Soal STAN 2018 dan Pembahasan Lengkap

Halaman ini berisi soal tes STAN 2017 dan pembahasan yang dituliskan secara lengkap. Oleh sebab itu bacalah sampai selesai agar bisa mendapatkan manfaat tulisan ini. Bagi kalian yang ingin masuk PKN Sekolah Tinggi Akutansi Negara harus bahkan wajin membaca sampai tuntas. Jangan lewatkan sedikitpun.

Oh ya bagi yang sudah mengetahui pendaftaran STAN 2018 cocok banget deh dengan artikel ini. Jadi mohon untuk terus fokus memahami semua isi tulisan ini yah dek. Di bagian tengah ataupun ahirnya akan ditemukan link unduhan naskah soalnya. Biar dapatinnya geser layarnya perlahan lahan.

Kalau scrolnya terlalu kencang ke bawah khawatirnya nanti terlewat tautan soal STAN 2018 dan pembahasan lengkap. Kalau dilewatkan begitu saja, pasti deh elu semua yang rugi sendiri. Ibarat kata, sudah disupain dengan kue lewat, tinggal di mangap lalu dikunyah dan telan. Nanti akan merasakan lezatnya jajan tersebut.

Alih alih menikmati kelezatan kuenya, malah pergi meninggalkan begitu saja. Malahan menjauhinya. Mungkin berpikir ada yang lebih lezat. Sesuatu yang sudah ada dalam genggaman ditinggil gitu saja tentu sesuatu yang sangat disayangkan. Jadi pembahasan soal STAN 2018 itu kakak umpamakan sebagai kue yg lewat.

Pembahasan Soal STAN 2018 Lengkap

Tanpa disebutkan lagi, mungkin kalian sudah tangkap maksud serta tujuan penulisan artikel pembahasan soal PKN STAN 2018 lengkap. Dari judulnya saja sudah terlihat loh. Anak kecil sekalipun barang akan mengetahuinya. Pada kalimat judul ada dua kata penting bakalan menjiwai hampir secara keseluruhan isi tulisan ini.

Cobalah dek apa dua kata penting tersebut. Boleh adek tebak bang? Bisa aja dek, silakan. Pertanyaan itu memang sengaja ditujukan kepada kalian semua loh. Hitung hituung untuk mengasah kemampuan analisa kalian sebelum berperang di arena ujian seleksi tes STAN 2018 nantinya.

Kalau tidak salah ya kak, dua kata kunci pentingnya soal dan pembahasan. Semoga aja tebakan aye benar ya bang. Yeeeaah benar banget deh, dapat seratus untuk adinda tersayang karena sudah menjawabnya secara tepat. Sudah berhasil menunjukkan potensi untuk bisa menjawab soalnya secara tepat. Kamu berhak untuk mendapatkan hadiah. Hadiahnya dikasi kalau ketemu ya dek. #entah kapan ketemunya, orang tak saling kenal juga hahahahai.

Baiklah, kita kembali ke dua topik utama yang akan mengisi bacaan ini secara keseluruhan. Dua duanya sudah adek sebutkan di atas. Menindak lanjutan tanggapan adek terkait jawaban yg diberikan di atas. Maka dua hal yang akan dijelaskan secara detail di sini meliputi:

  • Soal STAN 2018 Lengkap
  • Pembahasan Soal STAN 2018 Mudah Dipahami
  • Kunci Jawaban Soal PKN STAN 2018
  • Download Soal STAN 2018 Asli

Nah bingung kan, ternyata ada empat. Jadi abang menganggap jawaban saya salah ya. Sebenarnya abang engga enak ingin mengatakan salah Cuma engga enak hati. Hanya ingin mejaga perasaan saya aja yah ternyata. Bukan gitu loh sayangku, sebenarnya benar hanya kakan ingin menambahkan sedikit agar lebih komplit.

Apa yang adinda sebutin sudah benar kok. Malahan tepat banget. Poin ketiga dan keempat yang ane tambahkan juga kan hanya mengandung dua kata kunci yang elu sebutin tadi. Lagi pula kunci jawaban soal STAN 2018 isinya sama persis dengan pembahasannya. Jangan berpikir hal yang lain. Aye juga sarankan jangan berkecil hati, sama sekali engga ada niat untuk mempermainkan kalian loh hehehe.

Download Soal STAN 2018 Asli

Belajar sebelum tes seleksi STAN 2018 sudah pasti sangat diperlukan. Semakin jauh hari persiapannya dimulai tentu hasilnya akan lebih optimal. Ingat loh belajar itu perlu waktu agar apa yang dipelajari lebih dikuasai secara penuh. Nah agar bisa belajarnya lebih awal pastinya membutuhkan naskah soal.

Nah masuk juga deh alur pemikiran tulisan abang. Tujuannya emang mau diarahin ke masalah kebutuhan kalian akan teks soalnya. Jujur saja kakakmu ini dari tadi berpikir caranya agar menuju pada kalimat penyerahan naskah pertanyaan yg diujikan periode ini. Oh dari tadi tuh akang nulisnya sambil mikir ternyata. Ya pasti dek. Menulis itu harus disertai dengan kreativitas otak. Kreasi ide sangat diperlukan sebagai seorang blogger untuk menggali ide konten blognya.

Kita kembali pada kebutuhan kalian untuk belajar mempersiapkan diri ikut seleksi masuk PKN. Perlu mungkin juga bisa dibilang penting download soal STAN 2018 asli. Jaminan keaslian file yang akan kalian unduh sangat diperlukan. Masalahnya tak sedikit orang mengaku file yang dia kirim sesuai dengan naskah aslinya. Padahal sengaja dibikin aja soalnya biar dia mudah untuk mengerjakannya. Bila ingin mendapatkan naskahnya yang asli bisa klik gambar di bawah ini.

