Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2016 Lengkap

soal un bahasa indonesia feat

Hai pembaca sekalian dimanapun berada, hehehehe bisa abang tebak nih kalau kalian pasti lagi baca artikel pembahasan soal un bahasa Indonesia SMP 2016 lengkap, loh kok bisa tauh sih bang? Kaya paranormal aja hehehehe. Ya pasti tau lah kalau bukan tulisan ini pasti sedang membaca postingan buatanku neh.

Jadi ane bisa senang karena dua hal, pertama salut dengan generasi muda sekarang karena semakin hari semangat belajarnya cukup tinggi seperti kalian. Apa buktinya? Ya mencari sumber bahan untuk belajar dengan mengunjungi www.Herniawan.com ini. Sudah pasti aktivitas tersebut dilator belakangi oleh sirit besar untuk berusaha mendapatkan hasil yg jauh lebih bagus saat ujian nasional nanti.

Lalu hal kedua yang bikin aku senang setelah tau elu sedang membacanya adalah tulisanku ini ternyata dibaca juga artinya tidak percuma mengetik banyak huruf, kata serta kalimat pembentuk beberapa paragraf. Meskipun tidak terlalu mendapatkan hasil yang banyak, tetapi sudah memberikan kepuasan tersendiri karena menghasil sebuah karya yg bisa dinikmati oleh orang banyak.

Baik sekarang kita kembali lagi ke masalah utama yaitu pembahasan jawaban soal yang masuk UN SMP tahun 2016. Pelakasanaan ujian nasiona tersebut merupakan yang pertama kali untuk jenjang pendidikan tersebut untuk kurikulum dua ribu tiga belas (2013) atau sering kali disebut dgn kurtilas. Sehingga untuk pelaksanaan tahun selanjutnya yaitu 2017 merujuk pada pada periode yang baru saja lewat.

Maksudnya bagaimana ya bang? Aku ora mudeng maksudnya. Jadi begini loh adindaku tersyang, biasanya setiap orang mau belajar untuk persiapan ujian, pasti akan mencoba mengerjakan soal beberapa tahun sebelumnya. Banyak tahunnya yg dijadikan sebagai bahan latihan tidak hanya satu ataupun dua saja. Namu agar lebih terbiasa disarankan untuk berlatih dgn rujukan tiga hingga lima tahun sebelumnya.

Lalu untuk kurikulum SMP 2013 kan lulusan 2016 merupakan angkatan pertama, sehingga untuk peserta UN 2017 hanya bisa menggunakan soal yang pernah diujikan pada bulan Mei kemarin. Lalu yang sebelum belumnya engga bisa dipakai ya bang? Bukan engga bisa namun ada beberapa perubahasan yang terjadi. Namun bila kalian ingin banyak berlatih, bisa aja menggunakan beberapa periode sebelumnya, namun jangan pelajaran materi yg tidak dikeluarkan pada  ujiannya nanti.

Kembali ke judul postingan ini, jangan sampai kita berbicara sana kemari malah melebar ke hal yang lain pula. Di sini kan tujuannya ingin membahas soal UN Bahasa Indonesia 2016 lengkap dan rinci. Seperti biasanya, hal pertama ane lakukan adalah memberikan tautan untuk mengunduh soalnya. Maksudnya agar kalian membaca terlebih dahulu soalnya. Secara umum, pelajaran bahasa Indonesia yang sering dimasukan dalam UN kebanyakan berkaitan dengan pemahaman bacaan.

Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2016 Lengkap Semua Nomor

Nah sebelumnya ingin sekali deh abang kasi dahulu naskah soal aslinya lengkap semua nomor. Biar elu baca ataupun lihat soal asli ketika belajar dari pembahasan yang akan ane berikan berikut ini. Baik deh kalau begitu, pasti akan abang share kok. So kalian engga perlu menceri carinya di google atau apalah. Memang sih banyak yang membagikan linknya di website atau blog, namun tidak sedikit jg beberapa situs tersebut hanya menipu agar banyak pengunjung bahkan lebih parahnya lagi tautan yang diberikan hanya redirect layanan iklan tertentu, pastinya akan mengesalkan kan?

Oleh karena itu, sepaturnya kalian bersyukur karena menemukan blog kesayanganku ini dengan alamat www.Herniawan.com. Abang akan kasi soalnya sesuai apa adanya. Meskpun sebenarnya kalian harus membaca sampai selesai terlebih dahulu untuk mendapatkan soalnya. Yah namanya juga basa basi dikit lah, engga halaman ini hanya berisi tauah untuk mengunduh soalnya saja. Pasti engga seru kan?

Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2016 Pdf Lengkap

Kaya udah engga sabar ya untuk mendapatkan soal Bahasa Indonesia UN SMP 2016 pdf. Iya pasti setelah beberapa kalimat berikut elu semua akan dapatin soalnya. Oh ya ada untuk soal mulai ujian tahun 2017 nanti, aka nada dua cara pelaksanaan UN SMP yaitu Computer Based Tes (CBT) atau sering disebut dengan ujian nasional berbasis computer (UNBK). Lalu ada jenis kedua yakni pelaksanaan secara konvensional seperti sebelum belumnya menggunakan kertas lebih sering dikenal dgn istilah PBT (paper based test).

Nah apakah kaka memiliki semua soal untuk kedua jenis metode pelaksaan UN SMP tersebut? Jawbannya adalah “tida”, hanya memiliki salah satunya saja yaitu menggunakan kertas secara manual. Lah terus gimana dong kalau sy ujiannya pake computer aa? Oh untuk masalah tersebut sama sekali tidak masalah. Karena pada dasarnya soal yang diujikan hampir mirip. Kenapa bisa aku katakana hanpir mirip karena semua merujuk pada kisi-kisi UN SMP lengkap yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Hampir mirip ini bisa jadi angkanya saja yang diganti atau memang redaksional kalimat pun beda. Namun standar kompetensi kelulusan setiap butir soalnya insya Allah sama. So mekipun kalian sekolah di SMP yang nanti UN nya menggunakan computer, engga masalah mengunduh soalnya serta belajar pembahasannya pada blog ini. Untuk mendapatkan naskah asli tahun 2016 lengkap, selikan menekan (klik) gambar berwarna hijau berikut. Nanti akan diarahkan pada halaman www.google.com/drive jadi bisa elu dapatin deh.

Pembahasan Soal Bahasa Indonesia SMP 2016 Secara Rinci Lengkap

Sampai juga deh ke bagian inti yaitu pembahasan lengkap soal Bahasa Indonesia 2016 secara detail dan rinci. Sama halnya dengan pelajaran lain, akan dibagi menjadi lima bagian dimana setiap bagiannya terdiri dari sepuluh nomor:

  • Pembahasa Soal UN Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia 2016 No 1-10
  • Soal UN Bahasa Indoensia 2016 SMP dan Pembahasan Lengkap No 11-20
  • Soal Bahasa Indonesia UN SMP 2016 dan Pembahasannya No 21-30
  • Pembahasan Soal Bahasa Indonesia SMP UN 2016 No 31-40

Kelima bagian tersebut akan mengisi secara penuh artikel yang anda sedang baca ini. Pasti kamu akan berpikir bahwa hampir keseluruhannya mengenai pemahaman bacaan dari teks yang diberikan. Pikiran seperti itu tentunya muncul setelah kalian membacanya secara keseluruhan. Oke silakan dilanjutkan menyimak pembahasan soal Bahasa Indonesianya.

(1). Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2016 Nomor 1- 10

Soal Nomor Bahasa Indonesia SMP 2016. Gagasan utama merupakan konsep paling dominan yang menjiwai secara keseluruhan isi paragraf. Bila dibaca secara seksama dan benar, maka tentu kita akan bisa menarik simpulan bahwa gagasan utamanya adalah mengenai dampak penyakit gigi bagi kesehatan tubuh secara umum.

Nomor 2 UN SMP 2016 Bahasa Indonesia dan Pembahasan. Menanyakan kalimat utama yang terkandung dalam sebuah pragraf bisa diartikan sebagai kumpulan kata yang berisi ide pokok. Pada paragraf yg diberikan pada teks aslinya memuat topik tentang pelelangan kue pernikahan yang berusia tiga pulu 3 tahun.

Pembahasan soal UN Bahasa Indonesia SMP 2016 no 3. Berkaitan dengan intisari teks mengenai penokohan actor yg disebutkan.  Hal yang patut diteladani dari tokoh Jendral Sudirman adalah teguh pada prinsip dan keyakinan.

Pembahasan soal Bahasa Indonesia UN SMP 2016 nomor empat. Pemamahan bacaan terkait penceritaan seorang tokoh kemudian diminta menentukan hal yg teritimewah dari yg bersangkutan. Keistimewaan tokoh Ismail Marzuki adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia.

