Pembahasan Soal UN Matematika SMP 2016 Lengkap

iklan kape

Baik sobat muda pengunjung setia blog www.Herniawan.com kali ini kakak akan menuliskan pembahasan soal UN Matematika SMP 2016 lengkap secara rinci tiap langkah penyelesaiannya. Nah untuk soalnya perlu kalian download terlebih dahulu. Pada artikel sebelumnya abang sudah membagikannya.

Agar bisa digunakan sebagai bahan belajar tentu kamu perlu dong memiliki soal versi aslinya. Jadi prosesnya bisa lebih lancar karena sambil membaca penyelesaian bisa sambari melihat soalnya yg asli. Asli maksudnya gimana sih bang? Maksudnya dari naskah originalnya tanpa diedit ata ketik ulang (retype).

Apakah akan menjadi masalah bila diketik ulang ya kak? Ya tentunya akan berubah tampilannya. Kalau hanya tampilannya aja sih tidak begitu menjadi persoalan yang serius amat sih. Namun kalau pengetikan ulang ada yg salah tentu bisa menimbulkan kebingungan bagi pembacanya. Sering kali orang mengetik uulang ada yg ketinggalan ataupun terjadi kesalahan pengetikan angkat dan kalimat.

Pengalaman saya sebagai pengajar, saat mengajar matematika ataupun fisika, sudah capek hitung dan soalnya dibahas dengan penuh kehati hatian tapi engga ada jawabannya. Setelah dicari cari soal versi aslinya, ternyata naskah hasil ketikan ulang salah. Pastinya ngesalin kan? Sabarlah bang, engga boleh emosi gitu dong hehehehe, iya dek tp memang nyebelin kok wkwkwkwkwk.

Soal UN Matematika SMP 2016 dan Pembahasan

Seperti judulnya yang tertulis di atas, inti dari penulisan artikel ini adalah untuk memberikan soal matematika UN 2016 tingkat SMP dan pembahasan. Nah pasti tentu ada soalnya serta pembahasannya kan. Oleh karena secara keseluruhan isi artikel ini akan dipenuhi dengan kedua hal tersebut. Lalu kak? Ya sabar dong, baca dulu sampai ke bawa. Tadi ingatin aku untuk bersabar, sekarang elu deh yang engga sabaran.

Sifat sabar itu penting loh. Ya kalau hidup kita tidak ada kesabaran dalam menghadapi setiap masalah tentu akan dipenuhi dengan emosi dan huru hara. Kadang sering kali muncul rasa was was berlebihan dalam hati. Sudah pasti semuanya itu akan menimbulkan dampak negative bagi diri kita. Makanya sabarlah untuk menunggu soal dan pembahasan matematika UN 2016 lengkap.

Soal Matematika UN SMP 2016 Versi Aslinya

Seperti abang katakan sebelumnya bahwa kalian perlu memiliki soalnya terlebih dahulu agar bisa memahami pembahasan soal UN Matematika SMP tahun 2016 yang kakak tuliskan di bawah ini. Tidak mungkin kalian memahaminya hanya dengan melihat serta mencerna cara penyelesaiannya saja tanpa mengetahui secara jelas persoalannya. So memang sudah wajib deh elu memilikinya.

Sebenarnya gw pernah menuliskan sebuah posting berisi nahskah asli soalnya dalam artikel pembahasan soal UN SMP 2016 lengkap semua pelajaran. Kalau bukan link tersebut boleh, tapi aku jg ngasi kok secara pada tulisan ini juga. Jadi engga perlulah klian berpindah tab untuk mengunduhnya. Untuk mendaptkannya bisa lu klik tautan bergambar di bawah ini.

Nah bila udah dapatin soalnya sebaiknya dibaca dan dipahami dulu secara keseluruhan. Bila perlu coba kerjain sendiri terlebih dahulu. tujuannya untuk mengetahui kemampuan serta penguasaan materi. Bila sudah berusaha keras ternyata udah mentok engga bisa menyelesaikannya, bisa deh lihat pembahasan yang aku tulis di bawah ini.

