Tips Mengerjakan Soal SBMPTN Mudah

iklan kape

To the point aja tujuan tulisan saya ini adalah memberikan tips dalam mengerjakan soal SBMPTN dengan mudah sekali. Dua hari yang lalu baru saja pengumuman seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Bagi yg lulus SNMPTN udah tidak memikirkan lagi gimana cara masuk PTN idamannya. Mereka bisa bernapas lega menikmati masa transisi sebagai pelajar SMA menjadi mahasiswa. Oh ya saya ucapin selamat deh buat yang udah diterima lewat jalur SNMPTN. Semoga sukses selalu ke depannya amiiin ya rabbal a’lamin. Jangan lupa bersyukur pada sang pengatur rejeki ya (wajib mensyukuri nikmat dari Allah). Barang siapa yang maka nikmat dr Allah akan semakin berlimpah. Kata pak Ustad sih gitu, memang begitu seharusnya.

tips soal SBMPTN

Tips Mengerjakan Soal SBMPTN

Lalu bagaimana dengan yang tidak lolos SNMPTN? Sebenarnya kurang pas kata “tidak” namun tepatnya “belum” lulus diterima di PTN. Seharusnya kalimat yang benar adalah “gimana bagi yag blum diterima. Hehe belajar mengajarkan motivasi. Maksud ane gini loh gan, kalo kata tidak itu seakan akan harapan masuk universitas idaman kalian dah berakhir. Padahal masih ada beberapa jalur lain guna masuk ke institusi pendidikan keinginan kalian. Jalurnya apa aja sih? Banyak loh, seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), ujian mandiri tiap kampus, ujian masuk bersama beberapa universitas (UMB) bisa juga jalur utusan daerah serta jalur pemenang nasional internasional bagi yang memiliki prestasi baik dalam hal akademik maupun non akademik. Tinggal kalian pilih aja dari jalur tersebut di atas. So you must still keep your spirit. Okey guys? Skrg sy kembali dengan judul tulisan ini yaitu tips cara mudah mengerjakan soal SBMPTN. Tentu bagi kalian yg ingin ikut tes SBMPTN ingin lulus seleksinya kan? Lantas seperti apa prosesnya agar kalian lulus? Jawabannya hanya satu dan tidak dua yaitu ente harus mampu mengerjakan soal pada saat seleksi dengan baik serta mendapatkan nilai yang optimal. Idih semua orang dah pada tau juga keles. Gw mah nyari caranya seperti apa? Bentar mas and sis bro, pasti ane bakalan beberin caranya. Tapi harus kalian ingat bahwa kalian harus persiapkan diri dgn belajar super serius pada lever tertinggi.

Tips Mengerjakan Soal SBMPTN

Nah waktu ane bocorin cara mengerjakan SBMPTN dengan cara mudah banget. Tips ini gw berikan pada lu semua secara gratis. Benaran grentong atau salah baca nih? Ya ampun kagak percaya amat deh. Yaudah deh klu aku bohong lw boleh deh bilang gw cakep dan baik. Kalu gk bohong bilangnya cakep banget deh wkwkwkw. Udahan becandanya. Mana tipsnya? Oke tips ini khusus buat pembaca setia www.Herniawan.com (gombal lagi de)

  1. Tenangkan pikiran dari berbagai rasa kecewa dan menyesal

Rasa kecewa dan menyesal sering membuat pada kalangan muda galau berkepanjangan. Mereka barangkali susah move on dari peristiwa kejadian pernah mereka alami. Sama halnya dengan masa-masa tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Bisa jadi ada yg msh kecewa akibat tidak lulus SNMPTN. Barang kali menyesal karena salah strategi memilih jurusan saat ngasi ke guru BK. Lebih parahnya lagi merasa malu karena tidak diterima sedangkan banyak teman temannya pada keterima. Wadooh hari gini masih punya rasa gituan, capcay deh. Yasudahlah, hal masalah lalu biarlah menjadi sebuah kenangan. Justru kalo punya jiwa besar harusnya itu dijadikan motivasi guna lulus SBMPTN nantinya. Ketika kalian lulus dengan cara mengerjakan soal SBMPTN dengan mudah, yakin deh kalian akan bakal terharu dgn semua usaha jerih payah kalian. Aku aja udah mau nangis deh. Stop, belum masuk episode untuk nangis nangisan seperti sinetron.

