Pembahasan Soal TKD Ikatan Dinas

iklan kape

Pembahasan soal TKD untuk ikatan dinas ini saya tulis karena banyak menanyakan mengenai tips mengerjakannya. Mungkin dikarenakan adanya pembukaan serentak sekolah ikatan dinas oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Adapun tujuh lembaga instansi yang membuka formasinya meliputi: STAN, STIS, IPDN, STTD, STSN, AKIP, AIM, STMKG.

pembahasan soal tkd

Dikarenakan sistem penerimaannya terintegrasi dengan Menpa RB, maka proses pendaftarannya harus melalui situs kementerian tersebut. Sudah menjadi kelaziman bagi lemabaga pemerintahan tersebut bila atau rekruitmen calon pegawai negeri sipil selalu diadakan tes kemampuan dasar terlebih (TKD) dahulu. Tes tersebut merupakan standar dalam penerimaan CPNS. Dikarenakan lulusan sekolah ikatan dinas angkat diangkat menjadi calon PNS, maka diberikan tes terseebut.

Atas hal itulah saya menuliskan artikel mengenai pembahasan soal TKD ikatan dinas. Semua instansi/ lembaga tersebut akan sy bahas satu persatu. Emang soalnya berbeda beda ya? Bisa beda, sama memiliki peluang besar. Maksudnya bagaimana kak? Jadi begini, kan pelaksanaannya menggunakan siste Computer Assisted Test (CAT) telah disediakan oleh panselnas CPNS. Nah disitu memang ada bank soalnya. Terus akan diberikan secara acak untuk setiap orang. Jadi ada kemungkina seseorang mendapatkan pertanyaan yang sama akibat dari random tersebut. Namun tidak semua soalnya sama kok. Yang sama juga urutan kemunculanya jg beda tiap orang.

Oh gitu kak. Oke deh lanjutin deh ulasan mengenai pembahasan soal TKD ikatan dinas. Karena adek mau masuk di salah satunya. Baiklah akan abang bahas sampai tuntas setuntas mungkin. Untuk semua jurusan akan gue bahas ya. Namun sebelum aye membahasnya, alangkah baiknya kakak berikan contoh soalnya agar bisa kalian lihat terlebih dahulu soalnya. Gimana cara lihatnya kakaak? Bisa kalian unduh di bagian selanjutnya berikut.

Download Soal TKD Ikatan Dinas

Agar bisa lancar mempelajari soal TKD, sebaiknya kalian semua download dulu salah satu contoh soal TKD yang mungkin bisa masuk. Loh emang bocorannya kak? Ya ampun salah paham banget sih. Bukan bocorannya lah tetapi soal-soal memiliki peluang keluar, bisa jadi sama karena kebetulan. Kan soalnya di bank soal panselnas banyak banget jadi mana bisa tau yang mana akan keluar. Lagipula sistemnya sudah dibikin random sedemikian rupa sehingga tidak terprediksi dgn baik.

Terlepas dari masalah tersebut. Kalian tentu butuh contoh soal TKD untuk ikatan dinas. Perlu gak nih? Kalau iya kakak kasih, kalo tidak ya enggak diberikan lah. Yang pentinglah bang, pake bangeet malah kak. Iya deh, kan aye hanya nanya aja biar gak mubazir waktu, tenaga dan materi. Lebai kak, masa kaya gitu sih?. Buang waktu bila sy habisin masa hanya untuk menggugah file soal TKDnya. Untuk tenaga kan pasti terkuras depan komputer, mata lelah, punggung capek, badan letih, lesu, lunglai, lemah dan lebai deh hehehe. Hahaha kocak ih. Lalu dgn materi apa tuh? Yak an habisin kuota internet, listrik palagi butuh banyak cemilan sambil ngetik dan ngenet heheeeh. Untuk download bisa klik gambar di bawah ini.

download soal tkd

Naah setelah mengunduh file soal TKD baru deh abang bahas pembahasannya. Untuk dapatinnya silakan simak dengan baik agar bisa mendapatkan intisari tujuannya. Jangan dilewat setiap kalimatnya bahkan satu kata pun usahakan tidak terlewati. Karena bila satu saja dilangkahi ada kemungkinan antum gak ngerti rentetan ulasanku nantinya. Baiklah dinikmati aja setiap uraiankua berikut ini.

