Soal STAN 2014 dan Pembahasan

iklan kape

Baik adik-adik sekalian, pada posting kali ini kaka akan membagikan sedikit ilmu untuk pembahasan soal tes stan tahun 2014. Soal stan 2014 dibahas oleh kaka sekarang adalah soal no 49. Kenapa harus nomor 49? Ya kaka pilih sembarang nomor dan nomor yang kaka anggap unik itu nomor 49. Namanya sebagai contoh. Kalo adik-adik mau melihat pembahasan versi lengkap beberapa tahun, adik adik bisa kunjungi www.KafePelajar.com  dan mendaftar menjadi premium member. Adik-adik akan mendapatkan penjelasan cara penyesaian full soal yang pernah diujikan 5 tahun terakhir.

Di www.KafePelajar.com banyak sekali video yang dibahas untuk tes USM sekolah tinggi akutansi negara. Situs KafePelajar.com adalah situ bikinan sama kaka dan rekan-rekan kaka sudah berpengalaman dalam mengajar dan memiliki prestasi tinggi sehingga tidak diragukan lagi. Pembahasan tiap nomor kami diskusikan terlebih dahulu untuk menemukan trik-trik penyesaian yang jitu. Karena dalam menjawab kami tidak ingin hanya mengandalkan rumus-rumus. Karena kami ingin pelanggan kami bisa mengerjakan setiap soal tanpa tergantung pada rumus. Kalaupun menggunakan rumus, hanya rumus sederhana dan rumus yang sudah lazim dari SD atau SMP.

Dibawah ini kaka akan bahas soal seleksi tahun 2014 nomer 49. Nomor 49 ini berkaitan erat dengan matematika. Kebetulan banget deh kaka suka banget tuh makhluk matematika dari sebelum lahir, eh salah, maksud kaka dari SD. Soal ini merupakan soal bentuk akar dan membanding bentuk akar dari penjumlahan dan penjumlahan bentuk akar. Selanjutnya kita bandingkan hasilnya. Kami mengerjakannya dengan dua cara, yaitu cara pertama dengan cara biasa yang menggunakan konsep aljabar dan cara kedua menggunakan logika yang sangat mudah dipahami. Cara pertama sulit dipahami dan agak lama dan belum tentu semua peserta ujian bisa berpikir dengan cara pertama. Namun cara kedua, kami jamin semua peserta tes bisa mengerti karena menggunakan logika yang sederhana.

soal stan 2014 dan pembahasan lengkap

Nah seperti salah satu contoh soal STAN 2014. Pasti ada yang bertanya mana pembahasannya? Sabar dulu dong adek hehehehe. Pasti kaka kasi kok pembahasan soal STAN 2014. Sebelum kaka bahas, kaka mau berbicara sedikit mengenai soal soal tes seleksi masuk sekolah tinggi akutansi negara. Soal  tes USM sekolah ikatan dinas ini sebenarnya sangat mudah. Seperti contoh di atas, ungkin adik adik berpikir seperti tes diatas terasa sulit. Sebenarnya tidak sulit.

Kalo kita mengerjakan soal dengan tipe  seperti di atas, tentu kita butuh pengetahuan sifat-sifat aljabar bentuk akar. Tapi tenang aja, kaka dan rekan-rekan kaka sudah memikirkan solusi penyelesaian yang tanpa menggunakan rumus-rumus yang sulit. Karena pada dasarnya belajar matematika bukanlah semata-mata menghafal rumus. Namun lebih dari itu yaitu memahami dan menterjemahkan apa yng diinginkan oleh soal. Begitu juga hal dengan soal tes tahun 2014. Dalam penyelesaiannya seharunya bisa dikerjakan dengan trik-trik jitu sesuai dengan logika dan banyak menghafal rumus.

