Download Soal UN Matematika IPA 2016 SMA Naskah Asli

iklan kape

Untuk dapat download soal UN Matematika SMA 2016 sebaiknya baca semua tulisan ini sampai ujung karena ada link untuk mengunduhnya berwarna merah. Karena setiap kalimat dan kata yang tertulis mungkin sangat berarti dan memiliki makna. Hehehehe. Becanda loh gan. Tapi bagus juga kok kalo ente terus menyimaknya hingga penghujung artikel yang ane tulis ini.

Namun bila kamu tipenya orang yang tidak sabar. Bisa langsung pada bagian bawah sudah disediakan tautan download soal matematika UN SMA 2016 sesuai dengan teks aslinya. Akan tetapi seperti biasanya saya akan sedikit bercerita serta ngomongin hal- haal penting seputar topik tersebut. Beberapa hal penting perlu dikupas antara lain:

  1. Materi dan konsep matematika yang keluar di UN IPA 2016 kemarin
  2. Link Download Soal UN Matematika UN 2016

Nah kedua hal tersebut akan terus saya bahas dan jelaskan dengan detail. Hal terpenting adalah poin pertama. Untuk nomor dua tinggal diklik saja sudah selesai dan dapatin deh soalnya. Engga terlalu sulit dan merepotkan kan? Okey agar tidak terlalu banyak menyita waktu dan tulisannya enggak kemana mana, langsung aja deh gw perinci keduanya.

Materi Matematika IPA UN SMA 2016

Baiklah, sekarang saatnya untuk menyebutkan serta mensineraikan secara detail mengenai materi serta topik yang keluar pada soal matematika UN 2016. Penjelasaan tersebut tentu sangat berguna untuk mengenai materi mana saja sebaiknya diperioritaskan untuk dipelajari lebih giat. Meskipun semua pokok bahasan masuk, namun ada beberapa bab yang tidak keluar.

Sekalipun keluar semua, jumlah serta frekuensi kemunculannya akan berbeda beda. Oleh karena itu, perlu usaha pembedahan mengenai konsep apa saja yang sering keluar. Kita kedepannya memiliki gambaran mengenai fokus materi guna mempersiapkan menghadapinya.

Setelah ane rangkum semua butir soalnya, terdapat tiga belas kelompok yang masu. Secara garis besar materi yang keluar meliputi:

1.Eksponen, Bentuk Akar, dan Logaritma

soal un matematika 2016Ketiga konsep tersebut biasanya dijadikan dalam satu kategori. Seperti waktu kurikulum KTSP masih bergulir,  digabungkan dalam satu bab. Lalu hal apa saja sih yang perlu diketahui untuk kelompok materi tersebut? Kalian harus menguasai sifat- sifaat eksponen dan logaritam. Khusus bentuk akar, lu harus tau cara menyelesaikan (merasionalkannya) secara tepat. Langkah yang pasti dilalui adalah dengan mengalikan dengan sekawan dari penyebutnya.

Sebenarnya khusus untk logaritma juga mencakup perhitungan bentuk logaritma untuk menentukan nilai akhir dari pertanyaan. Selain itu juga berbentuk dala pertidaksamaan logaritma. Sekali kali melupakan syarat numerous dan tidak pembuat nolnya.

2.Persamaan dan Fungsi Kuadrat Matematika UN 2016

Topik kedua berdasarkan urutan nonornya di soal adalah persamaan dan fungsi kuadrat. Barang kali diantara adik sekalian ada yang bertanya apa sih maksud dari bab tersebut? Mau tau letak perbedaannya? Fungsi kuadrat secara himpunan memiliki pasangan anggota. Atau secara grafik dan koordinat cartesius terdiri dari X dan Y.Bila salah salah satu disubtitusi ke fungsinya maka akan diperoleh yang satunya.

Nah bagaimana dengan persamaan kuadrat? Hanya terdiri dari satu variabel. Bisa dijadikan nol untuk salah satu ruasnya. Targetnya adalah untuk mencari akar akarnya. Bila salah satu dan atau keduanya dimasukkan dalam prsamaan awalnya, maka akan diperoleh nilai sama dengan nol.

3. Persamaan dan Program Linear UN Matematika UN 2016

Sebenarnya antara persamaan linear dan program liner merupakan dua konsep yang berbeda. Namun meskipun keduanya tidak sama, akan tetapi saling berhubungan. Persamaan linear ada beberapa jenis berdasarkanya banyak variabel, bisa dua, tiga, bahkan empat variebal. Biasanya yang menjadi tujuan akhir perhitungannya adalah untuk mencari himpunan penyelesaian dari varibel pembentuknya.

Nah untuk program linear pada dasarnya merupakan aplikasi dari konsep dasarnya itu? Program linear lebih ditujukan untuk perhitungan optimasi yang terdiri dari maksimum dan minimum. Namun pada proses kalkulasinya menerapkan prinsip dasar penyelesaian prsamaan linear seperti baik eliminasi, subtitusi maupun campuran diantara keduanya.

