Pendaftaran STAN 2017 Buka Sekitar Bulan Maret

iklan kape

Pendaftaran STAN 2017 sudah pasti informasi yang diinginkan oleh orang yang sedang baca artikel ini. Benar kan? Lah kok tau sih kakak? Ya iyalah kalau bukan demikian lalu apa dong yang ingin dicari selain hal tersebut pada judulnya. Kalian juga membaca tulisanku neh karena memang butuh kan? Ge er amat ya wkwkwkwk.

Sy jg tau kok kalao kamu semuanya punya keinginan besar untuk menimba ilmu di kampus kedinasan bidang akutansi keuangan negara tersebut kan? Loh kok kepo banget ya jadinya? Heheheheeeh. Agar bisa dapatin apa yang antum semua cari, usahakan disimak secara jeli dari awal hingga ujung akhirnya.

Sesuai dengan judulnya memang saya akan mengupas secara rinci mengenai topik di atas. Tentunya kalian enggak sabar juga kana untuk mendapatkannya. Namun perlu kalian tahu bahwa kaka menulis bacaan neh ketika masih baru baruu aja tes USM STAN 2016 selesai.

Baca Juga  Informasi Pendaftaran PKN STAN 2017-2018 Resmi

So bisa diartikan bahwa tulisan kaka neeh hanya sebuah perkiraan saja. Jadi jangan sampe dianggap kaka memberikan informasi sesat yah.

pendaftaran stan 2017

Maksud perkiraannya bagaimana tuh kakakku yang cakep? Kan tulisan ini dibuat jauh jauuh hari sebelum ada kepastian adanya atau tidak penerimaan mahasiswa kampus tersebut untuk tahun 2017. Nah kakaak hanya memperkirakan waktunya berdasarkan pengalaman periode yang sebelumnya. Ya tidak akan berbeda jauh sih waktunya, paling besa sehari hingga seminggu. Abang yakin perbedaannya tidak akan sampai hitungan bulanan deh.

Baca Juga  3 Jurusan STAN Favorit Paling Banyak Peminat

Jadwal Pendaftaran PKN STAN 2017

Seperti saya sampaikan pada bagian sebelumnya bahwa semua jadwal ataupun waktu yang disebutkan dalam artikel blogku hanya sebuah perkiraan berdasarkan pengalaman sebelumnya. Bila merujuk pada pelaksaannya tersebut, jadwal pendaftaran PKN STAN 2016 dibukan pada tanggal 21 Maret hingga 7 April. Akan tetapi waktu tersebut merupakan jadwal awal. Seingat ane pernah terjadi sedikit masalah terkait proses daftarnya.

Cara Pendaftaran STAN

Pada tahun lalu terjadi beberapa perubahan terkait cara pendaftaran mahasiswa baru STAN. Tidak seperti masa sebelumnya yang bisa dilakukan secara langsung online ke sistem penerimaan calon pesertanya. Bila dahulu bisa lakukan secara pengimputan data pada halaman website disediakan oleh manajemen kampus tersebut.

Berbeda halnya mulai tahun 2016, semua institusi pendidikan kedinasan yang masih dalam lingkungan sipil dikelola secara terpusat oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).Meskipun secara mendasar tidak terlalu banyak perubahan, namun bisa dikatakan alur prosedurnya mengalami perubahan.

Inti dari pendaftaran STAN tetap dilakukan melalu halaman resmi website PKN STAN, akan tetapi langkah awal yg wajib dilakukan adalah melakukan registrasi data berkaitan dengan kependudukan pada situs Menpann RB. Data pa saja yang akan dimasukkan nanti? Kalau saya perhatikan kemarin meliputi: Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat email dan tanggal lahir.

Selanjutnya nanti anda akan menerima pesan inbox di kotak masuk pada email yang diinput tadi. Pada Pesan tersebut terdapat link untuk melakukan registrasi atau pun username dan password yang akan digunakan untuk login ketika ingin mendaftar. Informasi itulah yang akan kamu gunakan untuk log in ke sistem pendaftaran yg tersedia di halaman pemerimaan mahasiswa baru STAN.

