Persyaratan Pendaftaran PKN STAN

syarat stan

Tingginya minat generasi muda untuk masuk STAN tentu membutuhkan sebuah standar peneriman mahasiswa baru bagi perguruan tinggi negeri ikatan dinas tersebut. Sehingga dibutuhkan persyaratan pendaftaran STAN. Nah pasti akan bertanya apa saja sih syarat masuk politeknik keuangan negara sekolah tinggi akutansi neegara? Tentu saya akan bahas secara rinci sesuai dengan judul artikelku yg sedang anda  baca. Nanti akan ane jelasin satu per satu secara detail. Mungkin udah tidak sabar ya? Kalau begitu langsung aja deh aye bahas secara lengkap agar kamu sekalian pembaca blogku kaga penasaran mulu, hihiihi.

syarat daftar stan
Syarat daftar STAN

Persyaratan Pendaftaran USM PKN STAN

Persyaratan pendaftaran USM STAN ini sebenarnya dimaksudkan untuk memberikan kualifikasi pada semua calon pendaftar. Dengan adanya syarat masuk STAN bisa memberikan sebuah kriteria standar bagi pesertanya. Bayangin aja bila engga ada persyaratan/ kriterianya tentu siapa aja bisa ikut dong, bisa dipastikan insane tanpa kompetensi bagus ikut masuk. Imbasnya peserta banyak, berakibat pada loading pekerjaan panitia penerimaan mahasiswa baru tinggi banget. Nah dengan adanya syarat-syarat tentu akan terseleksi dengan sendirinya. Maksudnya, orang kualitas kurang tereliminasi. Nah terus syarat masuk STAN apa saja?

SYARAT PERNDAFTARAN USM STAN

1. Syarat daftar PKN STAN masalah lulusan sekolah

Diharuskan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajatnya seperti SMAK/ SMK/ Madrasah Aliyah (MA) untuk semua bidang jurusan /keahlian. Jadi kudu udah meluluskan diri dari SMA ataupun selevelnya. So artinya bila ente hanya lulusan SMP or SD, ya tentu enggabisa daftar lah. Apalagi kalau tdak sekolah, waduh tentu enggak bisa dong. Kenapa harus seperti itu? Karena untuk masuk PKN STAN harus mengikuti jenjang pendidikan formal ditentukan oleh pemerintah. Nah masa kerja di instansi pemerintah setelah lulus engga melewati jenjang pendidikan dibawahnya, tentu sangat aneh bin ajaib donk? Jadii untuk ikut daftar USM STAN harus lulusan sekolah menengah

persyratan pkn stan

[irp posts=”1322″ name=”3 Jurusan STAN Favorit Paling Banyak Peminat”]

2. Syarat nilai SKL/ SKHUN daftar STAN

Nilai rata –rata ujian tertulis yang tertera pada jazah ataw ijazah sementara / SKL /SKHUN (bagi calon peserta belum menerima ijasah versi aslinya) sekurang kurangn tujuh koma nol dan bukan hasil pembulatan (dongkrak desimal). Mengapa harus minimal 7,0? Karena pihak kampusnya menginginkan calon mahasiswa berkempuan akademik bagus. Wah ternyata syarat nilai minalnya stelah menamatkan sekolah Oran miliki nilai di atas 7,00 tentu sudah mengindikasi bahwa dia berkompteten, bisa menjadi lulusan terandalkan nanti bila sudah bekerja di instansi pemerintah. So tentu diperlukan tennaga handal baik secara intelektual maupun emosional. Masalahnya adalah untuk mendapatkan nilai minimal tujuuh seberarnya bukan hal sulit untuk zaman sekarang. Malas malasan dan ulangan umum/ harian sering merah bisa dapatin nilai akhir di rapor tinggi. Sama halnya dengan hasil ujian nasional biasanya  relative tinggi –tinggii.

3. Persyaratan umur daftar masuk STAN

Bagaimana syarat daftar STAN terkait masalah umur? Umur berapa saja bisa mendaftar? Usia minimal tuujuh belas tahun serta tidak lebih dari 20 thun ketika tanggal 30 September tahun berjalan. Misalnya saja sekarang kan tahun 2016, maka yg boleh mendaftar hanya yang lahir antara satu September 1996 sampe dengan tiga puluh seeptember 1999). Nah bagi orang berumur dibawah ataupun di atas tersebut tidak dibolehkan untuk melakukan pendaftaran. Kurang ataupun lebih sehari saja engga boleh mendaftar, apalagi kalo kelebihan atau kurangnya sampai hitungan bulan atawa tahunan pastinya engga diterima sama sistem onlinenya. Kalau saja tidak ada batasan umur, entar banyak kakek –kakeek yg ikut daftar. Emang mau nantinya tes bareng sama manusia jompo wkwkwkwkwk. Ya gak gitu juga keles kak.