Sebelum melangkah jauh pada pembahasan soal UN Matematika SMP 2016, kalian harus memiliki dasar pengetahuan sedikit meskipun tidak terlalu dalam. Ane harapkan seperti itu agar ketika gw jelasin cara menjawab serta menyelesaikan soalnya, elu bisa memahami sambil mengingat kembali konsep teori yang pernah dipelajari.

Pembahasan Soal UN Matematika SMP 2016 Lengkap

Nah saatnya kita masuk ke bagian paling inti dari artikel ini yaitu pembahasan soal Matematika UN SMP 2016 yang akan secara lengkap serta detail rincian caranya dijelaskan. Agar lebih terarah, penjelasannnya ane bagi menjadi empat bagian utama, yaitu:

  1. Pembahasan Soal UN Matematika SMP 2016 Nomor 1-10
  2. Pembahasan Soal Matematika UN SMP 2016 Nomor 11-20
  3. Soal UN Matematika UN SMP 2016 dan Pembahasan Nomor 21-30
  4. Soal Matematika UN SMP 2016 dan Pembahasan Nomor 31-40

Nah keempat kategori tersebut akan mengisi lanjutan tulisan ini sampai akhir penutupnya. Sekiranya bisa disimak dengan seksama agar bisa dapat dipahami setiap cara menjawabnya.

1. Pembahasan Soal UN Matematika SMP 2016 Nomor 1-10

Pembahasan Nomor 1 UN Matematika SMP 2016. Penggunaan tanda # yang didefinisikan dengan mengalikan bilangan pertama dengan kedua lalu dijumlahkan dgn yg keduanya. -4 # 3 berarti (−4 × 3) + (−4) = −12 − 4 = −16.

Pembahasan Soal UN Mtematika SMP 2016 Nomor 2. Hal pertama yang harus diketahui bahwa banyaknya pencapaian kerja berbanding terbalik dengan kecepatan, tapi perbandingannya lurus terhadap waktu. Ketika Bima dan Adit bekerja secara bersamaan tentu waktunya akan lebih singkat.Sehingga kita bisa menghitungnya dengan cara 1/t= 1/24 + 1/8 = (1+3)/ 24= 4/24. Artinya akan diperoleh t=6. Jadi, rumah itu akan selesai dicat selama enam hari.

Soal UN matematika SMP 2016 dan pembahasan lengkap nomor 3. Setiap toko baik rame, damain, seneng dan indah memberikan diskon berbeda beda satu sama lain untuk harga baju dan celana. Harga yang harus dibayar bisa diperoleh dari mengurangi nilai awal barannya dikurangi dengan nominal yg sama dikalikan terlebih dahulu dengan persentase diskonnya.

Rame = [80.000- (80.000 x 25/100)] + [100.000 – (100.000 x 10/100)] = 60.000 + 90.000 = 150.000

Damai = [80.000- (80.000 x 20/100)] + [100.000 – (100.000 x 15/100)] = 64.000 + 85.000 = 149.000

Seneng = [80.000- (80.000 x 15/100)] + [100.000 – (100.000 x 20/100)] = 68.000 + 80.000 = 148.000

Indah = [80.000- (80.000 x 10/100)] + [100.000 – (100.000 x 25/100)] = 72.000 + 75.000 = 150.000

Berdasarkan perhitungan diatas, sebaiknya Ali berbelanja di Toko Indah agar diperoleh harga yang paling murah.

Jawaban Soal UN Matematika SMP Tahun 2016 No 4. Untuk bisa mengerjakan soal ini kalian harus memahami arti dari skala sebuah peta (model bangunan). Skala 1: 500 berarti setiap satu centi pada peta mewakili 500 centimeter ukuran sebenarnya. Panjang yg terlihat pada peta = 1+ 3+ 2 = 6 berarti panjang sebenarnya= 6x 500 =30000 cm= 30m. Lebar di peta = 1 + 2= 3 senti, lebar aktualnya= 3x 500 = 1.500cm = 15 m.  Nah kita bisa menghitung luasnya sama dengan 30 x 15= 450 m2.

