Pendaftaran STAN 2018 Sesuai Jadwal Resmi Kampus

iklan kape

Informasi pendaftaran STAN 2018 sesuai dengan jadwal resmi dari kampusnya dapat kalian ketahui pada halaman situs ini. Untuk mendapatkannya harap membaca semua sampai akhir agar bisa mengetahuinya secara pasti. Semua info di sini akan dituliskan sesuai dengan apa adanya demi membantuk pembaca sekalian.

Waktu pendaftaran PKN STAN 2018 sudah menjadi informasi yang selalu ditunggu oleh kalian semua yang berminat untuk kuliah di perguruan tinggi kedinasan bergengsi tersebut. Mungkin saja sudah banyak website yang kalian kunjungi untuk mendapatkan kabar tersebut. Akan tetapi saat ini hasilnya masih nihil.

 Kalaupun kalian dapatkan infonya, mungkin hanya berita mengenai pendaftaran STAN 2018 hoaks alias palsu. Jadi seharusnya kalian dapatkan informasi yang valid nan wahid. Bila sudah dapatin yang bisa dipercaya kan elu semuanya akan merasa tenang dan lega kan. Usaha selanjutnya tinggal mempersiapkan diri saja.

Pendaftaran STAN 2018 Resmi Dibuka

Bila kalian bertanya mengenai pendaftaran stan 2018 resmi dibuka, tentu sebuah pertanyaan yang sangat sulit untuk saya jawab. Ane bukanlah orang yang memiliki wewenang untuk menentukan waktu institusi naungan kementerian keuangan tersebut membuka pendaftaran calon mahasiswa baru. Gue di sini hanya bisa memberikan informasi seputar hal tersebut.

Masalah waktu tepatnya tentu para pemegang wewenang lah yang akan menentukan. Terus buat apa tulisan ini diterbitka kalau tidak bisa memberikan informasi sedini mungkin. Jangan salah kaprah dek. Justru melalui artikel sederhana ini abang ingin memberikan sebuah pengalaman yang berarti. Karena sudah banyak kok orang sudah tersesat mencari informasi mengenai hal ini.

Tidak sedikit loh teman seangkatanmu yang sudah tertipu dengan berbagai kabar palsu. Banyak pihak yang menghembuskan berita palsu mengenai penerimaan mahasiswa baru (PMB) sekolah tinggi akutansi negara. Anehnya lagi mereka langsung percaya begitu saja informasi tersebut. Padahal sebagai orang yang terpelajar seharusnya membuktikan mengenai informasi tersebut.

Bisa diibaratkan, ada seseorang memberikan makanan. Padahal orang tersebut tidak kalian kenal. Anggaplah yang diberikan tersebut adalah kue kesukaan kamu. Dikarenakan suka langsung saja deh elu menerimanya begitu saja. Nah gitu juga dalam hal ini, mentang mentaang lu sedang menunggu informasi pendaftaran STAN 2018, semua kabar terkait hal ini langsung dipercaya tanpa dicek dulu mengenai kebenarannya.

Jadi dari hal tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa waktu pendaftaran pkn stan 2018 yang resmi hanya dari kampusnya langsung. Selain itu juga dapat kok dipercaya kalau ada surat edaran dari instansi di atasnya STAN seperti BPPK ataupun dari kementerian keuangannya sendiri. Biasanya ketiga instansi tersebut termasuk kampus PKN STAN akan mengeluarkan surat edaran resmi yang berisi pengumuman pembukaan penerimaan mahasiswa baru.

Nah terus bagaimana kak misalnya ada orang lain menyebarkan info tentang pendaftaran STAN 2018 tapi statusnya menginformasikannya sebagai perorangan. Meskipun berposisi sebagai pihak yang tidak resmi namun beliau menunjukkan adanya salinan file pengumuman resmi. Nah kalau seperti itu diterima saja. Tapi kamu harus tetap mengecek keabsahan berita yang lu dapat darinya.

