Soal SBMPTN Soshum 2014 dan Pembahasannya

iklan kape

Baik adek tercinta sekalian, sudah dapat kakak tebak bahwa kalian membuka halaman ini tidak adalah untuk mencari soal SBMPTN Soshum 2014 dan pembahasannya kan? Ya tentu hal pertama pengen abang katakan yaitu Selamat Yah adik menemukan alamat website yang tepat untuk mendapatkannya. Pada hampir keseluruhan artikel neh, akan dipaparkan secara jelas mengenai pembahasan soal seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. Tentu saja ulasannya menggunakan bahasa sendiri so engga terlalu baku dan membosankan. Yah namanya konten blog tentunya bahasanya sesuai dengan gaya penulisan yg empunya dong, heheheeeehei.

Sesuai dengan judul yg telah ditulis di atas, maka tulisan ini sudah pasti difokuskan pada penjelasan cara menjawab soal SBMPTN Soshum (dulu namanya kelompok IPS) secara jelas serta rinci agar bisa dipahami dgn mudah. Pada bagiannya tentu akan terdiri semua pelajaran yang masuk kategori ilmu sosial yakni sejarah, geografi, ekonomi dan sosiologi. Keempatnya insya Allah akan ane paparkan selengkap lengkapnya.

Oh ya aku juga ingin mengingatkan terlebih dahulu bahwa setiap pembahasannya akan diselipi uraian singkat materinya. Kenapa harus masukin juga ulasan ringkas materi pelajaran kategori soshum? Tujuannya adalah agar kalian memiliki dasar teori untuk mepelajari serta memahami penjelasan ane. Gitu loh. Jadi sangat bermanfaat untuk menanamkan pemahaman dasar mengenai konsep yg dikeluarkan pada soalnya. Bila hal tersebut sudah dicapai, tentu nantinya elu enggak akan menghadapi kesulitan saat memahami cara pengerjaan soalnya.

soal sbmptn soshum 2014

Soal SBMPTN soshum 2014 dan pembahasan

Coba saja kalian bayangkan, bila tidak tahu apa apaa langsung membaca serta berusaha mengeri apa yang disampaikan pada cara menjawabnya, pasti deh kalian susah untuk memahaminya secara utuh. Kemungkinan semuanya akan menjawab “iya lah”. Atau mungkin bisa jadi ada pula menjawab “engga kok, bisa banget dalam memahaminya”. Nah jawaban kedua, hanya sebagian orang yg kemungkinan dilahirkan dilengkapi dgn kemampuan serta kecerdasan tinggi. Akan tetapi bisa pula bersangkutan tidak bisa menerima penjelasan namun iseng ataupun kepedean mengira dirinya mampu.

Soal SBMPTN Soshum 2014 pdf

Nah sebelum kalian mempelajari pembahasan lengkap SBMPTN Soshum 2014, akan lebih baik bila kalian memiliki soalnya. Kenapa harus memiliki soal soshum sbmptn 2014 pdf? Agar bisa kalian baca dululah apa yang diinginkan oleh soalnya. So kamu analisa sebelum melihat penyelesaian lengkapnya. Coba deh maknai setiap kalimat ataupun katanya. Apa sih inti dari pertanyaannya? Akan lebih baik lagi bila seandainya setelah lu pahami maksud soalnya, selanjut ente coba mengerjakannya terlebih dahulu. Pelan peelan saja engga usah terlalu dianggap sebagai beban. Belajar lah sedikit demi dikit namun kualitasnya oke. Bila dilaksanakan secara rutin serta konsisten, insya Allah akan memberikan hasil positif tentunya. Amiiiin ya Allah.

Bila sudah terbiasa, nanti juga akan mahir menterjemahkan serta menyelesaikannya. Namanya juga proses belajar pasti aka nada hambatan. Nah bila saat kalian coba mengerjakannya, namun menemui jalan buntu, pikirkan lagi solusi apa yg harus dilakukan guna menjawabnya (agak mengingat dikit materi pernah dipelajari saat masih aktif belajar di bangku SMA). Lalu jika udah benar beenar metok, bisa deh membaca cara pengerjaan yang aye berikan di bawah ini. Iya makasih ya kak buat saran serta rekomendasinya. Tapi mana soalnya kang?

Hehehehe engga lupa abang untuk memberikan soal SBMPTN Soshum 2014 pdf. Karena tanpa soal apa gunanya kalian mempelajari trik menjawabnya. Percuma aja kan? Orang kalian belum punya soalnya kok, heheeee. Jadi abang sudah menyediakan loh file soalnya dalam format portable document file. Yang bisa elu unduh secara bebar alias tanpa bayar sedikit pun, karena memang hanya untuk ente seorang. Aiih gombal banget deh. Untuk mendapatkannya bisa klik gambar berwarna kuning berikut ini.

Pembahasan Soal SBMPTN SOSHUM 2014 Lengkap

Akhirnya masuk juga pada bagian intinya yakni pembahasan soal sbmptn soshum 2014 lengkap. Semua mata pelajaran yang masuk dalam ujian masuk perguruan tinggi negeri se Indonesia akan dipaparkan secara all out sehingga di harapkan bisa membantu kalian dalam mempelajarinya. Pada setiap penyelesaiannya disisipin dgn review materi mekipun hanya sekilah agar kamu bisa mengerti dengan rujukan konsepnya.

Agar tidak banyak ngomong sana sini hanya bikin kakak capek ketiknya, langsung saja abang berikan daftar pembahasan soal SBMPTN soshum 2014 lengkap semua bidang studinya. Kalau kalian bacanya panjang paanjang yg ada kalian bosa dan malas belajar, iya gak? Tau aja neh si abang wkwkwkwkwk. Secara lengkap yang akan dibahas meliputi:

  • Soal Sejarah SMBPTN Soshum 2014 dan Pembahasan
  • Soal SBMPTN Soshum Geografi 2014 dan Pembahasan Lengkap
  • Soal Ekonomi SBMPTN 2014 dan Pembahasannya
  • Soal SBMPTN Soshum 2014 Sosiologi dan Pembahasan

Nah keempat poin tersebut akan dipaparkan secara lengkap dan jelas. Sekiranya bisa memberikan kontribusi bagi kesuksesan kalian guna mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk PTN secara nasional tersebut. Semuanya pasti pengen dapatin jurusan serta universitas/ perguruan tinggi favoritnya kan?

Soal Sejarah SBMPTN Soshum 2014 dan Pembahasan

Dari katanya ada dua yaitu soal sejarah dan pembahasannya. Pada dasarnya kedua kata tersebut merupaka satu kesatuan yg ingin klian car kan? Namun biar lebih terarah, pada tulisan artikel ini sengaja aku pisahkan agar nulisnya lebih rapi sehingga enak dibaca. Bacanya enak bagaimana mas? Ya maksudnya soalnya diberikan terlebih dahulu lalu baru pembahasan ngikut setelah itu.

Soal Sejarah SBMPTN Soshum 2014 pdf

Soal sejarah sbmptn 2014 format pdf terdapat lima belas nomor. Secar lengkap soalnya sudah termuat di dalam file unduh yang telah kalian dapatkan pada bagian di atas. Di sini hanya mengulang sedikit redaksi kalimatnya agar ada nyambung dengan bahasan di bawahnya.

Soal sejarah SBMPTN Soshum 2014 nomor 1 berkaitan dengan pergerakan nasional ditandai dengan lahirnya beberapa partai politik. Parpol apa saja yg ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum tahun 1955 kita ketahui diantaranya terdapat empat kontestan. Bila aku lihat pilihannya secara umum terdiri dari PNI, Masyumi, NU, PKI, Perti, PSII, Parkindo, dan Murba. Nah tinggal dipilih saja 4 dari semua yang aku disebutkan.

