Pendaftaran STAN 2018 Dibuka Sekitar Bulan Maret

iklan kape

Informasi mengenai pendaftaran penerimaan calon mahasiswa baru Politeknik Keuangan  Negara STAN 2018 yang selalu dinantikan akan diperoleh di sini. Tidak tangung tanggungnya beberapa diantara mereka ada yang terus mengunjungi situs ini hanya untuk mendapatkan informasi terbaru. Tnetu hal ini ada alasan yang mendasarinya. Jumlah penerimaan untuk sekolah tinggi bidang akutansi dan keuangan ini mencapai enam ribu tujuh ratusan orang. Suatu jumlah yang sangat fantastis untuk sebuah sekolah ikatan dinas.

Sebenarnya sekarang memang belum ada pengumuman resmi  pendaftaran usm PKN STAN 2018. Akan tetapi berdasarkan pengalaman sebelum sebelumnya, bisa diperkirakan akan dibuka seitar bulan Maret tahun tersebut. Perkiraan ane barusan bukan hanya sebuah ramalan seperti dukun yah. Prediksi tersebut memiliki dasar analisa yang kuat. Meskipun tidak benar benar perish, namun perbedaan waktunya tidak akan terlalu jauh.

Oh ya abang sarankan sama kalian semuanya untu tetap mengunjungi halaman situ ini agar bisa mendapatkan update mengenai waktu pendaftaran stan 2018. Meskipun inti dari konten ini sangat simpel namun saya tetap ingin menjelaskannya secara detail disertai dengan berbagai analisis yang sangat mendalam. Analisisnya diperlukan untuk memperkuat prediksi ane mengenai waktu pembukaannya.

Pendaftaran STAN 2018 Akan Dibuka

Jadi bila ada yang menanyakan mengenai ada tidaknya pendaftaran usm pkn stan 2018, ane jawab insya Allah ada. Kakak sangat yakin bahwa institusi pendidikan tersebut tetap akan membukanya setiap tahun. Kalian boleh tidak percaya ataupun membatahnya. Namun perlu kalian ketahui aku pernah membuat pernyataan yang sama disertai dengan analisis yang menyatakan bahwa bukanya sekitar bulan Maret. Eh ternyata benar, buka dibuka tanggal 9 maret.

So analisanya sangat tepat loh. Kalau tidak percaya kalian bisa baca sendiri artikel gue yang berjudul pendaftaran stan 2017 dibuka sekitar bulan Maret. Ane menuliskan artikel tersebut jauh hari loh. Untuk mendukung pernyataan itu pun abang sertakan berbagai alasan yang masuk akal dan logis.

Jadi elu harus yakin bahwa USM PKN STAN 2018 tetap ada atau bisa dibilang nanti tetap akan dibuka. Tinggal masalah kapan waktu mulai dibukanya. Itu bisa kita jawab dengan terus membaca lanjutan postingan sederhana ini. Iya kaka selalu menuliskan tulisan sederhana, akan tetapi isinya memuat manfaat yang sangat besar. Jadi pendek dan singkat tapi bermakna besar bagi pembaca.

Barang kali sebelum membaca tulisan ini, kalian juga sudah mendengar mengenai informasi bahwa usm pkn stan 2018 tetap ada. Sudah menjadi langganan, info tersebut sering kali dihembuskan oleh bimbingan belajar yang membuka jasa les persiapan masuk kampus ikatan dinas berjaket biru ini. Tentunya nanti disertai dengan berbagai penawaran pembinaan guna mempersiapkan diri menghadapi tesnya.

Masuk tersebut boleh dan bisa dikatakan bagus. Akan tetapi bukan jaminan loh. Ada loh seorang lulusan sekolah menengah atas (SMA) tahun 2015 curhat sama aku. Dia sudah mengeluarkan uang sekitar tiga belas juga untuk pembinaannya. Namun hasilnya nihil alias dia enggak lulus. Lembaga pendidikan non formal seperti hanyalah penunjang proses belajarnya saja. Bukanlah penentu hasil akhir lulus atau tidaknya.