Nomor 5. Menentukan intisari dari sebuah wacana kemudia menarik kesimpulan yg paling tepat. Simpulan merupakan rangkuman dari keseluruhan isi paragraf. Simpulan bisa diketahui berdasarkan letak gagasan utama. Jadi, simpulan isi yang tepat terdapat pada pilihan D.

Nomor 6. Topik mengenai membentuk pernyataan yang tepat sesuai dengan teks bacaan yang diberikan pada soalnya. Nah bila diteliti secara serius, pernyataan yang paling sesuai dg nisi teks tersebut adalah tim dokter India melakukan pengangkatan kerangka janin yang berusia tiga puluh enam tahun.

Nomor 7. Studi perbandingan antara kedua teks yang tersajikan dalam soalnya. Perbedaan pola penyajian antara keduanya adalah teks 1 disajikan dengan urutan waktu sedangkan teks kedua 2 disajikan dengan urutan tempat.

Nomor 8. Materinya berkaitan kompetensi penarikan ringkasan teks. Pada bacaan yang dimasukin dalam soalnya adalah kebersihan lingkungan sekolah memberikan pengaruh positif karena membuat membuat warga sekolah menjadi nyaman dan sehat.

Nomor sembilan UN SMP 2016 nomor 9 bahasa Indonesia. Kepaduan sebuah paragraph dapat terbentuk dengan adanya hubungan keterkaitan antar kalimatnya. Supaya menjadi padu maka kalimat nomor empat harus dihilangin. Alasannya kalimat tersebut tak sesuai dengan pembahasan dampak sampah.

Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2016 nomor 10. Menanyakan perbedan kandungan dalam sebuah bacaan yaitu nilai moral yang ingin disampaikan. Letak perbedaan antara keduanya tepat pada pilihan C yaitu jangan mengejek kelemahan orang lain (I) dan saling membantu sesame teman (II).

Soal UN Bahasa Indoensia 2016 SMP dan Pembahasan Nomor 11-20

Pembahasan Soal UN SMP 2016 Bahasa Indonesia nomor 11. Ada teks bacaan membahas membahas hobi berkebun menyenangkan. Bisa berkreasi menanam tanaman yg disukai. Dapat pula dijadikan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sehingga akan menjadi lebih hijau, asri,  indah. Semuanya dapat tercapai melalui penanaman sayur mayor berwarna hijau. Pertanyaannya mengenai kepaduan kalimat pembentuk bacaannya. Padunya antar kalimat dalam sebuah bacaan terlihat saling keterkaitan antara satu dengan lainnya. Artinya tak memiliki hubungan jika disandingkan kaliimat terdekatnya. Untuk no ini kalimat yang tidak padu pada teks tersebut terdapat pada kalimat (5). Seharusnya kebutuhan itu dapat dilakukan dengan cara menanam berbagai macam tanaman sayur dan buah buahan.

Menentukan karakter dari seorang tokoh dari sebuah cerita. Pada percakapannya terlihat karakter mama sebagai seorang penyayang. Karakternya digambarkan pada kalimat nomor dua. Isi kalimatnya berbunyi “ mama tampak lebih khawatir lagi karena takut terjadi apa-apa padaku. Lalu mengajakku ke dokter”. Penokohan dalam sebuah naskah biasanya tak disebutkan secara eksplisit namun termuat pada penjelasan atau dialognya.

Hampir sama nomor sebelumnya menanyakan sikap. Sikap tentunya diengaruhi karakter. Namun soal sebelumnya lebih pada umum. Sedangkan ini menanyakan sifat kemampuan untuk menghadapi masalah tengah dihadapi secara spontan. Sikap terpuji dar tokoh Fati adalah semangat untuk sembuh. Tergambarkan pada kata katanya yg sama sekali tidak pernah takut untuk menjalani terapi meskipun dokter mengadakan kadang sakit.

Pembahasan Bahasa Indonesia UN SMP 2016 nomor 13. Watak adalah sikap yang dimiliki oleh tokoh. Watak Dokter Surya sesuai dengan kutipan cerita tersebut adalah tegas. Coba perhatikan ketika ada pasien butuh pertolongan. Saat ingin pergi disarankan oleh istrinya untuk enggak usah beranjak. Di rumaha saja karena di luar hujan lebat. Disarankan untuk menjaga kesehatannya sendiri karena kecapean. Bahkan istrinya juga menyuruh pasiennya ke rumah sakit aja. Tapi beliau dengan tegas untuk tetap menjalankan tugasnya tersebut.