Nomor 2 sejarah SBMPTN 2014 mengenai bangunan serta benda unik peninggalan sejarah masa lalu. Selain itu setiap benda atau bangunan tersebut memiliki manfaat sebagai apa? Redaksi soalnya menanyakan bangunan raksasa dijadikan tempat untuk menyimpan saji sajian kepada roh nenek moyang. Opsi pilihan jawabannya terdiri dari menhir, sarkofagus, dolmen, punden berundak, candi. Kalian harus mengingat kembali manfaat dari kelima bangunan dalam pilihannya agar bisa menjawabnya dengan benar.

sejarah sbmtpn soshum 2014

Soal sejarah SBMPTN 2014

Nomor 3 SBMPTN Soshum 2014 Sejarah masih berkaitan dengan nama organisasi pergerakan nasional tetapi masanya ketika era zaman penjajahan. Ditanyakan nama organisasinya yang didirikan oleh Muhammad Hatta di negeri belanda. Alternatif yg bisa jadi pilihannya meliputi: perhimpunan pelajar Indonesia Belanda (PPIB), PPI, PI, PPMI, atau kah Indische Partij (IP). Sudah diketahui oleh kalian yang sudah mempelajarinya, bahwa para tokoh pejuang kemerdekaan telah lama menginginkan kemerdekaan salah satunya melalui pendirian organisasi untuk mewadahinya.

Nomor 4. Terjadinya hubungan perdagangan antara pedagang Indonesia dengan pedagang lain dari negara Islam timur tengah telah terjalin sejak abad ke tujuh. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan bukti sejarah. Pada naskah manakah paling tepat sebagai alat pembuktiannya? Pemberitaan dari romawi, prasasti kutai, berita dari yunani, informasi masa lampau India, atau hal yg sama berasal dari Tiongkok.

Nomor 5. Sejarah perkembangan konstitusi negara Republik Indonesia. Ketika roda pemerintahan masih menganut kabinet parlementer, saat itu kondisi politik serta stabilitas nasional memburuk. Apakah penyebab buruknya keadaan saat itu? Terdapat beberapa pilihan sebabnya: banyak anggota cabinet belum berpengalaman, tak ada satu pun partai nasional yg berpengaruh, adanya persaingan tidak sehat antar partai politik, adanya propaganda dilakukan oleh elit politik PKI, terlalu minimnya parpol.

Nomor 6. Pada zaman penjajahan Jepang, terdapat beberapa organisasi yang dibentuk. Dari sekian banyaknya, terdapat krops aliansi pemuda semi militer yang didirikan oleh pemeritah pendudukan negara sakura tersebut. Anggotanya terdiri dari para anak muda berusia antara empat belas hingga dua puluh lima tahun. Apakah nama korpsnya? Untuk namanya bisa memilih salah satu dari: fujinkai, heiho, keibodan, seinendan, atau peta.

Soal nomor tujuh sejarah SBMPTN 2014. Pada saat dulu terjadi aksi balas dilakukan oleh amerika serikat terhadap jepang. Salah satunya adalah menjatuhkan bom di Hirosima dan Nagasaki. Tentu penjatuhan bahan peledak tsb ada alasan tersendiri. Apakah alasannya? Kedua kota tersebut telah menjadi kota pusat dagang yg besar dan pusat perekonomian. Negara adi daya tersebut ingin menunjukkan kepada lawannya tersebut bahwa hal tersebut bukan ancaman main main ataupun dapat disepelekan. Hirosima dan Nagasaki sudah menjadi pusat pemerintahan selain di Tokyo. Pasukan Jepang sudah menguasai Asia dan dapat mengancam kepentingan sekutu. Asia merupakan regional potensial pemasaran produk AS dan inggris.

Selanjutnya akan dilanjutkan dengan nomor delapan sampai sebelas. Tipe soalnya B yaitu hubungan sebab akibat. Jadi terdapat pernyataan sebagai kondisinya (akibatnya) serta dilanjutkan dengan penyebabnya. Sedangkan lanjutannya yakni no 12 sampai 15 merupakan model C, bisa memilih lebih dari satu jawaban namun tetap mengikuti instruksi dalam pemilihannya. Kayaknya aku enggak perlu berikan cuplikan teks soal sejarah SBMPTN 2014 sampai selesai karena naskah aslinya udah kalian undah juga kan? So ane bisa lanjutkan ke pembahasannya.

Pembahasan Soal Sejarah SBMPTN Soshum 2014 Lengkap

Saat pemilihan umum 1955 dilansungkan, tujuan penyelenggaraannya ada dua keperluannya: (1) untuk memilih anggota DPR (29 September), (2) Dewan Konstituante (25 Desember). Dari semua yang ikut menjadi partisipan, terdapat partai yang memperoleh suara terbanyak seperti terlihat pada table berikut:

Nama Partai Tujuan Penyelenggaran
Anggota DPR Anggota Dewan Konstituante
%
PNI 22,32 23,97
Masyumi 20,93 20,58
NU 18,45 18,43
PKI 16,37 16,46

Berikut ini beberapa bangunan peninggalam sejarah serta fungsinya: (a) Candi, bangunan batu untuk memuliakan orang- orang besar yang telah wafat dan atau bisa juga dianggap sebagai tempat beribadah peninggalan masa Hindu-Buddha, (b) Punden berundak merupakan bangunan batu bertingkat sebagai tempat pemujaan roh nenek moyang. (C) Dolmen adalah meja batu yg digunakan sebagai tempat meletakkan sesaji bagi roh nenek moyang. (D) Sarkofagus berbentuk batu besar menyerupai mangkuk dua tangkup seperti peti jenazah. e. Menhir berupa tugu batu digunakan sebagai tempat pemujaan roh nenek moyang.

Ketika masa mudanya Bung Hatta pernah mengeyam pendidikan di Handels Hogere Schools, Rotterdam, Belanda. Pada tahun 1921 beliau aktif di organisasi pergerakan mahasiswa Indische Vereeniging. Pada tahun 1922, bersama para mahasiswa Indonesia lainnya, ia mengubah nama Indische Vereeniging menjadi Indonesische Vereniging yang kemudian pada saat itu dikenal sebagai Perhimpunan Indonesia. Selanjutnya organisasi tersebut ikut memainkan peran penting bagi pergerakan nasional bangsa ini guna meraih kemerdekaan.

Ketika kerajaan di Pulau Sumatera yaitu Sriwijaya melakukan pengembangan pada abad ketujuh, selat Malaka sudah digunakan sebagai jalur perdagangan antar pedagang muslim. Hal tersebut bisa diketahui berdasarkan berita Tiongkok dar zaman Tang yg jg menyebakan bahwa pemukiman masyarakat muslim telah ada di daerah Sumatra. Hubungan dagang tsb berlangsung secara harmonis dan damai dlm periode lama.

Saat Sutan Syahrir menjadi perdana menteri (November 1945) hingga akhir masa jabatan pemerintahan Juanda, Indonesia menerapkan sistem kabinet parlementer. Namun selama periode tersebut sering banget terjadi pergantian perdana menteri. Faktor penyebab utamanya karena setiap partai yang duduk di parlemen selalu mengedepankan kepentingan partainya masing-masing daripada kepentingan bangsa dan negara.

Pada saat masa pendudukan penjajahan jepang, mereka membentuk organisasi semimiliter bagi pemuda. Semua anak muda diwajibkan untuk ikut dengan memilih salah satu: (1) keibodan, merupakan pembantu polisi yang anggotanya berusia 20-35 tahun (diubah 26-35 tahun), (2) Seinendan sebagai bentuk organisasi barisan pemuda yang dilatih untuk menjaga serta mempertahankan tanah airnya. Pemuda anggota berusia 14-25 tahun (diubah 14 22rahun). (3) Fujinkai terdiri perempuan semua anggotanya serta diwajibkan bagi yg sudah berumur lebih dari empat belas tahun.

Sebenarnya terdapat alasan strategis Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di dua kota besar Jepang yaitu Nagasaki dan Hiroshima. Alasannya selain dijadikan sebagai markas militer negeri sakura, Hiroshima dikenal pula sebagai kota yg memiliki pelabuhan besar di Jepang. Lalu pemilihan Nagasaki beralasan karena merupakan area industry perkapala yang sudah maju. Secara otomatis kehancuran kedua daerah praktis merupakan langkah praktis dalam melumpuhkan perekonomian Jepang.