Pembahasan TKD Semua Ikatan Dinas

Berhubung saat ini hanya ada tujuh kementerian/ lembaga yang membuka sekolah ikatan dinas. Maka pembahasannya hanya dibatasi pada ketujuh institusi pendidikan tersebut. Bila ada tambahannya nanti akan dibahas secara terpisah tambahan tersebut. So lebih fokus pada yang sudah pasti agar gak melebar kemana mana. Akan tetapi, sebelum bahas semua PTN yang membuka pendaftaran sekarang secara rinci, kakak mau menceritakan sekelumit tentang tes kemampuan dasar (TKD). Ujian tersebut terdiri atas tiga bagian utama yaitu TWK, TIU, dan TKP. TWK ditujukan untuk menguji pengetahuan calon mahasiswa terkait wawasan kebangsaan, TIU dimaksudkan mengukur kemampuan intelensi, sedangkan TKP bermaksud mengetahui karakter pribadi setiap orang.

Sehabis menceritakan sedikit mengenai TKD, selanjutnya saatnya aku kembali pada tujuan utama tulisan ini yaitu pembahasan soal TKD ikatan dinas. Secara terpisah akan dibahas secara terpisah agar lebih rinci tiap lembaga pendidikannya. Adapun ketujuh instansi tersebut dibahas satu persatu berikut:

  1. Pembahasan soal TKD Ikata Dinas STAN

Secara khusus pembahasan soal TKD untuk PKN STAN tidak diulas secara detail disini. Karena sekolah ikatan dinas dibawah payung kemenkeu tersebut sudah sering kali dibahas pada postingan lainnya. Bahkan hamper sembilan puluh persen artikel di blog herniawan.com saat artikel ini ditulis merupakan seputar kampus tersebut. So biar tidak buang –buang waktu, tak akan direview lagii deh. Biar hemat tenaga karena masih ada 6 lembaga lain harus dibahas secara detail.

Baca Juga  Pembahasan Soal STAN Lengkap Semua Tahun

Hanya saja ane mau memberikan informasi bahwa STAN merupakan sekolah ikatan dinas paling favorit bila dibandingkan dengan yang lainnya. Entah faktor apa yang membuatnya seperti itu. Mungkin karena karirnya lebih disenangi atau tempat kerjanya nanti lebih nyaman yaitu di bawah kementerian keuangan yang merupakan salah lembaga pemerintahan terfavorit bagi pendaftar CPNS.

Tapi sebenanrnya institusi pendidikan lainnya tidak kala favorit kok. Sebut saja seperti STIS dan IPDN memiliki peminat yg tidak sedikit loh. Meskipun secara angka masih kalas dibawah jumlah peminat STAN. Akan tetapi tingkat popularitasnya tidak bisa dikatakan kalah. Ada juga Sekolah Tinggi Sandi Negara jangan dipandang sebelah mata. Kampus yang terletak di Parung Bogor setiap tahun peminatnya terus menunjukkan trend peningkatan.

  1. Pembahasan Soal TKD STIS

STIS merupakan salah satu sekolah ikatan favorit di mata pelajar SMA terutama bagi mereka yang sangat menyukai pelajaran eksak khususnya matematika. Karena hampir keseluruhan, pelajarannya kebanyakan berkaitan dengan logika matematis. Dikarenakan cukup diminati berakibat tingkat persiangan untuk masuk kuliahnya pun tergolong ketat dgn tingkat peluangnya berkisar antara lima hingga tujuh persen. Persentase tersebut dpt dianggap kecil sehingga butuh kerja keras untuk mendapatkan kesempatan kuliah pada PTN bidang statistik tersebut.