Pembahasan UN Bahasa Indonesia SMP 2016 No 16. Sebuah karya sastra pastinya memiliki nilai kandungan moral di dalamnya. Jadi kita harus mampu memngambil pelajaran darinya. Amanat adalah pesan moral yang ingin disampaikan oleh penulis. Amanat yang tepat dalam kutipan cerita tersebut terdapat pada pilihan D. Awalnya memang Sandra kesal pada Winda karena ulahnya selalu bikin masalah. Namun dalam hatinya kenapa harus terus kesel, akan lebih baik dimaafin aja karena teman sendiri kok. Bahkan ketika temannya tsb sakit ia pun mengunjungi. Akhirnya si kawab pasti memiliki rasa simpati serta tidak iseng lagi padanya. Jadi memaafkan kesalahan orang lain agar tidak membuat hati tetap merasa kesal.

Dalam kehidupan pasti saja ada masalah. Sama pul halnya sebuah karya tulis ataupun cerita tentu ada pula permasalahannya terkandung pada isinya. Konflik pada dasarnya merupakan masalah terjadi dalam cerita. Konflik dalam kutipan novel tersebut adalah Sab kesal ditertawakan seisi kelas. Nah ketika si Sab mengantuk saat pelajaran berlangsung ia terbangun dan minta maaf karena tertidur. Lalu ibu gurunya menyuruh cuci muka agar tidak ngantuk. Tertawaan dari teman sekalasnya pun muncul sehingga ia merasa kesel banget.

Dikisahkan pertemanan di binatang di hutan lindung Amerika Serikat bernama Bee (lebah) dan Bear (beruang) antara keduanya terjalin kerjasama saling menguntungkan dimana beruangnya menunjukkan letak bunga memiliki nektarnya sedangkan lebahnya memberika persediaan madu temannya. Kendati banyak binatang lain di ekosistem tersebut tidak suka sama beruang, tapi teman akrabnya tetap mau berkawan setia. Pada satu hari lebah memiliki cadangan madu yg banyak untuk sahabatnya sebagai hadiah ulang tahun. Komentar adalah salah satu bentuk tanggapan. Dalam memberikan tanggapan sebaiknya tidak melenceng dari topik pembicaraan. Jadi, komentar yang tepat sesuai dengan isi teks tersebut adalah Bee binatang yang sabar.

Penggunaan tanda baca harus tepat agar tidak menimbulkan kebingungan bagi pembaca. Selain itu pula, kesalahan dalam penggunaannya justru akan menyulitkan ketika membacanya. Pada soal diberikan bidang organisasi yg digeluti oleh Otto Iskandar Dinata. Keaktifan organisasinya meliputi aspek pendidikan-sosial budaya- politik –dan ekonomi. Perbaikan penggunaan tanda baca teks tersebut adalah tanda hubung (-) diganti tanda koma (,).

Potongan cerpen isinya seorang tokok tidak sanggun lagi untuk berkata sepotong kata pun. Atas dasar itu ia menonaktifkan hpnya. Karena berbagai rasa bercampur, dia melemparnya jauh darinya. Dalam hatinya berkata “aku sama sekali tidak terlintas dalam pikirannya kalau dia akan berpindah”. Kabar mengagetkan tersebut tentu membuatnya merasa seakan akan kehilangan tulang belulang rangka yang menopang tubuhnya. Badannya pun terasa amat lemah sembari menggigit guling dalam genggamannya. Ditanyakan latar cerita singkatnya. Latar adalah tempat atau waktu terjadinya cerita. Latar dalam kutipan cerpen tersebut adalah kamar tidur. Hal itu ditunjukkan oleh peggunaan kata guling yang terdapt pada kalimat terakhir.

Soal UN SMP Bahasa Indonesia nomor 20 dan pembahasannya. Setelah sampai di rumahnya, Pak Mursalim tir, berpura pura seakan akan sakit. Saat ditanyai oleh sang istrinya, sama sekali tidak digubrisnya. Tentu saja instrinya takut. Dibuatkannya jagung rebus beberapa tongkol. Menjelang siang Pak Pembahasan UN SMP 2016 Nomor 20. Mursalim berkata, “ besok saya ingin menjual buah buahan dan sayuran seperti biasa, tak ingin bekerja lagi”. Iapun menambahkan “tidak enggak adil, kenapa orang lain senang dan bahagia, sedangkan aku gak”, lalu istrinya menjawab ”jangan seperti pa! siapa menyuruhmu bekerja lagi. Jangan menyalahkan Tuhan, padahal salahmu sendiri”. Nah apakah nilai moral yg dapat diambil dari bacaannya? Nilai moralnya adalah kita tidak boleh berbohong dengan berpura-pura sakit.

Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2016 dan Pembahasan Nomor 21-30

Soal UN SMP Bahasa Indonesia 2016 dan pembahasan. Beraduk campur pikiran buruk mempengaruhi kepala penuh kepenatan serta tubuh yg lelah. Atas kebingungan itu dalam hati pun ikut bertanya, kemanakah engkau wahai gadis kecil? Apakah bocah gendongan tuh sudah tewas? Indikator sebagai patokan pencarian demikian luasnya. Sang pencarinya bisa saja tidak menuruni lereng menuju ke lembah melainkan terus ke puncak atau berjalan jalan mengelilingi lereng, tersesat dalam fatamorgana hingga tenaganya habis. Simpulan akibat konflik dalam kutipan teks di atas? Kesimpulannya adalah  pencarian terhadap tokoh belum berhasil ditemukan.

Masalah penulisan baku menggunakan huruf kapital. Sebuah penelitian telah dilakukan untuk mengetahui penyebab terjadinya kanker di Negara itu. Pada pelaksanaannya telah melibatkan partisipan sebanyak dua belas ribu delapan ratus orang. Studi itu memfokuskan perhatiannya pada efek radiasi frekuensi selama ini disebut sebut sebagai pemicu penyakit tumor. Penulisan “Negara” salah karena enggak diikuti oleh nama negaranya.

Pembahasan soal UN Bahasa Indonesia SMP 2016 nomor 23. Topiknya penggunaan kata paling tepat untuk mengisi titika pada bacaan. Lemari es biasanya difungsikan untuk [………….] makanan dengan suhu di bawah temperatur standar untuk membuat lebih tahan lama. Tentu saja tindakan tersebut membuat makanan kita jauh lebih segar andaikan dibandingkan dgn menyimpan di ruangan biasa. Jadi kata paling cocok untuk mengisinya adalah “menyimpan”.

Soalnya ini hampir serupa dengan nomor sebelumnya, hanya aja untuk yg ini diminta melengkapi menggunakan kaliamat paling tepat. Seoarang anak diajak oleh keluarganya untuk pergi ke pantai. Di sana dia bersenang bersama sama dgn familinya. Banyak sekali kegiatanya menyenangkan seperti berenang, ia pun makan sambil bersenda gurau. Setelah puas diapun lekas pulang. Dalam hatinya berkata [……….]. Cocoknya adalah pilihan A yakni aku sangat bahagia serta menikmati liburannya.

Terdapat sebuah kaliamat berbunyi “Dari Timur, Matahari menyapuku dengan malu-malu”. Penulisannya terdapat kesalahan pada penulisan huruf kapital. Maka perbaikan yg harus dilakukan agar menjadi benar adalah: kata Timur huruf pertamanya seharusnya ditulis bukan kapital. Karena sama sekali tidak hal khusus pada arah mata angin.

Sebuah teks tentang peringatan kemerdekaan negara tercinta ini. Secara lengkap isinya seperti terlihat lanjutan kalimat dalam paragraf berikut. Hari Kemerdekaan ke-70 RI diperingati di pelosok –pelosok nusantara. (2) Beragam bentuk perayaan disiapkan untuk momen tersebut, seperti salah satunya adalah panjat pinang. (3) Mereka menganggap kegiatan itu dapat membangkitkan sikap cinta tanah air. (4) Akan tetapi tentu saja ada pihak beranggapan bahwa kegiatan serupa dianggap sebagai bentuk pemborosan karena menghabiskan banyak uang. Lalu soalnya menanyakan tentang kalimat pendukung persoalannya terletak pada nomor berapa? Kalimat mendukung persoalan bisa diartikan dengan pernyataan setuju dengan masalah yang sedang dibicarakan. Jadi, kalimat yang menyatakan dukungan terdapat pada nomor (3).