Kapan Waktu Pendaftaran PKN STAN 2018

Nah masih juga bertanya kapan waktunya. Heheheeeei tidak masalah sih dek. Penulisan artikel ini memang ditujukan untuk menjawab pertanyaan seperti itu. So bisa dikatakan wajar loh. Maksud kamu mengunjungi serta membaca posting neh kan untuk itu juga bukan. So woles lah bro dan sis, tak usah merasa canggung atau malu.

pendaftaran stan 2018

 Semua orang punya untuk mencari serta engakses informasi selama tidak menggar serta menentang kedaulatan bangsa ini atas info yg ia peroleh. Nah begitu juga mengenai pencarian kabar mengenai kapan waktu pendaftaran unm pkn stan 2018 merupakan hak kalian. Siapa saja bisa mendaftarkan dirinya selama dia bisa memenuhi persyaratan administrasi lembaga pendidikan tersebut.

Bila memiliki keinginan dan merasa mampu serta menyanggupinya, ya silakan saja mendaftarkan diri. Mau dari keluarga miskin, kaya, anak pejabat, ananya seorang petani apapun itu tidak pernah ada larangannya loh. Kalau itu adalah impianmu, maka kejarlah impian tersebut dengan penuh kesungguhan hati. Sesungguhnya semua usaha serta ikhtiar yang dilakukan setiap manusia dilihat dati keseriusan serta kesabaran dalam menjalani semua prosesnya.

Abang yakin kok kalian semua pembaca halaman ini merupakan pejuang USM PKN STAN 2018. Insya Allah akan kakak doakan agar bisa lulus nantinya amiiin ya Allah. Kalau sudah ada tinggal diseriusana aja deh. Satu lagi sangat sekali kali kecolongan informasi ataupu kelewat pendafaran stan 2018 nya ya. Kalau lewat sama aja bohong dong.

Kalau kasusnya seperti disebutkan di atas sama saja kalah mundur sebelum maju ke medan laga persaingan memperebutkan kursi di kampus PKN sekolah tinggi akutansi negara. So selalu membuka telinganya untuk mendengarkan waktu pembukaannya penerimaan calon mahasiswanya. Jangan sampai cuek dan mengabaikannya.

Oh ya kak untuk pertanyaan mengenai kapan waktu pasti pembukaan pendaftaran usm pkn stan 2018 itu bagaimana kak. Soalnya sampai pada bagian ini belum saya lihat jawaban pastinya. Oh iya dari sub judulnya di atas berbunyi seperti itu tapi engga ada sebuah pernyataan bisa dijadikan sebagai jawabannya.

Mengenai hal yang ditanyakan tersebut, insya Allah akan kalian temukan dengan cara membaca seterusnya sampai selesai. Artikel ini memuat isi yang sangat penting untuk diketahui. So teruslah membacanya hingga akhirnya. Di sini akan diinformasikan secara lengkap kok. Bukannya hanya sebatas jawaban pertanyaannya saja, namun beberapa hal lain berkaitan akan dipaparkan juga secara gambling.

Pendaftaran PKN STAN 2018 Dibuka Bulan Maret

Barangkali ini bagian paling inti dari keseluruhan isi konten ini. Dapat dikatakan seperti itu karena sub topiknya saja hampir mirip dengan judul utamanya. Sehingga disimpulkan akan memuat inti sari utama tentang pokok isinya. Oleh sebab itu, pada bagian ini harus betul betull diperhatikan tanpa terlewatkan meskipun hanya sedetik hehehe.

Nah bila dilihat dari syb judul pada heading di atas, dikatakan bahwa pendaftaran pkn stan tahun 2018 akan dibuka pada bulan maret 2018. Pasti dengarnya senang karena sudah mengetahui akan dibukanya stan. Namun apakah hal tersebut sudah pasti. Sebenarnya hal tersebut bukan resmi dari kampusnya. Namun itu merupakan kesimpulan dari beberapa surat sakti. Apa saja sih surah sakti yang abang maksud?

