Pendaftaran STIS 2016 Sudah dibuka

iklan kape

Pendaftaran STIS 2016 akhirnya dibuka menjadi kabar gembira bagi alumni ataupun pelajar kelas 12 sekolah menengah atas (SMA) peminat institusi pendidikan plat merah bidang statistik. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan salah satu perguruan tinggi ikatan dinas. Maksudnya lulusannya nanti harus bekerja di instansi dibawah payuing Bada Pusat Statistik (BPS) sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) selanjutnya bisa diangkatn menjadi PNS. Hal tersebut tentu menjadi nilai tambah serta kelebihannya. Siapa sih yang enggak mau jadi cpns dgn pendapatan tetap tiap bulan belum lagi berbagai tunjungannya. Sudah tahu semuaa apa kelebihan PNS? Selain itu bidang ilmu statistik cukup diminati dan bergengsi.

kabar resmi pendaftaran stis

Oleh karena semua hal tersebut, informasi mengenai pendaftaran STIS 2016 dibuka sangat ditunggu oleh siswa dan lulusan SMA. Mungkin bisa dikatakan penantian panjang guna mendapatkan info tsb.  Akhirnya kabar tersebut datang jua. Ya pastinya harus disyukuri dong. Apapun seberapa besarpun yg kita dapatin hrs tetap disyukuri. Semakin kita bersyukur nikmat akan makin bertambah tp bila sebaliknya kufur maka azab Allah sungguh sangat pedih bila dirasakan. Okey deh ustad heheheeei. Gw bukan ustaad broh tp hanya mengingatkan doang sih. Sebagai informasi saja, sekolah tinggi statistik sangat diminati banyak kalangan looh. Rugi deh bila enggak coba mendaftar. Habis dengar kata gw barusan pasti lgsg mau ikutan daftr, heheheeeihei. Kaga apa apalah, namanya jg berusaha, so dicoba guys. Kalo memang benaran tertarik silakan dibaca sampai habis yaaah. Jangaan suka tutup tab brosernya sebelum habis terbaca. Budayakan pula komentar lwt kolom tersedia.

Kapan Jadwal Pendaftaran STIS 2016 Dibuka

Mengenai kapan waktu mulainya pendaftaran STIS 2016 sy engga bisa menjawab secara pastii kapan dibuka. Akan tetapi sy yakin bahwa tahun ini tetap ada penerimaan mahasiswa baru. Knp aku bisa mengatakan pasti karena seperti itu adanya serta tertulis di halaman website resminya www.stis.ac.id. Terlihat pengumuman bahwa aka ada pendaftaran STIS 2016 menerima mahasiswa baru.Akan tetapi belum diinformasikan secara jelas tanggalnya, hanya ditulis sekitar bulan maret atau april dua ribu enam belas sajaa. Terus bagaimana dong agar bisa tau secara pasti waktunya. Tenang saja, pasti akan diupdate kok sama secretariat kampusnya. Enggak perlu dirisaukan. Ketika mendekati waktu akan diinformasikan secara jelas tanggal dan tata cara lengkap prosedur daftar menjadi calon peserta tes

Pendaftaran STIS 2016 akan dibuka dua jalur yaitu ikatan dinas dan tugas belajar. Apa perbedaan antara keduanya? Tentuu saja berbeda. Jalur ikatan dinas STIS diperuntukkan bagi mereka lulusan SMA atau siswa kelas 12 yang akan lulus pada tahun bersamaan dgn pelaksanaan ujian seleksi masuk (USM) lebih simpelnya murid yg akan mengikuti UN. Tidak harus sudah luluss juga kok, bisa angkatan yg akan menyelesaikan pendidika di akhir tahun ajaran berjalan. Dgn catatan, bila dia lolos seleksi maka dia juga harus dinyatakan udah tamat sekolah agar bisa melanjutkan kuliah di PT statistik milik pemerintah terletak di Ciputat.