Terus pasti dalam diri adek adik sekalian akan muncul sebuah pertanyaan lagi. Kalau abang tebak yg ingin kalian pertanyakan itu cara memeriksa kebenaran kabar yang diterima tadi. Banyak sekali kok langkah yang dapat ditempuh. Cara salah satu sederhana membandingkan apakah info yang sama. Bila ada, silakan cocokan. Kalau benar seharusnya rincian infonya sama dong. Namun bila berbeda, adinda harus mencurigainya. So harus cek labih jauh lagi.

Jadwal Pendaftaran STAN 2018 Resmi Dari Kampus

Jadwal pendaftaran STAN 2018 tentu akan menjadi sesuatu yang amat penting bila sudah dibuka. Nah kalau berbicara legalitasnya, jadwal resmi dari kampusnya lebih kuat posisinya. Tentunya kalian akan lebih percaya pada pihak kampus yang menyelenggarakannya. Jadi semua schedulenya akan diatur lembaga tersebut.

Jadwal pendaftaran STAN 2018 resmi nanti akan berisi mengenai kapan waktu mulai dibuka. Di dalamnya juga nanti akan mencakup tanggal batas pembayaran, verifikasi dokumen serta waktu pelaksanaan tesnya. Termasuk juga hari pengumuman setiap hasil tesnya. Intinya semuanya sudah lengkap termuat di dalamnya.

Coba saja kalian pada orang lain, mana yang akan dipercaya warta yang disebarkan sama orang atau jadwal resmi dari kampusnya langsung. Setiap orang yang ditanya tentu akan menjawab dengan jawaban yang sama. Mereka akan lebih percaya pada lembaga yang sudah resmi. Selain itu, bila mereka ditanya alasannya. Mungkin redaksi kalimat respon mereka berbeda beda, akan tetapi intinya sama.

Legalitas institusi yang mengeluarkan berita tentu akan mempengaruhi kepercayaan orang terhadap info tersebut. Apalagi bisa lembaga tersebut milik pemerintah, tingkat kepercayaannya pun akan lebih tinggi juga. Namanya pemerintah tugasnya akan melayani semua kepentingan masyarakat. So engga mungkin kan warta yang disampaikan palsu atau menyesatkan.

Rincian Jadwal Resmi Pendaftaran STAN 2018

Namanya jadwal pendaftaran resmi STAN 2018 pasti ada rinciannya. Rincian tersebut berisi detail hari serta tanggal penting harus diketahui oleh semua calon mahasiswanya. Jadi pelajar SMA kelas dua belas dan tamatannya yang masih memenuhi syarat perlu sekali untuk mengetahuinya. Adapun beberapa waktu penting yang wajib diketehui meliputi:

  1. Batas pendaftaran STAN 2018
  2. Tanggal verifikasi pendaftaran STAN 2018
  3. Tanggal tes STAN 2018
  4. Tanggal pengumuman kelulusan mahasiswa STAN 2018

Nah empat waktu tersebut penting elu ketahui bila berniat ingin menjadi salah satu anak didik kampus ikatan dinas berjaket biru tersebut. Jangan sekali kali melewatkan satupun dari kesemuanya itu. Jangan memperlakukan salah satunya lebih dari yang lainnya. Itu sudah menjadi rangkaian wajib dilalui oleh setiap orang yang akan mengikuti seleksinya.

Tidak jarang terjadi ada saja mereka yang beranggapan tanggal pengumuman kelulusan enggak penting. Perhatian mereka hanya pada poin satu sampai tiga. Batas pendaftaran STAN 2017, waktu verifikasi serta pelaksanaan tesnya saja menjadi konsen utamanya. Okey mungkin sepintas bisa dikatakan benar. Namun bila dianalisa secara rinci, akan terlihat salah besar. Sebuah kerugian besar akan elu jumpai di akhir nantinya.

