Download Soal UN Kimia 2016 SMA Naskah Asli

iklan kape

Download soal kimia UN 2016 SMA dapat diperoleh dengan membaca semua artikel ini sampai selesai. Karena pada bagian akhir diberikan link soalnya yang ditandai dengan berwarna hijau. Namun agar lebih afdol ane ingin berbicara sedikit mengenai hal tersebut yang meliputi materi serta link unduh soalnya.

Sangat disarankan untuk membaca semua tulisan ini meskipun sebenarnya kalian bisa langsung scrool ke bawah untuk mendapatkan soalnya. Pastinya informasi disini sengaja diberikan untuk membantu bagi adik adek sekalian dalam mendapat bahan penunjang dalam belajar.

Seperti biasanya sebelum ane membagikan naskah soal asli UN semua periode termasuk tahun 2016, biasanya kakak suka mendiskusikan secara lengkap hal haal lain yg berkaitan dgn topik utama pada judul tertulis di atas. Insya Allah akan memberikan manfaat yang besar bisa dibaca dengan sungguh suunguh.

Tentu semuanya sudah mengetahui kan bahwa kimia merupakan salah satu bidang studi masuk dalam kategori mata pelajaran yang di UN kan. Kayanya aku tidak perlu menjelaskan secara detail apa itu kimia? Atau bila ada yang merasa perlu, engga apa apaa deh aye jelasin sekilas aja yah. Tapi bagi yg sudah mengetahuinya bisa langsung melewatinya.

Kimia merupakan bidang ilmu fokusnya lebih kepada komposisi, struktur penyusun dan sifat suatu zata atau materi. Ukuran tinjauannya cukup beragam mulai dari atom hingga berukuran molekul. Kajiannya bisa meliputi perubahan atau transformasi dari suatu bentuk ke bentuuk lainnya. Selain itu menelaah secara detail mengenai interaksi antara atom atau molekul yang biasanya terjadi dalam kehidupan sehari hari.

Konsentrasi lain ilmu kimia jg meliputi pemahaman sifat dan iteraksi atom induvidu dikaji secara dalam bertujuan untuk dapat dipelajari pada tingkat makroskopik. Barang kali bagi adik sekalian definisi dan penjelasan di atas agak membingungkan. Gini aja deh biar lebih mengerti dan tau maksudnya, kimia itu belajar tentang bahan dan zat serta struktur komposisi di dalamnya serta berbagai aktivitas, reaksi terjadi akibat strukturnya tersebut.

download soal kimia un 2016Nah udah pada tau kan seluk beluk ilmu yang satu ini meskipun hanya sedikit aja. Kenapa kakak perlu menjelaskannya? Tentu kalian sering mendengar dong ungkapan “tak kenal maka tak sayang” so otomatis kamu enggak akan cinta ataupun suka pelajaran tersebut. Maksud abang gini loh, kalau kalian menyukai senuah pelajaran tentu nanti tidak akan berat saat belajar sehingga bisa dibawa enjoi. So kalian tidak akan menjadikan sebagai beban.

Oke kakak kembali fokus pada topik utama posting kali ini yaitu soal UN Kimia 2016. Agar lebih terarah sebelumnya gw ingin menseneraikan hal apa saja yg ingin ane bahas disini. Adapun dua konsen utama yang akan dibahas, yaitu:

  1. Materi kimia yang sering keluar di soal UN
  2. Download naskah asli soal UN Kimia 2016

Kedua hal di atas akan ane perinci lagi agar lebih jelas. Memang hampir semua pelajaran masuk UN ane bahas seperti hal tersebut. Sebenarnya tidak bermaksud sebagai upaya penyeragaman, namun semata mata untuk kemudahan dalam membahasnya. Kamu tau lah karakter orang kan hampir semuanya pengen yang mudah dan simple, heheheheeeh. Nah begitu juga halnya dgn abangmu neh.