4. Fungsi Komposisi dan Invers

Kalau menurut ane yah, bab fungsi komposisi dan invers berada pada leve yang bisa dibilang sangat mudah. Pengalaman aku mengajar sih memang mudah dipahami oleh setiap siswa. Akan tetapi sangat diperlukan penguasaan aljabar yang tinggi. Biasanya lebih pada perkalian, penjumlahan, subtitusi, penarikan akan serta lagikonya harus main saat mencari invers.

5. Teorema Sisa Polinom UN Matematika

Polinom juga disebut dengan pangkat banyak untuk satu variabel. Pangkat dua yang sering dikenal dengan kuadrat dan pangkaat tigaa disebut kubik sebenarnya termasuk polinom jugaa. Bagian yang paling sering muncul adalah teorema nilai sisa. Selain itu kadang ditanyakan mengenai akar aakar persamaannya. Akar-akar tersebut tentu diperoleh dari faktor faktornya.

6. Matriks dan Vektor

Semuanya tentu sudah tau deh apa itu matriks. Jangan sampe ada yang jawab judul film terminonator. Kalo masih ada yang berpikir seperti itu, sebaiknya elu ke laut aja deh wkwkwkwkkk. Orang lagi ngomongin pelajaran MTK kok larinya ke dunia perfileman ya?

Matrisk dalam dunia matematika didefinsikan sebagai group bilangan yang ditulis dalam bentuk baris dan kolom. Antara 2 atau lebih matriks dapat dioperasikan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian serta invers matrisk. Matriks pada aplikasinya banyak memberikan manfaat besar. Seperti computer ataupun smarphone yang sedang kalian gunakan untuk membaca artikel merupakan hasil aplikasinya. Bidang lain juga sangat dperlukan seperti optimasi sistem industri.

Lalu apa sih itu vector dalam matematika? Jangan sampai elo jawab merk gillete yah, ckckckckck. Vektor merupakan besaran yang menyatakan nilai serta arah sebuah besaran. Jangan lagi nanya apa sih besaran, karena telah diperoleh pada bidang studi yang lain yaitu fisika. Vektor umumnya dinyakan dalam matriks kolom, nah jadi temannya yang disebutkan sebelumnya sangat bermanfaat loh.

Untuk masalah konsep vektor yang mana sering masuk dalam ujian nasional? Berdasarkan pengalaman yang sy dapatkan, hampir setiap tahun menanyakan perkalian vektor baik menggunakan nilai cosines sudut yang diapit maupun perkalian masing masiing elemennya. Jangan lupa juga untuk 2 veektor yang saling tegak lurus, hasil perkaliannya sama dengan nol. Selain itu sering juga masuk proyeksi veektornya baik secara orthogonal maupun veektorr hasil proyeksinya.

7. Barisan dan Deret

Waktu SMP tentu sudah mengetahui bedanya antara barisan dan deret. Kalau barisan hanya berupa rentetan angka yang disusun berdasarkan pola keteraturannya. Sedangkan deret lebih jada penjulahan akumulasi dari setiap bilangannya.

Materi deret yang sering masuk adalah menghitung suku ke- n (Un) dari deretnya baik geometri maupun aritmatika. Pertanyaan lain juga berupa jumlah total semuanya (Sn). Dapat dipastikan akan keluar soal dalam bentuk soal cerita seperti pemtongan tali atau asalah penambahan uang gaji atau simpanan di bank.

8. Soal Trigonometri UN Matematika SMA 2016

Barangkali banyak pelajar SMA yang merasa bab trigonometri merupakan pokok bahasan yang mengesalkan. Mungkin karena dianggap susah. Padahal sebenarnya enggak susah juga. Suka atau tidak sukaa harus dipelajari dengan serius karena dimasukkan dalam soal UN.

Hanya sekedar informasi yah, trigonometri itu sebenarnya sangat lah mudah. Mungkin hanya cara belajarnya saja yang belum kalian dapatkan. Bila mengetahui caranya, tentu nanti akan merasa sungguh menyenangkan. Coba deh ketemu sama kakak, bisa ditunjukin bagaiman tips menguasai bab trigonometri. Heheeeheheh.

Dalam trigononoteri banyak sekali rumus yang harus dikuasai seperti penjumlahan dan pengurangan sudut, perkalian nilai tirgonometrinya. Selain itu ada perhitungan jumlah dan kurang nila triigonometrinya. Kabar baiknya, bila mampu menguasai dengan baik, nanti akan memudahkan saat mengerjakan soal integral dan limit yang dalam soalnya ada trigonometrinya.

