Pridiksi Soal USM STAN 2015

iklan kape

Melihat banyak pengunjung blog saya datang dengan kata kunci pridiksi soal USM STAN 2015. Tapi sebelumnya perlu dibenarkan terlebih dahulu mana yang benar pridiksi atau peridiksi ada juga prediksi? Masalahnya tiga kata kuci itu sering digunakan oleh tamu web keren ini, hehehehe percaya diri amat yah? Sebenarnya kita melihat asal usul kata tersebut, itu merupakan kata serapan dari bahasa asing yaitu prediction jadi yang benar adalah pridiksi. Okey sekarang kembali ke topik utama. Perkiraan atau kisi-kisi soal yang akan keluar dalam tes seleksi masuk sekolah akutansi negara dapat diperkirakan. Karena tipe dari tahun ke tahunnya tidak jauh beda. Artinya memiliki tingkat kemiripan yg cukup signifikan. Jadi secara tidak terisirat maksud ane adalah pelajari saja soal-soal tes tahun lalu.Misalnya saja kalian dapat mempelajari soal STAN dan pembahasan 2014. Pelajarilah tipe soalnya dengan serius. Pahami betul pertanyaannya dengan baik. Ingat kuantitas atau jumlah soal tidaklah penting namun lebih penting kualitas kita dalam belajar dan memahami tiap nomornya. Menurut saya pridiksi soal STAN 2015 yag paling baik adalah dengan mempelajari soal-soal tahun lalu. Bila perlu pelajari lima tahun belakangan. Berdasarkan pengalaman ane mengajar serta mereview, tingkat kemiripannya melebihi delapan puluh persen. Namun disini perlu diperhatikan, disini mirip bukan sama. Dalam arti tipe dan jenisnya saja mirip namun secara kontekstual pastinya berbeda dong, masa sama sih hehehi.

pridiksi soal usm stan 2015

pridiksi kisi-kisi soal STAN 2015

Bingung ya maksudnya bagaimana? Baik deh akan gue jelasin deh. Begini misalnya aja keluar no soal tentang perbandingan, persamaan dan pertidaksamaan variable pada tahun 2013 (hanya tipenya saja). Nah pada tahun 2014 dan 2015 jg akan keluar setipe. Namun perlu ane ingatkan serta tekankan kembali, hal tersebut hanya konsepnya saja. Ya pasti isi dan bahasannya (redaksi) berbeda tentunya.Iya, tapi itu kan baru hanya matematikanya aja. Gimana dengan bahasa inggris, bahasa Indonesia dan tes potensi akademiknya? Sabar dong cakep cap bangoo hahahai. Yaa tentunya sama aja dong. Perhatiin aja tes tahun lalu terus lu pelajari. Nah topic yang keluar insyaAllah akan keluar lagi. So elu kudu wajib kuasai secara konsep bukan menghafal cara penyelesaian /pembahasan tahun tersebut. Hari gini masih belajar dgn menghafal, ke sungai aja deh ceburin diri. Wkwkwkwki. Aku saranin belajar itu bukan dgn menghafal mati. Awas loh ntar mati benaran. Becanda guys. Maksud gw belajar itu semata-mata hafalin materi pelajaran namun lebih memahami. Ingat deeh pepatah anak sekolahan “semakin banyak menghafal semakin banyaak lupa, sedikit hafal dikit lupanya”. Artinya kalau saja kita tidak menghafal maka tidak akan ada hal /pelajaran yg lupa. Benar tidak? Setuju gak?

Pridiksi Kisi USM STAN 2015

Berbeda halnya jika belajar dgn konsep understanding in learning (memahami dalam belajar) jauh lebih nikmat dan terasa banget deh bedanya. Bila dibandingkan dgn hafal, otak dipaksa untuk mengingat banyak hal bisa menyebabkan pusing dan stress. Ingat loh otak memiliki batasan kemampuan dalam hafalan. Jika kita lebih mengutamakan pemahaman, hanya saja kapasitas otak yg terpakai. Selebihnya mengandalkan logika serta kemampuan berpikir. Ada kelebihan lain bila belajar dengan mengedepankan pemahaman otak lebih terpacu untuk berpikir secara kreatif. Hal ini dikarenakan otak selalu mendapat stimulus agar bisa bekerja secara efektif. Dampak positifnya kita akan lebih berkreasi dgn pemikiran arif bijaksana. Berkebalikan jika menghafal, selaput syaraf otak lebih tegang dan bila dipaksakan bisa akan putus. Tentu tidak ingin kan hal tersebut terjadi.

Kok menyimpang ke teori belajar sih? Padahal tadi rencananya mau bahas tentang pridiksi soal STAN 2015. Okedeh langsung aja deh saya akan berikat outline inti dari perkiraaan soal stan. Sebenarnyasudah pernah dibahas di artikel lain berjudul materi soal tes STAN. Tapi tidak masalah aku bahas ulang lewat tulisan ini. Secara umum terbagi dua yaitu tes kemampuan potensi akademik (TKPA) dan bahasa inggris. TKPA sendiri terbagi tiga yaitu mstematika, bahasa Indonesia, serta logika. Matematika lebih menekankan kemampuan berhitung matematis, bahasa Indonesia bertujuan untuk menggali kemampuan pemahaman dalam bahasa Indonesia seperti kosa kata dan pemahaman ekstraksi bacaan. Lain halnya dengan logika lebih difokuskan menguji kemampuan logis calon mahasiswa dan berikir. Tes bahasa inggris bertujuan mengukur kemampuan bahasa inggris. Bahasa inggris terdiri atas structure, eror recognition serta reading komphresion.

