Pembahasan Soal USM PKN STAN 2016

iklan kape

Oke setelah secara resmi pendaftaran PKN STAN dibuka tanggal 28 Maret 2016, banyak sekali pengunjung blog ini datag dengan tujuan mencari soal USM STAN tahun dua ribu enam belas. Ane ucapain selamat yah. Anda beruntung sekali mengunjungi halaman herniawan.com. Ente sudah diselamatin. Lah selamatin bagaimana? Ya selamat dari kekeliruan yanng menjurus pada hal negatif serta dosa akibat berbuat curang. Makin gak ngerti deh. Makanya baca dulu sampai selesai biar mengerti maksudnya apa.

pembahasan soal PKN STAN 2016

Iya selamat dari penipuan. Makin bingung gimana nih maksudnya? Begini loh, kan lu tuh kan sedang mencari pembahasan soal USM PKN STAN 2016. Lah ujiannya aja belum kok masa ada. Lalu apa hubungannya dengan penipuan. Maksud gue lu itu sudah beruntung tidak mengunjungi halaman lain yang menawarkannya. Sudah pasti kalau ada yang menawarkan pasti bohong dan ingin menipumu. Tesnya aja belum gimana bisa ada sih?

Kan bisa aja yang memembagikannya itu oknum pihak pembuat/ penanggung jawab soal lalu bocorin. Waduh masih lagu lama aja ngomongin kebocoran soal kampus berjaket biru tsb. Tidak pernah ada kejadian seperti itu. Masuk lulus STAN itu semuanya murni tanpa ada neko-neko ataupun kongkalikong. Aku sendiri gak pernah dengar tuh. Lalu kenapa kaka tulis judul artike “pembahasan soal STAN 2016”. Tentu punya dasar dan alas an yang kuat.

Judul tulisan ini memang sengaja ditulis seperti itu dengan dua alas an utama. Pertama, untuk menghindari adanya praktek penipuan dalam proses seleksi mahasiswa baru. Sudah tau kan kejadian memalukan tahun lalu bagi dunia pendidikan kita? Apakah itu? Tentu pembocoran soal UN 2015 secara online diunggah di google drive. Jujur gue sendiri punya perhatian besar pada perkembangan pendidikan bangsa ini.

Biarlah hal lalu terjadi dan jangan terulang kembali. Begitu juga jangan sampai kejadian tersebut terjadi dalam USM Sekolah Tinggi Akutansi Negara. Makanya dari itu, kakak bikin tulisan ini agar bisa mengingatkan adik-adik sekalian. Jangan pernah percaya pada oknum tertentu menawarkan soal atau kunci jawabannya. Apapun kata-kata dia untuk menarik minat untuk membayar ataupun membelinya jangan sekali kali percaya deh.

Lagi pula semua tahapan seleksi USM PKN STAN bisa dibilang bersih dari berbagai macam kecurangan. Seumur umur gak pernah dengar tuh kabar mengenai suap menyuap pada institusi tersebut. Sering dengarnya sih adanya drop out beberapa orang karena pencapaian nilai akademiknya tidak memenuhi pada saat dilakukan evaluasi belajarnya. Namun kabar tersebut menurutku bukanlah sebuah info negatif. Melainkan justru menggambarkan betapa ketat dan disiplinya penyelenggaraan pendidikan di kampus tersebut.

Pihak manajemen kampus memiliki perhatian yang tinggi terhadap prestasi akademik mahasiswanya selama mengikuti kegiatan perkuliahan setiap semesternya. Selain itu juga, akan menjadi motivasi bagia setiap anak didiknya agar serius belajar, memanfaatkan kesempatan belajar secara gratis dgn sebaik baiknya. Bayangin aja udah kuliah gratis lalu ditawarin pekerjaan yang sudah pasti dengan tingkat penghasilan cukup menggiurkan.

