Pendaftaran PKN STAN 2016 Buka 21 Maret

iklan kape

Banyak sekali orang yang berspekulasi kapan waktu pembukaan pendaftaran PKN STAN 2016. Seperti saya katakana pada artikel sebelumnya bahwa untuk mendapatkan informasi tersebut sebaiknya kunjungi situs resminya. Nah barusan ane cek ternyata sudah ada pengumuman resminya. Yah bisa dikatakan lebih cepat untuk tahun sekarang. Bila dibandingkan peridoe sebelumnya baru dibuka pada bula Agustus. Tentunya akan membuat lega bagi para penantinya hehehe, senang deh pastinya.

info-pendaftaran-stan-2016

Namun ada sedikit perubahan untuk masalah prosedur pendaftaran dan seleksinya. Sekarang proses pendaftarannya harus melalui Kementerian Negarara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sebearnya bukannya hanya PKN STAN saja namun diberlakukan semua instansi yang memiliki sekolah atau institusi pendidikan ikatan dinas.

Yah memang hal tersebut barang kali bertujuan untuk merapikan sistem penerimaan calon pegawai negari sipil (CPNS). Sama halnya seperti tes CPNS umum non ikatan dinas, harus melalui MENPAN RB. Mungkin salah satunya bertujuan untuk memberikan transparansi dalam perekrutan abdi Negara. Namun sebenarnya untuk sekolah ikatan dinas seperti STAN dan STIS selama ini saya menilai prosesnya sudah cukup akuntable serta bersih dari kegiatan suap menyuap.

Akan tetapi agar dilakukan secara merata, maka proses pendaftaran semua sekolah ikatan dinas semua disatuin melalu instansi kementerian yang mengurus hal-hal berkaitan administrasi kepegawaian. So tidak tebang pilih mana yang banyak manupulasi maupun tidak. Saya yakin pasti masih banyak alas an lainnya yang lebih penting seperti memudahkan pengaturan masalah formasi pegawai.

Namun ada hal yang sangat penting ketika berada dibawah regulasi kementerian PAN-RB yaitu hanya bisa memilih satu satu sekolah ikatan dinas yang tersedia. Meskipun punya kemampuan yang bisa diandalkan, tetap setiap hanya bisa memili salah satunya saja. Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan pemerataan kesempatan belajar serta berkarya untuk bangsa dan Negara.

Bila tidak dilakukan seperti itu nantinya kemungkinan ada yg mencoba mendaftar lebih dari satu instansi misalnya dia lulus dua atau tiga. Pasti pilih salah satu dari yang menyatakan dia lulus. Nah lainnya ditnggal begitu saja padahal dia sudah mengalahkan orang lain dalam persaingan memperebutkan kesempatan pada institusi yang dia lepas. Pastinya akan mubazir dong hehehe.

PKN STAN Buka Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru

Secara resmi melalui pengumuman di halaman website utamanya, PKN STAN bukan pendaftaran 2016 pada tanggal 21 Maret ini. Waktu pendaftarannya bisa dilakukan sampai pada 3 April. So tinggal sebentar lagi ya sudah bisa mendaftarkan diri menjadi calon peserta tes masuk kampus tersebut. Bagi yang berminat tentu tidak boleh dilewatkan kesempatan tersebut.Sayang banget andaikan tidak dicoba untuk daftar.

Bila merasa memenuhi persyaratan maka sebaiknya abang sarankan untuk daftar saja. Namun jangan dilakukan setengah tengah ya adek. Usahakan diniatkan serta dilakukan dengan serius. Kesempatan kedua belum ada lagi untuk adek sekalian. So manfaatkan momen tersebut dengan sebaik baiknya. Siapa tau memang di situ rezeki dan jalan hidup adek nantinya kita gak akan tau toh? Lalu apa salahnya dicoba dulu.

Oke mungkin sekarang aku tidak mau terlalu banyak ngomong gini gono sebagai intro dari artikel ini. Karena pembaca sekalian membaca artikel ini tujuannya untuk mendapatk informasi mengenai kapan waktu pendaftaran STAN 2016. Tentu saya juga tak ingin pembaca setiaku akan kecewa dan close tab meninggalkan blog kesayanganku. Sebab tujuan utama gue bikin situs herniawa.com tidak lain untuk memberikan berbagai informasi actual seputar dunia pendidikan.