Kenapa prosedur daftarnya harus terintegrasi dengan Menpa RB? Semua hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pembenahan proses penerimaan mahasiswa baru sekolah kedinasan. Dengan cara tersebut akan lebih terjamin transparansi dari semua kegiatan penerimaan calon mahasiswa barunya. Jadi bukan hanya PKN STAN saja seperti itu namun masih ada enam perguruan tinggi plat merah lainnya.

Selain berkaitan dengan masalah transparansi rekruitmen mahasiswa baru, langkah seperti tersebut di atas bertujuan agat tidak ada calon peserta tes yang mengikuti beberapa sekolah kedinasan secara bersamaan. So bisa kita simpulkan bahwa pemerintah menginginkan kesama rataan antar setiap alumni sekolah menengah atas.

Seperti halnya dengan tujuan negara menginginkan asas keadilan dalam memperlakukan warga negara. Salah satu perwujudannya adalah memberikan kesempatan yang sebesar besarnya kepada setiap orang untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga serta mengurus Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kita sudah mengetahui sendiri bahwa mengurus negara dapat diwujudkan dalam bentuk pengabdian menjadi aparatur negara seperti pegawai negeri sipil (PNS).

Banyak langkah yang dapat ditempuh untuk menjadi abdi negara salah satunya adalah masuk sekolah kedinasan. Karena dengan cara tersebut, setelah lulus akan langsung diangkat menjadi calon pengawai negeri sipil (CPNS). Artinya secara tidak langsung, jika kita masuk kuliah di STAN sama saja kita ingin mengabdikan diri kita kepada negara tercinta ini.

Terobosan yang ditempuh pemerintah tersebut bisa diacungi jempol. Dengan langkah tersebut tidak ada lagi peserta tes bisa lulus pada beberapa perguruan tinggi kedinasan secara sekaligus. Hal seperti itu pastinya akan merugikan pihal lain yang nyaris lulus namun sedikit kalah bersaing dengan orang yang pertama. Sudah pasti akan terjadi kemubajiran bangku/ kursi kuliah yang tidak dimanfaatkan secara baik.

Apakah Ada Pendaftaran STAN 2017?

Mungkin ada beberapa sahabat pembaca muda sekalian bertanya tanya apakah ada pembukaan pendaftaran STAN 2017 dalam ajang penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran tersebut? Menurut aku sih pertanyaan tersebut suatu yang wajar untuk diajukan, mengingat institusi pendidikan tersebut pernah tidak membukanya tahuun 2012. Namanya butuh kepastian, ya tak menjadi masalah bila ingin mencari informasi yang jelas serta dapat dipercaya.

Lalu bagaimana dengan jawabannya? Apakah ada atau tidak? Juju yah saya sendiri tidak bisa menjawabnya secara pasti. Akan tetapi aye mampu menjawabnya hanya menganalisa dengan menggunakan beberapa pendekatan. Ada dua pendekataan yang gue pakai antara lain: pengalaman pendaftaran STAN 2016 dan kebutuhan pegawai lingkungan kementerian keuangan. Agar lebih jelasnya dari kedua analisa tersebut, aku jelasin secara rincii seperti berikut ini:

a.Pengalaman Pendaftaran STAN 2016

Bila dilihat waktu pendaftaran PKN STAN dua terakhir belakangan ini memang tidak normal seperti biasanya yg dibuka sekitar akhir Mei. Tahun 2015 saja pembukaannya dilakukan pada akhir bulan September. Perbedaannya bisa dikatakan sangat jauh. Lalu bagimana dgn 2016? Periode yang baru lewat secara waktu pelaksanaannya malahan lebih awal dari normalnya.

Selain perbedaanya terletak pada waktu, proses pendaftarannya pun berbeda. Jika dulu bisa dilakukan secara langsung mendaftar melalui halaman penerimaan calon mahasiswa baru secara online. Akan tetapi, yang terbaru kemarin prosedurnya harus melalui situs panitia khusus yang berada di bawah naungan kemenpan dan reformasi birokrasi.

