simple dan mudah dipahami oleh siapa saja tanpa dipengaruhi oleh kemampuan serta prestasinya semasih waktu duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Seluruh periode waktu seleksinya dikasi lihat meskipun hanya saatu soalnya tiap tahunnya.

Pembahasan Soal STAN 2015 Lengkap

Bagian pertama kaka akan coba membahas tahun 2015 terlebih dahulu? Kenapa harus 2015 dulu? Karena itulah soal terbaru saat artikel ini ditulis pada penghujung Februari 2016. Bila ada yang lebih baru nanti akan diupdate terus sampai kalian menemukannya selalu update di halaman postingan ini. Pemuktahirannya selalu ditulis bagian paling awal. Seperti sekarang ini, tahun 2015 duluan, baru 2014, diikuti 2013, lalu 2011 dan begitu seterusnya sampai ada paling terkahir serta paling awal 2009. Nah berikut ini kaka berikan tampilan soal tes STAN 2015 yang dilaksanakan pada tanggal 30 September. Memang waktu tersebut bisa dikatakan telat andai dibandingkan dengan kebiasaan pelaksanaan tesnya setiap bula Juni pertengahan atau paling telat awal Juli.

Baca Juga  Cara Mudah Mengerjakan Bahasa Inggris STAN

Untuk soal STAN 2015 kami berikan lima contoh soal. Adik bisa melihatnya sendiri bagaimana trik mengerjakan soal USM PKN secara praktis. Semua cara penyelesainya gampang sekali dipahami oleh alumni SMA. Intinya mah yang penting bisa perhitungan standar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian serta penguadratan dan penarikan akar. Sebelum melihat jawaban pembahasannaya, aku kasi dulu teks soalnya sebagai berikut:

Bila luas suatu persegi sama dengan 3/5 keliling sebuah persegi panjang

Rasio perbandingan antara lebar dan panjang dari persegi panjaang adalah 1: 2. Bila luas persegii paanjang adalah 200. Berapa keliling persegii?

A.16

B.18

C.24

D.30

E.60

Terdapat barisan huruf B, Y, D, T, H, P, ….., ….. (Tentukan dua huruf selanjutnya yang tepat)!

A.O,N

B.M,P

C.N,O

D.P,N

E.N,M

Diberikan barusan angka seperti 2, 5, 1, 20, 32, 47, ……. (yg paling tepat untuk titik adalah)

A.65

B.60

C.55

D.62

E.67

Pada soal berikut, angka yang paling tepat dari barisan bilangan berikut 19, 9, 10, 2, 8, 1, ……

A.5

B.3

C.-4

D.-3

E.7

Contoh soal terakhir untuk soal STAN 2015 masih berupa derat angka

123, 146, 192, 284, 368, 436, ……

A.497

B.499

C.512

D.449

E.472

Contoh Video Pembahasan Soal STAN 2015

Nah seperti itulah contoh penyelesaian soal STAN 2015. Kualitas video serta cara pengajaran tutornya kalian sudah lihat sendiri kan? Yang terlihat di atas hanya lima nomor saja yaitu soal matematika TPA dan barisan arimatika serta hurufnya saja. Bila ingin melihat semuanya secara utuh bisa kunjungi langsung situs resminya di KafePelajar.com. Kalian akan dijamin bias mengerti semua cara menjawabnya. Pada halaman oficialnya tersebut ente bisa menikmati metode belajar baru yang belum pernah kalian rasakan sebelumnya

Video Pembahasan Soal STAN 2014

Tentu jika diurutkan secara mundur, setelah 2015 pasti 2014 dong. Iya kak semua orang juga tau kok wkwkwkwkwk. Engga kok Cuma nginetin aja. Untuk 2014 waktu pelaksanaan tesnya dilakukan pada hari ahad dua puluh sembilan juni dua ribu empat belas. Secara tipe soalnya tidak terlalu banyak perbedaan dengan 2015. Seperti apa sih contoh soalnya? Yuk kita simak aja deh beberapa soal yang ane kasi berikut ini:

Jika diketahui a dan b adalah merupakan bilangan bulat positif. Jika X =  dan  Y =  +  maka dibawah ini yang benar adalah

  1. X =
  2. X < Y
  3. X > Y

     D.X = Y

  1. hubungannya tak dapat ditentukan

Andaikan humlah semua n bilangan positif genap yang pertama adalah dua tujuh duaa. Dari bilangan –bilangan genap tersebut , jumlah lima bilangan terakhir adalah …..