Dasar kesimpulan yang diambil adalah melihat surat keputusan pembukaan penerimaan calon mahasiswa, taruna, praja atau anak didik baru setiap perguruan tinggi negeri ikatan dinas. Lah ini kan masih tahun 2017 masa sudah keluarin surat kebijakan untuk tahun 2018 yang belum sampai deh waktunya. Gue juga engga bilang surat ederannya untuk periode depan kok.

Kan sebelumnya sudah dikatakan bahwa hal tersebut merupakan kesimpulan dari beberapa tahun sebelumnya. Dimana selama tiga tahun tahun terakhir selalu dikeluarkan SK mengenai penerimaan calon mahasiswa baru untuk perguruan tinggi kedinasan (ptk). Iya benar 2015, 2016, serta 2017 yang baru saja lewat selalu dikeluarkan ijin dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Sepertinya pernyataan dan penarikan kesimpulan seperti di atas belum membuat kalia yakin yah? TIdak masalah kok kala belum bisa sepenuhnya percaya. Itu mah wajar kok. Jiwa kritis kudu wajid tertanam dalam diri generasi muda seperti kalian. Justru seperti itu akan membuat lebih maju. Bisa juga diangap sebagai indicator bahwa kalian bisa dlama menyeleksi sebuah berita.

Nah untuk masalah keraguan benar tidaknya pendaftaran PKN STAN 2018 dibuka bulan maret perlu sekali untuk diuji. Seperti penyusunan perundang undangan setelah rancangannya selesai harus ada serangkaian uji materinya. Nah gitu juga mengenai topik utama tulisan ini yg telah tertulis secara eksplisit.

Terus cara buktiinnya gimana bang. Adek engga mengerti apa yang kakak pikirkan untuk membuktikan benar tidaknya bahwa pada bulan maret akan dibuka pendaftaran pkn stan 2018. Ada rasa senang tersendiri ketika menyuguhkan sebuah tulisan, pemikiran serta pandangan logis sama kalian yang kritis gini. Untuk mengikuti alur pemikiran ane guna membuktikannya, silakan terus baca ke bagian selanjutnya di bawah ini.

Bukti Pendaftaran STAN 2018 Buka Sekitar Bulan Maret

Nah pada bagian ini kita bermain logika serta nalarnya harus tajam ya. Hal tersebut dikarenakan keinginan kita untuk membuktikan mengenaik kebenaran informasi pendaftaran PKN STAN 2018 pada bulan maret mendatang. Banyak orang sudah sepakat, namanya pembuktian engga bisa hanya menggunakan satu hal saja. Setidaknya harus kita opini yang mendukungnya agar alibi menjadi kuat.

Bukti serta analisa yang abang berikan bukan sembarangan agar kalian bisa percaya dibukanya pendaftaran STAN 2018 pada bulan maret. Beberapa buktinya yang dimaksud meliputi:

  1. Setiap tahun dibuka sekolah ikatan dinas di bawah pengaturan Menpan RB
  2. Kebutuhan pegawai di lingkungan kementerian keuangan
  3. PKN STAN merupakan institusi pendidikan resmi milik pemerintah
  4. Analisa perkiraan herniawan.com tentang pendaftaran STAN 2017

Nah empat hal tersebut yang aku gunakan sebagai penunjang perkiraanku. Menurut abang sih empat pembukti tersebut termasuk sangat kuat sehingga agak sulit dibantahkan. Kalau pun melenceng paling ada perbedaan waktunya sekitar seminggu atau dua minggu. Biar lebih paham maksudnya, makanya ane perinci setiap poinnya yah.