Kisi-kisi Soal Tes STAN 2015

Bahasa Indonesia

  • Kosa kata
  • Sinonim
  • Antonim
  • Analogi
  • Memahami bacaan teks

 Matematika

  • Kemampuan kuantitatif. Tes kemampuan matematis hanya berkaitan dengan kuantitaitf yaitu skill berhitung semua topik berkaitan dengan matematika.

Logika

  • Kemampuan penalaran. Uji penalaran merupakan jenis  pengujian skill logika. Uji penalaran ini meliputi tes rumpang bacaan, barisan angka, deretan huruf, dan visualisasi gambar.

Bahasa Inggris

  • Written and structure
  • Error recognition
  • Reading

 Tips menguasai kisi-kisi soal STAN

kisi soal tes STAN

kisi-kisi soal tes STAN

 

Setelah mengetahui kisi-kisinya, selanjutya kalian harus tau tips menguasainya. Tidak ada hal lain guna kuasainya melainkan belajar. Iya benar harus belajar dong. Kalau mau kaya harus kerja, jika ingin pintar y belajar lah. Yeeeh semua orang juga udah tau keleees. Iya betul buaaanget deh. Akan tetapi tips kami ini bukan asal sembarang tip, ini lebih unik dan pasti deh kalian kan bilang “O’” bila baca terus bacaan ini sampai selesai. Kami akan jelaskan rahasia bagaimana cara menguasai dgn cara cerdas.

 Cara Menguasai Kisi Soal TKPA STAN

Tes kemampuan potensi akademik merupakan salah satu bentuk ujian dalam USM STAN. Hal yg harus dipelajari untuk persiapan tes TKPA adalah menguasai semua bentuk kosa kata, persamaan kata serta lawan kata. Langkah yang harus dilakukan adalah dengan banyak membaca surat kabar, kamis dan berbagai karya berkaitan dengan bahasa Indonesia. Guna mengasah ketrampilan memahami bacaan, sering lah berlatih menarik kesimpulan tiap paragraph bacaan di surat kabar. Memang tulisan surat kabar kadang kala tidak mengikuti standar penulisan bahasa Indonesia. Karena tidak jarang mereka (wartawan / reporter) menulis artikel mengandung dua pikiran pokok dalam satu paragraph. Tapi tidak masalah. Simpulkan saja ide pokok dalam pragraf itu. Baik satu ide pokok maupun dua. Bagaimana langkah untuk menentukan tema utama suatu pragraf? Cari aja hal apa yang mewakili semua kalimat pragraf tersebut.

Pada bagian ujian kuantittif (uji ketrampilan matematis). Pelajari semua hal-hal berkaitan dgn matematika. Kuasai konsepnya dengan baik, ingat bukan dengan cara menghafal. Memang syarat untuk mengikuti tes STAN adalah lulusanSMA /SMK namun berdasarkan pengalaman sy mengerjakan soal-soal STAN, materi matematika wajib kuasai cukup materi sekolah menengah pertama (SMP). Namun secara materinya saja selevel SMP, sedangkan tingkat kesulitannya setara SMA. Namun tidak perlu khawatir, bisa dikerjakan secara logika serta cara kreatif. Baca artikel ini sampai selesai, Anda akan akan diajarkan tipnya.

 Tips Kuasai Kisi Soal Bahasa Ingris USM STAN

Sama halnya dengan TKPA, bahasa inggris pun adalah salah satu bentuk ujian dalam seleksi mahasiswa STAN. Menurut saya cara kuasai bahasa inggris jauh lebih mudah dibanding bagian lainnya. Namun kembali ke perorangan. Belum tentu gampang bagi saya akan gampang juga anda pembaca tulisan ini. Kapasitas tiap orang pasti berbeda-beda.  Ada yg cerdas dapat mudah memahami pelajaran, adapula orang kesulitan menangkap mata pelajaran.

Baik saya akan kasi tip untuk jago bahasa inggris. Tentunya harus pelajari semua grammar agar menguasainya. Namun topic yg sering keluar meliputi tenses, conditional sentence, gerund, active and passive voice, direct and indirect speech serta topil lain berhubungan. Reading dapat diasah dengan banyak membaca teks bahasa inggris supaya memliki banyak perbendaharaan kata.

 Rahasia Belajar Kisi Soal USM STAN

Selain mengetahui kisinya, hal penting agar lebih siap mengikuti tes USM STAN adalah tau cara belajar yg tepat. Proses belajar yg baik dan efektif akan memberikan hasil optimal. Keefektifan belajar jg sangat dipengaruhi oleh media pembelajaran. Di era modern seperti sekarang, media pembelajaran efektif masih sangat jarang. Sangat berkebalikan dengan kemajuan dunia informasi. Lalu media belajar seperti apa yang dinilai bagus guna belajar kisi soal USM STAN 2015? Media pembelajaran bagus dan efektif adalah video multimedia pembahasan soal STAN.

Bagaimana cara mendapatkannya? Saat sekarang sudah www.KafePelajar.com menyediakan video pembahasan soal-soal STAN lima tahun belakangan. Dengan mempelajari lima tahun tersebut anda akan mendapatkan gambaran mengenai kisi-kisi soal yang akan keluar nantinya. Videonya sangat bagus bagus dan sudah banyak menjadi membernya. Pembahasannya tidak mengandalkan cara belajar menghafal. Akan tetapi akan diajarkan penyelesaian soal sesuai dengan logika praktis serta masuk akal. Cara pembahasannya tidak hanya mengandalkan menghafal rumus super membosankan. Mau lihat buktinya? Segera kunjungi dan daftar jadi member www.KafePelajar.com.