Oh ya dalam bab tersebut ada tiga bagian yang ane rasa sangat penting yaitu aturan sinus, cosines dan perhitungan luas segitiga. Ketiganya sering banget dipake saat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan dimensi tiga. Nah udah ketauan kan kalau ingin lancar serta cepat memahami dimensi tiga kudu harus jago ketiga teori yang aku sebutkan terakhir barusan.

9. Soal Dimensi Tiga UN Matematika

Hehehe kayanya bab satu ini panjang umur deh, soalnya baru aja disinggung langsung muncul namanya. Iya seperti udah aye katakana sebelumnya bahwa dimensi tiga dapat dipahami dengan baik bila telah menguasai konsep trigonometri yang dsebutkan terakhir yaitu aturan sin, kos serta perhitungan luas segitiga menggunakan aturan trigono.

Apa sih yang akan topik penting dari dimensi tiga yang sering keluar di soal UN Matematika IPA? Biasanya sih yang sering kali ditanya adalah jarang titik ke sisi, serta masalah sudut baik yang dibentuk oleh dua ruas garis, gariss dgn bidang ataupun biidang terhadapa bidaang.

10. Lingkaran UN SMA

Nah sekarang bab yang baru lagi yaitu lingkaran. Ada baiknya aku langsung aja kasi tau sub bab lingkarang yang sering masuk adalah persamaan garis singgung lingkaran. Namun perhatikan persamaan dasar lingkarangnnya sebelum menghitunganya.

11. Soal Kalkulus

Kalkulus sebenarnya terdiri dari tiga bab utama yaitu turunan, limit dan integral. Ketiga sengaja gw masukin dalam kelompok umumnya yaitu kalkuulus. Agar kebih lebih jelasnya ada baikknya aku jelaskan secara rinci per bagiannya. Bila dibahasa sekaligus khawatirnya nanti klian semua sebagai pembaca akan kebingungan.

Sy mulai dulu dari turunan. Kadang disebut juga dengan diferensial atau laju perubahan. Secara umum terbagi menjadi dua yaitu diferensial aljabar dan satunya adalah laju perubahan trigonometri. Tipe soal yang sering keluar adalah soal cerita untuk mencari nilai maksimum minimum atau persamaan garis singgung sebuha kurva.

Limit hampir mirip dengan turunan, makanya kadang kala soal limit dpt diselesaikan dengan turunan khusus yang hasil subtitusinya 0/0, selain dari itu gak bisa. Sama halnya dengan turunan, ada limit aljabar dan trigono. Untuk tipe aljabar dapat diselesaikan dengan cara yaitu pemfaktoran, perkalian sekawan bentuk akar serta menggunana L’Hospita (aplikasi diferensial). Untuk bentuk trignometri dipastikan akan lancar bila sudah jago serta kuasai semua rumus-rumus trigonoo.

Sama sekali tidak berbeda dengan kedua topik kalkulus sebelumnya yang terdiri dari aljabar dan triigono. Yang sering keluar adalah integral subtitusi atau parsial, perhitungan luas daerah dibawah kurve serta volume benda putar. Oh ya satu lagi yang perlu adek ketahui, tingkat kekeliruan seseorang dalam mengerjakan soal integral sangat tinggi, jadi diharapkan wajib ekstra hati hatii ketika menjawabnya.

12. Peluang

Peluang sebenarnya bisa diangap sebagai salah satu soal UN Matematika yang mudah. Hanya saja kalian harus mengerti dua konsep penting yaitu permutasi dan kombinasi serta perbedaan antara keduanya. Selain itu nanti akan dihadapkan pada peluang kejadian majemuk baik saling lepas, bebas maupun bersyarat.

13. Statistika UN 2016

Nah kalo yang ini mah enggak terlalu sulit kok. Asalkan tau rumusnya biasanya dapat dijawab dgn sangat mudah banget. Beberapa tipe yang sering keluar adalah median (nilai tengah), kuartil atas dan bawah, modus dan mean (rata-rata). Kadang juga ditanyakan standar deviasi dan varian (ragam).

[irp posts=”4″ name=”Pembahasan Soal UN Matematika SMP 2016 Lengkap”]

Link Download Soal Matematika UN (Ujian Nasional) SMA IPA 2016

Kakak udah menjelaskan mengenai materi UN Matematika IPA SMA 2016 secara lengkap panjang kali lebar sampai menghasilkan luas hehehehe. Tentu ane harus membagikan tautan pada adik adek agar bisa mengunduh file naskah soalnya. Tentu saya harus penuhi janjiku yg telah disebutkan pada judul artikel ini. Jadi harus disertain juga dengan link download agar kalian yang mencari soal UN MTK tidak kecewa sama konten blogku tercinta www.Herniawan.com.

Soalnya merupakan naskah asli yang digunakan saat UN kemarin dan sudah gw format dalam pdf dan diunggah di salah satu layanan www.google.com. Untuk mengunduhnya silakan klik tautan yang berwarna biru di bawah ini.

Download Soal Matematika UN SMA 2016