Pembahasan UN SMP Bahasa Indonesia 2016 Nomor 31-40

Soal UN SMP 2016 Nomor 31 dan Pembahasan. Mohon dibaca terlebih dahulu kalimatnya agar bisa mengerjakan soal dengan baik. “Banyak buku-buku di perpustakaan itu yang belum saya baca”. Penggunaan kataa banyak tentu saja salah. Apakah alasannya? (A) kata banyak tidak bagus jika ditempatkan di awal kalimat. (B) kta bannyak sama sekali tak menunjukkan jumlah secara pasti. (C) Sebuah kaliimat engga bisa didahului oleh kata bilangan. (D) kataa ulang buku-buku memiliki arti “banyak” loh.

Gagasan utama bacaan adalah hal pokok yang diungkapkan dalam suatu paragraf yang merupakan inti keseluruhan isi. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah Hidup sederhana. Kalimat utama biasanya terletak di awal paragraf, di tengah, atau di akhiryang memiliki makna umum. Kalimat utama paragraf kedua teks tersebut terdapat pada kalimat pertama, yakni perbedaan Brown dan Ahmad Dhani terletak pada medianya.

Opini adalah gagasan, pendapat, dan harapan seseorang mengenai suatu hal. Opini (pendapat) sangat dipengaruhi faktor diri seseorang. Kalimat yang berisi pendapat pada teks terdapat dalam kalimat ketiga paragraf kedua, dimana bunyinya ‘Brown bisa jadi menerima kritik dari kalangan gereja…..”. Kalimat yang berisi pendapat pada teks tersebut ditandai dengan penggunaan beberapa kata yaitu bisa jadi.

Fakta ialah hal yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada, terjadi serta ada buktinya. Pernyataan yang berupa fakta pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor 1: Kereta Api Kahuripan dari Bandung ke Kediri Anjlok di Desa Kaligunting Saradan Madiun, Jawa Timur. Terkandung pula dalam kalimat 3: Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kritikan terhadap Kepala Humas PT Kereta Api pada bacaan tersebut adalah Faktor kesalahan manusia juga harus diselidiki. Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut terdapat pada korban kecelakaan yang belum ditemukan.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut terlihat pada teks berita 1; berapa kapan – bagaimana, teks berita 2; kapan apa – berapa. Dua kalimatnya yang menyatakan fakta dalam kutipan tajuk tersebut terlihat pada kaalimat 2; Beliau lr. Soekarno. Kalimat 3, la telah melahirkan nilai dasar bangsa yang dinamakan Pancasila. Pada kutipan tajuk di atas, penulis berpihak pada presiden pertama Indonesia (Luar biasa presiden pertama lndonesia).

Gagasan utama tajuk tersebut adalah Swasembada bukan hanya keseimbangan pemasokan dan permintaan, tetapi juga berkaitan pula dgn urusan distribusi dan kemampuan masyarakat untuk mendapatkannya. Opini ialah pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang tentang sesuatu atau dapat menjawab pertanyaan bagaimana. Opini yang berlawanan dengan isi tajuk tersebut adalah lndonesia tidak akan mampu berswasembada pangan.

Simpulan atau kesimpulan merupakan ikhtisar dari suatu uraian yang memiliki sifat berupa pernyataan umum. Simpulan bacaan dapat ditemukan dengan cara melihat pikiran utama yang mendominasi suatu bacaan. Gagasan penting ini ditemukan dengan membacanya secara cermat. Pada tajuk tersebut berisi perbedaan pendefinisian mengenai swasembada beras, yaitu antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Pertanian, dan penulis. Simpulan yang tepat dari paragraf tersebut adalah “Antartokoh belum sepakat tentang maksud swasembada”.

Soal selanjutnya menanyakan fakta serta informasi dari sebuah tabel yang diberikan. Jadi kalia harus bisa menarik atau mengekstrak informasi penting dari tabelnya. Sehingga nanti bisa mengetahui hal yang perlu dipertanyakan mungkin muncul dari informasinya tadi. Pertanyaan yang jawabannya merupakan isi tabeltersebut adalah Berapa selisih BOS untuk siswa SMP denqan SD?.

Simpulan grafik yang berjudul Posisi Giro Masyarakat di Bank Umum (Januari-Mei2006, dalam miliar rupiah) adalah Posisi giro masyarakat mengalami peningkatan tajam pada bulan Mei. Berdasarkan peta,tersebut, perjalanan yang efisien menuju Graha Budaya bila berada di jalan Gatot Subroto adalah Menuju JalanAgus Salim belok kiri ke Jalan Basuki Rahmat.