Jepang tidak akan mungkin memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Sebagai pihak dikalahkan dalam perang dunia kedua, mereka berkeinginan untuk menyerahkan semua daerah jajahannya kepada sekutu. Hal itu karena negeri tersebut sudah terikat perjanjian untuk mempertahankan status quo. Namun pada sisi lain, Indonesia telah melakukan proklamasi kemerdekaan RI hanya dibacakan oleh Ir Soekarno serta didampingi ole Drs Mohammad Hatta.

Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan merupakan salah satu faktor paling kuat melatar belakangin penjelajahan samudera luas dilakukan oleh bangsa Eropa. Pernyataan ini salah satunya terbukti melalui teori heliosentris yang dikemukakan oleh Nicolaus Copernicus. Teori serta konsep tersebut mengilhami banyak penjelajah untuk mencari sumber rempah rempahan ke belahan dunia lain. Akhirnya mereka  pun berhasil menemukannya. Lanjutan dari penemuan wilayah penghasil rempah tersebut berlanjut menjadi praktek imperialisme.

Kitab Negarakertagama atau disebut jg dengan Desawarnana ditulis oleh mpu prapanca. Penulisan tersebut dilatarbelakangi oleh inisiatif sendiri setelah yg bersangkutan berhenti dari jabatan Dharmadyaksa Kasogatan. Selepas dari jabatannya ia meningkalkan jauh dari ibu kota melanjutkan hidupnya menjadi seorang pertapa di pedesaan. Secara umum kandungan isinya banyak menyanjung Raja Hayam Wuruj serta kejayaan kewibawaan kerajaan majapahit.

Pada tahun 1930 di Bandung, seorang bernama Suwarni Pringgodigdo mendirikan organisasai perempuan diberi nama Isteri Sedar. Sebagai organisasi kewanitaan, isteri sedar adalah organisasi pertama dimana dalam gerakannya menyeruakan propaganda anti kolonial sebagai akibat adanya keyakinan nasional radikal. Berdirinya IS merupakan awal mulanya keaktifan kaum perempuan negeri ini ikut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa tercinta.

Proses perkembangan ajaran Islam di Pulau Jawa berjalan sangat pesat. Kondisi itu tentu didorong oleh adanya rasa toleransi yang tinggi masyarakat Hindu Budha yg siap menerima keberadaan masyarakat Islam di tengah kehidpuan mereka. Bila ditelisik lebih jauh lagi, keadaan toleransi tsb lahir dari cara para mubalig dalam berdakwah menyampaikan ajaran agamanya secara damai dan senantiasa menghormati budaya serta adat masyarakat Jawa ketika masa itu. Perkembangannya pun semakin pesat setelah para raja daerah sekitarnya mulai ikut menganut agama Islam selanjutnya diikuti oleh rakyatnya.

Pada tahun 1919 di adakan konfrensi meja bundar (KMB) di Den Haag. Konfrensi tersebut menghasilkan beberapa putusan penting antara lain sebagai berikut: (1) Republik Indonesia Serikat (RIS) diakui sebagai sebuah negara merdeka dan berdaulat oleh Belanda. (2) Selambat lambatnya pada tanggal 30 Desember 1949  pengakuan kedaulatan tersebut sudah dilakukan secara penuh. (3) Penyelesaian masalah Irian Barat akan dikaji lebih lanjut melalui mengadakan perundingan lanjutan lagi dalam waktu satu tahun setelah pengakuan kedaulatan RIS. (4) Antara kedua negara (RIS dan Belanda) akan ada hubungan dinamakan Uni Indonesia Belanda yg kepalai oleh Ratu Belanda. (5) Semua kapal perang Belanda akan ditarik dari Indonesia dengan catatan beberapa korvet harus diserahkan kepada RIS. (6) Tentara kerajaan Belanda harus dengan segera mungkin ditarik mundur, sedangkan Tentara Hindia Belanda (KNIL) akan dibubarkan namun para anggota yang diperlukan diminta bergabung dalam kesatuan TNI.

Kebijakan segregasi guna melakukan pembagian kelas meliputi masyarakat Eropa, Timur Asing (Vremde Oosterlingen), dan Pribumi (Inlander). Kebijakan itu diterapkan oleh colonial Hindia Belanda ketika menjajah bangsa kita tercinta ini. Langkah yang bisa dilakukan agar bisa berhasil adalah dengan melakukan pengawasan ketat terhadap golongan Vremde Oosterlingen melalui peraturan Wijkenstelsel. Peraturan tersebut isinya  menginstruksikan bahwa orang org timur asing herus bertempat tinggal pada wilayah tertentu sesuai denga komunitas bangsa asalnya.

Di lembah sungai Indus terdapat dua kota purba yaitu Mohenjo Daro dan Harappa. Kedua distrik tersebut sudah mulai menunjukkan perkembangan kecanggihannya namun tidak mencapai masa kejayaannya mengalami kehancuran peradabannya. Penyebab terjadinya kehancuran tersebut telah diselidiki oleh banyak kalangan ilmuwan. Secara umum faktornya adalah konflik sosial serta pengaruh alam. Selain disebabkan oleh peperangan dan kerusakan lingkungan, bencana alam seperti banjir dan gempa diduga sebagai pemicu utama hancurnya peradaban kedua kota itu.

Nah itulah 15 pembahasan soal sejarah SBMPTN Soshum 2014 secara lengkap aku berikan secara rinci. Setiap nomornya diurutkan berdasarkan urutan paragrafnya kecuali paragraph ini yah. Silakan kalian analisa serta pahami lagi. Sebenarnya untuk mengerjakannya tidak sulit, asalkan kalian bisa hahahaha, iyalah bang. Justru untuk bisa itulah yang susahnya. Nah kata seperti terlalu pesisimis. Harus yakin asal mau berusaha serta bekerja keras untuk bisa lulus perguruan tinggi favorit.

Soal Geografi SBMPTN Soshum 2014 dan Pembahasan Lengkap

Sekarang kita ulas lagi pelajaran kedua yg dimasukan ke dalam SBMPTN Soshum 2014 yaitu geografi. Sepertinya tidak perlu abang jelasin seperti apa sih itu geografi karena tentu kalian semua sudah mengetahuinya. Secara umum fokus bidang studi pelajaran ini adalah semua hal berkaitan dengan bumi beserta kadungan dan permukaan termasuk juga lapisan udara (atmosfer) pelapisnya. Kita enggak usah terlalu pusing mikirin definisinya, karena aku yakin gurum kalian dulu sudah jelasinnya termasuk cabang keilmuannya.

Fokus kita disini adalah pembahasan soal geografi SBMPTN 2014 secara lengkap. Bila kita telaah lagi, kalimat tersebut dibagi menjadi dua yaitu soalnya sendiri dan pembahasan. Untuk hal pertama sebenarnya sudah termuat dalam file yg kalian unduh di atas tadi. Namun engga masalah jg kalo pun aku harus menuliskan ulang meski hanya kilasannya aja. Sedangkan hal disebutkan kedua, memang sudah sepatunya memberikan pembahasannya. Baik abang akan mulai dulu untuk yg pertamanya.

Soal Geografi SBMPTN 2014 Soshum pdf

Seperti biasa, ana akan berikan beberapa tampilan soalnya agar bisa elu lihat terlebih dahulu seperti apa sih soal geografi sbmptn soshum 2014 pdf. Tentunya banyak sekali diantara kalian merasa penasaran. Maka oleh sebabnya gue merasa harus menuliskan beberapa soal meskipun tidak semuanya ditulis disini.