Jalur kedua pendaftaran STIS adalah tugas belajar. Seperti apakah? Karyawan atau pegaawai negeri sipil dr berbagai jenis institusi pemerintah telah mendapatkan ijin dr pimpinannya untk melanjutkan pendidikan bidang statistik khusus serta tunduk pada peraturan perundang undangan yg berlaku. Tujuannya tak lain guna meningkatkan wawasan bidang keilmuan statistika sehingga dapat diterapkan pada lembaga tempatnya bekerja. Calon mahasiswa jalur tuga belajar tetap harus mengikut proses seleksi serta mengikuti aturan STIS. Artinya tidak dgn serta merta mentang mentaang utusan sebuah badan hukum pemerintah langsung masuk begitu saja. Setiap ketentuan dari pihak kampus ttp dipatuhi karna tak ada perlakuan istimewah khusus bagi mereka. Ya pastinya persyaratan mereka beda dgn jalur ikatan dinas seperti menunjukkan surat pengantar dr atasannya.

Baca Juga  Download Pembahasan Soal STIS 2016

jalur pendaftaran usm stis

Proses Pendaftaran USM STIS 2016

Banyak pihak bertanya mengenai proses prosedur tata cara pendaftaran USM STIS 2016. Sejak semakin gencarnya penerapan teknologi informasi komunikasi pd lembaga pemerintah termasuk bidang pendiidikan, hampir semuanya dilakukan secara online. Sebagian bersifat wajib (keharusan) ada pula dijadikan opsional (pilihan). Bila diwajibkan berarti enggak ada cara lain selain melakukannya secara online. Begitu pula halnya dgn daftar STIS. Caranya sudah diharuskan secaraa onlinee (gak menerima pendaftaaran manual lewat kantor bps setempat). Apakah ada dampaknya metode terebut. Kepraktisan sudah barang tentu karnaa engga harus capek bersusah payah mendatangi tempat tertentu.

Akan tetapi pendaftaran secara online punya kelemahannya yaitu bila terjadi kesalahan akan berakibat fatal. Beda halnya cara manual, bila terdapat kekeliruan bisa dijelaskan serta dibenarkan oleh petugas andaikan merekaa melihatnya. Tp tetap ajaa akan membuat kita kerepotan bila dibandingkan daftar melalui internet lebih efisien nan cepat bangeet dehh. Seperti iklan mengatakan kalo ada yg murah kenapa milih yangg mahal? Heheheeiii, melenceng ke reklame ajaaa niih. Skali kali tak masalah lah.

Saat melakukan pendaftaran STIS online, kalian diharuskan mengisi berbagai macam info biodata pribadi masing –masing. Jgn masukin data diri org lain yach, wkwkwkwk. Ya iyalah masa input biografi tetangga kan enggak lucu boys and girls. Nanti jg akaan diminta masukin foto diunggah so kamu harus menyediakan file soft kopi wajah masing –masiing. Jgn lupa ukurannya disesuaikan dengan ukuran batas maksimal minuman upload disuruh pada web. Isi semua data yang diminta tnp melakukan hal lebai seperti menambah tinggi badan, mempermuda umur serta meninggikan nilai syarat mata pelajaran dibutuhkan.

Emangnya data apa saja yg akan dimasukkaan saat pendaftaran online STIS 2016? Dataa standar saja kook seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, sekolah, tinggi dan berat badan, riwayat kesehatan, prestasi akademik seperti rata –rataa nilai mata pelajaran syaratnya. Jangan sekali kali memasukkan info palsu krn nanti akan percuma pd saat verifikasi data pasti dihapus bila tdk sesuai dgn data yg diberikan. Semuanya pasti engga mau dong hal searoma terjadi pada adik sekalian. Lagian ngapain jg memberikan data fiktif hanya akan menyusahkan diri sendiri.

pendaftaran online stis 2016

Setelah daftar online, bisanya entar kalian akan dapat semacam lembar sebagai bukti calon pserta tes seleksi masuk. Bentuknya dalam bentuk file, bisa anda save ataw diprint langsung setelah mendapatkannya. Simpan baik –baaik jgn sampai hilang krn kedepannya akan dipakai saat verifikasi peserta. Ikuti deengan seksama tiap proses daftarnya tanpa melakukan kesalahan sedikit pun. Oh ya kakak, dr tadi bahas terus mengenai data serta hal berkaitan dgn diri serta info diri lainnya. Apakah itu termasuk syarat pendaftaran STIS? Bagimana persyaratannya? Urusan syarat pendaftarannya akan sy ulas secara detail pd artikel berikutnya. Jadi ikuti terus setiap tulisan terbaru blogku.