  1. Pendaftaran PKN STAN Dibuka Setiap Tahun Dikelola Oleh Kemenpan RB

Sebenarnya pendaftaran STAN ada setiap tahun. Tapi sejak tahun 2015 proses penerimaan mahasiswa barunya teringrasi pada sistem panselnas Menpa RB. Buka hanya perguruan tinggi ikatan dinas ini saja, namun ada juga PTK lainnya. Sejak ditangani oleh kementerian yang mengatur aparatur negara tersebut, tata kelola serta manajemennya lebih rapi.

Sebelumnya kan masih terpisah pisah, sehingga memungkin seseorang bisa mengikuti beberapa tes perguruan ikatan dinas selama pelaksanaan tesnya tidak barengan. Nah seperti itu sangat merugikan yang kemampuan akademiknya menengah ke bawah. Dengan seenak enaknya mereka yang jago bisa lulus di beberapa institusi pendidikan, tapi ambilnya kan salah satunya saja. Terus yang dilepasnya kosong. Pasti kan hanya disia siakan kuotanya.

Lalu setelah diambil alih oleh Menpan RB setiap orang hanya bisa milih salah satu saja. Gitu juga kalau kalian sudah ambil yg ini buktinya menjadi waktu pendaftaran pkn stan 2018. Jadi elu enggak bisa lagi tuh pilih yang lain misalnya STIS atau STMKG. Abang rasa itu jauh lebih fair sehingga tidak yang rugi. So semuanya mendapatkan kesempatan yang sama.

Okey kita kembali ke topik pokok dari artikel ini. Nah saat ditangani oleh menpan proses dan mekanisme penerimaan mahasiswa baru kampus ini pun terarah. Seperti pengalaman beberapa periode lalu, biasanya akan dibuka bulan maret. Nah menggunakan alibi pertama ini, aku bisa simpulkan bawah pendaftaran PKN STAN 2018 buka bulan maret.

Semoga dengan pembuktian pertama bisa membuat kepercayaan awal kalian muncul. Kalau hanya baru mulai percaya tidak masalah. Setidaknya sudah mulai muncul benih keyakinanya. Nanti akan semakin percaya bila disampaikan hal pendukung lainnya. Ujung ujungany ntar akan sembilan puluh 9 persen membenarkannya. Loh satu persennya kemana kak? Nanti tambahinnya kalau udah ada pengumuman resmi dari kampusnya dong wkwkwkwk.

  1. Faktor Kebutuhan Pegawai di Lingkungan Kemeterian Keuangan

Alasan penguat bahwa pendaftaran PKN STAN 2018 akan dibuka bulan maret adalah masalah kebutuhan pegawai untuk lingkungan kemeterian keuangan. Semuanya sudah tau dan akan sepakat setiap orang makin lama akan termakan oleh usia. Begitu pula halnya dengan manusia termasuk pegawai di lingkungan kementerian keuangan yang berstatus sebagai PNS. Mereka tentu ada masa pension bila umurnya sudah mencapai.

Sudah pasti pada suatu angkat umur tertentu banyak sekali yang akan mengakhiri masa kerjanya. Kalau umurnya sudah mencapai 58 tahun biasanya mereka kan akan pension. Nah kalau telah pensium pasti semua pekerjaannya ditinggalkan. Kekosongan personil seperti itu mau tidak mau pasti akan dibutuhkan orang baru. Engga mungkin kan pekerjaannya akan berjalan dengan sendirinya.

Masalah lain yang menyebabkan meningkatnya kebutuhan pegawai di lingkungan kementerian keuangan adalah bertambahnya kompleksnya keperluan masyarakat. Sehingga adanya kebutuhan penambahan pegawainya. Misalnya saja adanya pemekaran propinsi atau kabupaten. Pemekaran seperti itu akan dibutuhkan pegawai yang kompten untuk menjalankan roda pemerintahan.

Karena kebutuhan tinggi, tentunya  dibutuhkan banyak lulusn yang berkompeten di bidang keuangan. Nah lembaga pemerintahan tersebut pastinya akan mengambil lulusan serta alumni dari lembaga pendidikan yang berada di bawah naungannya sendiri. Jumlah tersebut saja tidak cukup, malahan ambil dari jebolan universitas biasa untuk jurusan yang sama.