Begini deh, kan tes PKN STAN 2018 nanti bukan hanya sekali loh. Ada sekitar 3 tahap termasuk TKD. Nah setiap tesnya selesai nanti diumumin. So elu seharusnya cek dong apakah edek lulus apa tidak. Bila lulus (amiiin ya Allah) tinggal cari tau lagi kapan waktu seleksi tahap selanjutnya. Sekarang baru menyadari bahwa jadwal pengumuman kelulusan penting juga selain pendaftarannya.

Kalian tahu engga kenapa abang berusaha menyadarkan kalian bahwa semua jadwal resmi dari kampus di atas ajib kalian ingat. Agar kalian tidak menyepelekannya. Sebenarnya maksud lainnya supaya kamu semua membaca artikel ini sampai selesai loh, hehehehe. Ya tak masalah kan mempromosikan sebuah karya selama itu bermanfaat bagi orang lain wkwkwkwk.

(1) Batas Pendaftaran STAN 2018 Resmi

Untuk masalah pendaftaran PKN STAN 2018 akan dibuka sekitar bulat maret. Hal ini baru menjadi perkiraan saja. Untuk realisasinya tunggu saja agenda dari kampusnya. Namun hal terlu kalian perhatikan adalah mengenai batas waktu untuk mendaftarkan diri. Bila kalian daftar melewati tanggal tersebut tentunya tidak bisa.

Bukan hanya tidak diterima, namun halaman websitenya sudah engga tersedia lagi. Cara mendaftarkannya kan dilakukan secara online sehingga halaman pendaftaran tidak tersedia ketika melewati masanya. Untuk mengantisipasinya dapat dilakukan dengan langsung mendaftarkan diri sedini mungkin sejak mulainya dibuka.

Berdasarkan pengalaman selama dua tahun lalu, batas waktu pendaftaran STAN yang diberikan sekitar sekitar pekan pertama atau kedua bulan maret. Untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu terdaftar pada database panitia seleksi nasional. Bila sudah diterdaftar di situ dilanjutkankan dengan proses pada halaman resmi PKN STAN. Meskipun keduanya berbeda instansi, namun batas waktu pendaftarannya tetap sama.

Hari terakhir biasanya akhir bulan tersebut. Seperti periode yang baru saja lewat, batas paling akhirnya tanggal 31 maret. Tidak ada perbedaan daftar di awal waktu ataupun dekat masa berakhirnya. Tapi usahakan jangan saat dekat dekaat penghujungnya. Kalau diawal awal juga kurang bagus. Pada awal pembukaan biasanya banyak sekali yang mengakses halaman websitenya sehingga akan mengganggu loading.

Enaknya sih daftarkan diri menjelang pertengahan waktu pendaftaran STAN 2018. Insya Allah nantinya tidak akan menjumpai masalah yang terlalu serius dalam pengaksesan halaman websitenya. Hampir sebagian besar mengisi data dirinya pekan pertama setelah pembukaan.

(2) Verifikasi Pendaftaran PKN STAN 2018

Setelah selesai mendaftarkan secara online di situs resmi PKN STAN, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi. Tujuan verifikasi ini tidak lain untuk mengkomfirmasi kebenaran data yang telah di isi ketika daftar. Proses pemverifikasian tentunya akan dibutuhkan berbagai bukti yang sah serta masih berlaku. Jadi nanti kalian diminta untuk membawa beberapa dokumen untuk membuktikan tentang dirimu.

Dokumen yang dijadikan bukti nanti cukup standar. Artinya tidak akan terlalu memberatkan bagi siapa saja. Berbeda halnya bagi mereka pemalsu data barang kali agak sedikit merepotkan. Beberapa dokumen yang wajib di bawa meliputi: surat yang menunjukkan identitas diri, ijazah serta nilai ujian akhir asli, pas foto empat kali enam sebanyak dua lembar, akte kelahiran buat antisipasi seandainya nanti dibutuhkan. Nah untuk identitas diri bisa KTP, sim, paspor atau bagi yang masih sekolah bisa membaca biodata yang ada pada rapor.