Pembahasan Soal Nomor 5 Matematika UN SMP 2016. Uang Ani= 3/8x Rp400.000,00 = Rp150.000,00. Uang Ina= 5/8x Rp400.000,00 = Rp250.000,00. Jadi, selisih kepemilikan uang keduanya = Rp250.000,00 – Rp150.000,00 = Rp100.000,00. Cara di atas dilakukan dengan menghitung banyaknya uang tiap orang. Sebenarnya bisa langsung dihitung dengan perbandingan selisih dan jumlah rasionya lalu dikali dengan nominal jumlahnya. 2/8 x 400.000 pasti akan diperoleh seratus ribu rupiah.

Pembahasan UN SMP MTK 2016 No 6. Agar bisa mengerjakan soal penyederhaan bentuk akar seperti ini, adik adek harus mampu menentukan faktor bentuk akarnya menjadi bagian yang memiliki akar bulat. √45 – 3√180 = √9x √5- 3 √16 √5= 3√5 -12√5= -9√5.

Pembahasan UN SMP MTK 2016 No 7. Supaya bisa menyelesaikan soal ini harus kalian ketahui sifat ekponen. Meskipun tidak semua sifatnya dipakai, hanya bilangan berpengkat dipangkatkan, maka pangkatnya dikali. [64(3/2)]^(1/3) = [64]^(1/2)= [26]^(1/2)= 23 = 8.

Jawaban Matematika SMP 2016 Nomor 8. Soal berkaitan dengan rasionalisasi bentuk akar dilakukan mengalikannya dengan sekawan penyebutnya. [2/ (4+√3)] x [(4-√3)/ (4-√3)]= 8- 2√3)/ 16-3= 1/13(8 -√3). Khusus soalnya seperti ini biasanya pada bagian di bawahnya akan memudahkan bila dikerjakan menggunakan rumuh selisih kuadrat, (a+b) (a-b)= a2– b2.

Pembahasan Nomor 9. Pada soal memperlihatkan kotak yg berjejer dengan jumlahnya selalu bertambah secara teratur. Coba perhatikan barisan 2, 4, 6, …….. seterusnya merupakan barisan artimatika dengan suku pertama (a) = 2 dan bedanya dua. Tinggak selesaikan menggunakan rumus Un = a+ (n-1)b. Maka U10= 2+ (20-1) 2= 2+ (19) 2= 2+ 18= 20.

UN Matematika SMP 2016 No 10. Perlu diingat rumus untuk mencari Un deret geometri. Un= a r(n-1), U5= 5. r(5-1)= 80, r4= 16, sehingga diperoleh rasionya sama dengan 2. Nah untuk mendapatkan suku kesembilan dapat menggunakan rumus yang sama sehingga U9= 5. r(9-1) = 5 x 28= 5x 256= 1280.

2. Pembahasan Soal Matematika UN SMP 2016 Nomor 11-20

Soal UN Matematika SMP 2016 Nomor 11. Uang yang dibagikan ayah kepada anaknya selalu setengah dari banyaknya uang yg diterima oleh lebih tua di atasnya. Karena anak pertama mendapatkan 48 lembar, maka secara berturut turut kedua, ketiga, keempat dan kelima akan mendapatkan 24, 12, 6, 3. Sehingga total lembaran dua ribuannya adalah 93 lembar. Makanya uang yg dibagikan ayah kepada anaknya adalah 93 x Rp 2000 = Rp186.000.

Soal Matematika UN SMP 2016 dan Pembahasan Nomor 12.  Banyaknya kue nastar dan keju secara berurutan dinyatakan sebagai x, y. Berdasarkan informasi yang ada di soal, didapatkan dua persamaan, yaitu: (1) x=2y, (2) 3x+ 2y =480.000. Substitusi persamaan (1) ke persamaan (2) akan diperoleh 3(2y) +2y = 480.000, 6y+ 2y= 480.000, 8y =480.000, y= 60.000. Nilai y didapatkan dengan menyubstitusi nilai ke x ke (1), y= 2 (60.000)= 120.000. Jadi, uang yang harus dibayarkan untuk 2 kaleng kue nastar dan 3 kaleng kue keju adalah 2x+ 3y = 2(120.000) +3 (60.000)= 240.000 + 180.000= Rp420.000.