Materi UN Kimia 2016 SMA

Sebenarnya yang mau kakak bahas di sini bukan hanya untuk tahun 2016 saja, namun untuk periode UN SMA kimia lainnya. Iya benar berlaku untuk tahun lain meskipun terjadi beberapa perubahan kecil. Akan tetapi silabus materi ini merujuk pada kisi kisii ujian nasional tahun dua ribu enam belas kemarin. Materi UN kimia yang keluar kemarin secara umum dikelompokkan menjadi:

  1. Kimia Dasar
  2. Kimia Analisis
  3. Kimia Fisik
  4. Kimia Organik
  5. Kimia Anorganik

Kelima poin di atas merupakan bagian besar dari ilmu kimia. Selanjutnya akan aku jelasin secara detail untuk tiap bagian bagiannya. Penjelasan detail tiap bab kimia yang masuk UN 2016 kemarin tentu sangat diperlukan sehingga kalian akan memiliki gambaran mengenai prediksi tahun depannya.

  1. Konfigurasi electron dan sistem periodik unsur

Konfigursi elektron berkaitan erat dengan susunan penyusun inti suatu atom. Dalam inti atom terdapat elektron, proton, dan neutron. Terdapat dua besaran penting berkaitan dengan intinya tersebut, yaitu nomor atom (Z) massanya (A). Nomor atom merupakan bilangan yang menunjukkan jumlah proton atau elektron untuk aton netral. Sedangkan nomor massa memberikan informasi jumlah total proton dan neutron yang terdapat dalam inti.

Melalui konfigurasi elektron dapat menggambarkan kondisi susunan elktronnya. Keadaannya dapat dinyatakan dgn empat macam bilangan kuantum, yaitu kuantuum utama, azimuth, magnetic, serta spin. Pengonfigurasian tersebut harus mematuhi empat aturan yaitu: prinsip aufbau, larangan pauli (ekslusi), hund, dan orbital.

Sistem periodik unsur merupakan cara untuk mengelompokkan unsure berdasarkan sifatnya masing-masing. Pada pengelompokkan modern, sifatnya dijelaskan berdasarkan kenaikan nomor atom. Sifat unsuur pada sistem periodic berubah secara teratur yang bergantung pada jari-jari atom, energy ionisasi, afinitas elektron, serta keelektornegatifan.

  1. Soal Kimia UN 2016: Ikatan Kimia

Beberapa atom ataupun senyawa dapat berinteraksi membentuk suatu ikatan membentuk senyawaa kimiawi yang baru. Ikatan tersebut terbentuk antaratom atau antar molekul. Pembentukan ikataan bertujuan untuk mencapai kestabilan seperti susunan elektron terluar seperti gas mulia. Terdapat 2 aturan harus dipenuhi agar atom dapat menjadi stabil yaitu aturan octet dan duplet. Oktet berarti kulit terluarnya harus berjumlah delapan sedangkan duplet hanya dua saja.

Ikatan kimia terdapat beberapa jenis, namun yang dibahas dan masuk UN biasanya hanya dua yaitu ion dan kovalen. Iktan ion terbentuk akibat adanya gaya tarik menarik elektrostatis antara ion positif dan negative. Terbentuk oleh unsur logam dan nonlogam. Senyawa yang terbrntuk memiliki ciri khas seperti titik didih dan lelehnya tinggi, berwujud padat ketika berada di suhu kamar, serta dapat bersifat sebagai konduktor.

Ikatan kovalen terbentuk akibat adanya interaksi dua antom atau lebih dgn menggunakan pasangan elektron secara bersamaan. Dapat dipastikan terbentuk unsure nonlogam dan non logam. Terdapat empat jenis yaitu: kovalen tunggal, rangkap dua, rngkap tiga sertva kooerdinasi. Senyawa kovaleen yang terbentuk memiliki ciri-ciri seperti bersifat isolator, memiliki tiga wujud yakni padat, cair, dan gas. Selain itu juga umumnya memiliki titik didih dan leleh yang rendah.

