Pembahasan Soal USM PKN STAN

iklan kape

Sebagai intro artikel ane, boleh agan maupun aganwati menyimak video pembahasan soal USM PKN STAN berikut setelah paragraf pertama tulisanku ini. Bagi lulusan SMA yang telah mendaftarkan diri sebagai calon peserta ujian seleksi masuk (USM) Politeknik Keuangan Negara STAN tentu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tertulis sebagai salah satu tahapan proses seleksinya. Ane yakin agan yang sedang membaca ini adalah salah satu di antara sekitar puluhan hingga ratusan ribu pendaftar calon mahasiswa. Agar bisa mememuluskan masuk perguruan tinggi ikatan dinas tersebut harus mampu bersaing dengan peserta lainnya maka pelajarilah pembahasan soal USM PKN STAN dengan serius. Kompetisinya juga bisa dibilang sangat ketat. Oleh karena hal tersebut maka perlu strateginya. Apakah strategi agar lulus? Dikarenakan tahap pertama adalh tes tertulis, maka belajarnya harus serius.

Mungkin agan maupun aganwati pembaca sekalian bingung mencari tips belajar agar mampu menguasainya. Tenang dong tidak usah terlalu bingung gitu. Ada kok tipsnya. Apa sih tip yang ana maksud? Pelajari saja pembahasan soal USM STAN selama lima tahun kebelakang. Misalnya saja sekarang 2016, maka yang harus dipelajari adalah 2010, 2011, 2013, 2014, dan 2015. Loh kok tidak ada tahun 2012 gan? Iya benar karena pada periode tersebut tidak ada pembukaan penerimaan mahasiswa baru.

Mungkin pembaca sekalian bertanya kenapa harus lima tahun terkahir? Sebab biasanya soal yang keluar secara konseptualnya tidak jauh berbeda dengan soal-soal tahuun sebelumnya. Jika ente semua memiliki setidaknya tiga soal thn kebelakang lalu dibandingin, past deh dapat sebuah kesimpulannya bahwa konsep dan tipe soalnya antar tahunnya hampir mirip. Hanya redaksi kalimat ataupun angka angkanya saja yang berbeda.

Tujuan tulisan ini sebenarnya adalah ingin memberikan tips dalam memahami serta belajar pembahasan soal STAN. Setiap melakukan sesuatu tentunya harus ada ilmunya kan? Makanya di sini anee sedikit berbagi sedikit tips deh. Trik menjawab soal-soal sangat berpengaruh terhadap nilai skor yang diperoleh. Dengan strategi menjawab yang benar akan membantu meningkatkan asa rekan sekalian agar lulus menjadi mahasiswa PTN plat merah tersebut.

Sebelum ane bahas lebih jauh mengenai tips mempelajari pembahasan soal USM PKN STAN, sekiranya perlu kasi lihat dulu bagaimana sih cara mengerjakan soal USM STAN secara benar. Berikut ane perlihatkan penampakan video trik pengerjakan soalnya.

Nah seperti itulah beberapa contoh cara menjawab soal tes STAN. Semua yakin dan setuju cara penyelesaian dalam video tersebut sangatlah menarik. Keyakinanku juga semakin besar bahwa pembaca sekalian bertanya tanya mana bagian lainnya (nomor lain), kok cuma sedikit sih? Bila ingin mendapatkan video lainnya bisa kunjungi langsung website pembuatnya yaitu www.KafePelajar.com.

Hehe kok jadinya promosi? Ya gak apa-apalah, namun sama sekali bukan promosi murni kok bos. Setidaknya melalu artikel sederhana ini aye sedikit berbagai mengenai tips balajar pembahasan soal PKN STAN secara benar, efisien guna menhasilkan pemahaman maksimal. Lagipula salah satu tim KafePelajar.com adalah ane sendiri kok. Nah inikan website pribadiku, wajarlah kalau dipakai buat promosi dikit. Meskipun tujuan utamanya adalah menulis berbagai informasi serta kabar terupdate seputar dunia pendidikan. Tapi kalau memang masih ada peluang lain yang bisa dioptimalkan untuk pendapatan kenapa gak dilakuin?

Baca Juga  Belajar Pembahasan Soal USM STAN Dengan Video Tutorial

Hal Penting Sebelum Belajar Pembahasan Soal PKN STAN

Oke kita lanjut masalah belajar soa-soal USM PKN STAN. Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu semua seluk beluknya. Dengan tahu semuanya sama saja seperti dalam berperang, kita telah mengenal lawan baik kekuatan, kelemahan serta cara melumpuhkannya. Hal apa saja yang perlu diketahui? Simak paparan ane berikut ini:

  1. Soal USM PKN STAN terdiri dari TPA dan TBI
  2. Persaingan Tes tertulis Sangat ketat

Nah dua tersebut di atas sangat penting untuk diketahui sebelum kita bahas lebih jauh mengenai pembahasan soalnya. Melalui pengetahuan kedua hal tersebut tentu akan memberikan wawasan serta motivasi kuat untuk serius belajar. Untuk lebih jelasnya akan ane bahas secara detail keduanya.