Oh ya biodata yang dibawa sesuai dengan apa yang diisi saat pendaftaran online STAN 2018. Bila saat mendata diri pada form nya mengisi dengan SIM ya SIMnya dibawa dong. Jangan sampai salah. Terkait masalah nilai ujian akhir, bila masih kelas 12 SMA, bisa membawa rapor asli dari semester satu sampai lima. Ingat juga syarat nilai rataan rapornya engga boleh kurang dari 7,00.

Abang sengaja belum ngasi tahu dua hal yang masih perlu untuk dibawa saat melakukan verifikasi. Dua syarat lainnya adalah bukti pendaftaran online (BPO) dan struk pembayaran biayanya. BPO pastinya akan kalian miliki dengan cara mencetak hasil pendataan di websitenya. Nah untuk struk pembayarannya, bila lewat ATM kasi lihat saja lembar yang keluar dari kotak Automatic Teller Machine. Kalau dibayar lewat teller tingga kasi lihat bukti slip penyetorannya.

Masalah tanggal dan tempat verifikasi tidak dapat diubah seenaknya kalian. Waktu dan lokasi untuk memverifikasi sudah ditentukan. Selain itu tempatnya sudah tertulis di BPO. Biasanya akan dipilihkan kantor perwakilan terdekat dari tempat tinggalmu. Misalnya saja bagi yang tinggak di Kota Kediri Jawa Timur, nanti akan dipilihhkan tempatnya di Malang karena dekat banget.

Oh ya tadi kakak ngomong bawa juga bukti struk pembayaran. Masalah batas pembayaran juga sama dengan rentang waktu yang diberikan untuk pendaftaran. So disarankan langsung untuk melakukan pembayaran setelah semua data dikunci saat pengisian online. Simpanlah dgn sebaik baiknya lembar yg didapdatkan setelah membayar. Jangan sampai hilang ya adek sayang.

(3) Tanggal Pelaksanaan Tes STAN 2018

Ini merupakan tahapan pemungkas yang harus kamu lewati. Jadi setelah pendaftaran PKN STAN 2018, lu harus catat dgn baik terkait hari serta tanggal pelaksanaan tesnya. Proses tes terbagia menjadi tiga tahap, yaitu tertulis, tes kesehatan, fisik dan wawancara, terakhir tes kompetensi dasar menggunakan sistem computer assessment test (CAT) yang terintegrasi servernya ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Tes tahap satu akan menyelesaikan dua jenis soal. Pertama tes potensi akademik sebanyak seratus dua puluh nomor dikerjakan selama 100 menit. Terus nanti akan dilanjutkan dengan tes bahasa inggris. Banyak soal bagian kedua enam puluh yg harus dapat diselesaikan dalam waktu 50 per 60 menit. Untuk masalah bagian selesik pertama ini, abang tidak akan terlalu banyak bercerita kata sudah ada artikel yg telah dibuatkan sebelumnya.

Tahapan seleksi kedua yaitu tes fisik, kesehatan, kebugaran dan wawancara. Biasanya ketiganya dilakukan sekaligus. Pertama dilakukan pengecekan fisik dan kesehatan. Bila tim penilai yang terdiri dari tenaga medis menyatakan layak untuk meneruskan, maka bisa lanjutkan pada ujian bentuk lain. Nah nanti akan diuji masalah kebugaran dengan meminta berlari pada jarak tertentu. Sebisa mungkin waktunya sangat singkat. Pola larinya juga ada yang diminta membentuk angka delapan.

Bagian akhir tahap kedua adalah wawancara. Tapi wawancara ini tidak terlalu berak kok. Hanya ditanya alasan ingin masuk STAN, visi misi serta rencana kedepannya seperti apa. Kadang ditanyakan juga hal berkaitan dengan prioritas jurusan yang dipilih. Misalnya saja pilihan pertama tidak memenuhi standar nilai, apakah bersedia dikasi alternatif kedua atau ketiga. Gitu aja sih.

