Rahasia Mudah Mengerjakan Soal SBMPTN Nilai Tinggi

iklan kape

Biasanya kakak di blog www.Herniawan.com membahas masalah serta berbagai tips mengenai soal dan pembahasan STAN. Akan tetapi dalam postingan ini kaka bahas mengenai Rahasia mudah mengerjakan soal SBMTPN tahun 2016. Sebenarnya sih berlaku untuk semua tahun. Pasti banyak banget deh di antara adik ingin masuk perguruan tinggi idaman melalui jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yg lebih sering kali disingkat menjadi (SBMPTN). Terutama bagi kurang beruntung dapatin perguruan tinggi lewat SNMPTN tentu rahasia yg akan akan paparkan disini penting baunget kud kalian baca ampe habis deh.Kaka juga yakin adek yanng sedang baca artikel kakak di blog milikku salah satunya dr orang kurang beruntung lwat undangan. Tapi tidak perlu khawatir, masalah tersebut tidak bisa dikataka gagal hanya aja rejekinya akan datang di saat lain dgn cara indah.
Ingat dunia tidak berhenti berputar lantaran kalian gagal di undangan, masih ada rute lain bisa adek ikuti seperti tes tertulis dan tes mandiri. Still keep spirit to reach your dream guys!!!!Kak menurut kaka aku bisa lulus SBMPTN gak yah? Yaaah mana ketehe hehehehahai, maksudnya kakaak kurang tau dek, aye kan bukan peramal, dosalah jadi paranormal termasuk dalam syirik. Kelulusan klian masuk PTN idaman lwt tertulis sepenuhnya tergantung pada adiik semua. Apakah belajarnya serius dgn penuh keyakinan untk msk universitas favorit masing masiing. Semakin gigih usahanya maka akan semakin besar peluang suksesnyanya. Tentu hal tersebut berlaku kebalikannya, bila ikhtiar tak dilakukan secara total hasilnya pun akan kurang optimal.Usahanya seperti apa aja sih? Usaha untuk lulus SBMPTN seperti melakukan semua aktivitas positif yang mengarahkan kalian memiliki peluang lulus makin besar.
Bila kalian membiasakan hal tersebut tentu tidak akan kesulitan serta terasa mudah dalam mengerjakan soal SBMTPN nantinya. Contohnya kaya apa kakakk? Kalian taulah salah satu hal terpenting adalah belajar. Oawalah kakaaaak kakakk aye jg tau keleees hehehe. Iyaaa memang kalo hanya belajr ya belajarr semua orang jg bisa kok. Tapi harus dgn cara belajar yg benar lah. Waaah kek nya menanrik juga nih, share dong  akang mengenai cara belajar itu?

cara lulus sbmptn

lulus SBMPTN

Baik aa akann coba jelasin rahasia mengerjakan soal SBMTN nilai tinggi dengan mudah supaya lulus sehingga membantu kalian percaya diri mengkuti seleksi masuk perguruan tinggi secara tertulis. Namun tips ini kaka bagi dua secara umum yaitu saat belajar persiapan dan pada waktu tes berlangsung. Hanya 2 aja ya? Iya benar dikelompokkan dalam duaa bagian besar:

  1. Rahasia belajar soal dan pembahasan SBMTPTN
  2. Rahasia mengerjakan soal SBMTPN dengan mudah

Nah selanjutnya akan diperinci satu per satuu agar lebih jelas serta mudah kalian pahami. Perlu diperhatikan bahwa keduanya harus dilakukan dengan serius dalm artian tdak yg lebih penting atw tak terlalu diperhatikan. Dua bagian tersebut di atas saling berhubungan satu sama lain. Ahh masa iyah sih kakaaaak? Suer deh kaga percaya nih. Mana buktinya coba jelasin biar adiik percaya kedua rahasia mudah mengerjakan soal SBMPTN di atas. Baiklah akuu kasi sedikit gambaran deh, gini kalau kalian belajar dengan serius nan sungguh tentu akan menjadi bekal penting bagi adik sekalian untuk mengerjakan soal saat tes berlangsung kan? Bagusnya pengusaan materi pelajaran dalam memori adiik skalian tentu akan memberikan dampak positif bagi kaliiaaan seperti merasa lebih percaya diri serta yakin saat mengerjakan soal SBM PTN. Rasanyanya gak terlalu tertekan lantaran merasa punya bekal. Coba sebaliknya bila kaga serius belajarnya ataw belajarnya setengah stengaah, bekallmu pastinya lebih sedikit kann? Lebih lebiih bila taak belajar sama sekali waduh lebih hancur lg deh wkwkwkwkw. Bila kondisi kedua terjadii benaran kalian bakalan tidak percaya diri bhkn minder sebelum hadapi soalnya. Belum ketemu soal aja udah minder apalagii kalo terima soal dikasi sama panitia bisa mencret hahahahaheh. Teruuus gimana lgi kalo pas mengerjakan soal SBMPTN? Bisa bisanya kalian akan pingsan ampe tes selesai hewhewhew.