  1. Soal USM PKN STAN terdiri dari TPA dan TBI

Soal yang diujikan pada seleksi tertulis calon mahasiswa PKN STAN terdiri dari dua bagian utama yaitu tes pontensi akademik (TPA) dan tees bahasa inggris atau sering kali disingkat dengan TBI. Dari masing-masing keduanya terbagi dalam beberapa kategori. TPA sendiri meliputi verbal, aritmatika, pola barisan dan gambar, logika serta analitik. Sedangkan bahasa inggris terdiri atas written and structure, eror recognition and reading compheresion.

  1. Persaingan Tes Tertulis STAN Sangat Ketat

Mungkin hampir semua tau bahwa institusi pendidikan tersebut merupakan perguruan tinggi ikatan dinas terfavorit bila dibandingkan sekolah kedinasan lainnya. Mau tau buktinya? Bisa dilihat dari jumlah pendaftar tiap tahun bisa mencapai lebih dari seratus ribu orang. Tentuk bukan jumlah sedikit. Urutan kedua ditempatin oleh STIS, IPDN, lalu Akpol dan Akmil.

Besarnya peminat tersebut otomatis akan melahirkan tingkat persaingan tinggi sehingga perlu usaha keras untuk mencapai impian kuliah di PKN STAN. Berdasarkan pengalaman beberapa tahun belakangan, peluang lulus tes tertulis berkisar antara satu hingga dua persen. Tentunya harapan lulus sangat kecil sehingga ente kudu harus berusaha ekstra.

Tips Belajar Pembahasan Soal USM PKN STAN

Nah sudah pada tau kan kondisinya, so lu semua mestinya bekerja lebih keras lagi. Masa punya mimpi besar tapi kaga mau berjuang dapatinnya sih bro? Sebuah keseksesan butuh pengorbanan untuk mendapatkannya. Seperti gitu kata orang hebat mah. Lalu gimana dong kak? Apa ada saran cara belajar yang tepat? Baiklah sekarang aye akan mencoba bahas tips belajar pembahasan soal USM PKN STAN:

  1. Pelajari Materi STAN Secara Serius

Agar bisa lancar memahami setiap pembahasan soal PKN USM STAN hal terpenting harus kalian perhatikan adalah penguasaan materi dasarnya. Tanpa memahami konsep serta teorinya, maka sudah pasti kalian bakalan kesulitan memahami setiap penjelasan penyelesaian soalnya nanti. Memang cara pengerjaannya lebih mengedepankan logika dari hanya sekedar menghafal rumus, akan tetapi penguasaan materi fundamental sangatlah penting.

Baca Juga  Pembahasan Soal PKN STAN 2017 Mudah Dipahami

Materi apa saja perlu dipelajari agar lancar belajarnya? Sebenarnya kebutuhan kemampuan materi enggak terlalu tinggin-tinggi amat kok. Pelajaran matematika dan bahasa inggris SMP aja bila sudah dikuasai betul tentu tak akan menghadapi masalah serius. Dijamin deh saat ketika latihan soal, ente semua akan merasakan simple pas mencoba mengerjakannya.

  1. Kumpulkan dan Pelajari soal USM PKN STAN Lima Tahun Terakhir

Nah ini sangat perlu mengumpulkan lima paket soal USM PKN STAN.Saran tersebut didasarkan pada setiap ujian maupun tes apapun tipe soal biasanya hamper mirip dengan tahun-tahun yang lalu. So akan sangat membantu banget deh bila kalian pelajari. Perdalam saja kelima pakeet tersebut. Ingat kualitas belajarnya lebih baik dari pada frekuensi belajar. Tapi belajarnya jangan jarang-jarang banget juga keles. Lebai banget kalau jarang belajar meskipun dengan penuh keseriusan.

  1. Persiapkan dengan Baik Semua Kebutuhan

Sebelum mengikuti tesnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti urusan administrasi pendaftaran, serta semua perlengkapan lainnya. Agar tidak mengganggu proses kalian belajar pembahasan soal USM PKN STAN sebaiknya selesaikan atau siapin terlebih dahulu dengan sebaik baiknya.

Dalam belajar butuh perhatian dan fokus yang ekstra agar tidak terganggu. Bayangin aja ketika mempelajarinya kalian masih terganggu oleh berbagai pikiran belum ini itu. Pastinya perhatian terpecah serta membuat kegelisahan dalam hati, panik, tak tenang. Maka oleh karena hal tersebut selesaikan semuanya misalnya lakukan verifikasi sebagai peserta USM, lengkapi semua barang-barang/ perlengkapan yg akan dipergunakan selama tes nanti.

  1. Jangan Lupa Berdo’a

Selain berusaha, berdo’a juga adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan agar dapat meperlancar semua usaha dan kerja agan semua bisa lulus masuk PKN STAN. Do’a sangat penting sebagai bentuk penghambaan kita kepada Allah SWT. Karena semua yang kita nikmati serta perirstiwa teralami dalam hidup ini bisa terjadi karena atas ijin dan kehendaknya. Hanya dialah yang akan bisa merahmati, memberkahi kehidupan umat manusia di muka bumi.