A.140

B.150

C.120

D.130

E.110

Nah sekaran video contoh pembahasan STAN 2014 bisa ditonton pada multimedia dibawah ini. Bisa anda lihat sendiri bagaimana trik penyelesaiannya. Sangat simpel dan berdasarkan logika praktis. Tentu ana yakin antum semua bisa juga mengerjainnya dengan cara tersebut. Kita tidak hanya terpaku pada rumus namun yang paling penting adalah nalar metode cara penyelesaiannya.

Contoh pembahasan soal STAN 2014

Nah lihat cara penyelesaian yang bentuk akar. Bila kita menggunakan rumus aljabar biasa akan lama banget. Tapi dengan trik mengambil sembarang bilangan asli yang memiliki akar bulat akan menjadi lebih simpel bukan? Nah pada videonya nanti banyak sekali trik pengerjaan soal seperti itu. Pastinya tak akan kalian temukan di buku yang beredar di toko buku. Cara menjawabnya lebih pada penekanan metode serta berpikir kreatif. Dituntun untuk menemukan problem solving sendiri. Bukan hanya mengandalain rumus dimana akan membuat kebanyakan orang untuk menghafal ataupun mengingatnya.

Pembahasan Soal STAN 2013

Kini giliran soal STAN 2013 yang akan dibahas. Secara tipenya tidak banyak terdapat perbedaan yang mencolok dengan dua tahun setelahnya. Komposisi serta jenis soalnya banyak yg mirip bahkan hampir sama secara konseptualnya. Wah enak dong ya? Tentu, makanya aku pernah nyaranin untuk mempelajari secara intensif selama lima periode ke belakang. Lebih mantap lagi hasilnya bila cara belajarnya menggunakan media yang tepat seperti video di www.KafePelajar.com yang kualitasnya sudah teruji serta banyak peminatnya. Kakak harap yang sedang membaca ini tidak ketinggalan dari mereka yang sudah menjadi pengunjung setianya.

Baca Juga  Belajar Pembahasan Soal USM STAN Dengan Video Tutorial

Banyak sekali manfaat belajar menggunakan KafePelajar.com dimana nantinya akan mendapat banyak trik dan tip cepat menjawa soal yang pernah masuk di USM termasuk pembahasan soal STAN 2013. Kerangka berpikirnya sudah terbentuk dan nanitnya kalian juga akan diasah dgn metode yang diajarkan tersebut. Harapannya nanti kalian terbiasa hadapi pertanyaan real dalam soalnya.

Tentu pembaca muda sekalian penasaran seperti apa sih pembahasan soal STAN 2013? Tenang aja bor pasti aye kasi kok. Tapi kita ngomong ngobrol lah bentar. Sebagai orang timur kita setidaknya punya budaya basa basi dong heheheeeeeh.Tapi ini penting banget loj kak mau cepat –cepat untuk persiapin diri ngikut tesnya nanti.Iya benar juga kalau memang gitu  tp jangan terlalu serius amat nanti urat syarafnya outus loh wkwkwkwkkkkw.

Baiklah karena ada desakan dari pembaca untuk dapatin pembahasan soal STAN 2013 maka ane berikan dulu beberapa contohnya yang keluar pada tahun tersebut:

Terdapat sebuah deret aritmatika kelipatan lima. Berapa rataan hitungnya dari limaa belas sampai 5 pulu?

A.27,5

B.15

C.32,5

D.30

E.35

Bila Nila berumur empat belas taon pada setahun yang lalu. Jika umur yani saat 7 tahun mendatang adalah dua puluuh dua tahun. Maka selisih umur mereka adala ……

A.1

B.2

C.0

D.-1

E.-2

Download soal dan pembahasan STAN 2011

Tiba waktunya memberikan soal dan pembahasan STAN 2011. Loh kak kok hitung muncurnya loncat? Kan sebelum 2013 itu 2012 abang!! Benar sekali adindaku saying, namun pada tahuun tersebut tidak ada penerimaan mahasiswa baru bagi kampus sekolah dinas akutansi Negara tersebut. Engak tau secara jelas penyebabnya apa, bias jadi karena pengaruh moratorium selama satu tahun pada masa pemerintahan presiden kita tercinta Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (Pak SBY). Pada waktu tersebut sempat gak dibuka tes penerimaan calon pegawai negeri sipil. Mungkin hal itulah yang mempengaruhinya.