Soal STAN 2018 Lengkap

Sebelum mepelajari cara menjawab berbagai pertanyaan saat tesnya berlangsung, hal paling penting untuk kalian cari yaitu soal STAN 2018 lengkap. Jadi bisa deh terlebih dahulu membaca serta memikirkan cara tips terbaik untuk mengerjakannya. Berdasarkan pengalaman ane pada tahun sebelumnya engga terlalu jauh kok tipe pertanyaan setiap tahunnya. Memang sih angkanya benar enggak sama. Tapi jenisnya bisa dikatakan mirip banget deh.

Kakak setiap tahun memang selalu memperhatikan soal STAN. Maksud kakak adalah ingin mengetahui bentuknya saja. Selain itu, aku merupakan salah satu tim pembuat video pembahasan soalnya di kafepelajar.com. Sehingga abang harus selalu update agar tidak ketinggalan dari semua pembaharuan yang terjadi di muka bumi heheheh. Lebai amat sih bahasanya wkwkwkwkkkk.

Kita kembali lagi ke topik pertama di atas yaitu soal tes STAN tahun 2018. Tak usah banyak berputar putar ke hal yg tak terlalu krusial bagi kepentingan umat. Nantinya naskah soalnya akan abang bagi menjadi dua berdasarkan paket yang diujikan. Setiap bagiannya akan dipecah lagi. Ya pemecahannya sesuai selera gue lah. Kan gue yang punya blog dan nulis. Jadi semau mau gw. Ih arogan banget si akang ini. Hehehe aye hanya bercandan kok sayang.

Adapun dua paket yang aku maksud terdiri dari:

  • Soal TPA STAN 2018 lengkap
  • Soal Bahasa Inggris STAN 2018 Asli

Itulah dua tipenya ane maksud. Lengkap yg tertulis pada sub judulnya karena memuat tes potensi akademik serta TBI secara sekaligus tanpa dipisah. Kebanyakan orang ngasinya secara terpisah pisah. Seperti menurut saya agak rumit digunakan saat belajarnya. Harus geser atas bawah ketika membacanya. Oh ya hanya sekedar mengingatkan saja, TBI itu sama saja dengan bahasa inggris yah.

Soal TPA STAN 2018 Lengkap

Paket pertama diharus kalian jawab adalah soal TPA STAN 2018. Paketnya tersebut memang keharusan untuk dijawab. Kalau ada yg bertanya boleh tidak gak dikerjakan. Jawabannya boleh banget kok. Hanya saja kamu dipastikan engga lulus. Bila enggak diselesaikan pastinya kalian tidak akan memenuhi syarat minimum benar tiga puluh persen.

Untuk bisa mendapatkan peluang melanjutkan ke tahapan selanjutnya setidak mendapatkan nilai total paling sedikit 30% dari skor keseluruhannya. Coba deh kitar lakukan sedikit perhitungan kecil. Terdapat 120 nomor bila benar akan nilainya akan dikasi 4. Jadi totalnya 480. Nah kamu setidaknya harus mendapatkan skor murni 144.

Itu merupakan skor minimum ya dek. Bukan berarti kalian bisa melanjutkan ke tahap lanjutan seandainya dapat 146. Tetap diurutkan juga berdasarkan urutan perolehan nilainya. Sebagai contoh sederhananya, untuk tahap pertamanya hanya diambil 2 ribu orang. Seandainya kalian memenuhi nilai standar namun berada pada urutan 2001 sudah engga diijinkan untuk melanjutkan pada proses seleksi selanjutnya.

Udah dapat kan gambaran mengenai penilaian skor tes potensi akademik (TPA) yang harus kalian peroleh. Makanya jangan pernah menyepelekan sesuatu dalam hidup ini. Laksanakan dgn sebaik baiknya selama masih hidup. Bila disia siakan begitu saja tentu akan datang penyesalan di kemudian harinya nanti.

Sebelum melangkah jauh, abang sedikit ulang sedikit adanya lengkap. Kelengkapan soal TPA STAN yang abang tuliskan memang tidak sempurna. Tapi kan sudah kalian dapatkan versi penuhnya dari tautan unduhna yang gue berikan di atas tadi. Lengkapnya itu bisa saja diartikan sebagai detailnya yg super rinci. Disebut rinci disebabkan pembagiannya menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Soal TPA STAN 2018 Asli Bagian Pertama
  • Soal PKN STAN 2018 TPA Bagian Kedua
  • Download Soal STAN 2018 TPA Bagian Ketiga

Sudah jelas kan 3 poin utama di atas akan mengisi sesi soal TPA STAN 2018 mudah dipahami oleh siapa saja. Semuanya nanti akan memberikan pengaruh yang besar bagi keberhasilan belajar kalian. Selama dijalani dengan penuh komitmen insya Allah dengan seijinnya kita bisa meraihnya secara bersih.

Sebuah rasa haru mendalam bagi kakakmu ini seandainya saja tulisan ini bisa digunakan dgn sebaik baiknya. Lebih lebihnya lagi bila kamu yang membacanya sukses dan perhasil masuk perguruan tinggi kedinasan berjaket beru ini. Sudah pasti bangga, puas serta bisa juga menambah semangat untuk tersu berkarya.

(1) Soal TPA STAN 2018 Asli Bagian Pertama

Baiklah dikarenakan poin bagian pertama direncanakan berisi soal TPA STAN 2018 asli maka abang harus memenuhi rencana tersebut. Lah emang ada perencanaan juga yah setiap ingin menambahkan artikel terbaru. Baru tahu nih adek bang. Iya ada dek cuma hanya rencana biasalah. Seperti outlet artikel yang ditulis.

Rencananya yang abang maksud sebuah bukannlah planning resmi disusun secara super ribet seerti di kantor kantoran. Intinya mah berupa alur penulisan yang akan diketik. Ya idenya semua berasal dari pikiran aku sendiri. Bukan dilakukan kajian ataupun analisa secara khusus. Bila dilakukan seperti perencanaan secara resmi tentu akan membutuhkan waktu lama. Selain itu juga mungkin saja butuh anggota tim berkompeten.