Soal Geografi SBMPTN Soshum 2014 nomor 1 seputar masalah morfologi struktur permukaan bumi serta proses terbentuknya. Menanyakan peritiwa yg menjadi latar belakang terbentuknya Danau Batur Bali dan Kelimutu di NTT. Terdapat pilihan jawabannya dan dapat dipilih salah satunya paling benar ( lipatan/ patahan/ pelarutan/ vulkanik/ tektonik).

geografi sbmptn 2014

Soal geografi SBMPTN 2014

Keluar juga materi berkaitan dgn ciri serta sifat flora fauna di Indonesia sebagai pengaruh kondisi alamnya. Karena pada dasarnya karakter makhluk hidup dipengatuhi oleh habitat tempat hidupnya. Selain itu keadaan cuaca, musim, iklim juga memainkan pengaruh besar. Terdapat lima opsi terkait ciri vegetasi negeri ini di bagian barat. Ketinggian pohon kurang dari enam puluh meer. Daun gugur pada musim kemarau. Bertunas ketika musim hujan. Didominasi oleh padang rumput hampir sebagian besarnya. Tumbuhannya dominan berdaun lebat.

Menyempitnya luas lahan pertanian di Pulau Jawa merupakan salah satu masalah besar. Permasalahan tersebut bisa memberikan berbagai dampak buruk. Seperti produksi pangan berkurang sehingga ketersediaan bahan makanan akan menjadi sedikit. Belum lagi tingkat pengangguran terus meningkat. Selain itu juga pengaruhnya pada hilangnya keseimbangan ekosistem alam. Tentu hal tersebut harus dihindari. Upaya langkah yg dapat ditempuh antara lain (pilih paling benar saja): menggalangkan diversifikasi pertanian, mereformasi lahan pertanian, pengembangan sektor off farm, intensifikasi agrobisnis, atau pengintensifikasi sektor pertaniannya.

Revolusi hijau merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi berbagai masalah yg terjadi pada sektor pertanian. Akan tetapi dalam prakteknya masih memberikan banyak dampak negatif, berikut ini yg merupakan dampaknya paling benar adalah: (A) peningkatan urbanisasi dan ekstensifikasi, (B). berkurangnya jumlah petani dan lapangan kerja. (C) Penurunan produksi dan pengangguran. (D) meningkatnya aktivitas transmigrasi serta jumlah petani. (E) turunnya kuantitas petani, intensifikasi.

Dalam geografi terdapat beerapa pembagian sudut pandang sala satu diantaranya adalah pola keruangan. Konsep tersebut juga diterapkan analisa pemukiman. Pandangan tersebut paling tepat untuk pulau Kalimantan adalah: (A) terpusat pada daerah pertanian, (B) tersebar di semua daerah agraris. (C) memanjang mengikuti wilayah sungai. (D). melingkari danau. (E) Bentuknya panjang mengikuti garis pantai.

Kawasan industri merupakan bagian dari daerah tak terpisahkan dari suatu daerah. Adanya entitas usaha tersebut memberikan manfaat namun tidak lepas jg berkontribusi pada masalah berbau negatif. Oleh karena itu, pada saat akan mulai dibangun harus memikirkan secara detail faktor pemilihan lokasinya. Pertimbangan utama yg perlu diperhatikan saat menentukan lokasi pabrik meliputi: (A) jarak rata rataa, (B) jumlah penduduk sekitarnya. (C) aksesibilitas. (D) biaya transportasi minimum. (E) bahan baku utama.

Banyak sekali bencana alam yang telah terjadi di Indonesia. Penyebab terjadinya pun beragam. Sebagai contoh kejadian banjir dan longsor yang terjadi di Manado, pemicunya diyakini berkaitan hutan di wilayah hulu sudah gundul. Untuk memastikan faktor penyebabnya, prinsip geografi manakah yg harus diterapkan? Korologi, deskripsi, interelasi, korelasi, dan distribusi. Sebaiknya dipahami terlebih dahulu semua prinsip yang ada pada pilihan jawaban tersebut.

Bila skala jarak pada peta yang awalnya 1: 10.000 diperkecil menjadi 1 :50.00. Atribut peta mana saja yang akan mengalami perubahan akibat pengecilan skalanya? Informasi yg disajikan semakin detail. Inf petanya berubah namun jarak pada peta tetap. Jarak di dalam peta menjadi lebih pendek. Jarak antar kountur peta bertambah besar. Simbol siimbol kartografis semakin banyak. Sebaiknya dipahami terlebih dahulu maksud dari skala.

Nah seperti itulah cuplikasn delapan soal geografi SBMPTN 2014 Soshum. Urutannya diatur sesuai dengan urutan pragraf serta nomornya. Jadi tidak perlu bingung ya dek. Kenapa enggak semua soalnya diketik ulang. Capek juga loh adinda tersayang. Yang terpenting di sini kan pembahasannya kan? Untuk melihat jawaban serta pembahasan lengkapnya silakan lanjutkan membaca di bagian berikut bawah ini.

Pembahasan Soal Geografi SBMPTN 2014 Lengkap

Pasti engga sabar pengen lihat pembahasan lengkap soal geografi SBMPTN Soshum 2014. Di situ ada kata lengkap. Maksudnya adalah semua nomornya akan dibahas secara rinci. Bukan hanya sepintas seperti penulisan soalnya yg hanya 8 pertamanya saja. Baiklah dek, silakan terus membaca agar makin pintar, heheheehei.

Bila dilihat peristiwa terjadinya, danau Batur termasuk kategori kaldera katif. Kaldera Gunung Batur terbentu akibat adanya dua letusan besar terjadi sekitar 29 ribu atau 20 ribuan tahun yg lalu. Sedangkan Gunung Kelimutu dengan kedalaman 1650 meter dari permukaan laut tumbug di dalam kalderanya sokoria atau mutubusa bersaman dgn G Kelido (1641 m dpl) dan G. Kelibara (1630 m dpl).

Vegetasi tumbuhan di Indonesia beragam di berbagai wilayahnya. Wilayah persebaran Pulau Sumatera dan Kalimantan lebih dominan dipengaruhi oleh iklim Af. Dimanan hampir keseluruhan iklimnya Af sehingga banyak terdapat hutan tropis yang super lebat. Spesius tumbuhan hidup didalamnya memiliki sifat khas seperti kayu meranti keras seperti pohon deptirokarkus serta berbagai macam anggreknya.

Untuk meningkatkan produksi tani cara tepat bukan memperluas lahan pertanian. Bila langkahnya seperti itu tentu penggunaan lahan untuk bertani serta bermukim akan bersaing. Upaya paling tepat adalah meningkatkan produksinya tanpa menambah penggunaan lahan untuk keperluan tersebut. Salah upaya yang dimaksud adalah mengolah lahannya telah tersedia dgn sebaik baiknya guna meningkatkan hasil pertanian serta penggunaan sarana bercocok tanam lain sebagai alternatif. Upaya seperti itu disebut dengan intensifikasi pertanian. Kegiatan tersebut banyak diterapkan pada Pulau Jawa dan Bali. Karena kedua daerah tersebut lahannya sudah sempit sehingga terbatas. Pada awalnya terobosan tsb ditempuh melalu program panca usaha tani. Seiring berjalannya waktnu dilanjutkan dgn sapta usaha tani yang meliputi pengolahan tanah yg baikm pengairan teratur, pemilihan bibit unggul, pemupukan, pemberantasan hana dan penyakit tanaman, serta pengolahan hasil panen secara tepat.

Hampir setiap program memiliki kelebihan maupun kelemahannya. Seperti halnya dgn revolusi hijau memiliki dampak negatif. Dampak buruknya seperti kesuburan tanah menurun, penggunaan alat budaya konvensiona berkurang (bajak diganti traktor), haman tanaman kebal terhadap pembasmi kimia buatan. Sudah semua hal tersebut akan berimbas pada jumlah petani berkurang serta hilangnya lapangan kerja.

Mengenai kondisi alam Kalimantan wilayah sebagian besar terdiri dari banyak sungai sungaii besar dan panjang panjaang. Sudah menjadi kebiasaan kehidupan orang sekitarnya, bahwa polanya akan mengikuti keadaan serta bentuk alam sekitarnya. Begitu pula masyarakat di pulau Kalimantan cara hidupnya dipengaruhi lingkungannya tersebut. Artinya pola permukimannya yang berkembang adalah memanjang mengikuti sungai. Begitu pula halnya dengan prasarana transportasi yang berkembang di sana adalah sungai, alat transportasi yang dominan, yaitu perahu atau sampan.