Lalu apa apa hubungannya dengan pedaftaran STAN 2017? Sudah pasti ada hubungannya. Kalo tak ada korelasinya ngapain juga ak bahas masalah tersebut. Kemungkinan tahun ini akan dibuka lagi dengan waktu dan mekanisme persis sama dengan 2016. Memang tahun tersebut merupakan titik awal perubahan proses penerimaan mahasiswa baru bagi beberapa PTK. Rencananya kedepan akan terus dilaksanakan seperti demikian.

b.Kebutuhan Pegawai di Lingkungan Kemeterian Keuangan

Dasar analisa yang kedua adalah kebutuhan akan pegawai yang bekerja di Kemeterian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI). Terdapat banyak instansi, lembaga dan badan yang berada di bawah payung kelembagaan negara tersebut. Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa institusi tersebut mengurus serta mengatur berbagai urusan keuangan untuk negara ini. Baik penerimaan maupun pengeluaran belanja negara tidak akan terlepas dari kontribusinya.

Nah dari situ kita pastinya bisa menyimpulkan bahwa agar semua hal tersebut dapat berjalan dengan lancar tentu dibutuhkan tenaga professional terdidik serta kompeten di bidangnya. Jumlahnya dapat diperkirakan bukan berjumlah sedikit. Banyak sekali personil yang dibutuhkan untuk menjalankannya. Salah satu pegawai yg paling dibutuhkan adalah lulusan sekolah tinggi akutansi negara. Ya iyalah namanya juga kampusnya sendiri kok. Insitusi pendidikan tersebut dibentuk atas dasar kebutuhan kementerian itu sendiri.

Berdasarkan uraian sy di atas secara tidak langsung berarti bahwa untuk tahun 2017 pendaftaran tetap dibuka. Alasan kedua ini merupakan salah satu alas an terkuat. Negara ini sangat membutuhkan pengabdi yang selain jujur, bertanggung jawan serta komitmen tingg, juga dibutuhkan keahlian serta kemampuang yang memadai dalam menjalankan tugasnya. Hal tersebut dimaksudkan agar dalam menjalankan kewajibannya tidak menghadapi masalah serta siap hadapi tantangan. Bila berhadapan dgn sebuah masalah tentu dapat diatasi dgn sebaik baiknya.

Kapan Pendaftaran STAN 2017 Dibuka?

Okey setelah gw memberikan argument kemungkinan akan dibukanya pendaftaran STAN 2017, selanjutnya dihadapkan lagi dengan sebuah kalimat tanya yaitu “kapan tanggal pendaftaran STAN 2017?”. Sudah sy peridiksi akan ada pertanyaan kaya begitu. Ya saya kalau ditanya tentu aku harus menjawabnya dong. Kalo pembaca blogku dicuekin malah nanti pada gak mau kunjungi lagi deh, hehehehe. Tentu akan diberikan tanggapannya. Supaya tau semuanya, teruslah membaca tanpa terlewatkan satu jengkal huruf pun yah.

kapan pendaftaran stan 2017

Pertama, sampai saat artikel ini ditulis belum ada informasi mengenai jadwal tanggal pendaftaran STAN tahun 2017. Ya tentu sudah pastilah, orang nulis artikel ini aja sebelum semua rangkaian tes USM STAN 2016 selesai. Waktu yang sedang berjalan saja belum selesai masa sudah ada informasi mengenai yang baru sih. Aneh banget kan jadinya ckckckck. Artinya belum ada informasi resmi dari pihak kampus. Meskipun berdasarkan pendaketan analisa saya di atas masuk akal akan ada lagi tahun depan.

Masalah kepastian ada tidaknya semua tergantung pada keputusan pemangku jabatan pada kementerian yang bersangkutan berkoordinasi dengan Menpan RB. Lalu bagaimana cara dapatin informasi lengkap mengenai hal tersebut. Ya bisa dilihat langsung di halaman resmi situs www.pknstan.ac.id. Sumber tersebut sangat dapat dipercaya karena merupakan website resmi dari institusi yang bersangkutan.

Kedua, kendati pun demikian yang belum adanya informasi pendaftaran PKN STAN 2017, namun bila kita merujuk pada pelaksanaan tahun 2016 yang baru saja lewat, diperkirakan akan dibuka sekitar bulan Maret pada waktu tersebut. Kenapa bisa diperkirakan seperti itu? Karena pada periode yang baru saja lewat pembukaannya dilakukan pada akhir triwulan pertama. Itulah yang saya jadikan dasar utama dalam memperkirakannya.

