Kuliah Sekolah Ikatan Dinas Gratis

iklan kape

Bagi adik adik yang baru saja menyelesaikan program sekolah menengah atas  (SMA) sedang berpikir akan kuliah dimana. Sebenarnya pilihan tujuan kuliah sangat banyak tinggal dipilih. Khusus bagi kalian berminat meneruskan ke jenjang pendidikan lebih tanpa biaya kuliah bisa mencari sekolah ikatan dinas. Banyak sekali yang mencari informasi mengenai kuliah gratis 2015. Oleh karena itulah saya menulis artike tentang sekolah ikatan dinas. Dari kemarin kmarin selalu membahas hal seputar STAN, tapi setelah dipikir dan lihat kata kunci yg banyak dibidik akhirnya memutuskan untuk menulis ttg insitusi gratis lainnya.

Kalian pasti bertanya apa saja kuliah gratis tersebut. Memang banyak alasan seseorang memilih pendidikan gratis ikatan dinas sebagai tujuan menempuh ilmu ke jenjang lebih tingi. Sebelum membahas serta menyebutkan satu persatu kampus kuliah tanpa bayar, terlebih dahulu saya paparkan secara rinci tentang kelebihan dan kelemahan dari sekolah ikutan dinas.

Kelebihan dan Kelemahan Sekolah Ikatan Dinas

Tidak bisa dipungkiri bahwa iktan dinas merupakan alternatif terbaik bagi mereka dengan berlatar belakang berbagai alasan. Alasan tersebut sangat erat kaitannya keuntungan (kelebihan) dan kelemahan (kerugian) sekolah ikatan dinas gratis. Kelebihan yang ditawarkan adalah kepastian karir setelah lulus kuliah. Biasanya akan diplot pada instansi tertentu. Intaansi penempatan kerja biasanya masih dalam satu kementerian payung dari kampus bersangkutan.

sekolah ikatan dinas 2015

Sekolah Ikatan Dinas Gratis

Perlu untuk diketahui bahwa sekolah iktan dinas merupakan institusi milik pemerintah. Jadi sudah dipastikan nantinya setelah lulus akan diangkat menjadi aparatur negara berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Akan tetapi saat awal kerja masih berstatus sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS). Bisa jadi sudah dikaderisasi untuk memangku jabatan tertentu terutama jika instansi tempat kerjanya banyak kakak kelas dan alumni satu almamater.

Kelebihan lain dari sekolah ikatn dinas gratis adalah tidak dikenai biaya penyelenggaran pendidikan bagi mahasiswanya. Sudah pasti hal ini merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan sekolah ikatan dinaas amat favorit di kalangan pelajar ataupun alumni muda SMA. Bukan rahasia umum lagi jika biaya perkuliahan di Indonesia cukup tinggi. Di lain sisi kesejahteraan masyarakat masih rendah, tentu biaya kuliah menjadi nilai yg amat mahal. Jika ada yang gratis kenapa tidak he.

Hal lain kelebihan dari sekolah ikatan dinas adalah pelajarannya relatif mudah. Ilmu dan pelajaran dalam kurikulumnya sangat aplikatif tanpa banyak teori panjang lebar. Hal ini memang dimaksudkan untung menghasilkan lulusan yang siap untuk kerja. Selama menempuh pendidikan dididik untuk menjadi tenaga professional siap pakai. Sehingga bisa serta berkompeten dalam melaksanan tugas dan kewajiban diembannya. Kemudahan dalam menyelesaian perkuliahan dapat dibilang sangat mudah. Umumnya jenjang pendidikan yg ditawarkan biasanya diploma tiga, akan tetapi ada juga yang menawarkan D empat serta D satu.

Baca Juga  Masuk IPDN Tidak Pake Uang Sogokan

Masih adakah kelebihan lain ikatan dinas? Ada dong, masa ga ada heheheheew. Kuliah ikatan memang akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil, namun perlu diketahui bahwa standar gaji dari mereka lebih tinggi dari pns lainnya. Lah bukannya gaji PNS seluruh Indonesia sama? Pembeda gaji PNS kan golongan dan masa kerjanya. Benar sob, sama sekali betul, gak salah maksud lo.

Gaji PNS memang sama untuk gaji pokoknya. Betul juga gajinya sesuai dengan golongan serta masa kerja. Tepat banget, dapat hadiah deh heheehee. Tapi gaji pegawai negeri sipil bisa beda lantaran perbedaan tunjangan. Tiap instansi pemerintah memberikan tunjungan berbeda beda untuk pegawainya. Bentuk tunjangan sangat beragam, seperti tunjungan kinerja, profesi dan masa kerja. Instansi tempat kerja. Lulusan kuliah di kampus milik pemerintah ini tanpa bayar diberikan tunjangan lebih dari pns lainnya. Belum lagi akses untuk mencapai jenjang karir lebih tinggi sangat terbuka luas.