Sama seperti sekolah ikatan dinas lainnya, calon mahasiswa STIS yang mendaftarkan diri juga harus melewati TKD. Benar kan? Pasti benarlah, kalau engga gak mungkin saya tulis seperti ini yang hanya akan membuang –buang waktu saja. Tipe soal TKD nya pastinya tidak berbeda dengan yang lainnya. Bahkan bisa dibilang sama aja dengan tes CPNS. Jadi belajarnya tidak ada secara khusus untuk USM sekolah tinggi ilmu statistik karena serupa saja dengan yang lainnya.

Bagi kalian yang ingin masuk sekolah kedinasan bidang statistika, ketika menghadapi TKD tidak perlu bingung soal khusus untuk USM STIS. Sistemnya sama saja kok. Tiada perbedaan dengan yang lainnya. So ente bisa mengacu pada sumber yang sama untuk mepelajarinya. Tingkat kesulitannya insya Allah akan sama saja. Tak perlu risau deh. Kalo sooal TKD-nya pasti serupa tapi kalo ujian tertulis pasti berbeda dong pertanyaannya. Jelas jelaas bidang rumpun ilmunya aja berbeda jauh, masa bisa samaa sih? Enggak mungkin kan?

Apakah trik mengerjakan soal TKD ikatan dinas STIS? Enggak ada tips dan trik khusus untuk perguruan tinggi kedinasan (PTK) bidang statistic tersebut. Program pengujiannya jg samaa yaitu dari Menpa RB. Kalau pertanyaan tiap nomor soalnya sudah tentu beda lah. Masa mirip persis, ya enggak lah deek. Kalau benar beenar mirip dan serupa sampai seratus persen yang percuma aja lah. Nanti bisa dibocorin oleh peserta yang lebih dahulu mengikutinya.

  1. Pembahasan Soal TKD Ikatan Dinas STSN

Nah sekarang kita masuk mengebahas tentang pembahasan soal TKD STSN. Barangkali semuanya sudah tau apa sih itu perguruan tinggi tersebut? Merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Sandi Negara. Dari namanya saja tentu sudah jelas bidang kerja dan profesionalitasnya seperti apa. Sudah tentu akan berkaris berkaitan dengan pengkodean sandi sandii untuk keperluan Negara. Nah bagi ente sekalian yg ingin masuk harus mengikuti serangkaian tahapan yang harus dilewati.

Salah satu jenis tes masuk STSN adalah TKD. Soalnya sih sama saja dengan TKD lainnya. So dipelajari saja ada yang ada misalnya dari buku atau dari situs terpercaya seperti KafePelajar.com. Namun apapun sumbernya tidak akan menjadi masalah kok. Yang terpenting adalah keseriusan belajarnya serta kesiapannya menghadapi ujian dasar tsb. Namun kualitas media belajar sebenarnya ikut berpengaruh terhadap hasilnya nanti.

Perguruan tinggi ikatan dinas berlokasi Parung Bogor ini memiliki peminat yang cukup besar. Terutama bagi mereka menyukai tantangan dibidang keamanan negara. Mahasiswa sekolah tinggi sandi Negara biasanya memiliki jiwa patriot dan kecintaan terhadap keutuhan negara. Bidang kerjanya biasanya berkaitan dengan informasi penting bagi negara. Yah bisa dikatakan mirip dengan intelegen. Pembahasan lengkan kedua bidang tersebut akan disajikan pada sesi terakhir. Perbedaan keduanya nanti akan dibahas dilain waktu. Di sini hanya mengupas mengenai soal TKD nya saja.

  1. Download Soal TKD IPDN

Berbicara mengenai IPDN saya sedikit kenal banget institusi pendidikan kedinasan dibawa kemeterian dalam negeri tersebut. Kenapa bisa tau seluk beluknya? Karena adik saya sendiri merupakan muda praja (sebutan untuk mahasiswanya yang baru masuk). Jadi semua rentetan proses seleksinya yang cukup panjang ane tahu banget. Dari pengalaman adikku itu juga saya tau sendiri mengenai isu isuu negative beredar mengenai IPDN adalah hanya rumor negatif saja. Hanya merusak nama besar perguruan tinggi ikatan dinas tersebut. Sebut saja banyak informasi beredar terkait kejelekan IPDN, biasanya dua yaitu masuknya harus pake uang sogokan dan ada praktek kekerasan di dalamnya.