Seperti tahun lalu saja, sekolah tinggi ikatan dinas tersebut membuka daya tampung mahasiswa baru hampir mencapai tujuh ribu orang. Nah jumlahnya tersebut sangat besar, bisa menjadi indicator akan kebutuhan yang tinggi. Jadi kalian harusnya yakin bahwa pendaftaran STAN 2018 tetap ada dan diperkirakan bulan maret seperti periode sebelum belumnya.

  1. PKN STAN Lembaga Pendidikan Milik Pemerintah Selalu Buka Pendaftaran

Bahan analisa lain yang akan kakak gunakan untuk yang ketiganya adalah status pkn stan sebagai lembaga pendidikan milik pemerintah. Tentu seharusnya akan membuka pendaftaran setiap tahun termasuk 2018 yang diperkirakan sekitar bulan maret. Bayangin saja kalau tidak ada penerimaan mahasiswa baru, kampusnya akan banyak kosong. Artinya ada aparatur negara serta lembaganya kurang beroperasi secara aktif.

Setiap tahun PKN STAN selalu menerima calon mahasiswa baru kecuali pada tahun 2012. Akan tetapi bila menilik pada pengalaman periode sebelumnya, dapat diperkirakan tahun ini akan tetap dibuka. Ini dimaksudkan agar efektifitas sebuah lembaga di bawah naungan pemerintah dapat aktif serta dapat memainkan perannya secara maksimal.

  1. Ketepatan Herniawan.com menganalisa pembukaan pendaftaran STAN

Sebenarnya bukan hanya tahun ini saja, situ yang sedang kalian baca ini memberikan prediksi mengenai pendaftaran STAN. Seperti tahun lalu yaitu 2017, di website yang sedang kalian baca meperkirakan kampus ini akan membuka pendaftarannya sekitar maret. Eh benar deh ternyata. Kenapa bisa tepat, karena saat menuliskan artikelnya, ane sebagai pemilik blog melakukan berbagai analisa. Seperti yang abang lakukan saat menulis bacaan ini.

Barang kalian enggak percaya bahawa saya pernah memprediksinya. Tidak masalah kalau tidak percaya, akan tetapi saya punya buktinya, silakan baca pendaftaran PKN STAN 2017 buka sekitar bulan maret. Setelah membukanya, mohon untuk dibaca. Selanjutnya kalia cek di internet mengenai jadwalnya di internet untuk periode yang baru lewat. Elu semuanya pasti akan tercengang deh hehehe.

Kalau nanti benaran tercengang, jangan berlebihan juga yah. Maksud abang hanya ingin menunjukkan bahwa perkiraan kakak untuk pendaftaran pkn stan 2018 bukan asal prediksi tanpa dasar nalar asal asalan. Memang sih semua informasi harus selektif. Seperti itulah ciri orng bijak dalam menyikapin informasi yang ia dapatkan.

Informasi Pendaftaran PKN STAN 2018 Palsu

Abang selalin memperkirakan kapan waktu pendaftaran PK STAN 2018, ingin juga memberikan sebuah nasehat untuk kalian semuanya. Nasihat ini berkiatan dengan peredaran informasi itu. Sudah biasa setiap tahun banyak sekali berhembus kabar palsu. Tentu menyesatkan meskipun nantinya benaran dibuka.

Saya tidak enak menyebutkan dari mana informasi palsu mengenai pendaftaran stan 2018 berasal. Banyak sekali ditemukan di media sosial, website, blog. Tapi kalau dibaca sampai selesai biasanya ada penawaran bimbingan belajar untuk persiapan masuk kampus itu. Ya semoga bisa mengerti maksud saya.