Penentuan lokasi industri bisa berbeda beda tergantung orientasi sang pemiliknya. Selain itu dipengaruhi oleh jenis industrinya pula. Hoover menentukan lokasi industri didasarkan pada perhitungan biaya produksi dan biaya distribusi. Oleh sebab itu, akan menjadi jelas perusahaan yang berorientasi pada bahan mentah selalu ada dorongan untuk menempatkan pabriknya di tempat sumber bahan mentah, sedangkan industri yang berorientasi pada pasar menempatkan pabriknya di wilayah konsumen agar distribusinya mudah saat proses pemasaran atau penjualannya.

Terdapat beberapa prinsip geografi yang sering digunakan untuk mengalisis suatu permasalahan. Distribusi (penyebaran), interelasi (saling berkaitan), diskripsi (penjelahan gejala penggambaran), korologi (fakta geografis atau penjelasan secara lengkap). Berdasarkan ilustrasi yg diceritakan pada soal, prinsip paling tepat guna mempelajari hubungan saling berkaitan adalah interelasi.

Jika kita berkeinginan memperkecil peta, sebagai contoh setengah kali dari ukuran semula tentu akan terjadi perubahan pada garis vertikal dan horizontal pada kertas tempat memindahkan peta harus diperkecil dgn ukuran yg sama yakni setengahnya. Sehingga nanti ukurannya akan bersesuain perbandingannya. Namun perlu diketahui bahwa semakin besar angka skalanya, ukuran gambarnya tentu akan makin kecil loh.

Cara menentukan acuan titik nol pengukuran tinggi di darat menggunakan Mean Sea Level. Jadi pernyataan pada soal benar. Alasan yang diberikan juga benar. Sebab titik dasar air senantiasa selalu mengikuti bentuk wadahnya. Gaya grafitasi bumi menyebabkan selalu menyesuaikan bentuk ruang sekitarnya. Sehingga bisa kita ketahui bahwa pernyaan beserta alasannya benar.

Berdirinya Uni Eropa sama sekali tidak dapat dilepaskan dari sejarah ECSC, Euratom, dan MEE yang memiliki organ eksekutif yang berbeda-beda satu terhadap lainnya. Terkait dengan kebijakan perdagangan pasar bebas diwacanakan dalam bentuk MEE sehingga pada pertengah tahun 1967, ECSC, Euratom dan MEE sendiri secara resmi disatukan menjadi European Community (EC) atau masyarakat eropa. Selanjtunya  tanggal 7 Februari 1992, sesuai hasil perundingan  Perjanjian Maastricht atau Treaty of European Union (TEU) Masyarakat Eropa berubah menjadi Uni Eropa atau European Union (EU) yang secara sah mulai berlaku 1 November 1993. Alasan benar, Perbedaan potensi wilayah menyebabkan kerja sama antarwilayah. Keduanya benar namun sama sekali tidak memiliki hubungan sedikitpun, sehingga jawaban yang tepat adalah B.

Salah sumber daya alam yang tersedia secara melimpah adalah air tanah. Zat tersebut memiliki sifat kimiawi yang unik karena mengandung aquifer. Hal ini tentu disebabkan oleh berlangsungnya reaksi hidrokarbon sehingga dapat dengan mudah melarutkan mineral mineral yg terdapat dalam aquifer.  Pernyataan dan alasan benar. Lamanya air tanah terjebak dalam batuan dan kontak. dengan batuan penyusunnya sehingga banyak mineral batuan yang larut ke dalam air tanah dan mengaiami pertukaran kation.

Upaya untuk melestarikan sumber daya alam sangat penting serta berprinsip supaya nilainya bisa tetap dipertahankan dari waktu ke waktunya yang akan datang.  Pelestarian serta manajemen pengelolaan serta penggunaannya harus tepat artinya mempertahankan daya dukung lingkungan sehingga mampu menopang kehidupan secara berkesinambungan. Bisa kita kaitkan dengan teori dari pelajaran ekonomi mengatakan bahwa kebutuhan tak terbatas namun di sisi lain ketersediaan SDA sangat terbatas.

Endapan air bisa membentuk dataran yang sering dikenal dengan nama datarannya disebut aluvial. Bentuk tersebut biasanya memiliki jenis tanah yang subur sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai daerah pertanian, pemukiman ataupun kawasan industri. Tentu saja hal ini didukung oleh ketersediaan air pada dataran rendah yang pada umumnya melimpah karena endapan alluvium yg ada memiliki daya serap serta menahan air di dalamnya. Secara umum wilayah dataran rendah relative lebih luas. Akibatnya sarana dan prasarananya mudah dibangun, tanahnya relative subur serta mempunyai cadangan air cukup banyak. Semua itu dipastikan mampu mendukung daerahnya menjadi sebuah kota. Selain itu, mata pencaharian penduduk setempat akan bervariasi pula.

Sifat batuan beku luar (terbentuk secara ekstruktif atau batuan beku vulkanik) adalah batuan terbentuk dikarenakan proses pembekuan magma di permukaan bumi yang beriangsung dalam waktu yang sangat cepat. Bentuk dan teksturnya secara umum relatif lebih halus. Contoh batuan beku luar antara lain obsidian, basalt, dan andesit. Penggunaanya sudah banyak dimanfaatkan dalam kehidupan manusia.

Tentunya kalian sudah mengetahui apa itu ozon? Lapisannya mampu menyerap radiasi dari ultra violet yg dipancarkan oleh matahari. Akan tetapi lapisan tersebut bisa mengalami deplesi ozon, yakni penipisan lapisannyaa sebagai akibat dari perusakan/ pengurangan ozon akibat reaksi kimiawi dari zat zaat yg bagian besar berasal dari aktivitas kehidupan manusia. Sehingga dapat disimpulkan bisa terjadi akumulasi polutan perusak pelindung bumi ini.

Alhamdulillah selesai juga akhirnya pembahasan soal geografi SBMPTN Soshum 2014 lengkap beserta penjelasan rincinya. Perhatikan bahwa pembahasannya itu disusun secara terurut paragrafnya berdasarkan urutan soalnya. Jadi bila kalian mempelajarinya sambil mengerjakan soal secara mandiri, engga perlu bingung ya. Masa maasih bingung padahal udah dibahas secara rinci banget.

Soal Ekonomi SBMPTN 2014 dan Pembahasannya

Bagian soal Ekonomi SBMPTN 2014 ya sekarang. Sebenarnya pelajaran ini bisa dianggap sebagai bidang studi yg menyenangkan. Kenapa aku bisa anggap enak? Karena sebenarnya dia semi eksak sosial. Jadi bisa digolongan eksaknya kelompok ilmu anak IPS. Selain itu juga, konsep serta teorinya bisa dibayangkan secara nyata. Kamu semua pasti sudah tau kan bahwa pelajaran ini hampir dipakai setiap hari bahkan berita terkait sering kali mengisi info terkini semua stasium televise di negeri tercinta ini.

Tapi lu ingat ya bahwa di sini kita engga berbisa jauh mengenai hal disebutkan pada paragraph sebelumnya. Kita hanya batasi pada soal SBMPTN ekonomi 2014 dan pembahasannya. Sehingga kedua topik tersebut harus dituntaskan sampai akhir bagiannya. Baik, secara berurutan akan aku jelaskan secara rinci mengenai dua permasalahan itu. Tolong disimak dengan sebaik baiknya agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Soal Ekonomi SBMPTN 2014 pdf Lengkap

Sama halnya dengan dua bidang studi terdahulu, sebelum masuk pada pembahasan lengkapnya aku ingin membagikan soalnya lebih dulu. Tujuannya tentu sudah lu ketahui semua kan? So engga perlu deh abang cerewet ngomong itu ini lagi, toh sudah dijelasin kok di bagian sebelumnya. Sebagai pemanasan awal, aku kasi aja deh beberapa tamilan teks pertanyaan masuk ujian pada saat itu.

ekonomi sbmptn 2014

Pembahasan Soal Ekonomi SBMPTN 2015

Gaya kepemimpinan ditinjau dari aspek ekonomi. Sebagai ilustrasi pada soal, Abrar senantiasa memperhatikan karakter dan sikap para pengikutnya sebelum menerapkan gayanya dalam memimpin. Berdasarkan kasus tersebut merupakan contoh pendekatan pimpin berdasarkan prinsip teori: (a) manajemen ilmiah, (b) situsional. (c) X. (d) manajemen. (e) birokrasi.