Searang anak ingin mengamati pergerakan sebuah mainan terbang terbangan pada aplikasi game androidnya. Terdapat dua pesawat terbang yang dikasi kode X dan Y. Kapal terbang X meninggalkan landasannya pada jam 2. Terbangnya menggunakan kejauan a kilo meter perjam. Lalu kendaraan udara yang satunya tinggalin landasan satu setengah jam sesudahnya. Y mengangkasa pakai kecepatan b km/jam. Seandainya b lebih besar daripada a. Hitung setelah berapa bergerak Y mampu menyusul X.

Seorang bu guru bernama macin pergi ke tempat ngajarnya menaiki sepeda motor kesayangannya. Seandainya mama cinta tersebut melaju dgn kecepatan dua puluh km/jam. Sebuah kebiasaannya setiap hari membawa bekal untuk makan siang. Entah apa hal yang menyebabkannya lupa, barang kali terburu buru sehingga bekalnya tertinggal. Nah adiknya yang bernama Renal menyusul untuk mengantarkannya. Adiknya si Ibu guru tersebut berangkat 10 menit kemudia mengendarai motornya yg satu. Seandainya Renal memacu kendaraannya 30 km perjam. Hitung berapa jauh ia menyusul kakak tersayangnya.

Lanjutan soal TPA STAN 2018 asli bagian pertama. Bayangkan sebuah bilangan terdiri dari empat buah angka yg berbeda beda satu sama lainnya. Jika keempatnya dijumlahkan maka akan dihasilkan 12. Setelah diselidiki, yg pertamanya ditambah ketiganya bernilai sama dengan selisih antara urutan keempat terhadap urutan setelah paling depan. Selain informasi tersebut, ada juga dua sifat lainnya yg penting banget untuk diketahui. Angka ketiga = hasil pengurangan kedua dan pertaman. Terakhir, yang keempatnya dibagi k-2 = k3. Cobalah tentukan bilangan tersebut.

Ratu membelanjakan uang yang dimilikinya. Bila terdapat 15 cokelat berharga 126.700 rupiah. Selain itu setiap membeli empat batang dia akan mendapatkan bonus sebanyak 1 buah. Seandainya Ratu ingin menjual seluruh coklat yang dimilikinya. Dari hasil penjualan tersebut, ia menginginkan keuntungan 45%. Hitung harga jual untuk setiap batang cokelatnya.

Wulan berkeinginan membikin sirup bervolume 780 ml. Ia memiliki sejumlah botol kaca. Dari setengah banyaknya botol, ingin dituangi dgn sirup bikinannya. Seandainya setiap botolnya berisi 80 ml. Sirup Wulan masih memiliki sisa enam puluh mili liter. Coba kalkulasikan jumlah banyak boto yg dimiliki oleh si gadis tersebut.

(2) Soal PKN STAN 2018 Bagian Kedua

Pindah juga kan ke bagian kedua dari soal PKN STAN 2018. Pembaca semuanya tentu sudah mengetahui bahwa ini hanyalah lanjutan dari sesi sebelumnya. Nomornya pun diurutkan meskipun semuanya engga tertulis di sini. Maksud dari terurut, nomor kecil lebih didahulukan baru di atasnya. Memang sih angka nomornya yang masuk kadang loncat.

Seorang bapak ingin memasukkan kotak isinya pesawat radio. Ukuran pesawatnya 5x 6x  7 centi meter. Nanti semuanya ingin diletakkan pada kardus berukuran 42x 25x 60 cm. Pembuat soalnya ingin menanyakan kebutuhan kebutuhan kotak kecil agar yang besarnya dapat terisi penuh. Kalau seperti itu tinggal membagi volume besarnya dgn ukuran isi yg kecilnya.

Pertanyaan berikutnya berkaitan dgn penarikan kesimpulan. Bila sudah masuk tipe seperti ini elu harus berpikir secara rasional agar bisa menentukan jawabannya paling tepat. Sebenarnya enggak terlalu sulit. Hanya diperlukan kehati hatian serta nalar yg tajam. Pertama pahami dulu maksud setiap kalimatnya. Setelah itu pikirkan simpulan paling tepat. Atau tip cepatnya bisa dengan langsung membaca pilihannya satu persatu. Sambil memikirkan benar atau salah dibandingkan dgn bunyi soalnya.

Seandainya dibikin sebuah premis semua pegawai Kemenkeu merupakan orang yang disiplin. Lau ada lagi yang kedua yaitu terdapat beberapa orang bekerja di Kemenkeu sangat professional. Sekarang coba cermati kedua kalimat di atas. Tentu saja dapat tersimpulkan bahwa semua yg professional pasti ia akan disiplin.

Lanjutan soal PKN STAN 2018 TPA asli bagian kedua penting diketahui oleh kalian semua. Beberapa orang yang mendiami pedesaan A memiliki profesi sebangai pengamen. Semua pengamen berangkat ke kota P pada pagi hari dan kembali pada sore harinya. Seandainya saja Dedi merupakan penduduk desa P. Ia berangkat kerja di pagi hari dan pulang pada sore hari. Kalau ilustrasi seperti ini tentu tidak dapat disimpulkan.

Sebuah perusahaan memiliki pegawai pria dan wanita. Seandainya saja semua yang berjenis kelamin perempuan berseragam hitam putih pada hari senin dan rabu. Sedangkan lakinya wajib memakai dreskot biru putih ketika hari selasa dan kamis. Ada Ayu dan Robi bekerja pada entitas usaha tersebut. Tentuk kondisi yang diceritakan bisa tarik sebuah kesimpulan.

(3) Download Soal STAN 2018 TPA Bagian Ketiga

Untuk bisa membaca bentuk soalnya tentu harus download dulu soal STAN 2018 tpa. Nah sengaja pada poin ketiga ini dituliskan seperti ini. Barangkali ada yang bertanya mengenai kesamaan serta perbedaan dengan file soal yang telah diunduh dari linknya di atas tadi. Seandainya kalian memiliki kontak hp ane mungkin akan kamu tanyakan langsung.