Baca Juga  Persyaratan Pendaftaran STIS

Setelah melakukan pendaftaran STIS 2016, ente tinggal menunggu kelanjutannya. Engga ka nada masalah serius bila syarat kalian penuhi serta saat daftar kalian tdk melakukan kesalahan fatal. Hampir semua pendaftar jika memenuhi syaratnya pasti diterima sebagai calon peserta USM. Makanya tadi kakaak wanti wantii terus supaya isi semua pertanyaan pd kolom secara benar sesuai apa adanya. Agar tk ada masalah di belakang nanti. Andaikan lu udah dinyatakan sebagai peseerta tes, tinggal mengikuti hari H ujian seleksi masuknya sajaa. Nah kalo bagian kelanjutan trsebut, km harus berusaha ekstra agar keinginan serta cita –citamu tercapai yakni kuliah kampus ikatan dinas bidang statistika.

Tahapan Seleksi masuk STIS setelah pendaftaran

seleksi pendaftaran stis 2016

Setelah membahas panjang lebar mengenai pendaftaran stis 2016, saatnya aku menceritakan mengenai tahapan seleksinya. Nah bagian ini tentu penting bagi lu yg udah jadi peserta seleksi. Proses seleksinya terdiri atas tiga tahapan, yakni:

  1. Tahap pertama tes tertulis
  2. Tahap kedua psikotes
  3. Tahap ketiga wawancara dan tes kesehatan

Nah 3 tahap tsebut di atas harus dilalui oleh setiap peserta tes yg ingin masuk kampus statistika milik pemerintah. Berat ringannya tiap terjangan dihadapi dalam tiap tahap tergantung induvidu masin masiiing. Ada yg merasakan berat, adaa pula menilainya muda dan gampang. Kenapa bisa seperti itu? Disebabkan oleh kualitas setiap manusia berbeda beda satu sama lainnya. Sehingga penilaiannya pun bersifat relatif. Pada bagian mana terasa sulit jg akan muncul perbedaan jawaban. So takkan pernah bisa dapatin dua jawaban persis sama. Paling mirip namun ttap terdapat ketidaksamaan diantaranya.

Mungkin aye perlu perjelas masing masiing tahapan di atas agar tergambarkan secara detail. So nantinya gak terasa bias ataupun kurang jelas. Pengen bangeet yah dijelasin secara rinci? Iya dong kak, ane kan mau tau sejelas jelasnya mengenai tahapan seleksi STIS. Okey skrg ak paparkan satu per satuu.

  1. Tahapan tes tertulis STIS

Tahapan pertama yakni tes tertulis. Bagian ini bertujuan menguji kemampuan akademik calon mahasiswa apakah cocok mengikuti program pendidikan keilmuan statistika. Pengujiannya lebih diarahkan pd mengukur tingkat kemampuan penguasaan materi matematika, bahasa inggris sekaligus pengetahuan umum sebagai wawasan. Kenapa perlu diuji ketiga ilmu tersebut? Mau tau alasannya?

Matematika merupakan induk dari statistik. Jadi sudah pasti kemampuan matematis diperlukan. Berbagai persamaan beserta penerapannya tak akan lepas dari mate. Pokoknya sangat perlu sekali sehingga keahlian berhitung, analisa, logikanya harus dapat. Disamping berguna dlm hal penarikan kesimpulan. Kesemua skil tersebut amat diperlukan dlm ilmu statistik. Sebenarnya tanpa ane jelasin semuanya udah tau bhw bidang ilmu dasar trsebut memang penting bgt.

  1. Tahapan Psikotes STIS

Ujian psikotes dimasksudkan mengetahui kondisi kualitas psikologi seseorang. Keadaan psikis dpt mempengaruhi pola sikap karakter tiap induvidu. Kondisi psikologi buruk berimbas pada keanehan berujung kepada prilaku menyimpang. Kadangkala membahayakan bagi orang lain dan lingkungan. Sudah tentu org seperti itu gak diharapkan menjadi mahasiswa stis. Pekerjaan lulusan stis memiliki tanggung jawab menyajikan data serta berbagai informasi secara detail bagi kepentingan pemerintah dan publik. Sebuah kejujuran, kerja keras serta kejujuran ilmiah penting sekali.