(4) Tanggal Pengumuman Hasil Seleksi STAN 2018

Seperti yang pernah disinggung di atas bahwa pengumuman hasil seleksi STAN 2018 penting juga diperhatikan dengan serius. Hal tersebut tidak terlepas dari tahapan seleksinya yg terdiri dari tiga tahap. Setiap tahapnya kan pasti ada pengumuman hasil seleksinya. Jadi penting banget untuk kalian ketahui, bila lulus bisa deh mencari informasi mengenai waktu pelaksaan ujian tahapan selanjutnya.

Jadi pengumuman suatu tahap seleksi dengan jadwal seleksi selanjutnya sangatlah penting untuk diketahui. Selain berguna untuk ketepatan waktu, bisa juga dimanfaatkan informasi tersebut untuk mempersiapkan diri. Menghadapi setiap bentuk seleksinya pasti perlu dipersiapkan agar bisa dijalani dgn penuh kemantapan.

Nah itulah empat tanggal penting harus dicatat dan diingat terkait proses seleksi serta pendaftaran STAN 2018. Jangan sekali kali mengabaikan satu bagianpun. Usahakan selalu siap siaga terhadap perubahasan informasi. Seperti periode seleksi 2017 kemarin pernah terjadi revisi pengumuman. Selain itu ada juga perubahasan jadwal verifikasi yang disesuaikan jumlah pendaftar.

Sumber Resmi Informasi Jadwal Pendaftaran STAN 2018

Dari atas kita berbicara mengenai jadwal pendftaran STAN 2018 resmi. Kalau dibaca diawal tulisan terlihat bahwa hanya disebutkan kampus sebgai sumber resminya. Sebenarnya bukan hanya kampusnya saja. Karena masih terdapat beberapa instansi lain yang bisa digunakan sebagai acuan.

Instansi pemerintahan tersebut harus kalian ketahui. Manfaatnya supaya kalian bisa langsung mempercayai bila nanti ada info penting. Adapun lembaga tersebut, meliputi:

  1. Info Pendaftaran STAN 2018 Kementerian Keuangan Republik Indonesia
  2. Jadwal Resmi STAN 2018 dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
  3. Informasi resmi jadwal pendaftaran STAN dari kampusnya
  4. Kantor Perwakilan Kemenkeu di Daerah

Nah keempat instansi pemerintah yang disebutkan di atas bisa kalian jadikan sumber informasi yang valid. Tingkat kepercayaan info yang dikeluarkan insya Allah bisa dipercaya seratus persen. Bisa ane anggap seperti karena tugasnya memang melaksanakan tugas negara tanpa menerima imbalan sedikitpun.

(1) Info Pendaftaran STAN 2018 dari Kemenkeu RI

Instansi ini merupakan induk dari PKN STAN secara konstitusional. Jadi sangat bisa dipercaya bila ada pengumuman yang dikeluarkan oleh kementerian keuangan. Pembukaan serta penerimaan mahasiswa baru sekalipun harus disetujui oleh pihak yang berwenang yaitu menteri keuangan. Bila sudah disetujui selanjutnya akan diinstruksikan pada badan pemerintahan yang ada di bawahnya.

Sebelum pendaftaran STAN 2018 disetujui tentu sudah melewati berbagai pertimbangan serta analisa yang matang. Para staf ahli serta pakar yang ada di situ sudah melakukan segala bentuk pengkajian secara jeli. Kajian yang dilakukan biasanya seputar kebutuhan aparatur sipil negara di lingkungan kemenkeu.

Banyaknya generasi senior akan memasukin masa pensiun tentu dibutuhkan tenaga penggantinya. Hal lain mungkin akan jadi pertimbangan yaitu bertambahnya kebutuhan serta pelayanan kepada masyarakat. Nah untuk memenuhinya bisa diambil dari lulusan sekolah tinggi akutansi negara. Artinya dibukalah penerimaan calon mahasiswa baru untuk tahun berjalan tersebut.