Tapi sayang banget yah ente tidak memiliki kontak saya sehingga engga bisa mempertanyakannya. Tapi sudahlah engga perlu bersedih hati. Jawabannya tersebut langsung abang kasi tau di sini. Aku ingin menjawab bahwa semuanya sama saja kok. Jadi sama sekali engga ada perbedaan sedikitpun loh. Kalau sama seharusnya jangan ditulis ulang lagi. Malahan menambah waktuku untuk membacanya.

Sabar dek. Memang benar topiknya di atas ditulis ulang. Tapi sadarlah bahwa yang baca bukan hanya kamu loh. Masih banyak orang lain. Mereka perlu dikasihani serta kepedulian. Barangkalia saja mereka melewatkan begitu saja file download di atas. Jadi aku berinisiatif memuculkannya di sini.

Soal TBI STAN 2018 Naskah Asli

Adalah perkembangan usaha saya menulis karena sudah sampai pada paket 2. Paket lanjutan ini berisi soal TBI STAN 2018 sesuai dengan naskah aslinya. Jujur saya sampai saat ini belum bisa mengukur seberapa tingkat khawatirnya calon mahasiswa ygn ikut USM ketika menghadapi bentuk tes yang satu ini.

Barangkali karena gue lebih banyak mengajar matematika sehingga prediksinya lebih banyak ditujukan pada soal TPA nya saja. Meskipun demikian, sebatas sepengetahuan kakak selama ini kebanyakan remaja masa kini lebih gemar mempelajari bahasa asing bila dibandingkan dengan ilmu hitungan. Sebuah kewajaran bila banyak yg senang pada bahasa inggris.

Seperti akan terjadi hal yang sama pada tes bahas inggris  TBI STAN 2018 ini. Ketika berhadapan langsung mungkin sama sekali tidak dianggap sebagai momok yang menakutkan. Barangkali semuanya berharap kalau bisa semuanya berbentuk alat komunikasi internasional tersebut. Tapi harapan tersebut tidak masuk akal. Pemerintah sangat mengharapkan calon aparatur sipil negara yang terampil dan professional.

Tidak seperti biasanya atau seperti yg di atas. Sesi ini tak dipilah pilah lagi menjadi yang lebih kecil. Langsung dituliskan begitu saja di sini. Sekali kali format berubah. Kalau kaya gitu gini saja pasti deh pembacanya juga akan merasa bosan.

Isi naskah hampir secara keseluruhan berisi teks news item mengenai peringatan hari ulang tahun Putri Diana. Soalnya menanyakan gambaran umum dari teks tersebut. Inti serta tujuan utama dari dari sebuah bacaan seringkali ditempatkan paragraf awalnya. Ketika alinea pertamanya disebutkan Prince William and Harry celebrated the life of their mother, Princess Diana (Pangeran William dan Pangeran Harry merayakan kehidupan ibu mereka, putrid Diana). Berlandaskan kalimat itu dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhannya. Sehingga bisa deh pilihannya yang paling tepat berbunyi a tribute to the late Princess Diana.

(1) Soal TBI STAN 2018 Bagian Pertama

Setelah sambil jalan nulisnya, kok abang berubah pikiran untuk menampilkan soal TBI STAN 2018 secara bertahap tahap. Semua ini atas tuntutan runutan cara menuliskan yang paling tepat. Selain itu juga, kalau dirangkaikan secara teratur pasti lebih rapih serta enak untuk dipandang mata.

Ditanyakan mengenai orang yang menyanyikan lagu Candle in the Wind pada pemakaman Putri Diana. Pada teksnya terdapat sebuah pernyataan yang perlu disoroti secara serius. Harry said they asked Elton John to play “candle in the wind,” the song sang at Diana’s 1997 funeral in Wesminster Abbey (Harry meminta Elton John untuk memainkan Candle in the Wind, lagu yang ia [Elton John] nyanyikan pada pemakaman Putri Diana tahun 1997 di Westminster Abbye). Pada pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa yang menyanyikan lagu Candle in the Wind adalah Elton John.

Menanyakan sinonim dati kata tribute. Kata tersebut memiliki makna penghormatan atau penghargaan. Jila dilihat semua lima opsi yang tersedia, kata yang meiliki pengertian sama dgn tribute adalah commendation. Sedangkan opsi yang lain secara berturut turut bermakna, condemnation sama dengan penghukuman, indictment= dakwaan, tuduhan. Rebuke dapat diartikan sebagai comelan, kemarahan. Admonition= peringatan, teguran.

Lanjutan soal TBI STAN 2018 asli bagian pertama.Teks pada soalnya tergolong recount tentang seorang Indian yang berjuang penghapuskan buta huruf. Selain itu pula menanyakan faktor yang melatarbelakangi Sequoyah untuk mengembangkan alphabet ciptaannya. Perhatikan kalimat terakhir teksnya tertulis he had successfully developed a written language that would be enable thousands of Indians to read and write. Coba deh artikan penggalan kaliamt barusan. Dia telah berhasil melakukan pengembangan bahasa tulis dan membuat ribuan orang Indian mampu membaca dan menulis). Kalau kita lihat dari redaksinya bisa disimpulkan bahwalata belakangnya karena keinginan yang kuat untuk membantu orang India bisa mengenal huruf.

Soalnya mempertanyakan hal umum dari bacaannya. Secara keseluruhan bacaan tersebut menceritakan kehidupan seseorang yang berjuang menciptakan alphabet Indian. The creator of Indian alphabets. Soalnya menanyakan informasi rinci dari teks terkait hal yang menunjukkan kegigihan seorang yang berjasa bagi kebaikan orang lain. Ia bernama Sequoyah telah membuktikan dirinya mampu. Konsep yang ia katakana daun berbicara bukanlah pemberian dari roh agung. Hal ini terlihat pada kalimat keempat paragraf pertama terjemahannya akan berarti seperti orang Indian lainnya pada waktu itu buta huruf. Namun dia memiliki keinginan yg besar untuk meperbaiki situasi tersebut menuntutnya pada penemuan alphabet 86 karakter yang sangat unik. Jadi semuanya mendukung anggapan bukanlah roh yang menciptakan alphabet tersebut.