soal tkd dan pembahasan

Kedua isu tersebut sama sekali tidak benar. Pertama masalah sogokan, ketika adik saya masuk sama sekali tidak ada praktek sogok menyogok. Kami dari keluarga menengah ke bawah pastinya tidak sanggup untuk menyodok sampai angka dua ratus jutaan seperti rumor yang sering beredar. Aku tidak tau persis yg sebelum belumnya, akan tetapi waktu tahun lalu (2015) pas adik sy masuk tidak ada tuh. Sekarang untuk kabar negatif kedua yakni praktek kekerasan dalam pendidikannya. Setau ane sih yang namanya sistem pendidikan itu jauh banget deh dari namanya tindakan kekerasan. Aye kurang mengetahui jelas yg dulu dulunya, tapi sekarang kata adik saya gak ada pemukulan oleh senior. Kalopun ada waktu zaman dulu, itu bukan sistem dibentuk oleh institusinya namun karena oknum satu atau dua mahasiswa.

Baca Juga  Download Soal UN Kimia 2016 SMA Naskah Asli

Berdasarkan cerita adikku, tidak tindakan keras oleh senior seniornya. Yang ada hanya hukuman fisik seperti push up. Namun itu semua bertujuan agar para prajanya lebih disiplin. Berdasarkan cerita dedeku, gak pernah ada kontak fisik baik dari senior maupun dari pendidiknya. So bisa kita simpulkan bahwa kabar semua kabar beredar tadi hanyalah hoaks.

Kita kembali kepada hal terkait download soal TKD IPDN. Oh ya sebelumnya perlu diinformasikan bahwa Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan salah satu favorit setelah STAN. Bersama sama dengan STIS berada di urutan kedua. Kalau ST Akutansi Negara wajar berada diurutan pertama karena kuota penerimaan mahasiswanya paling banyak, tahun ini saja bisa mencapai hampir empat ribu. Mungkin disebabkan oleh daya tampungnya besar, banyak pendaftarnya karena berpikir peluangnya lebih besar.

Tes TKD merupakan tes pertama kali untuk calon praja IPDN setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Pelaksanaannya diselenggarakan pada di kantor Badan Kepegawaian di tiap masing masiing propinsi. Sistemnya menggunakan CAT (computer assist test). Dengan penerapan sistem tersebut jaminan akurasi serta kemurnian hasilnya bisa terjamin lebih baik. Tidak ada aktivitas saling nyontek antar peserta karena soal tiap orangnya berbeda beda. Selain itu bisa dijamin bersih dari manipulasi hasil tesnya.

Nah bagaimana dengan download soal TKD khusus IPDN? Tidak ada kekhususan, pergunakan saja yang diperoleh pada link yang diberikan di atas. Tes kemampuan dasar itu berlaku untuk semua perguruan tinggi kedinasan. Jadii antum tidak perlu susah payah mencarinya kemana mana yaah. Buat apa menyusahin diri toh sudah gue berikan kok. Susah kerja keras mencarinya namun tak ada hasilnya, sungguh menyedihkan bila mendengarnya heheheeeh.

 5. Download Pembahasan Soal TKD STTD

Pada bagian kelima ane akan mengulas mengenai tes TKD untuk STTD. Sekolah tersebut merupakan singkatan dari Sekolah TInggi Transportasi Darat. Dari namanya tentu sudah ketauan bahwa ruang lingkup ilmu dan profesinya tidak akan jauh dari lalu lintas. Bila berbicara mengenai lalu lintas, mungkin kita akan terbayang pada jalan raya yang macet. Whatever lah, namanya juga imajinasi orang kan beda bedaa.

