Try Out Online USM STAN dan Bimbel Resmi

iklan kape

Bukan rahasia umum lagi bahwa untuk bisa masuk kuliah di STAN sangat sulit. Harus bersaing dengan peminat lain yang bisa mencapai angka ratusan ribu orang. Belum lagi jalur untuk masuk perguruan tinggi kedinasa ini hanya satu yaitu ujian saringan masuk atau sering kali disingkat dengan USM.

Salah satu syarat penting untuk bisa mendaftar adalah usianya masksimal 20 tahun pada tanggal satu okteber tahun berjalan. Untuk kalian perlu berusaha keras, salah satunya dengan belajar. Sehingga keberadaan try out online dan bimbel sangat diperlukan. Akan tetapi ada beberapa hal harus adek adik sekalian perhatin. Pasti km yg ingin kuliah di kampus tersebut sudah pernah dengan try oun onlin atau TO USM STAN.

Coba perhatikan tiga kata yang ane ketik menggunakan huruf kapital. Bila kita cermati, orang yg tidak mengerti akan salah kaprah yaitu mengira buhwa uji coba (try out) online tersebut dilaksanakan oleh pihak kampus secara resmi. Padahal kenyataannya tidak demikian. Lalu ada jg penyebutan BIMBE STAN. Sebagain orang jg mungkin akan beranggapan bahwa lembaga pendidikan non formal berupa bimbel belajar berasal dari manajemen kampus tersebut.

Semua anggapan serta penafsiran seperti di atas sama sekali keliru banget bro and sis (brosis). Entah disengaja atau engga sengaja dibikin orang berpikir seperti. Mungkin bisa dikarenakan kata persuatif lembaga bimbingan belajar agar konsumennya terdorong untuk mengikuti program yang mereka tawarkan.

Tapi kak, apa benar ada orang beranggapan bahwa try out online USM STAN dan bimbel resmi dari STAN. Atau mungking kaka sengaja mengada ngada biar ada topik untuk ditulis di blog ini? Waduh dek, ngapain jg sengaja munculin isu. Gue punya dua bukti untuk memperkuat ada tidaknya isu tersebut. Bukti pertama, inbox dari seorang pelajar SMA kelas 12 tahun lalu menanyakan apakah TO online yg ditawarkan dari kampusnya.

Pasti lu akan ngomong, no picture hoaks alias bohong karena tidak bisa dibuktikan. Okeh, silakan perhatikan gambar di bawah ini.

to bimbe stan resmiLalu untuk bukti kedua, bisa aku ambil kutipan dari halaman resmi PKN STAN. Untuk jelasnya silakan baca tulisan yang ada pada gambar berikut.

Dari gambar tersebut jelas sudah disebutkan bahwa PKN STAN sama sekali tidak berafiliasi dengan try out online maupun bimbingan belajar (bimbel). Berdasarkan pernyataan tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa TO USM STAN online selama ini sering ditawarkan bukan berasal dari kampusnya. Hal tersebut harus dipahami oleh kalian semua agar bisa mengetahuinya secara jelas.

Begitu pula halnya dengan bimbingan belajar persiapan tesnya (bimbel USM STAN) bukan merupakan program resmi dari institusi pendidikan tersebut. Memang kadang kalai membawa bawa dosen perguruan tinggi tersebut ikut mengajar. Saya tidak bisa mengatakan benar atau tidaknya dosen ikut mengajar di bimberl tersebut. Namun terlepas dari itu semua, ane katakana bahwa lembaga pendidikan non formal tersebut sama sekali ga ada hubungan dengan Sekolah Tinggi Akutansi Negara.

Nah ulasan di atas hanya baru sebagai pengenalan dari inti isi artikel ini. Untuk lebihnya, ane akan mengupasnya lebih tajam lagi seperti silet, uuuup becanda loh kawan. Ngomongin silet malah bikin pembaca takut. Malahan pada kabur deh dari blog kesayanganku ini.

Beberapa topik penting yang akan dijelaskan secara rinci pada artikel ini:

  1. Tawaran try out USM STAN online berjamuran
  2. Try Out Online USM STAN resmi dari kampus?
  3. Bimbel USM STAN bukan Jaminan Lulus Tes
  4. PKN STAN tidak pernah mengeluarkan buku USM

Nah keempat hal tersebut akan gw paparkan secara lengkap. Kaka saranin untuk membaca semua artikel ini agar dapat mengetahui secara jelas mengenai berbagai tawaran program persiapan tes STAN. Tujuan abang menulis ini tidak lain agar kalian semua tidak merasa “baru tau” setelah di akhir akhirnya saja.