(2) Soal Bahasa Inggris STAN 2018 Bagian Kedua

Kalau dipikir memang yang sudah termuat pada bagian satu. TBI sama bahasa inggris STAN 2018 sebenarnya sama saja. Hanya saja ada yang singkatang, satunya dituliskan secara panjang. Namun konten yang tertulis di dalamnya pasti berbeda dong. Kalau yang ini lanjutan dari TBInya di atas.

sWacananya memperlihat teks berupa laporan. Sedangkan pertanyaan soalnya mengenai pengertian dari scavenger. Untuk bisa tahu arti sebuah kata, bisa pahami terlebih dahulu redaksi pernyataan pada bacaannya. Nah sekarang coba perhatikan kalimat kedua paragraf 2: wolves are also scavengers and often eat animals that have died due to other causes. Barisan kata barusan jika ingin diterjemahkan akan berarti serigala adalah scavengers dan sering memakan hewan yang telah mati karena sebab lain. Jadi kita bisa ketahui bahwa pengertian scavengers sebagai pemakan hewan yang telah mati (feeding on deads animals).

Nomor ini menanyakan informasi tersirat menenai topik pd teks yakni srigala. Dilihat dari kelima opsi yang tersedia, pilihannya yg paling tepat sesuai dg nisi bacaannya pasnya (A) wolves are social animals. Tentunya itu bersesuaian pada kalimat keempat paragraph 3: wolves develop strong social bonds within their packs (serigala ikatan sosial yg kuat dengan kawanannya).

Sambungan soal bahasa inggris STAN 2018 bagian kedua nomor 47. Lalu alasan tidak terpilihnya opsi B karena gak sesuai dengan kalait pertama paragraph 3. Serigala bukan hewan penyendiri, namun hidup secara berkelompok. Pilihan C juga salah, bertentangan dengan kalimat kedua paragraf 4, serigala dapat menolong pada malam hari. D kurang tepat, mengatakan bahwa serigala berperan dalam melestarikan keseimbangan ekosistem. (E) tak bersesuain dengan kalimat ketiga aragraf 3, serigala memiliki tempat dan membuat wilayahnya.

Soanya menanyakan cara serigala menjaga keseimbangan ekosistem. Disebutkan dalam paragraph pertama bahwa serigala memberikan peran besar untuk melestarikan keseimbangan ekosistemnya. Mereka membantu populasi rusa tetap terkontrol yang memberikan manfaat besar bagi tanaman dan hewa lainnya. Nah dari situ, dapat disimpulkan bahwa serigala menjaga ekosistem dengan menjadi penanda jumlah populasi mangsanya.

(3) Download Soal Bahasa Inggris TBI STAN 2018

Oke deh sekarang aku ingin memberikan tampilan asli soal bahasa inggris dengan download TBI STAN 2018. Pastinya kalian sangat membutuhkannya. Sekalipun filenya telah terunduh nyatu dengan tipe pertama, enggak salah dong kalau di sini kasi juga. Kali saja masih ada yang belum mendapatkannya. Entah malas ataupun terlewatkan begitu saja.

Sebenarnya ini lebih fokuspada naskah soalnya. Jadi yang ditulis sebenarnya konteks pertanyaannya. Kara kuncin unduh pada dasarnya hanya untuk memperkaya artikel ini. Jadi kalau tulisanya bagus tentu saja akan terasa lebih hidup. Variasi topik yang bisa ditemukan juga tentu akan banyak.

Pembahasan Soal STAN 2018 Lengkap dan Mudah

Bila sudah masuk pembahasaan soal STAN 2018 lengkap serta dijelaskan secara mudah pastinya akan membahagiakan bagi kalian. Karena hal tersebut menjadi sebab utama kalian bisa mengunjungi situ ini. Ya tentu saja abang ucapin selamat deh karena udah dapatin sumber referensi terbaik untuk segala persiapannya. Pokoknya apa yang dituliskan di sini bila dimanfaatkan secara optimal, insya Allah nanti kalian nikmati hasilnya.

Oh ya untuk memudahkan memahami pembahasan soal STAN 2018 agar lebih efisien, kalian bisa menggunakan bantuan video tutorial yang disediakan oleh tim KafePelajar.com. Pada situs tersebut telah disediakan banyak penyelesaian tes stan tahun sebelum sebelumnya. Semuanya dikemas dalam bentuk multimedia audio visual. Penjelasannya juga sangat mudah sekali dipahami. Kebetulan abangmu ini salah satu dari anggota timnya tersebut.

Itu hanya sekedar promosi saja. Tidak harus kalian berlangganan juga. Namanya bisnis enggak masalah dong abang sedikit berbagi informasi. Apalagi info itu bisa memberikan manfaat besar bagi orang lain. Tentu hidupku akan terasa bermakna seandainya saja hal terwujud dengan sebaik baiknya. Amiiin ya rabbal aalamin.

Kembali lagi pembahasan soal PKN STAN 2018 lengkap serta mudah dipahami ini dikategorikan dalam dua golongan yang besar, yaitu:

  • Pembahasan soal TPA STAN 2018
  • Pembahasan Soal TBI STAN 2018

Biasalah aku mah setiap menuliskan pembahasan soal apapun termasuk tes PKN STAN 2018 juga akan terbagi menjadi beberapa poin sesuai dengan jumlah paketnya. Kayanya sudah menjadi tradisi meskipun tidak ditetapkan secara tertulis. Barangkali kalian pernah mengunjungi situs lain, formatnya berbeda. Ya kalau gue mah tetap seperti gaya saya sendiri. Bodoh amat orang mau gimanapun.