Nah gimana andaikan hal pertama yaitu belajar soal SBMPTN udah mantap, tp strategi saat tes kurang jitu. Barangkali kasus kedua ini tdak terlalu serius tingkat keparahannya, kemungkinan sedikit kerepotan dikarrenakan hny ngandalin hasil belajar tnp memikirkan strategi saat ujian tulis berlangsung. Meski hasilnya tidak separah kasus pertama, tetap aja hasilnya kurang optimal. Kondisi tersebut berpengaruh pula pada besar kecilnya peluang kalien lulus SBM PTN. Kok bisa gitu sih? Yah tentu ada hubungannya dn skor yang kalian peroleh, kurangnya strategi skor kalian jg tidak optimal dung. Berati tips kedua penting jg ya kakakk?? Ya iyalahh kan tadiinya udah gw bilang kedua rahasia mengerjakan soal SBMPTN tersebut saling berhubungan satu sama lain, tingkat urgensinya pun sama selevel.

Baik setelah kakaak jelasin panjang lebar mengenai hubungan antara dua rahasia mengerjakan soal SBMPTN tersebut, saatnya kakak akan perinci satu per satuu secara detail. Aye harap kalian bisa mendapatkan gambaran secara jelas sehingga bisa diterapin agar bisa lulus masuk PTN idaman masing –masing, amiiiiin ya Allah….

  1. Rahasia belajar soal dan pembahasan SBMTPTN

Mulai dulu rahasia pertama berkaitan dengan persiapan sebelum tes yaitu belajar soal dan pembahasan SBMPTN. Waaah jujur ya kaak kalo dengar belajar gitu rasanyaa gimana ya? Iyaa tau deh aye juga tau kok kalooo belajar aktivitas membosankan bagia kebanyakan orang. Sapa jg yg tak ngerti, gwe orangnya pengertian bangeet loh. Bener ni kaaak? Suwer dech. Udahan dulu becandanya. Gitu fokus pembahasan rahasia pertama ini.

Baca Juga  Download Soal dan Pembahasan SBMPTN 2015

Memang belajar adalah kegiatan membosankan terutama bagi kalangan muda seperti kalian. Tapi perlu adiik ketahui bahwa tidak semua materi yang dipelajari di sekolah masuk di tes masuk perguruan tinggi negeri. So tak perlu resah gelisah saat akan belajar, materinya hanya dikitbanget kok. Tp kan soalnya lebih sulit dr soal latihan atawpun ulangan diberikan oleh guru saat sekolah. Kluu masalah itu sih emang benar hahahahahahe. Idih si kakakkk mah ngeselin ihh, sebeeel. Woless donk brooi and sis!!! Ya namanya jg masuk kuliah masa mau dikasi soal level anak TK kan kaga lcuu. Malah kalu dikasi soal yg mudah nilai hasil tesnya pada tinggi –tinggi so panitia bingung nentuin mana yg diterima atawu tidak diterima. Makanya dikasi soal yg (agak) suulit agar bisa dibedain mana yg pintar sama kurang sehingga nanti dpt dibuat keputusan siapa aja peserta lulus tes serta gk (kurang beruntung) lulus. Antara kedua kategori tersebut tentu harus dibuat sebuah perbedaannya.

Iya boleeh deh dianggap sulit, namun soal- soalnya bisa diperidikasi kok materi apa saja yang akan keluar. Wuih seriuuuus nih kakaak, iya benaran kok materi atau bab (bukan soal) nya bisa diprediksi. Tahu dr mana kak? Tahu tempe kali yye? Yaaah coba aja bandingin soal tes SBMPTN dari tahun ke tahuun, bisa dilihat statistiknya. Bila ente sekalian perhatikan secara jeli bisa dilihat bab mana aja yang sering keluar. Nah stlah tau bab/ materi dgn frekuensi lebih tinggi lu fokus pelajari bagian itu. Lah bagimana taunya kaakk?