Hati Hati Penipuan Pendaftaran STAN 2017

Sekalipun saya melakukan perkiraan mengenai pendaftaran PKN STAN 2017, sy tetap tidak bisa memberikan pernyataan resmi akan dibuka tahuun tersebut. Bisa jadi dibuka, kalaupu dibuka belum diketahui secara jelas. Namun hal terpenting yg harus kita lakukan adalah terus menunggunya. Akan tetapi ada hal yang perlu ane sampaikan selama anda menunggu waktunya datang.

Pengalaman sy beberapa tahun belakangan, sebelum ada pernyataan ataupun pengumuman resmi dari pihak kampus, kerap kali terjadi beredarnya kabar palsu yang tidak diketahui darimana asalnya. Kebanyakan dari info tersebut hanyalah bersifat spekuliatif belaka. Biasanya kabar angin seperti itu sengaja dilakukan oleh lembaga pendidikan informal seperti bimbel masuk STAN. Pastinya sahabat muda yg sedang membaca artikel tau dong apa tujuan mereka yang menyebarkan kabar palsu seperti itu.

Emang apa motif mereka? Kalau menurut saya pasti motifnya adalah keuntungan bisnis. Bayangin coba misalkan mereka memberikan informasi palsu mengenai pendaftaran STAN 2017. Jauh-jauh dari waktu yang biasanya ada pengumuman resmi, mereka sudah menyebarkan hal tersebut. Apakah kalian mengetahui tujuannya? Tidak lain adalah agar banyak yang mendaftar menjadi peserta les di bimbingan belajar tersebut.

Mereka akan memberikan informasi yang belum jelas, lalu dibagian selebaran tersebut, mereka juga melampirkan selebaran penawaran program persiapan belajar menghadapi tes ujian masuk STAN. Mereka beranggapan langkah tersebut merupakan cara yang efektif untuk melakukan pemasaran. Pertama tama kelompok tersebut menyebarkan kabar yang belum valid, selanjutnya disisipin dgn penawaran jasa mereka.

Sudah pasti disertai dengan kata serta kalimat persuasive seperti persiapan diri lebih awal agar bisa lebih siap menghadapi tesnya nanti. Jadi orang pasti akan berpikir persiapan lebih awal tentu akan lebih baik. Karena didasari dengan harapan agar bisa menggapai impian kuliah dikampus akutansi milik negara, mereka tentu akan segera mendaftarkan diri. Padahal kabar mengenai adanya pendaftaran STAN 2017 adalah palsu. Mungkin bisa dikatakan palsu karena belum pengumuman resmi dari pihak otoritas kampusnya.

Sekalipun nanti benar adanya penerimaan mahasiswa baru PKN STAN 2017, tetap saja dianggap sebagai pemalsuan informasi karena telah berani mengeluarkan kabar yang wewenang mereka. Sama sekali tak ada haknya untuk melakukan seperti demikian. Jadi saya ingatkan untuk terus berhati hati percaya informasi palsu. Meskipun tahun depan mungkin aka nada.

Persyaratan Pandaftaran STAN 2017

Baiklah, setelah aku berbicara panjang lebar mengenai ada tidaknya pendaftaran STAN 2017, pasti semuanya ingin mendaftarkan diri masing masiing agar bisa menjadi calon perserta tes USM kampus ikatan dinas tersebut. Memang sebelum daftar kita harus mengetahuinya secara keseluruhan agar nantinya tidak terjadi kesalah pahaman atau kecewa dikemudian hari.

Jadi begini, misalnya saja adek ingin mendaftar sebagai peserta tes masuknya. Namun km belum mengetahui apa saja syarat syaratnya. Lalu ente dengan tanpa berpikir panjang lakukan proses daftar. Lalu nanti ada tahap verifikasi bahan. Nah bila tidak memenuhi syarat, pada saat verifikasi bahan inilah baru ketauan. Tentu nantinya akan kecewa seandainya nanti digugurkan pada waktu melakukan pemverifikasian data diri.

Nah udah pada tau semua kan? Seperti itulah tujuannya kita harus tau secara keseluruhan. Lalu apa saja persyaratan STAN 2017? Oke deh, belum dijelasin udah ditanyai lebih dahulu, seru juga ya hehehe. Ini tandanya aye sebagai penulis berhasila mengarahkan pikiran pembaca setia Herniawan.com. Ya kalau sudah dimulai sub topiknya seperti itu, tentu gw harus membahasnya sampai selesai alias tuntas dong. Enggak boleh setengah tengah yee.