Pembahasan Soal TPA STAN 2018 Mudah

Memang terlihat hampir mirip dengan kalimat yang tertulis pada judulnya. Perbedaannya hanya terletak pada kata lengkap diganti dengan mudah. Sudah jelas dong antara 2 kata tersebut memiliki perbedaan yang nyata. Yang satunya berkaitan dengan kuantitas kelengkapannya. Satunya lagi menyangkut kemudahan menjawabnya.

Permbahasan soal STAN 2018 tpa merupakan perawalan dari semua paparan trik cara menjawab semua soalnya. Sesuai dengan judulnya, nanti tetap akan diperinci sampai ke bagian akhirnya. Intinya disini elu akan dapatin deh baik tes potensi akademik maupun bahasa inggrisnya.

Saya kurang tahu apakah kamu termasuk orang yang sering mengunjungin kemari atau bukan. Kalau sudah sering kali baca artikel hasil tulisanku, seharusnya sudah mengerti gaya serta caraku menulis. Seperti bagian ini terbagi menjadi menjadi:

  • Pembahasan soal TPA STAN 2018 Bagian Pertama
  • Download Pembahasan Soal STAN 2018 TPA

Itu ada dua angka pembagian harus abang kelarkan sampai selesai. Nah chapter keduanya yaitu bahasa inggris juga nanti terbagi bagi seperti itu juga. Makanya kakak bertanya biasa berkunjung atau tidak. Kalau udah sering pasti mampu memahaminya. Jika pengunjung baru ya harap bersabar sajalah heheheee.

Pembahasan Soal TPA STAN 2018 Bagian Pertama

Soal nomor 1 untuk TPA STAN 2018 mengharuskan kalian ingat kembali rumus untuk menghitung rataan beberapa data. Rumusnya dihitung dengan mebagi jumlah keseluruhan data dengan banyaknya data yg ada. Nah sekarang misalkan saja data kelimanya sebagai p. selanjutnya masukin akan diperoleh 86= (82+ 94 + 86 + 78+ p)/5. 86x 5 = 340 +p. 430= 340+ p. Nanti didapatkan p= 430- 340= 90.

Langkah pertama harus dilakukan menuliskan serta memilahnya menjadi lebih lengkap. Jumlah keseluruhannya harus dibagi terlebih dahulu. Ada yg berkinerja baik dan tidak baik. Lalu setiap kategori tersebut terdiri dari golongan, telah mengikuti pelatihan sama yang belum. Kalau analisanya tepat nanti bisa diperoleh jumlah pegawai yang mengikuti pelatihan. Peluang terpilihnya karyawan yg telah mengikuti perlatihan didapatkan 57/900= 0,0063.

Di sini terdapat dua bangun datar yang ingin dibandingkan. Persegi dengan sisi 25 cm dan segi empat panjang bersisi 30 cm dan 20 cm. Soalnya meminta untuk membandingkan luas antara keduanya. Misalnya saja luas persegi k sama dengan 25x 25= 625. Nah sekarang luas persegi panjang l= 30x 20= enam ratus centi meter persegi. Sekarang sudah terlihat bahwa k lebih besar dari l.

Pembahasan soal TPA STAN 2018 nomor 49. Sekarang beralih pada perhitungan masalah kecepatan. Nilai kelajuan tersebut dihitung dengan membagi jarak dengan waktu tempuhnya. Jaraknya disebutkan dalam 450 kilo meter. Dikarenakan ada dua mobil misalkan saja nilai kecepatannya yang satu sebagai v. Simbol yang sudah sering dipakai dalam ilmu fisika. Jadinya kendaraan susulannya v+15. Ikutin saja prosedur perhitungannya nanti dapat juga kok.

Masalah perbandingan kepemilikan barang. Misalnya kan saja perbandingannya a/b = 5/7. Dari soalnya kan diketahui selisih jumlah permen cokelat dan susu 8. Banyaknya yang rasa cokelat bisa diperoleh dengan mudah. Caranya rasa cokelat dibagi dengan selisih angka perbandingan lalu dikali dengan selisih banyaknya. Rasa cokelatnya = 5/ (7-5) dikali delapan sama dengan 20 butir. Terlihat mudah sekali kan dek.

Tentunya masih ingat dong rumus menghitung luas lingkaran. Untuk luasnya kalikan phi sebagai konstanta tetap dengan kuadrat dari jari jarinya. Dikarenakan panjang sisi perseginya L pastinya bernilai sama dengan radius lingkarannya. Selain itu pada soalnya ada informasu r nya empat puluh persen dari R sehingga sama dengan 0,4 R. Jadi lingkaraanya akan berluas phi x (0,4R) kuadrat. Artinya 0,16 phi r berpangkat dua. Itu sama saja artinya 16%.

Download Pembahasan Soal STAN 2018 TPA

Sedikit berbeda dari yang kebiasaan. Biasanya yang ada kata unduh bukan ditujukan pada depan soal melainkan download pembahasan soal STAN 2018 untuk TPA. Ya engga terlalu menjadi masalah besar sih. Hanya sebuah upaya biar terlihat baru dari biasanya. Bosan tentu pastinya bila seperti gitu terus tampilan serta redaksi kalimat ataupun struktur postingan di hampir semua halaman blog ini.

Apalagi kalau ada orang baru saja melihatnya tentu berpikir kalau ane ini orangnya super kaku. Padahal gue orangnya asyik loh wkwkwkw. Lebai banget sih akang ini muji diri sendiri hehehe. Hanya karena ada pengunjung baru gayanya diperbarui. Oh jadi hanya pengunjungnya yang terbaru dipeduliin. Kami pembaca setia engga diperhatikan kenyamanan dalam membaca di sini. Okelah kalau begituh.

Disebutkan tiga jenis bebuahan yaitu mangga, jeruk dan anggur. Misalkan saja ketiga dinotasikan dengan a, b,  dan c. Merujuk dari berita yg diberikan oleh soalnya, akan didapatkan persamaan seperti berikut ini (dalam satuan ribuan): (i) 2a + 2b +c = 157. (ii) a + 2b+ 2c =178. (iii) 2a+ 2b+ 3c= 247. Eliminasi pers (i) dan (ii) diperoleh persamaan baru a+ c = enam sembilan. Sehingga harga dari sebuah parsel berisi 2 kg mangga dan 2 kg anggur= 2a+ 2b = 2(a+b)= 2(69) = 138. Jadi harga totalnya 138 ribu rupiah.