Perguruan tinggi tersebut berada di bawah pengaturan kementerian perhubungan. Jadi pekerjaannya sangat erat kaitannya dengan transportasi darat. Ya iyalah dari nama juga sudah ketauan kok. Biasanya tiap tahun menerima calon taruna taruni guna dipersiapkan sebagai traffic controller di jalan. Tapi sebenarnya bukan hanya hal itu aja kok, ada bagian bagiannya seperti perencanaan pengembangan arus lalu lintas, kontruksi pembangunan jalan serta beberapa jurusan lainnya. Jadi jangan berpikir hanya akan mengurus jalanan yg macet aja yaah.

Agar bisa masuk ke PTK STTD harus melwati hadangan tes TKD. Persis sama halnya dengan STAN, STIS, STSN dan IPDN. Setiap calon tarunanya harus melewati dulu tes TKD. Kampus yang terletak di Jakarta timur tersebut menerima calon tarunanya tetap berada dibawah pengaturan oleh Menpan RB. Lalu untuk tipe soalnya pun diperlakukan sama dengan yang lainnya. Mungkin mengenai lembaga pendidikan yang satu ini tak perlu ane jelasin secara rinci. Karena ana sendiri kurang mengetahuin secara jelas. Hampir belum ada kenalanku yang kuliah ataupun lulusannya. So bisa ane lanjutkan pada bagian berikutnya.

 6. Soal TKD Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Dari awal sampai pada bagiann yg sebelum ini gue selalu membahas mengenai TKD. Kayaknya pembaca barangkali sudah bosa juga. Oleh karena itu sekali kali kita bahas lain dulu siapa tau dapat memberikan wawasan baru. Ane juga termasuk orang yg suka dengan dunia pertualangan. Mungkin belum hilang dari ingatan kita semua bahwa negeri kita mendapatkan sebuah kelebihan yaitu dilalui oleh gerhana matahari.

Iya benar tanggal 9 Maret 2016 terjadi gerhana matahari. Sebuah kelebihan tersendiri bagi Indonesia. Barangkali bisa dikatakan sebagai salah satu anugerah dari ALLAH untuk bangsa tercinta ini. Pada saat itu banyak sekali orang ingin melihat langsung gerhana matahari total seperti apa sih. Nah bagi orang yang berprofesi seputar dunia metoerologi tidak terlalu sulit bagi mereka. Banyak alat alat canggih yang mereka miliki. So untuk melihat peristiwa gerhana matahari bisa lebih mudah. Banyak juga para wisatawan ingin melihatnya. Bahkan ada putri dari kalangan kerajaan negara tetangga sengaja dating ke Maluku hanya untuk menyaksikannya. Sungguh merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi Indonesia.

Baca Juga  Download Soal STAN 2009 -2014 Serta Pembahasan Lengkap

Kok ngomongin gerhana matahari ya? Apa hubungannya dengan download pembahasan soal TKD? Ya memang tak ada hubungan langsung, namun sekarang kita akan mebicarakan sebuah lembaga yang berkaitan dengan dunia planet, cuaca serta geofisika. Nama lembaga tersebut adalah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Selain berkaitan tata surya serta sejenisnya, juga mengurus masalah perkiraan cuaca. Biasanya kalau kita menonton televisi sering kali kita melihat ataupun mendengar laporan mengenai cuaca, curah hujan serta laporan mengenai kondisi alam di negeri tercinta ini.

Biasanya ada saja orang berkeinginan bekerja serta meniti karir professional pada bidang tersebut. Yaw ajar sajalah tiap orang kan punya keinginan masing masiing. Jujur ane sendiri tertarik banget loh. Meskipun bukan sebagai professional di lingkungan tersebut. Aku mah hanya ingin melihat bintang biintang dilangit agar bisa menggapainya untuk diberikan pada sobat muda pembaca setia blogku, hehehe ternyata gombaal.

Bila memang ente sekalian tertarik bekerja pada lembaga yg disebutkan di atas, ada salah satu cara cepat. Apakah caranya? Ya kalian harus memiliki ilmu yang relevan dengan bidangnya tersebut. Ada sebuah lembaga kuliah ikatan dinas agar bisa masuk kerja di tempat tesebut. Namanya Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. STMKG bertujuan mendidik serta menghasilkan sumber daya prosioanl di bidang MKG.