Jadi sebenarnya kakak di sini bukan memberikan pembahasan soal USM PKN STAN ya? Iyalah dek sayaang sama sekali tidak bertujuan sepeerti itu. Tujuan utamanya adalah memberhentikan praktek kecurangan serta aksi penipuan. Kan adek mengunjungi kata kunci tersebut, masuklah dalam blog kakak. Nah tinggal gue nasehatin, bawah sekarang belum ada. Selain itu jangan sekali kali percaya dengan soal serta pembahasan STAN sebuah periode bila ijian seleksi masuknya saja belum telaksanan.

Lalu apa tujuan kakak membuat artikel berjudul pembahasan soal STAN 2016? Okelah aye jelasin. Pertama yang harus diketahui bahwa di era reformasi ini setiap orang berekspresi pada berbagai media. Batasannya adalah tidak adanya pihak lain yang merasa dirugikan. Lah ini kan media online saya dalam bentuk blog. So saya boleh ngapain saja asalkan tidak ada pihak lain komplen atas sebuah kerugiannya.

Kedua, kaka sering banget melihat mengenai pembahasan soal STAN 2016 diberbagai sumber Internet. Anehnya, ujiannya tes masuknya saja belum ada, masa sudah ada aja pembahasannya. Pastinya sungguh aneh menggelikan ya?  Nah setelah diselidiki, tidak sepenuhya menyalahkan orang pembuat informasi palsu mengenai hal tersebut.

Kita juga harus berpikir rasional dong. Seperti pribahasa mengatakan dimana ada semut pasti gula disekitarnya. Nah cocok banget tuh. Engga mungkinlah orang membuat artikelnya belum ada orang mencari dengan kata kunci tertentu. Coba aja searching di google menggukan keyword pembahsasan soal USM PKN STAN 2016. Pasti akan muncul beberapa varian kalimat kunci pencariannya. Mungkin bisa ane bahas disini apa saja kata kunci yang sering keluar tersebut?

Adapun kata kunci sering muncul menggunakan kata kunci umum soal STAN 2016. Secara umum yang paling banyak menjadi target pancariannya adalah sebagai berikut:

  1. Soal USM PKN STAN 2016 serta kunci jawabannya
  2. Soal dan pembahasan USM PKN STAN 2016
  3. Download pembahasan soal STAN 2016
  4. Pembahasan soal PKN STAN Lengkap

Nah itulah keempat pencarian paling popular terkait dengan kelompok soal STAN 2016. Suatu hal yang tidak lumrah menurut saya. Balum terlaksana sudah ada saja beberapa induvidu mencarinya. Barangkali motif utamanya bisa ditebak yaitu ingin melakukan kecurangan. Kalau bukan iyaa lalu apalagi dong alasannya yang tepat?

Seperti ane di sini tidak akan terlalu banyak memnjelaskan mengenai motif serta tujuan dari penyebaraan soal USM STAN 2016 sebelum diselenggarakan tesnya. Namun yang terpenting adalah mengupas secara jelas dan setajam silet (lebaay bangeet deh) hehe. Silakan disima dengan sebaik baiknya penjelasan berikut ini:

  1. Soal USM STAN 2016 serta kunci jawaban

Bila kita lihat dari kata kunci tersebut, barangkali bisa sedikit diprediksi karakteristiknya. Bisa dikatakan orang tersebut malas karena tidak mau usaha sama sekali. Bayangin ajahanya ingin mencari kunci jawabannya.

Tujuannya dia tidak lain adalah agar nanti pas menghadapi soal tidak perlu repot menghitung atau memikirkan maksud dari setiap pertanyaan soaal. Bila berbicara kunci jawaban kan hanya berupak huruf-huruf jawaban setiap nomornya. Tanpa ada penjelasan problem solving tiap soalnya.

Karena kemalasannya untuk belajar guna mempersiapkan menghadapi ujian masuk makanya dalam kepalanya hanya memikirkan bagaimana mencari kuncu jawabannya. Bila mencari kunci jawaban soal USM PKN STAN 2016 saat sekarang sama saja berasumsi bahwa soalnya tersebut telah dibocorkan secara masif. Pikiran tersebut merupakan pemikiran seorang pecundang sejati. Seorang petarung (fighter) sama gak selayaknya demikian adanya. Seorang pejuang ulung akan terus berusaha menggapai impiannya secara fair.