Baca Juga  Pendaftaran STAN 2017 Buka Sekitar Bulan Maret

Try Out USM STAN Online Berjamuran

Setiap tahun selalu ada program try out ujian saringan masuk STAN. Namun perlu lu semua ketahui bahwa TO berbasis internet memang bagus. Setidaknya bisa melatih mengerjakan soalnya. Karena pada dasarnya kemampuan kita akan bertambah memiliki korelasi lurus terhadap frekuensi kita belajar atau berlatih mengerjakan soal.

Artikel ini sama sekali tida bertujuan untuk memberikan opini bahwa try out online USM STAN tidak bagus. Sama sekali engga ada tujuan seperti itu. Malah ane menyarankan kalian untuk banyak berlatih mengerjakan soal yang pernah diujikan pada tes penerimaan mahasiswa kampus ikatan dinas tersebut. Namun untuk melatih mengerjakan soalnya, ikut TO bukan satu satunya cara yg bisa kamu tempuh.

Banyak cara yg bisa dilakukan untuk melatih serta mengasah kemampuan sebelum berperanga dalam persaingan memperebutkan kesempatan kuliah di STAN. Bisa mempelajari soalnya dari buku yg dijual di toko buku, atau kalian bisa mencari naskah sooal di internet. Cara lain lebih efektif adalah belajar menggunakan multi media berupa video audio visual seperti yang ditawarkan oleh kafepelajar.com.

Lalu apakah mengikuti try out STAN online salah kak? Apakah abang tidak merekomendasikannya? Sy tidak pernah mengatakan metode tersebut salah. Malah bagus karena bisa membantu kalian berlatih menjawab soal seolah olah seperti ujian benaran. Silakan saja bila kalian berminat. Aku kira akan sangat membantu juga.

Saat sekarang memang berjamuran tawaran try out online usm stan. Berbagai program tersebut dilabeli harga yang bervariasi. Harga yg ditawarkan tersebut dapat digunakan untuk beberapa kali tes uji coba. Artinya biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan TO offline (berbasis kertas).

Dari sekian tawaran tersebut, kalian bisa memilih sesuka hati kalian. Mana yg cocok serta kalian minat. Biasanya dalam penawaran tersebut diikutkan Nah pilih aja menurut kalian paling bagus serta banyak dalam penawarannya. Tapi perlu diingat bahwa banyak belum tentu bagus ya heheheheheeeei.

Apakah Soal Try Out USM STAN sama dengan tes aslinya?

Tapi perlu diingat bahwa program tes uji coba tersebut bukan sebuah agenda resmi dari pihak kampus PKN STAN. Artinya apa? Soal yg keluar di try out online sudah pasti akan berbeda dgn yang diujikan nanti. Jangan sekali kali berpikir pertanyaan pada soalnya nanti persis sama sehingga, lalu berpikir setelah mengikuti TO online akan mampu mengerjakan soal dgn mudah.

Soal yang ada di try out sebenarnya hanya memacu serta merangsang cara berpikir kalian untuk menjawab soal. Sekalipun bisa mengerjakan saat TO, tak ada jaminan pasti bisa menyelesaikan setiap nomo soalnya nanti ketika hari pelaksaan tes tertulis. Akan tetapi mampu memberikan kontribusi cukup besar bagi kemampuan audiensnya.

Try Out Online USM STAN Apa yang Bagus?

Bila kalian tanya sama aku try out usm STAN yang bagus mana? Oh itu sebuah pertanyaan membingungkan buat abangmu dek. Kalau untuk mengetahui bagus tidaknya, aku harus rasain dulu lah. Karena bila ingin merekomendasikan sesuatu harus berdasarkan pengalaman. Artinya harus merasakan setiap program yg ditawarkan jadi bisa deh cerita panjang lebar.

Jadi gini, selama pembuat soal TO USM STAN mengikuti kaidah prediksi yg tepat, aku rasa oke aja tuh. Karena soalnya ga bisa dibikin sembarangan, harus memperhatikan prospek untuk menambah wawasan serta kemampuan pesertanya. Kalau hanya dibikin asalan mah, semua orang jg bisa keles.