Soal USM PKN STAN 2011 ada sedikit perbedaan andaikan dibandingin dengan tahun setelahnya. Dimanakah letak perbedaannya? Opsi atau pilihannya hanya ada empat yaitu A, B, C, dan D. sedangkan 2013 ke atas sampai E. Yang sebelum 2011 juga pilihan jawaban hanya ada empat yaitu sampai D saja. Jadi dua ribu sebelas dan sebelumnya mudah dong kaak? Bisa jadi memang mudah. Akan tetapi bukan masalah mudah tidaknya namun tingkat kompetisinya sangat ketat. Yang terpenting adalah, mampukah bersaing?

Coba bayangin saja pendaftarnya bias mencapai angka seratus ribu orang. Sedangkan yang diambil biasanya antara seribu lima ratus hingga dua ribu. Artinya yang akan diterima hanya antara satu sampai dua persen. Itu sudah mencakup semua jurusan baik program studi (prodi) D3 maupun D1 nya. Yang terpenting ketika mengikuti semua rangkaian tesnya adalah belajar sungguh –sungguh untuk dapatin hasil maksimal.

Nah untuk penampakan soal STAN 2011 serta pembahasannya ane kasi aja ya biar lebih asyik ngomongnya hehehe. Seperti di bawah inilah penampakannya:

Jika 17a -13b = 27 maka 273b – 357a = ……..

A.-297

B.-567

C.567

D.297

Dua puluh empat murid memiliki skor rata-rata ulangan IPA 6,4. Apabila tiga orang dari mereka keluar meninggalkan kelompoknya, niilai rata-rata menjadi 6,3. Berapakah nilai rataan ulangan ketiga orang murid keluar dari kelompok tersebut?

A.25,5

B.22,5

C.8,1

E.7,5

Jumlah lima bilangan asli beurutan senantiasa habis dibagi x. Nilai x terbesar adalah…….

A.5

B.4

C.3

D.2

Bagaimana dengan pembahasannya? Sebenarnya pertanyaan di atas tidaklah sulit. Mudah pake banget deh. Malahan cara menjawab ala KafePelajar.com akan membuat lebih simple. Pasti deh nanti kalian pada bilang “wooow gampang banget yah ternyata”. Seperti berikut trik penyelesaian yang super kreatif

Soal STAN 2010 dan Pembahasan

Tidak terasa sampai juga pada bagian kedua sebelum terakhir. Tapi masih ada sekali lagi heheheeeehe. Bila kita lihat soal STAN 2010 merupakan awal dari pola baru. Kenapa bias dikatakan demikian? Karena berbeda dengan yang sebelum sebelumnya, mirip sama periode setelahnya yaitu 2011 ke atas. So kalau aku saranin mau belajar yang terbaru, mulainya dari dua ribu sepuluh.

Baca Juga  Download Soal STAN 2009 -2014 Serta Pembahasan Lengkap

Agar lebih menghemat kata, langsung aja deh saya berikan tampilan soal STAN 2010. Disini diberikan 2 buah sampel soalnya. Karena tidak mungkin sy nampakin semuanya sebanyak seratus delapan puluh di sini. Setelah diberikan sooal, dilanjutin juga dengan video pembahasan. Tujuannya agar bisa langsung lihat cara menjawabnya. Seperti inilah soalnya:

Jika  -2x + 7y = 39 dan – 9x+4y = 38 maka nilai – 3y -7x = ……

A.-19

B.-29

C.1

D.-1

Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 8 orang pekerja dalam waktu x hari. Berapa jumlah pekerja yang diperlukan agar pekerjaan itu selesai dalam 14 hari?