Pernah ada yang hubungi saya, menanyakan syarat umur masuk PKN STAN. Umur dia sudah kelebihan sekitar dua bulan dibandingkan ketetapannya. Nah dia menanyakan apa masih boleh? Jangankan dua bulan, satu hari saja engga boleh kok. Tapi anehnya, dia minta saya untuk member keringanan. Nah lo emang gw ini siapa? Aku neh bukan panitia atau pihak berwewenang dalam hal penerimaan calon mahasiswa baru. Aike hanya seorang blogger biasa menuliskan berbagai informasi seputar dunia pendidikan. Mengapa minta dikasi hani sama ane ya? Waktu ituh aku ketawa juga heheheeehiii. Yah ana hanya jawab “gak bisa kayaknya dek”. Tapi dianya masih aja minta tolong dong dan hubungi siapa agar bisaa?. Ya sy hanya bilang itu sudah ketentuannya dan gak bisa ganggu gugat, apalagi dengan gugutan cerei hahahaa bisa bissa aja aj neh orang.

4. Syarat kesehatan STAN

Sebenarnya ada syarat kesehatan bagi calon peserta tes masuk PKN STAN. Syaratnya berbadan sehat, tidak terdapat cacat pada tubuh, serta terbebas dari pengaruh napza (narkoba, psikotropika, dan zat –zat adiktif yanng merusak kesehatan baik secara jasmani maupun rohani). Mengapa harus sehat, bebas dari obat –obatan terlarang? Kan lulusan nanti akan jadi abdi negara, so harus memiliki jasmani yg suer prima serta rohani (mental, spiritual) oke juga dong. Masa sang pengabdi negara seorang penjahat narapidana atau pemakai sabu, akan jadi apa negara kita tercinta ini. Oleh karena itu, diadain salah satu criteria seperti tu, paham yaa dek?

5. Persyaratan pendaftaran PKN STAN 2016 Masalah Fisik

Pada hakekatnya masalah fisik seperti tinggi pendek atau bentuk rupa engga pernah diperhatikan untuk masuk STAN 2016. Akan tetapi khusus jurusan program studi Bea dan Cukai memberikan syarat berkaitan dengan tinggi badan. Selain tinggi badan ada syarat terkait penglihatan seperti buta warna dan lensa kacamata. Namun khusus program studi tersebut akan dibahas tersendiri pada poin terpisah nanti. Jadi secara umum jurusan lainnya tidak ada criteria khusus dlm urusan fisik. Masalah tampan atau gak nya juga kaga dilihat. Sama sekali gak ada jaminan bagi yang cantik ataupun ganteng.

Apakah hal tersebut dikhususkan untuk tahun 2016 saja? Engga juga kok. Lah kenapa ditulis dua ribu enam belas. Hehehehe say amah hanya iseng aja kok, lumayan agar terlihat sedikit unik mengingat taun sekarang (2016).

6. Syarat PKN STAN untuk Status Pernikahan

Untuk menempuh pendidikan di sekolah tinggi akutansi negara mahasiswanya tidak boleh atau belum pernah nikah. Mungkin pembaca ada yang bertanya kenapa enggak boleh nikaah? Entah apa alasan jelasnya, tapi yg jelas pihak kampus sebagai penyelenggara pelaksanaan pendidikan menginginkan mahasiswanya fokus menjalani masa studinya. Bayangin aja kalau udah menikah pasti direpotkan dgn urusan keluarga seperti mengurus anak serta mencari nafkah bagi anak-anak dan istrinya. Lebih repotnya lagi kaum wanita, misalnya saja dalam kondisi hamil atau anak kecil baru melahirkan. Tentu akan terlihat rempog banget kan?