Download pembahasan soal STAN 2018 TPA nomor 83. Pada naskahnya disebutkan ada dua orang yang menjadi pusat perhatian. Kedua insan tersebut namanya Rudi dan papanya. Umur ayahnya dimisalkan x sedangkan usianya Rudi y. Disebabnkan usianya Rudi 6 kali umur bapaknya ketika 7 tahun silam. Bentuknya akan menjadi x – 7= 6 (y -7). Setelah disim salabin diperoleh x= 6y- tiga puluh lima. Ditambah lagi dengan informasi tahun depan (setahun yang akan datang). x+ 1= 3y + 3. Apabila saling substitusi pastinya dihasilkan usia Rudi 12 tahun. Jadi lima tahun selanjutnya jadinya 17.

Pernah tentunya kalian berpikir bahwa waktu untuk mengerjakan suatu pekerjaan akan singkat seandainya org mengerjakannya semakin banyak. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai perbandingan berbalik nilai. Artinya bisa dikalikan lurus. So 30 x 25= (20 x 25) + (8×0) + 2x. 750= 500 + 2x. Supaya mendapatkan nilai x tinggal dibagi dua hasilnya 125. Kalau begitu diperlukan tambahan pekerja sebanyak 100 org.

Coba kita tuliskan perjelas satu persatu dari setiap informasi terketahui dari soalnya. Jumlah uangnya Rina dimisalkan sebagai p sedangkan Deni diumpamakan q. Selisih uangnya Rina dan Deni sama dengan tujuh ribu lima ratus. Bisa diubah menjadi p= 7500+ q. Bila sepuluh persen duitnya Ayu dibagikan ke Deni, uang temannya tersebut bertambah menjadi 80% dari uangnya semula.  Kalau diteliti lebih detail akan diperoleh kesamaan q + 0,1p = 0,8p. Lanjutkan dengan menyubstitusikan persamaan pertama dengan kedua akan diperoleh: q + 0,1 (7500 + q) = 0,8 (7500+ q). q+ 750 + 0,1 q= 6000 + 0,8p. 0,3q = 52500. Artinya uang Deni awalnya 17 koma ribu.

Pembahasan Soal TBI STAN 2018 Lengkap

Untuk pembahasan paket kedua ditujukan TBI STAN 2018. Simpelnya membahas soal bahasa inggris yang teah diujikan pada seleksi masuk kampus tersebut. Mending langsung dijelasin begitu saja biar cepat mengertinya hehehe. Ane bukan manksud menghina loh. Masih banyak yg tidak mengetahui itu singkatan dari apa. Makanya mending diinformasikan secara langsung.

Langsung ke intinya saja deh. Pusing banget memikirkan kata pengarah lanjutannya. Inti yg ingin saya uratakan mengenai pembagian cara menulis pembahasannya yang terdiri dari:

  • Pembahasan soal TBI STAN 2018 Bagian pertama
  • Pembasahan Bahasa Inggris STAN 2018 Mudah
  • Download Pembahasan Soal STAN 2017 TBI Bahasa Inggris

Semoga saja tiga nomor poin di atas bisa memenuhi kebutuhan akan pembahasan soal TBI STAN yang selalu dicari oleh semua calon mahasiswanya. Rugi banget loh jikalau engkau enggak menggunakannya dengan sebaik baik mungkin. Banyak orang lain menggunakan ini untuk keperluan positif. So jangan pernah menyepelekan ataupun mengabaik padahal sangat bisa difungsikan sebagaimana mestinya.

(1) pembahasan Soal TBI STAN 2018 Bagian Pertama

Selamat menyimak serta memahami setiap kata dari penjelasan pembahasan soal TBI STAN 2018. Bagian pertama ini akan berisi sekitar beberapa paragraf saja. Ya sudah seharusnya dibatasi agar setiap poin yg telah disebutkan di atas. Terlalu kepanjangan ntar harus berapa ribu kata harus terbaca oleh setip orang pengunjung di sini.

Pemberian kalimat rumpang seperti yg tertera pada soalnya harus koheren agar tercipta kepaduan pada susunan kata pada kalimatnya. Langkah paling tepat memperhatikan gabungan katanya baik sebelum maupun setelah rumpangnya. Sebelum rumpang terlihat kalimat suddenly the fish all darted from view. I tried to follow, but they were too fast.

Kalimat barusan memiliki arti mendadak saja ikan ikannya menghilang dari pandangan. Kalau dicoba untuk diikuti, mereka terlalu cepat berlalu begitu saja. Dari situ dapat tersimpulkan bahwa kata paling tepat untuk mengisinya adalah vanished bermakna menghilang. Kata pada opsi lain masing masiing memiliki pengertian: soaked= basah kuyup, emerged= muncul, drowned= tenggelam, appeared= tampak, muncul.

Masih seputar masalah rumpang. Di teksnya tertulis after a while, maybe  I would grow flippers and a …. (tidak berapa lama, barangkali badanku ini akan tumbuh sirip dan …). Kedua rumpangnya tersebut seandainya merujuka pada keutuhan serta efektifitas kalimatnya paling tepat diisi dengan kata flipper. Artinya sirip ikan. Jadi harus dicarikan kata yang paling tepat untuk mengisinya yg tentunya harus memili keterkaitan dengan ikan atau siripnya. Dari kelimat opsinya yang tersedia, tentu saja kata yang paling tepat fin memiliki makna sirip punggung ikan. Nah pilihan lainnya seperti fur= bulu, tail= ekor, claw= cakar, dan horn= tanduk.