  1. Soal dan pembahasan USM PKN STAN 2016

Kalau yang ini sama saja dengan poin kata kunci pencarian sebelumnya. Cuma bedanya masih ada sedikit usaha yaitu ingin mendapatkan pembahasannya. Namun tetap saja kepalanya terisi oleh pikiran kotor. Sama saja curangnya yg terpikirkan. Bila pembaahasannya telah menyebar sebelum terlaksanya ujian sudah bisa dipastikan ada kegiatan pembocoran. Entah dari mana asalnya serta siapa oknum yang melakukan hal kriminal tersebut.

Akan tetapi saya ragu bila soal dan pembahasan soal USM STAN tersebut asli. Malah ane berpikir itu hanya bodong untuk menipu peserta calon mahasiswa. Alias tindakan tersebut termasuk kejahatan dengan membidik kalangan intelek muda. Namanya juga oknum penjahat banyak saja cara serta triknya dalam menipu. Kenapa saya yakin bahwa tidak akan ada soal PKN STAN bocor? Karena sistemnya sangat ketat dan bersih dari berbagai hal-hal negatif. Selain itu juga, engga pernah pula deh banyak kegiatan manupulasi dalam penentuan kelulusa peserta tes.

  1. Download Pembahasan Soal STAN 2016

Nah apalagi poin ketiga sama aja maksudnya dengan butir pertama dan kedua. Hanya berbeda topengnya saja tapi isi dalamnya sama yaitu tidak jujur dalam mengikuti rangkain seleksi STAN. Hanya secara terminologinya saja yang berbeda. Kalau download pembahasan soal STAN 2016 adalah proses untuk mendapatkannya. Jadi orang bersangkutan melakukan pencarian di google guna mendapatkannya. Biasanya para pelakunya memasukkan /menggunggah ke berbagai situs penyimpanan dokumen (document storage). Nah tinggal pencarinya tinggal mengunduhnya pada website tempat menyimpannya tsb.

Tapi ane yakin banget bila engkau mencarinya dengan kata kunci download pembahasan soal usm PKN STAN kaga bakalan ketemu karena tidak ada pernah ada yg bikinin. Kalau memang ada, kerjaan tersebut hanya buang-buang waktu saja. Kenapa? Saya yakin calon peserta tesnya adalah orang-orang yg sudah berpikir secara bijak. Pasti dalam pikirannya “bagaimana ada pembaahasan, soalnya aja belum ada, ngaco nih orang” atau bahkan tak sedikit langsung mencap bahwa info tersebut adalah upaya menipu. Kasiah deh lu.

Kalau beredar penyelesaian soalnya beberapa bulan setelah selesai pelakasanaan ujian tertulis sekitar bulan juni 2016 atau lebih, barangkali masih bisa dipercaya. Mungkin tujuannya untuk berbagi ilmu trik dan tips menjawab soal ujian PKN STAN. Tapi kalau sebelum itu, wah percuma aja deh, enggak bakalan pernah ketipu broooi. Sekarang orang-orang sudah pada cerdas serta berpikir secara bijak.

  1. Pembahasan Soal PKN STAN Lengkap

Mungkin yang ini paling logis dalam mencari informasi dim bah google. Dikarenakan tidak disebutkan secara spesifik tahun berapa. Kan bisa aja 2015, 2014, 2013, 2011 ,2010, 2009, atau malahan sebelum sebelumnya. Jadi masih sangat logislah. Bila menggunakan kata kunci teersebut, kemungkinan dia orang yang rajin belajar serta semangat untuk mengejar impiannya. Ia ingin sekali masuk lulus STAN 2016 oleh karena itu, berusaha keras untuk menggapainya.

jawaban soal STAN 2016Aku harap ente sedang membaca ini termasuk pengunjung blog www.herniawan.com datang kata kunci pembahasan soal PKN 2016. Kalau memang benar, aye dapat hadiah dari gue yaitu dido’ain agar bisa lulus nantinya. Yah berarti kalau bukan enggak dapat do’a dari abang ya? Iya do’anya kebalikan karena sudah berniat untuk curang. Kasian deh elu wkakwkwkwka. Tega banget sih bang? Hehehe ya enggalah dek, kakakmu neh hanya becanda sayang. Aku do’ain supaya sadar akan niatnya yg kurang terpuji serta bisa dimudahkan lulus jugaa ya.