(2) Jadwal Resmi STAN 2018 dari BPPK

Untuk masalah kebutuhan bidang kependidikan dan profesionalisme, kemenkeu memiliki instansi khusus untuk menanganinya. Namanya Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan atau disingkat BPPK. Jadi lembaga tersebut yang akan mengurus semua hal berkaitan dengan komptensi, keahlian serta keprofesian semua aparatur sipil negara yang ada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Salah satu kegiatannya membina serta mendidik calon ASN yang akan berkarir di kemeterian yang menaunginya. Nah anak didik tersebut tentu menempuh pendidikan di perguruan tinggi asuhannya. Pastinya sudah tau dong namanya. Iya semua pembaca sekalian pasti akan menjawab institusi pendidikannya tersebut adalah PKN STAN.

Nah setelah tau peran dan kedudukan BPPK yang merupakan badan atasan dari kampus ini gampang deh ane certainnya. Ceritanya juga engga perlu terlalu panjang lebar bila kalian telah mengerti maksudnya. BPPK berposisi sebagai badan pemerintahan yang berada di atasnya PKN STAN. Jadi informasi mengenai pendaftaran STAN 2018 sifatnya pasti resmi dong.

(3) Jadwal Pendaftaran STAN 2018 Resmi dari Kampusnya

Nah kalau yang ini tentu sudah diragukan. Kalau masih ada juga yang meragukan informasi jadwal pendaftaran STAN 2018 yang secara resmi dikeluarkan oleh kampusnya tentu sebuah kekeliruan yang besar. Masa kampus penyelenggara pendidikannya sendiri mengeluarkan warta yang kurang tepat. Sangatlah mustahil hal tersebut bisa terjadi.

Kalau penjelasan lengkap mengenai profil lengkap STAN aku engga mau terlalu banyak bertele tele deh. Abang sudah bosan banget menjelaskan tentang sekolah ikatan dinas tersebut. Banyak tulisan lain mengenai jurusan dan program studi STAN serta biaya kuliahnya juga. Jadi tidak perlu diulang lagi di sini karena hanya menghabiskan waktu dan tenaga saja untuk memikirkan cara merangkai kata katanya. Ngomong aja malah kak. Emang iya dek wkwkwkwkwk.

(4) Kantor Perwakilan Kemenkeu di Daerah

Instansi lain yang mungkin ikut menyebarkan berita pendaftaran STAN 2018 bisa berasal dari kator perwakilan kementerian keuangan yang berada di daerah baik di ibukota provinsi maupun kota atau kabupaten. Kalau pengalaman sih yg ada di provinsi sering menginformasikan. Biasanya instansinya yang sering kali membantu menyampaikan adalah kantor kebendaharaan negara di setiap ibu kota provinsinya masing maaasing.

Sebenarnya lembaga pemerintahan tersebut hanya menyampaikan saja. Masalah peraturan serta ketentuan selama masa seleksi orang di kantor tersebut tidak tahu menahu. Tugas mereka bukan mendidik ataupun merekrut calon mahasiswa baru. Jadi kedudukannya hanya sebagai penyampai informasi saja.

Cara Mendapatkan Jadwal Pendaftaran STAN 2018 Resmi

Barang kali setelah kalian membaca panjang panjang mengenai jadwal pendaftaran stan 2018 yang dikeluarkan secara resmi baik oleh kampus maupun instansi terkait. Dalam benak elu semuanya muncul pertanyaan besar. Tentu saja kamu akan bertanya tanya mengenai cara mendapatkan informasi tersebut. Okey benar sekali, pikiran seperti bagus. Itu merupakan salah satu daya kritis positif yang perlu dimiliki oleh setiap generasi muda seperti edek ini.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap jiwa kritis positif adinda, maka abang akan memberikan tips untuk mendapatkan jadwal STAN 2018 yang dikeluarkan secara resmi. Di sini aku akan berikan tiga tips. Diantaranya bisa kalian langsung percaya, namun ada juga yang harus kalian cek terlebih dahulu mengenai keabsahan info tersebut.