  1. Soal UN Kimia Stoikiometri (Hukum dasar)

Tujuan dari kisi yang kedua ini adalah agar siswa mampu menyelesaikan perhitungan dasar kimia dalam memecahkan masalah pada perhitungan kasus yang berkaitan dgn dunia kimiawi. Terdapat empat hukum dasar yang wajib dikuasai, yaitu: kekekalan massa, perbandingan tetap, perbandingan volume, dan hukum Avogadro.

Pada hukum kekekalan massa menyebutkan bahwa massa total zat setelah terjadi reaksi kimiawi dgn sebelumnya tidak mengalami perubahan. Artinya tida ada penyusutan (pengurangan) serta gak ada juga penambahan bobot. Hkm perbandingan tetap dikemukakan oleh Joseph Proust menyatakan bahwa perbandingan massa setiap unsur penyusun suatu senyawa senantiasa menunjukkan bilangan bulat serta selalu tetap.

Hukum perbandingan volume berbunyi juka diukur pada tekanan dan temperatur yang sama, volume gas yang bereaksi merupakan prbandingan blangan bulat dan sederhana. Teori yg terakhir adalah hkum Avogadro dinyatakan bahwa pada temperature dan tekanan yang sama, volume suatu gas sebanding dgn jumlah molnya. Sebenarnya bisa juga dinyatakan sebanding terhadap koefisien pada hasil penyetaraan persamaan reaksi.

  1. Persamaan Reaksi Kimia Anorganik

Hampir kebanyakan perhitungan kimia tentu didahului oleh penyetaraan reaksi kimia. Pada persamaan reaksi terdapat pereaksi (reaktan) dan produk. Reaktan adalah zat-zat yang direaksikan, biasanya ditulis pada bagian sebelah kiri tanda panah. Sedangkan produk merupakan at hasil reaksi ditulis sebelah kanan paanah.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyetarakan persamaan reaksi adalah sebagai berikut:

  1. Tuliskan terlebih dahulu reaktan dan produk
  2. Samakan jumlah semua atom di sebelah kiri dan kanan dgn cara memberika koefisien pada masing-masing senyawa yg direaksikan.
  3. Janga lupa juga tuliskan wujud masing-masing zat pada reaktan dan produknya.
  4. Larutan elektrolit dan nonelektrolit

Apakah itu larutan elektrolit? Merupakan larutan yang memiliki kemampuan menghantarkan arus listrik. Terdapat dua jenis yaitu elektroliit kuat dan lemah. Bagaimana dengan lrutan yang satunya. Sifatnya tidak mampu menghantarkan arus listrik. Beberapa ciri yang dimilikinya antara lain: tidak dapat terionisasi dalam air, sama sekali tidak ada daya hantar listrik, serta tetapan ionisasinya bernilai nol.

  1. Download sol kimia UN 2016: pH larutan asam basa

Definisi asam basa terdapat tiga jenis yaitu berdasarkan ada tidaknya ion H+ dan OH-, pelepasan serta penerimaan elektron, proses serah terima oksigen. Selain itu pula ada pendefinisian lain yang dikemukakan oleh Bronsted Lawry yang menyatakan bahwa bila suatu zat memberikan proton disebut asam sedangkan penerimanya disebut basa.

Nilai pH atau derajat keasaman suatu larutan dihitung berdasarkan konsentrasi H+ dan OH- nya. Nilai pH dapat dihitung dengan negative dari logaritma ion H+ sedangkan basa ion OH-. Nilai pH berkisar dari no hingga empat belas. Berdasarkan tingkat besar kecilnya nilai tersebut, dapat dikatakan bila nilai pH nya di bawah 7 bersifat asam, namun jika lebih maka termasuk basa.