Kenapa penting berdo’a? Tentu penting sekali deh. Berkat do’a hati akan terasa tenang, nyaman, tanpa dihantui oleh berbagai rasa gelisah. Lewat do’a juga membuat kita selalu ingat kepada sang khalik maha pencipta. Jika selalu mengingatnya maka Allah akan memudahkan segara usaha aggam sehingga harapan lulus semakin besar loooh.

Nah seperti itulah tips serta trik belajar pembahasan soal USM PKN STAN. Nah sekarang ane akan memapatkan satu atau dua ake soal dalam bentuk penguraian soalnya serta contoh cara penyelesaiannya. Tujuannya tidak lain untuk memberikan inspirasi bagi lu semua agar mampu menjawab soal dengan cara super kreatif. Dalam penjelasannya dibawah ini insya Allah akan mampu memacu logika kalian berpikir secara logis ketika berhadapan dengan soalnya.

Pembahasan Soal USM PKN STAN 2015

Sekarang tahun 2016, maka soal terakhirnya adalah yg diujikan tahun lalu yaitu 2015. Makanya pada bagian ini aye sedikit membicarakan pengen soal USM STAN 2015. Apa saja sih yang ane bahas di bagian ini? Yah tentunya intinya dong gan. Memberikan beberapa contoh soalnya lalu berikutnya diikuti dengan pembahasannya. Untuk lebih jelaasnya seperti ini soalnya tahun lalu ane berikan contohnya seperti berikut:

Baca Juga  Pembahasan Soal STAN Lengkap Format Video Mudah

123, 146, 192, 284, 368, 436, ……

A. 499

B. 497

C. 449

D. 472

E. 512

19, 9, 10, 2, 8, 1, ……

A. 5

B. 3

C. -4

D. -3

E. 7

B, Y, D, T, H P, …….., ……..

A. O, N

B. N, O

C. M, P

D. N, M

E. P, N

Soal dan Pembahasan USM STAN 2014

Nah untuk melengkapinya ane berikan juga penampakan soal USM STAN 2014 beserta pembahasannya. Kenapa harus anee tambahin? Biar lebih variatif dikit lah, takut juga dibilang pelit heheheheeeh. Langsung aja ye ane tunjukin seperti apa soalnya. Silakan simak sendiri berikutnya diiukuti dgn videonya secara jelas.

Sekilas Tentang KafePelajar

Oke ane kan udah ngasi tips serta pembahasan soal USM PKN STAN. Pada ulasan di atas terlihat beberapa video cara penyelesaian dilakukan secara praktis dengan langkah-langkah kreatif. Pasti pada pengen dapatin videonya secara penuh kan? Yah kalau memang benaran pengen bisa kok, tinggal kunjungi aja situs resminya. Alamatnya KafePelajar.com atau bisa searching menggunakan mbah google dengan mengetikkan kafepelajar. Insya Allah bakalan ketemu kok.

Mungkin penasaran seperti apa sih situs tersebut? Kalau ane boleh saran nih ya mending kunjungi langsung aja biar bisa lihat sendiri daripada hanya sekedar ceritaku aja. Kalau sudah melihat dengan mata kepala sendiiri tentu memiliki kesan sendiri loh. Tapi untuk informasi lebih awal tidak masalah deh dijelasin dulu di sini sekelumitnya aja yaaah.

KafePelajar itu adalah situs penyedia video multimedia pendidikan khusus untuk membahas soal-soal STAN. Muncul website tersebut sebagai jawaban atas permasalahan calon mahasiswa PTN tersebut dalam belajar mempersiapkan diri sebelum mengikut tes USM nya. Begitu besarnya antusias mereka sampai-sampai mereka bersedia membayar bimbel mahal hingga mengeluarkan biaya hitungan belasan juta. Sungguh kasihan, belum apa-apa sudah keluarin uang, padahal kuliahnya aja gratis looh.

Lah kenapa untuk persiapannya aja harus keluarin uang banyak sih? Nah oleh tim KafePelajar memberikan solusi dengan membahasa materi serta soalnya yang dikemas dalam bentuk video interaktif. Tentu belajar dari video lebih mengasikkan. Karena sistemnya audio visual sehingga daya serapan terhadap konsep pelajaran cepat banget masuknya.

Nah apa saja kelebihan pembahasan soal USM PKN KafePelajar? Banyak banget deh, kalau disebutin satu-satu secara jelas di sini mungkin tidak akan kuat ane ngetiknya. Yang jelas cara pengajarannya sangat simple, diajarkan bagaimana menyelesaikan soal dengan cepat disertai cara-cara super kreatif. Pembahasannya sangat logis karena memang lebih mengutamakan logika. Kalau mau sukses masuk ikatan dinas STAN, tak usah sungkan untuk bergabung dengan Kafepelajar.