Jadwal Resmi Pendaftaran STAN 2018 di website

Seperti yang telah kakanda sebutkan di atas, ada tiga instansi milik pemerintah yang bisa kalian jadikan sebagai informasi resmi. Ketiganya meliputi: kemeterian keuangan RI, badan pendidikan dan pelatuhan keuangan (BPPK) dan kampus PKN STAN nya sendiri. Setiap instansi tersebut memiliki halaman website tersendiri. Jadi kamu bisa dapat membukan halaman situsnya untuk mengetahui jadwal resmi pendaftaran STAN 2018.

Kekuatan serta kepercayaan info yang dikeluarkan oleh ketiganya bisa dipercaya secara mutlak. Tingkat kepercayaannya mencapai seratus persen. Itu artinya tidak perlu diragukan lagi mengenai kebenarannya. Selain itu, beritanya pun pasti akan lebih lengkap, baik ketentuan serta persyaratan yang diberlakukan.

Orang Yang Masih Berhubungan dengan Kemenkeu RI

Kalian bisa juga cari informasinya melalui orang yang masih berhubungan dengan kemeterian keuangan. Orang tersebut banyak, bisa pegawainya ataupun mahasiswa STAN yang masih aktif. Tentu saja mereka akan mengetahui sedikit banyak mengenai hal yang ingin kalian ketahui terkait penerimaan mahasiswa baru. Alumni sekolah tinggi kedinasan bidang keuangan tersebut dapat juga dijadikan sebagia sumber warta yang berguna. Mereka biasanya memiliki jaringan komunikasi dengan sesama lulusan atau punya akses informasi ke kampusnya dulu waktu masih kuliah.

Kalau berbicara tingkat kepercayaan poin kedua ini abang katakan tidak sepenuhnya langsung bisa dipercaya begitu saja. Tanpa ada maksud mengatakan mereka bohong, namun kesalahan info bisa juga disebabkan oleh miskomunikasi yg diterimanya. Jadi tetap kalian cek kembali dengan cara seperti tips pertama yg telah abang berikan sebelumnya.

Informasi Pendaftaran STAN dari blog

Banyak kok blog yang menuliskan tentang berita pendftaran STAN setiap tahun. Namun di sini kalian harus sedikit selektif untuk menerima apalagi mempercayainya. Masalahnya tidak sedikit memberikan info palsu demi mendapatkan keuntungan. Kalian bisa saja terima namun jadikan sebagai entri information untuk mendapatkan yang lebih terpercaya.

Abang tidak bermaksud mengatakan info yg ditulis di situs online tidak resmi seperti blog atau media sosial sebagai sebuah kebohongan. Sama sekali tiada maksud seperti itu. Apalagi kakak sendiri juga seorang blogger di bidang pendidikan. Maksud ane itu hanya meminta kalian untuk berhati hati saja.

Banyak kok blog yang menyampaikan warta yang benar. Tapi usahakan lebih percaya pada situs atau blog yang menampilkan surat edaran resmi. Seperti Herniawan.com yg sedang kalian baca, ketika menyampaikan waktu pendaftaran yang resmi akan menyertakan salinan surat edaran dari instansi resminya. Ya abang pasti dapatkannya juga dari situs resmi kampusnya dong.

Demikian artikel berjudul jadwal pendaftraran STAN 2018 resmi dari kampus kakak tuliskan untuk kalian semuanya. Satu saranku, bijaklah dalam menyikapi sebuah informasi. Cobalah untuk mengeceknya terlebih dahulu. Jangan langsung ditelan mentah begitu saja. Resikonya nanti bakalan adek sendiri merasakannya. Semoga sukses mencapai impian. Amiiin ya Rab.