  1. Soal TKD Ikatan Dinas AKIP dan AIM

Alhamdulillah akhirnya sampai juga pada bagian terakhir untuk konten pembahasan soal TKD ikatan dinas. Mekipun masih ada bagian khusus pembahasannya. Akan tetapi setidaknya sudah membuat hati lega. Untuk bagian ketujuh aye akan memaparkan soal tes kemampuan dasar yang kerap kali disingkat menjadi TKD untuk tes masuk sekolah ikatan dinas dibawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kedua istitusi tersebut adalah Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) dan Akademi Imigrasi atawu sering dikenal dengan singkatan AIM. Mungkin saja banyak pembaca jarang sekali mendengar keduanya tersebut. Iya memang keguruan kedinasan terkenal biasanya STAN, STIS dan IPDN. Sebenarnya masih banyak lagi loh Cuma kita saja sering ketinggalan informasi. Agar bisa mengetahui keduanya, secara ringkas akan gw jelasiin deh di bawaaah ini.

Kita mulai dulu dari AKIP. Akademi ilmu pemasyarakat diadakan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga prosional dalam mengelola serta bekerja di lembaga pemasyarakatan (lapas). Iya mungkin semuanya akan tertuju pada rumah tahanan atau bui, hehehe pintar ya ternyata. Berarti tidak jauh jauuh dari penampunga para penjahat atau pelaku criminal yaa? Bisa jadi seperti itu, ane sendiri tidak mengetahuinya secara jelas maklum belum pernah masuk penjara sih. Padahal gratis loh. Enak aja, garatisnya sih emang iyan tapi bila masuk di situ kan sudah pasti cacat moral.

Nah yang kedua yaitu Akademi Imigrasi tentu sangat erat kaitannya dengan keluar masuk seseorang lintas negara. Pekerjaannya seputar pengurusan passport dan ijin keluar atau masuk negara. Tidak asing mengenai informasi barang –baraang selundupan. Sebut aja narkoba, komoditas illegal tanpa membayar pajak tentu hal –haal seperti itu sangat merugikan negara malah mengancam keselamatan bangsa. Untung kalau cuma barangnya, bagimana kalau pelakunya dgn niat jahat masuk ke Indonesia pastinya akan lebih bahaya lagi dong. Ya otaknya aja ikut masuk kok. Oleh sebab itu perlu ada petugas khusus untuk mengantisipasinya baik melalui tindakan inspeksi maupun sistem regulasinya.

Pembahasan Lengkap Soal TKD Ikatan Dinas

Sebelum mengutarakan secara jelas mengenai pembahasan soal TKD semua ikatan dinas, aku mau sedikit bercerita mengenai kebingungan sebagian orang bedanya TPA dan TKD? Jelas ada kesamaan dan perbedaan diantaran keduanya. TPA hanya mengukur kemampuan intelektual seseorang. Sedangkan tes yang satunya, selain mengukur potensi akademik seseorang, diukur juga karakter pribadi serta wawasannya terhadap bangsa Indoensia tercinta. So bisa dikatakan lebih kompleks dibandingkan dgn tes potensi akademik.

Seperti aye katakn sebelum sebelumnya bahwa bentuk serta tipe soal TKD semua ikatan dinas adalah sama. So bila ada temannya sudah memilikinya bisa kalian pinjam buku, file, ataupun lembar soalnya. Namun jika mereka sedang menggunakan untuk belajar, mintalah sebentar untuk difotokopi. Nah kak tapi biasanya kan hanya soalnya saja. Bagaimana cara belajarnya?

Tenang saja. Bisa kok dipelajari secara sistematis. Langsung saja kakak berikan tipsnya yaitu belajar menggunakan bantuan sistem pembelajaran online yang disediakan oleh KafePelajar.com. Pada website www.Kafepelajar.com dibahas secara lengkap dan jelas soal TKD dan pembahasan. Nanti akan bisa dilihat trik menjawab soalnya step by step sehingga mudah dipahami oleh siapa saja. Tak terkecuali untuk PTK favorit saja namun semua PT kedinasan yang ada.