Baca Juga  Bagaimana Rasanya Kuliah di STAN Pengalaman Alumni

Tapi kenyataan, di luar sana memang banyak orang dgn seenaknya  membuat soal try out tanpa memperhatikan statistic kemunculan pokok bahasan. Seharusnya mereka harus membuat tabulasi yg berisi frekuensi kemunculan materi dalam ujian tertulis. Sehingga nanti bisa dibikin urutan prioritas topik apa yg lebih diutamakan.

Bila sudah membuat tingkat urgenitas setiap babnya, lalu bikin lagi daftar sub pokok bahasan paling penting dari semua yg ada. Menurut saya sih engga terlalu sulit, namun masih ada aja yg enggan melakukan prosedur seperti itu. Akibatnya kualitas soalnya asal asalan.

Try Out Online USM STAN Resmi dari Kampus?

Seperti yg telah aku katakana sebelumnya bahwa tak ada satupun try out online USM STAN resmi dari kampusnya. Artinya kegiatan tersebut tidak memiliki hubungan dengan insitusi pendidikan tersebut. Bila ada yg mengaku TO itu dari kampus, bohong besar deh.

Coba deh pikirkan, kalo STAN mengadakan try out sama saja halnya mereka sekalian mengadakan promosi ataupun sosialisasi lembaganya. Artinya mereka berhadap mendapatk banyak calon mahasiswa baru. Tapi kenyataannya peminatnya banyak jauh melebihi dari daya tampungnya. Artinya sosialisasi engga perlu deh kayanya. Malahan orang pendaftar berharap banget untuk bisa kuliah di kampus PTN tsb.

Atau mungkin seperti kampus swasta biasanya menjadi sponsor kegiatan mahasiswanya untuk sosialisasi kampus ke adik kelasnya masing masingg setiap orang. Lalu mengadakan uji coba UN. Lalu ada tawaran, bagi yg mendapatkan nilai tertinggi bisa masuk universitar bersangkutan secara langsung tanpa melalu serangkaian tes. Gue yakin salah satu dari pembaca pernah mendengarnya.

Tapi harus elu tau semua, PKN STAN tak ada mekanisme jalur masuk seperti itu. Manajemen kampus engga akan minat ngurusin hal seperti itu. Banyak hal jauh lebih penting untuk diurus dari hanya mengurus kegiatan seperti itu. Lagipula mahasiswanya banyak, so enggan sempat lah.

Bimbel USM STAN bukan jaminan Lulus Tes

Nah sekarang aye ingin berpindah membahas yang lain yaitu bimbingan belajar (Bimbel) persiapan tes USM STAN. Sama hampir semua orang tentu ingin mulus perjalanannya dalam mengikut tes masuk sekolah tinggi ikatan dinas satu ini. Tentu salah satu caranya adalah dengan belajar. Yakin deh hampir semua pesertanya akan mepelajari banyak materi sebelum bertarung. Meskipun kualitas serta durasinya berbeda beda antara orang satu dengan lainnya.

Khusus yang rada rajin hingga super semangat uletnya tentu akan mempersiapkan diri jauh hari. Bukan hanya beberapa hari ataupun hitungan jam sebelum tes dilangsungkan. Bagi mereka memiliki harapan besar akan mempersiapkan semua hal yg diperlukan, salah satunya ya memang belajar sih. Tidak tanggung mereka pun mengikuti les di bimbel USM STAN.

Apakah ikut les di bimbel salah? Sama sekali tidak salah kok. Cuma masuk bimbel itu bukan menjadikan sebuah jaminan bahwa kalian pasti akan lulus tes meskipun kemampuan biasa saja. Hati hatii dengan pernyataan “jaminan lulus”. Dua kata tersebut hanya ungkapan bersifat sugesti agar orang mau bergabung ke lembaga tersebut.

Emangnya ikut bimbel pasti ga lulus ya bang? Ya ga begitu juga maksudku. Memang ikuti program seperti ini membantu, namun semua hasilnya ditentukan oleh kemampuan serta usaha setiap orang. Meskipun bimbelnya bagus serta pengajar enak bisa membuat mengerti, kelulusan tetap ditentukan berdasarkan skor tesnya.

Banyak juga bimbel yang mempromosikan lembaga, dengan menyebutkan nama peserta didiknya yg telah berhasil lulus masuk STAN. Pertanyaan aku sih, apakah mereka pernah mempublikasikan siapa aja muridnya yg tidak lulus? Wkwkwkwkwkwk. Bisa jadi jumlah tidak berhasil jauh lebih banyak.