Andaikan saja ditengah tengah sedang menjalani masa studinya, menikah baik dengan pernikahan baik –baik ataupun hamil diluar nikah, maka akan dikeluarkan dari kampus dan statusnya bukan lagi sebagai mahasiswa.Nikah dengan proses yg benar aja kaga boleh apalagi dgn married by accident (MBA) pastinya sudah melanggar kode etik sebagai cvitas akedemik kampus plat merah bidang keuangan negara.

Nah yang satu ini harus mengeluarkan uang. Meskipun pendidikan di PKN STAN gratis tapi harus membayar biaya pendaftaran saat mendaftar. Berapa besar biayanya? Untuk tahun 2015 kemarin nominalnya Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Untuk tahun ini saya belum tau secara jelas berapa besarnya. Mungkin nanti akan diinformasikan secara resmi melalu edaran pengumuman dari pihak kampus, baik secara onlibe maupun lewat papan pengumuman.

Persyaratan STAN khusus Jurusan Bea dan Cukai

Tadi saya sudah mengatakan bahwa akuu akan menjelaskan secara detail mengenai syarat khusus STAN jurusan Bea dan Cukai. Sebelum melanjutkannya, ane mau informasikan bahwa jurusan tersebut terdiri atas 2 program studi yaitu D1 dan D3. Untuk prodi D1 bisa dipilih cewek dan cowok sedangkan D3 dikhususkan bagi pria saja. Nah untuk urusan fisik keduanya sama saja yaitu tinggi badan miniml 165 centi meter untuk pria sedangkan prempuan hanya 155 cm saja. Selain tinggi badan, tidak boleh buta warna. Bagi pengguna kacamata atau kontak lesa, minu, plus, selindris diberikan batas toleransi maksimal sampai 2D (dua dioptri).

Syarat STAN 2016

Sebenarnya tidak ada kekhususan syarat STAN 2016. Semua poin –poin tersebut di atas berlaku untuk semua tahun. Jadi kalo ada pertanyaan persyaratan STAN 2016, jawabannya sama saja dengan tahun lalu. Kalaupun ada perubahan paling hanya biaya pendaftaran ataupun prosedur mendaftarnya saja. So kalian tak usah bersusah payah memikirkan apa saja syaratnya yg sekarang. Terus kak, apa kakak bisa jamin sudah pasti sama. Ane yakin tetap kok, Cuma kalopun ada sedikit perubahan gak akan signifikan. Jika adapun kakaak update lewat blog herniawan.com. Oke deh makasih yaaaa!!

 Syarat Pendaftaran STAN 2017

Hehehe ujian saringan masuk (USM) STAN 2016 saja belum berlangsung kok sudah bahas syarat pendaftaran STAN 2017. Ya tidak apa apakan, namanya blogger seperti saya bagaimana caranya agar seefisien mungkin dlm menulis artikel. Maksudku tidak lain adalah untuk menghemat tenaga dan waktu saja. Lagian ane udah kasi tau sebelumnya di atas, bahwa syarat STAN relative tetap alias jarang berubah. Karena pengalaman abdi bertahun tahun, syaratnya gitu –gituu aja kok.

Nah demikian informasi mengenai syarat daftar PKN STAN yang bisa saya uraikan secara jelas. Semuanya saya tuliskan berdasarkan berbagai sumber informasi sy kumpulkan baik dari media elektronik seperti website ataupun media cetak. Insya Allah semua info tertulis dalam artikel ini valid sesuai apa adanya tanpa ada perubahan secara material. Hanya redaksi bahasanya saya sedikit ubah agar sesuai dengan gaya penulisanku di blog tercinta penulis. Untuk lebih jelasnya juga, ak coba melampirkan juga pengumuman resmi dari kantor Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kemenkeu agar anda  bisa melihat sendiri keabsahannya. Lebih dan kurang sayaa minta maaf bila ada kata dalam tulisan menyinggung ataupun membuat dirimu kurang berkenan. Ane hanya manusia biasa, meski setiap aye tulis berusaha memakai gaya bahasa anak muda karena bisa dipastikan pembacanya adalah kelas dua belas SMA ataupun lulusan tahun lalu yg masih ingin mencoba ikut USM STAN 2016. Semoga bisa lulus tesnya ya.

Penulis: Herniawan.com

Pembahasan soal STAN berisi video pembahasan lengkap yang mudah dipelajari dan membantu calon peserta tes STAN agar mudah mengerjakan soal saat Tes USM STAN. Untuk mendapatkan pembahasan lengkap kunjungi www.KafePelajar.com

Komentar ditutup.