Pembahasan Matematika SMP 2016 No 13. S= {x l 1 ≤ x < 11, x bilangan cacah}= {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11}, A = {x l 1 ≤ x < 9, x bilangan kelipatan 2}= {2, 4, 6, 8}, B= {x l 1 < x ≤ 10, x bilangan prima}= {2, 3, 5, 7}. Coba perhatikan antara anggota himpunan A dan B memiliki satu irisan yaitu 2. Selain itu juga ada tiga angka yg bukan merupakan anggota dari keduanya yaitu 1, 9, 10, 11. Sehingga diagram Venn dari himpunan di atas yang benar adalah gambar pada pilihan B.

Soal UN SMP Matematika 2016 Nomor 14.  Misal: A = banyak pernah berwisata ke kota Bandung serta B  yg ke surabaya Surabaya. n(S)= n(A) + n(B) – n(A∩B) + n (A∪B)c, 40= 24+ 16 – n(A∩B)+ 5, 40 =45- n(A∩B), n(A∩B)=5. Jadi, banyak siswa yang pernah berwisata ke kedua kota tersebut adalah 5 siswa.

UN Matematika SMP 2016 No 15. (i) 4x2 − 9 = (2x + 3)(2x − 3), (ii) (2x2 + x − 3) = (2x − 3)(x + 1) salah, seharusnya (2x2 + x − 3) = (2x +3)(x−1), (iii) x2 + x − 6 = (x + 3)(x − 2) benar, (iv) x2 + 4x − 5 = (x − 5)(x + 1) salah, harusnya x2 + 4x − 5 = (x + 5)(x −1). Pernyataan yang benar adalah (i) dan (iii).

Soal Matematika SMP 2016 Nomor 16. Berkaitan dengan memetakan anggota sebuah himpunan ke daerah kawannya. A = {2, 3, 5}, B = {a, u, i, e}, n(A)= 3, n(B) 4.  Jadi, banyak pemetaan yang mungkin terjadi dari A ke B adalah menggunakan rumus n(B) n(A) =43 = 64.

Matematika SMP 2016 No 17. Untuk konsep fungsi sebenarnya sangat mudah. Tinggai mengikuti polanya saja. f(x)= 3x+ 5 artinya fungsinya akan memetakan setiap nilai x menjadi tiga kalinya lalu ditambah lima. Nah bagaimana bila ditanya f(2a-a). Gampang, kan awalnya f(x) ya tinggal ganti aja setiap nilai x dengan (2a-a) maka akan menjadi 3(2a- a) + 5= 6a-6+ 5= 6a -1.

Pembahasan Nomor 18. Tarif taksi seperti yg terlihat pada tabel mengikuti pola barisan aritmatika karena penambahan biayanya sama. Untuk Taksi A: 7.000 (U1), 9.500 (U2), 12.000 (U3), 14.500 (U4), …….., ……… U15? beda (b) = 2.500. U15 = a + (n-1)b = 7.000 + (15-1) 2.500= 7000 + 14 x2.500= 7 000 + 35 000 = 42.000. Taksi B: 10.000, 12.000, 14.000, 16.000, ………, ………, U15? beda (b) = 2.000. U15 = a + (n-1)b = 10.000 + (15-1) 2.000= 10 000 + 14x 2.000= 10.000+ 28.000= 38.000. Jadi, taksi yang sebaiknya akan digunakan oleh Yunia adalah taksi B, karena lebih murah 4 ribu rupiah.

Nomor 19 UN Matematika SMP 2016. Agar kita bisa menghitung kemiringan (gradien) sebuah garis atau benda yang diposisikan secara iring, maka kita harus mengetahui elemen vertikal dan horizontalnya. Nah pada soal, elemen vertikalnya adalah tinggi tembok = √(132 – 52) = √(169 -25) = √144= 12. jadi akan diperoleh kemiringannya= 12/5.