Bila kita berbicara mengenai persyaratan STAN 2017, pada dasarnya tidak terdapat perbedaan jika dibandingkan dengan yang sebelum belumnya. Mengapa ane bisa berkesimpulan seperti itu? Karena selama tima tahun terakhir, aku bandingin persyaratannya tidak terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Bahkan bisa dikatakan sama persis deh.

Mungkin banyak sekali dasar pihak manajeman tidak melakukan perubahan. Salah satunya adalah sudah terstandarisasinya kriteria calon mahasiswanya. Semuanya sudah dipikirkan secara matang sematang mungkin sebelum ditetapkan. Oleh sebab itu dari tahun ke tahunnya memang persyaratannya tidak akan ada perbedaan. So bila kalian belum tau syarat untuk tahun ini, bisa kalian lihat saja pada yang sebelumnya.

Boleh gak bang dijelasin disini secara ringkas mengenai syaratnya apa saja? Bisa saja sih dek, tp bila ingin mengetahui secara jelas bisa baca langsung pada artikel terdahulu berjudul persyaratan pendaftaran PKN STAN. Tapi kalaupun pengen direview se ala kadarnya di sini, kakak siap juga kok, apa sih yang enggak untuk pembaca setia blogku yang ganteng dan cantik neh wkwkwkwk. Tapi bahasnya secara umum maksudnya overview nya saja yaaah.

Secara garis besar persyaratan pendaftaran STAN meliputi masalah berkaitan dgn nilai akademik yaitu nilai rata-rata rapor tidak kurang dari tujuh koma nol. Ada juga batasan usia untuk mengikutinya tidak melebihi dua puluh tahun pada tanggal 1 september tahun berjalan. Jadi jika merasa umurnya sudah lebih, sebaiknya urungkan niat mendaftarkan diri karena nanti akan digugurkan disebabkan tidak sesuai dengann kriterianya.

Untuk masalah fisik, kecuali program studi bea dan cukai, tidak ada syarat khusus seperti tinggi badan. Apalagi berkaitan dgn kecapekepan seperti saya kayanya gak ada tuh syaratnya kaya gitu. Kalau ketentuan lain yang wajib dipenuhi adalah memiliki karakter yang baik serta mampu mengabdi pada nusa dan bangsa secara integritas tertinggi. Hal tersebut sudah menjadi harga mati bagi seorang abdi negara.

Karakter seorang pengabdi bangsa sejati meliputi: beriman kepada tuhan yang maha esa, tidak pernah terlibat dalam aksi ataupun kegiatan kriminal, upaya disintegrasi terhadap kesatuan bangsa Indonesia. Memiliki perbuatan terpuji. Selain itu tidak berada dalam kondisi di bawah pengaruh minuman keras serta bebas dari narkoba, ganja dan obat obatan terlarang lainnya.

Sebenanrnya ada satu tambaha lagi yaitu berkaitan dengan komitmen calon mahasiswa setelah menyelesaikan pendidikannya nanti. Apakah ituu? Bersedia bekerja di instansi dibawah kementerian keuangan Republik Indonesia selama dua masa pendidikan.

Nah seperti itulah informasi pendaftaran STAN 2017 yang bisa ane ulas secara jelas di sini. Lebih kurangnya dalam penyampaian ini saya khawaturkan banyak permintaan maaf. Bagaimana pun ane hanya seorang blogger biasa yang berusaha selalu menyajikan informasi selengkap lengkapnya. Perlu juga saya tegaskan kembali bahwa artikel saya yang ku tulis ini berdasarkan analisa dan opini saya. Sungguh suatu rasa hormat terasa dalam diri karena bisa menyajikan karya berupa deratan huruf, kata, kalimat serta paragraf yg kini sedang anda baca dengan serius, heheheee.

Semoga semua pembaca tulisan ini nantinya bisa lulus masuk kampus impiannya. Oh ya jangan lupa dilike artikel ini, kalau pun juga berkenan boleh di share ke orang lain, mungkin teman, saudara. Barangkalia saja mereka membutuhkannya. Terima kasih, salam sukses selalu dari saya.