Dari kata kataku barusan, bisa enggak adik simpulkan dari mana sumber informasi palsu. Yang jelas bukan dari kampus resminya. Kabar yang tidak benar itu biasanya sudah disengaja agar pihak penyebarnya bisa mendapatkan keuntungan secara ekonomi. Awal awalnya meyakinka penerima warta bahwa akan ada pendaftaran stan 2018. Lalu diikuti dengan mitos mengerikan misalnya soal soalnya sulit. Karena kesulitan soalnya tersebut, diperlukan pola belajar yang bagus.

Terus arahnya nanti, dijelaskan belajar yang efektif harus ada mediatornya. Mungkin pembaca yang dibawa kea lam mimpi akan terus terpengaruh. Setelah itu penawaran program pembinaan siap ikut tesnya. Kalau seperti itu sih masih mending. Namun parahnya, kerap kali menawarkan jaminan lulus tapi bayarannya super wooww. Apakah jaminan tersebut benaran? Ya bohonglah alias penipuan keles.

Kelulusan masuk STAN murni ditentukan oleh kemampuan orang yang bersangkutan. Bila dia memiliki kemampuan akademik yang bagus disertai hasil tesnya bagus, insya allah akan lulus. Jadi hasil tersebut sesuai dengan usaha dan kerja kerasnya.

Berbeda dari mereka yang hanya ingin ngandalin uang untuk lulus. Padahal itu tindakan yang percuma. Tak tanggung tawaran jaminan tersebut bisa bernilai belasan hingga puluhan juta. Untuk menarik minat calon korbarnya, biasanya mereka menuliskan daftar member mereka yang berhasil lulus. Coba saja deh dicoba apa benar mahasiswanya pernah mengikuti program tersebut. Terus tanyakan juga tahun keikutsertaannya.

Sebelum abang pindah ke topik lain, kakak ingin mengingatkan bahwa jangan mudah percaya adanya pendaftaran STAN kalau tidak dari situs resminya yah. Untuk alamat situs aslinya bisa membuka www.pknstan.ac.id. Semua informasi yang tertulis di situ insya Allah bisa dipercaya. Semuanya pasti infonya bersifat resmi.

Cara Pendaftaran Online PKN STAN 2018

Nah kalau dari tadi abang selalu menuliskan mengenai bukanya pendaftaran PKN STAN 2018 yang menurut saya dibuka sekitar bulan maret. Penjelasannya sudah panjang. Selain itu juga telah dipaparkan disertai dengan pembuktian. Setelah itu pastinya kalian akan percaya deh.

Namun di sini akan sedikit berpindah dikit. Sebenarnya sih masih berkaitan sih. Cuma saja topiknya  berada pada sisi lainnya, hehehe. Tadinya kan masalah waktunya, sedangkan sekarang terkait cara daftarnya loh. Tapi ide pokok utama bacaannya masih sama kok, so engga perlu merasa kalau abang sengaja memperpanjang bacaan ini.

pendaftaran pkn stan 2018

pendaftaran online stan 2018

Oke kita kembali ke masalah pendaftaran online STAN 2018. Sudah menjadi standar setiap tahunnya bahwa cara mendaftarkannya lewat internet. Sekarang teknologi sudah maju, engga seperti yang ane lihat tahun 2016 dilakukan secara manual dengan mendatangi langsung kampus pusatnya. Bayangin aja banyak banget pendaftarnya, lalu harus mengantri untuk mendata kepesertaannya.

Cara pendaftaran online stan 2018 dilakukan menggunakan dua tahap, yaitu:

  1. Pendaftaran stan 2018 online di web panselnas Menpan RB
  2. Pendaftaran online PKN STAN 2018 di halaman website resminya

Nah kedua tahap itu yang harus kalian kerjakan bila ingin mendaftarkan diri. Usahakan jangan melakukan kesalahan setiap tahapnya. Kesalahan yang dilakukan akan berakibat pada munculnya masalah dikemudian hari.