UN Matematika SMP No 20. Untuk menghitung persamaan garis bisa diketahui satu titik yang dilalui serta gradiennyaadalah menggunakan rumus, y-y1 = m(x- x1). Sebenarnya ada cara lain yaitu menggunakan persamaan y= mx+ c. Cara pertama tinggal subsitusi nanti akan diperoleh nilai C. Selanjutnya tingga menuliskan kembali ke persamaan awal dengan memasukkna nilai m dan c-nya. Tapi karena kebanyakan guru mengajarkan dengan cara yg disebutkan pertama, sekarang pakai langkah tersebut. y- (-2) = 2 (x- (-3)), y +2 = 2(x+3)= 2x+6, 2x-y +4=0.

3. Soal UN Matematika UN SMP 2016 dan Pembahasan Nomor 21-30

Soal UN Matematika SMP 2016 dan Pembahasan Nomor 21. Hal yang pertama harus dilakukan adalah mencari persamaan garis agar bisa diketahui gradiennya. Untuk mencarinya bisa juga langsung Δy/Δx= 3-0/0-6= -1/2. Karena g tegak lurus l maka m1.m2= -1. -1/2. m2= -1, m2= 2. nah tinggal masukin ke rumus dimana x1,y1= 6,0. Maka didapatkan y-0= 2(x- 6)= y= 2x-12.

Pembahasan MTK SMP 2016 nomor 22. Misalkan banyak mobil x dan motor y. Sesuai teks soalnya maka persamaannya 3x+ 5y= 17.000 (1), 4x+ 2y = 18.000 (2). Dapat diselesaikan dengan metode eliminasi variabel y. (1) dikali 2 sedangkan (2) dikalikan dgn 5, sehingga akan diperoleh 6x+ 10y = 34.000 (3), 20x + 10y = 90.000. Kurangkan (3) – (4) akan didapatkan -14x = -56.000 sehingga x= 4.000. Untuk mendapatkan nilai y, masukin nilai x tersebut ke persamaan (1) atau (2). Untuk di sini ane ambil yg pertama aja 3(4.000) + 5y= 17.000, 5y= 5.000, y= 1.000. Karena ditanyakan 20x + 30y = 20 (4000) + 30 ( 1000) = 8000+ 3000 = 110.000.

Nomor 23. Pelurus ∠KLN adalah ∠MLN, maka: ∠KLN+ ∠MLN =180, (3x +15)+ (2x+10) =180, 5x+ 25= 180, 5x= 155, x=31 derajat. nah yang ditanyakan adalah 2x+ 10= 2(31) + 10 = 62+10= 72.

No 24 SMP 2016. ∠BCA + ∠BCD= 180, 3x+ 4x+ 5= 180, 7x= 175, x=25. Maka ∠BCA = 3x= 3 (25) = 75. Maka besar sudut BAC= 180 – ∠BCA= 180- 75= 1-5 derajat.

No 25. Soal ini berkaitan dengan konsep dasar sisi segitiga. Pada bangun datar tersebut sebenarnya ada sifat unik yg harus diketahui, bahwa sisi terpanjang ukurannya tidak mungkin melebihi jumlah kedua sisii lainnya. k + l > m, pernyataan benar karena k + l hasilnya lebih besar dari m. l – m > k, pernyataan salah karena l – m hasilnya lebih kecil dari k. k + m < l, pernyataan salah karena k + m hasilnya lebih besar dari l. m + l < k, pernyataan salah karena m + l hasilnya lebih besar dari k.

No 26. Untuk dapat menghitung luas daerah yang diarsir, bisa menjumlahkan luas segitiga ADB dan ADE lalu dikurangi luasnya ADC. Mungkin diantara kalian akan bertanya bagimana menghitung dua segitiga pertama abang sebutin. Sebenarnya itu bisa dibentuk jajargenjang, bah selanjutnya tinggal hitung setelngah dari luasnya. Daerah arsiran = LΔADB +  LΔADE –  LΔADC = (1/2 x 9x 8)+ (1/2 x 9×12) – (1/2×9 x2)= 36+ 54 – 9 = 81 cm2.