Bagaimana Cara lulus SBMPTN Nilai Tinggi?

rahasia sbmptn nilai tinggi

Nilai SBMPTN tinggi

Sebuah pertanyaan sulit untuk dijawab secara pasti. Hei gak usah sedih, insya Allah ada kok caranya agar entee semua lulus SBMPTN. Selain lulus, bisa dapatin nilai SBMPTN tinggi loh. gmn tuh caranya? mau tau banget yahh? hehehei. Intinya mah lu semua kudu belajar serius baik secara kuliatas maupun kuntitas. Ya iyalah hukum alam sudah diatur, bila ingin sukses ya kerja keras.

Belajar Mengerjakan Pembahasan Soal SBMPTN Agar Lulus

Supaya belajar kalian lebih terarah sehingga dapatin nilai tinggi, alangkahbaiknya kalian ketahui terlebih dahulu trend soal SBMPTN sebelumnya. Caranya gimana gak tau kak. Okeyy dech guwe jelasin caranya:

  1. Buka dan baca soal SBMPTN beberapa tahun lalu (usahakan minimal lima taun)
  2. Buat table yg terdiri dari dua kolom, klom pertama isi dgn nama bab sedangkan kolm kedua diisi dgn angka frekuensi masuknya tiap tahun
  3. Urutkan bab –bab tersebut berdasarkan frekuensi paling besar hingga terkecil.

Biasanya aka nada ekitar 7 sampai 9 bab, pilihlah baab setidaknya lima dari semuanya yang memiliki frekuensi lebih besar. Fokuslah pada pilihan kalian.

Aku saranin kalian fokus pada bagian materi yang sering keluar, misalnya aja gw kasi contoh di fisika, mekanika adalah bagian pokok bahasan sering banget muncul. Kalau diperhatikan dari semua soal fisika, mekanika aja bisa sampai tiga puluh hingga empat puluhh persen loh. Setelah itu topic suhu dan kalor cukup sering keluar di susul oleh listri kemagnetan. Hanya menguasai topik tersebut insya Allah kalian bisa mengerjakan soal SBMPTN fisika dengan baik. Hal tersebut di atas jg berlaku untuk semua mata pelajaran. Lakukan dgn cara serupa.

Oh ya kenapa kaga belajar semua akang? Kalo mampu belajar semua ya belajar semua aja. Maksud guwe andaikan gak mapu serta terbatas waktu cuku pokok bahasan penting aja sering keluar di  soal SBMPTN. Sebenarnya hanya kuasai materi penting seperti itu saja sudah cukup bagus asalkan konsisten untuk setiap bidang studi. Bila fokus bagian pentingny aja setdaknya bisa mengerjakan lebih dari 75 persennya. Namun belajarnya serius serta mampu menguasai materi tersebut dgn baik. Begitu pula dengan pelajaran lainnya harus bagus serta mantap penguasaan bahannya.  Jika memang bersikukuh ingin kuasai semua materi ya silakan aja, tak ada larangan kok. Semuanya kembali lagi pada kalian. Tapii sy agak sedikit ragu bila mampu kuasai secara total seratus persen tiap bidang studinya. Sebaiknya ikuti saja saran saya di atas.

Cara Belajar Agar Mudah Mengerjakan Soal SBMPTN

mengerjakan soal sbmptn

cara mengerjakan soal SBMPTN

Sebelum mengerjakan soal SBMPTN agar pemahaman serta daya tangkap kalian terhadap pelajaran bagus, harus perhatikan proses cara belajar kalian. Hal tersebut agar output dari proses belajarnya bisa optimal. Sayaa sarankan menggunakan media belajar super canggih agar bisa menghasilkan pemahaman bagus. Media pembelajaran ituseperti apa? Pertanyaan ygg bagus. Banyak sekali media penunjang belajar, paling sering kita gunakan adalah buku pelajaran. Buku merupakan sumber ilmu kerap kali digunakan oleh org untuk belajar. Banyak sekali ilmu di dalamnya. Tentunya buku sesuai dgn keinginan kita. Masa mau belajar untuk tes PTN bacanya buku tentang cara berenang di atas atap rumah atau membaca komik. Lucu kan hahaha, lucu atau yg punya blog lebay wkwkwkwkii. Akan tetapi menurut gwe ya kalu mempelajari pelajaran lewat buku udah kuno dan konvesional. Membaca buku guna memahami sedikit sulit karenakan selain sambil membaca jg harus mencerna apa maksud dalam tulisan penjelasannya. Tau sendiri kan kalo buku itu media belajar lebih bersifat visual. So adik kudu harus sambil memeras otak supaya dpt memahaminya dgn baik.