Baca Juga  Jurusan Kuliah Prospek Kerja Cerah

Berusalah untuk slalu tenang agar mudah belajar dan mengerjakan soal SBMPTN saat tes berlangsung. Ketenangan ini merupakan hal utama agar bisa dapatin hasil optimal. Iya tentu kalo gak tenang fokus akan terganggu, pikiran kacau berdampak pada kacaunya pikiran. Tetap tenang serta jaga mood positif ya.

  1. Siapkan strategi lulus tes SBMPTN

Setelah bisa berpikir tenang, langkah selanjutnya adalah persiapkan strategi. Seperti apa saja kah strategi mengerjakan soal SBMTPN? Untuk masalah ini terbagi menjadi dua yaitu saat belajar persiapan serta ketika tes berlangsung. Keduanya sangat penting. Hal yang pertama berfungsi sebagai tahap perencanaan sedangkan disebutkan terahir bermanfaat dalam pelaksanaan.

Strategi SBMPTN sebelum tes seperti apa aja? Strategi ini meliputi trik belajar materi secara cepat dan memilih materi penting berpeluang besar masuk dalam soal. Nah gimana tuh? Pelajarilah soal-soal SBMPTN beberapa tahun sebelumnya. Minimal 6 tahun terakhir. Sykur syukur bisa sampai sepuluh tahun terakhir lebih bagus lagi. Pelajari tiap soal, selain itu lakukan pengembangan materi masing-masing butir pertanyaan. Sebagai contoh misalnya ada soal berkaitan dengan nilai maksimum sebuah fungsi. Hal pertama wajib kalian lakukan adalah mengerjakan terlebih dahulu soal tersebut.

Pelajari bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut dgn cara paling efisien dan mudah. Setelah mengerjakannya, maka perluas  materi berkaitan soal tersebut. Nilai maksimum minimum berkaitan dengan aplikasi turunan (diferensial). Pelajari konsep lain berkaitan dengan aplikasi turunan fungsi meliputi: persamaan garis singgung titik pada suatu kurva ataupun dari titik luar, grafik fugsi naik dan turun serta nilai stasioner (termasuk stasioner point). Kuasai dengan matang semua konsep berkaitan pada soal.

Perlu kalian perhatikan juga adalah memperhatikan statistik tren soal dari tahun ke taun. Bandingkan suatu tahun dengan tahun sebelumnya dan sesudahnya juga. Nanti kalian akan bisa melihat tipe pertanyaan sering keluar dalam tes SBMPTN. Mungkin kalian menganggap materinya banyak. Pilihlah materi paling sering banget keluar. Kuasai dulu yang itu, kalo sudah mantap baru pelajari lagi materi lain. Usahakan delapan puluh persen dari keseluruhan materi di kuasai. Namun jangan perlakukan sama. Persentase tersebut saya sarankan untuk pelajaran eksak seperti fisika, matematika, fisika, kimia dan biologi. Soal SBMPTN biasanya relative lebih mudah untuk dikerjakan, optimalkan bagian TPA.

Satu lagi perlu diperhatikan, jika sudah menguasai suatu materi jangan disepelekan. Kalo ada waktu coba luangkan waktu guna mereviewnya kembali. Terus asah kemampan kalian dalam mengerjakan soal. Semakin sering diasah kemampuan sesorang maka akan makin meningkat. Ibaratkan seperti pisau.

Harus disadari bahwa soal SBMPTN jauh lebih sulit dari soal UN. Jika masih ada perasaan senang lantaran merasa sudah dewasa (udah menyelsaikan ujian nasional) coba sadarkan diri dari kegembiraan berlebihan. Lupakan sejenak euphoria semu tersebut. Ingat, waktu terus bergulir. Soal tes SBMPTN akan berhadapan dengan kalian. Jika sudah selesaikan suatu perkara maka selesaikan urusan baru dengan sebaik baiknya. Jadi penores sejarah keberhasilan dalam hidup kalian. Toh keberhasilannya akan kalian nikmati sendiri kan?