Baca Juga  3 Jurusan STAN Favorit Paling Banyak Peminat

Sering kali juga membawa nama dosen di perguruan tersebut jg ikut mengajar. Atau pemiliknya mantan pimpinan kampus tersebut. Lalu kenapa? Apa hubungannya? Pembuat soalnya jg belum tentu mereka kok. Seakan akan semua yang disebutkan akan menjadi jaminan, padahal sekali gak akan membantu. Semuanya kembali ke pesertanya.

Aku engga mengatakan bahwa bimbel tidak memberikan pengaruh sedikitpun. Memang keberadaan bimbel lumayan membantu guna mempersiapkan mental serta kemampuan akademik pesertanya. Bila dijalani dengan serius mungkin akan memberikan pengaruh positif.

PKN STAN Tidak Pernah Mengeluarkan Buku USM

Sebagai tambahasan aja yah, sedikit aku bahas mengenai sumber belajar yang cukup popular yaitu buku. Karena kita sedang berbicara mengenai kampus ikatan dinas bidang akutansi negara ini, maka jenis yg aku angkat adalah buku USM STAN. Mungkin banyak di luar sana menjual buku STAN 2017. Karena banyak, sudah pasti kamu akan memilih mana yang bagus.

Terus kalau bisa mungkin akan berpikir ingin mendapatkan buku resminya. Nah resmi ini mungkin dikeluarkan oleh kampusnya. Untuk masalah ini, aku ingin mengatakan bahwa PKN STAN tidak pernah mengeluarkan buku USM.

Banyak buku yang beredar kadang membuat calon pembeli kebingungan akan memilih yg mana? Kadang sy membeli buku akan lebih memilih terbitan perusahaan ternama.Kenapa seperti itu? Karena untuk menjadi penulis pada perusahaan penerbitan besar cukup sulit serta melewati proses peninjauan konten yg bisa dikatakan detail. Pastinya perusahaan engga ingin dong nama perusahaannya kurang dipercaya lantaran hanya karena kualitas produknya.

Selain itu, buku dari penerbitan terkenal umumnya memiliki kelebihan seperti penyusunan fisik (tampilannya) menarik karena memiliki tim khusus layout. Kedalaman penguasaan materi dari penulisnya biasanya tak usah diragukan. Mereka umumnya sudah memiliki pengalaman banyak dalam hal pengajaran serta sudah banyak makan asam garam dalam duni pendidikan.

Lalu apakah buku USM STAN terbitan lain misalnya percetakan kecil tidak bagus kak? Sama sekali kaka tidak mengatakan seperti itu. Maksud gw hanya bilang kalo penerbit besar biasanya terjamin. Tidak berarti buku terbitan lain kurang memenuhi standar. Selama penulisannya bagus mengikuti aturan standar penerbitan sih engga masalah kok.

Sering kali ane lihat buku USM STAN menuliskan embel embelnya “dibahas oleh mahasiswa STAN”. Itu sama sekali berarti bukunya resmi dikeluarkan oleh kampus ya. Hanya dua kemungkinan, pertama disusun/ ditulis perkumpulan mahasiswanya yg bergabung salam satu tim penulis mungkin berada dibawah unit usaha kopma. Kedua, mungkin memang unit bisnis mandri dan merekrut pelajar dari kampus tersebut.

Kata “dibahas oleh mahasiswa STAN” bukan suatu jaminan bahwa buku itu bagus. Bisa bagus tetapi ada kemungkinan ada kurangnya. Saya pernah lihat siswaku membeli buku yg ada tulisan label seperti itu. Pembahasannya ada yang salah. Terus kayanya ga bisa membedakan antara pembahasan dengan kunci jawaban. Kalau hanya ditulis jawab nomor sekian adalah A atau B, itu namanya jawabannya bukan pembahasannya. Tidak sedikit aku temukan banyak kesalahan pengetikan, ya mungkin kurangnya ada kegiatan mengeditan ulang untuk memeriksa kembali.

Masih berhubungan dengan label “dibahas oleh mahasiswa STAN” tanpa meragukan kemampuannya, mereka juga sebelum masuk kuliah di kampus itu sama dengan kalian belajar dan berharap akan lulus. Mereka juga saat itu memiliki kemungkinan lulus atau tidak loh. Bukan serta merta baru tingkat satu langsung jago bahkan ilmunya tinggi. Tapi, aku yakin mereka adalah orang cerdas karena bisa berhasil jg kan kuliah pada institusi pendidikan kedinasan bergengsi.