Baca Juga  KafePelajar Situs Video Pembahasan Soal STAN

Jadwal Pendaftaran PKN STAN 2016

Kayanya dari judul tulisan sedang ente baca mungkin sudah diketahui secara jelas kapan mulai dibukanya pendaftaran STAN 2016. Akan tetapi masalahnya bukan hanya kapan mulai dibukanya saja melainkan banyak hal lain harus diketehui. Untuk lebih jelasnya lihat jadwal penting berikut ini:

pendaftaran-pkn-stan-2016

  1. Registrasi website Menpa RB bisa dilakukan dari beberapa minggu lalu
  2. Pendaftaran online PKN STAN dilakukan pada tanggal 21 Maret hingga 3 April 2016
  3. Waktu pembayaran biaya registrasi sama dengan di atas namun batas terakhirnya 4 bulan Aapril
  4. Pengumuman hasil verifikasi administrasi dan pengambilan BPU 6 April 2016
  5. Tes tertulis 15 Mei 2015
  6. Pengumuman hasil ujian tertulis 25 Mei 2016
  7. Tes kesehatan dan dan kebugaran 30 Mei sampai dengan empat juni dua ribu enam belas
  8. Pengumuman tes kesehatan-kebugaran 15 Juni
  9. Tes kemampuan dasar 20 s.d 24 juni
  10. Pengumuman hasil TKD 29 Juni

Bila kita lihat jadwal pendaftaran dan pelaksanaan USM PKN STAN tersebut di atas bisa disimpulkan bahwa tesnya akan dilangsungkan sebelum bergulirnya seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). So kesempatannya sangat terbuka lebar untuk mempersiapkan diri sebelum tes masuk masuk PTN umum. Pelaksaan SBMPTN sendiri direncanakan pada tanggal 30 Mei 2016.

Diharapkan dengan adanya jadwal tersebut para peserta calon mahasiswanya mampu mengoptimalkan persiapannya guna menghadapi ujian seleksi masuk sekolah tinggi akutansi Negara. Tentunya akan terjadi persaingan yang cukup ketat karena dipastikan lebih banyak pendaftarnya nanti. Kenapa? Karena orang yang kurang minat kuliah di kampus ikatan dinas baru tersebut bisa jadi akan mencoba peruntungan mengikuti USMnya. Mungkin mereka akan berpikir sebagai cadangan ketika tidak lolos SBMPTN.

Atas dasar hal tersebut, setelah mengetahui adanya pembukaan pendaftaran PKN STAN 2016 dalam penerimaan calon mahasiswa baru harus berusaha lebih keras untuk memenangkan kompetisi. Bila tidak dilakukan dengan maka dapat diperkirakan ente akan kalah total nantinya. Hehehehe.

Cara Pendaftaran PKN STAN 2016

waktu-daftar-pkn-stan-2016Seperti aku ceritakan pada bagian awal bahwa pendaftaran STAN mulai tahun 2016 berbeda dari sebelumnya. Bila yang sebelum-sebelumnya pendaftaran secara online melalui website sekolah tinggi akutansi Negara dot ac.id namun sekarang harus dilakukan lewat situ menpan. Mungkin pada artikel ini ane tidak akan membahas secara jelas cara mendaftarnya. Insya Allah pada tulisan selanjutnya akan saya bahas secara khusus mengenai hal tersebut.

Ada apa gerangan tidak mau dibahas di sini? Simpel sih jawabannya yaitu agar tulisannya gak terlalu panjang. Kalau bacaan yang sangat panjang biasanya sangat membosankan. Kalau bosa nanti pada ninggalin deh blog ini padahal belum dibaca sampai kebawah. Ternyata bloggernya takut juga pembacanya kabur. Ya iyalah mameen, buat apa capek-capek ngeblog gak ada pengunjungnya. Hanya jadi aktivitas yang tidak berguna sama sekali.