Oke sekarang kembali ke soal  no 49. Kita bisa saja menyelesaiakan soal ini dengan mengkuadratkan kedua ruas untuk  x dan y.  Jika x dikuadratkan akan menjadi

pembahasan soal stan 2014 no 49 bagian 1

 

Sedangkan y jika dikuadratkan dengan cara yang sama akan menjadi:

pembahasan stan 2014 no 49 bagian 2

 

Karena bentuk akar nilainya akarnya selalu positif, maka kita dapat membandingkan x2 dan y2. Terlihat bahwa x2 lebih kecil dari y2 sehingga bisa disimpulkan bahwa x < y. Namun cara di atas terlalu terpaku pada penggunakan rumus-rumuas aljabar. Coba lihat, dalam penyelesaian tersebut membutuhkan pemahaman dan penguasaan konsep aljabar dan pengkuadratan bentuk akar. Tidak mejadi masalah bagi yang menguasai aljabar. Tapi bagaimana dengan yang kurang memahami aljabar dengan baik? Belum lagi waktu tes yang sangat terbatas. Yang menguasai aljabar saja belum tentu bisa mengerjakan dengan cepat pertanyaan yang diujikan dalam tes.

Sekarang coba kita pakai cara cerdas untuk menyelesaikan soal di atas. Sekarang kita gunakan logika. Kita ambil dua bilangan sembarang yang memiliki akar bulat sebagai m dan n, misalnya m = 16 dan n = 9. Sehingga bisa kita hitung seperti di bawah ini :

Kita hitung dulu nilai x

soal stan 2014 no 49 dan pembahasan bagian 3

 

sekarang dengan langkah yang sama kita hitung nilai y

soal dan stan 2014 no 49 bagian 4

karena 4 < 7 maka bisa kita simpulkan bahwa x < y.

Nah seperti itulah contoh pengerjaan soal yang lebih mengedepankan logika. Bukan hanya mengandalin rumus-rumus yang membuat otak kita pusing untuk menghafalnya. Soal-soal USM STAN sebenarnya tidak sulit, hanya membutuh trik khusus untuk menyelesaikannya sehingga akan menjadi lebih mudah.

 Kalau hanya mengandalkan rumus-rumus yang menoton maka butuh waktu yang lama untuk tiap nomor. Perlu di ingat bahwa alokasi waktu yang disediakan sangat terbatas. Jadi perlu siasat yang jitu dalam mengerjakan pertanyaan tiap nomor. Jika adik-dik ingin belajar lebih dalam tentang cara penyelesaian soal  denan logika dapat berlangganan video kami yang dapat dilihat pada www.KafePelajar.com

Jadi seperti cara pengerjaan soal tes tahun 2014 tadi. Untuk lebih jelas dan dapatin pembahasan lengkap lainnya dapat mengunjungi KafePelajar.com yang menyediakan video yang berkualitas dengan trik-trik penyelesaian yang sangat sangat jitu dan mudah dipahami. Penjelasannya yang sangat detail tiap nomor. Jangan biarkan adik adik kebingungan dalam belajar yang tentu menjadikan metode belajar adik-adik kurang efisien dan kurang efektif dalam memahaminya. Segera dapatkan videonya dan rasakan metode belajar unik yang belum pernah adik adik rasakan. Salam sukses untuk kalian semua.

Gimana adik adik semua? masih ragu dengan kualitas video pembahasan soal STAN 2014 kami? Adik adik tidak perlu takut karena tim pembuat video merupakan tim terdiri dari orang orang dengan pengalaman mengajar sudah lama dan kemampuan akademik dan pengusaan materi sangat tinggi. Jangan sampai adik adik menyia nyiakan kesempatan ini hanya karena keraguan adik adik untuk menggunakan video pembahasan kami. Video pembahasan ini sangat berkualitas dan dipastikan mampu untuk meningkatkan kesiapan adik adik sebelum mengikuti tes USM nantinya.

Contoh soal stan 2014 dan pembahasan no 49

Komentar