Bila bilangan marginal propensity to consume (MPC) negara X= 0,60 dan besarnya konsumsi minimumnya seratus dua puluh, kita bisa menyimpulkan: (A) besarnya tabungan rata rataa nol koma empat puluh dan tabungan sama dengan 72, (B) pendapatan nasional break evennya= 300. (C) besarnya pendapatan serta nilai penggunaan equilibrium adalah tujuh ratus dua puluh. (D) rataan tingkat konsumsinya = -120+ 0,60 Y. (E) break even savingnya mencapai 48.

Ketika tanggal 1 jaruari 2012, jumlah aset perusahaan P adalah Rp 125.000,00 sedangkan pada akhir tahunnya (31 desember tahun yg sama) meningkat menjadi Rp 145.000,00. Saat awal periode tersebut total kewajibannya Rp 110.000,00 lalu akhir tahunnya 115.000,00. Apakah yg telah terjadi dgn perubahan equitas pemegang saham perusahan tersebut pada 2012? (A) turun sebesar Rp 15.000,00. (B) meningkat Rp 15.000,00. (C) terjadi peningkatan tiga puluh ribu rupiah. (D) mengalami penurunan nilainya sama dengan C. (E) sama sekali tidak ada perubahan sedikitpun.

Apakah pengaruh yang bisa terjadi dengan adanya transaksi pembayaran deviden kepada para pemegang saham? Beberapa pilihan yang salah satunya benar meliputi: (A) meningkatkan aset dan menurunkan kewajiban, (B) nilai asetnya meningkat serta kewajiban juga ikut naik. (C) tidak berpengaruh sedikitpun pada ekuitas atau pendapatan. (D) jumlah aset mengalami penurunan sekaligus ekuitas/ modalnya. (E) berakibat pada pendapatan berkurang.

Adam Smith awal tahun 1776 mengemukakan teori pertumbuhan ekonomi klasik. Teorinya tersebut dilandaskan pada: (A) produktivitas meningkat sebagai akibat teknologi dan inovasi baru, (B) tumbuhnya mental wirausaha handal dan serta keberanian mengambil resiko. (C) investasi mengalami kenaikan, begitu pula halnya pasar serta perdagangan internasional. (D) adanya investasi, biaya tenaga kerja murah serta campur tangan pemerintah. (E) pemberiam subsidi bertujuan menekan beban pajak konsumen.

Inflasi merupakan peristiwa melemahnya nilai tukar uang suatu negara. Terdapat hal penyebanya. Salah faktor utama sebab terjadinya berasal dari sisi permintaan: (A) jumlah uang beredar meningkat, (B) harga bahan minyak mengalami terus meningkat tanpa terkendali. (C) terjadi kegagalan panen. (D). upah dan jai buruh/ pekerja naik. (E) nilai upah minimum regional (UMR) meningkat.

Perusahaan multi internasional seperti Unilever menjual bermacam macam barang kebutuhan keluarga. Pada praktek bisnisnya, menggunakan pendekatan pemasaran berbeda antara di Inggris dan Amerika Serikat. Adanya perbedaan cara pemasaran tersebut merupakan contoh: (integrasi vertikal, (B). dtrategi biaya rendah terfokus, (C). global strategis. (D) siasat multidomestik. (E) diversifikasi tidak terkait.

Pembahasan Soal Ekonomi SBMPTN 2014 Soshum Lengkap

Tanpa ada rasa lelah sedikitpun aku akan menlanjutkan dengan pembahasan soal Eknomi SBMPTN 2014 lengkap agar bisa kalian belajar serta memiliki arah belajarnya. Di bawah ini abang akan uraikan semua jawaban setiap soalnya secara terurut paragrafnya sesuai dengan nomonya. Bila sudah pernah membaca bagian sebelum ini, seharusnya ente telah memahaminya. Jadi jangan sampai bingung ya adinda sayang.

Harsey bersama Blanchard telah mengeluarkan pendapatnya mengenai pendekatan kepemimpinan situasional. Maksud dari pendekatannya adalah dalam memmipin semorang pemimpin memungkinkan berbeda beda bergantung pada tingkat kesiapan para pengikutnya. Berdasarkan teorinya itu, orang yang mimpin akan efektif jika bisa memahami situsi serta menyesuaikan kemampuannya dengan dinamika kondisi yg ada. Mencakup pula empat dimensi situsi yaitu: kemampuan manajerial, karakter organisasi, pekerjaan, serta pegawainya. Keempat dimensi itu harus saling beriringan memberikan pengaruh terhadap efektivitas kepemimpinan seseorang.

Sebaiknya tuliskan terlebih dahulu semua informasi yg terdapat dalam teksnya. Pada soalnya diketehui MPC = 0,60,  tingkat konsumsi minimum: 120,  Persamaan konsumsinya dinyatakan dgn C: a + bY dimana, keterangan: a = konsumsi otonom (besarnya konsumsi ketika pendapatan nol atau konsumsi minimum) dan b : MPC (kadar kemiringan atau slope garis persamaannya) sehingga persamaan konsumsinya dapat dituliskan menjadi : C : 120 + 0,6Y lalu fungsi tabungan S : -a +(1-b) Y maka akan jadi  s:-120+0,4Y. Syarat BEP (break even point) terjadi bila: 1) nilai C= Y, 2) s sama dengan nol serta  3) APS dan APC secara berurutan bernilai 0, 1. selanjutnya substitusi salah satu syaratnya BEP, yaitu S = 0 sehingga s= -120+0,4Y, 0: -120 + 0,4Y, 0,4Y=120 Y= 300. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa pendapatan nasionalnya ketika kondisi titik impasnya 300.

Perhitungan kekayaan perusahaan. Ketika 1 Januari 2012 akumulasi asetnya bernilai Rp 125.000,00, lalu meningkat menjadi Rp 145.000,00 per tanggal 31 Desember akhir tahun. Terdapat kewajiban unit bisnisnya Rp seratus sepuluh ribu rupiah pada awal periode pembukuan, ketika menjelang berakhir tutup bukunya terjadi penambahan bebannya sebesar 5.000, Nah ditanyakan perubahan ekuitas pemegang saham tahun tersebut. Elu tentu sudah mengetahui bahwa Ekuitas= aset – kewajiban, saat awal periode perhitungan = 125.000 – 110.000= 15.000. Sedangkan akan memasuki akhir masanya nilai meningkat menjadi 145.000- 115.000 = 30.000. Artinya telah terjadi peningkatan nilai ekuitas sebesar lima belas ribu rupiah.

Sebelum aye menjawabnya, pengen tanya dulu apakah kalian sudah mengetahui apa itu deviden? Hayo coba jawab ya. Iya benar Dividen adalah laba yang dibagikan kepada para pemegang saham. Atau simpelnya bisa dikatakan sebagai hal investor yg ada pada sebuah perusahaan. Jadi harus dibagi bagian keuntungan tersebut. Mekanisme pembagaiannya dilakukan berdasarkan ketetapan yg dibentuk oleh rapat umum pemegang saham melalui dewan komisaris. Adanyanya kegiatan pembagian deviden tentu berpengaruh pada menurunnya saldo laba ditahap pada entitas bisnis tersebut. Jadi selama deviden belum dibayarkan oleh perusahaan, pada neraca akan selalu tamoak adanya utang deviden kepada para pemegang sahamnya. Akan tetapi jika dividen dibayar, pihak keuangan wajib membuat jurnal untuk mencatat pembayaran dividen. Pencatatan jurnal untuk pembayaran dividen akan memengaruhi pada aset dan ekuitas/modal, secara tidak langsung akan menurunkan aset dan ekuitas.