Nomor 27. Berkaitan dengan luas bidang datar yang diaplikasikan pada perhitungan biaya untuk memagar lahan. Jadi caranya adalah dengan mengalikan biaya permeter pembuatan pagar dikalikan dgn kelilingnya. kebutuhan dana untuk pemagaran seluruhnya = 20.000 x 2(p+l)= 20 000 x2(22+ 18)= 20000x 2(40)= 20 ribu ruoiah kali 80 = 1,6 juta.

Pembahasan Soal No 28 MTK SMP 2016. Menggunakan konsep phytagoras untuk menghitung jarang terpendeknya. Range paling dekat kapat tersebut dihitung dari titik awal adalah =√[( 100)2 + (75)2] = √(10 000 + 5625) = √15.625 = 125 km.

Nomor 29 Matematika UN SMP 2016. Terlihat dengan jelas pada gambar bahwa bidang diagonal yang tegak lurus dengan bidang BCHE adalah bidang ADGF.

UN Matematika SMP 2016 Nomor 30. Pemuatan kerangka balok tentu dibutuhkan alat untuk dijadikan sebagai rusuknya. Sehingga kebutuhan materi adalah nilai total rusuknya. Panjang batang aluminium = (100×4) + (50×4) + (80×4) = 400+ 200 + 320 = 920 cm= 9,2 m. Jadi biaya yang diperlukan untuk membeli aluminium tersebut adalah 9,2x 60.000= Rp552.000,00.

4. Soal Matematika UN SMP 2016 dan Pembahasan Nomor 31-40

Pembahasan Soal UN Matematika SMP 2016 Nomor 31. Diminta untuk menentukan luas semua permukaan prisma. Cara melakukan dijumlahkan aja semua bidang penampangnya. Namun kita harus menentukan terlebih dahulu ukuran PL nya menggunakan aturan phytagoras = √(82 + 62) = √(64+ 36) = √100 = 10. Luas permukaan prisma keseluruhan = 2 [(10+16)x 8]/2 + (16×9)+ (8×9) + 2 (9×10)= 208+ 144+ 72+ 180= 604.

Soal UN Matematika SMP 2016 dan Pembahasannya Nomor 32. Untuk menghitung lebar sungai tersebut kita bisa menggunakan konsep kesebangunan. 6/8= n/ (n+4), 8n= 6n +24, 2n= 24, n=12. Jadi, lebar sungai tersebut adalah 12 m.

No 33. Untuk dapat menentukan luas tapak jalan tersebut, dapat dihitung dgn cara mengurangi lahan keseluruhan dengan are yang ditanam sayuran. Untuk tinggi lahannya dimisalkan terlebih dahulu sebagai x. 40/36 = x/18, 36x= 720, x= 20. Lalu kita hitung setiap bagiannya. Lahan utuhnya= 40 x 20= 800 m2, tempat tanaman= 36 x 18= 648 m2, maka luas jalannya= 800 -648= 152m2.

Nomor 34. Dihitung dengan perbandingan antara ukuran yang sudah berubah terhadap kondisi awalnya. V1= 1/3 Πr2t, 27= 1/3Πr2t, t= 81/Πr2. Nah sekarang kita cari untuk volume setelah mengalami perubahan. V2= 1/3Π (2. 1/2 d)2 x 3t= 1/3 Πd2 3t= 1/3Π (2r)2. 3t bila diterusin akan diperoleh 324 cm2. Mumet ngetik simbol khusus di internet agak repot. Untuk penjelasannya bisa lihat langsung videonya di www.Herniawan.com/video.