Terus kelemahan sekolah ikatan dinas gratis apa saja? Iya benar sekali pasti ada kelemahannya. Setiap hal pasti ada kelebihan dan kelemahannya begitu juga saat menempuh pendidikan gratis tanpa biaya. Jangan hanya memperhatikan sisi baiknya saja. Alangkah lebih bijak jika bisa menimbang dua sis yaitu kelebihan dan kelemahannya. Agar dikemudian hari kita tidak meyesal karena sudah mengetahui dari awal.

Kelemahan pertama adalah ketidak bebasan dalam memilih setelah lulus. Lulusannya akan ditempatkan di institusi yang ditetapkan oleh pemerintah setelah berkomunikasi dengan phak kampus terlebih dahulu tentunya. Tidak bisa ditolak, karena sejak awal masuk kuliah sudah diminta tanda tangan komitmen untuk bersedia bekerja di mana saja di seluruh Indonesia. Jadi harus mematuhi peraturan pemerintah dan menepati janji kesepakatan terdahulu.

Kelemahan lainnya adalah kurangnya gengsi atas gelar keilmuan yang diperoleh. Emangnya kuliah hanya untuk mendapatkan gelar aja ya? Maksudnya bukan gt coy, maksud ane tuh kalo kita kuliah di PTN ternama mungkin kita mendapatkan ilmu jauh lebih banyak. Buktinya banyak lulusan sekolah gratis tanpa bayar mengambil kuliah tambahan saat mereka kuliah. Ada yang mengambil ekstensi hingga kuliah pascasarjana.

Seperti itulah kelebihan dan kekurangan sekola tinggi gratis tanpa biaya. Kemungkinan bisa ada kelebihan dan kekurangan lainnya. Tapi secara umum lebih kurangnya seperti ane uraikan di atas sih. Paling kalo ada tambahan lain tidak terlalu jauh juga kok.

Sekolah Ikatan Dinas Favorit Tahun 2015

Oke setelah saya bahas mengenai hal kelebihan dan kekurangan sekolah ikatan dinas, kini saatnya saya bahas sekolah bebas biaya tahun 2015 yang menawarkan kuliah gratis apa saja sih? Sebenarnya banyak institusi seperti itu. Namun yang dibahas di bawah ini adalah yang terkenal serta memiliki peminat banyak. Berikut daftarnya:

  1. STAN
  2. STIS
  3. IPDN
  4. Akpol
  5. Akmil
  6. STSN
  7. STIN
Baca Juga  3 Jurusan STAN Favorit Paling Banyak Peminat

Tujuh kampus itulah lembaga pendidikan yang menawarkan kuliah ikatan dinas gratis. Selama masa perkuliahan sama sekali tidak dikenail biaya kuliah alias tidak bayar satu sen pun. Namun perlu diingat bawah ini adalah versi web ini. Di web lain barang kali akan berbeda, setiap orang bebas untuk beropini apalagi medianya milik dia sendiri. Saya akan jelaskan satu persatu dari ketujuh kampus di atas.

1. Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN)

Ikatan dinas stan gratis

Ikatan Dinas STAN


 

Sepertinya saya sudah bosan bahas kampus ini, demikian pula anda sebagai pengunjungsitu ini sudah sering membaca tulisan ttg STAN. Rumpun ilmu apakah yang ditawarkan oleh STAN? Kampus plat merah dibawah kemenkeu ini memiliki lima jurusan yaitu akutansi, perpajakan, kepabeanan dan cukai, pajak bumi bangunan dan penilai, dan kebendaharaan negara. Berdasarkan level jenjang pendidikan, STAN memiliki dua program studi yaitu program diploma satu dan D3. Jika ditotalin tersedia empat belas program studi meliputi enam program dimploma tiga serta sembilan prodi D1.

Pendidikan prodi D3 diselenggarakan di kampus pusat STAN Bintaro kecuali jurusan Kepabeanan dan Cukai di kampus rawamangun. Program studi diploma satu tersebar di seuruh Indonesia yang di adakan di pusat pelatihan keuangan dan perpajakan meliputi Malang, Medan, Cimahi Bandung, Palembang, Makasar serta Bali.

Untuk memilih D3 atau D1 Stan anda bisa membaca tulisan sebelumnya mengenai kelebihan dan kekurangan keduanya. Baca pilih antara D3 dan D1 STAN. Guna mendapatkan informasi lengkap mengenai STAN, anda dapat menghubungi langsung kampus pusatnya di Bintaro. Alamat lengkapnya  Jalan Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten Indonesia 15222 Telp. (021) 7361654-58 Fax. 021) 7361653.