Alasan lainnya adalah kebutuhan ide untuk tulisan berkutnya. Mencari ide penulisan blog bukanlah hal yg mudah. Nah kalau ada bagian lain dari sebuah artikel bisa dimanfaatkan sebagai topik postingan berikutnya. Dengan sedikit pengembangan topikserta disusun dengan kalimat yang unik bisa jadi artikel original baru. Begitu juga halnya dengan cara pendaftaran PKN STAN 2016.

Baca Juga  Cara Pendaftaran Online PKN STAN 2016

Kalau dibahas secara terpisah cara mendaftar STAN secara online tentu ane akan lebih leluasa menulis dan menjelaskannya. Tapi kalau digabung jadi satu kan membingungkan judulnya eh isinya kemana mana tanpa ada arah yang pasti. Jadi setiap tulisan harus ada batasan topiknya sampai dimana agar lebih fokus, terarah sehingga pembaca bisa mengetahui inti sarinya.

Pengumuman Pendaftaran STAN 2016

Dari pengumuman yang dikeluarkan oleh pihak PKN STAN ada beberapa hal perlu untuk diperhatikan. Saya akan coba jelaskan satu persatu secara rinci agar pembaca muda sekalian mendapatkan pengertian serta tidak melakukan kekeliruan saat melakukan proses pendaftaran. Ada beberapa hal penting terkait pengumuman pendaftaran STAN 2016 yang telah dikeluarkan pihak kampus secara resmi yaitu:

  1. Program Studi Pendaftaran PKN STAN 2016
  2. Persyaratan pendaftaran
  3. Tata cara pendaftaran STAN 2016
  4. Jadwal Pelaksanaan Ujian
  5. Pengumuman Hasil UJian
  6. Pendidikan dan Hal Penting Lainnya

Oke agar lebih jelasnya ane bahas satu persatu keenam hal tersebut di atas, namun khusus point ketiga tidak gue bahas secara khusus. Seperti disampaikan sebelumnya bahwa cara mendaftar akan diulas secara khusus pada kesempatan yang lain. So aye hanya membahas kelima poin lainnya. Lima poin tanpa gue bahas secara rinci pun bisa kalian baca sendiri dari pengumuman resminya yang bisa di download dengan klik gambar di bawah ini.

pengumuman-PKN-STAN

  1. Program Studi Pendaftaran PKN STAN 2016

Untuk tahun 2016 ini Politeknik Keuangan Negara STAN membuka Sembilan program studi yang terbagi dalam DIII dan DI. Barang kali adek sekalian bingung memilih salah satunya yang lebih tinggi atau mencari aman pilih DI. Semua pilihan tergantung pada kalian sepenuhnya. Kalau masih bingung bisa dibaca pada tulisannya berjudul DII atau DI STAN?. Adapun kesembilan program studi yang dibuka tersebut meliputi:

  1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara
  2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai
  3. Program Studi Diploma I Pajak
  4. Program Studi Diploma III Akutansi
  5. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara
  6. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai
  7. Program Studi Diploma III Manajemen Aset
  8. Program Studi Diploma III Pajak
  9. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/ Penilai

Nah itulah kesembilan prodi STAN disediakan oleh Kemeterian Keuangan Negara bagi putra putri terbaik negarai sebagi pengabdi bangsa sejati. Saat mendaftar biasanya bisa memasukkan tiga pilihan program studi yang diinginkan. Nanti sistemnya diurutkan berdasarkan skor peroleh dari semua tahap seleksinya.

Pada daftar program studi di atas terlihat ada jurusan yang memiliki prodi III dan DI sekaligus. Namun ada juga hanya memnyediakan DIII seperti Akutansi, Manajemen Aset, Serta Pajak Bumi dan Bangunan/ Penilai. Memang ketiga jurusan tersebut sangat dibutuhkan alumni berwawasan manajerial tinggi sehingga tidak di buka DI.

  1. Persyaratan Pendaftaran STAN 2016

Nah kalau bicara masalah persyaratan daftar, aku gak terlalu bahas panjang di sini karena bisa baca sendiri di pengumumannya atau melihat langsung tulisanku khusus mengenai hal tersebut. Secara umum persyaratannya tidak terlalu berat kok. Masih dalam taraf standar lah bro. Secara umum syarat-syaratnya terdiri dari usia, nilai akademik selama sekolah SMA, kondisi kesehatan badan dan kejiwaan, prilaku, serta komitmen untuk berbaksi pada nusa bangsa.