Aku saranin agar mieninggalkan atau buang semua pola piker yang penuh dengan keinginan untuk melakukan tindakan curang. Coba berpikir kalau seperti itu nanti akan diwariskan pada anak-anakmu nanti. Belum lagi menjangkiti tatanan serta karakter masyarakat sehingga secara tidak langsung ikut andil dalam menciptakan komunitas berkarakter buruk. Apa mau seperti itu?

Tips Mengerjakan Soal USM PKN STAN 2016

Okey setelah menjelaskan panjang mengenai pembahasan soal STAN 2016, gw juga pengen sekalian ngasi tips mengerjakan soalnya. Sebenarnya sih sudah sering ane kasi kok lewat tulisan sebelum sebelumnya hanya saja untuk tahun 2015. Pada dasarnya sama saja. Disini sedikit diulas lagi karena mulai periode sekarang sedikit ada perubahan pola pelaksanaan seleksinya. Yaitu adanya tes kemampuan dasar (TKD). So hanya membahas sedikit tambahannya sajaa deeh. Semoga beberapa tip berikut bisa memberikan pengetahuan dan pencerehan bagi adikku sekalian yang akan berjuang di medan laga seleksi masuk perguruan tingga kedinasan (PTK). Insya Allah bila dilaksanakan dgn serius biasanya mampu memberikan hasil optimal.

Lebih tepatnya ini disebut dengan tips mengerjakan TKD nya saja. Untuk sesi lainnya sudah diulas pada artikel lainnya. Bila pernah mengikuti atau menjawab soal tes tertulis STAN, secara gak langsung kalian sudah pernah mengerjakan salah satu bagiannya yaitu tes intelegensia umum (TIU). Nah tinggal TWK dan TKP nya saja. Khusus bagian pertama tidak jauh dari pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan waktu SMA. Ya tinggal dibaca baca ulang saja catatannya semasa sekolah menengah atas.

Nah untuk bagian terakhirnya yaitu TKP sedikit mirip dgn tes kejiwaan. Lebih pada mengikuti karakter setiap orang bagaiman sifatnya apakah sesuai dengan tuntutan serta persyaratan mental sesuai dgn yang telah ditetapkan. Jadi tidak selamanya orang baik akan lolos, harus diperhatikan juga karakterpribadinya. Untuk menjadi abdi Negara dimana kewajibannya melayani masyarakat diperlukan seseorang berkarakter serta mental positif.

Bila ingin belajar soal-soal TKD lancar bisa membuka situs KafePelajar.com. Situs tersebut menyediakan banyak video tutorial interaktif pembahasan soal-soal termasuk TKD nya juga. Belajar menggunakan Kafepelajar insya Allah akan lebih efektif dibandingkan hanya belajar sendiri menggunakan buku teks yang dibeli di took –tokoo buku.

Seperti itulah informasi mengenai pembahasan soal USM PKN STAN 2016 bisa ane tulis disini. Semoga mampu memberikan pencerahan sehingga tidak menjadi bagian dari pelaku kecurangan. Bila ada menawarkannya, kemungkinan besar hanyalah penipuan karena ingin mendapatkan uang. Sistem seleksi di kampus tersebut sangatlah bersih dari berbagai bentuk praktek curang. Akhirnya saya do’akan semoga adik sekalian sukses tembus sekolah ikatan dinas bidang akutansi negara tahun ini. Kalau udah pada berhasil masuk pasti pada semuanya senang deh. Ya iyalah semua bergembira bila nantinya berhasil. Siapa yang gak riang jika mampu menggapai impian besar..heeehe. Seluruh anggota keluarga akan menyambut informasi seperti itu dengan kegembiraan luar biasa seperti ortu serta saudara kita tercinta. Kepercayaan diri juga akan meningkat sehingga menghadapi tantangan lebih berat kedepannya nanti. Amiiin, Insya Allah.