Jenis citraan cuplikan puisi tersebut adalah penglihatan. Berdasarkan bait puisi itu, larik yang bermajas adalah “Hidup Pak Rambutan! Hidup Rakyat!” kata hidup diulang dua kali majas tersebut disebut repetisi. Tema puisi yang berjudul ladang petani tersebut adalah suasana di daerah pertanian. Pesan yang tepat adalah kita harus menuruti nasihat orangtua. Hal ini terlihat pada kalimat terakhir nasihat kakek “Sudahlah, Du. Kakek kan pernah menasihatimu lain kali tunggulah sampai mangga itu ranum, baru Badu boleh memetiknya.”

Bukti bahwa pelabuhan merupakan latar tempat dalam kutipan cerpen tersebut teradapat pada kalimat nomor satu yang berbunyi lelaki itu sejenak tengadah, kemudian memandang tali-temali kapal. Tatapannya lesu iauh menerawang ke daerah-daerah pelayarannva. Suasana tegang dalam kutipan cerpen tersebut ditunjukkan oleh kalimat nomor 5. Didi terkejut dibentak nenek. Dan kalimat 6, Aku bilang tunggu, tunggu! Kau tidak mengerti? Tunggu , sebentar lagi kakekmu pulang. Suasana kalimat tersebut menunjukkan kekesalan nenek terhadap Didi.

Amanat pada kutipan novel tersebut adalah ajakan menghargai kejujuran orang lain. Kutipan novel tersebut menggunakan konflik batin. Kalimat yang menyatakan hal tersebut terlihat di awal paragraf Bukan main letih hati Bu Kasim waktu itu yang memikirkan nasib suaminya. Simpulan kutipan novel tersebut yang tepat adalah kreativitas akan berguna bagi kepentingan orang banyak.

Latar kutipan drama tersebut adalah tempat praktik dokter. Kalimat tersebut terlihat pada “Sore. itu, seorang ibu menggendong anaknya yang usianya baru sembilan bulan ke tempat praktik Dokter Wira.” Watak tokoh Reni dalam kutipan naskah drama tersebut adalah pendendam. Kalimat yang menyatakan perwatakan tersebut adalah Reni: Sudahlah! Kalau menurut aku, sebaiknya kita protes diam. Kita mogok, nanti, kalau sekolah kita tutup tahun, kita semua diam. Bukti bahwa watak Jaya sombong dapat diketahui dari pernyataan Agus yang berkata “Jangan suka membusungkan dada, awas nanti kalau meletus.”

Kalimat yang kutulis dalam buku harian adalah Senin pukul 22.00 aku, ayah, ibu, dan adik adikku menyaksikan anak-anaak berboncengan sepeda motor. Biarlah bersenang-senang. lsi memo yang tepat dan sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah Wiwi. tolong ketik dokumen vang ada di meja saya pagi hari. Saya membutuhkannya segera. Terima kasih.

Susunan kalimat laporan yang sistematis menjadi bagian pendahuluan (latar belakang) adalah 3, 4, 1,2. Jawaban a menunjukkan jenis lomba, begitu pula jawaban b. Sedangkan jawaban c laporan kegiatan apa? Yang benar adalah laporan kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Bagian pembuka surat tersebut yang tepat adalah bagaimana kabarmu Yoga? Semoga kita selalu mendapat lindungan dari Allah SWT. lsi undangan yang sesuai ilustrasi di atas adalah Kami mengharapkan kehadiran Saudara pada tanggal 23 September 2005 di SMP Nusantara dalam rangka mengikuti gladi bersih.

Soal selanjutnya menjelaskan mengenai uruta serta prosedur sebuah aktivitas. Nah dalam hal ini tentang proses pembuatan tempe. Langkah ditempuh untuk membuatnya meliputi: (1) Pilih jenis kedelai yang kuning mengilat. (2) Cuci kedeelai dengan seraya diremas remas, rebus hingga setengah matang. (3) Bersihkan keedelai setengah matang sampai kulit biji lepas dan masak lagi sampai empuk, tiriskan sampai kering. (4) Campur kedelaai itu dengan benih jamur (ragi). (5) Masukkan kedelaii yang telah diberi ragi ke dalam kantong Plastik. (6) Setelah kurang lebih satu malam kedelai ditusuk- tusuk, biarkan sampai sekitar 36 jam dan tempe siap dikonsumsi.

Rangkuman yang tepat untuk teks tersebut adalah Hasil riset yang pernah dilakukan bahwa mengonsumsi sayuran dapat memperpanjang masa hidup manusia seperti Marie Louise Meillur 122 tahun.la adalah seorang vegetarian. Slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah Alamku. alammu, alam kita. mari sel.amatkan bersama.