Timbul masalah setelah bersusah payah melewati berbagai rangkaian tes tentu akan menyebalkan. Apalagi kita telah brusaha keras untuk belajar sampai akhirnya dinyatakan lulus. Akan tetapi tersandung karena dicurigai pemalsuan data. Padahal sebenarnya bukan pemalsuan, hanya saja terjadi kekeliruan pengisiannya saat pendaftaran.

Oleh karena itu, perlu deh abang jelasin secara detail kedua tahap pendaftaran yang disebutkan di atas. Agar kalian tidak sampai melakukan kekeliruan yang bisa memunculkan masalah yang super fatal. Mohon untuk terus memperhatikan secara seksama.

1. Pendaftaran Online STAN 2018 di website Panselnas Menpan RB

Tahap awal yang harus dilakukan adalah dengan mengisi form pendaftaran pada alama situs resmi panselnas menpan rb. Pengisian data ini sekaligus untuk menentukan pilihan perguruan tinggi kedinasan yang diminati untuk diikuti. Seperti yang ane jelasin sebelumnya bahwa tahun 2018 hanya bisa memilih salah satunya saja.

Apaun data yang akan dimasukkan adalah nama lengkap, nomor NIK, serta alamat email. Nanti aka nada pesan komfirmasi yang masuk ke emailnya nanti. Bila telah dilakukan dengan prosedur yang benar, secara otomatis kalian sudah terdaftar sebagai peserta calon mahasiswa pada PKN STAN. Selanjutnya tinggal melengkapi proses pendaftaran di halaman web site kampus yang di pilih.

2. Pendaftaran Online PKN STAN di Website Resminya

Tahap selanjutnya adalab melengkapi proses pendaftaran online di halaman resmi PKN STAN. Nanti ketika kalian login menggunakan password yang telah dimasukkan saat daftar di panselnas, elu akan melihat sudah terdapat nama kalian, jadi engga bisa diganti lagi namanya. Langsung terlihat sesuai dengan apa yang didaftarkan pada tahap pertama.

Nah untuk tahap kedua kalian tinggal melengkapi data lain yang menjadi syarat khusus setiap institusi pendidikan yang dipilih. Untuk sekolah tinggia akutansi negara yang penting dimasukkan meliputi tinggi badan, nilai, asal sekolah, alamat, serta diminta untuk menentukan urutan dari sembilan jurusan/ program studi yang disediakan. Baca jurusan kuliah STAN pilihan program studi.

Nah seandainya prosesnya benar, nanti akan diminta untuk mengunci data. Bila data telah terkunci, pastinya engga bisa lagi diganti setelahnya. Selanjutnya nanti akan otomatis muncul bukti pendaftaran online atau sering kali disingkat dengan BPO. Nah silakan di print karena lembar tersebut ada nomor kode urutan pendaftaran serta nomor virtual account untuk pembayaran ke rekening bank.

3. Verifikasi Pendaftaran PKN STAN 2018

Nah bila tahap akhir agar bisa menjadi peserta ujikan seleksi masuk PKN STAN adalah melakukan verifikasi. Untuk tempat verifikasinya sudah ditentukan saat melakukan pendaftaran online. Alamat untuk memverikasinya tidak bisa diubah dengan seenakanya kalian. Harus sesuai dengan yang tertulis di lembar BPO.

 Nah sebelum berangkat ke tempat verifikasi, ada beberapa yang harus dokumen penting ajib dipersiapkan, diantaranya: lembar BPO, struk bukti transfer uang pendaftaran, biodata asli yang berpas fotonya, rapor asli. Semuanya original yah bukan hasil foto kopi. Hal itu dmaksudkan agar pesertanya tidak asal membuat biodata sesuka hatinya saja.

Usahakan jangan tertinggal satupun dari semua dokumen yang harus dibawa. Apalagi kalau kalian berasal dari luar kota. Bila ketinggalan pasti akan mereporkan. Kan ada yang tempat verifikasinya jauh dari rumah tempat tinggal. Jangan sampailah terjadi kelalaian ya adekku sayang.