7. Larutan Penyangga

Larutan penyangga atau kata lainnya buffer merupakan yg memiliki daya untuk mempertahankan nilai pH meskipun ditambah sedikit asam, basa ataupun air. Terdapat dua jenis buffer yaitu:
1. Terbentuk dari asam lemah dengan garam dari basa kuat
2. Campuran basa lemah dgn garamnya yg berasal dari asam kuat
Tentu yg ada di alam ini memiliki fungsi dan manfaat. Begitu pula halnya dgn larutan penyangga. Bila gak ada manfaatnya tentu tidak perlu dipelajari krn hanya perbuatan yang sia -siaa bila berurusan dengan masalah gak memiliki manfaat. Fungsi larutan penyangga adalah sebagai berikut:
1. Berfungsi menjaga pH darah agar dapat bereaksi dgn enzim
2. Menjaga kestabilan pH makanan kaleng agar tidak musah rusak oleh bakteri

8. Download soal UN SMA 2016 Kimia: Hidrolisis Garam

Pasti kalian ada yang bertanya apa sih itu hidrolisis? Merupakan reaksi pencampuran menggunakan sehingga suatu senyawa mengalami penguraian. Reaksi hidrolisis terjadi antara ion garam (dalam air) dengan air sehingga terbentuk ion positif dan negatif. Selanjutnya kedua ion tersebut membentuk asam dan basa. Beberapa jenis rx tersebut:
1. Hidrolisis antara asam kuat dan basa kuat. Sifatnya tidak dapat terhidrolisis sehingga pH nya netral bernilai tujuh
2. Garam dari asam kuat dan basa lemah
3. Pembentukan garaam dari asam kuat dan basaa lemah
4. Terbentuknya garaam dari asam lemah dan basa lemah
Ada hal lain yg tidak kalah penting untuk diperhatikan dari proses hidrolisis adalah tetapan hasil kali kelarutan atau sering kita sebut Ksp. Ksp merupakan hasil perkalian ion-ion dalam larutan jenuh garam yg sulit larut dalam air. Dapat jg dianggap sebagai konsentrasi maksimum zat terlarut. Nilainya menunjukkan tingkat kemudahan larut.
Sifat kelarutan suatu elektrolit dpt dipengaruhi oleh pH larutan. Keberadaan ion H+ mengikat anion sehingga jumlahnya berkurang. Kejadian berkurangjya anion mengakibatkan lebih banyak garam yg larut. hal tersebut sesuai asa Le Chatelier.

9. Sifat Koligatif Larutan

Nanti setelah kalian download soal UN Kimia 2016 akan menemukan menemukan bagian ini. Sifat koligatif merupakan siifat zat kimia dipengaruhi oleh jumlah partike zat tersebut. Banyaknya partikel zat terlarut dinyatakan sebagai konsentrasi larutaan seperto molalitas, molaritas, dan fraksi mol. Secara lengkap definisi ketiga besaran knsentrasi tersebut dijelaskan seperti berikut ini.

Molalitas adalah besaran konsentrasii larutan yg menyatakan banyaknya mol zat trlarut dalam seribu gram (satu kilogram) pelarut. Molaritas bermakna banyaknya mool zaat terlaarut dalam 1 liter laarutann. Fraksi moll adalah suatu besaran konsentrasi larutan yg menyatakan perbandingan jumlah mol zat terlarut terhadap jumlah mol laruutan.

Perhitungan sifat koligatif dapat dilakukan terhadap larutan nonelektrolit maupun elektrolit. Untuk nonelektrolit perhitungannya meliputi penurunan tekanan uap jenuh, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, serta tekanan osmotik larutan. Sedangkan khusus elektrolit meliputi pnurunan tekanan uap jenuh, knaikan titik didih, penurnan titik bekuu serta tekanan osmosis.

10. Sifat Koloid Soal UN Kimia 2016

Jari kakak terasa udah pegal deh setelah banyak banget kata yg diketik dalam artikel download soal kimia UN SMA 2016 berasal dari naskah aslinya. Tapi gak tidak masalah demi pembaca setia blogku serta untuk kemajuan pendidikan Indonesia di kalangan muda, hehehehe. Sok pahlawan banget yah? Iya pahlawan tak dikenal karena tidak seorang pun mengenal ane. Sekarang gw akan membeberkan salah satu bab yg tidak kalah penting yaitu sifat koloid.