Baca Juga  10 Universitas PTN Terbaik Indonesia

Lantas bagaimana media apa yg paling tepat belajar materi tes PTN agar mudah mengerjakan soal SBMPTN? Kalo kaka saranin sih pakailah bahan ajar yang bersifat multimedia (audio visual). Kaya ape sih contohnya. Multimedia paling bagus adalah video pembelajaran soal dan pembahasan SBMPTN. Melalui video kita bisa belajar secara optimal sehingga akan membantu adik –adik dlm memahami materi tersampaikan. Kalian akan bisa memlihat cara pengerjaan tiap nomor soal serta bisa mendengarkan suara penjelasannya. Bisaa dianggap three in one lah yaitu lihat baca serta dengar secara audio.

Apa saja sih kelebihan belajar cara mengerjakan soal SBMPTN dengan video multimedia pembelajaran? Berikut ini guw jelasin beberapa kelebihannya:

  1. Dapat dipelajari dgn mengoptimalkan panca indra yaitu pendengaran serta penglihatan. Tentu hal ini sangat membantu dalam pemahaman soal SBMPTN. Tau sendiri kan bahwa otak akan memproses impuls rangsangan dari alat indera. Bila impuls terkirim bagus maka penerjemahan otak akan lebih bagus juga. Stimulus dwi indera (penglihatan dan pendengaran) saat belajar menggunakan video lebih bagus ketimbang baca buku hanya menggunakan mata utuk melihat
  2. Terasa sedang belajar dengan guru privat. Saat kita diajar oleh guru privat tentu terasa lebih cepat memahami karena diajarkan secara personal. Tapi tau sendiri kan bahwa biaya guru les privat itu mahal loh. Nah dengan video pembelajaran cara pembahasan soal SBMPTN akan merasakan bahwa kita sedang dibimbing oleh tutor pembahas di videonya. Kalau guru prvat panggilan ke rumah hanya sekali aja udah dibayar mahal. Sedangkan video bisa lu lihat berkali kali sehingga dapat dipelajari secara berulang ulang saat ada waktu. Tentu hal tersebut menjadi salah satu kelebihannya.
  3. Video pembahasan cara mengerjakan soal SBMPTN dapat dipekajari dimana saja kapan saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Lewat video dpt dipelajari dalam kondisi apapun, misalnya aja lagi di jalan pake mobil, bisa buka hp lalu belajarlah (semuanya pasti punya ponsel kan?) lagi sambil bobok dan nyante bisa dipelajari sambil tiduran gak seperti belajar ama guru les privat atw di bimbel.
  4. Kelebihan lain dari video pembahasan SBMPTN adalah harganya terjangkau super murah boyy. Lah bukannya buku juga murah kang? Benar sekali. Maksud akang murah teh manfaatnya besar bila dibandingkan dgn harga tak seberapa. Liat manfaat coy bukan hanya nominal pengeluaran untuk membelinya. Segala sesuatu tidak hanya dapat diukur dgn uang semata. Kepuasan serta nilai diperoleh jg harus dipertimbangkan. Gimana apa semuanya setubuh eh maksutnya setuju?
  5. Penyelesaian cara mengerjakan soal SBMPTN biasanya oleh tutor berkualitas. Tampilan video pembahasan soal SBMPTN juga sangat bagus. Ya tau sendiri kan, masa yg jelek kurang bagus dikasi lihat ke orang, engga kan? Mereka pastinya malu andaikan memperlihatkan atau mempublis karya tak berkualitas. So dpt dipastikan mutunya sangat bagus tidak mengecewakan. Adik adek akn merasakan metode beljar baru luar biasa. Alhasilnya nanti bakalan membuat puas serta sangat membantu pahami cara menyelesaikan soal