A.x/112

B.4x/7

C.7/4x

D.112/x

Pembahasan Soal USM STAN 2009

Hah akhirnya lega sampai pada tahun penghujung sesuai dengan janjiku. Ya diawal tulisan ini, aku sudah ngasi tau akan memberikan pembahasan soal STAN sampai tahun 2009. Senangnya bukan main deh, karena namanya janji harus ditepati dong. So sebisa mungkin ane tulis artikel panjang –panjaang gini hanya untuk kalian loh. Pengen aja bantu adik semuanya agar bisa masuk kuliah kampus ikatan dinas impian.

Bila apa yang ane berikan di sini bermanfaat, tentu akan menjadi ibadah saya saat menulis postingan di blog tercintaku. Selain itu pastinya dapat pahala dong. Bisa jadi bekal untuk kehidupan kekal abadi nantinya di akhirat. Semoga bisa memberatkan timbangan sebelah kanan saya nantinya, Amiiiin ya Allah.

Berbicara soal STAN 2009, merupakan akhir dari tipe soal lama. Lebih miripnya dengan tahun-tahun sebelumnya. Jadi kalau mau untuk persiapan ikut tes bisa abaikan. Lalu kenapa kakak tulis dan masukin di sini? Sekalian juga dilengkapi dengan video pembahasannya agar tau seperti apa. Ya siapa tau kalian butuhkan untuk menambah wawasan saja. Untuk masalah tampilan dapat disimak dibawah ini:

Bila diantara angka 20 dan 116 disisipkan 11 angka. Bilangan tersebut bersama dengan dua angka semula (20,116) membentuk barisan aritmatika. Berapakah jumlah keseluruhannya?

A.884

B.952

C.816

D.880

Misalkan -102 x + 17 y = 136, maka nilai 66 x – 11 y =………

A.88

B.48

C.-48

D.-88

Bila seekor kambing mampu memakan habis rumput di suatu lapangan dalam waktu empat minggu. Sedangkan seekor sapi dapat dapat melakukan hal yang sama dalam waktu 3 minggu. Maka jika kambing dan sapi makan bareng membutuhkan ……… hari

A.24

B.18

C.20

D.12

Download Soal STAN Lengkap Semua Tahun

Setelah membagikan sampe beberapa soal STAN dan pembahasannya, mungkin diantara kalian ada yang tidak puas karena hanya sebagian kecil nomornya saja. Mungkin ingin mendapatkan secara penuh tiap tahunnya. Kalau hanya sedikit gitu mana bisa dipake buat belajar. Ya iyalah kalau mau belajar serius harus utuh dong.

Untuk masalah tersebut sangat saya pahami. Makanya dari itu, ana mau bagikan semua soalnya secara utuh. Sehingga nantinya totalitas belajarnya dapat tercapai dengan baik. Untuk soal-soalnya akan dibagikan secara gratis. Lalu gimana dengan video pembahasan soalnya, apakah diberikan semua. Oh kalau mau dapatin video pembahasan secara full bisa kunjungi situ penyedianya yaitu www.KafePelajar.com. Banyak sekali solusi penyelesaian soal di halaman situs tersebut.

Download soal STAN semua tahun dari 2009 sampai yang terbaru saya kemas satu dalam file berekstensi winrar. Nah kan tiap tahun bertambah terus, gimana dong? Ya gak masalah paling pas ada yang terbaru saya update lagi tulisan ini, simple kannn? Di dalamnya juga sudah tercakup contoh –contoh video yang sudah anda tonton di atas. Jadi kalian bisa juga melihatnya secara offline tanpa kehilangan kuota paket data internetnya. Untuk mengunduhnya bisa klik gambar di bawah ini.

Download soal STAN 2009 dan pembahasan

Download pembahasan soal USM STAN 2010

Download soal dan pembahasan usm stan 2011

Download pembahasan soal STAN 2013

Download pembahasan soal PKN STAN 2015

Demikian tulisan mengenai pembahasan soal STAN lengkap semua tahun yang bisa saya. Semoga apa yang telah disampaikan bisa memberikan manfaat yang besar bagi peserta tes penerimaan mahasiswa baru kampus berjaket biru bidang akutansi milik pemerintah. Harapannya semuanya bisa dioptimalkan sebaik baik mungkin. Jangan lupa nantikan artikel-artikel terbaru saya ya. Terima kasih