Baca Juga  Tips Lulus Tes Kesehatan Fisik STAN

Bila dilihat dari semua syaratnya tidak ada hal yang terlalu memberatkan bagi calon peserta tesnya. Mungkin ada merasa berat terkait masalah nilai. Saya rasa batas minimalnya masih cukup terjangkau oleh siswapsiswa SMA/ SMK pada umumnya. Kecuali sekolahnya sekali setahun mah baru bermasalah dengan guru ataupun pihak sekolah berakibat nilai dikasi sangat rendah.

  1. Jadwal Pelaksanaan dan Pengumuman Hasil Ujian

Mulai tahun ini terdapat sedikit perbedaan terkain tahapan ujiannya untuk masuk kuliah di kampus tersebut. Dikarenakan dikelola oleh Menpan-RB maka ada penambahan satu tahapan seleksinya yaitu Tes Kemampuan Dasar. Kalian harus ingat, jangan sampai lupa kapan waktu pelaksanaan tesserta pengumumannya.

waktu-pendaftaran-stan-2016

Untuk waktu pelaksanaan tesnya yang terbagi menjadi tiga bagian yakni ujian tulis diselenggarakan pada tangal 15 Mei. Tes kesehatan dan kebugaran berlangsung 30 Mei sampai dengan 4 Juni. Sedangkan terkahirnya akan dilakukan antara dua puluh sampai 24 bulan Juni 2016. Berdasarkan hasilnya tersebut, pasti deh kalian ingin mengecek agar bisa tau apakah kalian berhak masuk ke tahap selanjutnya atau tidak. Pengumuman tahap seleksi pertama 25 Mei, tahapan kedua 15 Juni sedangkan bagian terakhirnya diumumkan 29 Juni.

Terkait tempat lokasi pelaksanaan tesnya dilakukan di beberapa daerah tersebar pada berbagai propinsi Indonesia meliputi: Jakarta, Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Jambi. Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Palu, Makasar, Ambon, Sorong, dan Jayapura. Nah ada sebanyak 27 lokasi khusus tes tertulisnya.

Namun tempat tersebut tidak semuanya akan jadi daerah pelaksanaan tes kesehatan dan kebugaran serta TKD. Lalu bagaimana dengan daerah yang jauh? Ya mau tidak mau harus datang ke daerah yang telah ditetapin. Hal tersebut sudahmenjadi aturan dan tidak bisa diganggu gugat oleh pihak manapun. Adapun lokasinya hanya meliputi Jakarta, Medan, Pekanbaru, Palembang, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, dan Makasar. Jadi hanya kesebelas daerah tersebut dijadikan sebagai wilayah penyelenggaran proses seleksi tahap II dan III. Meskipun pada daerah tertentu tidak tersedia, akan tetapi penunjukkan wilayahnya tersebut sudah mewakili untuk daerah-daerah di sekitarnya.

  1. Pendidikan PKN STAN

Kegiatan perkuliahan akan dimulai pada tanggal lima bulan september 2016. Masa studi untuk DI selama dua semester sedangkan DIII selama 6 semester. Baik prdi DI maupun D3, bagia mahasiswanya yang tidak memenuhi standar kelulusan tiap semester akan dikeluarkan dari pendidikan. Penyelenggaraan kegiatan pendidikannya dilaksanakan di Kampus Politeknik Keuangan Negara STAN, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, dan/ atau Balai Diklat Keuangan seluruh Indonesia. Selama mengikuti perkuliahan, mahasiswanya tidak dikenakan biaya sedikitpun.

Setelah selesai lulus kuliah di PKN STAN, alumninya berhak untuk diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil di lingkungan Kemeterian Kuangan Republik Indonesia ataupun instansi lain baik di pusat mau tingkat daerah sesuai dengan formasi kepegawaian.

Seperti itulah informasi mengenai pendaftaran STAN 2016 yang bisa ane paparkan kepada agan semunya. Semoga bisa memberikan manfaat besar bagi pembaca sekalian. Sukses selalu yaaah.