  1. Strategi Memilih Jurusan SBMPTN

Banyak hal perlu diperhatikan dalam memilih jurusan kuliah. Ada yang memilih dengan faktor yang salah dan tidak sedikit benar. Secara umum, siswa SMA menentukan pilihan berdasarkan faktor: minat dan hobi, peluang kerja (tuntutan dan kebutuhan perubahasan jaman), ikut-ikutan, ada juga karena faktor kemauan (baca: paksaan) orang tua, tapi ada jg memilihnya dengan iseng hehehehe. Kalo faktor terakhir jangan deh. Seperti orang tidak punya tujuan aja wkwk. Masa tidak punya pilihan sih untuk jurusan SBMPTN. Kalo hanya main-main dan iseng mendingan tak usah ikut deh. Jurusan dipiih sesuai dengan minat dan hobi adalah cara memilih terbaik. Hal ini dikarenakan jika jurusan dipilih sesuai minat dan keinginan diri sendiri tentu nantinya akan kuliah dengan serius sehingga hasilnya pun bisa lebih optimal.

Baca Juga  Download Soal dan Pembahasan SBMPTN Soshum 2015

Namun pilihan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan dunia kerja sebenarnya tidak salah juga. Tetapi sebaiknya masih diminati oleh kita sendiri, jangan benar-benar memaksakan diri lantaran dibutuhkan di dunia kerja. Pengambilan program studi /jurusan dari keinginan orang tua bisa aja meski menjadi kurang bijak dalam memilih. Namun usahakan ortu tdk terlalu memaksakan kepada anak bila anak benar-benar tidak menyukainya. Ortu sejogjanya berposisi sebagai pemberi masukan serta mengarahkan.

Di SBMPTN setiap orang bisa memilih tiga jurusan. Namun dari ketiga jurusan tersebut harus adalah jurusan yang ada pada wilayah tempat tes. Ketentuan sudah seperti dari panitianya. Misalkan adik akan ikut tes di wilayah satu maka setidaknya harus ada satu jurusan yang ada pada wil satu tersebut.

Pemilihan jurusan yang diinginkan harus punya strateginya. Pilihan pertama bisa menempatkan prodi paling adik –adik minati, begitu juga kedua serta ketiganya. Urutkan sesuai dengan pasing grade masing-masing sehingga ketika tidak keterima jurusan pertama masih ada kemungkinan untuk lulus kedua dan ketiga. Usahakan pilihan 2 terakhir masih kalian sukai jika nanti keterima. Jangan asal masukin agar terdapat 3 pilihan jurusan.

Nah tiga hal tersebut penting untuk diperhatikan sebelum mengikuti tes mengerjakan soal SBMPTN dengan mudah. 3 tips tersebut merupakan bagian dari tahap perencanaan sebelum mengikuti tes. Selanjutnya trik mudah menjawab setiap soal pada saat SBMPTN.

 Cara Mudah Mengerjakan Soal SBMPTN 2015

rahasia mengerjakan soal SBMPTN

Rahasia mengerjakan soal SBMPTN

Setelah mengetahui cara da rahasia sebelum tes, langkah selanjutnya adalah tahap eksekusi saat ujian SBMPTN berlangsung.

  1. Persiapkan semua kebutuhan saat SBMPTN

Perhatikan apa saja yg kalian butuhkan saat hari H agar konsentrasi kalian tidak terganggu. Cek apakah peralatan tulis menulis (pensil, pulpen,penggapus, garis bolong pembulat pilihan ganda) sudah siap. Kalian tidak perlu bawa kertas meskipun dengan alasan buat hitungan (oretan). Keperluan tersebut akan disediakan oleh paniatia nantinya. Jangan lupa kartu pengenal peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. Karena tanpa menunjukkan kartu pengenal tidak akan diijinkan untuk masuk ruangan. Tentu bertujuan untuk menghindari terjadi praktek jooki saat tes.