Tips Mengerjakan Soal SBMPTN Dapat Nilai Tinggi

Lulus SBMPTN dengan nilai tinggi mungkin impian dari ente semua. Barang kali aja banyak anggapan mengatakan bahwa soall tes PTN susah. Apakab benar cara mengerjakan soal SBMPTN susah? Kakak gak bisa menjawabnya karna penilaian tiap orang tentu berbeda –beda yah. Kalao menurut akuh sih gampang aja wkwkwkw, sombongg  amaat, becanda adekku sayang. Sebenarnya sulit tidaknya tergantung kemampuan dan rejeki tiap orang. Kalao orangnya berkemampuan akademik tinggi tak terlalu masalah. Tp jangan terlalu berkecil hati bagi yang kemampuan akademiknya pas pasan. Masih ada waktu sehingga belajarlah dgn gigih dan tekun. Jangan lupa juga berdo’a. Ingat kita wajib berikhtiar, hasilnya Allah lah yg menentukan. Allah sangat mencintai hambanya yang tidak mengenal putus asa.

Selain kemampuan akademik serta keseriusan mepersiapkan menghadapi soal SBMPTN, ada hal lain sangat penting yaitu strategi saat tesnya berlansung. Bagaimana strategi agar bisa lulus SBMPTN? Di bawah ini kakak sedikit memeparkan tips lulus SBMPTN. Usahakan serta laksanakan dgn sebaik –baiknya. Namun perlu diketahui pula bahawa tingkat keberhasilan tiap orang pastinya beda. Tips ini dibagia dua yaitu beberapa hari sebelum dan saat ujian seleksi berlangsung.

  1. Beberapa hari sebelum tes SBMPTN

Ada hal yang perlu kalian persipakan beberapa hari sebelum tes. Bila kalian nmengikuti tes di daerah lain (di sekitar daaerah kalian tidak ada panitia lokal) usahakan sudah berada di tempat kalian tes seminggu sebelumnya. Mungkin kalian mencari kosan aman untuk ditinggali sampai ujian seleksinya selesai. Kalian jg harus tau keadaan transportasi dari kosan ke tempat pelaksanaan. Pengen tau secara jelas lokasi dan ruangan kalian sesuai nomor peserta. Barang kali selain itu butuh beberapa hari untuk pelajari ataau review yg pernah dipelajari. Setidaknya minimal sehari sebelum hari H kalian udah ada di daerah kalian akan ikuti tesnya. Sore hari sebelum tes kalian belanja ke toko alat tulis an kantor (ATK) semua peralatan dibutuhkan seperti pensil 2B, peraut pensil, penghapus dan alas. Perlu diketahui tidak semua meja disediakan oleh panitia bagus dan rata sehingga perlu jg persiapan alas tulis.

Baca Juga  Tips Mengerjakan Soal SBMPTN Mudah

Malam harinya persiapkan kostum pakain buat besoknya. Pakaian harus kemeja rapi. Gosoklah baju kalia agar terlihat rapi. Tampilan oke akan semakin membuat percaya diri meski pengaruhnya sedikit. Pokoknya kalian harus persiapkan semuanya jgn sampai hal sepele seperti itu membuat kalian kebingungan saat akan mengikuti tes. Oh ya usahakan malam tersebut kalian jgn belajar. Biarkan otak kalian istrahat dari berbagai pikiran serta kehawatiran. Otak tiap orang pasti butuh waktu untuk berelaksasi apalagi besoknya akan digunakan untuk berperang.