Sifat pertama adalah efek Tyndall merupakan kejadian penghamburan cahaya oleh partikel koloid. Ada jug yang namanya gerak Brown berupa geraak acak partikel koloid dalam medium pendispersi. Selain kedua sifaat utama tersebut terdapat jg karakteristik lain berkaitan dgn muatan listrik pada partikel koloid yaitu: elektroforesis, adsorpsi, koagulasi, koloid pelindung, dialisis.

Elektroforesis adalah peristiwa gerakan partikel koloid terjadi dalam daerah masih dipengaruhi oleh medan listrik. Adsorpsi kejadian terserapnya suatu zat pada bagian zaat lain. Koagulasi merupakan penggumpalan partikel koloid sehingga fase terdispersinya terpisah dari medium pendispersinya. Kooloid pelindung untuk melidungi serta penghambat terjadinya koagulasi. Dialisis dilakukan sebagai cara untuk mengurangi ion pengganggu dalam koloid menggunakan selaput semipermeabel.

11. Download Soal UN Kimia 2016: Benzema dan Turunannya

Soal UN kimia 2016 mengenai benzema sering kali keluar. Jadi sama sekali tidak salah kalian download di sini. Benzema adalah suatu senyawa aromatik dgn rumus molekul C6H6. Biasanya juga disebut sebagai senyawa siklik. Memiliki sifat dan ciri khas seperti nonpolar, tidak larut dalam air, tapi larut dalam pelarut organik.

Terdapat beberapa turunan benzema seperti toluene (metil benzema), seenyawa nitro, amina aromatic, asam benzema sulfonat, as benzoate, fenol, asm salisilat, parasetamol, serta benzal dehida. Masing massing turunan tersebut memiliki manfaat tersendiri. Toluena digunakan sebagai bahan dasar pembuatan asam benzoate dalam industri, bhn peledak trinitro toluene (TNT), dan sebagai pelarut senyawa karbon. Senyawa nitro dipergunakan untuk bahan basar aniline dan parfum pada sabun.

Anilin dimanfaatkan untuk bahan dasar pembuatan zat warna diazo, obat obatan, bahan bakar roket. Asam benzema sulfonat sebagai bahan pemanis pengganti gula. As benzoate difungsikan untuk pengawet makanan dan pembasmi kuman. Fenol digunakan sebagai desinfektan dalam karbol. Asm salisilat sbg anti jamur pada salep penyakit kulit. Parasetamol befungsi untuk obat penurun panas. Terakhir benzal dehida dimanfaatkan untk penambah aroma ceri dan almon pada mkanan.

Mungkin hanya sampai disitu sebagai gambaran beberapa materi kimia. Tapi perlu diingat yg ane tulis di atas hanya sebagian saja dari materi UN kimia yang keluar 2016. Sebenarnya masih banyak bagian penting, namun karena keberbatasan waktu sehingga enggak sanggup ane tulis semua. Untuk lebih jelasnya bisa lihat langsung pada soal versi aslinya.

Link Download Soal UN Kimia SMA 2016 Versi Aslinya

Baiklah mungkin kamu udah capek ya membaca semua tulisan dari atas sampai bawah. Sepertinya udah bosan juga yah? Masa hanya nyari satu soalnya bacanya lama bangeet. Tapi tdk masalah kok, semua ibadah serta usaha telah dilakukan insya Allag akan terbalas dgn hal positif kok. Membaca semua tulisan di atas tidak akan membuat kalian rugi besar, malahan dapat pengetahun besar.

Okey deh, kayanya ane langsung aja kasi link download soal UN SMA 2016 kimia. Seperti telah abang janjikan pada bagian awal pembuka artikel ini,disebutkan bahwa akan diberikan tautan untuk mengunduh soalnya. Di situ jg disebutkan ditandai dgn teks berwarna hijau. Tentu ana akan tepati janji tersebut, so untuk mengunduhnya silakan klik kalimat yg diwarna hijau berikut.

Klik Download Soal UN Kimia SMA 2016 versi aslinya