Baca Juga  Rahasia Mudah Mengerjakan Soal SBMPTN Nilai Tinggi

Selain itu kalian juga sudah memersiapkan kostum yg akan digunakan. Usahakan paling telat sehari sebelumnya kalian udah persiapkan semuanya. Jangan siapinnya saat malam atau pagi saat akan mau berangkat. Misalnya pakaian sudah disetrika dan sepatu kaos kaki udh disiapin. Tas sudah diisi dengan peralatan tulis + kartu pengenal. Sehingga tidak ada yang tertinggal satu pun.

  1. Jangan Gugup saat akan mengikuti SBMPTN

Sepintar apa pun seseorang bila ia tak mampu menjaga kondisi psikologisnya dijamin tidak optimal bila dibandingkan dengan kondisi normal. Usahakan jangan gugup dan jaga mood ketika akan dan sedang mengerjakan soal. Pusat perhatian serta konsentrasi pada saol SBMPTN. Jangan takut gagal ataupun dihantau rasa tidak percaya untuk lulus. Semua perasaan itu akan mengganggu pikiran saat mengerjakan soal SBMPTN

  1. Trik Jitu Mengerjakan Soal SBMPTN dengan Mudah

 Nah sesuai dengan judul artikel ini, bagian ini merupakan bagian intinya. Setelah belajar dengan serius mengasah kemampuan materi langkah terpenting adalah strategi mengerjakan soal SBMPTN dengan sangat mudah banget sekali. Kosa katanya salah nih, masa sudah sangat ditambahin banget sekali. Iya deh tau ygg udah belajar bahasa Indonesia untuk lulus tes kikiki. What ever lah, kan gw kaga ikut tes kali broo and sis. Tip saat mengerjakan soal adalah:

Pertama, kalian berdo’a kepada Allah karena sesuatu yg terjadi di dunia dan kehidupan kita adalah dengan seijinNya. Karena kemurahan dan sifat penyayangNya kita masih bisa diberi kesempatan untuk ikut SBMPTN. Poin pertama ini kudu wajib.

Kedua, pikirkan dan yakinkan hati kalian bisa mengerjakan soal dengan sebaik-baiknya agar bisa lulus. Tunjukkan pada orang –orang terkasih dalam hidup kalian bahwa mereka pantas bangga karena memiliki engkau. Keyakinan seperti sangat berpengaruh positif bagi kelancaran dalam menjawab soal. Ingat semua aktivitas dan pikiran kita dikendalikan oleh otak. Jadi kalu akal sedang kondusif maka hasilnya akan optimal.

Ketiga, perhatikan strategi pengerjaan soal. Beberapa hal perlu diperhatikan seperti mengerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu. Misalnya saja kalian sedang dalam tahap mengerjakan sebuah soal, terasa lama dan agak sulit, langsung lewati dan kerjakan soal lainnya. Jangan habiskan waktu hanya karena sebuah soal. Ingat alokasi waktu tes sangat terbatas, sehingga kalian harus perhatikan masalah tersebut.

Strategi mudah menjawab soal SBMPTN mudah lainnya seperti pada soal tipe pilihan berkelompok:

  • 1,2,3 Benar
  • 1,3 benar
  • 2,4 benar
  • Hanya 4 benar
  • Benar semua

Untuk tipe soal SBMPTN seperti di atas, poin satu harus kalian kerjakan terlebih dahulu. Bila 1 benar tak perlu mengerjakan opsi 3 karena keduanya selalu bersamaan sehingga langgsung cek 4. Jikalau 4 benar berarti benar semua sehingga jawabannya E.

Terus gimana apabila 4 salah? Cek no 2. Jika dua benar artinya 1,2,3 benar (A). Andaikan 2 salah 1,3 benar (B). Terus gimana andaikan 1 salah, cek 2 kalo benar tentu 2,4 benar (C). Kalou misalnya dua salah pastinya empat saja benar (D).

Soal pilihan berkelompok SBMPTN harus dikerjakan dengan cara tersebut sehingga tidak perlu mengecek semua tiap poin pilihan, hanya menghabiskan waktu.

Seperti itulah tips rahasia mengerjakan soal SBMPTN dengan mudah. Semoga dapat bermanfaat serta membantu saat tes. Amiiiin Ya Rabbil A’alamiiiin.

Cimanggu, 21 Mei 2015

Komentar