  1. Hari H pelaksanaan tes SBMPTN

Pada saat hari H, usahakan bangun pagi. Bagi muslim tentunya keharusan untuk sholat subuh. Berdo’alah kepada Allah setelah sholat. Mintalah ketenangan serta kemudahan dalam mengerjakan soal SBMPTN nantinya. Non muslim juga harus bangun pagi dong agar tdk kesiangan. Sarapan terlebih dahulu. Namun jgn terlalu kekenyalan ya, seala kadarnya aja asal jgn sampai perut kalian kosong. Bila sudah siap habis mandi dan pakai kostum menurut kalian terbagus, bersiaplah untk berangkat. Yakinlah dalam perjalanan bahwa ente semua akan mendapatkan yang terbaik. Jangan sampai selama perjalan menuju lokasi tes berpikir macam –macaam membuat minder serta takut ketemu soal SBMPTN. Jangan telat sampai nyampe ruangan ujian karena akan mengganggu konstrasi sehingga gugup. Terlalu cepat juga kurang baik karena akan bosan menunggu. Kira –kira sekitar lima belas atau dua puluh menit sebelum tes dimulai. Sebelum diijinkan masuk jgn sekali kami nyelonong ke dalan ruangan. Bilai udh dikasi ijin ya masuuk lah hehehe. Panitia akan membagikan soal. Jgn dibuka sebelum dikasi tau mulai kerjain. Sbelum mengerjakan soal SBMPTN kalian diharuskan mengisi semua biodata serta informasi pribadi kalian. Isilah dgn baik jangan sampai salah terutama nama, tanggal lahir serta no pesertamu. Bila sudah waktunya, panitia akan ngasi kode bahwa waktunya sudah dimulai. Selanjutnya baru deh kalian fokus untk mengerjakan soal SBMPTN dgn serius optimis.

Bagaimana Cara Mengerjakan Soal SBMPTN Agar lulus

Saatnya kaka kasi tips rahasia mengerjakan soal SBMPTN dengan mudah agar peluang lulus semakin besar. Perhatikan tips nya di bawah ini:

  1. Sebelum mulai mengerjakan soal SBMPTN kudu wajib berdo’a karena semua yg terjadi dalam kehidupan kita atas seijin Allah. Bagi muslim minimal do’anya “Bismillah” yang artinya dengan menyebutkan nama Allah. Untuk non muslim do’a sesuai keyakinannya sendiri. Mintalah kemudahan serta kecemerlangan pikiran dalam menyesaikan soal ujian seleksi tersebut
  2. Dahulukan mengerjakan soal yang mudah. Tipe pertanyannya terbagi dalam tiga kategori yaitu mudah, sedang , sulit. Pilihlah soal mudah terlebih dahulu untk diselesaikan. Jangan sampai kalian stak disatu soal sulit padahal waktunya bisa sampai sama dgn waktu mengerjakan tiga ataww empat nomor yg mudah. Tentu tidak efisien secara waktunya. Ingat loh, waktu disediakan sangat terbatas. Bila sampai melebihi dua belas detik kalian belum memahami maksud pertanyaan, lewati cari soal lebih gampang.
  3. Yakinlah dalam menjawab setiap pertanyan. Harus percaya diri sendiri, jangan sampai menoleh kiri kanan ataupun belakang malah dikirain nyontek atau kerja sama dgn peserta lain. Kalo noleh ke depan sih gak masalah, itu mah bukan noleh tp emang hadapnya kan kedepan heheheii. Yaiyaah kalo hadap ke atas saat mengerjakan soal SBMPTN itu orang gila. Sama sekali gak ada tujuannya. Jangan terpengaruh oleh peserta di depan ataupun samping terlihat lancer mengerjakannya. Yang lancar dan cepat belum tentu lulus kokk brooh.
  4. Usahakan mengerjakannya sesuai dgn alokasi waktu yg diberikan. Kalo udah selesai mengerjakan semua soal, lihat kembali soal ygg udah dikerjain. Tapi biasanya sih setiap peserta akan merasakan waktu kurang deh bukan lebih hahahawkwk.
  5. Setelah selesai, yakinkan lembar jawaban kalian tidak dibawa pulang wkwkwkwkwkhahaha. Kalo dibawa pulang apa yg akan diperiksa hasil usaha kalian. Biasanya bila waktu habis, panitia akan menginformasikannya dan menginstruksikan tinggalkan lembar jawabab dalam keadaan terbalik, peserta dipersilakan meninggalkan ruangan ujian. Sudah deh, perjuangannya udah selesai tinggal menanti informasi kelulusannya. Jangan lupa berdo’a berserah diri pada Allah. Yakini ketetapan Allah terbaik buatmu.

Demikian lah tips mengerjakan soal SBMPTN nilai tinggi dengan mudah agar bisa lulus dari saya. Semoga tips rahasia sederhana tersebut dapat berguna bagi pembaca semua sehingga membantu kesuksesannya masuk perguruan tinggi negeri (PTN) favorit. Selain berusaha, ente semua jg kudu harus optimis, berdo’a nan tawakal kepada Allah. semoga lulus SBMPTN semuanya ya, amiiin ya Allah.