Tiap tahun dibuka penerimaan mahasiswa baru, namun tahun dua ribu dua belas pernah tidak menerima. Anda bisa menghubungi lewat telepon atau bisa datang langsung perihal ada tidaknya pembukaan pendaftaran mahasiswa baru tahun ini. Jangan dikontak lewat sms, bbm, atau line ya. Ya iyalah no hp buat sms aja tak ada, apalagi bbm dan line. Lebay banget sih min, hehehehe Sekolah ikatan Dinas STAN cukup favorit makanya dia  ditempatkan pada urutan pertama. Hal ini disebabkan oleh sangat diminati oleh banyak orang, mungkin jaminan langsung dapat kerja sehingga membuat orang sangat tergiur untuk memilihnya. Mungkin ada yang bertama seperti apa kehidupan dikampus akutansi gratis bebas biaya ini? Misalnya biaya pendidikannya gimana? Untuk masalah tersebut sudah pernah saya bahas. Baca informasi biaya kuliah STAN.

Bagaimana caranya agar bisa masuk dan lolos tes seleksi STAN? Untuk masuk kampus yang satu ini ada sebuah rangkaian tes yang wajib diikuti, dinamakan USM. USM ini singkatan dari ujian seleksi masuk. USM terbagi menjadi tiga bagian, yaitu tes tertulis, tes kesehatan dan terakhir tes wawancara. Mahasiswa yang berhak untuk kuliah adalah mereka telah dinyatakan lulus dari ketiga tes tersebut. Apakah ada tip untuk lulus USM? Tips utamanya adalah belajar dan mempersiapkan diri dengan sebaik baiknya. Untuk masalah tips lengkapnya baca tips lulus USM STAN.

Baca Juga  STAN Masih Ikatan Dinas Atau Tidak

2. Ikatan Dinas STIS

stis ikatan dinas

STIS Ikatan Dinas Bebas Biaya


 

Sekolah ikatan dinas urutan kedua diminati adalah Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Dilihat dari namanya saja sudah ketauan bahwa institusi pendidikan tersebut memfokuskan diri pada masalah dan urusan berkaitan statistik. Tentu semuanya sudah tau apa itu statistik. Statistik merupakan serangkaian kegiatan dalam menganalisi data untuk melihat pola keteraturan dari sebuah data sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan valid. Sedangkan statistika adalah ilmu pengolahan data. Statistik memiliki peranan penting lebih lebih sangat bermanfaat pada berbagai bidang. Dalam riset penelitian statistic memainkan peran dalam menganalisi hasil hasil percobaan di laboratorium dan lapangan.

Namun sekolah wajib belajar bebas biaya STIS mempelajari statistic terapan sesuai dengan kebutuhan pemerintah. Kenapa seperti itu? Dikarenakan lulusan ikatan dinas STIS akan bekerja di lembaga pemerintahan dibawah payung Badan Pusat Statistik. STIS dahulu namanya Akademi Ilmu Statistik (AIS). Sekolah ikatan dinas STIS memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan bertujuan dalam pengembangan dan penyebar luas ilmu pengetahuan statistik dan rumpun ilmu pendukungnya. Misinya adalah adalah mendidik serta menghasilkan kader lulusan professional berkompeten.

 STIS menyelenggarakan program studi diploma empat (D IV) dengan dua jurusan yaitu jurusan ilmu statistik dan komputasi statistik. Jurusan Statistik memiliki dua bidang peminatan yaitu ekonomi dan social kependudukan. Jurusan pertama bertujuan untuk menghasilkan ahli statistik berkaitan dengan perekonomian dan social kependudukan. Sedangkan jurusan kedua bertujuan guna menghasilkan lulusan ahli di bidang komputansi dan sistem informasi.

Tiap tahun lembaga pendidikan ini membuka pendaftaran mahasiswa baru. Total mahasiswa yang diterima setiap tahun tidak kurang dari seribu orang. Ada kelebihan sekolah ikatan dinas STIS, yaitu diberikan uang saku tiap mahasiswa setiap bulan. Saat saya buat posting ini saya buat, uang saku mahasiswa STIS sebesar 800 ratus ribu rupiah. Kabar dari mahasiswa yang masih aktif kuliah, uang saku bulanan akan dinaikkan menjadi 1 juta rupiah per bulan. Sebuah nominal yang cukup besar untuk level mahasiswa masih aktif kuliah. Bayangin seperti apa gaji setelah lulus dari STIS hehe.

Jika tertarik masuk STIS dapat mencari informasi valid di halaman web resmi STIS www.STIS.ac.id atau kampus STIS Jl Otto Iskandardinata No 64C Jakarta 13330 Telp (021) 8191437, 8508812 Fax (021) 8197577 (jam kerja senin-jum’at pukul 08.00 – 15.30 WIB).