Dalam buku Inquiry Into The Nature and Causes of The Wealth of Nation karya Adam Smith disebutkab bahwa faktor penentu pertumbuhan ekonomi suatu negara yaitu pertambahan penduduk menyebabkan pasar menjadi semakin luas serta menuntut adanya spesialisasi tertentu. Dengan adanya spesialisasi dapat meningkatkan produktivitas pekerja sehingga mampu mendorong kemajuan teknologi. Hasilnya pertumbuhan ekonomi akan meningkat. Di sisi lain bertambahnya masyarakat juga mampu membuka pasar lebih luas. Perluasan pasar memberikan pengaruh dalam menciptakan semangat pada pelaku usaha dalam mengembangkan teknologinya serta memacu munculnya inovasi baru. Spesialisasi dapat pula mendorong meningkatnya produktivitas tenaga kerja dan mendorong perumbuhan ekonomi jika berlangsung secara terus menerus.

Pada dasarnya inflasi dapat dilatarbelakangi oleh dua hal, yaitu tarikan permintaan (demand pull inflation) serta dorongan biaya (cost push inflation). Supaya jelasnya akan ane jelaskan seperti berikut: (a) Cost push inflation (dorongan biaya), merupakan inflasi terjadi akibat dorongan biaya misalnya kenaikan biaya produksi. Untuk contoh rilnya misalkan kenaikan harga BBM member imbasi tingginya  biaya transportasi dalam menyalurkan barang sehingga harga menjadi naik. Demand pull infiation (tarikan permintaan), disebabkan oleh tingginya permintaan barang dan jasa dibandingkan dgn persediaannya. Sebagai contoh saja: meningkatnya upah minimum regional (UMR) bisa memicu terjadinya inflasi. Lalu apa hubungan antara keduanya? Karena UMR yang meningkat, daya beli pekerja meningkat dari sebelum belumnya. Oleh karena itu persediaan barang harus cukup memadai.

Bila kita lihat konteks soalnya maka pilihan paling tepat strategi multi domestik Taktik tersebut sebuah sisat melalui ipaya desentralisai pada unit strategis pada setiap negara dlm menyesuaikan kebutuhan pasar lokalnya. Biasanya perusahaan yang menerapkan prinsip tersebut memiliki pemahaman detail mengenai kondisi pasarnya pada tiap regional pemasaran. Tentu karakter serta tingkah laku masyarakat akan berbeda pada wilayah berbeda. Jadi memang sepatutnya disesuaikan. Jadi kita simpulkan bahwa kebutuhan serta keingin komsumen, kondisi industry, strukturn politik dan  hukum serta norma sosial lingkungan sekitarnya pun ikut berperan. Artinya keberhasilan pasar dapat tercapai bila menerapkan strategi pemasaran berbeda bagi setiap regionalnya.

Bentuk kurva Philips menggambarkan hubungan antara inflasi terhadap tingkat menganggurnya para tenaga kerja. Bila tingkat penganggurannya semakin meningkat tentu laju inflasinya menurun. Cara menghitung angka pengangguran benar adalah menggunakan rumus jumlah penganggur dibagi dgn banyaknya angkatan kerja pada waktu itu selanjutnya hasilnya dikalikan dengan angka seratus persen. Insya Allah nanti bakalan ketemu kok hasilnya.

Maksud dari barang publik murni adalah semua yg digunakan secara teknis maupun ekonomis gak dapat ditetapkan pengecualian atas kepemilikannya. Sebagai contoh: peradilan dan keamanan. Tapi ada juga barang yang termasuk seperti kategori tersebut meskipun memiliki sifat pengecualian seperti jalan raya dapat disediakan melalui sistem pasar. Umumnya barang seperti ini memiliki sifat non rivals berarti konsumsi satu induvidu tak akan mengurangi kesempatan orang lainnya (tidak terdapat kompetisi dalam memperebutkannya). Selain itu juga bersifat non exclusive yg berarti orang berhak menikmati setiap manfaatnya.

Suku bunga yg dpt diamati di pasar dianggap sebagai nominal. Sedangkan SBI dapat disebut sebagai suku bunga nominal. Kenaikan BI rate akan mmempengaruhi secara positif terhadap kenaikan SB simpanana atau pinjaman. Berkembangnya tingkat suku bunga deposito berjangka mempunyai suatu pola tetap. Perkembanganya mengikuti SBI sehingga penyebabnya tersebut dapat dianggap sebagai acuan utama pagi pasar financial secara luas. Bila tingkat inflasi semakin tinggi tentu suku bunga pun akan mengalami kenaikan karena selisihnya dgn SBN dan inflasi menandakan beban sesungguhnya dari biaya suku bunga yang dihadapi oleh induvidu ataupun perusahaan.

Teori paling popular mengenai perdagangan internasional modern disampaikan oleh Teori Heckscher-Ohlin (HO). Kadang kala disebut pula dengan konsep ketersediaan faktor. Menurutnyam perbedaan opportunity cost suatu produk antara satu negara dgn negara lainnya bisa berlangsung karena adanya perbedaan jumlah atau proporsi faktor produksi yg dimilikinya (endowment factors) setiap negaranya. Namun perbedaan opportunity cost mampu memicu kebutuhan untuk menjalin perdagangan internasional.

Deflasi secara kongkritnya berkebalikan dari inflasi. Sitilah pertama dapat diartikan sebagai kondisi terjadinya aktivitas ekonomi serta kegiatan konsumsi (pengeluaran) menurun. Penuruna itu biasanya dapat disebabkan oleh menurunnya produksi, jumlah pekerjaan, investasi, perdagangan, keuntungan dan harga produk tentunya. LU pasti sudah mengetahuik kan harga yang turun secara terus menerus dapat berakibat pada naiknya nilai uang. Andaikan deflasi terjadi, perusahaan akan mengurangi produksi sekaligus menekan tenaga kerja. Peristiwa tersebut tentu akan menyebabkan tingginya angka pengangguran. Banyak orang yg menganggur akan memberikan dampak permintan pasar secara global menurun. Imbasnya sudah pasti harga barang juga akan turun. Disamping itu, deflasi bisa juga mengakibatkan melemahnya investasi di sektor riil maupun di pasar bursa. Semuanya nanti akan berujung pada melemahnya perekonomian karena terhambatnya aktivitas bisnis.

Penggunaan jurnal penyesuaian untuk menggambarkan neraca saldo karena adanya transaksi kurang sesuai. Beberapa aktivitas harus disesuaukan, meliputi: (1) pendapatan yg telah diterima lebih awal, (2) beban dibayar di muka, (3) banyaknya beban yg masih harus dibayar. (4) penyusutan aktiva tetap. (5) adanya penggunaan perlengkapan perusahaan. (6) nilai pendapatan yang masih harus diterimaa karena belum jatuh tempo.

Masalah kemiskinan merupakan sebuah permasalahan besar dihadapi oleh bangsa ini. Secara definisi diartikan sebagai suatu keadaan saat terjadinya ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar setiap orang ataupun anggota kelompok tertentu. Kebutuhannya tersebut meliputi makanan, pakaian, tempat berlindung, kesehatan serta pendidikan bermutu tinggi. Untuk mengetahui angka pengangguran sebuah negara maka harus menggunakan sebuah indikator seperti indeks pembangunan manusia (IPM). Besar indikatornya dapat dihitung dengan cara membandingkan rata raaata angka harapan hidup, melek huruf, lama sekolah, serta pengeluarannya per kapita.

Soal SBMPTN Sosiologi Soshum 2014 dan Pembahasan

Alhamdulillah sampai juga deh ak dibagian pelajaran paling akhir yg dimasukkan dalam soal SBMPTN Soshum 2014 yaitu sosiologi. Bisa dibilang senang juga sih karena sebentar lagi sudah bisa bernapa dengan lega karena selesai lah. Loh emangnya selama ini engga napas ya bang? Bernapas lah, kalau engga matilah diriku ini. Maksudnya, selama mengetik ini tentu pikiran bercampur aduk loh. Baik sekarang kita kembali pada judul kecilnya di atas yaitu ada dua kata yakni soal dan pembahasan. Nanti secara keseluruhan akan membahas kedua hal tersebut.