Lanjutan pembahasan soal TBI STAN 2018 bagian pertama nomor 39. Narasi pada soal termasuk teks yang bersifat narrative. Jadi harus dilengkapi dengan berbagai kata yang paling sesuai. Seperti biasa diketahui, snorkel merupakan alat untuk bernapas dalam air. Oleh sebab itu kata paling tepat untuk melengkapi rumpangnya tersebut adalah opsi (D) breathing bermakna bernapas. Kata lain pasa setiap opsi memiliki pengertian: bitting= menggigit, holding= berpegangan, drinking= minum, dan absorbing diartikan menyerap.

Nomor satu ini mempertanyakan informasi tersurat dari teks tersebut. Perhatikan kalimat ketiga paragraf 2: An  adult owl may eat around three to five lemmings each day (1,600 per year). Seandainya ingin diartikan maknanya seekor burung hantu salju dewasa dapat memakan tiga sampai lima lemming setiap hari (seribu enam ratus setiap tahunnya). Kalimat itu bertepatan dgn opsi (C) a snowly owl can eat up to five lemmings a day.

Pertanyaan yang satu ini berkaitan erat dengan rincian informasi tentang waktu burung hantu salju memakan mangsanya. Cobalah simak kalimat pertama paragraf 3 di atas tertulis “unlike most other owl species, snowy owls hunt mainly in the daytime (tidak seperti spesies burung hantu lainnya, burung hantu salju berburu utamanya pada siang hari). Dari kalimat tersebut tersimpulkan bahwa burung hantu salju memakan mangsanya pada siang hari (at noon).

Teks pada soal merupakan teks laporan. Isi pelaporannya berkaitan dengan seputar burung hantu salju (snowy owl). Soalnya menanyakan gambaran umum dari isi bacaannya. Naskahnya report itu tergolong teks yang memaparkan gambaran umum sesuatu. Bila ditafsirkan ke hal lain menjelaskan fakta umum dari hewan itu sendiri.

(2) Pembahasan Bahasa Inggris STAN 2018 Mudah

Versi lain untuk paket kedua tes STAN 2018 adalah pembahasan bahasa inggris. Sekalipun penggunaan istilah pertama dan kedua memiliki makna yang sama, namun perlu sekali untuk menjelaskannya lebih rinci lagi secara terpisah. Kalau dihitung hitung sih lumayan lah buat nambah wawasan kalian loh dek.

Kata vast pada soal memiliki pengertian sangat besar. Dikarenakan yang ditanyakan sinonimnya, harus dipilih salah satu yg memiliki arti yang mirip. Dari semua opsi yang tersedia, kata paling dekat maknanya adalah huge. Kata lain pada setiap opsinya pastinha mempunyai terjemahan berbeda beda. Unique= unik, spesial. Quick sama dengan cepat. Rare berarti jarang, langka. New udah tau semuanya artinya baru.

Soalnya yg bagian ini mempertanyakan sisi lemah penggunaan energi terbarukan. Simaklah kalimat 1 alinea ketiganya. On the other hand, one shortcoming is that renewable energi relies heavily upon the weather for source of supply: rain, wind, and sunshine. Diartikan bakalan berbunyi pada sisi lainnya terdapat suatu kekurangan. Kelemahannya tersebut bergantung pada cuaca sebagai sumber datangnya hujan, cahaya matahari dan angin. So bisa kita simpulin bahwa masalah berkurangnya dipengaruhi oleh cuaca.

Download Pembahasan Soal STAN 2018 TBI Bahasa Inggris

Penutupan paket kedua ini diakhiri dengan download pembahasan soal STAN 2018 TBI bahasa inggris. Ya sudah pastinya dibutuhkan oleh kamu semuanya untuk mengunduh semua penjelasan cara menjawabnya. Sekalipun kebanyakan calon peserta tesnya beranggapan mudah.

Usahakan berusaha semaksimal mungkin. Jangan pernah meninggalkan sedikitpun semua saran yang saya kasi. Komitmen lu semua insya Allah akan terbayar dengan kepuasan setelah berhasil nanti. Sebaliknya akan berdatangan berbagai perasan menyesal bilamana adek menyia nyiakan kesempatan yang terbuka lebar depan mata.

Kunci Jawaban Soal STAN 2018 Lengkap

Beralih juga pada tahap paling dari semua konten artikel ini. Bagian tersebut tentu sudah kamu ketahui semua. Iya benar di sini akan terisi dengan ulasan kunci jawaban soal STAN 2018 lengkap. Bisa saja sebagian besar pembaca setiaku bertanya, mengenai manfaat dari kuncinya yang dikasi di bawah ini.

Misalnya saja elu ingin belajar mandiri soal PKN STAN 2018. Nah usahakan berusaha keras mengerjakan sambil berpikir cara kreatif terbaik. Kreasi serta efektifitas dalam menjawab soalnya sangat membantu dlm hal efisiensi waktu. Ingat loh durasi waktunya yang tersedia sangatlah terbatas.

Untuk mengisi sesi terkahir ini, abang ingin bahas sedikit beberapa tipe soal sekiranya lupa atau terlewatkan. Sebenarnya masih ada loh jenis pertanyaan yang belum dimasukkan. Seingat kakak masih ada penalaran hubungan gambar, rotasi bentuk gambarnya, serta hubungan berurutan dari sebuah kasus. Kage yah mendengarnya. Mungkin tak sedikit yg mengira bahwa isi konten ini enggak lengkap. Tidak usah bersedih hati, pada footer ataupun header file unduhan kalian dapatkan sudah dikasi tips untuk mendapatkannya secara lengkap loh.

Demikian paparan mengenai soal STAN 2018 dan pembahasan lengkap dapat dituliskan secara penuh di sini. Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada anda, harapannya terus mengunjungi ke sini. Akan lebih baik lagi bila menceritakan keberadaan blogku ini sama orang lain.

Penulis: Herniawan.com

Pembahasan soal STAN berisi video pembahasan lengkap yang mudah dipelajari dan membantu calon peserta tes STAN agar mudah mengerjakan soal saat Tes USM STAN. Untuk mendapatkan pembahasan lengkap kunjungi www.KafePelajar.com