  1. Tahap Wawancara dan Tes Kesehatan

Wawancara dilakukan oleh panitia seleksi guna mengetahui visi misi calon mahasiswa ketika saat kuliah ataupun setelah menjadi bagian alumni STIS. Motivasi apa saja melatar belakangi keinginannya masuk perguruan tinggi statistik plat merah. Apakah didasari oleh niat tulus mengabdi pada bangsa dan negara atau krn faktor material serta jabatan. Bila dilatari oleh faktor pertama, sudah pasti cocok menjadi mahasiswa institusi pendidikan tersebut. Oarang seperti itu dipastikan memiliki komitmen tinggi berbakti pada nusa bangsa demi kepentingan umum. Semua perhatian penuh beserta waktu akan dicruhakannya demi kemajuan negeri tercinta. Aparatur tanpa pamrih tdk memikirkan imbalan tanda jasa. Keinginan ikhlas melahirkan kinerja disertai etos kerja tinggi.

Baca Juga  Download Pembahasan Soal STIS 2016

Sebaliknya motivasi kedua berkaitan dengann material atao jabatan bisa menghasilkan calon lulusan yang hanya mengejar kepuasan pribadi atas nafsu duniawinya. Dia akan mengejar kekayaan serta menggunakan berbagai cara agar mendapatkan jabatan tinggi pada suatu instansi. Bila sudah memiliki jabatan kemungkin bisa bisaa ia akan menyalah gunakan wewenangnya utk kepentingan pribadi. Hal tersebut merupakan satu sebab tingginya angka korupsi. Para koruptor sebelum menjabat memegang sebuah kedudukan tinggi, pendorong mereka adalah untuk menumpuk kekayaan sebanyak banyaknya.

Sekarang kita lanjut pada tes kesehatan. Tahapan uji kesehatan dilakukan untuk mengetahui kondisi jasmani rohani calon mahasiswa. Lebih diutamakan memiliki kondisi kesehatan prima. Bila tubuh sehat secara lahir batin dipastikan mampu beraktivitas secara normal. Ketika menjadi pns setelah menamatkan pendidikan, harus siap menjalan tugas dinas baik di dalam ruangan maupun lapangan. Tentu akan menemui berbagai rintangan, bila kondisi fisik kurang fit tentu kedepannya bermsalah saat menjalankan tugas. Oleh sebabnya, masalah kesehatan sangatlah pentin sekali.

Apa saja tes kesehatan masuk STIS. Secara umum yg namanya tes kesehatan terbagi menjadi dua yaitu uji ketahanan fisik serta pemeriksaan kondisi tubuh bagian dalam. Guna mengetahui ketahanan fisik biasanya disuruh lari sekian lama lalu diukur berapa jarak tempuhnya, push up berapa banyak selama waktu diberikan. Terus masalah kondisi tubuh bagian dalam, yang dicek meliputi denyut jantung, organ pernapasan normal, serta lain sebagainya. Usahakan menjaga pola hidup sehat ketika akan mengikuti tahapan ini. Seharusnya sih kita wajib menjaga kesehatan setiap waktu karena sehat itu mahal loh boy.

 Tempat Tes Seleksi USM STIS

Bila proses pendaftaran sudah selesai rampung dilakukan. Kalian secara resmi menjadi peserta tes seleksi USM STIS. Tinggal fokus aja mempersiapkan diri mengikuti ujian seleksinya. Mungkin diantara kali bertanya, dimana tempat seleksinya? Berdasarkan informasi resmi sy dapatkan, dinyatakan bahwa tempatnya di kantor badan pusat statistik tiap ibukota propinsi. Hal tersebut akan lebih praktis kareena tak perlu harus repot ke BPS pusat. Rata –rataa jangkauan tiap daerah ke ibukota propinsinya tidak terlalu jauh. Kalaopun agak sedikit jauh, bisa nginep sejak sehari sebelumnya.

Demiki ulasan saya mengenai informasi pendaftaran STIS 2015. Semoga artikel sederhana aku tulis bisa memberikan manfaat bagi anda yg membutuhkannya. Segala kekurangan, kekeliruan penulisan ane mohon dimaafkan. Bagaimanapun blogger adlh seorang manusia tak luput dari kealpaan, salah sertaa kekeliruan. Salam sukses selalu, semoga dilancarkan menggapai impianmu. Amiiiiin, insya Allah aye bakalan do’ain terus bagi pembaca setia blogku.