Soal Sosiologi SBMPTN Soshum 2014 pdf

Sama persis dgn pelajaran sebelumnya aku juga akan memberikan soal sosiologi secara sekilas. Untuk versi penuhnya bisa lihat sendiri pada file yg telah kalian dapatkan. Di sini mah hanya untuk mengisi ruang kosong aja agar imbang tampilan webnya, heheheheee. Waduh jangan jangaaan abang neh engga ada kerjaan ya? Hus gak boleh ngomong seperti itu, entar gw ga mau kasi pembahasannya, mauuuu?? Ya jangan kakakku tersayang. Cuma becanda aja kok biar terhibur suasana ruangannya saat mengetik.

sosiologi sbmptn 2014

Soal sosiologi SBMPTN 2014

Oh ya soal sosiologi pdf SBMPTN soshum 2014 sudah kalian miliki kan sebenarnya? Nah kali ini aa akan menulisakn ulang beberapa tipe soalnya yang dianggap sangat penting. Oke silakan diteruskan saja, kami sebagai pembacanya hanya bisa menyimak depan layar. Iya deh adek duduk manis saja sambil belajar, tapi harus berhasil ya heheheheeee. Serius belajarnya ya biar apa yg udah kakak berikan semuanya di sini tidak percuma.

Soal sosiologi SBMPTN 2014 nomor 1. Setiap saat seiring berjalannya waktu tentu banyak sekali terjadi perubahan. Perubahasannya biasanya bersifat multidimensional. Begitu juga dalam hal bidang sosial bisa berubah dilatarbelakangi oleh banyak penyebab. Diantaranya ada yg bersifat revolusioner termasuk kriteria perubahan menurut apa? Opsinya terdiri dari sifatnya, pengaruhnya, tanggapan masyarakat, sumber terjadinya.

Pada proses terjadinya perubahan sosial pastinya ada yg mengatur serta berperan di dalamnya. Tetapi tidak sembarang orang bisa melakukannya dengan baik. Jadi perlu pihak khusus dlm hal tersebut. Pihak yang diharapakan dapat dipercaya masyarakat untuk melakukan perubahan sesuai rencana bersama disebut: agent of change, blueprint of behavior, change patterm, local leader, social planning.

Selama berinteraksi pada sebuah komunitas tentu akan ada sosialisasi serta aktivitas antar induvidu di dalamnya. Hal itu dilatarbelakangi oleh saling membutuhkan satu sama lainnya. Hubungan sosial timbale balik saling mempengaruhi istilahnya disebut: kausal, simultan, resiprokal, periodic, diadik. Pahami dulu arti dari setiap opsi jawabannya.

Dalam menjalin hubungan dalam kehidupan sosial agar pikiran, perasaan atau ide bisa tersampaikan pada orang lain perlu ada komunikasi. Misalnya saja anda melakukan percakapan (chating) melalui facebook dengan teman sekolah. Pada situasi itu apakah anda melakukan interaksi sosial?. Iya karena melakukan percakapan. Benar, ada proses kontak dan komunikasi antara saya dan dia. Enggak lah, namanya juga tidak ketemu langsung. Bukan, interaksi sosial dunia maya kan semu. Termasuk karena adanya media sosial sebagai sarana komunikasi untuk menyampaikan pesan.

Rudi merupakan anak dari seorang nelayan telah berhasil menyelesaikan pendidikannya sampai memperoleh gelar sarjana ekonomi. Selain itu telah berhasil menjadi pengusaha sukses di Jakarta. Pasti dari kisah singkat tersebut menggambarkan adanya mobilitas sosial. Jenis apakah yg dilakukan oleh Rudi?. Mobilitas horizontal intragenerasi, horizontal antargenerasi, vertikal turun dalam geenerasi yg sama. Turun antar generasii.

Seseorang memiliki status sosial tinggi berpeluang besar serta kesempatannya terbuka lebar bila dibandingkan dgn orang kelas dibawahnya. Hal tersebut pernah dikemukakan oleh Max Weber. Pendapat itu memiliki hubungan erat dgn konsep: lifestyle. Lifetime, life change, life cycle dan life story.

Pembahasan Soal Sosiologi SBMPTN 2014 Lengkap

Nah bagian akhir dari artikel ini adalah pembahasan soal SBMPTN Soshum 2014 untuk bidang studi sosiologi. Ya tentu senang deh rasanya, makanya kakak akan menjelaskan setiap bahasannya secara lengkap. Selengkap lengkapnya setajam silet. Hehehehe lebai banget deh. Udahlah lanjut saja belajarnya heheheeei.

Aspek penilaian proses terjadinya perubahan sosial dapat dipandang dari beberapa sudut pandang, yaitu pelakunya, kecepatan, tempat, serta waktunya. Berdasarkan kecepatannya terbagi menjadi dua: (1) evolusi, (2) revolusi. Secara berurutan pengertian keduanya adalah: (a) proses pengubahan yg memerlukan durasi waktu sangat lama sekali, dapat terjadi dgn sendirinya tanpa ada sebuah perencanaan ataupun kehendak tertentu. (2) berubahnya berlangsung sangat cepat, aspek tujuannya adalah mengenai dasar pokok dalam masyarakat.

Perubahan ada yg dikehendaki melalui perencaan matang merupakan sebuah mekanisme telah direncanakan terlebih dahulu oleh semua pihak terliat di dalamnya. Mereka hendak merubah kea rah lebih lebih baik sesuai pikiran serta idenya. Mereka memiliki keinginan untuk melakukan hal tersebut pelakunya dikenal sebagai agent of change. Para pelaku perubahan tersebut mendapat kepercayaan masyarakat sebagai pemimpin lembaga kemasyarakatan.

Setiap orang ataupun akan melakukan kontak sosial sehingga bisa mendapatkan manfaat darinya. Secara umum hubungan tersebut dapat dibagi menjadi dua macam berdasarkan respon balikbya: kontak satu arah (parasosial) dan timbal balik dua arah (resiprokal). Bentuk paling bagus ada jenis kedua karena dua pihak atau lebih akan mendapatkan keuntungan secara bersama sama sehingga dirasa lebih adil dan berimbang.

Interaksi sosial dapat didefinisikan sebagai jalinan hubungan sosial dalam komunal. Didalamnya terdapat kontak serta komunikasi sosial. Selain itu dapat menggunakan media perantara baik secara langsung ataupun memanfaatkan kemajuan teknologi (alat telekomunikasi) seperti telepon, media sosial. Proses terjadinya terbagi pula ada yg primer (tatap muka secara langsung), sekunder dilakukan melalui perantara orang lain ato media.

Sosiologi politik merupakan sebuah kajian studi perilaku kelembangan pemerintahan di suatu negara. Bila dikaji lebih mendalam, berdasarkan pandangan para ahli inti dari semuanya mencakup semua permasalahan terjadi dalam kehidupan masyarakat. Contoh nyatanya saja meliputi faktor yang membuat adanya variasi sistem kepartaian dan tingkat pastisipasi induvidu untuk berpolitik, keikutsertaan oeang dlm pemilihan umum.

Untuk pilihan tepat bagi Rudi adalah mobilitas vertikal naik antargenerasi.  Mobilitas vertikal naik merupaka kejadian naiknya posisi seseorang dari kelompok sosial rendah ke arah yang lebih tinggi. Nah kata antargenerasi dapat diartikan sebagai peningkatan terjadi lintar dua atau lebih generasi yg telah dilampuinya. Si Rudii awalnya anak seorang nelayan meningkat menjadi pengusaha sukses di ibukota. Sedangkan dia juga berbeda angkatan dari ayahnya.

Nah mungkin seperti itu pembahasan lengkap soal SBMPTN Soshum 2014 bisa dituliskan di sini. Semoga bisa membantu bagi adik semua yang akan bersaing memperebutkan jurusan impian masing serta kampus idaman. Ingatlah tidak ada kata terlambat dalam berusaha. Bila keyakinan sudah tertanam kuat dalam hati, Insya Allah semuanya masih mungkin dicapai.

Leave a Reply