Nomor 35 UN 2016 SMP. Masalah statistika menentukan modus dan nila rataannya. Meskipun tidak wajib, alangkah baiknya semua data tersebut diurutkan dari terkecil hingga paling besar. Tentu semua akan menjawab dgn penuh keyakinan bahwa modusnya adalah 60. Untuk menghitung meannya dilakukan dengan menjumlah semua nilai tersebut dibagi banyaknya data= (50+ 60+ 60+ 60+ 60+ 65+ 70+ 70+ 70+ 75+ 80+ 80+ 85+ 90+ 90)/15 = 1.065/15= 71. Jadi, modus dan rata-rata data di atas adalah 60 dan 71.

Nomor 36 Matematika UN SMP 2016. Materi statistik berkaitan dengan nilai rata rataa gabungan. Misalkan saja banyak siswa wanita sebagai x sedangkan pria y. Jumlah tinggi semua siswa = 137 × 30 = 4.110. Kita bisa dapatin dua persamaan yaitu: x+ y= 30 dan 135x+ 138y =4.11o. Bila dieliminasi akan diperoleh x= 10. Jadi, banyak siswa wanita adalah 10 orang.

Nomor 37. Untuk dapat melakukan perhitungan datanya maka harus dituliskan terlebih dahulu berdasarkan informasi yang ada di histogramnya. Banyak pengunjung selama lima hari secara berturut dari senin sampai jum’at adalah 45, 40, 50+n, 30, 20. Selanjutnya dihitung menggunakan nilai total 41= (45+ 40+ 50+n+ 30+ 20)/5, 205= n +185, n=20. Jadi, banyak pengunjung pada hari Rabu adalah 50 + 20 = 70 orang.

Nomor 38. Pada grafik menunjukkan keberadaan obat yang masih aktif. Zat kimia tersebut digunakan untuk mengendalikan tekanan darah. Sisa yang masih ada pada hari pertama sekitar 32 mg. Memang tidak terlihat jelas, namun sesuai dengan gambar grafiknya range nya antara 30 dan 40, namun tidak sampai pada 35mg. Sedangkan opsi pilihan lainya diluar kisaran itu.

Matematika SMP 2016 Nomor 39. Untuk bisa menghitung peluang munculnya mata dua dadu berjumlah 7 harus didaftarkan terlebih dahulu apa saja yang jumlahnya tujuh. Adapun pasangan tersebut meliput: (1,6), (6,1), (2,5), (5,2), (3,4), (4,3). Jadi terdapat pasangan sehingga peluangnya 6/62= 6/36= 1/6.

Soal Matematika SMP 2016 No 40. Bagian terakhir dari empat puluh nomor ane bahasa secara rinci. Alhamdulillah sampai juga meskipun ada topik lain yang akan dituliskan. Nomor terkahir ini menanyakan peluang mengambil permen warna tertentu dinyatakan dalam persen. Nah cara untuk menghitungnya dengan membagi kejadi yg diamati per total kejadian.

Pembahasan Soal UN Matematika SMP 2016 Dalam Bentuk Video

Nah sekarang waktunya ane akan berbagi sedikit bantuan untuk proses belajar elu semua. Salah satu metode belajar efektif di era digital super canggih sekarang adalah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia. Tentu banyak sekali kelebihan yang ditawarkan.

Video pembahasan soal UN Matematika SMP 2016 memungkin kalian bisa menyerap serta menangkap materi yang disampaikan secara mudah. Jauh sekali deh bisa dibandingkan dengan cara belajar lewat sebuah literasi buku tertentu. Kenapa demikian? karena buku kadang membingungkan, ketika bingung engga mengerti maksudnya, harus kemapa lagi belajar dan menanyakannya.

Belajar persiapan UN perlu dilakukan dengan penuh keseriusan. Selai itu juga, tingkat serapan materi yang dipelajari harus seoptimal mungkin. Selain ditentukan oleh kualitas diri tiap orang, daya serap dipengaruhi oleh sumber atau media yg digunakan untuk belajar. Nah seperti kakak sebutkan di atas, bahwa pembahasan soal Matematika UN SMP 2016 dalam bentuk sangat diperlukan untuk hal tersebut. Salah satu contoh tampilan videonya dapat dilihat seperti di bawah ini.

Leave a Reply