Kalimat baris yang paling efektif dan sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah Dijual rmh Bukit Baruga Antang. harqa Rp300 juta 4 kt 2 km Ll 2 ha. Hub.57 7 2345. Jawaban b keterangan rumah kurang jelas, jawaban c kalimat kurang efektif terlihat pada kata mewah dan jika Anda berminat boleh datang, selain itu, tanpa ada disertai nomor telepon. Sedangkan jawaban d tak terdapat keterangan tempat di mana rumah berada.

Pembukaan sambutan ketua OSIS dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Rl yang tepat adalah saudara-saudara pengurus OSIS yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada saat ini kita dapat berkumpul guna membahas rencana kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan Rl. Jawaban b tidak tepat karena terlihat pada “dapat memeriahkan …. ,” jawaban c tidak sesuai, karena mengulas pengorbanan para pejuang, begitu juga jawaban d tidak tepat karena kalimat tersebut merupakan isi pidato saat perayaan, bukan pembukaan rapat OSIS.

Rumusan masalah yang tepat untuk karya tulis yang bertema Pemanfaatan Sabut Kelapa adalah Bagaimana cara memanfatkan sabut kelapa. Paragraf pengantar yang tepat untuk karya tulis dengan judul Narkoba dan Bahayanya adalah penyebarannya telah merambah segala lapisan. Tidak hanya mahasiswa saja, akan tetapi siswa SMP juga telah menjadi korban penyebarannya. Bahkan murid SD juga telah terkontaminasi. Oleh sebab demikian, perlu adanya penelitian tentang narkoba dan bahayanya. Jawaban a, c dan d tidak tepat karena kalimat-kalimat tersebut termasuk isi dari karya tulis.

Latar belakang karya ilmiah paling tepat berdasarkan identifikasi masalah tersebut adalah koperasi merupakan kumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama. Mereka berkumpul untuk berusaha dengan tujuan kemakmuran bersama. Terutama bagi para anggotanya. Jawaban b dan c merupakan keberadaan koperasi, sedangkan d jauh menyimpang karena membicarakan keadaan penulis.

Soal UN SMP Bahasa Indonesia 2016 ini berkaitan erat dengan cara penulisan sumber referensi karya tulis. Urutan penulisan daftar pustaka dimulai dengan nama pengarang, tahun terbit, judul buku, kota, dan kota penerbitan. Nah seperti aturan bakunya sehingga tidak bisa dibolak balik. Jadi harap diikuti kaidahnya agar nanti bisa mengerjaka soal secara tepat dan benar.

Pembahasan Soal UN SMP 2016 Bahasa Indonesia Nomor 40. Larik bermajas yang sesuai untuk melengkapi baris ketiga puisi tersebut adalah puncak kelapa melambai-lambai (majas personifikasi). Kata yang tepat untuk melengkapi puisi agar bersajak sama dengan larik pertama adalah dagu. Padanan kata topang adalah dagu. Jawaban untuk larik pantun yang baik bila disusun 4-2-1-3, yaitu Sebatang kayu daunnya rimbun (4) Lebat buahnya serta bunganya (2) Walaupun hidup seribu tahun (1) Kalau tak beragama apa gunanya (3). Nah dari pantun tersebut sebenarnya ada nasehat yg ingin disampaikan agar menjadi sumber pemahaman dalam menjalani ibadah kepada Allah SWT.

Nah seperti itu lah semua soal UN SMP 2016 pelajaran Bahasa Indonesia dan pembahasan lengkapnya. Harapannya bisa kalian pelajari sengan penuh keseriusan agar bisa serta terbiasa mengerjakan soalnya ketika menghadapi ujiannya nanti. Berdasarkan pengalaman sebelumnya pelajaran ini sering kali menjadi bidang studi dengan hasil paling rendah dibandingkan dengan lainnya. Memang terasa aneh padahal bahasa sehari dipakai tapi kok bisa seperti itu. Semoga melalui karya kecil ini saya bisa membantu menyediakan bahan belajarnya. Terima kasih.

Penulis: Herniawan.com

Pembahasan soal STAN berisi video pembahasan lengkap yang mudah dipelajari dan membantu calon peserta tes STAN agar mudah mengerjakan soal saat Tes USM STAN. Untuk mendapatkan pembahasan lengkap kunjungi www.KafePelajar.com